Perkembangan dunia digital saat ini semakin maju, sehingga dapat menjangkau pelanggan dengan menggunakan internet sebagai prioritas terpenting bagi para pebisnis.
Salah satu tools dari strategi pemasaran yang mampu menjangkau bisnis Anda adalah Google My Business. Kemungkinan besar Anda sudah tidak asing lagi dan sering menggunakan tools dari Google ini.
Google merupakan situs pencarian yang paling sering dikunjungi di dunia. Menurut sumber dari hootsuite bahwa situs pencarian saat ini telah mencapai 92% pangsa pasar mesin pencari.
Menyiapkan profil Google Bisnisku adalah salah satu cara terbaik untuk membuat pelanggan baru mengunjungi toko Anda secara online. Anda bisa mencari (search) melalui Google atau langsung Mapsnya.
Google Bisnisku adalah layanan online dari Google yang memudahkan orang untuk mengetahui informasi bisnis Anda.
Informasi yang akan ditampilkan oleh tools ini meliputi, nama bisnis, detail kontak (alamat, nomor telepon, dll), alamat email, jam operasional, media sosial, situs website, foto perusahaan, hingga ulasan dari pelanggan.
Mengoptimalkan Google My Business dalam promosi lokasi bisnis merupakan cara yang paling efektif di dunia digital marketing agar Anda bisa menarik pelanggan baru.
Pebisnis dapat menggunakan fitur ini untuk menarik banyak calon pelanggan dengan memberikan informasi yang berguna kepada mereka.
Sebenarnya, bagaimana penjelasan detail dari fitur Google ini dan apa dampak yang diberikan jika menggunakannya? yuk, simak dibawah ini:
Google Bisnisku merupakan bagian produk platform yang dirancang khusus agar bisa digunakan oleh para pemilik bisnis.
Ketikan Anda menggunakan Google My Business atau Google Bisnisku, Anda akan mendapatkan informasi mendetail tentang bisnis Anda, termasuk profil perusahaan secara detail. Hal ini akan membantu calon pelanggan untuk bisa menemukan usaha Anda dengan mudah.
Menurut mailchimp, bahwa pada Google Bisnisku ini bisa juga mengoptimalkan strategi pemasaran yang Anda buat melalui pencarian organik (SEO) hingga mendapatkan posisi teratas, serta bisa juga melalui berbayar (SEM) di berbagai channel.
Dengan menggunakan tools Google Bisnisku (GMB), Anda dapat menjangkau audiens yang jauh lebih besar dalam waktu yang lebih singkat dan bisa fokus pada hal yang paling penting untuk pelanggan dan klien Anda.
Layanan gratis yang disediakan Google ini dapat membantu pelanggan untuk memberikan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda saat muncul di halaman mesin pencarian.
Anda juga dapat menyertakan detail tambahan seperti foto bisnis, video, info kontak, jam buka, zona pengiriman, dan tautan ke penyedia layanan reservasi.
Gambar dan video dari Google Maps juga membantu calon pelanggan mengetahui dengan tepat apa yang diharapkan ketika mereka mengunjungi bisnis Anda. Anda hanya perlu melakukan update profil dari Google bisnisku, agar para pelanggan bisa mengetahui aktif atau tidaknya bisnis Anda.
Teknologi saat ini membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Menurut webfx, ada 50% pengguna mengunjungi toko setelah melakukan pencarian dalam satu hari. Strategi ini sangat membantu pelanggan untuk bisa menemukan bisnis Anda terlebih dahulu.
Adanya smartphone saat ini, jumlah orang yang akan mencari bisnis Anda bisa dilakukan melalui pencarian organik dan Google Bisnisku. Sehingga perlu bagi Anda untuk mengoptimalkan akun Google Bisnisku, karena hal ini sangat berpeluang tinggi bagi pemilik bisnis kecil.
Lalu, apa saja manfaat yang diberikan oleh Google Bisnisku? Nah, berikut ini ada beberapa manfaat menggunakan Google Bisnisku:
Secara tidak langsung bisnis Anda akan dibantu promosi oleh Google Maps (Peta) untuk mencantumkan alamat resmi Anda. Google Maps (peta) ini merupakan salah satu fitur yang ada dalam Google Bisnisku. Pelanggan Anda akan melacak alamat toko yang sudah ada di Google Maps.
Kemudian adanya Google Bisnisku dapat mencatat permintaan peta dan menampilkannya sebagai statistik agar dapat Anda lihat.
Berdasarkan data Google, ada lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia yang telah menggunakan Google Maps setiap bulannya, sehingga menjadikannya aplikasi pemetaan digital paling populer saat ini.
Oleh karena itu, jika Anda berhasil mendaftarkan diri Anda di Google Bisnisku, maka Google Maps juga akan menampilkan lokasi usaha Anda di seluruh dunia. Misalnya, jika seseorang mencari “restoran” di Google Maps, mereka mungkin dapat melihat lokasi restoran Anda di Google Maps.
Ketika seseorang mencari sesuatu di Google, mereka melihat daftar situs web yang dapat mereka pilih. Situs web ini diberi peringkat sesuai dengan relevansinya.
Daftar situs web Anda yang muncul di Google akan berisi informasi alamat, waktu buka dan tutup, jumlah ulasan, sehingga orang menginginkan untuk mengkliknya.
Adanya Google My Business ini sangat membantu meningkatkan peringkat bisnis Anda di mesin pencari. Seperti yang Anda ketahui, bahwa Google adalah salah satu mesin pencari paling populer di dunia.
Selain itu ada bantuan dari fitur-fiturnya, Google akan membuat bisnis Anda lebih mudah ditemukan ketika pelanggan mencarinya secara online. Dengan mendaftar akun Google Bisnisku ini, bisnis Anda akan muncul di Google Maps. Hal ini membantu pelanggan untuk mencari bisnis yang di inginkan dengan jarak terdekat.
Jadi, dapat dikatakan bahwa Google Bisnisku ini selain mendatangkan pelanggan secara offline, bisa juga secara online dengan menggunakan teknik SEO agar mendapatkan traffic yang tinggi di situs web Anda.
Google Bisnisku menyediakan fitur untuk memperbarui detail bisnis, sehingga bisnis Anda akan cepat muncul di hasil pencarian. Pengguna Anda akan segera tahu dan Google akan mengambil tindakan terhadap situs Anda.
Pengguna Google Maps akan dapat melihat jam kerja, petunjuk arah, alamat situs web (URL), foto, nomor telepon, deskripsi bisnis, postingan promosi, acara, dan produk Anda. Selain itu juga, menampilkan ulasan dari para pelanggan yang akan memberi Anda keyakinan diri saat menjual produk Anda.
Menggunakan tools ini membantu Anda memahami situs web mana yang dikunjungi audiens Anda, sehingga Anda dapat menargetkan mereka dengan lebih baik.
Berikut ini statistik yang bisa dilihat pada Google Bisnisku yaitu:
Tools Google Bisnisku ini dapat melihat berapa kali profil bisnis, foto, dan postingan Anda dilihat oleh orang lain. Penting untuk memverifikasi keberhasilan produk Anda dengan melakukan pemasaran ini tujuannya untuk mengukur kinerja Anda.
Selanjutnya yang ditampilkan pada Google Bisnisku adalah laporan kata kunci di mana Anda dapat mempelajari dan memahami bagaimana konsumen menemukan bisnis Anda secara online.
Menggunakan kata kunci secara relevan pada bisnis Anda, dapat membantu meningkatkan traffic secara signifikan.
Misalnya, Anda dapat mendominasi kata kunci dari “baju panjang” yang relevan untuk benar-benar meningkatkan traffic ke situs web Anda. Dengan begitu, Google Bisnisku dapat memberikan informasi tersebut.
Selain itu, Anda dapat menggunakan Google Bisnisku untuk melihat bagaimana orang berinteraksi dengan postingan bisnis Anda. Hal Ini dapat memungkinkan untuk Anda lihat posting apa yang mereka bagikan dan jenis komentar apa yang mereka tinggalkan.
Pada Google Bisnisku ini, Anda juga dapat melihat profil orang yang mengikuti Anda. Anda akan melihat kelompok usia, jenis kelamin, dan bahkan negara asal mereka. Data ini sangat berguna saat Anda membuat campaign.
Anda mungkin tidak menyadari bahwa Google Bisnisku dapat menampilkan jumlah klik untuk setiap tautan di situs web Anda. Ketika Anda mengetahui informasi statistik ini, secara tidak langsung Anda dapat menciptakan strategi yang sukses.
Jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan audiens, traffic situs web, dan meningkatkan penjualan perusahaan, Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari data statistik yang Anda peroleh.
Anda tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan secara langsung oleh Google Maps, tetapi juga berkesempatan mendapatkan ulasan tentang bisnis Anda dari pelanggan yang telah melakukan pembelian produk dan layanan.
Ulasan yang diberikan oleh pelanggan sangat berguna, karena membantu meningkatkan brand awareness, dan kredibilitas bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui platform ini. Caranya, dengan menanggapi ulasan mereka.
Adanya komunikasi adalah hal yang penting dalam menentukan kesuksesan sebuah strategi pemasaran. Jadi, gunakan fasilitas ulasan ini dengan meminta pelanggan untuk mengisinya. Lalu, jawablah ulasan dari pelanggan Anda. Jika semakin banyak ulasan yang diberikan, maka Google akan membantu bisnis Anda.
Google Bisnisku ini bisa Anda dapatkan melalui Appstore atau Google Play secara gratis, serta bersifat mobile friendly. Hanya melalui smartphone Anda bisa memperbarui dan mengelola bisnis Anda dari mana saja. Hal ini akan mempermudah banyak orang untuk bisa menggunakannya.
Pada Google Bisnisku ini juga membantu Anda mempromosikan produk, karena GMB juga terintegrasi dengan media periklanan Google (Google Ads). Anda hanya dapat mengikuti panduan yang sangat sederhana dengan beberapa langkah sudah beriklan di platform Google
Adapun cara menggunakan Google My Business agar bisa mendapatkan keuntungan bisnis? Berikut, cara yang harus Anda lakukan:
Cara pertama, Anda harus mendaftar akun baru. Jangan khawatir, membuat akun di Google Bisnisku gratis, bisa cek langsung di akun resmi.
Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mengakses dan memperbarui profil bisnis kapan dan di mana saja melalui perangkat selular, seperti Android dan iOS secara gratis.
Setelah Anda mendaftar sebagai akun bisnis baru, Anda perlu menambahkan informasi penting terkait bisnis ke akun Anda. Seperti nama bisnis, alamat bisnis, nomor telepon usaha, waktu operasional bisnis, lalu menambahkan foto perusahaan di halaman profil sebagai bukti keaktifan.
Selanjutnya, Anda harus memverifikasi Akun Google Bisnis Anda sebelum dapat menggunakannya. Adanya verifikasi ini, memeriksa Setelah meninjau semua informasi bisnis Anda, sekarang Anda siap untuk memverifikasi diri Anda sebagai seorang pemilik usaha.
Anda dapat memverifikasi Anda dengan menggunakan email, surat, telepon, dan Google akan mengirimkan kode verifikasinya. Setelah itu masukkan kode verifikasi pada profil Google My Business Anda. Sangat mudah bukan?
Bahkan setelah membuat profil untuk bisnis Anda di Google Bisnisku, masih ada hal-hal yang harus terus Anda lakukan untuk memastikan keberhasilannya yaitu lakukan pembaruan secara berkala.
Jika ada perubahan apa pun pada perusahaan Anda, seperti waktu buka, lokasi, atau spesialisasi bisnisnya, maka segera perbarui profil Google Bisnisku, sehingga pelanggan tahu tentang perubahan ini.
Anda juga perlu mengetahui ulasan pelanggan untuk mempertahankan reputasi yang baik dan juga membalas dari ulasan pelanggan.
Selain itu juga lakukan interaksi dengan target audiens, agar mereka mengetahui informasi bermanfaat yang Anda berikan kepada pelanggan.
Hootsuite menjelaskan, bahwa terdapat faktor utama agar mendapatkan peringkat pertama di Google untuk Google Bisnisku yaitu relevansi (relevance), jarak (distance), dan keunggulan (prominence).
Misalnya, jika Google memutuskan bahwa bisnis yang terletak lebih jauh dari lokasi konsumen saat ini yang memiliki peluang lebih baik, maka Google mungkin memberi peringkat lebih tinggi daripada bisnis yang lebih dekat.
Nah, itu dia penjelasan mengenai Google Bisnisku dan juga cara menggunakan Google My Business untuk mengembangkan bisnis Anda.
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.