5 Cara Membuat Katalog Produk Untuk Promosi dan Diskon

Apakah Anda kesulitan untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan produk Anda secara efektif? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan katalog sebagai alat pemasaran?

Di pasar yang kompetitif saat ini, bisnis perlu menemukan cara-cara inovatif untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Katalog telah menjadi alat pemasaran yang populer selama beberapa dekade, tetapi dengan munculnya pemasaran digital, efektivitasnya dipertanyakan.

Namun, katalog masih memiliki tempat dalam bauran pemasaran dan dapat menjadi alat yang ampuh dalam mempromosikan diskon dan produk.

Katalog dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk dan diskon jika dilakukan dengan benar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat menggunakan katalog, praktik terbaik untuk mendesain dan mencetak katalog, dan cara mendistribusikannya secara efektif ke audiens target Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan mempromosikan produk Anda, baca terus untuk mengetahui bagaimana katalog dapat bekerja untuk Anda.

katalog produk adalah

Katalog Produk Adalah 

Sebelum membeli sebuah produk atau layanan dari brand tertentu, biasanya seorang konsumen akan melihat berbagai tampilan barang tersebut di sebuah buku khusus.

Jika mereka tertarik pada barang yang ditawarkan, maka mereka bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada sales yang melayani atau membelinya secara langsung melalui kasir atau market place.

Katalog adalah dokumen yang berisi list informasi penting mengenai produk yang dijual, mulai dari harga, tampilan produk, kelebihan, material, dan lain sebagainya.

Hampir semua usaha memiliki katalog, baik yang bergerak di bidang jasa dan pembuatan produk untuk memamerkan produk yang dimiliki ke konsumen.

Seiring berjalannya waktu, katalog tidak hanya tampil dalam bentuk dokumen cetak, namun juga telah muncul dalam tampilan dokumen digital, sehingga mudah dibagikan ke konsumen dan diakses melalui website brand yang dimiliki.

Tampilan katalog juga bermacam-macam, mulai dicetak dalam kertas buram atau dicetak dengan hasl terbaik dalam beberapa halaman sekaligus karena jumlah produk yang banyak.

Katalog tidak hanya menampilkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki oleh sebuah brand, namun juga memiliki berbagai keuntungan yang menguntungkan pemilik usaha serta pembeli.

keuntungan memiliki katalog produk untuk promosi

Keuntungan Memiliki Katalog Produk Untuk Promosi

Apakah Anda kesulitan mempromosikan produk Anda secara efektif? Apakah Anda merasa kesulitan untuk memamerkan produk Anda kepada calon pelanggan? Jika ya, Anda mungkin melewatkan alat pemasaran yang ampuh: katalog.

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini, sangat penting untuk memiliki strategi pemasaran yang kuat untuk menonjol dari yang lain.

Katalog produk adalah alat yang komprehensif dan menarik secara visual yang dapat membantu bisnis mempromosikan produk mereka secara efektif.

Katalog produk memberikan informasi rinci tentang produk kepada pelanggan dan membantu mereka membuat keputusan pembelian yang tepat.

Memiliki katalog produk dapat memberikan beberapa keuntungan bagi bisnis, termasuk peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merek, dan peningkatan keterlibatan pelanggan.

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi manfaat memiliki katalog produk untuk promosi dan bagaimana katalog produk dapat membantu bisnis sukses di pasar saat ini.

1. Membantu Keputusan Pembelian

Saat mengunjungi stand dari brand tertentu, konsumen akan disajikan berbagai produk dengan kelebihan yang berbeda-beda.

Variasi produk yang banyak untuk masalah yang berbeda, tentunya akan membuat konsumen bingung, apalagi biasanya konsumen menentukan membeli produk tertentu berdasarkan bahan yang dikandung, harga, atau kelebihan yang dimiliki.

Sehingga sebuah brand yang memiliki katalog produk akan menguntungkan bagi konsumen, sebab akan memudahkan untuk memutuskan produk yang dibeli dengan budget yang dimiliki serta solusi yang diberikan.

2. Meningkatkan Pengalaman Belanja

Sebelum membeli sebuah produk, konsumen akan mengalami berbagai pengalaman membeli yang cukup panjang yang pada akhirnya akan membawa mereka ke keputusan untuk membeli produk tersebut atau meninggalkannya begitu saja.

Di sisi lain, perjalanan produk yang cukup panjang, menjadikan konsumen akhirnya memutuskan untuk membatalkan pembelian karena berbagai keputusan yang diambil.

Sehingga untuk mempersingkat perjalanan pembeli untuk membeli produk anda, maka menggunakan katalog produk bisa menjadi solusi terbaik.

Hal ini disebabkan katalog produk menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan sebelum membeli produk yang diinginkan dan mempercepat proses pembelian produk.

Di sisi lain, jika anda membuat katalog produk yang interaktif dan membantu menjawab masalah konsumen dari jarak jauh, maka akan memberikan pengalaman belanja yang terbaik bagi konsumen, dimana akan lebih mudah bagi konsumen untuk mempelajari produk anda, serta melihat testimoni konsumen yang memiliki masalah yang serupa. 

3. Merencanakan Penawaran Produk

Bagi seorang penjual yang sedang berhadapan dengan konsumen secara langsung, tentunya mereka membutuhkan alat khusus yang dapat membantu untuk menjelaskan produk yang dimiliki dengan tampilan visual yang menarik, meskipun produk tersebut tidak tersedia di depan mata.

Sehingga memiliki katalog produk akan membantu penjual yang memasarkan produk ke konsumen secara langsung dengan lebih praktis, karena mereka tidak perlu membawa banyak barang saat melakukan promosi produk.

Selain itu, jika konsumen kurang tertarik pada produk yang anda miliki, maka anda bisa memberikan penawaran lainnya dengan memberikan penawaran paket produk dari katalog yang dimiliki, sehingga anda bisa memberikan penjualan produk.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Keuntungan utama yang didapatkan dari memiliki katalog produk pribadi adalah membantu untuk meningkatkan penjualan produk.

Hal ini dikarenakan penjual memiliki buku khusus yang berisi penjelasan mengenai produk secara lebih lengkap dengan visual yang menarik, sehingga lebih memikat pembeli untuk membelinya saat itu juga.

Apalagi jika katalog produk tersebut bisa diakses secara langsung melalui digital atau cetak, maka akan memudahkan konsumen yang sedang melakukan analisa produk secara langsung atau dari rumah, sehingga akan meningkatkan penjualan produk dari berbagai saluran penjualan.

5. Panduan untuk Reseller

Bagi sebuah brand yang tengah berkembang atau memiliki nama besar, proses penjualan produk tidak hanya dilakukan di stand atau akun marketplace yang dimiliki.

Beberapa merk bahkan melakukan kerjasama dengan membuka kesempatan bagi reseller yang hendak menjual produk dengan harga yang lebih murah serta tersebar di berbagai wilayan.

Sayangnya salah satu kelemahan dari membuka kerjasama dengan reseller adalah penjual mungkin saja belum memiliki pengetahuan mengenai produk yang dijual, sehingga kesulitan untuk melakukan promosi ke target konsumen.

Sehingga memiliki katalog produk khusus akan membantu reseller untuk mempelajari barang yang dijual untuk dijelaskan ke konsumen yang dimiliki.

qvK5v6K7TLiqLrjQWOtB

Apa Saja Isi dari Katalog Produk

Apakah Anda ingin tahu tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat katalog produk? Katalog yang dirancang dengan baik bisa menjadi alat pemasaran yang ampuh yang menampilkan produk dan layanan Anda kepada calon pelanggan. Tapi apa sebenarnya yang harus Anda sertakan dalam katalog Anda untuk membuatnya efektif?

Katalog produk telah ada selama beberapa dekade dan masih menjadi bagian penting dari pemasaran bagi banyak bisnis.

Katalog memberikan pelanggan cara yang mudah untuk melihat-lihat produk Anda dan membuat keputusan pembelian yang tepat.

Namun, membuat katalog bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika Anda tidak yakin apa yang harus dimasukkan.

Untuk membuat katalog produk yang efektif, Anda perlu memahami informasi dan elemen apa saja yang penting untuk dimasukkan. Dari deskripsi produk hingga gambar berkualitas tinggi, ada beberapa komponen utama yang dapat membuat atau menghancurkan katalog Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas isi katalog produk dan memberikan tips untuk membuat katalog yang mendorong penjualan dan melibatkan pelanggan.

1. Foto Produk

Bagian paling penting dalam membuat katalog adalah memasukkan berbagai foto produk yang dimiliki ke dalam buku tersebut.

Dengan menempatkan foto produk dengan tampilan yang menarik, tentunya akan membuat konsumen tertarik untuk membeli barang tersebut, meskipun mereka belum mengenal nama brand anda.

Biasanya beberapa brand fashion besar yang merilis katalog berdasarkan musim promosi tertentu membuat katalog produk dengan tema yang selaras.

Cara ini akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang disajikan dengan tema tersebut karena tampilan katalog produk yang tidak membosankan.

Meskipun begitu, beberapa katalog produk lain hanya menampilkan foto produk dengan sederhana, hal ini biasanya terjadi di pusat perbelanjaan yang memiliki jenis produk yang beragam dan telah memiliki pelanggan setia yang akan selalu belanja di tempat mereka.

2. Deskripsi Produk

Selain menambahkan foto produk di katalog, penting juga untuk menambahkan keterangan tambahan mengenai produk yang dijual.

Deskripsi ini akan membantu konsumen yang mempelajari produk anda dari jarak jauh melalui katalog produk atau reseller yang hendak menjual produk anda dengan memasarkan ke target konsumen.

Isi dari deskripsi produk biasanya adalah penjelasan mengenai produk yang dijual serta kelebihan yang dimiliki, sehingga membuat konsumen lebih mudah memahami produk yang anda jual.

Penjelasan produk biasanya ditaruh di bagian bawah atau samping foto produk, sehingga memudahkan konsumen untuk mempelajari produk tersebut.

3. Harga Produk

Setelah mempelajari produk dari foto serta deskripsi barang, maka konsumen akan lebih siap untuk membelinya setelah melihat kelebihan barang tersebut.

Sehingga anda juga perlu menyematkan harga produk di katalog tersebut guna memikat pembeli untuk memesannya saat itu juga.

Saat hendak mencantumkan harga produk, anda perlu melakukan trik marketing sederhana yang dapat memikat konsumen untuk membeli barang tersebut saat itu juga.

Salah satunya adalah dengan memasang diskon di produk yang disematkan, sehingga akan membuat konsumen tertarik untuk membelinya karena perbedaan harga yang diberikan.

Selain itu, anda juga bisa memasang campaign promosi produk tertentu guna menarik minat konsumen untuk membeli barang khusus yang anda tawarkan.

cara membuat katalog produk

Cara Membuat Katalog Produk

Apakah Anda pemilik bisnis yang ingin memamerkan produk Anda dengan cara yang terorganisir dan profesional? Apakah Anda merasa kesulitan untuk membuat katalog produk yang secara efektif menampilkan barang dagangan Anda?

Tidak perlu mencari lagi, karena kami telah menyusun panduan untuk membantu Anda membuat katalog produk yang menonjol yang akan meninggalkan kesan mendalam bagi pelanggan Anda.

Katalog produk adalah alat penting untuk bisnis apa pun yang menjual produk. Ini berfungsi sebagai representasi visual dari merek Anda dan produk yang Anda tawarkan, sehingga memudahkan pelanggan untuk melihat-lihat dan melakukan pembelian.

Namun, membuat katalog produk bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana.

Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara membuat katalog produk yang secara efektif menampilkan produk Anda, menangkap esensi merek Anda, dan menarik bagi audiens target Anda.

Baik Anda membuat katalog digital atau cetak, tips dan trik ini akan membantu Anda membuat katalog produk yang menarik secara visual dan informatif yang akan membantu bisnis Anda menonjol dari persaingan.

1. Kumpulkan Informasi Produk

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat katalog adalah mengumpulkan berbagai informasi produk yang dimiliki.

Baik produk yang sedang naik daun, mendapatkan penjualan tinggi, atau belum dikenal oleh konsumen, anda perlu mengumpulkan semuanya di satu tempat.

Kemudian kumpulkan juga informasi mengenai kelebihan produk, bahan baku yang dimiliki, serta harga masing-masing produk, sehingga akan memudahkan dalam membuat deskripsi barang di katalog produk.

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengumpulkan ulasan konsumen yang akan ditaruh di halaman khusus guna memudahkan konsumen dalam mengetahui pengalaman pembeli yang telah membeli produk tersebut sebelumnya dan meyakinkan diri untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Apabila anda belum memiliki data khusus mengenai testimoni konsumen, anda perlu mengumpulkannya dari penyebutan akun social media atau mencari nama brand dan produk anda di internet untuk mendapatkan ulasan yang diinginkan.

Kumpulkan berbagai informasi tersebut di dalam dokumen khusus, sehingga akan memudahkan untuk diakses kembali saat membuat katalog produk.

Selain itu, penting juga untuk merancang tampilan katalog produk sesuai dengan tema yang akan dibuat di periode tersebut.

Anda perlu menentukan jenis dan ukuran font yang digunakan dan warna background yang dipilih agar selaras dengan tema yang dibuat.

Hal ini juga akan memudahkan desainer yang bertugas untuk membuat katalog produk, sehingga tidak akan menimbulkan salah paham yang akan merugikan seebelum atau setelah buku pedoman tersebut dicetak.

2. Rancang Struktur Katalog Produk

Langkah selanjutnya yang pelru dilakukan sebelum membuat katalog produk adalah merancang tampilan buku pedoman tersebut.

Tujuan dari membuat katalog produk adalah memberikan visualiasi dari produk yang dimiliki di dokumen khusus, sehingga anda perlu mengetahui tampilan yang perlu anda buat.

Guna memudahkan proses perancangan katalog produk adalah merancang desian produk yang bisa dibuat sebagai acuan visualisasi yang belum direalisasikan.

Penggunaan mock up ini akan memudahkan desainer dalam melakukan eksekusi katalog produk dengan memberikan gambaran nyata mengenai konsep desain sebelum dirilis dalam bentuk dokumen cetak atau digital.

Apabila anda memiliki waktu yang terbatas dalam membuat katalog produk, maka anda bisa membuat mock up yang lebih simpel menggunakan berbagai website atau aplikasi desain sehingga lebih menghemat waktu dengan pembuatan yang lebih cepat.

Beberapa platform tersebut bahkan menyediakan berbagai template katalog produk yang beragam, sehingga bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Rancangan mock up yang sempurna sebelum membuat katalog produk akan membantu dalam memberikan arahan yang jelas untuk pekerjaan anda.

Cara ini juga akan meminimalisir anda untuk menghabiskan waktu dalam mengubah tata letak yang tentunya akan melelahkan diri sendiri.

Karena proses pembuatan katalog produk yang memakan waktu lama, maka pastikan untuk menyampaikan ide dan tema dari jauh hari, sehingga akan memudahkan dalam membuat katalog produk serta anda akan mendapatkan hasil yang disukai konsumen dan akhirnya meningkatkan penjualan.

3. Rancang Katalog Produk

Setelah proses pembuatan mock up selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah merancang katalog produk.

Anda bisa memulainya dengan memilih aplikasi edit foto yang menyediakan layanan untuk mengedit katalog produk sesuai keinginan.

Beberapa aplikasi edit video mungkin saja memiliki template katalog produk, sehingga akan memudahkan anda untuk memasukkan berbagai foto produk dan deskripsi barang, sehingga lebih menghemat waktu.

Namun, fasilitas tersebut biasanya akan membutuhkan budget lebih, sehingga anda perlu mempertimbangkan untuk membayar biaya berlangganan dalam jangka waktu tertentu.

Kemudian anda juga perlu menentukan tema katalog untuk periode tersebut, sehingga akan meningkatkan daya beli konsumen.

Hal ini juga akan memudahkan anda dalam memilih background warna serta aksesoris yang perlu ditambahakan dalam melakukan pemotretan foto produk.

pada proses pemotretan foto produk, anda tidak hanya mempersiapkan berbagai kemasan serta produk yang dimiliki, namun anda juga perlu mempersiapkan properti tambahan yang sesuai tema.

Beberapa brand besar yang membuat katalog produk untuk periode tertentu, juga biasanya melakukan pemotretan bersama model di tempat tertentu, sehingga lebih menontonjolkan tema yang akan digunakan nantinya.

Setelah proses pemotretan selesai, anda tentunya akan mengubah berbagai foto tersebut untuk diedit menggunakan berbagai tampilan yang diinginkan.

Pada saat inilah berbagai fitur tambahan di aplikasi edit foto dibutuhkan untuk menghasilkan tampilan yang menarik dan sesuai tema katalog produk.

Apabila proses editing selesai dilakukan, maka anda bisa memasukkanya ke dalam template katalog produk yang sudah dibuat sebelumnya.

Pastikan untuk memasukkan foto produk, deskripsi, serta serta mengubah background dengan foto yang diinginkan sebelum akhirnya dilihat hasilnya untuk dicetak dalam jumlah banyak.

4. Ketahui Pembaruan Harga Produk

Pada proses pembuatan katalog produk untuk periode tertentu, biasanya terdapat perubahan harga khusus sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Perbedaan harga yang berubah ini tentunya harus disadari oleh desainer, sehingga setelah katalog produk sudah dicetak, maka hasilnya sudah sesuai keinginan.

Sehingga penting bagi desainer unuk melakukan koordinasi dengan tim lain yang mengurus perubahan harga, sehingga harga produk yang dicantumkan tidak berubah selama proses pembuatan produk.

5. Cetak Katalog Produk Sesuai Keinginan

Setelah katalog selesai disetujui oleh berbagai pihak, maka inilah saatnya untuk mencetak katalog tersebut sebelum diedarkan ke berbagai stand, reseller, atau diunggah di social media.

Sebelum katalog produk dirilis dalam jumlah banyak, maka anda perlu mencetaknya dalam jumlah tertentu, guna memastikan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, dengan kualitas kertas serta warna yang diinginkan.

Apabila hasilnya sudah sesuai keinginan, maka anda bisa mencetaknya ke penerbit khusus yang telah biasa mencetak katalog produk, sehingga anda mendapatkan hasil yang sesuai.

Sembari menunggu proses percetakan katalog produk selesai dilakukan, maka anda juga bisa mengurus katalog produk dalam bentuk digital.

Misanya saja anda bisa mennyimpan katalog produk dalam format dokumen PDF sehingga mudah dibaca oleh konsumen yang berada jauh dari jangkauan anda.

Buat juga format katalog yang berbeda untuk berbagai jenis perangkat komunikasi, sehingga konsumen yang mencetaknya dari berbagai tempat bisa melihatnya dengan mudah tanpa terhalang ukuran.

Anda juga bisa memilih website yang dapat menyimpan dan mengunduh katalog produk dalam bentuk yang diinginkan.

Katalog produk adalah

Katalog produk adalah dokumen yang berisi list informasi penting mengenai produk yang dijual, mulai dari harga, tampilan produk, kelebihan, material, dan lain sebagainya.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like