5 Cara Memulai Webinar Untuk Pertama Kali

Pernahkah Anda berpikir untuk menyelenggarakan webinar untuk bisnis atau organisasi Anda, namun tidak tahu harus mulai dari mana?

Dengan meningkatnya kerja jarak jauh dan acara virtual, webinar telah menjadi cara yang semakin populer untuk terhubung dengan audiens dan berbagi informasi berharga.

Namun, jika Anda belum pernah menyelenggarakan webinar sebelumnya, mungkin akan sangat membingungkan untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Webinar menawarkan peluang unik untuk menjangkau audiens global dan menyediakan konten berharga dalam format yang nyaman.

Namun, gagasan untuk menyelenggarakan acara online secara langsung bisa jadi menakutkan, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Penting untuk memiliki rencana yang matang untuk memastikan webinar Anda berjalan dengan lancar dan melibatkan audiens Anda.

Jika Anda siap untuk terjun ke dunia webinar, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, Anda berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah penting yang perlu Anda lakukan untuk menyelenggarakan webinar pertama Anda dengan sukses.

Mulai dari memilih topik hingga mempromosikan acara Anda, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat webinar Anda sukses. Jadi, ayo kita mulai!

webinar adalah

Webinar Adalah

Beberapa tahun belakangan, webinar menjadi salah satu acara yang diminati banyak orang untuk mendapatkan ilmu baru meskipun dari rumah.

Webinar sendiri merupakan singkatan dari web seminar yang merupakan acara yang diadakan oleh organisasi tertentu yang menyasar target audience tertentu dari berbagai kalangan.

Biasanya webinar diisi dengan presentasi atau workshop seputar topik khusus yang disukai oleh audience dan memiliki kaitan dengan organisasi tertentu serta diisi oleh pembicara yang diisi oleh ahli yang profesional di bidangnya sehingga menarik audience untuk menontonnya.

Meskipun disiarkan secara daring, namun antara pembicara serta penonton bisa melakukan interaksi satu sama lain pada sesi yang telah ditentukan sebelumnya serta mendapatkan rekaman video atau materi yang bisa dipelajari setelah webinar selesai dilakukan.

Webinar tidak hanya berguna sebagai media edukasi dan membangun hubungan dengan konsumen yang dimiliki, namun juga sebagai media promosi yang efektif karena konsumen anda telah mengenal brand anda lebih dalam setelah acara seminar selesai dilakukan.

Sehingga webinar kerap kali digunakan oleh berbagai merk terkemuka sebagai ajang mendekatkan diri ke target konsumen serta memasarkan produk dan merk yang dimiliki dengan pendekatan edukasi melalui kemasan yang menarik.

Di sisi lain, menggunakan webinar juga memberikan keuntungan bagi sebuah brand untuk mengenal konsumen lebih dalam.

keuntungan menggunakan webinar sebagai media promosi

Keuntungan Menggunakan Webinar Untuk Media Promosi

Apakah Anda sedang mencari cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan webinar? Di era digital saat ini, webinar telah menjadi alat promosi yang populer dan efektif untuk bisnis dari semua ukuran.

Webinar memungkinkan Anda untuk terhubung dengan audiens Anda dengan cara yang lebih pribadi dan interaktif, tanpa perlu kehadiran fisik.

Dengan meningkatnya kerja jarak jauh dan komunikasi online, webinar telah menjadi cara yang semakin populer untuk menjangkau pelanggan potensial dan mempromosikan produk atau layanan.

Pada artikel ini, kami akan membahas keuntungan menggunakan webinar sebagai media promosi untuk bisnis Anda.

Mulai dari menjangkau audiens yang lebih luas hingga membangun otoritas merek, kami akan membahas bagaimana webinar dapat membantu Anda mencapai tujuan pemasaran dan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya. Jadi, mari selami dan temukan kekuatan webinar untuk strategi promosi Anda.

Keuntungan pertama yang didapatkan dari menggunakan webinar sebagai media promosi adalah anda bisa mendapatkan berbagai data konsumen yang bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan berbagai konten promosi, mulai dari perilisan produk terbaru hingga diskon pada event khusus.

Dengan menyebarkan promosi ke target konsumen yang telah mengenal brand anda sebelumnya, tentunya akan menarik minat mereka untuk membeli produk yang sedang anda tawarkan saat ini.

Tidak hanya itu, mengadakan webinar secara rutin dengan berbagai tema yang berbeda juga akan membangun kepercayaan konsumen dan membuat brand anda menjadi pelopor di antara merk lain di industri.

Hal ini dikarenakan pada seminar tersebut anda menyampaikan informasi terbaru mengenai brand dan industri yang sedang anda jalankan ke target konsumen, sehingga mereka akan menganggap bahwa merk anda selangkah lebih maju dari brand lainnya yang bergerak di bidang yang sama.

Di samping itu, anda juga menyediakan berbagai solusi dari masalah yang dihadapi oleh konsumen, sehingga mereka lebih tertarik untuk mencoba produk anda yang memiliki jawaban dari problema yang dihadapi saat ini.

Apabila anda berhasil mengadakan webinar yang sukses dengan jumlah peserta yang cukup banyak, tentunya akan membantu untuk meningkatkan brand awareness karena semakin banyak orang yang mengenal merk anda dari seminar tersebut,

Sehingga mereka lebih tertarik untuk membeli produk anda atau merekomendasikannya ke orang lain yang memiliki masalah yang sama. 

cara membuat webinar

Cara Memulai Webinar Untuk Pertama Kali

Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai webinar namun tidak tahu harus memulai dari mana? Apakah Anda khawatir tentang teknis dan logistik penyelenggaraan seminar online?

Webinar telah menjadi cara yang semakin populer untuk berbagi pengetahuan dan terhubung dengan audiens.

Webinar dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari presentasi bisnis hingga lokakarya pendidikan dan sesi pelatihan.

Namun, jika Anda belum pernah menyelenggarakan webinar sebelumnya, hal ini dapat terlihat menakutkan dan membingungkan.

Memulai webinar untuk pertama kalinya bisa menjadi tugas yang menakutkan, tetapi dengan persiapan dan panduan yang tepat, webinar bisa menjadi pengalaman yang sukses dan bermanfaat.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah penting untuk memulai webinar untuk pertama kalinya, mulai dari memilih topik hingga mempromosikan acara dan melibatkan audiens Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat membuat webinar yang profesional dan menarik yang akan meninggalkan kesan mendalam bagi para peserta.

1. Pilih Topik Webinar

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat seminar online adalah memilih topik yang sesuai dengan minat target audience serta selaras dengan industri yang dimiliki.

Pemilihan topik yang tepat juga akan membantu untuk meningkatkan minat audience yang tertarik pada acara yang anda selenggarakan serta mengundang pengisi acara yang selaras dengan seminar yang akan anda adakan.

Guna mengetahui topik seminar yang sesuai, maka anda bisa mengumpulkan tim anda untuk mencari ide webinar yang sesuai dengan minat target audience saat ini.

Selain itu, anda juga bisa menggali minat audience dengan melihat topik yang sedang naik daun saat ini di social media, caranya adalah menelusuri kolom komentar dan pesan langsung di akun social media yang dimiliki dan lihat topik yang mendapatkan banyak perhatian dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, jika anda sudah mengadakan webinar rutin sebelumnya, maka anda bisa mengadakan polling untuk meminta pendapat konsumen mengenai ide seminar lain yang bisa anda selenggarakan selanjutnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggali topik webinar yang menarik dengan mencari tahu masalah yang sedang ramai di industri yang anda jalani, caranya adalah dengan mengakses portal berita dan melihat berbagai topik yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini.

Mengadakan seminar dari topik yang sedang hangat akhir-akhir ini juga akan membantu untuk menaikkan minat konsumen yang ingin menggali lebih dalam mengenai masalah yang sedang naik daun dari pandangan ahli di bidangnya.

Namun apabila anda hendak membuat webinar sebagai media promosi, maka ada baiknya untuk menyesuaikan dengan campaign promosi yang dilakukan saat ini, sehingga anda bisa menyelipkan kalimat call to action di akhir seminar serta menarik jumlah konsumen yang lebih banyak.

Anda juga bisa mengguankan social media tools khusus yang berfungsi untuk menganalisa pencarian terbanyak yang dilakukan oleh target konsumen anda, sehingga anda bisa menjawab berbagai pertanyaan konsumen melalui webinar yang anda lakukan.

Setelah anda memiliki ide mengenai minat konsumen maka akan lebih mudah dalam menentukan topik seminar serta memilih pengisi acara yang sesuai.

2. Tentukan Format Webinar

Meskipun sebagian besar isi webinar merupakan acara bincang-bincang antara pakar di bidangnya serta konsumen yang memiliki minat pada topik tertentu, anda juga perlu membuat format webinar yang menarik.

Penentuan format ini akan membantu anda dalam membuat acara yang menarik serta menjadi strategi promosi ke target konsumen yang dimiliki.

Webinar sendiri memiliki berbagai format yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan, sehingga pengisi acara bisa memaksimalkan waktunya untuk memberikan pendapat dan pengetahuan mengenai topik tertentu.

Pertama adalah format presentasi dimana pengisi acara akan diberikan durasi waktu tertentu untuk melakukan presentasi mengenai pendapatnya seputar topik tertentu yang berkaitan dengan isi webinar.

Biasanya setiap pengisi acara memiliki keahlian yang berbeda namun saling berkaitan dengan topik webinar, sehingga membuat seminar menjadi lebih menarik, serta penonton mendapatkan berbagai pandangan yang membangun.

Penggunaan format seminar ini cocok dilakukan apabila anda menargetkan jumlah konsumen yang sedikit namun tertarik pada topik yang anda bahas di seminar.

Di akhir presentasi biasanya konsumen akan diberikan waktu untuk melakukan tanya jawab dengan pengisi acara seputar topik tertentu, sehingga timbul interaksi yang segar dan tidak membosankan.

Format lainnya yang bisa digunakan dalam seminar adalah tanya jawab, dimana pembawa acara mengajukan beberapa pertanyaan kepada pengisi acara mengenai topik tertentu di seminar tersebut.

Berbeda dengan format presentasi yang mengundang beberapa pengisi acara, pada jenis acara ini anda bisa mengundang seorang pakar yang ahli di bidangnya, sehingga forum diskusi menjadi lebih fokus dan pengisi acara lain tidak merasa diabaikan.

Konsep diskusi ini juga membuka kesempatan bagi konsumen untuk bertanya ke pengisi acara mengenai topik tertentu atau masalah yang berkaitan dengan isi seminar, sehingga diskusi akan semakin menarik.

Agar sesi seminar diskusi semakin menarik, maka pembawa acara perlu membuat list pertanyaan yang berkaitan dengan topik diskusi untuk diajukan ke pengisi acara.

Jenis webinar ketiga yang bisa digunakan adalah demonstrasi produk, dimana anda mengenalkan produk terbaru anda ke target konsumen, pelanggan setia, atau reseller agar mereka tertarik untuk membeli barang yang baru saja rilis.

Webinar ini biasanya digunakan oleh brand yang bergerak di produk tertentu, sehingga perlu mendemonstrasikannya di depan konsumen.

Di sisi lain, jenis webinar ini biasnanya menyasar target konsumen, misalnya komunitas wanita di lingkungan tertentu atau sekolah yang bergerak di bidang industri tertentu yang memerlukan produk yang spesifik untuk menunjang kinerja dalam bekerja.

Meksipun begitu, seminar ini juga bisa diadakan tertutup dengan komunitas yang dimiliki, sehingga antara penyelenggara dan konsumen sudah saling mengenal satu sama lain.

3. Pilih Alat yang Sesuai

Seminar yang diadakan jarak jauh tentunya membutuhkan berbagai alat tambahan yang berguna untuk menyiarkan siaran langsung selama acara dilakukan.

Sehingga meskipun webinar terkesan santai namun anda perlu menyiapkan berbagai properti yang dapat mendukung kelancaran acara.

Pertama adalah memilih ruangan rekaman yang sesuai, dimana anda bisa meletakkan berbagai properti yang dibutuhkan selama webinar dilakukan.

Biasnaya brand besar yang memiliki kantor sendiri juga mempunyai aula khusus yang dapat berguna untuk mengadakan seminar online yang dapat menampung beberapa orang sekaligus.

Meskipun begitu, anda juga perlu mengukur luas ruangan sehingga cukup dihuni untuk beberapa orang sementara sebelum memesannya sebagai tempat acara.

Cek juga berbagai fungsi elektronik yang dimiliki dan pastikan ruangan tersebut kedap suara, sehingga tidak menampung suara dari luar yang mengganggu jalannya seminar.

Jika sudah selesai maka anda bisa melanjutkan untuk membangun dekorasi ruangan yang sesuai dengan tema acara.

Anda bisa membuat dekorasi ruangan dengan gaya santai atau formal, tergantung seminar yang diadakan.

Biasanya anda akan membutuhkan beberapa furnitur serta hiasan sebagai background acara, sehingga tampilan seminar anda menjadi lebih menarik.

Persiapan berbagai peralatan elektronik juga penting selama proses membuat tempat untuk seminar online.

Misalnya adalah menyiapkan beberapa perangkat komunikasi yang berguna untuk komunikasi dengan panitia sekitar, sehingga koordinasi akan lebih siap.

Selain itu, anda juga membutuhkan beberapa perangkat keras seperti laptop yang berguna untuk menyiarkan siaran langsung selama seminar dilakukan, sehingga konsumen anda bisa menonton acara anda dengan nyaman.

Penggunaan kamera profesional juga penting dalam menyiarkan seminar online, dimana anda bisa memanfaatkan alat yang dimiliki atau menyewa dari tempat tertentu yang tentunya akan mengeluarkan lebih banyak biaya.

Bagian paling penting dalam mengadakan seminar online adalah mempersiapkan kecepatan internet yang kuat, sehingga seminar online bisa diadakan dengan lancar dan tidak terputus di tengah jalan.

Beberapa seminar online juga terkadang membuat background khusus yang bisa digunakan oleh konsumen selama acara dilakukan, sehingag mereka akan merasakan sensasi yang berbeda selama siaran langsung dilakukan.

Memberikan hadiah dalam nominal tertentu juga bisa menjadi daya tarik untuk mengundang konsumen ke seminar langsung yang akan diadakan, anda bisa memberikan hadian berupa voucher dompet digitall dengan nominal tertentu atau paket hadiah dari produk yang dimiliki.

Tentukan juga platform yang berguna untuk menyiarkan seminar ke konsumen, anda bisa menggunakan Google Meet atau Zoom yang banyak digunakan oleh perusahaan lain untuk mengadakan seminar online.

Penggunaan microphone juga penting agar suara pembawa dan pengisi acara bisa terdengar jelas oleh penonton.

Anda bisa menggunakan jenis microphone kabel atau tanpa kabel yang memudahkan gerak narasumber serta mampu menangkap suara dengan baik.

Pastikan untuk mengisi daya microhpne tanpa kabel sebelum acara dilakukan serta melakukan uji coba suara.

4. Undang Narasumber Terkemuka

Sebelum mengadakan seminar online tentunya anda perlu mengundang beberapa narasumber terkemuka sebagai pengisi acara guna menarik perhatian konsumen.

Sebelum anda memilih pengisi acara, maka anda perlu memastikan bahwa mereka memiliki ahli di bidangnya serta sesuai dengan topik yang diajukan di seminar tersebut.

Anda bisa mengundang ahli atau profesional di bidang tertentu yang telah memiliki sepak terjang karir yang menawan, sehingga menarik minat konsumen.

Selain itu, anda juga bisa mengundang influencer atau key opinion leader yang bergerak di bidang yang sama.

Guna menganalisa narasumber yang sesuai, maka anda bisa menggunakan social media tools khusus guna mengetahui akun kreator yang banyak diikuti oleh konsumen anda, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk menjadi pengisi acara.

Setelah menentukan influecer atau pengsisi acara yang diinginkan, maka anda bisa menghubungi mereka melalui contact person yang disedikan dari akun social media yang dimiliki.

Beberapa kreator atau influencer yang sudah berpengalaman di bidangnya biasanya memiliki harga tertentu saat hendak diundang ke seminar online, sehingga anda perlu memiliki budget khusus untuk mengundang mereka.

Dalam proses mengudang narasumber tersebut, anda juga perlu mengirimkan penawaran berupa proposal acara dan waktu yang bisa diluangkan untuk mengisi acara tersebut.

Beberapa pengisi acara mungkin tidak bersedia mengisi acara anda sebab berbenturan dengan waktu kosong yang dimiliki, sehingga anda perlu menyediakan beberapa list narasumber apabila opsi pertama tidak memiliki waktu yang tepat.

Setelah anda menemukan narasumber yang tepat, maka anda bisa meminta salah satu panitia sebagai pembimbing dari narasumber tersebut yang membantu dalam koordinasi dengan pengisi acara sebelum, selama, dan akhir acara. 

5. Buat Halaman Pendaftaran

Sebelum mempromosikan acara seminar yang dilakukan, maka anda juga perlu membuat halaman pendaftaran yang akan memudahkan konsumen untuk mendaftar pada acara tersebut.

Anda tidak perlu bingung untuk memilih platform pendaftaran acara, karena kini sudah banyak website yang menyediakan fasilitas tersebut.

Website yang banyak digunakan sebagai media pendaftaran seminar online adalah Google Form, dimana anda bisa meminta konsumen untuk mengisi berbagai kolom informasi yang berguna untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan.

Misalnya saja nomor telepon, alamat email, serta bukti pembayaran seminar online, sebelum akhirnya konsumen mendapatkan akses untuk masuk ke tautan seminar yang diadakan.

Namun jika anda memiliki website brand sendiri maka anda bisa memanfaatkannya sebagai media pendaftaran, sehingga memudahkan konsumen untuk mengenal produk dan brand anda sebelum acara berlangsung serta meningkatkan jumlah kunjungan ke website yang  dimiliki.

Akan tetapi jika seminar online anda hanya mengundang jumlah konsumen yang terbatas, maka anda bisa memberikan contact person yang bisa diakses untuk memberkan format pendaftaran yang sudah disediakan.

Pemberian nomor narahubung ini berguna sebagai jembatan komunikasi dengan konsumen sebelum acara dilakukan.

Selain mencantumkan berbagai kolom yang bisa diisi dengan identitas konsumen, maka anda perlu memasukkan beberapa data tertentu.

Misalnya adalah tulis mengenai isi acara yang akan anda selenggarakan beserta waktu pelaksanaan acara, guna memastikan konsumen tidak memiliki acara lain selama siaran langsung dilakukan.

Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai pengisi acara seminar online, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi konsumen yang hendak mengikuti acara tersebut.

Gunakan template form pendafatarn yang menarik dan mudah dipahami oleh konsumen, sehingga mereka tidak kesulitan dalam mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan.

Webinar itu apa

Webinar adalah seminar online interaktif dimana pengisi acara membahas masalah mengenai topik tertentu.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like