Tiktok telah menjadi sosial media yang telah disukai oleh banyak orang dengan berbagai fitur yang beragam dan mudah digunakan.
Jumlah pengguna yang banyak serta fitur yang beragam menjadikan banyak kalangan yang menggunakan Tiktok untuk mencari hiburan yang menyenangkan.
Hal ini juga menjadi peluang baru bagi penjual yang ingin memasarkan produknya di Tiktok untuk mendapatkan perhatian dari target konsumen yang juga merupakan pengguna Tiktok.
Sayangnya mendapatkan followers tiktok tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan juga berbagai usaha agar akun tiktok anda dikenal oleh banyak orang melalui konten yang menarik dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah followers Tiktok dengan mudah dalam waktu cepat.
Baca Juga : 9 Strategi Mengenali Target Audience di Tiktok
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merancang strategi menambah followers Tiktok adalah dengan mengenali target audience yang sesuai dengan demografi yang dituju.
Analisa ini dilakukan mengingat setiap target audience memiliki kebiasaan dan jenis konten yang berbeda, sehingga penting bagi anda untuk membuat strategi berdasarkan pendekatan yang tepat, sehingga konten anda bisa bertahan lama dan tidak hanya mengikuti arus trend saja.
Anda bisa memulainya dengan mengunjungi akun Tiktok dari brand besar yang sudah memiliki lebih banyak pengikut serta bergerak di industri yang sama dengan merk anda, cara ini dilakukan untuk memudahkan anda untuk mengetahui jenis konten yang mereka sukai, apakah konten cerita atau ulasan produk yang relevan dengan masalah yang dihadapi oleh target konsumen.
Dalam analisa konten kompetitor ini, anda juga perlu melihat tingkat interaksi yang dilakukan dengan pengikut yang dimiliki, apakah jumlah tanda sukanya selaras dengan jumlah komentar yang masuk serta jumlah postingan yang dibagikan ke pengguna lainnya.
Dengan melihat jumlah interaksi yang didapatkan dari sejumlah konten, maka bisa menjadi penanda bahwa pengguna Tiktok menyukai jenis konten tersebut sehingga tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten yang diberikan oleh akun tersebut.
Apabila anda telah menggunakan Tiktok untuk promosi namun masih ingin mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak, maka anda juga perlu menganalisa konten anda di fitur Tiktok analytics, dimana mereka menyajikan berbagai data mengenai pertumbuhan jumlah pengikut dari hari ke hari, serta berbagai informasi lainnya.
Dimana informasi ini nantinya akan membantu dalam membuat strategi konten yang tepat dan dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut secara signifikan.
Tidak hanya itu, agar konten terlihat lebih menarik, maka tidak ada salahnya untuk keluar dari zona nyaman dengan mengikuti konten yang sedang naik daun agar tidak ketinggalan trend.
Anda bisa melakukan analisa konten yang sedang viral dengan menyediakan waktu untuk membuka beranda Tiktok, dimana anda bisa melihat berbagai jenis konten yang sedang dibuat oleh banyak orang, sehingga anda bisa memilih untuk membuat jenis konten yang sama namun masih tetap mempertahankan keunikan yang anda miliki.
Bagian paling penting dalam mengenali target audience adalah dengan memastikan melakukan interaksi dengan target audience secara rutin dengan membalas berbagai komentar yang masuk atau pesan di direct message.
Dimana dengan melakukan interaksi secara terus menerus maka akan membuat algoritma Tiktok melihat keaktifan akun anda dan membuat mereka menyebarkan konten anda ke target konsumen yang lebih luas, sehingga membuka peluang untuk menambah jumlah pengikut secara signifikan.
Dengan memahami produk atau jasa yang hendak ditawarkan ke konsumen, maka akan memudahkan bagi anda untuk membuat konten promosi dan memahami kebutuhan konsumen.
Baca Juga : Cara Membuat Konten Tiktok yang Menarik dan Berkualitas
Salah satu alasan pengguna Tiktok mengikuti sebuah akun Tiktok suatu brand adalah keunikan konten yang mereka miliki serta tampilan yang menyegarkan mata.
Sehingga untuk mendapatkan pengikut yang lebih banyak di Tiktok, maka anda bisa memulainya dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas sehingga bisa dinikmati oleh target audience.
Anda bisa memulainya dengan mengetahui topik yang sesuai dengan target audience, apakah anda hendak membahas masalah yang dialami oleh konsumen dan relevan dengan produk yang dimiliki atau mempromosikan produk yang dimiliki dengan mengikuti trend tertentu.
Dengan mengetahui topik yang relevan dengan masalah yang dihadapi oleh konsumen, anda bisa mendapatkan ide yang beragam dan cocok digunakan sebagai pilar konten.
Sehingga meskipun anda memerlukan waktu yang lama untuk menganalisa topik yang relevan dengan konten yang disukai oleh konsumen, namun anda akan mendapatkan keuntungan berupa ide yang tidak terbatas untuk membuat konten di Tiktok.
Setelah itu, anda juga perlu membuat pilar konten untuk konten Tiktok, dimana ini akan membantu anda untuk mengatur jenis konten yang hendak disajikan ke konsumen, sehingga masih tetap berada di jalur yang tepat dan tidak membahas konten yang kurang relevan.
Gunakan juga aplikasi khusus seperti Notion yang akan membantu anda untuk membuat daftar pilar konten beserta isinya, sehingga anda bisa membuat konten secara berurutan.
Selain membuat konten yang menarik, penting juga untuk merekam konten anda dengan baik agar terlihat menarik di mata penonton, sehingga membuat mereka tertarik untuk melakukan interaksi dan mengikuti akun anda sehingga dapat menambah jumlah pengikut di Tiktok.
Pada proses merekam konten untuk Tiktok, anda juga perlu melakukan berbagai persiapan untuk menghasilkan konten yang menarik untuk dipandang mata.
Anda bisa memulainya dengan menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk merekam konten Tiktok, misalnya saja handphone dengan kamera yang memadai serta tripod untuk menopang handphone anda saat merekam secara sendirian.
Penting juga untuk memilih tempat yang nyaman dengan pencahayaan yang bagus untuk menghasilkan konten yang enak dipandang dan menarik perhatian.
Namun, apabila anda hendak merekam konten di tempat yang gelap, maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan ring light yang dapat memberikan tambahan pencahayaan yang lebih baik.
Selain memanfaatkan peralatan untuk merekam konten yang memadai, penting juga bagi anda untuk mengedit konten yang telah direkam menggunakan aplikasi edit video khusus, sehingga konten anda terlihat lebih interaktif dibandingkan konten biasa yang belum diedit sama sekali.
Anda bisa menggunakan Capcut sebagai aplikasi edit video yang banyak digunakan oleh kreator pemula atau berpengalaman, sebab mereka memiliki berbagai fitur yang mudah digunakan dan mudah diunggah ke Tiktok, sehingga anda tidak perlu waktu lama untuk mengeditnya.
Meskipun begitu, anda juga bisa menggunakan aplikasi edit video lainnya untuk profesional guna menghasilkan tampilan yang lebih keren, sehingga dapat membedakan dengan kompetitor lain yang membuat konten serupa dan mengunggahnya di Tiktok.
Tidak hanya itu, penggunaan backsound video yang menarik juga akan membantu meningkatkan jangkauan konten video anda.
Sebab berbagai konten video yang sedang tren biasanya berawal dari backsound lagu yang sesuai, sehingga pastikan untuk mengikuti trend terbaru dan tambahkan dengan lagu yang relevan agar konten terlihat lebih menarik.
Baca Juga : 8 Cara Melakukan Interaksi dengan Pengguna Tiktok
Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengikut di Tiktok adalah dengan melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok.
Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan keaktifan akun anda serta membuat pengguna Tiktok mengunjungi dan melakukan interaksi dengan akun anda, sehingga mereka memiliki alasan untuk mengikuti akun anda.
Untungnya, Tiktok sendiri memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk melakukan interaksi dengan penggunanya dengan cara yang mudah dan efektif.
Pertama, anda bisa memanfaatkan fitur komentar, dimana anda bisa membalas berbagai komentar yang masuk mengenai isi konten anda.
Dengan membalas komentar di konten tiktok secara teratur, maka akan memudahkan untuk melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok lainnya yang melihat konten anda, sehingga membuka peluang bagi mereka untuk mengenal brand dan produk yang anda miliki.
Cara kedua adalah dengan membalas berbagai pertanyaan yang masuk ke fitur pesan, dimana konsumen sudah tertarik dengan brand dan produk yang anda tawarkan, sehingga tugas anda tinggal menggiring mereka untuk melakukan pembelian ke akun e-commerce yang anda miliki.
Namun, fitur pesan juga biasanya digunakan oleh konsumen untuk menyampaikan keluhan mengenai produk yang anda miliki, namun jangan khawatir, dengan memberikan respon yang baik maka akan membuat mereka tetap membeli produk anda karena pelayanan yang baik dan cepat.
Strategi terakhir yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok adalah dengan memanfaatkan fitur balas dengan video, dimana cara ini semakin diminati oleh banyak orang karena anda bisa mendapatkan ide konten baru yang berasal dari pengguna Tiktok.
Biasanya sebuah konten balasan dari video juga menarik perhatian banyak orang untuk melakukan interaksi, sehingga akun anda menjadi lebih ramai dan membuka peluang untuk mendapatkan jumlah pengikut Tiktok yang lebih banyak.
Tidak hanya itu, agar pengguna Tiktok yang melakukan interaksi di akun anda tidak merasa terabaikan, maka anda bisa memberikan balasan yang cepat, misalnya setelah satu jam mengunggah konten baru, maka anda dapat kembali untuk memberikan respon langsung, sehingga pengguna Tiktok tidak merasa terabaikan dan tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten anda di waktu yang akan datang.
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi yang dapat meningkatkan jumlah pengikut adalah dengan memanfaatkan fitur filter yang sedang naik daun.
Membuat konten dari filter tiktok yang sedang trend akan memberikan tampilan baru di konten anda dan peluang untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas dan tertarik untuk mengenal akun anda.
Berikan juga sentuhan yang menarik saat membuat konten dari filter tiktok sehingga konten anda memiliki keunikan sendiri dan memiliki perbedaan dengan konten dari kompetitor lain yang menggunakan trend yang serupa.
Memberikan sentuhan yang unik pada konten filter juga akan membuat konten anda lebih mudah diingat dibandingkan konten yang biasa saja.
Bagian paling penting dalam melakukan interaksi di Tiktok adalah melakukannya secara konsisten setiap hari di waktu yang sama, sehingga anda tidak lupa untuk menyapa pengikut yang dimiliki serta meningkatkan interaksi satu sama lain.
Baca Juga : Tiktok SEO Adalah : Fungsi, dan Cara Menggunakannya
Tiktok tidak hanya digunakan untuk menemukan konten yang menarik saja, namun sudah banyak orang yang menggunakan Tiktok untuk melakukan pencarian mengenai topik tertentu, misalnya saja tutorial untuk membuat sesuatu.
Sehingga agar konten anda lebih mudah ditemukan dan mendapatkan lebih banyak pengikut di Tiktok, maka anda perlu melakukan optimasi konten melalui Tiktok SEO.
Dimana anda bisa menggunakan kata kunci yang tepat dan banyak dicari oleh target konsumen di Tiktok dan memasukkannya ke deskripsi video atau caption konten, sehingga membuat konten anda berada di pencarian teratas saat pengguna Tiktok melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Namun memanfaatkan Tiktok SEO di konten video tiktok juga memerlukan persiapan khusus agar kata kunci yang digunakan sesuai dan relevan dengan target audience untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal.
Anda bisa melakukannya dengan melakukan analisa kata kunci menggunakan keyword tools tertentu, dimana anda bisa menemukan berbagai referensi kata kunci yang bisa digunakan di konten tiktok dan sering dicari oleh target konsumen.
Menemukan berbagai kata kunci yang relevan ini juga akan membantu anda untuk mendapatkan ide konten yang lebih variatif, sehingga anda tidak kekurangan berbagai ide konten yang menarik perhatian.
Setelah melakukan analisa jumlah pencarian serta kepadatan penggunaan kata kunci, maka anda bisa memadukan kata kunci tersebut dengan deskripsi video atau caption konten, sehingga anda mendapatkan kinerja konten yang lebih baik.
Penggunaan Tiktok SEO tidak hanya bisa digunakan di caption atau deskripsi video, namun anda juga bisa menggunakannya di bio profil akun anda.
Dimana penggunaan Tiktok SEO di profil akan membantu pengguna tiktok untuk menemukan akun anda saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Pemakaian kata kunci yang relevan di bio tiktok juga akan membuat akun anda terlihat lebih profesional, sebab menggunakan kata kunci yang sesuai dengan keinginan konsumen dan memberikan alasan bagi mereka untuk mengikuti akun anda.
Baca Juga : 8 Cara Melakukan Tiktok Live untuk Pemula yang Seru
Bagi akun Tiktok yang sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup, biasanya mereka mendapatkan keuntungan untuk mendapatkan akses Tiktok live yang hanya bisa digunakan oleh pengguna Tiktok tertentu.
Fasilitas yang terbatas ini tentunya bisa anda manfaatkan sebaik mungkin untuk melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok dan membuka kesempatan untuk menambah jumlah pengikut ke akun anda.
Namun, melakukan siaran langsung di Tiktok juga memerlukan strategi yang tepat agar penonton tidak merasa bosan dan terus mengikuti akun anda untuk waktu lama.
Anda bisa memulainya tiktok live dengan membuat sesi tanya jawab dengan pengikut anda, dimana mereka bisa mengajukan pertanyaan mengenai produk tertentu dan anda memberikan jawaban yang sesuai kebutuhan, sehingga mereka tertarik untuk mengenal produk anda lebih jauh.
Buat juga tema siaran langsung yang variatif setiap saat, sehingga membuat penonton tertarik untuk menonton Tiktok live yang anda lakukan untuk mendapatkan informasi yang beragam setiap saat.
Jawab juga berbagai pertanyaan yang masuk selama siaran langsung dilakukan sehingga interaksi dua arah bisa dilakukan dengan baik dan membuat penonton dapat bertahan di siaran langsung anda dalam waktu lama.
Tidak hanya itu, beberapa akun Tiktok brand juga memanfaatkan fitur siaran langsung untuk melakukan jual beli secara online, sehingga penonton yang tertarik bisa melakukan pembelian secara langsung sehingga meningkatkan penjualan.
Baca Juga : Cara Mempelajari Algoritma Tiktok dan Strateginya
Keinginan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, menjadikan algoritma Tiktok terus berubah untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna Tiktok.
Perubahan algoritma Tiktok ini tentunya perlu disadari oleh content creator untuk merubah strategi saat algoritma Tiktok mulai berubah.
Pertama, anda perlu memaksimalkan penggunaan Tiktok SEO di akun anda dengan menempatkannya di deskripsi video atau caption konten, sehingga algoritma Tiktok lebih mudah memahami konten anda dan menempatkannya di target konsumen yang tepat.
Penempatan konten tiktok ke target audience yang sesuai tentunya akan membantu akun tiktok anda lebih mudah dikenal dan membuka peluang untuk meningkatkan jumlah pengikut yang dimiliki..
Anda bisa menggunakan kata kunci yang sesuai dengan melakukan analisa menggunakan keyword tools tertentu yang memberikan data mengenai jumlah pengguna yang memakai kata kunci tertentu.
Gunakan juga beberapa kata kunci untuk dimasukkan ke dalam satu video sehingga anda bisa menjangkau beberapa target audience dalam satu konten.
Kedua adalah memanfaatkan beberapa fitur Tiktok untuk membuat konten terlihat lebih menarik, misalnya saja menambahkan audio yang relevan dengan isi video atau melakukan eksperimen dengan konten foto, sehingga memberikan variasi konten yang lebih banyak di akun anda.
Ketiga adalah mengunggah konten secara rutin yang menjadi penanda bahwa akun Tiktok anda aktif dan membuka kesempatan bagi postingan anda untuk dipromosikan Tiktok.
Anda juga perlu untuk membuat konten tiktok yang sesuai dengan trend terbaru, sehingga sesuai dengan minat target audience saat ini.
Meskipun begitu, anda juga perlu mempertahankan kualitas video agar postingan anda terlihat lebih menarik, peningkatan kualitas ini juga bisa menampilkan profesionalitas konten anda sehingga terlihat lebih menarik dibandingkan dengan kreator lain yang membuat kualitas video yang lebih rendah.
Keempat adalah mendapatkan perhatian dari pengguna Tiktok dari detik pertama, sehingga pengguna Tiktok akan tertarik untuk menonton video anda sampai akhir dan berakhir untuk mengikuti akun anda karena penyajian konten yang menarik.
Baca Juga : Jenis-jenis Metrik Analisa Konten Tiktok dan Cara Analisanya
Sudah membuat berbagai macam konten tiktok dan melakukan interaksi dengan pengguna tiktok lainnya, namun hasil yang didapatkan belum sepadan? tenang anda bisa mengatasinya dengan melihat kinerja konten anda melalui fitur Tiktok Analytics.
Dimana fitur ini akan memberikan anda informasi mengenai performa konten anda dalam jangka waktu tertentu, sehingga memberikan pandangan mengenai keefektivan strategi konten yang digunakan dan bisa dipertimbangkan untuk menggunakan strategi konten tersebut di waktu yang akan datang.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menganalisa perfoma konten tiktok menggunakan fitur Tiktok analytics atau website social media management.
Pertama, anda bisa melihat dari jangkauan konten tiktok yang dimiliki, dimana setiap postingan biasanya memiliki jangkauan yang berbeda tergantung dari jenis konten yang disukai oleh target audience.
Jumlah jangkauan konten yang berbeda juga menjadi penanda jenis konten yang disukai oleh target audience, sehingga anda bisa memilih jenis postingan yang mereka sukai dan bisa anda kembangkan dalam jangka waktu lama.
Kedua adalah lihat juga jumlah interaksi pada konten anda yang bisa ditandai pada jumlah komentar di setiap video, jenis konten yang berbeda juga biasanya memiliki jumlah komentar yang berbeda.
Konten dengan tingkat interaksi yang tinggi juga bisa anda pertimbangkan untuk menjadi topik konten yang dapat meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, sehingga konten anda dapat menarik minat mereka.
Penggunaan Tiktok analytics juga dapat membantu anda untuk melihat kenaikan jumlah pengikut setiap hari, dimana tingkat kenaikan dan penurunan ini juga bisa menjadi alasan mengapa pengguna Tiktok mengikuti akun anda di hari-hari tertentu, apakah karena konten yang viral atau waktu yang lebih panjang sehingga membuat pengguna Tiktok tertarik untuk mengikuti akun anda di hari tertentu.
Baca Juga : Tiktok Influencer Marketing, Cara Promosi dengan Influencer
Saat membuka beranda Tiktok, anda mungkin menemukan akun Tiktok yang memiliki jumlah interaksi yang tinggi dengan konten yang menarik, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti akun mereka.
Pemilik akun tersebut biasanya telah menjadi influencer yang memiliki pengaruh yang lebih besar dan membuat pengguna Tiktok lain percaya dengan pendapat yang mereka berikan.
Sehingga melakukan kolaborasi dengan influencer Tiktok bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan jumlah pengikut sebab lebih banyak orang yang mengenal brand anda dan tertarik pada konten dan produk yang anda promosikan.
Meskipun begitu, banyaknya akun influencer Tiktok, membuat anda harus memilih salah satu kreator yang bergerak di bidang yang sama dengan industri anda, sehingga mereka memiliki target audience yang sama.
Anda bisa memulai kolaborasi dengan influencer Tiktok dengan memilih salah satu akun yang memiliki pengaruh yang besar dan bergerak di industri yang sama.
Analisa ini bisa dilakukan dengan menelusuri akun tertentu dengan menggunakan kata kunci yang relevan, sehingga anda bisa mendapatkan kreator yang membahas topik yang relevan dengan anda.
Anda juga bisa menandai akun Tiktok yang sering muncul di beranda anda dan lihat topik yang mereka bahas, apabila sering membahas konten yang relevan dengan industri anda, maka anda bisa mempertimbangkannya untuk mengajak kolaborasi konten.
Manfaatkan juga website khusus yang dapat memberikan rekomendasi influencer Tiktok berdasarkan kata kunci serta industri yang relevan, sehingga anda bisa mendapatkan influencer yang diinginkan dengan mudah dan cepat.
Setelah menemukan influencer Tiktok yang sesuai, maka anda bisa menentukan tujuan kolaborasi dengan kreator tersebut, apakah hendak meningkatkan jumlah pengikut, mengenalkan akun yang dimiliki, atau meningkatkan penjualan produk?
Hal ini dilakukan mengingat setiap tujuan kolaborasi akan memberikan konten promosi yang berbeda, sehingga anda perlu membuat strategi konten yang berbeda saat hendak melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu.
Anda juga perlu menentukan biaya promosi saat hendak melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu, meningat setiap kreator memiliki harga yang berbeda, sehingga pilihlah salah satu kreator yang memiliki harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki, sehingga biaya promosi tidak berlebihan.
Baca Juga : Cara Membuat Caption Tiktok Untuk Promosi dan Interaksi
Video yang menarik memang menjadi alasan bagi pengguna Tiktok untuk menonton video anda, meskipun begitu, penggunaan caption Tiktok juga menjadi alasan bagi mereka untuk melakukan interaksi dengan konten anda, sehingga mereka tertarik untuk mengikuti akun yang anda miliki.
Sehingga penting bagi anda untuk membuat caption tiktok yang menarik dan membuat penonton tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten yang anda miliki.
Pertama anda perlu memahami target audience yang anda tuju, mengingat setiap target audience memiliki gaya bahasa yang berbeda, sehingga dengan menggunakan gaya bahasa yang sesuai akan membantu konten anda lebih mudah diterima oleh target audience.
Kedua adalah miliki gaya copywriting yang unik dan dapat diterima oleh target audience, kegiatan ini tentunya memerlukan kerja keras dalam waktu lama untuk membuat gaya caption yang tepat, namun setelah menmukan gaya bahasa yang sesuai, maka akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan caption yang sesuai dengan target audience.
Ketiga adalah pergunakan kata kunci yang relevan di caption video tiktok, dimana penggunaan kata kunci ini akan membantu konten anda menjangkau target audience yang lebih luas menggunakan pencarian kata kunci tertentu.
Keempat adalah anda bisa menambahkan emoticon tertentu yang membuat caption Tiktok terlihat lebih ramah namun tetap relevan dengan pesan yang ingin anda sampaikan, sehingga pengguna Tiktok tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten anda.
Terakhir adalah memasukkan pertanyaan dan kalimat ajakan di caption video, sehingga mengundang pengguna Tiktok untuk melakukan interaksi pada konten yang anda berikan.
Baca Juga : 6 Cara Promosi Konten Tiktok Secara Gratis dan Berbayar
Akun Tiktok yang baru saja dirilis mungkin belum memiliki banyak pengikut, dimana masalah ini wajar dihadapi mengingat belum banyak orang yang mengenal akun anda.
Meskipun begitu, anda bisa menambah jumlah pengikut di Tiktok secara signifikan dengan mempromosikannya melalui iklan atau akun sosial media lain yang anda miliki.
Pertama, anda bisa memanfaatkan fitur Tiktok ads yang membantu anda untuk mempromsikan akun anda ke target audience yang tepat dalam jangka waktu tertentu dengan konten yang menarik.
Dengan mempromosikan akun Tiktok yang anda miliki ke target audience yang diinginkan, maka akan membuka peluang bagi akun anda untuk dikenal banyak orang dan menambah jumlah pengikut.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mempromosikan akun Tiktok anda ke platform sosial media lain yang anda miliki dan telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.
Cara ini juga bisa menjadi perkenalan ke target konsumen bahwa anda telah memiliki akun baru di Tiktok, sehingga mereka tidak mengikuti akun lain yang mengatasnamakan brand anda.
Agar menarik perhatian konsumen untuk mengikuti akun tiktok anda, maka buatlah promosi dengan membagikan produk tertentu atau memberikan potongan harga bagi pengikut baru, sehingga mereka tertarik untuk mengikuti akun anda.
Baca Juga : 11 Rekomendasi Tiktok Tools Untuk Menambah Pengikut
Dalam menggunakan Tiktok, kreator tidak hanya bisa mengunggah konten dan melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok saja, lebih dari itu, anda juga bisa menggunakan berbagai fitur lain yang dapat membantu untuk meningkatkan jumlah pengikut yang dimiliki. Karenanya berikut beberapa fitur tiktok yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah pengikut secara efektif :
Tiktok tools pertama yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah followers tiktok adalah social media management, dimana mereka memiliki berbagai layanan untuk mengunggah konten sesuai jadwal yang ditentukan serta menganalisa kinerja konten yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu.
Penggunaan social media management dibutuhkan sebab anda perlu mengunggah konten secara rutin untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna Tiktok serta fitur analisa konten untuk mengetahui apakah konten yang anda buat sudah memiliki kinerja yang baik dalam jangka waktu tertentu.
Anda bisa memilih berbagai website social media management yang memiliki berbagai fitur yang beragam dan bisa anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan.
Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah pengikut Tiktok adalah berbagai aplikasi edit video yang bisa digunakan untuk mengedit video yang telah anda ambil, sehingga memberikan tampilan yang menarik dan membuat pengguna Tiktok tertarik untuk melakukan interaksi satu sama lain.
Capcut menjadi salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit konten video dengan mudah dan cepat, dimana mereka memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk pemula sekalipun dan berbagai template yang memudahkan untuk mengedit konten dengan cepat.
Berbagai fasilitas yang disediakan oleh Capcut, tidak mengherankan apabila dia banyak digunakan oleh banyak pengguna Tiktok untuk mengedit konten dengan mudah dan cepat.
Baca Juga : 9 Cara Optimasi Profil Tiktok Untuk Menambah Followers
Memiliki profil tiktok dengan informasi yang lengkap juga akan membantu pengguna Tiktok yang ingin mengenal brand anda, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan serta menjadi penanda bahwa akun anda terlihat profesional.
Sayangnya, belum banyak kreator tiktok yang melakukan optimasi profilnya, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi anda agar lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi profil Tiktok agar terlihat profesional dan bisa dikenal oleh banyak orang.
Saat membuat akun Tiktok, pastikan untuk menggunakan username yang jelas, sehingga mudah dicari oleh konsumen anda sehingga meningkatkan jumlah pengikut secara organik.
Anda bisa menggunakan username berdasarkan nama brand yang anda miliki, sehingga mudah dikenali dan menjadi penanda keaslian akun anda.
Tidak hanya itu, buat juga nama akun menggunakan huruf kecil, sehingga lebih mudah ditemukan saat melakukan pencarian menggunakan nama tertentu.
Penggunaan username dengan nama yang abstrak nantinya akan membuat akun anda tidak terlihat profesional sehingga diragukan oleh konsumen anda, ini juga akan membuat akun Tiktok sulit memberikan verifikasi akun anda karena akan terindikasi sebagai akun palsu.
Setelah membuat akun Tiktok dengan username yang jelas, penting juga bagi anda untuk menggunakan photo profile yang jelas dan mengindikasikan keaslian akun brand.
Anda bisa menggunakan logo brand anda sehingga mudah dikenali oleh konsumen yang telah mengenal brand anda sebelumnya.
Tidak hanya itu, penggunaan logo sebagai photo profil juga membuat akun anda terlihat profesional, sehingga membuat Tiktok lebih mudah memberikan verifikasi akun karena penggunaan photo profile yang sesuai.
Bagi anda yang menggunakan Tiktok sebagai media promosi, mungkin saja akan memiliki kesulitan untuk menambahkan tautan yang berisi akun e-commerce yang anda miliki.
Namun, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menggunakan fitur tautan yang memungkinkan anda untuk menaruh berbagai link akun e-commmerce anda dengan mudah.
Pergunakan juga website untuk mengumpulkan tautan web dengan mudah dan dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca, sehingga memudahkan konsumen untuk mengunjungi akun toko yang anda inginkan.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan halaman bio tiktok untuk mendeskripsikan akun anda, sehingga memudahkan pengguna Tiktok untuk mengenal produk yang anda jual.
Penggunaan kata kunci yang relevan tidak hanya berguna untuk meningkatkan jangkauan konten, namun juga membantu profil Tiktok anda lebih mudah ditemukan dengan penggunaan kata kunci tertentu.
Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengguna Tiktok yang ingin mengikuti akun Tiktok yang memiliki topik yang relevan dengan minat mereka.
Sehingga anda perlu menggunakan kata kunci yang sesuai lalu letakkan di deskripsi profil tiktok atau username, agar memudahkan pengguna Tiktok yang menyukai topik tertentu mengikuti akun anda.
Lakukan juga analisa kata kunci untuk memilih keyword yang relevan, sehingga kinerja profil Tiktok anda semakin maksimal untuk meningkatkan jumlah pengikut di Tiktok.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.