Dalam dunia e-commerce, dropshipping telah menjadi model bisnis yang populer, memungkinkan para pengusaha menjual produk tanpa perlu memiliki persediaan atau modal awal yang besar.
Jika Anda tertarik untuk menjadi dropshipper di platform seperti Shopee dan Tokopedia, artikel ini akan memandu Anda melalui proses tersebut. Anda akan belajar langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai bisnis dropshipping dengan sukses.
Baca Juga : https://upgraded.id/kerja-sampingan-di-rumah-yang-menguntungkan
Dropshipper adalah seorang individu atau perusahaan yang menjual produk kepada pelanggan tanpa perlu menyimpan persediaan atau mengelola proses pengiriman.
Sebagai dropshipper, Anda bermitra dengan pemasok atau produsen yang akan menangani pengiriman produk langsung kepada pelanggan atas nama Anda.
Anda bertindak sebagai perantara antara pelanggan dan pemasok, mengambil pesanan dari pelanggan dan memberikan detail pesanan kepada pemasok, yang kemudian akan mengirimkan produk kepada pelanggan.
Dalam model bisnis dropshipping, Anda tidak perlu memiliki stok produk atau mengurus logistik pengiriman, sehingga mengurangi biaya dan risiko yang terkait dengan bisnis tradisional.
Bagi anda yang hendak memulai bisnis dengan modal minim, maka menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan anda hanya membutuhkan promosi di berbagai saluran sosial media serta kenalan yang anda miliki, sehingga tidak memakan biaya dan waktu.
Meskipun begitu, menjadi dropshipper juga menguntungkan, apalagi jika anda melakukannya untuk platform marketplace tertentu seperti Shopee atau Tokopedia.
Shopee menjadi salah satu platform marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbelanja berbagai kebutuhan. Sehingga tidak mengherankan apabila kita akan banyak menemukan akun penjual yang menjual berbagai kebutuhan yang beragam.
Apabila anda hendak berjualan di shopee namun tidak memiliki modal yang mencukupi namun memiliki relasi yang banyak serta kemampuan membuat konten yang menarik, maka menjadi dropshipper di Shopee bisa menjadi pilihan terbaik.
Sebab, anda tidak membutuhkan biaya untuk mengirimkan barang jualan ke konsumen, namun cukup menginvestasikan modal anda untuk membuat konten promosi yang unik dan menarik sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya.
Selain itu, dengan banyaknya penjul di Shopee menjadikan anda memiliki banyak pilihan akun untuk membuka jalan sebagai dropshipper. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai jalan sebagai dropshipper di Shopee.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memulai sebagai dropshipper adalah memiliki akun Shopee, dimana anda bisa mengaksesnya dengan memiliki alamat email atau nomor telepon.
Ada baiknya untuk menggunakan alamat email dalam mendaftarkan akun Shopee sebab keamanan yang lebih kuat dibandingkan nomor telepon.
Kemudian anda juga perlu mengunduh akun Shopee di gadget yang dimiliki, pastikan anda memiliki penyimpanan yang cukup untuk menyimpan apilikasi Shopee.
Lakukan registrasi dengan mengikuti berbagai langkah yang diberikan, dimulai dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon serta membuat akun Shopee.
Pastikan untuk membuat nama akun Shopee yang mudah diingat dan dicari, sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan jumlah konsumen yang lebih banyak.
Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode khusus yang dikirimkan ke alamat email atau nomor telepon yang dimiliki, tunggu beberapa saat hingga akun Shopee anda bisa digunakan.
Hal ini juga berlaku apabila anda hendak membuat akun Tokopedia, dimana anda bisa menggunakan alamat email atau nomor telepon yang bisa dihubungi sebagai identitas pertama.
Langkah pendaftarannya juga hampir sama, sehingga akan memudahkan anda untuk mendapatkan akun Shopee dan Tokopedia yang diinginkan dalam waktu cepat.
Jangan lupa untuk menambahkan foto profil di akun bisnis anda, sehingga akun anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan konsumen untuk membelinya.
Manfaatkan juga kolom deskripsi yang dapat berisi penjelasan mengenai produk yang anda jual, domisili, perkiraan durasi pengiriman, serta waktu buka, sehingga akan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi serta meyakinkan untuk melakukan pembelian produk.
Setelah memiliki akun Shopee untuk usaha, maka inilah saatnya untuk memilih jenis usaha yang sesuai dengan keinginan. Dalam melakukan pemilihan tersebut, anda harus memahami target konsumen yang dituju, serta masalah dan soluusi yang bisa diberikan.
Contohnya apabila target konsumen anda adalah ibu rumah tangga yang hobi memasak untuk keluarga sehingga membutuhkan berbagai peralatan memasak yang multifungsi dengan harga murah.
Maka anda bisa memulai bisnis dropshipping untuk peralatan memasak yang multifungsi serta jarang ditemukan di pusat perbelanjaan lainnya, sehingga memancing minat konsumen untuk membelinya.
Jangan lupa juga perhatikan harga yang ditawarkan serta kualitas barang tersebut, ada baiknya untuk membeli barang yang akan dijual sebagai ajang pembuktian, sehingga akan memudahkan untuk mengetahui kualitas barang yang akan dijual.
Di sisi lain, anda juga bisa memilih model bisnis dropship yang sesuai kebutuhan, misalnya menjadi dropshipper tunggal, pemasok, atau produsesn, dimana ketiganya memiliki keuntungan dan pertimbangan yang berbeda, sehingga anda perlu memikirkannya dengan baik.
Apabila anda telah menentukan jenis usaha yang sesuai dengan target konsumen yang dimiliki, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari pemasok atau produsen yang sesuai kebutuhan.
Dengan banyaknya penjual di Shopee, maka akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan pemasok atau produsen yang diinginkan. Anda bisa memulainya dengan mencari pemasok yang menjual barang yang sesuai dengan brand yang anda inginkan, sehingga pastikan untuk melakukan uji coba berbagai brand dengan kualitas barang yang sesuai.
Catatlah berbaai penjual yang menjual barang yang sesuai brand yang anda inginkan, kemudian anda bisa beralih untuk mengurutkan mereka dari harga yang termurah sampai termahal.
Konsumen tentunya ingin memiliki barang dengan harga yang murah namun dengan kualitas terbaik, sehingga anda perlu melakukan analisa secara mendalam.
Bagian paling penting dalam mencari pemasok adalah memastikan mereka untuk tinggal di domisili yang sama dengan anda. Kesamaan domisili tentunya akan mempercepat pengiriman produk, sehingga barang yang dinginkan dapat sampai dengan cepat.
Setelah menemukan berbagai penjual dengan kriteria yang diinginkan, maka anda bisa menghubungi mereka satu persatu untuk menawarkan kerjasama tersebut.
Anda bisa menghubunginya melalui kolom pesan Shopee yang tersedia, namun ini akan memakan waktu lama serta resiko pesan anda tertimbun dengan keluhan konsumen lain sehingga tidak kunjung direspon.
Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah mencari akun sosial media yang dimiliki, sebab sebagian besar merek menggunakannya sebagai media promosi.
Komunikasi melalui akun sosial media bisa menjadi pilihan terbaik, sebab resiko pesan tidak dibaca sedikit sehingga memperbesar peluang untuk membuka kerjasama dengan pemasok yang diinginkan.
Bagian paling penting dalam memulai sebagai dropshipper adalah menemukan pemasok yang jujur dan amanah, sehingga kredibilitas anda sebagai penjual juga tetap aman.
Anda bisa memulainya dengan bertanya apakah mereka membuka peluang untuk dropshipper, jika mereka mengiyakan, maka anda bisa bertanya mengenai ketersediaan barang, apakah mereka terus menyediakannya sepanjang waktu atau perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu.
Hal ini dilakukan mengingat beberapa barang dikirim dari luar negeri atau membutuhkan waktu lama untuk pembuatan produk sebab mereka menjualnya dalam jumlah yang terbatas.
Kemudian and ajuga bisa bertanya harga produk awal sehingga anda bisa menentukan harga jual produk ke konsumen yang dimiliki, pastikan harganya sesuai dengan tingkat pendapatan pembeli, sehingga menarik minat mereka untuk membelinya.
Anda juga perlu menanyakan mengenai jasa pengiriman yang digunakan serta rata-rata durasi pengiriman barang, guna memastikan anda bisa mendapatkan barang dalam waktu cepat dan tidak membuat pembeli menunggu terlalu lama. Lakukan perjanjian mengenai jual beli tersebut, sehingga anda memiliki bukti apabila penjual melakukan penyelewengan.
Apabila proses negosiasi berhasil dilakukan, maka anda bisa memasukkan foto produk ke akun Shopee atau Tokopedia yang dimiliki. Anda bisa memintanya ke penjual untuk mendapatkan foto produk dengan kualitas terbaik sehingga meyakinkan konsumen. Pastikan anda mendapatkan foto produk yang lengkap dan detail serta video produk guna meyakinkan konsumen untuk membelinya.
Manfaatkan juga kolom judul untuk menjelaskan produk yang dimiliki serta memudahkan barang anda untuk dijual dengan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Manfaatkan juga kolom deskripsi untuk menjelaskan produk yang anda jual, misalnya ukuran barang, variasi warna yang diberikan, serta bahan yang dimiliki, sehingga menjadi daya tarik pembeli.
Melakukan promosi produk menjadi kegiatan yang harus dilakukan dalam menjadi dropshipper guna menjangkau target konsumen yang lebih luas, berikut beberapa langkah yang dilakukan untuk melakukan promosi produk secara maksimal.
A. Memanfaatkan Media Sosial:
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk sebagai dropshipper adalah mengguanakn sosial media secara optimal.
Cara ini dilakukan sebab sosial media memiliki jumlah pengguna yang banyak, sehingga memudahkan anda untuk menjangkau target audience yang lebih luas. Gunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter untuk mempromosikan produk Anda.
Kemudian buat akun khusus untuk nama toko yang anda miliki dan pastikan untuk memiliki nama yang sama dengan akun jualan di Shopee atau Tokopedia, sehingga memudahkan konsumen untuk melakuakn pencarian di sosial media.
Pastikan untuk menggunakan akun business guna mendapatkan berbagai fitur yang memudahkan untuk promosi produk, misalnya menggunakan iklan berbayar.
Manfaatkan juga kolom profil untuk mengenalkan identitas merk yang anda miliki, misalnya mengguankan foto akun yang sesuai serta kolom deskripsi untuk mengenalkan produk yang anda jual.
Anda juga bisa memanfaatkan kolom tautan, dimana anda bisa mengisinya dengan akun marketplace yang dimiliki sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian produk di toko yang dimiliki.
Buat konten menarik dan visual yang memperlihatkan keunggulan produk, tawarkan penawaran khusus, dan ajak pelanggan untuk berinteraksi dengan konten Anda. Gunakan juga fitur iklan yang disediakan oleh platform media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
B. Membuat Konten Berkualitas
Konten yang menarik menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen untuk mengenal lebih dalam mengenai toko dan produk yang dimiliki. Selain itu, berbagai sosial media juga memiliki jenis konten yang berbeda, sehingga bisa dimanfatakan untuk promosi secara maksimal.
Misalnya saja konten foto dapat dimanfaatkan untuk membagikan foto produk yang dijual, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat lebih detail mengenai barang yang anda jual.
Selain, itu, anda juga bisa memanfaatkan konten video untuk membuat konten edukasi dan hiburan yang beragam sehingga bisa dimanfatakan untuk menjangkau target audience yang lebih luas.
Apabila anda telah memiliki jumlah pengikut yang banyak dan aktif, maka tidak ada salahnya untuk mengadakan konten live streaming guna melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.
Pada sesi tersebut, anda tidak hanya mengobrol mengenai produk yang dimiliki namun memberikan solusi pada konsumen melalui barang yang dimiliki.
Hal ini akan menarik minat konsumen untuk membelinya sehingga membuka peluang untuk mendapatkan pembeli serta pelanggan baru.
Buat konten yang informatif, menarik, dan relevan mengenai produk Anda. Misalnya, Anda dapat membuat ulasan produk, tutorial penggunaan, atau tips terkait dengan produk tersebut. Konten berkualitas akan membantu Anda membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan daya tarik produk Anda.
C. Bekerjasama dengan Influencer
Setelah memiliki modal yang cukup untuk melakukan melakukan promosi di sosial media, maka tidak ada salahnya untuk melakukan kerjasama dengan influencer.
Promosi bersama influencer sudah digunakan oleh berbagai brand baik besar atau kecil guna menjangkau target konsumen yang lebih luas dan mendapatkan konsumen baru.
Namun, dalam memilih influencer yang dapat membantu untuk melakukan promosi produk, maka ada baiknya anda melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu.
Misalnya saja memilih influencer yang memiliki target konsumen yang sama dengan anda, misalnya jika anda memiliki produk yang berputar di bidang kecantikan, maka ada baiknya untuk memilih influencer dengan jenis yang sama.
Cara ini dilakukan untuk memastikan bahwa promosi produk sesuai dengan target konsumen yang diinginkan, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak calon pembeli baru.
Selain itu, pilih juga influencer yang memiliki pengaruh yang kuat, dimana anda bisa membuktikannya dengan seringnya melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.
Seorang influencer yang sering melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki menjadi penanda bahwa mereka memiliki pengaruh yang kuat.
Pilih juga influencer yang memiliki jenis konten yang menarik serta memiliki tingkat engagement yang tinggi, dilihat dari jumlah likes, comment, dan share yang didapatkan.
Tingkat interaksi tersebut menjadi penanda bahwa influencer tersebut memiliki jenis konten yang menarik sehingga dapat membantu pemasaran produk.
Bekerjasama dengan mereka untuk mempromosikan produk Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kepercayaan pelanggan. Pastikan influencer tersebut memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda.
D. Penawaran Khusus dan Diskon:
Pada event atau hari-hari tertentu adakan juga diskon khusus untuk menjual lebih banyak produk ke target konsumen yang dimiliki. Dengan memberikan diskon khusus juga akan menarik minat konsumen untuk mencoba membeli produk anda, sehingga mereka tertarik untuk membelinya di lain waktu.
Tawarkan promosi khusus, diskon, atau kode kupon kepada pelanggan. Ini dapat membuat produk Anda terasa lebih menarik dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Anda dapat membuat promosi terbatas waktu atau penawaran eksklusif untuk memberikan dorongan tambahan kepada pelanggan.
E. Optimasi Social Media SEO
Saat ini, sebagian besar pengguna internet menggunakan akun sosial media sebagai sarana pencarian konten atau informasi tertentu. Sehingga penting bagi kreator atau penjual untuk melakukan optimasi konten mengguankan kata kunci yang tepat.
Namun, dalam menemukan kata kunci yang tepat, anda juga perlu melakukan berbagai analisa terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Mislanya saja memanfaatkan kolom pencarian di sosial media guna menemukan kata kunci yang paling banyak digunakan dan dicari oleh target audience anda agar kemudian bisa digunakan di caption yang dimiliki. Anda juga bisa memanfaatkan alat khuusu untuk melakukan analisa kata kunci untuk mendapatkan hasil yang sesuai.
Lakukan juga analisa pencarian kata kunci secara rutin dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta mendapatkan pembaruan yang diingnkan
Pastikan deskripsi produk dan judul yang Anda gunakan di platform e-commerce Anda mengandung kata kunci yang relevan. Ini akan membantu produk Anda muncul di hasil pencarian dan meningkatkan peluang ditemukan oleh calon pembeli.
Gunakan juga kata kunci tersebut di kolom caption atau deskripsi profil sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan produk anda menggunakan kata kunci tertentu.
Selain melakukan promosi dengan masif, penting juga untuk mengelola pesanan dengan baik agar produk anda lebih cepat sampai ke tangan pembeli.
Dengan mengirimkan produk dengan cepat juga akan menyenangkan hati konsumen, sehingga membuat mereka tertarik untuk membelinya lagi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola pesanan dengan baik.
A. Mengkomunikasikan Pesanan kepada Pemasok: Setelah Anda menerima pesanan dari pelanggan, segera berikan pesanan tersebut kepada pemasok.
Pastikan untuk memberikan semua detail yang diperlukan mengenai produk yang dipesan, alamat pengiriman, dan metode pengiriman yang dipilih oleh pelanggan.
B. Konfirmasi Pesanan dengan Pelanggan: Setelah Anda mengirimkan pesanan kepada pemasok, berkomunikasilah dengan pelanggan Anda untuk memberikan konfirmasi pesanan.
Berikan nomor pelacakan, perkiraan waktu pengiriman, dan informasi lain yang relevan. Pastikan pelanggan merasa diinformasikan dan siap menerima pesanan mereka.
C. Pantau Pengiriman: Pantau proses pengiriman pesanan secara cermat. Pastikan pemasok mengirimkan pesanan tepat waktu dan melacak pengiriman dengan baik. Jika ada masalah dengan pengiriman, segera berkomunikasi dengan pemasok dan cari solusinya.
D. Koordinasi dengan Pelanggan: Jika ada permintaan khusus dari pelanggan, seperti pengiriman dengan cepat atau perubahan alamat pengiriman, segera berkoordinasilah dengan pemasok untuk memenuhi permintaan tersebut. Pastikan Anda menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan dan memberikan pembaruan jika ada perubahan penting.
E. Penanganan Pengembalian dan Keluhan: Jika ada pengembalian atau keluhan dari pelanggan, pastikan Anda memiliki kebijakan pengembalian yang jelas dan dapat diakses oleh pelanggan.
Bekerjasama dengan pemasok untuk menangani pengembalian secara efisien. Tanggapi keluhan pelanggan dengan cepat dan upayakan untuk menyelesaikan masalah dengan baik
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.