Tinggal di daerah yang jauh dari pusat perkotaan menjadikan banyak orang kesulitan untuk menikmati makanan kekinian yang tengah naik daun di perkotaan.
Meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir, karena kini sudah mulai banyak bisnis jasa titip makanan yang siap sedia membelikan anda berbagai jenis makanan kekinian di daerah perkotaan tentunya dengan biaya jasa tertentu.
Hal ini tentunya menguntungkan bagi pemilik jasa titip makanan karena mereka mendapatkan penghasilan dari konsumen yang menginginkan jenis makanan tertentu namun terhalang jarak yang jauh di luar kota.
Sehingga jika anda tertarik dengan jenis usaha yang tahan lama dan dibutuhkan oleh banyak orang ini, berikut beberapa strategi untuk memulai bisnis jasa titip makanan yang menguntungkan.
Baca Juga : 16 Rekomendasi Usaha yang Menguntungkan di Desa
Kemudahan mengakses internet di handphone menjadikan promosi produk menjadi lebih mudah, salah satunya adalah berbagai produk makanan kekinian yang semakin mudah ditemukan di sosial media.
Hal ini tentunya membuat pengguna sosial media merasa penasaran mengenai jenis makanan tertentu dan ingin mencobanya saat itu juga, sayangnya jarak yang jauh menjadikan banyak orang terhalang untuk menyicipi makanan kesukaannya.
Meskipun begitu, ini bukan menjadi penghalang malah menjadi peluang untuk membuka bisnis jasa titip makanan untuk membeli makanan kesukaan konsumen di daerah tertentu.
Bisnis jasa titip makanan juga memiliki peluang yang bagus karena kompetitor yang masih sedikit serta memberikan keuntungan yang menggiurkan bagi pemiliknya.
Keuntungan pertama dari membuka bisnis jasa titip makanan adalah anda bisa memulainya dengan modal minim, sebab anda bisa menggunakan kendaraan yang dimiliki dan membeli tas yang dapat menampung pasanan konsumen, sehingga lebih menghemat pengeluaran.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memulai usaha ini melalui modal dari konsumen, dimana anda membuka pesanan terlebih dahulu sembari menunggu pembeli melakukan pembayaran awal sebelum anda melakukan pembelian produk tertentu di luar kota.
Hal ini tentunya menguntungkan bagi anda yang ingin membuka usaha tertentu namun tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha.
Salah satu ketakutan yang dihadapi oleh seseorang saat hendak memulai usaha adalah mengenai risiko usaha yang dihadapi, namun ini tidak akan terjadi saat membuka bisnis jasa titip makanan karena mereka memiliki risiki usaha yang minim.
Pertama, anda memiliki risiko kehilangan modal yang dikit, sebab modal usaha anda berasal dari pembeli yang memesan produk tertentu, sehingga anda hanya perlu menjaga dan memastikan makanan anda sampai di tangan konsumen dengan baik tanpa adanya kerusakan.
Tidak hanya itu, anda juga perlu memastikan produk makanan yang dibeli memiliki harga yang sesuai, sehingga anda tidak perlu membayar kekurangan pembelian konsumen terlebih dahulu.
Anda juga tidak perlu menyetok produk terlebih dahulu, sebab anda hanya perlu memeriksa ketersediaan barang ke toko terlebih dahulu, baru membelinya, dimana kegiatan ini akan membantu mengurangi resiko menimbun barang terlalu banyak yang berujung pada kerusakan apabila dibiarkan dalam waktu lama.
Pemilik usaha juga dapat mengecek kualitas produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian, sehingga anda dapat memastikan bahwa barang yang dibeli tidak mengecewakan konsumen saat mencobanya.
Sebagai seorang pemilik usaha, anda tentunya menginginkan keuntungan yang menggiurkan dan bisa dikelola dalam jangka waktu panjang.
Untungnya merintis bisnis jasa titip makanan menyediakan keuntungan yang menjajikan dalam waktu lama, mengingat konsumen menginginkan berbagai jenis makanan kekinian secara terus menerus, sehingga anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu lama.
Tidak hanya itu, meskipun biaya jasa titip makanan cukup kecil, namun anda dapat memperhitungkannya sesuai dengan jumlah item yang dibeli konsumen, sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Meskipun bisnis jasa titip makanan memiliki keuntungan yang menggiurkan, namun bukan berarti anda bisa membuka usaha ini begitu saja, namun anda juga perlu memastikan untuk mengenali target konsumen untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan.
Anda bisa menganalisa apakah daerah di rumah anda terdiri dari orang-orang yang menyukai makanan kekinian yang hanya bisa didapatkan di perkotaan atau daerah tertentu.
Minat yang tinggi terhadap makanan kekinian tentunya akan membuka peluang bagi bisnis jasa titip makanan untuk membuka usaha tersebut di daerah tujuan.
Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan jenis makanan yang mereka sukai, apakah target konsumen menyukai jenis makanan kekinian yang tersedia di perkotaan, produk makanan di supermarket besar, atau oleh-oleh daerah tertentu.
Dengan mengetahui permintaan konsumen tentunya akan membantu anda untuk menghitung biaya jasa yang dibutuhkan, biaya transportasi, serta berbagai peralatan yang dibutuhkan saat hendak membuka usaha jasa titip makanan ini.
Melakukan analisa target konsumen secara matang juga akan membantu anda memperhitungkan daya beli pembeli, apakah mereka berminat untuk membeli makanan kekinian dengan harga terjangkau atau produk supermarket dengan harga yang lebih mahal?
Pertimbangan ini akan membantu anda untuk memperhitungkan biaya jasa titip makanan yang hendak dibebankan konsumen nantinya.
Anda juga mungkin akan memberikan biaya yang berbeda pada produk yang dipilih konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal serta memenuhi modal yang telah dikeluarkan sebelumnya.
Salah satu modal dari membuka bisnis jasa titip makanan adalah melalui biaya uang muka dari konsumen yang hendak memesan makanan dari usaha anda.
Sehingga penting bagi anda untuk memperhitungkan biaya jasa untuk masing-masing konsumen agar mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
Misalnya saja, anda bisa meminta konsumen untuk memberikan uang muka setengah harga dari jumlah makanan yang dibeli, sehingga anda tidak merasa rugi apabila konsumen tidak jadi membeli makanan yang diberikan.
Biaya ini juga akan membuat anda bertanggungjawab selama proses pembelian dan pengantaran produk ke konsumen guna memastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang maksimal dan tidak membuat anda kehilangan modal.
Selain itu, anda juga bisa memperhitungkan biaya jasa titip makanan berdasarkan ukuran barang yang dipesan oleh konsumen, misalnya saja produk makanan dalam ukuran kecil bisa anda bebankan biaya jasa dengan kisaran 2.000-5.000 per produk sehingga tidak memberatkan konsumen.
Sedangkan untuk produk makanan dengan jumlah yang besar dalam jumlah banyak, maka anda bisa membebankan biaya jasa yang lebih mahal, mengingat resiko yang perlu anda tanggung selama proses pengiriman produk.
Guna mengurangi resiko produk tidak diterima oleh konsumen padahal barang yang dipesan dalam kondisi baik, maka anda bisa meminta biaya kompensasi dengan jumlah tertentu, sehingga anda dapat mengurangi kerugian yang didapatkan.
Guna menjaring minat konsumen di awal promosi, penting bagi anda untuk memilih jenis makanan yang hendak ditawarkan ke pembeli. Hal ini akan membantu konsumen memiliki pandangan mengenai jenis makanan yang hendak mereka pesan.
Anda bisa memulainya dengan mencari makanan kekinian yang tengah naik daun di sosial media, sehingga anda bisa mendapatkan pandangan mengenai jenis makanan yang hendak ditawarkan ke konsumen.
Setelah membuat daftar makanan yang hendak ditawarkan ke konsumen, buatlah rerata biaya jasa makanan berdasarkan daya beli konsumen, sehingga produk anda menarik perhatian konsumen karena biaya jasa yang tidak terlalu mahal.
Selain memilih jenis makanan berdasarkan kepopuleran di sosial media, anda juga dapat menawarkan makanan berdasarkan permintaan konsumen, misalnya saja konsumen ingin membeli jenis makanan tertentu di supermarket, maka anda bisa membelinya sembari mengambil pesanan dari pembeli lainnya.
Memiliki variasi yang beragam di bisnis jasa titip makanan tentunya akan menguntungkan bagi anda untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dibandingkan hanya membatasi di beberapa jenis produk saja.
Perbarui juga informasi anda mengenai jenis makanan populer yang tengah naik daun di sosial media, sehingga anda dapat menawarkannya ke konsumen agar mereka melakukan pembelian produk.
Informasi ini juga akan membantu anda apabila terdapat promosi produk tertentu, sehingga anda bisa menawarkan ke konsumen untuk mendapatkan tawaran yang menggiurkan.
Salah satu risiko yang dihadapi saat membuka bisnis jasa titip makanan adalah ketahanan makanan yang tidak tahan lama, sehingga penting bagi anda untuk membuka pesanan dalam jangka waktu tertentu untuk mengurangi risiko tersebut.
Anda bisa membuka pesanan satu hari sebelum pembelian, sehingga anda dapat menjaring jumlah konsumen yang lebih banyak, serta membuat anda memperhitungkan jumlah produk yang hendak dibeli.
Buatlah waktu pesanan secara rutin, sehingga konsumen bisa mengetahui jadwal pemesanan anda dan membuka peluang untuk melakukan negosiasi saat hendak memesan produk dalam jumlah banyak.
Cara ini juga akan membantu anda untuk melakukan pemesanan ke penjual saat hendak memesan dalam jumlah banyak, sehingga anda akan mendapatkan keutamaan pelayanan dibandingkan konsumen lain yang hanya membeli dalam jumlah sedikit.
Mengatur waktu pemesanan juga akan menguntungkan anda apabila membuka pesanan untuk oleh-oleh daerah tertentu atau makanan kekinian dari kota lain yang tentunya membutuhkan waktu pengirman yang lebih lama.
Memiliki jumlah konsumen yang cukup banyak dengan berbagai karakteristik yang berbeda tentunya membuat anda harus memiliki aturan pemesanan yang ketat sehingga anda tidak merasa kerepotan serta mengurangi risiko yang muncul.
Salah satu aturan pemesanan yang bisa anda lakukan adalah dengan menentukan waktu pemesanan, sehingga anda bisa menentukan jumlah yang hendak anda pesan di esok hari serta tidak terjadi penumpukan mendadak yang mengharuskan anda melakukan penataan ulang.
Hal ini nantinya juga akan menguntungkan bagi anda yang telah melakukan pemesanan ke penjual tertentu, sehingga tidak terjadi miskomunikasi di kemudian hari.
Kedua adalah menentukan jumlah yang bisa dipesan konsumen, cara ini bisa dilakukan apabila anda belum memiliki kendaraan pribadi yang dapat membawa banyak barang, sehingga anda harus mengatur pengiriman secara matang.
Cara ini juga akan membantu anda untuk memesan jenis kendaraan atau jasa pengiriman tertentu apabila konsumen memesan dalam jumlah banyak sehingga tidak memungkinkan bagi anda untuk menggunakan kendaraan pribadi.
Berikan juga jangka waktu yang dipatuhi oleh konsumen saat hendak melakukan pembayaran, sebab anda juga perlu modal tertentu saat hendak membeli produk yang diinginkan konsumen.
Pengaturan yang ketat mengenai biaya kompensasii juga akan membantu anda mengurangi resiko apabila konsumen tidak jadi membeli barang anda padahal produk yang diinginkan sudah dipesan sehingga anda mengurangi resiko kerugian.
Seorang pembeli tentunya menginginkan produk yang dipesan tiba dalam waktu yang cepat, sehingga mereka bisa menikmatinya saat itu juga.
Sehingga penting bagi penjual untuk mengatur waktu pemesanan agar tidak terlalu terlambat agar konsumen bisa menikmatinya saat itu juga.
Anda bisa memulainya dengan memilih waktu pengiriman yang tidak terlalu lambat, misalnya di jam 12 siang serta jam 4 sore, dimana waktu tersebut tepat untuk menikmati makan siang atau sekedar menikmati cemilan di sore hari.
Pemilihan waktu yang tepat ini juga akan menguntungkan anda untuk memesan beberapa pesanan konsumen dalam waktu cepat sehingga tidak membuang waktu terlalu lama di jalan.
Namun, apabila anda memesan produk makanan dari luar daerah, berikan kepastian mengenai kapan barang akan dikirim dari supplier sebelum diantar ke konsumen.
Dimana kepastian ini akan membantu konsumen untuk mengatur ekspektasi kapan makanan yang dipesan datang tepat waktu, sehingga mereka tidak berharap terlalu lama dan menikmatinya di waktu yang tepat.
Salah satu cara yang bisa dilakukan agar usaha anda bisa berjalan lama adalah mempromosikan bisnis secara terus menerus ke berbagai saluran pemasaran.
Selain itu, dibutuhkan strategi yang tepat agar usaha anda dikenal banyak orang dan direkomendasikan ke orang lain yang membutuhkan jasa anda.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis jasa titip makanan yang menguntungkan dalam jangka waktu lama.
Lanngkah pertama yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis jasa titip makanan adalah memoto foto produk dengan baik.
Anda bisa memulainya dengan mengunjungi stand makanan, restauran, atau tempat makan yang hendak anda tuju dan memotret makanan yang mereka jual serta harga yang ditawarkan.
Edit foto yang telah anda ambil menggunakan aplikasi edit foto sehingga terlihat lebih memanjakan mata dan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang anda promosikan.
Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah mengambil foto makanan tersebut dari sosial media brand makanan tertentu sehingga mendapatkan hasil foto yang lebih jelas dan menghemat waktu karena anda tidak perlu berkunjung ke restoran tertentu untuk memoto produk.
Sosial media telah menjadi lahan yang tepat untuk melakukan promosi sebab mereka memiliki jangkauan target audience yang luas dengan jumlah pengguna yang banyak.
Meskipun begitu, dengan banyaknya sosial media yang beredar saat ini, penting bagi anda untuk memilih dan memilah tempat yang cocok untuk mempromosikan bisnis yang anda miliki.
Instagram, Facebook, dan Whatsapp bisa menjadi tempat yang bagus untuk mempromosikan bisnis jasa titip makanan lokal karena jaringannya yang luas dan mudah digunakan.
Pada promosi di Instagram, anda bisa membuat akun bisnis khusus untuk usaha anda, sehingga memudahkan untuk promosi produk dengan berbagai fitur yang dimiliki.
Misalnya saja, anda bisa menggunakan fitur bio profil yang memudahkan konsumen untuk mengenal nama bisnis anda dan menjadi jalan utama bagi mereka untuk melakukan pemesanan produk melalui pesan langsung atau terhubung ke nomor pemesanan.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan berbagai konten foto dan video yang membantu untuk menampilkan jasa yang anda tawarkan ke konsumen, sehingga pembeli bisa menentukan jenis produk yang mereka inginkan.
Anda juga bisa memanfaatkan platform Facebook untuk mempromosikan bisnis jasa titip makanan dengan bergabung ke grup daerah tertentu atau grup jual beli makanan di area tertentu, sehingga konsumen yang memiliki minat yang sama bisa memesan ke tempat anda.
Apabila anda memiliki nomor telepon yang aktif dan cukup banyak, maka anda bisa memanfaatkan Whatsapp untuk memasarkan produk anda ke teman terdekat untuk memudahkan pengiriman karena anda berada di satu tempat yang sama.
Salah satu cara yang dapat membantu untuk meningkatkan jumlah konsumen selain melakukan promosi produk adalah dengan membagikan ulasan konsumen.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli yang belum mengenal jasa anda namun hendak melakukan pemesanan untuk pertama kali.
Anda bisa mendapatkan ulasan konsumen dengan meminta pembeli mengulas jasa yang anda miliki kemudian mengumpulkannya jadi satu untuk diunggah kembali di akun sosial media yang dimiliki.
Melakukan kegiatan mengunggah ulasan konsumen secara rutin tidak hanya membantu anda untuk meningkatkan kepercayaan pembeli namun juga membantu anda untuk menganalisa layanan yang perlu ditingkatkan serta pilihan produk yang bisa anda tawarkan ke konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Saat memulai promosi di sosial media, anda tentunya akan memiliki jumlah pengikut yang sedikit sebab belum banyak yang mengenal usaha anda.
Meskipun begitu, bukan berarti anda perlu menyerah begitu saja, karena anda hanya perlu menemukan konsep konten yang sesuai dan mengunggahnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Beberapa ide konten yang bisa anda gunakan untuk promosi bisnis jasa titip makanan adalah mengulas makanan atau minuman tertentu sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya atau menggunakan jasa yang anda gunakan.
Selain itu, anda juga bisa mengulas mengenai kelebihan bisnis yang anda miliki, seperti hemat waktu dan tenaga, sehingga cocok bagi konsumen yang tinggal di tempat yang jauh dari daerah perkotaan.
Anda juga bisa membuat konten berdasarkan pengalaman melayani konsumen, sehingga memunculkan konten story telling yang menarik interaksi dengan konsumen.
Lakukan juga interaksi dengan pengguna sosial media yang mengunjungi konten anda untuk meningkatkan jangkauan konten dan mendapatkan konsumen yang potensial.
Salah satu alasan mengapa target konsumen belum menggunakan bisnis jasa titip makanan yang anda miliki adalah harga produk yang tidak masuk ke budget yang dimiliki.
Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mencari mengenai event promosi tertentu yang diadakan oleh brand tertentu.
Event promosi berupa potongan harga, bundling produk, atau gratis pembelian yang biasanya diadakan di event tertentu akan menarik minat konsumen yang hendak melakukan pembelian untuk pertama kali.
Anda bisa memulai mencari event promosi tersebut dengan mengikuti berbagai akun sosial media milik brand tertentu atau mengikuti akun promosi di sosial media.
Setelah anda mendapatkan informasi tersebut, maka anda bisa mengunggahnya kembali di akun sosial media yang anda miliki atau membagikannya ke konsumen melalui pesan berantai.
Hal ini tentunya akan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian karena harga produk yang lebih murah serta mencoba menggunakan jasa anda untuk pertama kali.
Anda juga bisa membuat event promosi pribadi seperti gratis biaya pengiriman atau jasa titip produk di waktu-waktu tertentu atau untuk pelanggan pertama guna menarik minat mereka untuk melakukan pemesanan pertama kali.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.