Social media advertising merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang dilakukan dengan advertising. Jika Anda baru mengenal pemasaran digital dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, maka salah satu yang bisa Anda pelajari yaitu advertising secara online.
Ada banyak jenis online advertising, salah satunya dari social media. Seiring berkembangnya teknologi saat ini, pengguna aktif social media semakin bertambah. Karena, saat ini media sosial telah menjadi tempat untuk bersosialisasi dan juga digunakan untuk memasarkan produk bisnis.
Kemudian fitur-fitur yang digunakan media sosial saat ini memudahkan orang untuk bersosialisasi, tetapi juga membantu perusahaan untuk memasarkan produk dengan menggunakan iklan atau advertising.
Fitur iklan yang tersedia di media sosial saat ini yaitu Twitter, Facebook, Youtube, Instagram, dan lain sebagainya. Jika Anda baru menggunakan iklan yang disediakan melalui media sosial, maka panduan ini cocok untuk Anda!
Sebelum melakukan pembayaran dalam penggunaan advertising, hal yang perlu Anda lakukan yaitu memahami mengenai iklan atau advertising. Dengan mengenalinya, berarti Anda tidak perlu khawatir lagi akan kegagalan saat menggunakannya, karena sudah memahami seluk beluknya social media advertising.
Maka dari itu, simak penjelasan secara detail mengenai social media advertising untuk bisa mengembangkan bisnis Anda.
Dengan perubahan secara terus-menerus pada algoritma di media sosial dan juga peringkat mesin pencarian, membuat perusahaan akan semakin sulit dalam konten yang mereka buat untuk terlihat di Google dan dijangkau oleh target audiens.
Menurut bigcommerce, bahwa pada channel media ini memiliki nilai pasar yang diperoleh berbeda-beda, tapi ketika menggunakan cara social media advertising, Anda pasti mendatangkan traffic dan penjualan di hari pertama.
Kemudian menurut data statista, terdapat pangsa konsumen 50% gen Z dan 58% millenial yang akan melakukan pembelian dengan pengaruh iklan di media sosial.
Jika Anda menjalankan bisnis besar atau kecil dan ingin menonjol dari pesaing, mendapatkan lebih banyak lalu lintas, dan menghasilkan lebih banyak prospek, maka lebih Anda menggunakan iklan sosial.
Menurut hootsuite, social media advertising ini merupakan cara cepat untuk bisa menjangkau audiens yang Anda inginkan. Lalu, Anda juga bisa menargetkan pelanggan baru. Channel yang dimanfaatkan dalam penggunaan iklan ini seperti Facebook, Twitter, Tiktok dan Instagram.
Pengiklan dapat menggunakan berbagai sumber data untuk menargetkan audiens mereka dan menyampaikan konten yang dipersonalisasi berdasarkan karakteristik, demografis, dan perilaku.
Saat audiens diperkenalkan dengan produk Anda di media sosial, membuat mereka akan berinteraksi dan dapat mengarah pada peningkatan konversi. Selain itu, menawarkan potensi keuntungan yang tinggi.
Menurut techjury, bahwa kebanyakan orang menggunakan Facebook selama 38 menit atau bisa lebih di setiap harinya. Sehingga, ada 92% pemasar yang menganggap penting dalam menggunakan platform media sosial untuk bisnisnya
Semakin bertambahnya tahun, media sosial ini semakin terus berkembang. Jadi, sangat perlu untuk Anda mengembangkan bisnisnya menggunakan strategi media sosial. Jika Anda tidak segera memanfaatkan media sosial ini, maka Anda kehilangan pelanggan yang berharga.
Agar Anda dapat meningkatkan bisnis Anda dengan cepat dan tepat, Anda bisa menggunakan social media advertising. Berikut ini ada 15 tips menggunakan media sosial terbaik, khususnya dalam advertising:
Jika Anda tidak memiliki sasaran spesifik, lalu apa yang akan Anda tuju? Anda harus paham di balik tindakan Anda. Karena tujuan Anda akan mendorong strategi pemasaran sosial Anda.
Menentukan tujuan ini bisa dengan meningkatkan awareness dari produk Anda, selain itu bisa mendapatkan lebih banyak kunjungan ke website atau akun social media Anda.
Menentukan tujuan yang jelas akan membantu Anda memutuskan keputusan lain yang akan dibuat.
Selanjutnya, Anda harus tahu target pasar Anda. Bahwasanya, tanpa dukungan audiens strategi Anda tidak akan berhasil.
Anda perlu menyusun strategi media sosial mulai dari siapa yang ingin Anda jangkau. Kemudian, Anda akan dapat mengetahui semua yang perlu diketahui dengan berbicara kepada audiens Anda.
Jika Anda ingin membuat konten yang sesuai dengan audiens, maka Anda harus mencari tahu apa yang paling mereka inginkan.
Penting untuk berkomunikasi dengan membuat pertanyaan, dan mencari tahu masalah mereka. Nah, salah satu tantangan terbesar bagi sebagian besar bisnis adalah terhubung dengan audiens.
Jadi, Anda harus mengetahui siapa target demografis Anda dan platform media sosial mana yang mereka gunakan sebelum Anda mulai mengembangkan bisnis Anda.
Anda tidak perlu hadir di setiap platform media sosial, tetapi yang paling penting adalah menciptakan kesan positif pada beberapa platform yang berinteraksi dengan Anda. Hal ini merupakan tips terbaik dalam strategi pemasaran media sosial.
Menurut sumber dari koinworks, bahwa kualitas ini berada di posisi atas dari pada kuantitas. Jika Anda mengeluarkan konten di bawah standar, maka segalanya akan menjadi lebih buruk bagi Anda.
Sebaiknya, Anda harus menyiapkan dan merencanakan strategi media sosial Anda sehingga bisa selaras dengan tujuan dan menarik audiens yang Anda targetkan. Selain itu juga Anda harus bisa fokus pada media sosial yang disukai oleh kelompok demografi yang ingin Anda jangkau.
Dalam membuat konten, Anda harus bisa mencari informasi yang menarik. Anda dapat memilih dari berbagai jenis konten yang berbeda seperti foto, video, slide korsel, cerita, dll, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
Semakin bervariasi jenis konten dan berbagai jenis sumber untuk posting Anda, maka akun social media Anda akan jadi tidak membosankan.
Kunci agar dapat mengubah visi Anda menjadi kenyataan yaitu dengan strategi pemasaran media sosial.
Saat menyiapkan strategi Anda, pikirkan platform media sosial mana yang akan Anda posting. Pastikan postingan Anda relevan dengan target audiens Anda dan selaras dengan tujuan Anda.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan strategi media sosial Anda:
Tanpa perencanaan, Anda akan gagal dalam melakukan apa pun. Jadi, Anda harus bisa membuat perencanaan pada konten media sosial yang akan Anda buat menggunakan tools kalender. Tujuannya untuk menjadwalkan dan mempublikasikan semua konten pada waktu yang tepat.
Tools kalender ini membantu Anda dalam hal mendistribusikan sumber daya secara efektif, meningkatkan kolaborasi tim, dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang keberhasilan dalam membuat konten.
Adapun situs website yang langsung berbentuk template untuk membantu menyiapkan kalender. Hal ini memungkinkan Anda untuk mempermudah Anda dalam memposting gambar, menjadwalkannya di beberapa platform media sosial.
Jadi, Anda hanya cukup membuat dan memperbarui kalender penerbitan setiap seminggu sekali, mengatur alur kerja, dan mengakomodasi perubahan di menit-menit terakhir sekaligus.
Strategi yang digunakan saat ini bukan hanya menjual produk, tetapi Anda harus bisa bercerita. Hal ini berkaitan dengan emosional yang dibangun antara brand yang Anda dengan audiens. Cerita membantu orang memahami satu sama lain dan mendorong mereka untuk berinteraksi.
Meskipun semua kemajuan digital telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah, namun hubungan emosional yang kita lewatkan.
Memanusiakan brand Anda ini ditunjukkan kepada audiens Anda, dengan menjelaskan apa yang terjadi di kantor Anda, dan tunjukkan struktur keorganisasi perusahaan Anda. Hal ini bukan berkaitan dengan iklan atau promosi penjualan.
Emoticon digunakan untuk mengekspresikan emosi melalui pesan teks.
Memainkan emosi adalah hal yang penting dalam menyampaikan nada dan emosi yang diinginkan di balik pesan teks tertulis dan sering kali dapat disalahtafsirkan kecuali format yang digunakan benar.
Emoticon adalah hal yang membuat pembaca lebih tertarik pada konten Anda. Lain kali Anda saat menulis konten, silakan bereksperimen dan menyertakan emoticon!
Anda pasti memerlukan alat media sosial untuk bisnis Anda. Bayangkan harus memposting di 8 situs media sosial yang berbeda tiga kali per hari. Anda bisa mengotomatiskan sebanyak mungkin aktivitas Anda yang di publish.
Jadwalkan postingan untuk semua akun media sosial Anda menggunakan penjadwal media sosial. Kemudian, gunakan analytics-nya untuk melihat mana yang berkinerja terbaik.
Tools penjadwalan ini memiliki kalender untuk konten Anda sehingga memudahkan untuk mengawasi postingan Anda.
Jadwalkan pin, tweet, postingan, tagar dengan sekaligus selama bulan. Pendekatan seperti ini akan menghemat waktu Anda, memungkinkan Anda menjadi lebih produktif, dan fokus pada rencana keseluruhan.
Sebagai manusia, Anda pasti membuat kesalahan. Penting untuk diterima oleh orang-orang saat menggunakan media sosial.
Teruslah mengerjakannya, dan beri tahu pelanggan. Mereka akan senang mengetahui bahwa Anda telah berupaya meningkatkan pengalaman mereka dengan memperbaiki kesalahan Anda.
Jangan menghapus postingan hanya karena mengandung kesalahan tata bahasa atau koma yang hilang. Mungkin orang menyukai postingan Anda sebelumnya.
Audiens pasti menggunakan berbagai media sosial pada waktu yang berbeda dalam sehari. Anda perlu mengetahui jenis konten apa yang mereka minati, orang mana yang mungkin menjadi klien potensial untuk layanan atau produk Anda, dan kelompok usia apa yang paling mudah untuk ditargetkan.
Selain itu, Anda bisa melakukan analisis, pengalaman, dan juga melalui tes tentang keberhasilan dengan cara mencari tahu kapan harus memposting. Sangat penting bagi setiap strategi pemasaran media sosial untuk bekerja sesuai keinginan Anda.
Kemudian, saat menerbitkan konten berkualitas dan menemukan frekuensi posting yang tepat adalah hal yang penting agar dapat mengintegrasikan strategi pemasaran.
Anda menggunakan hashtag, saat memposting konten Anda di media sosial? Jika ya berarti cara Anda berhasil. Karena hashtag ini sangat efisien untuk dapat mengatur postingan media sosial. Anda bisa mengklik hashtag tertentu, dan semua postingan yang terkait dengan tag itu akan terlihat.
Hashtag adalah pengidentifikasi pada brand digital Anda yang membantu dalam hal berbicara dengan orang-orang secara online.
Semakin banyak hashtag yang Anda gunakan, semakin sedikit keterlibatan yang Anda dapatkan.
Umumnya, menggunakan terlalu banyak tagar dapat mengganggu orang lain dan dapat mengurangi tingkat keterlibatan Anda. Untuk menghindari hal ini, gunakan 2 atau 3 tagar bertarget per posting di saluran media sosial Anda dan hanya menggunakan tagar yang bervolume tinggi dan relevan.
Banyak orang berpikir bahwa media sosial adalah cara yang baik untuk mendistribusikan pesan. Agar sukses di media sosial, Anda perlu memperlakukan setiap situs media sosial secara berbeda dan mempertimbangkan fungsi dan fiturnya.
Konten visual adalah suatu keharusan untuk meningkatkan keterlibatan media sosial Anda.
Sesuai dengan laporan Anda, bahwa kita hanya bisa mengingat selama 20% dari apa yang kita baca ada 80% dari apa yang kita lihat. Penelitian dari Software Advice dan Adobe mengungkapkan bahwa foto dan gambar adalah strategi media sosial yang paling kuat.
Analytics membantu Anda memahami siapa audiens Anda dan konten mana yang paling mereka minati. Tanpa ini, Anda tidak dapat memperkirakan penjualan secara akurat dan menyempurnakan produk Anda. Anda dapat secara efektif menggunakan ulasan pelanggan online untuk peningkatan penjualan.
Jika pemilik bisnis yang ingin menggunakan media sosial dengan tujuan pemasaran, maka perlu memahami manfaat media sosial bagi kesuksesan mereka. Berikut manfaat social media khususnya di periklanan:
Sebagai seorang pemimpin, Anda adalah cerminan dari nilai-nilai dan proses pemikiran Anda yang mengakar kuat, yang memengaruhi tim dan pengikut Anda.
Salah satu perubahan nyata dari gaya kepemimpinan konvensional adalah bahwa pengalaman saja tidak memenuhi syarat seseorang sebagai pemimpin hebat saat ini. Namun, terdapat album yang yang perlu Anda ketahui, yaitu engagement conversions, return on investment.
Itu dia penjelasan mengenai strategi social media advertising untuk bisnis, semoga bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar!
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.