Cara Terkenal di Youtube dengan Video SEO

Apakah Anda bermimpi untuk terkenal di YouTube dan mendapatkan banyak pengikut? Dengan strategi dan teknik yang tepat, Anda dapat merebut perhatian di Youtube dan menarik banyak penonton.

YouTube adalah salah satu platform media sosial paling populer, dengan jutaan pengguna yang mengunggah video setiap harinya. Dengan ketatnya persaingan, mungkin sulit untuk menonjol di antara kreator lainnya. Namun, dengan memanfaatkan teknik SEO dalam video, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Jika Anda ingin menjadi terkenal di YouTube, Anda perlu memahami pentingnya optimasi mesin pencari dan bagaimana SEO dapat membantu meningkatkan kesuksesan saluran Anda.

Dengan mengoptimalkan video untuk mesin pencari, Anda dapat meningkatkan peluang untuk ditemukan dan menarik lebih banyak pemirsa. Dalam artikel ini, kami akan membahas tips dan strategi untuk membantu Anda menjadi terkenal di YouTube dengan video SEO.

pengertian video seo

Baca Juga : Cara Belajar SEO yang Mudah bagi Pemula

Pengertian Video SEO

Sebagai seorang youtuber atau content creator, tentunya anda ingin menjadi terkenal dengan konten yang dimiliki, namun dengan banyaknya kreator lain di sosial media yang memiliki lebih banyak pengikut serta penonton, tentunya akan sulit bagi anda untuk bersaing dengan kreator lainnya.

Namun, anda tidak perlu khawatir, karena dengan memaksimalkan penggunaan video seo yang efektif, maka konten anda dapat menjangkau target audience yang lebih luas dengan kata kunci yang sesuai.

Video seo adalah strategi optimasi video agar konten anda mendapatkan lebih banyak pengunjung organik serta mudah ditemukan di halaman pencarian. Strategi ini perlu dilakukan mengingat mesin pencari mulai melirik konten video untuk dimasukkan ke halaman pencarian menggunakan kata kunci tertentu, sehingga memungkinkan anda mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.

Keuntungan lainnya melakukan optimasi video seo adalah meningkatkan jumlah penonton, pengikut, atau pengunjung website apabila anda menyematkan video anda di halaman website pribadi yang anda miliki.

cara optimasi video seo

Cara Optimasi Video SEO Mudah untuk Pemula

Apakah Anda kesulitan untuk membuat video Anda mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari? Dengan maraknya konten video, semakin penting untuk mengoptimalkan video Anda untuk mesin pencari. Tapi dari mana Anda harus memulai jika Anda seorang pemula di dunia SEO?

Optimasi mesin pencari adalah kunci untuk membuat konten ditemukan secara online, tidak terkecuali video seo. Dengan taktik yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas video Anda dan menarik lebih banyak penonton.

1. Buat Video Sesuai Topik yang Diinginkan Penonton

Sebelum memulai membuat konten video di sosial media, anda mungkin merasa kebingungan mengenai topik yang ingin dibahas di video sehingga konten anda mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak serta interaksi secara terus menerus.

Guna mengatasi masalah tersebut, anda bisa membuat video sesuai topik yang diinginkan penonton, dimana anda bisa memanfaatkan website analisa kata kunci, kemudian ketikkan kata kunci tertentu dan anda akan melihat berbagai topik yang sering diperbincangkan dan dicari di internet.

Meskipun cara ini akan membuat anda membayar biaya berlangganan untuk menggunakan fitur secara lengkap, namun anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan untuk mendapatkan konten yang sesuai minat penonton.

Bagi kreator yang baru memulai membuat konten di sosial media, anda bisa membuat video dengan kata kunci yang tidak banyak digunakan sehingga video anda berada di hasil pencarian pertama berdasarkan topik tertentu.

Cara ini juga akan membantu anda menghindari bersaing dengan kreator yang memiliki jumlah pengikut dan penonton video yang lebih banyak, sehingga konten anda masih mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur halaman pencarian di sosial media, dimana anda akan diberikan rekomendasi konten berdasarkan kata kunci yang disarankan atau digunakan pengguna sosial media, sehingga anda bisa membuat isi konten sesuai keinginan penonton.

Apabila anda telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak, maka anda bisa menggunakan saran mereka sebagai ide konten sehingga anda tidak pernah kehabisan topik yang menarik serta meningkatkan jumlah interaksi sehingga konten anda mendapatkan jangkauan video yang lebih luas.

2. Gunakan Judul Video yang Menarik

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk optimasi video seo di sosial media adalah menggunakan judul video yang menarik dan mengandung kata kunci yang sesuai dengan isi video, sehingga konten anda mudah ditemukan menggunakan pencarian tertentu sehingga konten anda mendapatkan ranking yang lebih tinggi, mudah ditemukan di halaman pencarian, serta meningkatkan jumlah penonton secara organik.

Pastikan untuk mengurangi penggunaan judul video yang clickbait sehingga membuat halaman pencari kebingungan dalam melakukan optimasi video seo, sehingga alih-alih video anda mendapatkan ranking pencarian tertinggi namun malah sulit ditemukan menggunakan kata kunci tertentu.

Apabila anda masih merasa kebingungan mengenai format judul video terbaik untuk konten anda, maka anda bisa memulai dengan membandingkan konten lain yang memiliki topik yang sama, sehingga anda akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai judul video yang sesuai dengan konten anda untuk mendapatkan hasil optimasi video yang diinginkan.

3. Gunakan Thumbnail Video yang Membuat Penasaran

Selain menggunakan judul video yang menarik dan mengandung kata kunci yang relevan, penting bagi anda untuk menggunakan thumbnail video yang membuat penonton penasaran.

Hal ini dilakukan sebab pengguna sosial media biasanya melirik thumbnail video terlebih dahulu sebelum melakukan klik video tertentu dibandingkan membaca judul video, sehingga penting bagi anda untuk membuat thumbnail video yang menarik perhatian.

Anda bisa memulainya dengan membuat thumbnail video yang memuat barang atau toko yang anda ulas sehingga penonton memahami konten yang akan dibahas di konten anda, masukkan juga kata kunci yang relevan di caption video sehingga memudahkan penonton memahami isi konten.

Guna mendapatkan hasil thumbnail video terbaik, anda bisa melakukan uji coba berbagai variasi thumbnail untuk menemukan tampilan yang disukai oleh penonton sehingga membuka peluang untuk mendapatkan jumlah pengunjung organik yang lebih banyak.

Gunakan juga warna yang lebih gelap dalam menuliskan caption video sehingga terlihat berbeda dengan latar belakang video, sehingga memudahkan penonton untuk membacanya dalam ukuran kecil sekalipun.

Pastikan juga untuk memilih ukuran tulisan yang sesuai sehingga thumbnail anda dapat memuat lebih banyak tulisan yang menjelaskan isi video yang menarik minat penonton untuk melihatnya.

4. Optimalkan Deskripsi Video

Selain menggunakan kata kunci di judul dan thumbnail video, penting juga untuk menggunakan kata kunci tersebut di deskripsi video, sebab Google juga melakukan optimasi melalui deskripsi video.

Anda bisa menuliskan deskripsi video di bagian caption menggunakan tagar tertentu, sehingga anda bisa menjelaskan isi video dengan singkat di bagian tersebut.

Beberapa sosial media seperti Youtube atau Instagram menyediakan kolom caption dengan jumlah kata yang lebih banyak, sehingga memudahkan anda untuk menuliskan deksripsi video yang lebih panjang tanpa limit kata tertentu.

Namun biasanya halaman pencarian melakukan optimasi kata kunci melalui kalimat pertama di caption video, sehingga penting bagi anda untuk menjelaskan isi video dengan kata kunci yang relevan di bagian awal caption video.

5. Sesuaikan Durasi Video dengan Minat Penonton

Meskipun beberapa sosial media seperti Youtube menyediakan durasi video yang tidak terbatas, namun penting bagi anda untuk menyesuaikan durasi video sesuai dengan minat penonton.

Cara ini dilakukan agar penonton menonton video anda hingga habis, sehingga membuka peluang bagi konten anda untuk direkomendasikan kembali saat anda mengunggah konten baru atau mengangkat video lama yang belum mereka tonton sebelumnya.

Di sisi lain, beberapa sosial media seperti Instagram, Tiktok, atau Youtube Short menyediakan durasi video yang lebih singkat, sehingga anda hanya bisa menyediakan konten dengan durasi yang lebih pendek.

Guna mengetahui durasi video yang sesuai dengan minat penonton, anda bisa melakukan uji coba dengan membuat format video yang berbeda sehingga anda dapat mengetahui durasi penonton menonton video anda melalui hasil analisa konten.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengamati kreator lain yang membuat konten dengan isi dan topik yang sama dan mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebiasaan target penonton.

6. Perbarui Konten Secara Rutin

Melakukan optimasi konten melalui kata kunci akan sulit berhasil apabila anda jarang mengunggah konten di akun sosial media yang dimiliki, sehingga penting bagi anda untuk membuat jadwal konten agar bisa mengunggah video secara rutin.

Kegiatan mengunggah konten secara rutin mungkin sulit dilakukan bagi anda yang memiliki kegiatan lain diluar membuat konten, selain itu anda juga mungkin harus membuat konten yang berbeda setiap hari agar bisa mengunggah konten secara rutin.

Namun, anda bisa mengatasinya dengan membuat video dengan durasi yang lebih panjang, sehingga anda bisa memotongnya ke beberapa bagian sehingga anda bisa memiliki bekal konten yang lebih banyak.

Bagi anda yang sudah memiliki banyak audience yang aktif, maka anda bisa melakukan interaksi sembari membuat konten secara rutin dengan membalas komentar mereka melalui konten baru sehingga anda tidak akan kehabisan konten baru setiap harinya.

Anda juga bisa saja melakukan pembaruan konten pada video lama, mengingat topik yang berbeda bisa memiliki pembaruan baru yang muncul setelah beberapa lama.

7. Buat Konten Video yang Berkualitas

Banyaknya kreator yang membuat konten di sosial media, membuat anda perlu bersaing untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak dan ranking tertinggi di halaman pencarian.

Sehingga untuk dapat menonjol dari kreator lain, penting untuk membuat konten video yang berkualitas, sehingga konten anda dapat menarik perhatian dari penonton lain. Guna mendapatkan hasil konten video yang berkualitas, anda tentunya perlu didukung dengan peralatan yang memadai dan dapat menangkap obyek dengan baik sehingga menghasilkan konten video yang berkualitas.

Dukungan dari peralatan merekam yang memadai juga menghasilkan konten video yang berkualitas melalui suara yang dapat didengar dengan baik serta hasil gambar yang jernih.

Anda juga perlu menguasai teknik editing video yang baik menggunakan berbagai aplikasi edit video yang bisa anda pelajar dengan gratis di platform sosial media lainnya sehingga hemat biaya.

Pastikan untuk memperbarui kemampuan dengan mengetahui trend video terkini dan mengamati hasil konten kompetitor untuk mendapatkan hasil konten video yang lebih bagus.

Namun, bagian paling penting dalam membuat konten video yang berkualitas adalah memastikan konten anda memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kreator lain, sehingga membuat video anda memiliki ciri khas sendiri dibandingkan kompetitor lainnya.

8. Masukkan Video ke Website yang Relevan

Apabila anda mengembangkan website pribadi atau brand mengenai topik yang relevan dengan topik anda, maka anda bisa memanfaatkannya dengan memasukkan video anda ke website tersebut.

Cara ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah penonton dari pengunjung website, sehingga video mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak dari waktu ke waktu. Strategi ini juga membantu video untuk muncul di halaman pencarian serta meningkatkan ranking website di Google, sehingga anda mendapatkan manfaat yang dobel dan menguntungkan.

9. Tambahkan Caption Video

Saat menonton video di Youtube, anda mungkin saja fokus pada caption yang dimasukkan di video untuk memudahkan memahami isi video atau anda menonton konten yang berasal dari luar negeri yang menggunakan bahasa asing.

Di sisi lain, penggunaan caption di video juga bisa menjadi strategi untuk optimasi video seo, sehingga konten mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak serta mendapatkan ranking yang lebih tinggi di halaman pencarian.

Hal ini dikarenakan caption video mengandung beberapa kata kunci yang relevan dengan isi konten, sehingga memudahkan halaman pencarian untuk melakukan optimasi video. Anda bisa membuat caption video secara manual sehingga isi video sesuai dengan caption atau memanfaatkan fitur auto caption di sosial media sehingga memudahkan pekerjaan.

Meskipun begitu, beberapa fitur auto caption mungkin tidak tersedia untuk bahasa anda, sehingga anda mungkin perlu membuat caption secara manual untuk mendapatkan hasil konten yang diinginkan.

10. Pastikan Topik Video Selalu Relevan

Salah satu alasan mengapa video anda tidak mendapatkan hasil yang diinginkan meskipun anda telah melakukan strategi optimasi video seo adalah anda membuat topik yang berbeda di setiap konten yang dimiliki. Hal ini akan membuat halaman pencarian merasa kebingungan mengenai kategori yang sesuai dengan topik anda sehingga video anda akan sulit mencapai hasil pencarian teratas.

Membuat konten dengan topik yang berbeda setiap saat juga akan membuat pengikut anda kebingungan mengenai topik yang anda bahas sehingga membuat pengguna sosial media kurang tertarik untuk mengikuti konten anda karena topik yang berbeda setiap saat.

Sehingga anda perlu membuat topik yang relevan di setiap video guna memudahkan kinerja mesin pencari untuk melakukan optimasi video seo serta menarik minat pengguna sosial media untuk mengikuti akun anda dan melakukan interaksi di setiap konten.

11. Gunakan Satu Video untuk Satu Artikel

Apabila anda hendak melakukan optimasi video dan website di waktu yang bersamaan, maka penting bagi anda untuk membuat strategi yang tepat. Pertama, anda bisa menggunakan satu video untuk satu artikel sehingga penonton bisa fokus memerhatikan satu video dan memudahkan kinerja mesin pencari melakukan optimasi video seo.

Sehingga apabila anda hendak membuat konten yang berbeda untuk video lainnya, pastikan untuk membuat artikel baru yang relevan dengan isi video. Hal ini akan membuat video dan isi artikel saling berkesinambungan satu sama lain, sehingga meningkatkan jumlah penonton dan pengunjung website di waktu yang bersamaan.

12. Promosikan Konten Video ke Sosial Media Lainnya

Pengoptimalan video seo sangat penting untuk memastikan konten video dilihat oleh banyak orang. Salah satu aspek kunci dari pengoptimalan video seo adalah mempromosikan konten video di platform media sosial lain untuk meningkatkan visibilitas dan mendorong lebih banyak lalu lintas ke video. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mempromosikan konten video secara efektif di berbagai saluran media sosial:

Bagikan video di Sosial Media Lainnya

Platform Facebook, Tiktok, dan Instagram ini adalah beberapa saluran media sosial yang paling populer untuk berbagi konten video. Buat video teaser atau sorotan dari video utama Anda dan bagikan di platform ini dengan tautan ke video lengkap. Pastikan untuk menyertakan tagar dan kata kunci yang relevan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Manfaatkan YouTube untuk Promosi Silang

YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia, menjadikannya platform yang kuat untuk mempromosikan konten video. Buat daftar putar yang menampilkan video terkait di saluran dan tautkan kembali ke video utama.

Posting di LinkedIn

LinkedIn adalah platform jaringan profesional yang dapat menjadi tempat yang tepat untuk membagikan konten video Anda, terutama jika konten tersebut berhubungan dengan industri atau pendidikan. Bergabunglah dengan grup LinkedIn yang terkait dengan niche Anda dan bagikan video Anda untuk berinteraksi dengan audiens yang ditargetkan.

Memanfaatkan Pinterest dan TikTok

Pinterest dan TikTok adalah platform visual yang ideal untuk mempromosikan konten video. Buatlah grafik yang menarik atau klip pendek dari video Anda dan bagikan di platform ini dengan tautan ke video lengkap. Manfaatkan kata kunci dan tagar untuk meningkatkan visibilitas.

Interaksi dengan Audience

Berinteraksi dengan audiens adalah kunci untuk mempromosikan konten video Anda di media sosial. Tanggapi komentar, mintalah umpan balik, dan dorong pemirsa untuk membagikan video dengan pengikut mereka. Membangun komunitas di sekitar konten video Anda akan membantu meningkatkan keterlibatan dan jangkauan.

13. Promosikan Video dengan Youtube Ads

YouTube adalah salah satu platform paling populer untuk berbagi dan menonton video, menjadikannya tempat yang ideal untuk mempromosikan video Anda dan meningkatkan visibilitas.

Jika Anda ingin mengoptimalkan video seo dan menjangkau audiens yang lebih luas, menggunakan iklan YouTube dapat menjadi alat yang ampuh untuk mencapai tujuan Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk mempromosikan video Anda dengan iklan YouTube untuk pengoptimalan SEO video:

Tetapkan tujuan yang Jelas

Sebelum membuat iklan YouTube, penting untuk menentukan tujuan dan apa yang ingin dicapai di Youtube. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web, atau menghasilkan penjualan? Memiliki tujuan yang jelas akan membantu menyesuaikan kampanye iklan untuk memenuhi tujuan spesifik.

Identifikasi Target Audience

Pahami siapa target audiens dan apa yang mereka minati. Informasi ini akan membantu membuat iklan yang sesuai dengan audiens dan mendorong keterlibatan. Anda dapat menggunakan opsi penargetan YouTube untuk menjangkau demografi, minat, dan perilaku tertentu, sehingga iklan dilihat oleh orang yang tepat.

Buat Konten yang Menarik

Untuk menarik pemirsa dan membuat mereka tetap terlibat, konten video harus informatif, menghibur, dan menarik secara visual. Pastikan video berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk ditonton di perangkat seluler, karena sebagian besar pengguna YouTube menonton video di ponsel cerdas mereka.

Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Masukkan kata kunci yang relevan dalam judul, deskripsi, dan tag video untuk meningkatkan visibilitas video dalam hasil pencarian. Teliti kata kunci populer yang terkait dengan konten dan sertakan secara strategis dalam metadata video Anda untuk mengoptimalkan SEO.

Pilih Format Iklan yang Tepat

YouTube menawarkan berbagai format iklan, termasuk iklan yang dapat dilewati, iklan yang tidak dapat dilewati, iklan bumper, dan iklan bergambar. Pertimbangkan sifat konten Anda dan sasaran kampanye Anda untuk memilih format iklan yang paling efektif untuk video Anda. 

14. Ukur Jumlah Penonton Video

Setelah melakukan optimasi video seo melalui kata kunci yang tepat, tentunya anda perlu mengukur performa video guna memastikan strategi yang anda gunakan sudah berhasil.

Anda bisa memanfaatkan fitur analisa video di sosial media guna mengetahui performa video, melalui format konten yang disukai penonton, topik yang mendapatkan lebih banyak interaksi, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menggunakan berbagai website analisa video guna mendapakan hasil analisa yang lebih lengkap dan mendalam meskipun anda perlu mengeluarkan biaya langganan untuk memanfaatkan fitur yang dimiliki.

Pertimbangkan hasil konten untuk menggunakan format yang serupa di waktu yang akan datang serta lakukan analisa rutin untuk mengetahui kinerja video dari waktu ke waktu.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like