Panduan Tiktok Creator Marketplace Mudah Bagi Pemula

Temukan cara mudah menemukan influencer terbaik di Tiktok menggunakan layanan Tiktok creator marketplace.

Tiktok sudah menjadi salah satu social media yang disukai oleh banyak pengguna internet, dimana anda bisa menemukan berbagai konten video pendek yang menghibur dan ilmu baru dengan penyampaian yang mudah dipahami.

Tingginya peminat pada Tiktok ini akhirnya menghadirkan banyak influencer yang cocok digunakan sebagai media promosi untuk brand guna menjangkau target audience yang lebih luas serta mengenalkan produk yang dimiliki.

Sayangnya, terkadang sebuah brand belum mengetahui influencer mana yang cocok digunakan sebagai media promosi, alhasil hasil yang didapatkan pun belum sesuai ekspekstasi yang diinginkan.

Untungnya, Tiktok telah menghadirkan layanan Tiktok creator marketplace yang memudahkan anda untuk menemukan berbagai kreator handal yang mempunyai minat yang sama dengan industri yang anda jalani, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Karenanya berikut tips menggunakan tiktok creator marketplace sekaligus cara mencari cara influencer yang sesuai keinginan.

apa itu tiktok creator marketplace

Apa Itu Tiktok Creator Marketplace

Tiktok telah menjadi tempat baru bagi berbagai influencer dan kreator untuk membagikan ide-ide kreatifnya melalui video pendek.

Tidak jarang berbagi konten yang diunggah juga mendapatkan apresiasi dari pengguna tiktok lain yang menyukai postingan yang disuguhkan, sehingga membantu untuk meningkatkan engagement dari akun tersebut.

Di sisi lain, influencer atau kreator mungkin saja mempunyai keinginan untuk melakukan kolaborasi dengan brand tertentu yang mempunyai minat yang sama dengan topik yang dimiliki, namun belum mempunyai kesempatan untuk diajak kolaborasi.

Untungnya, Tiktok menangkap keinginan tersebut dengan merilis layanan Tiktok creator marketplace, dimana kreator atau influencer bisa mengunggah berbagai konten terbaiknya untuk membuka kesempatan diajak kolaborasi dengan brand tertentu.

Cara ini juga menjadi kesempatan yang bagus bagi sebuah brand untuk terhubung dengan kreator dan influencer potensial agar produk dan layanan mereka dilihat oleh jutaan pengguna tiktok lainnya yang mempunyai minat yang sama.

Apalagi Tiktok sudah terkenal di kalangan remaja, sehingga cocok bagi sebuah brand yang menyasar pangsa besar tersebut, dibandingkan membuat iklan promosi di televisi atau social media lainnya.

keuntungan tiktok creator marketplace

Keuntungan Tiktok Creator Marketplace

Apakah Anda seorang kreator konten yang mencari cara untuk memonetisasi akun TikTok Anda? Pernahkah Anda mendengar tentang TikTok creator marketplace? Jika belum, Anda mungkin melewatkan kesempatan besar untuk mendapatkan uang sambil melakukan apa yang Anda sukai.

Seiring dengan pertumbuhan platform ini, begitu pula peluang bagi para kreator untuk mendapatkan uang melalui konten bersponsor dan kemitraan merek.

TikTok creator marketplace adalah platform yang menghubungkan kreator populer dengan merek yang ingin berkolaborasi dalam konten bersponsor.

Dengan bergabung dengan marketplace ini, para kreator dapat memamerkan keahlian mereka dan menarik kemitraan potensial, membuka banyak peluang dan keuntungan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas manfaat menggunakan TikTok Creator Marketplace dan bagaimana hal ini dapat membantu Anda membawa konten Anda ke level berikutnya.

1. Membuka Jalan Menghasilkan Uang dari Tiktok

Tiktok telah menjadi tempat baru bagi berbagai influencer dan tiktok untuk menuangkan ide dan kreativitasnya dalam bentuk konten video pendek.

Tidak hanya itu, algoritma tiktok yang menyebarkan konten pada pengguna tiktok yang mempunyai minat sama, akan memudahkan anda menjaring lebih banyak pengikut yang relevan, sehingga membantu meningkatkan pengikut baru dan interaksi.

Di sisi lain, pada proses pembuatan konten kreatif, tentunya dibutuhkan dana yang tidak sedikit bahkan bisa menguras kantong, sehingga dibutuhkan cara untuk menghasilkan uang dari tiktok dengan melakukan kolaborasi dengan brand tertentu.

Akan tetapi, jika anda belum pernah melakukan kolaborasi dengan brand lain sebelumnya, maka ada baiknya untuk membangun portofolio terlebih dahulu di Tiktok creator marketplace yang nantinya akan membuka kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan brand lain serta menghasilkan uang dari Tiktok yang menguntungkan.

2. Akses Influencer yang Lebih Luas

Melakukan promosi produk di social media, bukan menjadi hal yang baru lagi bagi berbagai brand, mengingat lebih banyak orang yang membuka internet dibandingkan menonton televisi saat ini.

Pemilihan social media untuk promosi produk juga perlu diperhatikan oleh sebuah brand, mengingat biasanya setiap platform dihuni oleh jangkauan usia dan pendekatan yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan analisa untuk mengetahui tempat yang tepat.

Jika anda mempunyai produk yang menyasar kalangan remaja seperti produk perawatan kulit atau brand baju dengan mode kekinian, maka Tiktok bisa menjadi tempat terbaik.

Hal ini dikarenakan rata-rata usia pengguna tiktok adalah 15-20 tahun yang menyukai trend terkini, sehingga barang anda dapat menjangkau konsumen yang tepat.

Akan tetapi, jika brand anda adalah pemain baru di pasar ini, maka dibutuhkan bantuan dari influencer untuk memasarkan produk anda dan membantu menaikkan jumlah pengikut dan penjualan di Tiktok.

Namun, apabila anda kesulitan menemukan influencer yang tepat dan bergerak di industri yang sama, maka menggunakan Tiktok creator marketplace bisa menjadi solusi terbaik.

Dimana layanan ini menyediakan berbagai pilihan influencer mulai dari mikro dan makro dengan jumlah pengikut dan tingkat interaksi yang berbeda, sehingga bisa anda sesuaikan dengan budget promosi yang dimiliki.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Tiktok creator marketplace tidak hanya menguntungkan bagi sebuah brand untuk menemukan influencer yang dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness.

Namun layanan ini juga berguna bagi influencer guna menaikkan brand awareness, sehingga dapat bertemu dengan kreator lain yang mempunyai minat yang sama atau brand yang bergerak di industri yang relevan.

Misalnya saja, anda pernah melakukan kolaborasi dengan brand kecantikan lain dan campaign yang anda lakukan mendapatkan kesuksesan besar, maka jika anda mencantumkannya di Tiktok creator marketplace akan membuka kemungkinkan untuk diajak kolaborasi dengan brand lain dari industri sama.

Di sisi lain, anda juga dapat menjalin hubungan dengan influencer lain yang bergerak di bidang yang relevan, sehingga membuka jaringan yang lebih luas serta membuka pemikiran baru mengenai industri yang anda geluti.

4. Kemudahan Mengakses Tiktok Creator Marketplace

Salah satu kelebihan lainnya dari Tiktok creator marketplace adalah layanan ini mudah untuk diakses oleh berbagai pengguna tiktok biasa yang mencari wawasan baru mengenai trend influencer tiktok, brand yang sedang mencari peluang kerjasama, bahkan kreator yang mencari relasi dengan pengguna akun lain.

Caranya adalah dengan masuk ke website Tiktok creator marketplace, kemudian isi data diri kemudian pilih apakah anda masuk sebagai pencari influencer atau kreator, jika anda adalah seorang influencer maka isi data diri yang dibuat.

Namun, jika anda adalah seorang pencari kreator maka anda juga perlu mengisi beberapa data tambahan yang akan membantu tiktok membawa anda ke influencer yang diinginkan.

Selanjutnya jika anda telah menemukan influencer yang dibutuhkan, maka anda bisa mempelajari kinerja kontennya dalam jangka waktu tertentu dan mengundang untuk mengajak kolaborasi.

serba serbi tiktok creator marketplace

Serba-serbi Tiktok Creator Marketplace

Apakah Anda kreator TikTok yang ingin memonetisasi konten Anda? Apakah Anda kesulitan menemukan merek atau bisnis untuk diajak bekerja sama? TikTok creator marketplace mungkin merupakan solusi yang Anda cari.

TikTok creator marketplace adalah platform yang menghubungkan kreator dengan merek dan bisnis yang mencari influencer untuk berkolaborasi.

Layanan ini menawarkan berbagai manfaat bagi kreator dan bisnis, termasuk peningkatan eksposur dan peluang pendapatan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas seluk beluk TikTok Creator Marketplace dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membawa konten TikTok Anda ke level selanjutnya.

cara kerja tiktok creator marketplace

1. Cara Bergabung di Tiktok Creator Marketplace

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk bergabung di Tiktok creator marketplace adalah mendaftarkan diri dan memilih apakah anda hendak menjadi kreator atau pencari kreator.

Kemudian isi berbagai data yang dibutuhkan secara lengkap, sehingga Tiktok akan membantu anda menemukan kreator yang diinginkan dan brand yang sesuai keinginan.

Bagi brand yang ingin membuat akun Tiktok creator marketplace, pastikan anda melengkapi profil dengan menambahkan foto berupa logo brand, nama usaha anda, alamat email, serta nomor telefon yang bisa dihubungi untuk memudahkan komunikasi dengan kreator.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan link ke akun social media yang anda miliki serta deskripsi singkat mengenai brand yang anda miliki guna memudahkan kreator dalam mengidentifikasi perusahaan anda sebelum diajak kolaborasi promosi.

Anda juga perlu melakukan verifikasi dengan melakukan klik pada link yang disematkan dan tunggu beberapa saat sampai Tiktok mengirimkan email khusus ke alamat yang anda miliki.

Apabila semua data sudah dimasukkan kemudian akun anda sudah selesai dibuat maka anda bisa masuk ke beranda untuk mencari tahu kreator lebih dalam berdasarkan lokasi, kategori, jumlah pengikut, jangkauan, dan penonton video.

Setelah semua data telah dilengkapi, maka anda bisa menelusuri kreator tiktok di beranda dan menemukan kreator yang sesuai dengan target audience dan menghubungi mereka untuk mengajak kerjasama.

Jika anda sudah menemukan kreator yang tepat, anda bisa mulai menghubunginya dengan mengirimkan pesan atau mengikuti mereka dan melakukan interaksi terlebih dahulu.

tips menggunakan tiktok creator marketplace

Tips Menggunakan Tiktok Creator Marketplace

Apakah Anda kreator TikTok yang ingin membawa konten Anda ke level berikutnya dan memonetisasi platform Anda?

Diluncurkan pada tahun 2019, TikTok Creator Marketplace adalah platform yang menghubungkan merek dengan kreator untuk berkolaborasi dalam konten bersponsor. Ini adalah peluang besar bagi para kreator untuk menunjukkan bakat mereka dan menghasilkan uang dengan melakukan apa yang mereka sukai.

Namun, seperti platform baru lainnya, platform ini bisa jadi sangat sulit untuk dijelajahi pada awalnya. Itulah mengapa kami telah menyusun daftar tips untuk menggunakan TikTok Creator Marketplace untuk membantu Anda memulai dan memaksimalkan potensi penghasilan Anda.

Baik Anda seorang kreator berpengalaman atau baru memulai, tips ini akan membantu Anda membawa konten Anda ke level berikutnya.

1. Tentukan Tujuan Promosi

Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan tiktok creator marketplace untuk mencari influencer yang sesuai adalah mengetahui tujuan promosi.

Apakah anda hendak melakukan kolaborasi promosi untuk mengajak konsumen membeli barang yang baru anda luncurkan? atau membawa mereka melakukan pembelian di website dan e-commerce yang anda miliki?

Tujuan ini nantinya akan membantu anda memilih influencer yang mempunyai konten yang relevan, sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh audience.

Tidak hanya itu, penetapan tujuan promosi akan membantu brand untuk membuat rencana naskah promosi yang nantinya akan disodorkan ke kreator dalam proses pembuatan konten.

Pastikan juga tujuan promosi tidak berubah dari awal hingga akhir, sehingga tidak membingungkan kreator yang akan membuat mereka mengulang proses pembuatan konten dari awal.

Di sisi lain, Tiktok creator marketplace juga meminta anda untuk mengisi campaign yang sesuai saat awal pendaftaran yang nantinya akan menghubungkan anda ke influencer yang sesuai.

2. Berikan Instruksi yang Jelas

Salah satu kesalahan yang biasanya dilakukan oleh sebuah brand saat melakukan kolaborasi dengan influencer adalah memberikan instruksi yang kurang jelas.

Misalnya saja, anda meminta kreator untuk membuat konten promosi bagi campaign tertentu, namun anda tidak menjelaskan properti tambahan yang harus dibuat atau kalimat yang harus ada pada postingan tersebut.

Sehingga saat konten tersebut sudah selesai dibuat dan diserahkan kembali, brand mungkin akan menemukan berbagai kesalahan yang akhirnya membuat kreator harus mengkreasikannya lagi dari awal.

Hal ini tentunya akan merugikan kreator karena membuang-buang waktu dan tenaga, sedangkan ada konten promosi lain yang harus dibuat.

Sedangkan di sisi brand sendiri, konten promosi akan diserahkan lebih lama, sehingga mungkin saja tanggal perilisan produk mundur.

Karenanya agar masalah tersebut tidak terjadi, maka ada baiknya untuk memberikan instruksi yang jelas ke konsumen.

Anda bisa memulainya dengan menuliskan ekspekstasi konten yang ingin di dapatkan, properti tambahan yang sebaiknya digunakan, warna yang harus muncul, seta jargon yang dipakai.

Instruksi yang jelas dan tidak ada perubahan akan membantu kreator membuat konten yang lebih baik dan selesai sebelum tenggat waktu, sehingga anda bisa mengeditnya kembali jika ada waktu dan diluncurkan pada waktu yang ditentukan sebelumnya.

Hal ini juga akan menyenangkan hati kreator agar mau diajak kerjasama kembali di waktu yang akan datang.

3.Siapkan Budget Promosi yang Mencukupi

Sebelum melakukan kolaborasi promosi dengan influencer, anda pastinya mengetahui bahwa kreator tersebut dibayar cukup mahal untuk setiap kontennya.

Hal ini dikarenakan kreator menyediakan waktu untuk mengembangkan ide kreatif dan membuat konten serta mengeditnya sebelum diserahkan ke brand untuk dievaluasi terlebih dahulu.

Di samping itu, Influencer yang mempunyai jumlah pengikut yang cukup banyak juga mempunyai pengaruh yang lebih besar dan mampu mendorong orang-orang untuk membeli produk yang dipromosikan.

Sehingga tidak mengherankan apabila semakin terkenal seorang influencer, maka harga yang diberikan akan semakin mahal.

Namun, anda tidak perlu khawatir, karena saat ini influencer mikro juga mempunyai dedikasi serta pengaruh yang besar juga, sebab ulasan yang disampaikan berasal dari pendapat pribadi, sehingga lebih dipercaya konsumen.

Di samping itu, biaya promosi influencer mikro juga lebih terjangkau dibandingkan influencer makro, sehingga cocok bagi brand yang tengah merintis, dan belum memiliki pengikut yang banyak.

Ada baiknya juga untuk mendiskusikan biaya promosi dengan kreator guna mengetahui rata-rata biaya dan konten yang diberikan serta melihat peluang untuk mendapatkan harga yang sesuai kantong dengan hasil terbaik.

Diskusi ini bisa anda lakukan di fitur message pada Tiktok creator marketplace, sehingga anda bisa terhubung langsung dengan influencer yang dipilih.

4.Berikan Testimoni dan Ulasan

Setelah melakukan kolaborasi promosi dengan influencer dan meluncurkan kontennya di akun Tiktok kreator atau brand, maka anda bisa melihat hasilnya melalui interaksi yang didapatkan serta naiknya jumlah pengikut dan penjualan.

Setelah beberapa saat peluncuran konten, maka anda bisa memberikan testimoni dan ulasan pada kreator tersebut mengenai hasil kolaborasi promosi tersebut.

Evaluasi ini nantinya akan membantu kreator dalam memahami kekurangan dan kelebihan konten promosi yang telah diluncurkan sebelumnya, sehingga bisa diperbaiki di kemudian hari.

Sedangkan dari sisi brand sendiri, hal ini akan menjadi penentuan apakah influencer tersebut akan digunakan kembali di kemudian hari, atau mencoba ke kreator lain yang memiliki performa yang lebih baik.

5. Bangun Hubungan dengan Influencer

Apabila kolaborasi promosi selesai dilakukan, bukan berarti anda memutus hubungan dengan influencer begitu saja, namun anda masih bisa membangun hubungan jangka lama dengan kreator tersebut.

Anda bisa memulainya dengan tetap mengikuti kreator tersebut di akun tiktok miliknya atau mengomentari konten yang diluncurkan apabila berkaitan dengan industri yang dijalani.

Interaksi ini akan membuat pengikut influencer tersebut menilai bahwa kreator menyukai brand dan produk anda, sehingga tertarik untuk mencobanya atau membelinya terus menerus.

Tidak hanya itu, saat ada perayaan khusus seperti ulang tahun atau hari besar tertentu, maka anda bisa mengiriminya paket produk yang dimiliki dengan kemasan yang menarik, sehingga terlihat cantik.

Cara ini juga bisa menjadi promosi terselubung saat kreator mengunggah kado anda ke social media dan membuat konsumen tertarik membelinya.

6. Tentukan Jenis Konten Promosi

Meskipun biasanya konten promosi hanya berupa kreator memasarkan sebuah produk dengan narasi tertentu di sebuah video, namun anda juga bisa meminta mereka mengkreasikannya ke dalam sebuah video pemasaran yang menarik.

Hal ini akan membantu meningkatkan rasa penasaran konsumen sekaligus menaikkan interaksi di video promosi yang anda minta.

Meskipun harga promosi nantinya akan lebih mahal dibandingkan konten lainnya, namun hal ini tidak akan menjadi masalah apabila dapat menarik perhatian target audience.

Misalnya saja, anda meminta kreator untuk membuat konten promosi dengan cerita yang berkaitan dengan masalah konsumen, sehingga lebih mudah dipahami dan membuat konsumen penasaran pada produk yang dipromosikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa meminta kreator untuk mengulas produk anda secara rinci, sehingga konsumen dapat mengetahui kelebihan atau kekurangan barang anda sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh kreator tiktok, misalnya saja IbuHajat123 yang biasanya mengkombinasikan konten promosi produk dengan berbagai cerita yang berkaitan dengan masalah konsumen.

Contoh konten promosi yang mengulas produk namun dengan tambahan cerita juga bisa ditemukan di akun tiktok Natasha Surya yang memberikan testimoni pada sebuah produk sembari menambahkan cerita yang berkaitan.

Anda juga bisa memadukan konten promosi sembari mengadakan sayembara tertentu, misalnya giveaway dengan syarat tertentu, sehingga membantu menaikkan jumlah pengikut anda lebih cepat.

7.Kenali Brand yang Akan Mengajak Kerjasama

Seorang kreator yang memiliki konten yang menarik serta sering masuk ke beranda for your page, biasanya memiliki peluang besar untuk diajak kolaborasi dengan brand tertentu.

Tawaran tersebut tentunya menarik untuk diambil guna membuka peluang mendapatkan uang tambahan dari Tiktok.

Akan tetapi kreator juga perlu menimbang, apakah produk tersebut memiliki industri yang sama dengan anda, sehingga pengikut anda akan berniat membelinya saat anda mempromosikannya.

Di sisi lain, anda juga perlu mengetahui produk yang dijual serta ciri khas dari brand tersebut, sehingga anda dapat menyajikan konten yang sesuai dengan tampilan merk yang mengajak kerjasama,

Proses pencarian informasi ini bisa dicari dengan mencari langsung di website atau social media brand tersebut atau meminta profil perusahaan ke brand yang mengajak anda kerjasama.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like