30 Data Analytics Tools Terbaik untuk Pemula Hingga Expert

Perlu Anda ketahui bahwa, data analytics ini merupakan aspek penting dalam dunia bisnis. Data analytics ini dapat membantu setiap usaha kecil semua orang dengan beberapa cara.

Ketika Anda memahami data analytics, maka bisnis Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik tentang di mana harus mengalokasikan sumber daya mereka dan bagaimana menentukan harga produk atau layanan mereka.

Dengan adanya data analytics ini, penting bagi Anda untuk memilih tools data analytics yang tepat agar tugas Anda akan lebih mudah.

Nah, saat Anda memilih data analytics tools yang sesuai untuk bisnis Anda, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor utama, memahami sifat data yang ingin dianalisis oleh perusahaan Anda, dan akan diikuti dengan evaluasi kebutuhan integrasi data Anda.

Selain itu, sebelum Anda dapat mulai menganalisis data, Anda harus memilih sumber data dan tabel serta kolom di dalamnya, dan mereplikasinya ke gudang data untuk membuat satu sumber kebenaran untuk analitik.

Anda juga ingin menilai keamanan data dan tata kelola data.

Kemudian, data analytics ini juga dapat membantu bisnis mengidentifikasi tren dan memahami basis pelanggan mereka.

Perangkat lunak data analytics ini dapat melacak dan menganalisis data. Dengan perangkat lunak ini Anda dapat membuat laporan dan dasbor yang akan ditindaklanjuti.

Untuk itu artikel ini akan memberikan informasi tools atau perangkat lunak apa saja yang terbaik untuk data analytics yang akan digunakan oleh pemula tentunya. Yuk simak penjelasan berikut ini!

Proses Pemilihan Data Analytics Tools

Tidak setiap bisnis dapat mengakses dan memanfaatkan data yang mereka butuhkan untuk mengambil keputusan.

Akan tetapi, sesuai dengan survei Oxford Economics, hanya 38% bisnis mengatakan bahwa mereka memiliki semua data untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis analitik, dilansir dari amplitude.

Jika Anda kesulitan menganalisis dan mengumpulkan data, kemungkinan besar sudah waktunya untuk menambahkan tools data analytics ke tumpukan teknologi Anda.

Memilih tools data analytics adalah keputusan besar dan dapat memiliki konsekuensi strategis bagi organisasi Anda selama bertahun-tahun.

Saat memilih tools data analytics, harus bisa didasarkan pertimbangan strategis untuk organisasi/perusahaan Anda.

Nah, ketika Anda menggunakan tools yang tidak sesuai dengan kebutuhan, maka dapat menyebabkan kesalahpahaman dan menghambat aliran informasi di antara anggota tim.

Selain itu, jika tools Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis, maka Anda dapat memberikan insight berharga tentang pelanggan, produk, dan memfasilitasi pengambilan keputusan berdasarkan data.

Memilih data analytics tools Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan. Berikut pertanyaannya:

  • Berikan informasi tentang jenis data yang dimiliki bisnis Anda dan apakah data tersebut memerlukan metode analisis khusus seperti pemodelan data.
  • Berapa jumlah data dalam perusahaan? Apakah bisa diklasifikasikan sebagai data besar (big data)?
  • Apakah Anda mencari jenis visualisasi tertentu?
  • Dapatkah Anda memberikan informasi tentang anggaran perusahaan?
  • Dapatkah Anda memberikan informasi tentang masalah yang sedang diupayakan oleh perusahaan?

Nah, proses pemilihan data analytics tools ini dapat dimulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Proses Pemilihan Data Analytics Tools

Data Analytics ToolsTerbaik

Seiring dengan berkembangnya bidang data analytics, maka ada berbagai pilihan tools data analytics. Jika mengejar karier di bidang ini, penting untuk menentukan tools data analytics yang diperlukan untuk dipelajari.

Artikel ini akan membahas tools data analytics yang penting dan signifikan.

Kemudian, disini kami juga akan memberikan gambaran umum tentang berbagai tools data analytics, termasuk opsi sumber terbuka dan komersial.

Setiap tools akan dibahas seperti kelebihan, dan kekurangannya. Nah, berikut tools data analytics yang terbaik:

1. Microsoft Excel

Excel adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk pengaturan spreadsheet, pemformatan, dan penghitungan data berbasis rumus.

Excel untuk data analytics ini bisa menghasilkan kueri, tabel pivot, grafik, dan bagan. Selain itu, perangkat lunak ini menyertakan bahasa pemrograman yang disebut Visual Basic for Applications (VBA).

2. SAS

Program yang digunakan untuk melakukan analisis statistik dan memvisualisasikan data.

Perangkat lunak ini menyediakan berbagai metode dan algoritme statistik, untuk analisis danoutputnya sendiri bisa disesuaikan, serta bagan tingkat profesional untuk publikasi.

Sehingga, perangkat lunak ini menjangkau berbagai industri.

SAS Program

3. Tableau

Perangkat lunak ini dikenal luas karena kemampuannya dalam visualisasi dan analisis data, khususnya dalam bidang business intelligent.

Tableau menyederhanakan data mentah menjadi dasbor visual, pemetaan, dan bagan, sehingga analis dapat secara efektif menyampaikan wawasan kepada audiens non-teknis.

4. RapidMiner

RapidMiner adalah perangkat lunak yang digunakan untuk penggalian data, analisis prediktif, dan pembelajaran mesin. Fitur-fiturnya yang andal yaitu pemodelan data, validasi, dan otomatisasi.

5. Power BI

Power BI adalah solusi data analytics bisnis yang akan digunakan visualisasi data dan berbagi insights, mirip dengan Tableau.

Polymer Search merupakan tool AI yang tidak perlu menggunakan kode. Selain itu, tool ini digunakan untuk menganalisis data penjualan dan pemasaran. Alat ini telah dikenal sebagai alat analisis data yang mudah dipelajari, bahkan melebihi Excel.

Mengunggah data menghasilkan pembuatan aplikasi web interaktif dalam waktu singkat.

Nah, salah satu kelemahan Polymer Search adalah ketidakmampuannya untuk menangani big data karena fleksibilitas yang terbatas.

Polymer Search

7. Akkio

Akkio adalah perangkat lunak yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memberdayakan para non-koder.

Alat ini beroperasi dengan mengunggah set data, memilih variabel yang diinginkan untuk prediksi, dan membangun jaringan saraf di sekitar variabel tersebut.

Kemudian, Akkio ini menawarkan fitur unik yang menyediakan prediksi hasil dan peringkat akurasi, termasuk positif palsu.

8. SQL

SQL adalah bahasa untuk mengelola dan menganalisis data.Selain itu, SQL sendiri lebih efisien daripada Excel, karena SQL dapat menangani file besar dan lebih cepat, hanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga detik.

Jika dibandingkan dengan Excel, SQL sendiri memiliki kurva pembelajaran yang lebih curam dan mungkin bukan pilihan yang paling optimal untuk tugas-tugas analis data fundamental atau dasar.

9. R

R digunakan untuk mengelola data dalam jumlah besar. R memiliki keunggulan yaitu exploratory data analysis (EDA), dan kemampuan statistik tingkat lanjut.

Inilah sebabnya mengapa perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Google, dan Bing mengandalkan R untuk mengatasi masalah-masalah sulit.

10. SPSS

SPSS adalah program perangkat lunak yang umumnya digunakan oleh para profesional pendidikan dan bidang ilmu sosial, dan juga dapat diterapkan di bidang pemerintahan, ritel, dan riset pasar.

SPSS sendiri memiliki keunggulan yaitu menggunakan berbagai tes dan regresi yang sesuai dengan jenis data dan skenario yang berbeda.

11. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang beroperasi pada tingkat tinggi dan ditulis dalam bahasa C.

Adapun keunggulan Python yaitu memiliki sifat open source yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses pustaka yang telah dibuat sebelumnya. Perlu dicatat bahwa Python ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut atau yang sudah mahir.

Selain itu, mempelajari Python ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk dipelajari untuk penggunaan di perusahaan.

Python

12. ATLAS.ti

ATLAS.ti merupakan program yang dirancang khusus untuk menganalisis komentar media sosial, tanggapan survei terbuka, dan wawancara.

Tools ini memberikan kemampuan kepada pengguna non-teknis untuk melaksanakan tugas-tugas rumit, seperti analisis sentimen.

ATLAS.ti mendukung pengunggahan video dan gambar, dan menawarkan fitur-fitur seperti awan kata, daftar kata, sinonim, dan pemfilteran berdasarkan kata sifat, kata benda, dan kata sambung.

13. Splunk

Splunk merupakan tools yang digunakan untuk mencari, menganalisis, dan visualisasi data yang dihasilkan mesin dan diperoleh dari berbagai sumber seperti aplikasi, situs web, dan lainnya.

Platform ini telah diakui sebagai Visioner oleh Gartner dalam Magic Quadrant 2020 untuk APM dan telah mengembangkan produk di berbagai bidang, termasuk TI, Keamanan, DevOps, dan Analisis.

13. Talend

Talend adalah alat ETL integrasi data yang dikembangkan dalam lingkungan pengembangan grafis Eclipse.

Talend sendiri telah diakui sebagai Pemimpin dalam Magic Quadrant Gartner yang digunakan untuk Alat Integrasi Data dan Alat Kualitas Data 2019.

Selain itu, tool ini juga bertujuan untuk menyederhanakan proses pengelolaan semua langkah yang terlibat dalam ETL dan memastikan data yang patuh, dapat diakses, dan bersih.

14. Apache Spark

Apache Spark adalah kerangka kerja komputasi cluster yang bersifat open-source dan biasa digunakan untuk pemrosesan real-time.

Framework ini dianggap sebagai salah satu proyek paling sukses di Apache Software Foundation dan memiliki komunitas sumber terbuka yang berkembang pesat. Antarmuka ini memungkinkan toleransi kesalahan dan paralelisme data implisit.

15. KNIME

KNIME adalah platform analisis data yang memiliki sifat open-source dengan alur kerja berbasis GUI yang digunakan untuk analisis, pelaporan, dan integrasi.

16. RapidMiner

RapidMiner adalah platform untuk pemrosesan data, membangun model Machine Learning, dan penerapan. Platform ini dinobatkan sebagai Visioner dalam Kuadran Ajaib Gartner 2020 untuk Platform Sains Data dan Pembelajaran Mesin.

17. QlikView

Fitur QlikView ini seperti teknologi yang dipatenkan dan pemrosesan data dalam memori, menghasilkan eksekusi yang cepat dan penyimpanan data di dalam laporan.

QlikView juga mempertahankan hubungan data dan dapat memampatkannya hingga hampir 10% dari ukuran awalnya.

Hubungan data direpresentasikan dengan menggunakan warna, dengan data yang terkait diberi warna tertentu dan data yang tidak terkait diberi warna lain.

18. Qlik Sense

Qlik adalah alat analisis data yang telah tersedia sejak tahun 1990-an. Perusahaan ini menawarkan solusi menyeluruh, termasuk Qlik View dan Qlik Sense, untuk membantu organisasi dalam memanfaatkan data dengan tujuan analisis.

QlikSense merupakan pilihan favorit di banyak organisasi karena kemampuannya, termasuk analitik tambahan untuk wawasan otomatis dan analitik percakapan untuk pemahaman bahasa alami.

Qlik tidak menyediakan versi dasar QlikSense yang gratis, tetapi tersedia periode uji coba untuk memulai layanan ini. Namun, untuk QlikView atau tool analisis konvensional, ditawarkan secara gratis untuk pelajar dan pemula dengan beberapa batasan.

QlikSense Business seharga $30/pengguna/bulan atau QlikSense Enterprise SaaS untuk kebutuhan yang lebih besar tersedia bagi bisnis untuk memulai.

19. ThoughtSpot

ThoughtSpot adalah alat analisis data yang menggunakan wawasan berbasis pencarian dan pemahaman bahasa alami.

Nah, tool ini Anda harus memvisualisasikan data dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dalam bahasa alami.

ThoughtSpot menyediakan visualisasi dan insigths otomatis yang dapat digunakan dalam pembuatan laporan dan dasbor.

ThoughtSpot menawarkan solusi analisis data yang kuat yang bisa menangani data terabyte sekalipun dengan mudah.

Nah, fitur pencarian inimembantu organisasi dan mematuhi peraturan privasi pemerintah, serta mengurangi risiko kebocoran data. Dibandingkan dengan alat analisis lainnya, ThoughtSpot sangat efektif.

ThoughtSpot sendiri memiliki keunggulan yaitu mempunyaidaya tarik yang unik berdasarkan penggunaan. Fleksibilitas ini menjadikannya salah satu yang terbaik.

Selain itu, tools ini menawarkan ThoughtSpot Enterprise dan ThoughtSpot Everywhere yang mencakup akses API dan dukungan penyematan.

ThoughtSpot

20. Oracle Analytics

Selanjutnya, Oracle Analytics ini juga menawarkan fitur-fitur canggih yang menggunakan teknologi berbasis AI, danmenghasilkan insight berdasarkan data yang disediakan, serta memprediksi kebutuhan pengguna dengan secara otomatis menyarankan pertanyaan yang relevan untuk diajukan.

Oracle Analytics juga menawarkan kemampuan analitik prediktif bagi organisasi yang ingin meningkatkan penyampaian insight menggunakan teknik Machine Learning yang canggih.

Kemudian, Oracle Analytics juga akan mengeluarkan data dari sumber publik yang dapat diandalkan sehingga menghasilkan kolom baru, seperti jumlah populasi negara bagian, serta dapat meningkatkan analisis data Anda yang sudah ada.

Tak hanya itu, Oracle menawarkan fitur yang memungkinkan pembuatan laporan teks dari visualisasi dengan sekali klik. Fitur ini tidak hanya menghasilkan insights, tapi juga berbagi laporan dengan cepat.

Harga untuk paket premium bervariasi berdasarkan penggunaan. Harga OCPU berkisar dari $0,3226 hingga $2,1506 per jam, sedangkan paket pengguna per bulan berkisar dari $16 hingga $80. Uji coba gratis 30 hari tersedia untuk memulai.

21. Google Looker

Looker adalah tools data analytics yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2020 dengan nilai $2,6 miliar. Looker mendapatkan popularitas karena kemudahan penggunaannya dan sepenuhnya berbasis cloud.

Hal ini sangat berguna karena perusahaan sekarang memanfaatkan cloud untuk hampir setiap operasinya.

Google Cloud Platform sendiri menyediakan integrasi yang efisien bagi pengguna. Penggunaan Looker memungkinkan pengguna untuk mengontrol penggunaan data, sekaligus memastikan privasi dan keamanan.

Kemudian, kemampuan manajemen data Looker membuatnya berbeda di pasar di mana perusahaan harus mematuhi berbagai peraturan privasi data.

22. SAP Analytics Cloud

SAP Analytics Cloud (SAC) telah menjadi tool data analytics yang populer. Tools ini bertujuan untuk mendapatkan insight tentang data, terutama di perusahaan-perusahaan blue-chip yang menggunakan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP).

SAC memungkinkan analitik prediktif dan tambahan bagi perusahaan untuk mendapatkan wawasan dengan mudah.

SAC sendiri berkolaborasi dengan SAP Digital Boardroom dan SAP Analytics Hub untuk meningkatkan fungsionalitas dalam menampilkan data dalam berbagai pengguna, termasuk presentasi dan berbagi dasbor di dalam organisasi.

Kemudian, tool data analytics ini diadopsi oleh perusahaan teknologi dan non-teknologi, yang telah menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang organisasi.

Pemahaman ini memungkinkan penawaran fitur Analisis untuk perencanaan skenario dan pemodelan peristiwa untuk mempromosikan budaya berbasis data di seluruh organisasi.

SAP menawarkan tiga model untuk Analytics Cloud mereka: uji coba gratis 90 hari dengan fitur terbatas, Business Intelligence dengan harga $36/pengguna/bulan, dan Planning dengan harga yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan perusahaan.

23. Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang sangat efektif untuk menganalisis traffic situs web dan perilaku pengguna.

Tidak seperti alat analisis lainnya, alat ini tidak memerlukan pembersihan data sebelum wawasan dapat ditemukan. Alat ini dapat digunakan untuk streaming analitik dan tidak memerlukan teknisi data untuk membuat aliran data.

Anda hanya menggunakan kode JavaScript sederhana, alat ini dapat menarik data dari situs web untuk menganalisis informasi yang spesifik untuk kebutuhan bisnis.

Banyak perusahaan di berbagai industri, termasuk media, hiburan, E-Commerce, dan Fintech, memanfaatkan data situs web untuk meningkatkan produk dan layanan mereka untuk ekspansi bisnis.

Google Analytics menyediakan fungsi khusus yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan wawasan berharga dengan cepat dan mudah, tanpa memerlukan bahasa kueri. Hasilnya, Google Analytics telah menjadi alat yang disukai oleh banyak organisasi.

Google Analytics adalah alat bantu gratis, namun untuk fitur tambahan dan kebutuhan pemasaran, tersedia Analytics 360.

24. Google Data Studio

Google Data Studio adalah alat gratis untuk analisis dan visualisasi data. Alat ini terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Analytics, Google Ads, dan Google BigQuery. Hal ini membuatnya ideal untuk meninjau data Google.

Pemasar dapat membuat dasbor untuk menganalisis konversi dan retensi pelanggan untuk hasil Google Ads dan Analytics mereka.

25. IBM Cognos

IBM Cognos termasuk tools AI dan data analytics yang digunakan untuk menjelaskan informasi tersembunyi dengan cara yang jelas dan ringkas.

Selain itu, perangkat lunak ini berisi komponen persiapan data otomatis yang menggabungkan dan membersihkan sumber data, dan memfasilitasi integrasi dan analisis data dengan cepat.

26. TIBCO Spotfire

TIBCO Spotfire adalah layanan analisis data yang menawarkan wawasan bertenaga AI dan pencarian bahasa alami.

Alat visualisasi ini menyediakan informasi untuk aplikasi seluler dan desktop. Selain itu, Spotfire memiliki alat yang mudah digunakan untuk membuat model analisis prediktif.

27. Zoho Analytics

Dengan Zoho Analytics, Anda dapat melakukan Analisis Data secara efektif dan efisien. Dengan begitu Anda dapat menganalisis data Anda di mana pun data tersebut disimpan dan menawarkan berbagai fitur visualisasi data.

Anda juga bisa menggunakan asisten bertenaga AI untuk mengajukan pertanyaan dan menerima laporan yang berwawasan luas. Zoho Analytics juga memiliki aplikasi seluler untuk iOS dan Android yang memungkinkan Analisis Data interaktif untuk data dinamis.

28. Whatagraph

Whatagraph menggabungkan analisis data visual, entri sumber data otomatis, dan pembuatan laporan seret dan lepas.

Keunggulannya adalah pengaturannya yang sederhana dan antarmuka visual yang ramah pengguna. Setiap titik data diwakili dengan widget yang dapat disesuaikan, memberikan gambaran yang jelas tentang pengembangan kampanye iklan.

Whatagraph sendiri menawarkan 30+ konektor untuk integrasi dan analisis data yang mudah.

Whatagraph

29. Query.me

Query.me menawarkan alat untuk analisis dan interpretasi data tanpa perlu pengetahuan pemrograman. Jika Anda mendalami data menggunakan Notebook SQL, maka pengguna akan mendapatkan wawasan tentang data bisnis.

Penekanan platform ini pada SQL membedakannya dari para pesaing dan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi alur kerja pengguna.

30. Sisense

Sisense adalah perangkat lunak business intelligence yang menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) untuk membantu organisasi menganalisis data yang kompleks dan menghasilkan visual untuk berbagi wawasan dengan para pengambil keputusan.

Sisense juga menawarkan antarmuka drag and drop, serta dasbor interaktif untuk mengevaluasi kumpulan data yang besar dengan cepat.

Tools ini memiliki beberapa konektor sumber data yang memungkinkan integrasi dan analisis data dari berbagai sumber. Fitur ini membantu menghasilkan wawasan dan memverifikasi prediksi tentang masalah bisnis yang penting.

Jadi, Sisense ini merupakan solusi yang serbaguna dan bisa digunakan baik di cloud maupun di lokasi. Penyertaan analitik tertanam dan narasi bahasa alami memperluas penawaran standaryang didasarkan pada model bayar sesuai penggunaan.

Kemudian, Sisense ini menawarkan paket harga yang dapat disesuaikan dengan prosedur yang transparan. Perusahaan diharuskan untuk mengadakan pertemuan dengan karyawan Sisense sebelum menggunakan layanan mereka.

Nah, itu dia penjelasan mengenai data analytics tools yang dapat membantu setiap usaha kecil agar lebih mudah.

Apa itu data analytics excel?

Excel adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk pengaturan spreadsheet, pemformatan, dan penghitungan data berbasis rumus. Excel untuk data analytics ini bisa menghasilkan kueri, tabel pivot, grafik, dan bagan. Selain itu, perangkat lunak ini menyertakan bahasa pemrograman yang disebut Visual Basic for Applications (VBA).

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like