Jenis-jenis Metrik Analisa Konten Tiktok dan Cara Analisanya

Setelah mengunggah berbagai macam konten tiktok dan melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, tentunya anda penasaran mengenai hasil konten anda, apakah bisa bekerja dengan baik atau malah harus merubah strategi untuk mendapatkan hasil yang maksimal?

Salah satu cara untuk menentukan apakah konten tiktok dapat bekerja dengan baik adalah dengan melakukan analisa konten tiktok menggunakan fitur yang digunakan oleh tiktok atau menggunakan website analisa konten sosial media khusus, dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Karenanya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan analisa konten tiktok untuk mengetahui hasil konten dan merancang strategi pemasaran yang maksimal.

Keuntungan Melakukan Analisa Konten Tiktok

Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif

Keuntungan Melakukan Analisa Konten Tiktok

Dalam mengembangkan akun tiktok, anda tidak hanya membuat konten dan melakukan interaksi dengan penonton yang dimiliki, namun penting juga untuk memastikan kinerja konten bekerja dengan baik.

Salah satunya adalah dengan melakukan analisa konten tiktok untuk mengetahui kinerja postingan anda dalam jangka waktu tertentu untuk memastikan strategi pengembangan konten yang dimiliki telah bekerja dengan baik.

Karenanya berikut beberapa keuntungan melakukan analisa konten tiktok untuk mendapatkan hasil strategi pemasaran yang maksimal.

1. Memahami Kebiasaan Audience

Pengguna tiktok yang berasal dari latar belakang yang berbeda tentunya memiliki kebiasaan yang beragam, misalnya saja ada yang menyukai jenis konten cerita atau konten komedi, dimana mereka akan melakukan interaksi dengan konten yang sama dalam jangka waktu tertentu.

Kebiasaan audience yang berbeda ini tentunya harus dipahami oleh kreator tiktok untuk memudahkan mendekati penonton dengan jenis konten yang sesuai, sehingga konten anda akan terus ditonton dari waktu ke waktu.

Guna mengetahui kebiasaan audience, kreator bisa menggunakan fitur analisa konten tiktok, dimana mereka memberikan informasi mengenai kebiasaan audience berupa jenis konten yang mereka sukai dan waktu mereka melakukan interaksi, sehingga anda bisa mengunggah konten di waktu yang tepat.

Selain itu, informasi dari analisa konten tiktok juga akan membantu anda dalam memahami bagaimana audience melakukan interaksi dengan konten anda, apakah dengan memberikan komentar, tanda suka, atau membagikan konten anda ke orang lain.

Dengan memahami kebiasaan audience, maka akan membantu anda untuk membuat strategi konten yang tepat dan dapat membantu menaikkan interaksi dengan penonton.

2. Optimasi Konten

Saat membuat strategi konten di Tiktok, anda mungkin merasa rencana yang telah dibuat belum berjalan dengan baik, sehingga anda perlu mengubahnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun, sebelum melakukan optimasi konten tiktok, penting bagi anda untuk mengetahui kinerja konten anda untuk memahami strategi konten baru yang lebih efektif.

Salah satunya adalah dengan melakukan analisa konten yang tersedia di tiktok analytics yang akan membantu untuk memahami pendekatan yang perlu diubah dalam membuat strategi konten yang lebih baik.

Tidak hanya itu, analisa konten juga akan membantu untuk memahami strategi yang sesuai dengan audience anda, seperti mengidentifikasi format konten yang dapat meningkatkan interaksi, sehingga anda dapat menyesuaikan konten anda untuk memperkuat jangkauan dan interaksi dengan target audience. 

Misalnya saja, apakah penonton lebih menyukai konten edukasi, komedi, atau interaksi di balik layar dengan pegawai anda? dimana penentuan konten ini akan membantu anda membuat konten yang dapat meningkatkan interaksi dengan target audience.

Selain itu, analisa konten tiktok yang baik juga akan membantu anda untuk menampilkan waktu yang tepat untuk mengunggah konten tiktok.

Dimana penentuan waktu yang sesuai dapat membuat konten anda muncul di hadapan audience di waktu santai mereka, sehingga mereka bisa melakukan interaksi dan meningkatkan jangkauan konten yang dimiliki dengan lebih baik. 

3. Identifikasi Trend Tiktok

Sebagai sosial media yang berkembang pesat, Tiktok selalu menghadirkan berbagai trend dan konten baru yang membuat kreator dan penggunanya merasa ketinggalan saat tidak mengikuti konten tertentu.

Sehingga penting bagi kreator tiktok untuk mengetahui trend terbaru agar tidak ketinggalan momen dan membuat video anda ditunggu oleh banyak orang.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi trend tiktok terbaru adalah melalui fitur Tiktok Analytics yang memungkinkan anda untuk mengetahui trend terbaru yang terjadi dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda tidak ketinggalan momen penting yang dapat menaikkan jumlah penonton video.

Beberapa trend yang bisa dianalisa di fitur analisa konten tiktok adalah hashtag yang banyak digunakan dalam jangka waktu tertentu, efek video yang sedang populer, serta jenis lagu yang banyak digunakan oleh pengguna tiktok.

Dengan menggunakan berbagai kolaborasi konten tersebut, maka akan membantu anda untuk berada di tren terbaru dan membuat konten yang relevan dengan target audience.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur halaman pencarian tiktok untuk melihat apa yang sedang populer di kalangan pengguna. Halaman ini menampilkan video yang sedang tren, memberi Anda informasi tentang minat pengguna dan bagaimana Anda dapat menyesuaikan pesan Anda. 

4. Mengukur Kinerja Konten Tiktok

Setelah mengunggah berbagai konten tiktok dan melakukan interaksi dengan pengguna tiktok lainnya, anda mungkin penasaran dengan hasil kinerja postingan anda dalam jangka waktu tertentu.

Guna mengukur kinerja konten tiktok yang dimiliki, anda bisa memanfaatkan fitur analisa konten tiktok yang akan membantu anda untuk mengetahui kinerja konten tiktok dalam jangka waktu tertentu.

Penggunaan fitur analisa konten tiktok juga akan membantu anda untuk menentukan tujuan konten untuk membantu pertumbuhan akun anda dalam jangka waktu tertentu.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur dashboard yang memberikan gambaran mengenai jangkauan dan interaksi konten anda melalui berbagai metrik seperti penayangan profil, pertumbuhan jumlah pengikut, dan tingkat interaksi dengan konten video yang akan memberikan gambaran mengenai audience melakukan interaksi dengan konten anda.

Meninjau fitur analisa konten tiktok secara teratur akan membantu Anda tetap gesit dalam upaya pemasaran Anda, mengingat tren di TikTok dapat berubah dalam waktu cepat, sehingga bersikap proaktif akan membuat konten Anda tetap segar, menarik, dan relevan.

Jenis-jenis Metrik Analisa Konten Tiktok

Jenis-jenis Metrik Analisa Konten Tiktok

Melakukan analisa konten tiktok penting dilakukan untuk kreator tiktok guna mengetahui kinerja konten tiktok yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu serta interaksi yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan mereka.

Di sisi lain, banyaknya metrik analisa konten tiktok yang tersedia, terkadang membuat kreator bingung untuk memilih metrik yang harus diamati untuk melihat kinerja konten dan membuat strategi yang tepat.

Karenanya berikut beberapa metrik analisa konten tiktok yang bisa diamati oleh kreator tiktok untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal dan dalam jangka waktu panjang.

1. Rangkuman Analisa Konten

Metrik pertama yang bisa dianalisa saat melakukan analisa konten tiktok adalah rangkuman analisa konten tiktok, dimana mereka memberikan informasi singkat mengenai kinerja konten anda dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menentukan durasi analisa konten, apakah dalam durasi waktu mingguan, bulanan, atau tahunan, dimana aini akan membantu anda untuk menganalisa konten sesuai waktu yang diinginkan.

Beberapa hasil analisa yang ditampilkan pada rangkuman analisa konten adalah interaksi dan jangkauan konten, peningkatan dan penurunan pengikut, serta kinerja siaran langsung dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat jumlah kunjungan profil tiktok, dimana ini menjadi penanda bahwa pengguna tiktok mulai menyukai akun anda dan tertarik untuk melihat konten lama yang telah anda unggah sebelumnya serta menjadi penanda untuk melakukan interaksi dengan akun anda.

Beberapa tingkat interaksi lainnya yang ditampilkan pada rangkuman analisa konten adalah jumlah pengguna tiktok yang membagikan konten anda dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, apabila anda telah mendapatkan fitur tiktok live, anda juga dapat menganalisa interaksi selama siaran langsung dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya saja jumlah penonton dan durasi mereka dapat bertahan di siaran langsung anda, sehingga akan membantu anda untuk menentukan durasi menonton video yang tepat, sehingga siaran langsung anda bisa berjalan dengan seru.

2. Analisa Konten

Selain memanfaatkan fitur rangkuman analisa konten tiktok, anda juga dapat menganalisa berbagai macam konten secara terpisah, sehingga bisa mendapatkan hasil analisa yang lebih maksimal.

Kegiatan tersebut bisa anda lakukan dengan memanfatakan fitur analisa konten, dimana ini akan membantu anda untuk mengetahui konten video yang populer dalam jangka waktu tertentu dan beragam informasi mengenai postingan tertentu, misalnya saja jumlah penonton, tanda suka, komentar, dan postingan yang sering dibagikan oleh pengguna tiktok.

Beberapa informasi tambahan lainnya yang bisa anda manfaatkan di fitur analisa konten adalah konten video yang trending, jumlah penonton, jumlah tanda suka pada setiap video, jumlah komentar, konten yang ditonton berulang kali, rata-rata waktu menonton, serta jangkauan konten.

Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai bagaiman penonton menemukan konten apa, apakah melalui halaman rekomendasi konten, profil tiktok, audio, pencarian, atau tagar.

Hal ini nantinya akan membantu anda untuk meningkatkan strategi tiktok seo yang bisa diterapkan di setiap konten yang dimiliki, sehingga konten anda lebih mudah ditemukan melalui pencarian kata kunci yang sesuai.

Sehingga penting bagi kreator untuk melakukan analisa konten secara rutin minimal seminggu sekali untuk mengetahui kinerja konten dalam jangka waktu tertentu, sehingga bisa diterapkan untuk memaksimalkan strategi konten yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Analisa Pengikut

Meskipun jumlah pengikut tidak berpengaruh pada jangkauan konten tiktok, namun memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dapat membantu untuk meningkatkan kredibilitas akun anda sehingga informasi yang diberikan dapat dipercaya oleh pengguna tiktok.

Di samping itu, banyak juga brand yang melihat jumlah pengikut yang dimiliki oleh sebuah akun tiktok sebelum melakukan kerjasama, sehingga penting untuk mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak untuk memastikan mendapatkan peluang kolaborasi yang lebih baik.

Guna mengetahui peningkatan dan penurunan jumlah pengikut yang dimiliki, maka anda bisa menggunakan fitur analisa pengikut, dimana ini akan membantu anda untuk mengetahui kinerja konten dalam meningkatkan jumlah pengikut.

Tidak hanya itu, fitur analisa pengikut juga akan membantu anda untuk memahami demografi pengikut, misalnya saja gender yang dimiliki serta rentang usia mereka.

Dimana ini akan membantu anda untuk memahami kebiasaan mereka berdasarkan demografi yang dimiliki, sehingga anda bisa membuat konten berdasarkan informasi tersebut.

Selain itu, penggunaan fitur analisa pengikut juga akan membantu anda untuk mengetahui jenis lagu dan video yang mereka tonton dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga informasi tersebut akan membantu anda untuk membuat konten yang relevan dengan jenis lagu yang sesuai, sehingga memberikan konten yang menarik perhatian.

Tidak hanya itu, apabila anda menggunakan fitur penjadwalan konten, maka anda bisa memanfaatkan waktu ramai untuk menentukan jadwal konten yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan jumlah penonton yang melakukan interaksi dengan konten anda.  

4. Analisa Tiktok Live

Bagi kreator tiktok yang telah mencapai jumlah pengikut tertentu, mereka akan memiliki kesempatan untuk menggunakan fitur tiktok live yang memungkinkan untuk melakukan interaksi dengan pengguna tiktok lain secara langsung.

Selama melakukan siaran langsung dengan pengguna tiktok, anda mungkin akan merasa penasaran mengenai jumlah penonton yang dapat bertahan dari awal sampai akhir serta interaksi yang diberikan selama siaran langsung.

Sehingga untuk mengetahui interaksi selama siaran langsung, maka anda bisa memanfaatkan fitur analisa tiktok live yang bisa anda pantau setelah sesi tiktok live atau dalam kurun waktu tertentu.

Beberapa informasi yang disajikan pada fitur analisa tiktok live adalah jumlah pengikut baru yang didapatkan selama siaran langsung, penonton yang melakukan interaksi, serta jumlah hadiah virtual yang didapatkan selama tiktok live.

Informasi ini tentunya akan membantu anda untuk mengetahui kinerja siaran langsung serta merancang strategi tiktok live yang tepat sehingga dapat meningkatkan jumlah interaksi di waktu yang akan datang.

Selain melakukan analisa tiktok live, penting juga bagi anda untuk melihat ulasan penonton setelah menonton sesi siaran langsung anda, dimana mereka mungkin menyampaikan pendapat melalui pesan masuk.

Berbagai ulasan ini bisa anda tampung untuk peningkatan hasil konten di waktu yang akan datang untuk mendapatkan hasil interaksi yang lebih maksimal.

5. Jumlah Kunjungan Profil

Saat sebuah konten anda mendadak viral di kalangan pengguna tiktok, maka ini akan memberikan keuntungan bagi anda, salah satunya adalah jumlah pengikut dan kunjungan profil yang meningkat.

Dimana informasi ini menjadi penanda bahwa pengguna tiktok tertarik pada konten anda, sehingga mereka tertarik untuk melihat konten lain yang anda berikan serta mengikuti akun anda agar tidak ketinggalan video terbaru. 

Cara Analisa Performa Konten Tiktok

Cara Analisa Performa Konten Tiktok

Dengan jutaan konten tiktok yang diunggah setiap hari yang berasal dari kreator kenamaan, anda mungkin merasa tidak percaya diri untuk melihat perfoma konten tiktok yang dimiliki.

Meskipun begitu, dengan kehadiran fitur analisa konten tiktok, maka akan membantu anda untuk memastikan apakah strategi konten yang dibuat sudah berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan jangkauan konten yang maksimal.

Di sisi lain, menganalisa performa konten tiktok bukan hanya tentang melacak jumlah penayangan dan tanda suka, namun juga melibatkan ke tingkat keterlibatan, demografi audiens, dan tren untuk mengukur apa yang sesuai dengan audiens Anda.

Tidak hanya itu, anda dapat menyempurnakan strategi konten, mengembangkan pendekatan kreatif Anda, dan memaksimalkan dampak pada tiktok.

Karenanya berikut cara menganalisis performa konten TikTok secara efektif dan memanfaatkan informasi tersebut untuk kesuksesan strategi konten tiktok dalam jangka waktu lama

1. Identifikasi Tujuan 

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menganalisa performa konten tiktok adalah dengan memahami tujuan analisa terlebih dahulu, apakah anda ingin mengetahui jumlah pengikut, interaksi konten, atau jumlah penonton di tiktok live.

Melakukan identifikasi tujuan ini akan membantu anda untuk memilih metrik analisa konten tiktok yang tepat, sehingga dapat membantu untuk memilih jenis metrik yang sesuai.

Hal ini dilakukan mengingat fitur analisa konten tiktok memiliki metrik yang beragam, sehingga anda perlu memilih yang terbaik dan sesuai kebutuhan strategi konten.

Anda juga dapat menggunakan fitur analisa tiktok untuk memahami demografi penonton, waktu menonton, dan interaksi dengan penonton.

Data ini akan memandu proses pembuatan konten dan membantu menyempurnakan pendekatan agar sesuai dengan target audience.

Jangan lupa untuk melihat tren dan tantangan yang dapat menyelaraskan dengan misi akun anda. Mengidentifikasi konten yang viral dapat memberikan dorongan tepat pada konten Anda, dan memastikan bahwa pesan Anda relevan dan menarik.

Lakukan juga pengujian untuk melakukan berbagai eksperimen jenis konten, format, dan waktu posting yang berbeda, hal ini dilakukan mengingat strategi yang berhasil untuk satu audiens atau tren mungkin tidak berhasil untuk audiens atau tren lainnya, jadi bersiaplah untuk mengubah strategi Anda berdasarkan ulasan konsumen

2. Amati Metrik Analisa yang Relevan

Menganalisis metrik di TikTok sangat penting untuk meningkatkan strategi konten dan meningkatkan interaksi, dengan jumlah pengguna platform yang berkembang pesat, memahami indikator kinerja utama dapat menentukan kesuksesan Anda.

Anda bisa menganalisa metrik yang relevan dengan berfokus pada penayangan video, karena ini mencerminkan jumlah jangkauan dan daya tarik saat konten pertama kali diputar oleh penonton.

Metrik ini juga memberikan gambaran yang jelas mengenai jumlah pengguna yang tertarik untuk menonton video anda.

Selanjutnya, hitung juga tingkat interaksi, dengan menghitung jumlah suka, komentar, berbagi, dan konten yang disimpan, Anda dapat mengukur tingkat interaksi di konten Anda.

Jumlah interaksi yang tinggi berarti Anda tidak hanya menjangkau penonton, namun juga terhubung dengan mereka pada tingkat yang lebih dalam.

Metrik lainnya yang perlu diperhatikan dalam analisa konten tiktok adalah waktu menonton, semakin lama pemirsa bertahan, algoritma tiktok cenderung lebih menyukai konten Anda, sehingga buatlah pembukaan konten yang menarik yang membuat pengguna tetap menonton hingga akhir.

Terakhir, tetapkan tujuan yang jelas dan bandingkan metrik Anda secara teratur dari waktu ke waktu. Ini akan membantu mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga dapat mengubah strategi untuk hasil yang lebih baik. 

3. Bandingkan Performa

Dalam dunia TikTok yang serba cepat, memahami bagaimana konten bersaing dengan kompetitor dapat menjadi pengubah permainan. Dengan fitur analisis konten TikTok, Anda bisa mendapatkan informasi berharga yang mendorong strategi konten dan meningkatkan kehadiran merek Anda.

Anda bisa memulainya dengan mengidentifikasi metrik utama seperti tingkat interaksi, penayangan video, dan pertumbuhan pengikut. Angka-angka ini mencerminkan interaksi dengan audiens dan memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa yang beresonansi di ceruk pasar Anda.

Selanjutnya adalah menganalisa jenis konten yang dapat menaikkan interaksi,. Apakah challenge yang sedang tren, konten parodi, atau cerita yang menarik? Dengan menentukan kategori-kategori ini, Anda bisa menyesuaikan strategi konten untuk memanfaatkan jenis konten yang berhasil. Selain itu, penting juga untuk melakukan riset pasar dan mengidentifikasi tren yang sedang berlangsung di platform media sosial. Dengan menggunakan jenisjenis riset pemasaran seperti analisis tren pencarian dan survei online, Anda dapat mengetahui jenis konten apa yang sedang diminati oleh target audiens Anda. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan strategi konten yang lebih efektif dan dapat meningkatkan interaksi dengan audiens Anda.

Anda juga bisa memperhatikan waktu unggah konten, dimana ini bisa menjadi penentu kesuksesan berdasarkan waktu mereka mempublikasikan video mereka, jadi perhatikan jadwal posting yang sesuai.

Terakhir, dengarkan ulasan penonton pada postingan Anda yang dapat mengungkapkan preferensi dan keinginan penonton. Pendekatan ini dapat membantu berinovasi dan beradaptasi dengan lanskap TikTok yang terus berkembang.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like