Strategi Analisa Instagram SEO ala Selebgram

Dalam menjalani karir sebagai selebgram, anda tidak hanya mengunggah konten dengan visual yang menarik perhatian sembari berharap pengguna Instagram lain menyukai postingan anda secara natural.

Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah pengguna dari hari ke hari, strategi tersebut tentunya sudah usang dan tidak efektif, sehingga anda perlu mengetahui taktik yang tepat agar akun Instagram anda dapat berkembang dengan baik dengan jumlah pengikut dan interaksi yang semakin banyak.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Instagram SEO dalam proses pembuatan konten anda, sehingga postingan dapat menyasar target audience yang tepat berdasarkan kata kunci yang anda gunakan serta jenis konten yang mereka sukai di Instagram.

Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat analisa Instagram SEO ala selebgram yang efektif untuk pengembangan konten.

pengertian Instagram SEO adalah

Baca Juga : 10 Cara Menjadi Selebgram Untuk Pemula yang Sukses

Pengertian Instagram SEO Adalah

Instagram SEO adalah proses optimasi profil dan konten untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi saat melakukan pencarian di Instagram, sehingga akun anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu yang sesuai dengan topik yang anda bahas di Instagram.

Anda bisa melakukan optimasi Instagram SEO dengan meletakkan kata kunci yang sesuai di bio dan Profil Instagram, serta konten dan caption Instagram yang anda buat, sehingga dapat meningkatkan jangkauan konten yang lebih luas.

Hal ini tentunya akan membantu pengguna Instagram untuk menemukan konten anda sekaligus mendorong interaksi dan menaikkan jumlah pengikut secara signifikan.

keuntungan instagram seo untuk selebgram

Keuntungan Instagram SEO untuk Selebgram

Dengan jumlah pengguna Instagram yang banyak serta kompetisi dengan selebgram lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak, anda tentunya harus bersaing untuk mendapatkan perhatian target audience yang diinginkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan Instagram SEO untuk memaksimalkan kinerja konten dan profil Instagram anda agar lebih ditemukan oleh pengguna yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Meskipun optimasi Instagram SEO terlihat rumit, namun mereka menawarkan berbagai keuntungan bagi akun Instagram yang ingin berkembang dan dikenal oleh banyak orang.

1. Kemudahan Ditemukan di Instagram

Banyaknya konten yang beredar di Instagram dengan format konten yang berbeda, membuat anda harus bertarung dengan kreator lain yang telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak serta konten yang lebih beragam.

Sehingga untuk memaksimalkan potensi konten Instagram yang dimiliki, maka penting bagi untuk menggunakan Instagram SEO di konten dan profil Instagram untuk mudah ditemukan oleh pengguna.

Anda bisa memanfaatkan Instagram SEO dengan meletakkan kata kunci yang relevan dengan topik yang anda bahas di caption, konten, atau profil Instagram, sehingga akun dan postingan anda lebih mudah ditemukan oleh target audience.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Sudah membuat banyak konten namun hasilnya kurang maksimal? maka inilah saatnya untuk memanfaatkan Instagram SEO untuk meningkatkan brand awareness.

Mengoptimalkan konten Instagram dapat membantu postingan Anda mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian, yang berarti lebih banyak pengikut yang dapat menemukan akun Anda.

Apalagi jika anda memanfaatkan kata kunci yang sesuai dalam teks dan tagar anda untuk membuat konten lebih mudah ditemukan dan meningkatkan jangkauan organik.

Instagram SEO juga membantu membangun brand awareness dengan berfokus pada tampilan konten yang konsisten dan menggunakan kata kunci khusus, sehingga Anda dapat menciptakan tampilan yang sesuai dengan audiens dan membangun loyalitas.

Dimana dengan tampilan yang sesuai, maka anda dapat meningkatkan interaksi pada jumlah suka dan komentar, sehingga memberikan interaksi yang lebih tinggi dan membangun komunitas yang anda inginkan.

Apalagi jika anda sering membuat konten Instagram Stories dan Reels, maka dengan memasukkan kata kunci dan visual yang sesuai dan relevan, Anda dapat menarik perhatian audiens, memperkuat brand awareness, dan meningkatkan jumlah kunjungan ke akun Instagram anda untuk meningkatkan interaksi di postingan yang anda miliki.

3. Menaikkan Jumlah Followers

Salah satu harapan bagi selebgram di Instagram adalah mendapatkan jumlah pengikut yang banyak dan terus bertambah dari hari ke hari.

Dengan memanfaatkan Instagram SEO, Anda dapat meningkatkan jumlah pengikut dan meningkatkan visibilitas merek Anda dengan cara yang inovatif.

Sehingga mengoptimalkan profil Instagram dengan kata kunci yang relevan adalah kunci untuk memudahkan akun anda ditemukan oleh pengguna Instagram yang diinginkan.

Anda bisa memulainya dengan membuat profil Instagram yang menarik menggunakan kata kunci yang sesuai dengan target audiens Anda, sehingga memudahkan calon pengikut untuk terhubung dengan merek Anda.

Manfaatkan juga fitur teks alternatif di gambar anda untuk meningkatkan aksesibilitas konten, tetapi juga membantu mesin pencari lebih memahami konten Anda. Pengoptimalan ini dapat menghasilkan peningkatan eksposur yang signifikan, menarik pengguna yang tertarik dengan niche Anda.

Anda juga bisa meningkatkan jumlah pengikut dengan mengunggah konten menggunakan  kata kunci yang relevan dan melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

4. Interaksi dengan Target Audience yang Sesuai

Instagram SEO adalah alat yang ampuh agar dapat terhubung dengan target audience yang sesuai, dengan mengoptimalkan konten Anda untuk memaksimalkan hasil pencarian, Anda tidak hanya meningkatkan visibilitas tetapi juga memastikan Anda melibatkan pelanggan yang tepat.

Anda bisa memanfaatkan kata kunci yang relevan dalam bio, keterangan, dan tagar memungkinkan postingan Anda ditemukan oleh pengguna yang sedang mencari konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Penggunaan kata kunci juga memainkan peran penting di Instagram. Kata kunci yang dipilih dengan cermat meningkatkan peluang Anda untuk muncul di hasil pencarian, menjadikan merek Anda sebagai sumber utama bagi calon pelanggan yang mencari inspirasi atau produk. 

5. Promosi Konten yang Maksimal

Sebagai seorang selebgram, anda tentunya tidak hanya membuat konten untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki, tidak jarang anda juga mendapatkan tawaran untuk mempromosikan produk atau jasa dari brand tertentu yang memiliki minat yang sama.

Saat mendapatkan tawaran tersebut, anda mungkin merasa ragu apakah konten anda dapat menjangkau target audience yang tepat dan mendapatkan hasil promosi produk yang lebih maksimal.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa memanfaatkan Instagram SEO untuk menggunakan kata kunci yang relevan dan digunakan di konten promosi anda, sehingga dapat menjangkau target audience yang diinginkan.

Pemanfaatan Instagram SEO juga bisa anda maksimalkan apabila brand tertentu meminta konten anda dipromosikan melalui iklan Instagram, sehingga hasil konten akan lebih maksimal.

Cara ini dilakukan mengingat Instagram Ads menggunakan kata kunci tertentu untuk memaksimalkan jangkauan konten agar bisa ditemukan oleh pengguna Instagram yang relevan.

Strategi Analisa Instagram SEO ala Selebgram

Strategi Analisa Instagram SEO ala Selebgram

Jumlah pengguna Instagram yang banyak dan terus bertambah dari hari ke hari, menjadikan kreator harus berjuang keras agar konten anda mudah ditemukan oleh target audience yang sesuai kebutuhan.

Sehingga memanfaatkan Instagram SEO dapat membantu anda berada di hasil pencarian teratas konten Instagram menggunakan kata kunci tertentu.

Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan strategi dan analisa Instagram SEO untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal.

1. Ketahui Topik Instagram yang Sesuai

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum menerapkan Instagram SEO di akun dan konten anda adalah dengan mengetahui topik yang hendak anda bahas di Instagram, apakah itu topik mengenai kesehatan, hiburan, atau artis tertentu.

Dengan mengetahui topik yang hendak anda bahas di Instagram, maka akan memudahkan anda untuk melakukan analisa kata kunci di website analisa kata kunci tertentu. 

Cara ini tentunya akan memudahkan anda untuk menemukan kata kunci utama serta turunan yang bisa anda maksimalkan di profil, caption, atau konten Instagram.

2. Lakukan Analisa Kata Kunci

Setelah mengetahui topik yang hendak anda bahas di Instagram, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan analisa kata kunci.

Kegiatan ini bisa anda lakukan dengan menggunakan website analisa kata kunci tertentu yang bisa anda akses secara gratis atau berbayar untuk memaksimalkan fitur yang dimiliki.

Masukkan topik yang hendak anda bahas di Instagram, maka dalam sekejap website ini akan memberikan anda jumlah volume pencarian dalam jangka waktu tertentu beserta persaingannya sehingga bisa anda manfaatkan di konten atau caption Instagram.

Selain menggunakan website analisa kata kunci, maka anda juga bisa menggunakan fitur halaman pencarian, untuk mengetahui kata kunci yang sering pengguna cari di Instagram, sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk membuat konten yang disukai oleh target audience.

Sesekali anda juga bisa berkunjung ke akun kompetitor lain yang memiliki minat yang sama untuk mengetahui topik yang sedang dibahas oleh target audience namun belum dibahas oleh kreator lain, sehingga anda bisa mencuri start terlebih dahulu.

Anda juga perlu melakukan brainstorming kata kunci yang relevan yang terkait dengan komunitas Anda. Pikirkan tentang apa yang dicari audiens Anda dan buatlah daftar yang mencakup kata kunci panjang dan topik yang sedang tren untuk menangkap lebih banyak interaksi dengan audience.

Gunakan juga alat seperti Google Keyword Planner dan SEMrush dapat menyederhanakan proses ini, menawarkan wawasan tentang volume pencarian dan persaingan.

Pemanfaatan website ini akan membantu anda untuk mengidentifikasi kata kunci mana yang secara strategis siap untuk meningkatkan kehadiran Instagram Anda.

Gunakan berbagai kata kunci tersebut untuk membuat caption yang menarik yang menyatu dengan kata kunci ini dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas postingan Anda.  

3. Optimasi Profil Instagram

Saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, biasanya pengguna Instagram akan diarahkan ke akun tertentu yang relevan dengan keyword yang dipakai saat itu.

Sehingga penting bagi kreator untuk melakukan optimasi profil Instagram dengan memasukkan kata kunci yang telah dianalisa sebelumnya ke profil Instagram yang dimiliki.

Anda bisa memulainya dengan mengubah pengaturan profil menjadi publik sehingga mudah ditemukan oleh pengguna Instagram yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Kemudian gunakan juga foto profil yang menarik dan relevan dengan topik yang hendak anda bahas di Instagram, misalnya saja tampilan yang formal untuk konten edukasi atau tampilan yang santai untuk konten hiburan.

Menggunakan foto profil yang relevan juga akan membuat konten anda terlihat profesional dan meyakinkan pengguna Instagram yang hendak mengikuti akun dan konten yang anda miliki.

Buat juga nama akun Instagram yang mudah dicari, sehingga memudahkan pengguna Instagram untuk mengunjungi akun anda di kemudian hari, anda bisa menggunakan nama asli lalu tambahkan topik yang hendak anda bahas untuk memaksimalkan hasil pencarian di Instagram.

Selanjutnya, buatlah bio Instagram yang menarik yang menampilkan kepribadian Anda. Gunakan pilihan bahasa yang jelas, tambahkan kata kunci yang relevan, dan pertimbangkan untuk menambahkan emoji untuk menambah daya tarik akun Instagram anda.

Jangan lupakan tautan di bio Anda! Bagian utama ini sangat cocok untuk mengarahkan kunjungan ke situs web Anda, promosi terbaru, atau bahkan akun sosial media lain yang anda miliki.

Gunakan website khusus yang membantu untuk menampung beberapa tautan jika Anda memiliki beberapa tujuan untuk ditampilkan. 

4. Masukkan Kata Kunci yang Caption Instagram

Pemanfaatan kata kunci untuk Instagram SEO tidak hanya bisa digunakan di profil Instagram saja, lebih dari itu, anda juga bisa menaruhnya di kata kunci utama atau turunan.

Dengan meletakkan kata kunci yang tepat di caption Instagram, maka akan membantu konten anda berada di hasil pencarian teratas saat target audience melakukan pencarian kata kunci tertentu sehingga konten anda mendapatkan hasil jangkauan yang lebih baik.

Tidak hanya itu, penggunaan kata kunci yang tepat di caption Instagram juga akan membantu konten anda dioptimalkan oleh algoritma Instagram sehingga konten anda diarahkan ke target audience yang memiliki minat yang serupa.

Anda bisa meletakkan kata kunci utama di caption Instagram kemudian menambahkan beberapa kata kunci turunan yang relevan sehingga mendapatkan hasil konten yang maksimal.

Meskipun kata kunci yang relevan efektif untuk memaksimalkan kinerja konten Instagram, namun pastikan untuk membuat caption anda terlihat organik agar lebih enak dibaca oleh pengguna, perpaduan antara cerita dan frasa kaya kata kunci tidak hanya meningkatkan SEO Anda, tetapi juga memikat audiens Anda pada saat yang bersamaan.

Manfaatkan juga tren populer juga dapat memberikan keajaiban. Gunakan kata kunci yang saat ini sedang tren di niche Anda, untuk memastikan konten Anda berada di garis depan diskusi secara real-time.

Pastikan juga untuk mengetahui kinerja kata kunci anda dengan menganalisa performa postingan Anda. Manfaatkan Instagram Insights untuk melihat kata kunci mana yang paling banyak mendorong keterlibatan, memberi Anda data yang diperlukan untuk menyempurnakan strategi Anda secara terus menerus.

5. Manfaatkan Fitur Alt Instagram

Salah satu alat yang ampuh namun sering diabaikan di Instagram adalah fitur Alt Text. Alat ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas postingan Anda tetapi juga secara signifikan meningkatkan performa Instagram SEO, memungkinkan merek Anda beresonansi dengan demografi yang lebih luas.

Menggunakan Alt Text sangat mudah dan efektif. Saat Anda mengunggah gambar, luangkan waktu sejenak untuk mendeskripsikannya dengan kata kunci yang relevan yang mendefinisikan konten Anda, sehingga anda dapat menyampaikan esensi dan maksudnya kepada pengguna dan mesin pencari.

Masukkan juga kata kunci khusus merek untuk menyempurnakan visibilitas Anda. Praktik ini memungkinkan postingan Anda muncul di hasil pencarian saat pengguna mencari konten yang terkait dengan niche Anda, sehingga membantu calon pengikut menemukan akun Anda secara organik.

Tidak hanya itu, jangan abaikan kekuatan bercerita dalam Alt Text Anda. Menggabungkan bahasa deskriptif dengan kata kunci strategis akan membuat pengguna melakukan interaksi dan mendorong mereka untuk mengklik postingan Anda, yang pada akhirnya meningkatkan interaksi postingan dan jumlah pengikut Anda.

Biasakan juga untuk memperbarui Alt Text Anda secara teratur seiring dengan perkembangan strategi Anda. Tetap mengikuti tren dan mengubah kata kunci akan meningkatkan relevansi dan membuat konten Anda tetap segar, memastikan Anda selalu selaras dengan apa yang dicari oleh audiens Anda.

6. Analisa Kinerja Konten Instagram

Setelah mengunggah berbagai konten Instagram serta melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, anda mungkin penasaran mengenai kinerja konten Instagram dalam jangka waktu tertentu.

Kegiatan analisa kinerja konten Instagram ini bisa anda lakukan dengan berbagai cara, mulai secara manual atau menggunakan alat tertentu.

Anda bisa memulainya dengan memerikan metrik interaksi anda, seperti jumlah tanda suka, komentar, dan berbagi untuk mengukur seberapa baik audiens Anda melakukan interaksi dengan konten Anda.

Interaksi yang lebih tinggi menandakan postingan yang sukses, tetapi pastikan untuk menganalisis jenis konten yang paling beresonansi dengan audiens Anda.

Lakukan kegiatan analisa ini dengan memeriksa beberapa konten dengan jenis yang sama, sehingga anda bisa mengetahui topik yang mereka sukai serta jenis konten yang mereka sering lihat di Instagram.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Insights yang dapat menawarkan data mengenai demografi audiens dan waktu interaksi. Mengetahui kapan audiens Anda paling aktif dapat membantu mengoptimalkan jadwal posting Anda untuk visibilitas maksimum.

Menggunakan fitur Instagram insight dengan data demografi yang beragam akan membantu anda untuk mengetahui kinerja konten dalam jangka waktu tertentu dengan lebih mudah dan gratis karena tidak perlu berlangganan untuk mengakses fitur tertentu.

Apabila anda mengelola lebih dari satu akun sosial media, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan website analisa konten sosial media yang membantu anda untuk menganalisa kinerja konten dengan metrik tertentu dengan data yang lebih lengkap.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk menganalisa berbagai kinerja konten dengan cepat tanpa perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Lakukan analisa kata kunci ini secara teratur untuk mengetahui kinerja konten yang dimiliki dan mengatur strategi untuk optimasi konten yang lebih maksimal.

7. Analisa Kata Kunci Secara Rutin

Menguasai analisa kata kunci sangat penting untuk mendapatkan kesuksesan di Instagram. Mengevaluasi strategi kata kunci secara teratur dapat meningkatkan kinerja konten, menarik target audience, dan meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan fitur halaman pencarian, dengan mengamati saran otomatis saat mengetik kata kunci, Anda dapat menemukan kata yang sedang tren yang sesuai dengan audiens dan meningkatkan kemampuan penemuan.

Alat lainnya yang dapat Anda gunakan adalah penggunaan tagar. Memilih tagar yang relevan secara strategis tidak hanya memposisikan konten Anda di target audiens yang lebih besar, tetapi juga menghubungkan Anda dengan komunitas khusus yang memiliki minat yang sama.

Pertimbangkan untuk memanfaatkan alat analisis seperti Instagram Insights atau website analisa kata kunci. Sumber daya ini memberikan data berharga tentang kata kunci yang mendorong lalu lintas dan keterlibatan, memungkinkan Anda untuk menyelaraskan strategi konten Anda secara efektif.

Metrik interaksi seperti jumlah suka, komentar, dan berbagi, berfungsi sebagai indikator kinerja kata kunci Anda. Dengan menganalisa metrik ini secara teratur, Anda dapat menyesuaikan pendekatan Anda dan mengoptimalkan postingan untuk jangkauan maksimal.

Jangan ragu untuk melakukan eksperimen dengan kata kunci musiman dan kata kunci yang sedang tren. Kenali trend terbaru yan dapat membuat konten Anda tetap segar dan relevan, memungkinkan Anda untuk memanfaatkan sifat dinamis dari basis pengguna Instagram.

Ingatlah untuk menyempurnakan daftar kata kunci Anda secara berkala. Audit rutin membantu menentukan kata kunci yang berkinerja buruk dan mengidentifikasi tren baru yang dapat meningkatkan visibilitas merek Anda.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like