7 Cara Pasang Iklan di Tiktok ads

Apakah Anda ingin menjangkau audiens yang lebih muda dengan upaya periklanan Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan TikTok? Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, TikTok dengan cepat menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, menjadikannya tempat yang ideal untuk mengiklankan merek atau produk Anda.

TikTok adalah aplikasi berbagi video yang memungkinkan pengguna membuat video pendek dan menarik yang dapat menjadi viral dalam hitungan jam. Dengan algoritma aplikasi ini, mudah untuk menjangkau audiens dalam jumlah besar dengan cepat, menjadikannya alat yang efektif untuk bisnis yang ingin memperluas jangkauan mereka.

Jika Anda baru mengenal TikTok, membuat tiktok bisa tampak menakutkan. Namun, dengan strategi dan pendekatan yang tepat, iklan TikTok dapat menjadi alat yang ampuh untuk menjangkau audiens target Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara membuat iklan di TikTok, sehingga Anda dapat mulai menjangkau audiens yang lebih muda dan lebih terlibat hari ini.

keuntungan membuat iklan di tiktok

Keuntungan Membuat Iklan di Tiktok

Apakah Anda sedang mencari platform baru untuk mengiklankan merek atau produk Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan TikTok? Dengan popularitasnya yang meroket, TikTok telah menjadi platform yang tepat untuk bisnis yang ingin menjangkau audiens yang lebih muda. Tapi apa keuntungan membuat iklan di TikTok?

TikTok dengan cepat menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif.

Algoritma uniknya memungkinkan konten menjadi viral dengan cepat, menjadikannya platform utama bagi bisnis untuk beriklan. Namun, beberapa bisnis mungkin masih ragu untuk berinvestasi dalam iklan TikTok.

Manfaat membuat iklan di TikTok sangat banyak. Dari basis penggunanya yang sangat besar hingga format iklannya yang menarik, TikTok menawarkan peluang unik bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih muda dan lebih terlibat.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi keuntungan membuat iklan di TikTok dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda.

1. Basis Pengguna yang Besar

Keuntungan pertama dari membuat iklan di tiktok adalah jumlah pengguna yang besar dan tersebar di seluruh penjuru dunia dari berbagai kalangan usia.

Sehingga jika anda memutuskan untuk melakukan promosi menggunakan iklan di tiktok, maka akan lebih mudah memilih target audience berdasarkan rentang usia dan minat.

Apalagi jika anda memiliki produk dan layanan yang menyasar ke kalangan anak remaja, maka bisa dipastikan iklan di tiktok anda semakin laris, karena sebagian besar anak muda kini lebih menyukai Tiktok.

2. Hemat Biaya

Saat memasarkan produk dan layanan menggunakan berbagai media pemasaran, anda mungkin akan memikirkan biaya promosi yang tinggi berdasarkan lokasi, ukuran iklan, serta durasi penayangan iklan.

Semakin besar media promosi yang digunakan serta durasi tayang iklan, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar dan biasanya tidak bisa diubah.

Namun berbeda saat anda memutuskan membuat iklan di tiktok, dimana anda bisa memilih ukuran,dursi penayangan, serta target iklan, sehingga anda bisa membuat iklan dengan harga terjangkau serta efektif untuk pemasaran produk.

Tidak hanya itu, jika anda merasa iklan yang ditayangkan kurang menarik, maka anda bisa menurunkannya meskipun durasi tayang iklan masih lama.

3. Keterlibatan Tinggi

Saat sedang berjalan-jalan keliling kota, anda mungkin melihat berbagai iklan yang terpasang di pinggir jalan yang menarik perhatian.

Berbagai iklan tersebut memang dapat membantu konsumen untuk mengenal produk anda lebih dalam dan tertarik untuk membelinya.

Namun akan terasa sulit jika brand anda menawarkan layanan tertentu, dimana konsumen perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli layanan yang diinginkan.

Sehingga melakukan promosi menggunakan iklan di tiktok bisa menjadi cara yang efektif, mengingat konsumen bisa memanfaatkan fitur komentar untuk bertanya mengenai layanan yang dijual dan dijawab langsung oleh pemilik iklan.

Selain itu, jika konsumen tertarik membelinya, maka mereka bisa langsung melakukan pembelian menggunakan tautan yang disematkan di iklan tiktok untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Sehingga iklan di tiktok menguntungkan bagi brand yang ingin menjaring konsumen baru dan melakukan interaksi dengan pembelinya.

4. Peluang Kreatif

Promosi iklan di tiktok memang hanya menggunakan video pendek dengan tambahan suara serta caption yang menarik, meskipun begitu kreator tetap bisa melakukan kreasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Misalnya saja anda membuat iklan di tiktok dengan balutan komedi, sehingga penonton tidak merasa bosan bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan lagu yang viral sebagai pengiring iklan sehingga promosi anda mudah diterima oleh konsumen.

Anda juga dapat mempromosikan konten tiktok anda yang disukai banyak orang, sehingga menjangkau target audience yang lebih luas.

Penambahan penyematan tautan di bagian bawah video, juga akan membantu mengarahkan konsumen untuk mengenal produk anda lebih dalam melalui link e-commerce atau website brand yang dimiliki, sehingga mereka lebih tertarik untuk membelinya.

5. Iklan Bertarget

Sebelum memasang iklan di tiktok, kreator akan diberikan pilihan penayangan iklan yang menuju ke target audience tertentu berdasarkan rentang usia, gender, serta minat konsumen.

Dengan pemilihan target iklan ini, akan memudahkan anda menyasar target audience yang diinginkan berdasarkan produk yang dimiliki, sehingga budget promosi yang dikeluarkan tidak sia-sia karena anda telah menyasar konsumen yang tepat.

Misalnya anda memiliki produk kecantikan untuk remaja, maka anda bisa memilih gender wanita, rentang usia 15-20 tahun, serta minat pada kecantikan.

Dengan pilihan ini, maka iklan anda akan ditayangkan ke target audience yang tepat, sehingga mereka tertarik untuk membelinya atau mempelajari produk yang anda miliki.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Jumlah pengguna yang banyak dan berasal dari berbagai latar belakang dan usia, menjadikan iklan di tiktok menjadi tempat promosi paling baik saat ini.

Sehingga apabila anda menggunakannya dengan jenis konten yang tepat, kalimat ajakan yang memikat, serta tautan yang mudah diakses, maka akan membantu untuk meningkatkan brand awareness dari merk yang dimiliki.

Indeks brand awareness yang meningkat tentunya akan membantu untuk menaikkan jumlah konsumen dalam waktu cepat serta mengenalkan produk anda ke target audience yang tepat.

7. Potensi Viral

Iklan di Tiktok biasanya ditampilkan saat pertama kali anda membuka akun tiktok atau disela-sela saat konsumen melihat berbagai video yang diberikan di halaman for your page.

Prioritas pada iklan di tiktok juga akan memberikan potensi viral pada iklan anda, karena mau tak mau pengguna tiktok harus melihat iklan yang disajikan sebelum berlanjut ke konten yang berikutnya.

Apalagi jika anda menggunakan model iklan dari influencer atau artis yang sedang naik daun, maka bisa saja iklan di tiktok menjadi lebih terkenal dan dikenal oleh banyak pengguna tiktok, sehingga promosi akan lebih efektif.

cara membuat iklan di tiktok

Cara Membuat Iklan di Tiktok

Apakah Anda ingin memperluas upaya pemasaran Anda untuk menjangkau audiens yang lebih muda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk beriklan di TikTok? Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Popularitas TikTok telah meroket dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kalangan Gen Z dan milenial. Algoritma platform ini memungkinkan jangkauan yang luas dan audiens yang sangat terlibat, menjadikannya platform yang ideal bagi bisnis untuk mengiklankan produk atau layanan mereka.

Tapi bagaimana cara membuat iklan di TikTok? Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses pembuatan iklan yang efektif di TikTok yang akan membantu Anda menjangkau audiens target dan mencapai tujuan pemasaran Anda. Mulai dari memilih format iklan yang tepat hingga membuat konten yang menarik, kami siap membantu Anda. Mari kita mulai!

1. Ketahui Jenis-jenis Iklan di Tiktok

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat iklan di tiktok adalah mengetahui jenis promosi yang akan disuguhkan ke target audience.

Hal ini dilakukan mengingat Tiktok memiliki berbagai jenis iklan yang beragam dan bisa digunakan untuk berbagai promosi pemasaran.

Apabila anda baru melakukan promosi pertama kali dan ingin mencuri perhatian pengguna Tiktok, maka anda bisa menggunakan jenis In Feed Video, dimana iklan anda akan muncul di jeda antara video Tiktok.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan jenis iklan Brand takeover, dimana promosi anda akan dimunculkan di halaman awal saat pengguna tiktok membuka akunnya, sehingga akan membuat audience berhenti sejenak untuk melihat video yang disuguhkan.

Anda juga bisa mempromosikan konten viral yang dimiliki dan mendapatkan perhatian dari pengikut anda, sehingga mereka tidak merasa melihat konten promosi melainkan video tiktok biasa.

Penggunaan foto sebagai promosi iklan di tiktok juga bisa digunakan menggunakan jenis promosi carousel ads, dimana anda bisa menambahkan hingga 10 foto yang berisi promosi produk atau layanan yang dimiliki.

Anda juga dapat melakukan interaksi dengan konsumen menggunakan jenis iklan Branded AR Content atau Hashtag Challenge dimana pengguna tiktok bisa menggunakan iklan atau tagar untuk membuat konten khusus dengan sajian yang unik.

Penggunaan influencer sebagai bagian dari promosi juga bisa menggunakan jenis iklan Sponsored influencer content, dimana anda bisa mempromosikan konten tiktok dari influencer yang mengulas produk anda.

2. Buat Akun Iklan Tiktok

Setelah menentukan jenis iklan yang digunakan dan memilih influencer yang akan diajak melakukan kerjasama, maka anda juga harus membuat akun iklan tiktok untuk memasukkan konten promosi dan menganalisa performa iklan dalam jangka waktu tertentu.

Caranya mudah, anda tinggal masuk ke halaman website Tiktok Ads Manager, kemudian pilih nama negara dan tentukan apakah anda ingin menayangkan iklan untuk individu atau bisnis, jika sudah kemudian klik selanjutnya.

Masukkan juga beberapa informasi dasar seperti alamat email khusus untuk iklan dan kata sandi, tunggu beberapa saat hingga Tiktok mengirimkan kode verifikasi yang bisa anda isi untuk membuat akun iklan Tiktok. Hal ini juga berlaku apabila anda menggunakan nomor telepon untuk melakukan verifikasi akun.

Jika sudah selesai klik SIgn Up dan kemudian anda akan dibawa ke dashboard khusus untuk memverfikasi akun iklan Tiktok.

3. Daftar Akun Tiktok Pixel

Dalam proses pembuatan iklan di Tiktok, anda juga perlu menganalisa kinerja konten anda untuk mengetahui hasil dari campaign yang dibuat.

Salah satunya adalah menggunakan platform Tiktok pixel yang akan membantu dalam menemukan konsumen baru, optimasi campaign, serta mengukur kinerja iklan di tiktok.

Anda juga bisa mengukur jumlah kunjungan ke Website yang berasal dari iklan di Tiktok dan membuat segemen konsumen yang sesuai untuk campaign promosi yang selanjutnya.

Tiktok pixel sendiri merupakan kode khusus yang ditempatkan di website brand, sehingga pengiklan dapat membagikan tautan website dengan mudah melalui halaman pencarian.

Pembuatan tiktok pixel ini bisa dibuat di akun tiktok ads manager pada fitur web event, pastikan juga untuk mengatur keamanan yang dimiliki sebelum menggunakan Tiktok pixel dan salin tautan tersebut ke halaman header website.

4. Buat Campaign Promosi

Bagian paling penting dalam membuat iklan di tiktok adalah menentukan campaign promosi sesuai dengan periode yang ditentukan.

Anda bisa mengaturnya dengan masuk ke halaman campaign kemudian klik pada ikon create, dimana anda akan diberikan jenis campaign yang beragam sesuai dengan kebutuhan promosi, apakah anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung, konversi, atau jumlah unduh aplikasi.

Jangan lupa juga untuk memberi nama pada campaign tersebut dan pilh level yang sesuai budget dan kebutuhan, anda juga bisa mengatur iklan dalam jangka waktu lama sehingga bisa menjangkau target konsumen yang lebih luas dan juga budget promosi yang lebih besar.

Namun, jika anda hendak menghemat budget promosi, maka anda bisa menggunakan anggaran harian yang bisa diubah setiap harinya sesuai kebutuhan dan menjangkau target audience dengan jumlah tertentu.

5. Buat Grup Iklan

Apabila anda hendak membuat iklan di tiktok yang variatif, maka ada baiknya untuk membuat grup iklan untuk mengelompokkan audience, budget campaign, serta penempatan iklan.

Pilih juga jenis atau tujuan promosi yang diinginkan, seperti install aplikasi atau kunjungan website sesuai kebutuhan.

Tentukan juga penempatan iklan, apakah hendak ditampilkan secara otomatis untuk menjangkau target audience yang lebih luas atau memilih penempatan iklan secara manual.

Anda juga dapat mengaktifkan variasi konten yang diinginkan dan mengetes setiap interaksi yang di dapatkan untuk mengetahui jenis iklan yang mendapatkan hasil paling tinggi, anda juga bisa mematikan fitur tersebut kapan saja setelah anda berhasil mendapatkan data yang diinginkan.

Ketahui target audience yang dapat menerima iklan tiktok untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan memilih gender, lokasi, usia, bahasa, minat, dan jenis koneksi.

Pilih juga waktu kemunculan iklan di tiktok, apakah akan diperlihatkan saat waktu aktif konsumen atau anda bisa memilih penayangan iklan yang memungkinkan anda untuk mendapatkan perhatian penuh sejak pertama kali iklan diedarkan.

6. Buat Iklan Baru

Setelah memasang berbagai iklan grup yang sesuai kebutuhkan promosi, maka anda bisa langsung mengunggah iklan yang akan ditayangkan di Tiktok, dimana anda bisa mengunggah konten dalam bentuk foto atau video, sesuai jenis pormosi yang diinginkan.

Pastikan juga anda memilih ukuran iklan yang sesuai spesifikasi, sehingga konten anda tidak terpotong saat akan mengunggahnya di Tiktok.

Anda juga diberikan kesempatan untuk melihat hasil iklan terlebih dahulu sebelum ditayangkan ke target audience, perhatikan baik-baik iklan tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan sebelum ditunjukkan ke konsumen.

Tambahkan juga beberapa kalimat call to action yang memudahkan konsumen untuk membeli produk anda dan mengenal brand yang anda miliki.

Selain itu, anda juga bisa mempromosikan konten pribadi atau kolaborasi dengan influencer yang dimiliki untuk memperluas jangkauan video.

7. Ukur Kinerja Iklan di Tiktok

Setelah melakukan berbagai promosi dan interaksi melalui iklan di tiktok, maka anda juga perlu mengukur kinerja pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya.

Penghitungan ini dilakukan untuk mengetahui apakah jenis iklan yang diberikan sudah sesuai keinginan konsumen dan memikat target audience, sehingga mereka lebih mengenal produk dan brand yang anda promosikan.

Cara mengukur hasil iklan cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke akun Tiktok Ads Manager, dimana anda akan diberikan hasil kinerja iklan dalam jangka waktu tertentu, sehingga menjadi patokan apakah iklan anda sudah berkembang dengan baik atau perlu diberikan jenis iklan lainnya.

tips membuat iklan di tiktok

Tips Membuat Iklan di Tiktok

Apakah Anda ingin mempromosikan merek atau produk Anda di TikTok? Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, TikTok telah menjadi platform populer bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Tapi bagaimana Anda bisa membuat iklan yang efektif di platform ini?

TikTok adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek.

Dalam beberapa tahun terakhir, ini telah menjadi platform populer bagi merek untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Namun, membuat iklan di TikTok membutuhkan pendekatan yang berbeda dari platform media sosial lainnya.

Untuk membuat iklan yang sukses di TikTok, Anda perlu memahami fitur unik platform dan perilaku pengguna. Dari memilih musik yang tepat hingga memasukkan tagar yang sedang tren, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda membuat iklan yang menarik yang beresonansi dengan audiens target Anda.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi beberapa praktik terbaik untuk membuat iklan di TikTok dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan bisnis Anda.

1. Tentukan Target Audience

Sebelum membuat iklan di tiktok, ada baiknya untuk menentukan target audience yang akan menyasikan konten promosi anda.

Hal ini dilakukan agar iklan anda menuju sasaran yang tepat serta lebih menghemat budget promosi, selain itu, Tiktok juga menyediakan kolom khusus yang akan membantu anda menentukan sasaran iklan.

Pertimbangan pertama yang perlu dilakukan dalam membuat iklan di tiktok adalah mengetahui apakah penonton anda berasal dari kalangan laki-laki atau perempuan, sehingga anda dapat menyajikan tema konten yang sesuai keinginan mereka.

Selain itu, tentukan juga rentang usia audience, apakah mereka berasal dari kalangan remaja antara 13-17 tahun atau 18-25 tahun yang semuanya memiliki minat yang berbeda pada iklan di Tiktok.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui kriteria iklan pada topik yang dipilih, apakah termasuk bidang entertainment, fashion, atau beauty? semuanya tergantung jenis produk yang akan anda suguhkan di Tiktok.

2. Ketahui Kebiasaan Konsumen 

Selain menentukan target audience maka anda juga perlu mengetahui minat konsumen berupa kebiasaan saat melihat video di Tiktok, sehingga anda bisa mengetahui jenis iklan yang tepat untuk mereka.

Misalnya konsumen anda menyukai jenis iklan video pendek dibandingkan foto, maka anda bisa menggunakannya sebagai materi promosi di Tiktok.

Anda juga bisa memilih influencer yang bergerak di bidang yang sama dengan anda, sehingga iklan di tiktok lebih menarik.

Guna mengetahui informasi tersebut, maka anda bisa melihat pada interaksi di setiap konten yang telah diunggah sebelumnya dan ketahui jenis konten yang banyak disukai oleh pengikut anda.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like