TikTok telah menjadi platform yang populer bagi banyak orang, yang menyebabkan merek dan marketer memanfaatkan iklan TikTok sebagai strategi pemasaran.
Sebagai seorang marketer harus bisa mengevaluasi TikTok sebagai alat pemasaran yang potensial untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.
Menurut data hootsuite, TikTok kini menjadi terkenal sebagai platform untuk tantangan menari Gen Z, TikTok telah berkembang untuk mencakup semua jenis konten dan komunitas.
Terdapat 78% pengguna TikTok mencari konten lucu, menghibur, atau mengikuti tren, sementara 35,1% menggunakan TikTok untuk meneliti merek.
Faktanya bahwa fitur-fitur seperti belanja dalam aplikasi, streaming langsung, dan tantangan tagar bermerek, kini menjadi alat penting bagi merek yang ingin terhubung langsung dengan pelanggan.
Nah, jika Anda sudah menempatkan iklan di TikTok yang berpotensi, maka Anda bisa menghasilkan keuntungan sesuai dengan data yang suda disampaikan.
Lalu, bagaimana cara untuk menggunakan TikTok Ads ini?
Sudah tau belum, definisi dari TikTok Ads?
Sebelumnya mengetahui definisi, Anda harus mengetahui bahwa pengguna aktif TikTok ini ada sekitar lebih dari 1 miliar.
Kemudian, TikTok Ads sendiri menawarkan opsi periklanan bagi bisnis untuk menjangkau target audiens Anda secara efektif di platform TikTok yang sedang berkembang pesat saat ini.
TikTok juga menghadirkan peluang yang sangat besar untuk mendapatkan brand awareness, mengarahkan traffic ke situs web mereka, dan meningkatkan penjualan.
Iklan TikTok memiliki berbagai bentuk, termasuk iklan In-Feed, Hastag Challenge, Brand Takeover, Top View Ads, dan lain sebagainya.
Masing-masing format iklan ini memungkinkan bisnis untuk menampilkan produk atau layanan mereka dengan cara yang unik dan interaktif sesuai dengan demografi di platform ini.
Misalnya, iklan In-Feed adalah video berdurasi 5-15 detik yang tidak dapat dilewati dan diputar secara otomatis saat pengguna menggulir Feed mereka.
Lalu, Hastag Challenge mendorong pengguna untuk membuat dan mengunggah konten yang berhubungan dengan merek tertentu.
Memanfaatkan TikTok Ads dapat menguntungkan bagi bisnis Anda, karena algoritme platform ini sangat kuat dan teknologinya juga bisa langsung menargetkan pengguna yang terlibat.
Kemudian, TikTok Ads memanfaatkan data pengguna seperti demografi, minat, perilaku, dan lokasi untuk menargetkan audiens yang relevan untuk iklan bisnis Anda.
TikTok Ads juga dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan traffic dan penjualan di situs web. Selain itu, bermanfaat bagi mereka yang ingin memperluas audiens.
Tak hanya itu, TikTok Ads juga menawarkan kesempatan kepada bisnis untuk memanfaatkan fitur interaktif dan kreatif dari platform ini untuk membangun hubungan yang tulus dengan pelanggan mereka.
Intinya, TikTok Ads ini adalah solusi periklanan yang ampuh untuk bisnis yang ingin menjangkau audiens dengan platform yang sedang berkembang pesat ini.
Dengan format iklan yang interaktif dan menarik, kemampuan penargetan yang kuat, dan jangkauan yang luas, TikTok Ads dapat membantu bisnis untuk meningkatkan upaya pemasaran mereka dan mendorong pertumbuhan yang signifikan.
Iklan TikTok adalah platform periklanan inovatif yang memberikan peluang berbeda untuk menjangkau audiens baru dan terlibat dengan pasar yang Anda inginkan secara signifikan.
TikTok Ads ini menawarkan kesempatan bagi Anda agar bisa membuat konten video yang efektif untuk menampilkan merek dan produk Anda. Sehingga bisa menarik dan melibatkan target audiens Anda.
Menggunakan TikTok Ads, memiliki banyak manfaat, termasuk kemampuan untuk meningkatkan brand awareness dan jangkauan Anda secara eksponensial.
Dengan basis pengguna TikTok yang sangat besar, Anda dapat memanfaatkan jaringan pelanggan yang luas, meningkatkan visibilitas Anda, dan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam industri Anda.
Salah satu keuntungan paling signifikan dari TikTok adalah kemampuannya untuk terhubung dengan audiens.
Sebagai platform media sosial yang memiliki pertumbuhan tercepat, TikTok telah menjadi pusat bagi generasi muda untuk terhubung dan terlibat dengan dunia di sekitar mereka.
Dengan memanfaatkan Iklan TikTok, Anda dapat memanfaatkan pasar yang menguntungkan ini dan membuat konten yang sesuai dengan minat dan preferensi unik mereka.
Keuntungan lain dari Iklan TikTok adalah kemampuannya untuk mendorong konversi dan meningkatkan penjualan.
Jika Anda menargetkan iklan berdasarkan demografi dan minat, maka ada peluang lebih tinggi untuk meningkatkan keterlibatan dan konversi audiens.
Platform periklanan TikTok ini dapat membuat kampanye bertarget yang memberikan hasil yang terukur dan mendorong ROI yang lebih tinggi.
TikTok Ads menyediakan berbagai format iklan, dan menawarkan fleksibilitas untuk membuat konten yang menarik dan terhubung dengan audiens Anda.
Nah, TikTok sendiri memiliki berbagai jenis iklan yang dapat Anda pilih, dan juga memberikan Anda kebebasan untuk membuat konten yang selaras dengan pesan merek serta tujuan pemasaran Anda.
Saat membuat iklan di TikTok Ads, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti citra merek, demografi pelanggan, dan target audiens untuk mengembangkan strategi iklan yang efektif.
Untungnya, TikTok menawarkan berbagai format iklan atau jenis iklan di tiktok untuk membantu Anda membuka potensi kreatif dan komersial merek Anda, yuk simak jenis-jenis iklan TikTok Ads ini:
Iklan In-Feed adalah format iklan masuk ke TikTok dan tertanam dalam konten asli yang dihasilkan jutaan pengguna setiap hari.
Iklan In-Feed adalah video pendek, atau gambar diam, yang muncul di feed ‘Untuk Anda’ dengan tampilan dan nuansa yang sama seperti postingan pengguna standar.
Iklan dalam Feed dapat dibeli melalui Ad Manager.
Setiap iklan menampilkan ajakan bertindak (CTA) yang dapat diklik dan akan mengarahkan pengguna ke akun bisnis merek, unduhan aplikasi, atau halaman arahan eksternal.
Iklan In-Feed ini digunakan untuk brand yang ingin merasakan kehadiran asli mereka di TikTok dan untuk berpartisipasi dalam budaya kreatif platform.
Iklan In-Feed memungkinkan merek terlibat dalam tren saat ini, dan mendorong pengguna untuk menyukai dan membagikan konten mereka untuk meningkatkan kesadaran dan pengakuan.
Pada jenis TikTok Ads ini, Anda tidak perlu membuat video untuk beriklan di Tiktok Ads. Tidak sama dengan membuat konten video In-Feed, Image Ads ini hanya muncul di aplikasi umpan berita terkait TikTok (seperti TopBuzz, BuzzVideo, dan Babe).
Iklan gambar dapat menampilkan gambar dalam format JPG, JPEG, atau .PNG, bersama dengan teks, merek, atau logo aplikasi.
Image Ads ini berfungsi paling baik untuk merek dengan tingkat pengenalan nama tertentu yang ingin memberikan konten yang cepat, efisien, dan menarik perhatian.
Perlu diingat bahwa Image Ads hanya ditampilkan di aplikasi umpan berita TikTok dan tidak akan muncul di dalam aplikasi TikTok itu sendiri.
Jenis iklan Video TikTok ini akan muncul di Feed For You, dan Home Page, serta dapat diunggah dalam format .mp4, .mov, .mpeg, atau .avi.
Sementara pengguna bisnis dapat mengunggah iklan video hingga 60 detik, TikTok merekomendasikan durasi 9 hingga 15 detik untuk interaksi yang optimal. Video Ads memiliki semua fitur konten pengguna standar, termasuk klip audio, efek, dan transisi.
Video Ads sendiri memiliki konten gaya asli yang muncul di semua umpan TikTok. Mereka bekerja paling baik untuk merek yang ingin menjangkau khalayak luas dan terhubung secara kreatif dengan calon pelanggan baru.
Top View Ads ini salah satu yang bisa dilihat pengguna saat mereka membuka TikTok, dan juga Iklan TopView adalah pilihan populer untuk merek yang ingin dilihat.
Iklan TopView adalah jenis iklan video yang dapat disesuaikan dan berdurasi hingga 60 detik.
Kemudian, TopView Ads ini ditampilkan kepada pengguna sebelum konten lain di platform. Iklan ini terbukti sangat efektif dalam hal jangkauan dan tayangan yang tinggi. Sebanyak 71% pengguna setuju bahwa iklan ini menarik perhatian mereka.
TopView Ads sendiri dapat digunakan untuk merek yang ingin menunjukkan kreativitas mereka dan menarik perhatian pelanggan baru sebanyak mungkin.
Spark Ads memanfaatkan kreativitas penggemar dengan mengubah konten buatan pengguna menjadi iklan.
Misalnya, jika suatu merek melihat kampanye influencer TikTok berkinerja sangat baik, mereka dapat meningkatkan jangkauan konten tersebut dengan menggunakan pos tersebut sebagai Iklan In-Feed atau TopView Ads.
Iklan Spark diberi label sebagai ‘bersponsor’ dan menyertakan ajakan bertindak (CTA) yang dapat diklik dan bisa membawa pengguna ke halaman arahan merek.
Spark Ads sendiri merupakan strategi periklanan yang telah terbukti secara statistik, melalui tingkat konversi 43% lebih tinggi, lebih efektif daripada Iklan In-Feed biasa.
Spark Ads ini digunakan untuk merek yang ingin mengomunikasikan keaslian kepada audiens mereka, membangun kepercayaan dan keterlibatan secara organik dan bekerja sama dengan influencer TikTok atau postingan pelanggan yang sangat sukses.
TikTok Brand Takeover adalah iklan layar penuh yang muncul ketika pengguna membuka aplikasi, dan dirancang untuk menarik perhatian pengguna dengan cepat.
Ditampilkan sebagai gambar tiga detik atau GIF 3 – 5 detik, iklan Brank Takeover bersifat eksklusif untuk kategori iklannya, yang berarti bahwa pengguna tidak akan melihat iklan lain untuk jenis produk tersebut sepanjang hari.
Iklan Brank Takeover hanya ditampilkan dalam waktu singkat, biasanya tiga hingga lima detik dalam bentuk GIF.
Iklan-iklan ini eksklusif untuk kategori masing-masing, yang berarti bahwa pengguna tidak akan menemukan iklan lain untuk produk tertentu sepanjang hari.
Brand Takeover ini lebih mahal daripada jenis iklan lainnya, biasanya lebih disukai oleh merek-merek besar.
Misalnya, Pepsi baru-baru ini melakukan Brand Takeover di Australia yang menjangkau lebih dari 2,4 juta pengguna TikTok dalam satu hari, yang menghasilkan rasio klik-tayang sebesar 24%.
Brand Takeover dapat menjadi strategi yang efektif untuk mengarahkan pengguna ke halaman arahan atau mendorong partisipasi dalam tantangan merek.
Meningkatnya biaya iklan berarti bahwa iklan tersebut seringkali lebih mudah diakses oleh merek-merek terkenal.
Hastag Challenge ini menawarkan keseimbangan antara kreativitas dan keterlibatan pengguna.
Hastag ini dapat dipromosikan melalui iklan video In-Feed atau spanduk di halaman Discover, yang mendorong pengguna untuk membuat konten mereka sendiri yang menampilkan tagar tersebut.
Hashtag Challenge berfungsi paling baik untuk merek yang ingin meningkatkan awareness, mendorong konten buatan pengguna, dan memupuk komunitas pengikut.
Branded Effects ini membiarkan audiens Anda agar bisa bersenang-senang. Anda akan dapat membuat dan meluncurkan efek, stiker, dan filter TikTok Anda sendiri untuk dimasukkan pengguna ke dalam konten yang mereka hasilkan.
Branded Effects membantu Anda mendorong keterlibatan kreatif di luar basis penggemar Anda yang sudah ada, dan sering kali diluncurkan dalam kemitraan dengan Brand Takeover untuk meningkatkan dampak.
Branded Effects ini dapat digunakan untuk brand yang mencari engagement.
Pengguna TikTok yang memiliki keterampilan kreatif cenderung menarik audiens akan jauh lebih mudah.
Disarankan untuk menjelajahi format iklan lain, seperti Brand Takeovers atau Hashtag Challenges, untuk meningkatkan Brand Effect.
Untuk mendapatkan pemahaman tentang cara kerja Iklan TikTok, Anda harus mengetahui langkah-langkah untuk melakukannya. Yuk ikuti saat membuat TikTok Ads!
Langkah pertama disini Anda harus memulai dengan membuat akun di TikTok Ads Manager.
Pilih negara atau wilayah penagihan Anda, lalu pilih apakah Anda menggunakan akun untuk bisnis atau individu. Kemudian klik “Selanjutnya.”
Masukkan beberapa informasi dasar seperti alamat email dan kata sandi Anda. Kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email Anda.
Jika Anda memilih untuk mendaftar dengan nomor telepon Anda, maka Anda memerlukan kode verifikasi yang dikirimkan ke telepon Anda.
Konfirmasikan bahwa Anda menyetujui syarat dan ketentuan, lalu klik “Daftar”.
Setelah merek Anda disetujui, masuk ke dasbor Anda dan selesaikan penyiapan akun awal sesuai petunjuk. Kemudian Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk membuat iklan TikTok.
Langkah selanjutnya, Anda harus memilih “Mode Standar” atau “Mode Pengembang”, Kemudian akan membuat Pixel Anda dengan terlebih dahulu menyiapkan “Acara Web” di Pengelola Iklan TikTok Anda.
Ingatlah untuk meninjau setelan persetujuan cookie Anda sebelum men-deploy Pixel Anda. Kemudian unduh atau salin kode Pixel dan tempelkan ke header situs web Anda.
Untuk membuat kampanye iklan, buka tab “Kampanye” dan pilih tombol “Buat”. Dari sana, Anda dapat memilih tujuan kampanye yang Anda inginkan, seperti mendorong lalu lintas, konversi, atau penginstalan aplikasi.
Saat membuat kampanye, penting untuk memberi nama dan menetapkan anggaran minimum di tingkat kampanye.
Anggaran seumur hidup dapat ditetapkan untuk menjangkau banyak orang dengan cepat, sementara anggaran harian dapat secara bertahap dan mantap menargetkan audiens di TikTok sesuai yang Anda inginkan.
Buat grup iklan untuk menentukan pemirsa, anggaran kampanye, dan penempatan iklan Anda.
Setelah menyiapkan grup iklan, Anda dapat mengonfigurasi iklan pertama Anda. TikTok memberi Anda opsi untuk mengunggah file video atau gambar sebagai materi iklan Anda.
Mengikuti spesifikasi iklan yang direkomendasikan sangat penting untuk hasil yang optimal dan memastikan bahwa iklan Anda menarik secara visual di TikTok dan platform mitra.
Setelah membuat iklan sesuai keinginan Anda, Anda akan memiliki opsi untuk mempratinjau dan mendapatkan gambaran tentang tampilannya bagi pengguna TikTok.
Pada titik ini, Anda juga dapat mengetahui apakah iklan Anda memerlukan penyesuaian sebelum mengirimkannya untuk ditinjau.
Anda dapat menyesuaikan iklan lebih lanjut dengan menamainya agar lebih mudah membedakan antara iklan yang berbeda dalam grup iklan yang sama.
Kemudian masukkan teks iklan Anda menggunakan 12-100 karakter untuk menyampaikan pesan Anda dengan lebih efektif. Teks ini akan muncul di atas iklan Anda.
Anda akan disajikan dengan berbagai ajakan bertindak (CTA) yang dapat dipilih berdasarkan hasil yang Anda inginkan. Ini termasuk pilihan untuk mendaftar, mengunduh, menghubungi, memesan, berbelanja, melamar, atau mempelajari lebih lanjut.
Setelah Anda menentukan pilihan, cukup klik “Kirim” untuk menyelesaikan iklan Anda.
Selanjutnya, Anda bisa menggunakan TikTok Promote untuk meningkatkan iklan yang ada.
TikTok Promote sendiri merupakan fitur berbayar yang memungkinkan pengguna untuk memilih tujuan tertentu seperti penayangan video, kunjungan situs web, atau pengikut baru, dan mempromosikan konten video mereka. TikTok Promote sendiri juga memberikan opsi targeting yang sangat spesifik, seperti demografi, minat, dan perilaku, untuk memastikan konten video terpromosikan kepada audiens yang tepat. Selain itu, pengguna yang menggunakan fitur ini juga dapat melacak kinerja promosi mereka dan melihat statistik yang membantu mereka memahami lebih baik audiens mereka. TikTok Promote sendiri juga telah terintegrasi dengan TikTok Affiliate Program, yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan komisi dari penjualan produk yang mereka promosikan melalui video mereka.
Pengguna dapat memilih target audiens mereka, menetapkan anggaran, menjadwalkan durasi iklan, dan meluncurkan promosi mereka.
Bahwasannya, pekerjaan belum selesai setelah meluncurkan iklan Anda, Anda juga harus mengukur kinerja Anda untuk melihat bagaimana hasil kampanye.
TikTok menyediakan analitik asli yang dapat menunjukkan kinerja iklan Anda dalam hal tayangan, klik, konversi, dan lainnya.
Anda bahkan dapat menguji dan membandingkan kinerja berbagai materi iklan dan penempatan untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda.
Nah, itu dia penjelasan mengenai TikTok Ads. Ketika Anda sudah mengenal dan mengikuti tahapan TikTok Ads ini, maka perjalanan bisnis Anda di TikTok belum berhenti di tahap teori ini.
Anda juga harus mempraktekannya agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.
Salah satu keuntungan paling signifikan dari TikTok adalah kemampuannya untuk terhubung dengan audiens. Keuntungan lain dari Iklan TikTok adalah kemampuannya untuk mendorong konversi dan meningkatkan penjualan. TikTok Ads menyediakan berbagai format iklan, dan menawarkan fleksibilitas untuk membuat konten yang menarik dan terhubung dengan audiens Anda.
Spark Ads sendiri merupakan strategi periklanan yang telah terbukti secara statistik, melalui tingkat konversi 43% lebih tinggi, lebih efektif daripada Iklan In-Feed biasa.
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.