5 Tips Promosi di Whatsapp Status yang Banyak Dilihat Orang

Apakah Anda sedang mencari cara baru dan efektif untuk memasarkan bisnis atau merek Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Whatsapp status sebagai alat pemasaran?

Whatsapp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer dan dapat menjadi platform yang kuat untuk memasarkan produk atau layanan Anda.

Media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi dan menjalankan bisnis. Dalam beberapa tahun terakhir, Whatsapp telah menjadi platform utama bagi bisnis yang ingin terhubung dengan pelanggan mereka. Namun, tidak semua bisnis memanfaatkan potensi penuh Whatsapp status sebagai alat promosi.

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dan trik tentang cara menggunakan Whatsapp status secara efektif untuk memasarkan bisnis Anda.

Baik Anda pemilik bisnis kecil atau perusahaan besar, tips ini akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas merek Anda. Jadi, mari selami dan temukan tips promosi di Whatsapp status yang dilihat banyak orang.

apa itu whatsapp status

Apa Itu Whatsapp Status

Whatsapp telah menjadi bagian hidup dari banyak orang, dimana aplikasi ini digunakan untuk melakukan komunikasi melalui internet yang lebih murah dan cepat, sehingga disukai penggunanya.

Tidak terkecuali oleh pemilik usaha yang menggunakan Whatsapp untuk terhubung dengan konsumennya serta memasarkan produk yang dimiliki.

Salah satu fitur whatsapp yang bisa digunakan sebagai media promosi adalah whatsapp status, dimana penggunanya bisa mengirimkan konten promosi dalam bentuk tulisan, video, atau foto untuk memikat konsumennya.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa membagikan kode atau link pemesanan di Whatsapp status, sehingga memudahkan konsumen yang terpikat untuk membelinya.

Kemunculan konten whatsapp status yang hanya bertahan dalam waktu 24 jam namun bisa disaksikan oleh seluruh pemilik nomor anda, juga menjadikan whatsapp status sebagai media promosi yang efektif dan tidak menghabiskan banyak biaya.

keuntungan menggunakan whatsapp status

Keuntungan Menggunakan Whatsapp Status Untuk Promosi

Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk memasarkan produk dan layanan mereka.

Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp untuk strategi pemasaran Anda?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan populer dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Awalnya, aplikasi ini hanyalah sebuah platform untuk komunikasi pribadi, tetapi sekarang telah berkembang menjadi alat pemasaran yang kuat untuk bisnis dari semua ukuran.

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis di WhatsApp adalah fitur ‘status’. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, dan pembaruan teks yang akan hilang setelah 24 jam.

Meskipun ini mungkin terlihat seperti fitur kecil, fitur ini dapat memberikan dampak yang signifikan pada upaya pemasaran Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat menggunakan WhatsApp status untuk promosi dan bagaimana fitur ini dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan mengembangkan bisnis Anda.

1. Promosi yang Mudah Namun Efektif

Keuntungan pertama yang bisa di dapatkan saat melakukan promosi menggunakan whatsapp status, adalah anda bisa membuat konten promosi dengan gampang namun hasilnya sangat efektif.

Misalnya saja, anda hendak membagikan promosi potongan harga untuk produk tertentu, maka anda bisa menyebarkan informasi tersebut menggunakan beberapa cara gampang.

Pertama adalah anda cukup menuliskan promosinya di Whatsapp status dengan tambahan background serta pemilihan kata yang gampang dipahami.

Cara ini tentu cukup gampang dan efektif apabila pelanggan anda adalah tetangga dekat dan kenalan yang dimiliki, sehingga mereka bisa langsung memahami dan membelinya saat itu juga.

Namun, jika anda hendak melakukan promosi di whatsapp status yang terlihat lebih profesional, maka anda bisa menggunakan konten foto atau video yang memiliki tampilan yang lebih memikat dan gampang dipahami.

Akan tetapi, promosi di whatsapp status menggunakan video pendek, juga memerlukan penghitungan yang tepat, agar durasi video anda tidak terpotong di tengah jalan yang membuat konsumen anda kurang memahami pesan yang disampaikan.

Alasan mengapa promosi menggunakan whatsapp status efektif adalah penonton status anda biasanya adalah konsumen setia yang telah menyimpan nomor anda dalam waktu lama, sehingga jika melihat postingan tersebut, mereka bisa memesannya secara langsung dengan cepat

Cara ini tentunya akan membantu produk anda lebih cepat terjual oleh pelanggan anda, baru kemudian dilepas ke konsumen yang membeli secara langsung.

Whatsapp status juga efektif jika anda hendak memberikan pengumuman mengenai ketidaksediaan barang dalam beberapa hari atau informasi jika sedang tidak berjualan, sehingga konsumen bisa mengetahui waktu yang tepat untuk berjualan.

2. Kemudahan Melakukan Call to Action

Saat melihat whatsapp status dari teman atau kenalan, anda biasanya akan memiliki opsi untuk membalasnya atau hanya menontonnya saja.

Hal ini juga berlaku apabila konsumen melihat konten promosi di whatsapp status anda, mereka bisa langsung membelinya dengan membalasnya secara langsung atau mengabaikannya jika belum tertarik.

Strategi ini bisa menjadi cara melakukan call to action setelah melakukan promosi produk di Whatsapp status, misalnya menyematkan kalimat ” Produk eksklusif khusus hanya untuk 3 orang pertama, balas pesan ini bila tertarik”.

Cara ini akan membuat pelanggan yang berminat bisa langsung membelinya saat itu juga tanpa khawatir berebut dengan konsumen biasa.

3. Jangkauan yang luas

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Whatsapp menjadi salah satu media komunikasi yang digunakan hampir seluruh masyarakat Indonesia, sehingga bila anda hendak melakukan promosi melalui whatsapp status, maka anda akan memiliki jangkauan luas.

Hal ini bisa didapatkan dari konsumen yang menyimpan nomor anda dan terus melakukan komunikasi dalam waktu lama, sehingga mereka bisa melihat whatsapp status anda dan melihatnya untuk melakukan pembelian saat itu juga.

Tidak hanya itu, bagi pelanggan yang hendak memberikan informasi ke konsumen lain, maka mereka tinggal melakukan tangkapan layar pada whatsapp status anda, sehingga penyebaran kabar bisa tersiar lebih luas, tanpa perlu menyimpan nomor satu sama lain.

Pelanggan anda juga bisa membagikan tautan yang dibagikan di Whatsapp status, sehingga bisa melakukan pembelian dalam waktu cepat.

4. Komunikasi Tanpa Sekat

Saat menghubungi sebuah brand melalui akun social media, maka anda akan dihubungkan dengan layanan konsumen yang akan membantu mengatasi masalah anda, tanpa berhubungan langsung dengan pemilik usaha.

Namun, berbanding berbalik apabila anda telah mempunyai nomor dari penjual kesayangan anda, berarti membuka kesempatan untuk melakukan komunikasi tanpa sekat.

Dimana anda bisa memesan produk tertentu dengan jumlah yang ditentukan serta melakukan negosiasi sebelum memutuskan untuk membelinya dengan penjual secara langsung.

Komunikasi menggunakan whatsapp ini akan membuka cara terhubung tanpa sekat, sehingga anda bisa terhubung dengan pembeli dengan cepat.

Belum lagi jika nomor anda sudah disimpan dengan penjual, maka anda bisa melihat berbagai whatsapp status yang dibagikan, bahkan jika beruntung bisa mendapatkan barang kesukaan dengan harga murah dari penjual secara langsung.

5. Pembaruan Real Time

Setiap postingan yang diunggah di Whatsapp status akan menghilang dalam durasi 24 jam, sehingga penonton tidak akan melihatnya kembali di lain hari.

Meskipun begitu, ini berarti anda tidak akan melihat postingan lama yang menumpuk dengan unggahan baru, sehingga anda bisa melihat promosi baru yang baru saja diunggah beberapa waktu lalu.

Durasi yang terbatas ini juga akan memberikan anda pembaruan real time setiap saat, sehingga anda bisa membeli produk yang dipromosikan saat itu juga.

tips promosi di whatsapp story

Tips Promosi di Whatsapp Status

Apakah Anda menggunakan Whatsapp status untuk memasarkan bisnis Anda? Jika tidak, Anda mungkin melewatkan alat pemasaran yang berharga.Dengan kemampuan untuk berbagi gambar, video, dan teks, Whatsapp Status adalah cara terbaik untuk menjangkau audiens target Anda.

Di era digital saat ini, bisnis harus kreatif dan inovatif dalam strategi pemasaran mereka. Platform media sosial seperti Whatsapp telah menjadi bagian penting dalam mempromosikan produk dan layanan.

Whatsapp Status, khususnya, telah mendapatkan popularitas di kalangan bisnis sebagai cara untuk memamerkan merek mereka dan berinteraksi dengan pelanggan.

Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda di Whatsapp Status, Anda harus memiliki rencana. Hanya memposting konten secara acak tidak akan berhasil.

Anda perlu membuat konten yang memikat, informatif, dan relevan dengan audiens target Anda. Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dan trik untuk membantu Anda membuat promosi di Whatsapp status yang efektif yang akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

1. Ketahui Jadwal Posting

Sama seperti saat mengunggah konten di social media, anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengunggah postingan di whatsapp status.

Hal ini dilakukan mengingat konsumen anda juga menyimpan berbagai nomor lain yang rutin mengunggah Whatsapp status, sehingga bisa saja postingan anda tidak dilihat oleh target konsumen.

Sehingga anda perlu mengetahui jadwal posting yang tepat, agar whatsapp status anda terus dilihat oleh konsumen anda.

Anda bisa memulainya dengan menentukan kapan saja postingan whatsapp status anda akan diunggah, apakah di pagi hari sebelum konsumen memulai hari, siang hari saat mulai istirahat, atau malam hari ketika konsumen sedang bersantai.

Kemudian anda menentukan jam posting yang tepat, bisa dimulai di waktu 7-9 pagi, 12-13 siang, dan 8-10 malam.

Anda mungkin juga akan menentukan berbagai uji coba untuk melihat waktu dimana konsumen anda banyak melihat postingan anda dan melakukan interaksi di dalamnya.

Eksperimen ini juga termasuk konten yang akan diunggah setiap waktunya, apakah konten promosi atau hiburan, tergantung dari waktu unggah postingan yang telah disepakati sebelumnya.

2. Buat Konten yang Memikat

Setelah menentukan jadwal postingan yang tepat dan dapat memancing konsumen untuk melakukan interaksi dan pembelian, maka anda juga perlu menyertai dengan konten yang memikat.

Misalnya, jika anda sering membagikan postingan whatsapp status melalui tulisan, maka anda perlu menyiapkan bahasa yang gampang dipahami oleh konsumen serta kalimat call to action yang membuat konsumen terpancing untuk membelinya.

Pastikan juga tidak ada kesalahan penulisan dalam memberikan informasi dan mencantumkan harga akan membuat konsumen tidak merasa kebingungan dalam membaca whatsapp status anda.

Namun, apabila anda lebih sering mengunggah whatsapp status berupa video dan foto, pastikan untuk mendapatkan kualitasn postingan terbaik, sehingga membuat konsumen terkesima dan terpikat untuk membelinya.

Anda juga bisa menyelipkan backsound lagu yang sedang viral di konten video pendek, sehingga membuat penonton tidak merasa bosan.

3. Tambahkan Kata-kata Promosi

Bagian paling penting dalam melakukan promosi melalui whatsapp status adalah menambahkan kata-kata promosi di setiap postingan yang diunggah.

Penambahan caption ini akan membantu konsumen yang terpikat untuk memesannya, sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan produk.

Anda bisa memanfaatkan kolom caption di whatsapp status atau menambahkan kalimat ajakan di foto konten, sehingga memudahkan konsumen untuk membacanya.

Pastikan untuk menggunakan kalimat urgensi yang membuat konsumen merasa harus membelinya saat itu juga.

Misalnya dengan menambahkan kata-kata “hanya hari ini saja”, “promosi terbatas”, ” tiga orang tercepat”, dan lain sebagainya tergantung kebutuhan.

Selain itu, hindari juga kata-kata yang membuat konsumen anda merasa terpaksa untuk membelinya, sehingga merasa tidak nyaman dan mengurungkan niat untuk membelinya.

4. Sematkan Konten Viral Untuk Hiburan

Dalam melakukan promosi di whatsapp status, anda tidak perlu terus menerus menyebarkan konten promosi yang malah membuat konsumen merasa bosan.

Sekali-kali anda bisa membagikan konten hiburan yang dapat menghibur konsumen serta dapat mengeratkan hubungan satu sama lain.

Misalnya saja, anda bisa membagikan video pendek mengenai kegiatan di balik layar proses pembuatan dan pengemasan produk anda.

Cara ini akan membuat konsumen memberikan kepercayaan produk anda, karena melihat proses pembuatan produk yang aman serta pengemasan yang aman.

Sesekali anda juga bisa membagikan konten hiburan, seperti video lucu dari tiktok yang dapat mengocok perut penonton whatsapp status anda.

Anda juga bisa membagikan meme yang sedang viral atau berkaitan dengan produk dan usaha anda, sehingga mudah diterima oleh konsumen anda.

Membagikan konten tebak-tebakan dengan hadiah tertentu juga dapat membangun hubungan dengan konsumen anda, sehingga mereka terpikat untuk melakukan komunikasi dua arah setelah lama tidak memesan produk anda.

Akan tetapi, apabila anda adalah seorang pengusaha kecil yang sering melakukan promosi di Whatsapp status, maka anda bisa membagikan kegiatan sehari-hari yang dilakukan selain membuat dan menjual produk, sehingga membuat penonton merasa tidak bosan dan mengenal anda lebih jauh.

5. Gunakan Postingan dengan Kualitas Terbaik

Konsumen bisa saja melewatkan konten promosi di whatsapp status anda apabila melihat postingan yang diunggah kurang memikat dan sulit dibaca, sehingga anda bisa menggunakan postingan dengan kualitas terbaik yang memikat konsumen.

Anda bisa memulainya dengan membuat foto produk di ruangan yang memiliki pencahayaan yang cukup serta tambahan properti yang menjadikan produk anda terlihat lebih memikat.

Jangan lupa juga untuk mengeditkan di aplikasi edit foto untuk memberikan hasil foto produk terbaik dengan hasil maksimal.

Namun, jika anda hendak mengunggah video promosi produk, anda juga bisa mengambilnya di ruangan dengan pencahayaan yang bagus serta mengambil produk dengan berbagai sudut pandang.

Kemudian anda bisa melakukan edit video melalui aplikasi khusus, sehingga mendapatkan ukuran yang tepat serta menggabungkan beberapa pengambilan video.

Agar tampilan video menjadi lebih memikat, maka anda bisa menambahkan lagu yang sedang naik daun sehingga memberikan tampilan yang lebih keren.

Akan tetapi, apabila anda tidak ingin terlalu ribet, anda bisa mengambilkan konten promosi dari social media anda dan mengunggahnya kembali di Whatsapp status agar lebih mudah.

ide konten promosi di whatsapp status

Ide Konten Promosi di Whatsapp Status

Apakah Anda kesulitan menemukan ide konten promosi yang kreatif untuk bisnis Anda di WhatsApp status?

WhatsApp adalah alat yang ampuh bagi bisnis untuk menjangkau audiens target mereka. Namun, membuat konten yang menarik dan mengonversi calon pelanggan bisa jadi merupakan tantangan tersendiri.

WhatsApp status adalah fitur yang memungkinkan Anda berbagi foto, video, dan teks dengan kontak Anda selama 24 jam. Ini adalah cara yang bagus untuk memamerkan produk atau layanan Anda dan membuat audiens Anda tetap terlibat.

Namun, membuat konten yang beresonansi dengan audiens Anda bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana.

Pada artikel ini, kami akan memberikan Anda beberapa ide konten promosi yang kreatif dan efektif untuk status WhatsApp Anda yang akan membantu Anda mendorong lebih banyak keterlibatan dan penjualan untuk bisnis Anda.

Baik Anda mempromosikan produk baru, menjalankan obral, atau sekadar mencoba menaikkann kesadaran merek, ide-ide ini akan membantu Anda membuat konten yang menonjol dan menarik perhatian audiens. Jadi, mari selami dan jelajahi beberapa ide konten promosi yang menarik untuk WhatsApp status.

1. Konten Promosi Diskon

Ide konten pertama yang bisa anda sebarkan di whatsapp status adalah konten promosi diskon, dimana anda membagikan potongan harga pada produk tertentu pada waktu yang telah ditentukan.

Cara ini akan menarik minat pelanggan yang telah membeli produk anda sebelumnya atau konsumen yang sudah bertanya namun belum tertarik untuk mencobanya.

Promosi potongan harga ini bisa anda berikan saat memasuki musim liburan atau diskon tertentu, misalnya saat tanggal kembar, akhir tahun, atau hari besar keagamaan dimana banyak orang membutuhkan produk tertentu.

Selain itu, jika anda belum berminat membagikan diskon produk, maka anda bisa membagikan paket produk dengan harga spesial, sehingga konsumen akan merasa untung untuk membelinya dan sayang untuk dilewatkan.

2. Video Promosi Produk

Selain memberikan kesempatan bagi pengguna untuk membagikan konten melalui tulisan atau foto, pengguna Whatsapp juga bisa membagikan postingan video di whatsapp status.

Cara ini tentunya memudahkan bagi penjual yang hendak membagikan video promosi produk yang menarik perhatian serta memikat konsumen untuk membelinya.

Dalam memberikan video promosi produk di whatsapp status, anda perlu memastikan bahwa kualitas video anda memberikan visual terbaik yang memikat mata, sehingga membuat penonton melihatnya sampai akhir.

Pastikan juga bahwa video yang disuguhkan berada dalam ukuran yang sesuai, sehingga tidak terpotong dan membuat penonton kesulitan untuk membacanya.

Anda juga bisa menambahkan audio dari lagu yang sedang viral atau narasi suara yang membuat penonton menikmati video promosi produk.

3. Konten Edukasi

Konsumen yang baru saja menambahkan nomor anda dan melakukan komunikasi melalui pesan singkat, mungkin saja belum mengetahui produk yang anda pasarkan, sehingga melakukan beberapa pertimbangan untuk membelinya.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat memikat perhatian konsumen melalui whatsapp status dengan membagikan berbagia konten edukasi.

Misalnya saja membagikan foto yang berisi manfaat menggunakan produk tersebut, sehingga konsumen semakin penasaran untuk mencobanya.

Anda juga bisa membagikan postingan di whatsapp status mengenai proses pengolahan produk yang menggunakan berbagai bahan berkualitas dengan pembuatan produk yang aman, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Bagian menariknya adalah anda juga bisa membagikan testimoni konsumen yang telah berkali-kali membeli produk anda, sehingga bisa memikat perhatian konsumen lain.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like