Belanja di social media kini semakin mudah dengan keberadaan tiktok live shopping yang menguntungkan.
Tiktok biasanya digunakan sebagai tempat untuk mencari hiburan atau edukasi baru dari berbagai konten video pendek yang disediakan.
Namun, seiring dengan jumlah pengguna yang semakin banyak, akhirnya mulai banyak brand yang berdatangan untuk membuat akun brand dengan harapan mendapatkan pembeli dari Tiktok.
Melihat potensi pengguna yang besar dan tentunya membutuhkan barang yang disediakan di Tiktok, maka platform ini meluncurkan fitur tiktok shopping.
Melalui layanan ini, pembel dapat membeli barang secara langsung melalui etalase toko yang dipajang di halaman profil atau melalui tiktok live shopping yang sedang berlangsung.
Menariknya lagi, tiktok live shopping tidak hanya digunakan oleh akun brand saja, namun banyak penjual yang memasarkan dagangannya melalui siaran langsung untuk menjangkau target pembeli yang lebih luas.
Karenanya agar proses promosi melalui tiktok live shopping semakin lancar, berikut penjelasan singkat mengenai layanan ini dan cara memaksimalkan berbagai fitur yang diberikan.
Keberadaan tiktok live shopping telah mengubah kebiasaan banyak orang, dimana yang awalnya hanya menonton berbagai video yang menarik, namun anda juga bisa melihat berbagai tampilan barang dari berbagai brand kesukaan.
Adanya tiktok live shopping ini tentunya disyukuri oleh pemilik brand atau pedagang kecil untuk memasarkan barang yang dimiliki untuk menjangkau target pembeli yang lebih banyak.
Layanan tiktok live shopping merupakan layanan jual beli dimana pembel bisa melihat barangnya terlebih dahulu melalui handphone yang ada di tangan dan melakukan pembelian saat itu juga.
Dengan adanya tiktok live shopping, anda tidak perlu meninggalkan aplikasi ini untuk melakukan pembelian saat melihat barang yang disukai, sehingga lebih menghemat waktu.
Pembel juga bisa bertanya secara langsung apabila mulai tertarik dengan sebuah barang, namun ingin mengetahui detail lebih lengkapnya sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.
Sedangkan bagi penjual, anda bisa memasarkan barang yang dimiliki secara langsung di hadapan penonton sembari menautkan harga dan tampilan barang untuk membuat penonton tertarik membelinya.
Uniknya lagi, siaran tiktok live shopping biasanya muncul tiba-tiba saat anda sedang melihat konten tiktok lain, sehingga menjadi jeda sejenak sebelum akhirnya melihat video tiktok berikutnya.
Rekomendasi tiktok live shopping yang muncul pada perpindahan video, tentunya menguntungkan penjual yang belum mempunyai banyak pengikut, namun ingin menjangkau target pembeli yang lebih banyak.
Singkatnya, tiktok live shopping mempunyai kesamaan dengan home shopping yang biasa dilihat di televisi, namun kini berpindah ke social media.
Pernahkah Anda mendengar tentang TikTok Live Shopping? Ini adalah tren terbaru dalam belanja online, dan ini menggemparkan dunia e-commerce. Namun, apa sebenarnya itu, dan apa keuntungan menggunakannya?
TikTok adalah platform media sosial populer yang telah mendapatkan popularitas luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.
Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok telah menjadi pusat hiburan dan kreativitas.
Namun, TikTok juga telah menjadi platform bagi bisnis untuk memasarkan barang dan layanan mereka. Dan dengan diperkenalkannya TikTok Live Shopping, bisnis sekarang mempunyai cara baru untuk terhubung dengan pelanggan.
Jika Anda adalah pemilik bisnis yang ingin memperluas jangkauan Anda, TikTok Live Shopping adalah alat yang harus Anda pertimbangkan.
Tidak hanya menawarkan pengalaman berbelanja yang unik bagi pelanggan, tetapi juga memberikan beberapa manfaat bagi bisnis.
Pada artikel ini, kami akan membahas keuntungan menggunakan TikTok Live Shopping dan mengapa TikTok Live Shopping menjadi pilihan populer untuk bisnis dari semua ukuran. TikTok Live Shopping offers a unique and engaging way for businesses to connect with their audience in real time, allowing them to showcase products and interact with viewers directly. This not only helps to build brand awareness and customer loyalty, but also provides a convenient platform for driving sales and promoting new products. In fact, many businesses have seen significant success through TikTok Live Shopping, with some even sharing their shopee live shopping tips to help others make the most out of this feature.
Seperti yang telah diketahui banyak orang, algoritma tiktok bekerja dengan menyampaikan konten ke pengguna yang memiliki minat pada topik tertentu, sehingga penonton hanya akan melihat jenis video yang mereka sukai.
Hal ini juga berlaku pada tiktok live shopping, dimana tayangan siaran langsung anda akan disampaikan ke penonton yang tertarik pada barang yang anda miliki, dilihat dari kegiatan mereka saat menyukai video tersebut.
Cara kerja inilah yang akan menguntungkan bagi pemilih usaha, karena akun tiktok brand anda akan menjangkau audience yang lebih luas dan tentunya menyukai barang yang anda promosikan.
Melakukan tiktok live shopping secara rutin juga akan memberikan keuntungan lain bagi penjual, salah satunya adalah meningkatkan jumlah penonton dan pengikut secara berkala.
Hal ini dikarenakan pengguna tiktok melihat siaran anda secara terus menerus, sehingga mereka tertarik untuk bergabung pada siaran langsung tersebut, dan lama kelamaan menjadi pengikut dari akun anda.
Kenaikan jumlah penonton dan pengikut ini tentunya akan menguntungkan bagi akun tiktok brand anda, karena dapat membantu meningkatkan kinerja akun anda secara efektif.
Sehingga tidak mengherankan apabila banyak akun tiktok brand yang melakukan siaran langsung secara terus menerus dalam waktu lama untuk meningkatkan jumlah pengikut.
Pada saat mengunggah konten promosi di tiktok, penonton biasanya hanya dapat melakukan interaksi melalui balasan kolom komentar atau memberikan pertanyaan di fitur pesan langsung.
Interaksi ini tentunya tidak efektif karena penonton akan menunggu lama untuk mendapatkan jawaban, sehingga mereka akan beralih ke brand lain yang menjawab pertanyaan secara cepat.
Hal ini berbeda saat anda melakukan tiktok live shopping untuk memasarkan barang yang dimiliki, dimana penonton yang bergabung pada siaran langsung tersebut bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan mengenai barang yang dimiliki saat itu juga.
Hasilnya, penonton yang mendapatkan respon cepat bisa membeli barang tersebut saat itu juga karena sudah tertarik sebelumnya.
Tiktok live shopping yang dilakukan secara rutin juga akan membantu meningkatkan penjualan karena pengguna tiktok akan terus melihat video anda dan akhirnya tertarik untuk mencoba membelinya.
Apalagi jika diiringi dengan menunjukkan barang dengan gaya yang unik dan melakukan komunikasi dua arah yang akan membuat penonton tertarik untuk membelinya sebab melihat proses pembuatan secara langsung.
Di sisi lain, Tiktok live shopping juga cocok digunakan oleh brand yang mengincar kalangan anak muda, mengingat social media ini dikuasai oleh anak muda, sehingga apabila anda memiliki barang yang relevan dengan kebutuhan mereka, maka akan membuka peluang untuk menaikkan potensi penjualan secara signifikan.
Pernahkah Anda mendengar tentang TikTok Live Shopping? Ini adalah fitur terbaru yang ditambahkan ke aplikasi media sosial populer, TikTok. Tapi apa sebenarnya fitur itu, dan bagaimana cara kerjanya?
Aplikasi ini dikenal dengan video berdurasi pendek yang menampilkan segala sesuatu, mulai dari tren tarian hingga tutorial memasak.
Sekarang, TikTok telah menambahkan fitur baru yang disebut Tiktok Live Shopping, yang memungkinkan pengguna untuk membeli secara langsung melalui aplikasi sambil menonton siaran langsung.
TikTok Live Shopping adalah pengubah permainan bagi pembuat konten dan pembeli. Ini memberikan cara baru bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan potensial dan bagi pengguna untuk menemukan dan membeli barang yang mereka sukai.
Dalam artikel ini, kita akan membahas detail TikTok Live Shopping, cara kerjanya, dan bagaimana TikTok mengubah lanskap e-commerce.
Saat menyaksikan tiktok live shopping dari brand kesukaan, anda akan melihat berbagai barang yang dimasukkan ke dalam ikon keranjang kuning.
Dimana saat anda melakukan klik pada ikon tersebut, anda akan melihat berbagai barang yang ditawarkan oleh penjual tersebut.
Melalui ikon ini, pembeli bisa langsung melakukan pembelian atau meminta penjual untuk mengulas secara sekilas mengenai barang tersebut untuk meyakinkan pembeli.
Nah, agar penonton lain tidak kebingungan mengenai barang yang sedang dibahas, maka penjual bisa menyematkan barang dengan cara mudah.
Pertama adalah melakukan siaran langsung terlebih dahulu dengan masuk ke fitur youtube studio kemudian klik Go Live.
Kedua adalah menambahkan kategori yang sesuai dengan barang yang dijual kemudian sematkan dari toko ke layar siaran langsung, anda juga melakukan klik pada ikon “tambah dari toko” agar barang tampil di depan layar pembeli.
Bagian paling penting dalam melakukan tiktok live shopping adalah memastikan bahwa semua barang jualan anda telah masuk ke katalog.
Sehingga penonton yang tertarik untuk membeli bisa melakukan pembelian secara langsung tanpa perlu masuk ke halaman profil tiktok.
Caranya pun mudah, anda tinggal masuk ke aplikasi tiktok kemudian klik pada ikon ( + ) yang berada di tengah-tengah layar.
Kemudian anda klik pada ikon tiktok live dan beralih ke ikon produk untuk menambahkan barang yang akan dijual selama siaran langsung.
Apabila sudah muncul notifikasi berupa belanja Live, maka klik Tambah dari toko dan masukkan barang yang akan dipromosikan di tikok live shopping.
Saat penambahan barang sudah selesai, klik ikon back sebanyak dua kali dan klik menu promosi apabila anda hendak memasarkan barang.
Anda juga perlu mengubah judul pada fitur tambah judul di bagian pojok kiri atas dan isi sesuai dengan barang yang anda jual.
Jika sudah selesai, klik pada topik yang sesuai dengan barang yang akan dijual atau pilih topik obrolan sebelum melakukan siaran langsung.
Salah satu keuntungan dalam melakukan tiktok live shopping adalah penonton bisa melakukan interaksi langsung dengan penjual untuk menanyakan kesediaan atau kondisi barang sebelum melakukan pembelian.
Pada beberapa tiktok live shopping tertentu, penonton juga bisa melakukan konsultasi mengenai barang yang sesuai dengan masalah yang dihadapi, biasnaya hal ini berlaku saat penjual menawarkan produk kecantikan dimana pembeli ingin mencari barang yang sesuai dengan masalahnya.
Interaksi tersebut bisa dimulai dan muncul melalui fitur live chat dimana penonton bisa mengetikkan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan barang tersebut untuk meyakinkan pembeli sebelum melakukan proses pembelian.
Sedangkan penjual bisa melihat pertanyaan pembeli, sehingga bisa langsung menjawab pertanyaan yang diajukan atau mengajukan barang yang sesuai dengan masalah yang dihadapi.
Apabila kreator menemukan pertanyaan yang sekiranya kurang pantas, maka moderator bisa melakukan pendiaman beberapa kata tertentu atau mengeluarkan penonton dari tiktok live shopping agar tidak mengganggu jalannya siaran langsung.
Kreator tidak hanya bisa memasarkan barang melalui tiktok live shopping, namun anda juga bisa mempromosikannya melalui konten tiktok yang diunggah setiap hari.
Strategi ini tentunya akan menguntungkan penjual apalagi jika video anda sering masuk ke halaman for your page, sehingga membuka peluang untuk meningkatkan penjualan dari siaran langsung yang dilakukan.
Cara menambahkan tautan barang pada video juga sangat mudah, pertama adalah pastikan anda sudah memasukkan berbagai barang jualan di etalase toko.
Kemudian anda bisa memilih konten yang relevan dengan barang yang akan dipromosikan di Tiktok, lakukan optimasi pada video anda dengan melakukan pengeditan dan menambahkan iringan lagu yang sesuai.
Pada halaman posting video, anda juga perlu menambahkan caption yang menjelaskan isi video serta tagar yang dapat memperluas jangkauan video, kemudian klik menu “tambah tautan”.
Anda bisa memilih barang yang hendak dipromosikan dan menambahkannya dan isi dengan nama barang yang sesuai dan tambahkan jika sudah selesai.
Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengunggah video dengan melakukan klik pada ikon posting agar video anda bisa ditonton oleh pengguna tiktok lainnya.
Pemberian potongan harga serta bebas biaya pengiriman menjadi salah satu hal yang diincar oleh banyak konsumen saat melakukan pembelian di berbagai marketplace.
Hal ini dikarenakan dapat membantu biaya menjadi lebih murah sehingga tidak melebihi pada budget yang dimilki.
Kebiasaan ini yang membuat banyak penjual berbondong-bondong melakukan potongan harga untuk memikat minat penonton, apalagi pada barang yang baru saja dirilis di pasaran.
Penjual bisa mengatur potongan harga dengan mengakses Tiktok Shop Seller Center, kemudian di menu bagian kiri pilih promotions kemudian promotional tools.
Di tempat ini, anda dapat menemukan berbagai layanan untuk mengubah harga menjadi lebih murah dibandingkan tempat lain.
Kemudian, anda bisa memilih jenis potongan harga yang sesuai keinginan, mulai dari diskon, flash deal, gratis biaya pengiriman, serta voucher.
Klik pada ikon create untuk membuat promosi berupa perubahan harga, kemudian anda akan dibawa ke halaman khusus untuk membuat promosi diskon baru dan mengisi beberapa informasi yang relevan.
Masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti nama promosi, barang yang akan dijual murah, serta durasi promosi yang bisa diatur sesuai keinginan.
Berikan juga persentasi diskon serta minimal pembelian sebelum memasukkan data, jika semua sudah selesai dilakukan maka anda telah berhasil memasang harga diskon di toko anda.
TikTok telah menjadi platform media sosial yang populer untuk hiburan, tetapi tahukah Anda bahwa TikTok juga merupakan pasar yang berkembang pesat?
TikTok Live Shopping telah menggemparkan dunia e-commerce, memungkinkan pengguna untuk menjual dan membeli secara real-time melalui video langsung.
Namun, apa sebenarnya TikTok Live Shopping itu dan bagaimana hal ini bisa menguntungkan penjual dan pembeli?
Pada artikel ini, kami akan membahas seluk beluk TikTok Live Shopping, fitur-fiturnya, dan bagaimana TikTok Live Shopping telah merevolusi cara kita berbelanja online.
Kami juga akan membahas keuntungan dan kerugian menggunakan platform ini dan memberi Anda tips tentang cara berpartisipasi dalam tren yang menarik ini.
Jadi, apakah Anda seorang penjual yang ingin mengembangkan bisnis atau pembeli yang mencari barang unik, baca terus untuk mengetahui serba-serbi TikTok Live Shopping.
Sebelum memulai tiktok live shopping, penjual harus memiliki akun tiktok shop yang memudahkan pembeli untuk membeli produk di siaran langsung serta membantu penjual untuk memasukkan produk ke dalam etalase toko.
Dalam proses membuat akun tiktok shop, anda perlu mengubah akun anda ke mode bisnis, kemudian menyiapkan beberapa dokumen dan data yang dibutuhkan, misalnya kartu pengenal, nomor rekening, serta alamat yang membantu konsumen untuk menentukan lokasi toko.
Penjual juga perlu mendaftarkan diri melalui website Tiktok Seller Center dan mengikuti berbagai arahan yang diminta.
Halaman ini juga membantu kreator untuk memasukkan berbagai barang jualan kemudian mengatur potongan harga dan biaya pengiriman.
Apabila akun anda sudah diterima oleh Tiktok, maka anda bisa melakukan siaran langsung dengan melakukan klik pada ikon tambah kemudian pilih fitur live dan tambahkan beberapa produk yang ingin dipromosikan.
Kemudian setelah tiktok live shopping telah mengudara, penonton bisa menonton siaran langsung anda, sembari melihat berbagai produk yang ditawarkan.
Layanan siaran langsung sendiri tidak bisa dilakukan oleh semua orang, namun ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh pengguna Tiktok.
Misalnya saja memiliki 10.000 pengikut serta sudah memasuki usia legal, kemudian Tiktok akan memberikan fasilitas tersebut ke akun tiktok anda.
Meskipun begitu, jika anda sudah memasuki kriteria tersebut namun belum mendapatkan fasilitas tersebut, maka anda bisa mengajukan protes kepada tiktok untuk memberikan fitur tersebut.
Tidak hanya itu, anda juga perlu mengubah akun anda ke mode bisnis dan memiliki akun tiktok shop, sehingga akan membantu anda untuk memasukkan berbagai produk yang akan dipromosikan.
Anda juga bisa menentukan apakah anda seorang kreator affiliate atau penjual biasa, karena masing-masing kategori memiliki kriteria yang berbeda.
Saat melakukan kolaborasi promosi dengan influencer, anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik.
Salah satunya adalah meminta mereka untuk melakukan siaran langsung guna memasarkan produk anda, sembari menunjukkan cara penggunaannya di hadapan penonton.
Agar promosi semakin maksimal dan mendapatkan lebih banyak penonton, anda bisa memasukan pengingat untuk menjadwalkan tiktok live shopping.
Hal ini akan membantu penonton mengingat waktu siaran langsung, sehingga tidak ketinggalan acara yang telah dinantkan.
Caranya pun mudah, anda tinggal masuk ke aplikasi tiktok kemudian masuk ke ikon kalender di halaman pengaturan, maka mulai buat sebuah event dan berikan deskripsi yang lengkap mengenai acara yang akan diadakan.
Setelah memasukkan berbagai informasi yang dibutuhkan maka klik ikon slesai dan Tiktok akan mengulas acara anda sebelum akhirnya diluncurkan di akun anda.
Sudah bisa melakukan tiktok live shopping namun jumlah penonton anda masih sepi? maka anda perlu melakukan beberapa optimasi agar siaran langsung anda mengarah ke target penonton yang tepat dan membantu peningkatan penjualan.
Anda bisa memulainya dengan melakukan optimasi pada informasi tiktok live shopping, cara ini nantinya akan membantu tiktok memasukkan siaran anda ke penonton yang tepat.
Kemudian buat acara tiktok live shopping yang seru, alih-alih memberikan penjelasan panjang lebar mengenai produk yang dimiliki sehingga terkesan membosankan, anda bisa melakukan praktik langsung penggunaan barang di depan kamera sehingga dapat memikat penonton.
Adakan juga pemberian potongan harga dan gratis biaya pengiriman untuk memikat penonton yang hanya menonton untuk membelinya saat itu juga.
1. Optimasi pada informasi tiktok live shopping
2. Buat acara tiktok live shopping yang seru
3. Pemberian potongan harga dan gratis biaya pengiriman
4. Kolaborasi promosi dengan influencer
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.