Menjadi selebgram, tidak hanya mengunggah konten yang estetik saja di Instagram, namun anda juga perlu melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki atau pengguna Instagram yang muncul di akun Instagram anda.
Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat komunitas yang dimiliki sehingga mereka terus menerus melakukan interaksi dengan konten yang anda miliki.
Tidak hanya itu, melakukan interaksi secara rutin juga membuka peluang agar akun dan konten anda menjangkau target audience yang lebih luas dan belum mengenal konten anda sebelumnya agar tertarik mengikuti akun anda.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi di Instagram ala selebgram untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi konten jangka panjang.
Baca Juga : 10 Cara Menjadi Selebgram Untuk Pemula yang Sukses
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi di Instagram dengan pengikut yang dimiliki adalah membuat konten yang menarik perhatian.
Cara ini dilakukan agar pengikut anda tertarik untuk melakukan interaksi di kolom komentar atau membagikan konten setelah melihat postingan yang anda unggah di Instagram.
Meskipun terlihat mudah, namun membuat konten yang menarik perhatian juga diperlukan strategi yang tepat agar konten anda mudah dipahami dan menarik untuk dibagikan.
Strategi pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat konten yang menarik perhatian di Instagram adalah mengenali target audience.
Dengan mengenali target audience yang dituju, maka akan memudahkan anda untuk mengetahui jenis konten yang mereka sukai dan konsumsi setiap hari, apakah konten video pendek atau foto dengan jumlah banyak serta topik yang mereka cari di Instagram.
Kegiatan ini memang memerlukan perjalanan panjang dan persiapan yang panjang, namun hasilnya akan memiliki dampak yang luar biasa untuk meningkatkan interaksi di Instagram.
Anda bisa memulainya dengan memahami target audience yang diinginkan, apakah anda ingin mengincar pengguna Instagram di kalangan remaja atau orang dewasa yang mencari pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaannya? mengingat setiap target audience biasanya memiliki jenis konten yang berbeda serta topik yang disukai.
Kemudian amatilah aktivitas target audience tersebut di akun selebgram lainnya yang memiliki minat yang sama, dengan memahami aktivitas mereka di akun kreator lain, maka akan memudahkan anda untuk memahami jenis konten yang mereka sukai dan membuat mereka tertarik untuk melakukan interaksi di akun anda.
Meskipun begitu, anda juga perlu membangun personal branding yang berbeda dengan selebgram lainnya dan memberikan ciri khas anda, sehingga menjadi keunikan bagi akun anda dan tidak ditemukan di akun lain sehingga menjadi alasan bagi mereka untuk mengikuti akun dan konten yang anda miliki.
Banyaknya konten yang bertebaran di Instagram dengan berbagai topik yang variatif, membuat anda harus tampil menonjol dibandingkan kompetitor lain.
Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat topik yang disukai oleh target audience dan membuat mereka membahasnya di kolom komentar atau membagikannya ke orang lain, sehingga meningkatkan interaksi di Instagram.
Di sisi lain, memahami topik yang akan dibahas di Instagram juga akan menjadi daya tarik dalam membuat konten yang memancing interaksi pengikut yang dimiliki.
Anda bisa memulai untuk memahami topik tersebut dengan mencari tahu lebih dalam dari berbagai sumber, misalnya saja data survey dari lembaga tertentu, jurnal penelitian, atau artikel dari majalah kenaman yang ditulis oleh ahlinya, dimana ini akan menjadi sumber topik yang valid.
Kemudian, anda juga bisa berkaca dari pengalaman yang dimiliki dan berkaitan dengan topik tertentu yang hendak anda bahas di Instagram.
Membuat konten yang berdasarkan dari pengalaman pribadi akan memberikan audience testimoni yang relevan, sehingga membuat anda terlihat profesional dan memahami topik yang hendak anda bahas di Instagram.
Anda juga perlu menggali ide topik dari pembicaraan yang tengah hangat di kalangan komunitas atau komentar pengikut anda di konten anda.
Sehingga anda perlu menyediakan waktu untuk mengunjungi forum komunitas tertentu dan aktif membalas berbagai komentar yang masuk untuk mendapatkan inspirasi konten yang menarik perhatian dan meningkatkan interaksi di Instagram.
Salah satu daya tarik dari Instagram adalah berbagai konten yang memiliki visual yang menarik perhatian, sehingga membuat penggunanya tertarik untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram.
Meskipun begitu, membuat konten visual yang menarik perhatian di Instagram tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun anda juga perlu bekerja keras agar konten yang anda suguhkan terlihat estetik dan memanjakan mata.
Anda bisa memulainya dengan memilih jenis tampilan yang ingin anda hadirkan di Instagram, apakah anda ingin menampilkan tampilan Instagram feed dengan warna-warna yang cerah atau paduan warna yang gelap dan pastinya sesuai dengan personal branding yang dimiliki.
Kemudian, anda juga bisa mengambil gambar dengan peralatan yang memadai, misalnya kamera handphone dengan resolusi terbaik sehingga dapat mengambil gambar dengan baik atau bantuan ringlight yang membantu untuk memaksimalkan cahaya saat pembuatan konten.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi edit foto atau video yang tersedia secara gratis di Internet, pelajari berbagai fitur yang mereka tawarkan sehingga anda dapat menghasilkan tampilan konten Instagram yang sesuai kebutuhan.
Apabila anda memiliki budget yang lebih, maka cobalah untuk berlangganan berbagai fitur premium yang mereka miliki, agar bisa memaksimalkan tampilan konten yang sesuai kebutuhan dan keinginan.
Meskipun pada masa peluncuran awalnya Instagram hanya fokus di konten foto, namun seiring dengan berjalannya waktu, platform sosial media ini terus berkembang dengan menambah berbagai konten yang lebih variatif, misalnya saja konten video pendek di Instagram story atau reels untuk meningkatkan interaksi di Instagram.
Sehingga untuk meningkatkan interaksi di Instagram, maka penting bagi anda untuk memilih jenis konten Instagram yang sesuai dengan minat target audience yang dituju.
Anda bisa memulainya dengan melihat akun Instagram kompetitor lain yang bergerak di bidang yang serupa, amati jenis konten yang biasa mereka gunakan untuk dan memiliki jumlah interaksi yang tinggi berdasarkan jumlah komentar dan konten yang dibagikan ke orang lain.
Manfaatkan juga berbagai website analisa konten sosial media untuk mengetahui jenis konten yang digunakan oleh akun lain dan memberikan banyak interaksi sehingga anda bisa menganalisanya dengan mudah dan cepat.
Kemudian anda bisa memanfatakan jenis konten tertentu sebagai postingan yang banyak anda gunakan di Instagram untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut yang miliki.
Meskipun begitu, sesekali anda juga bisa menggunakan jenis konten yang berbeda untuk akun Instagram anda agar pengikut anda tidak merasa bosan dengan format yang sama sehingga meningkatkan interaksi di Instagram secara organik.
Setelah melakukan berbagai interaksi di Instagram dengan konten tertentu, anda mungkin penasaran dengan hasil kinerja postingan yang dimiliki, apakah berjalan sesuai keinginan atau malah jauh dari ekspektasi? sehingga penting bagi anda untuk melakukan evaluasi hasil konten secara rutin untuk mengetahui hasil interaksi di Instagram, dimana anda bisa melakukannya secara manual atau dengan bantuan alat.
Cara manual yang bisa dilakukan untuk melihat hasil konten adalah dengan melihat jumlah komentar, tanda suka, dan tanda berbagi yang masuk di postingan Instagram yang anda miliki.
Dengan melihat secara sekilas, maka anda akan memahami jenis konten yang paling banyak dan sedikit mendapatkan interaksi di Instagram, sehingga anda bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang.
Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan evaluasi hasil konten menggunakan fitur Insight yang tersedia di Instagram, dimana mereka memberikan wawasan postingan anda dalam jangka waktu tertentu dengan mudah dan cepat serta jenis konten yang paling banyak mendapatkan interaksi di Instagram.
Fitur ini tentunya akan memudahkan pekerjaan anda untuk melakukan analisa di Instagram dengan berbagai demografi yang sesuai target audience yang dituju.
Tidak hanya itu, apabila anda mengelola berbagai platform sosial media, maka anda bisa menggunakan website analisa sosial media tertentu untuk memudahkan dalam analisa kinerja konten dalam satu tempat.
Meskipun anda perlu mengeluarkan biaya untuk berlangganan berbagai fitur yang dimiliki, namun website ini akan memudahkan anda mengelola platform sosial media dalam satu tempat serta tidak memakan banyak waktu.
Instagram tidak hanya digunakan untuk melihat konten yang estetik dan menarik secara visual, namun beberapa pengguna Instagram juga menggunakannya untuk mencari postingan tertentu yang relevan dengan topik yang mereka sukai.
Sehingga menggunakan Instagram SEO di konten Instagram juga akan membantu anda untuk ditemukan oleh target audience yang sesuai sehingga memberikan pengikut yang sesuai dan selalu melakukan interaksi di Instagram.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan Instagram SEO di konten Instagram agar mudah ditemukan oleh target audience serta mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian.
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menerapkan Instagram SEO di konten yang dimiliki adalah dengan menggunakan website analisa kata kunci.
Website ini memiliki kemampuan untuk menganalisa kinerja kata kunci tertentu berdasarkan volume pencarian, sehingga anda bisa mempertimbangkannya untuk menggunakannya di konten Instagram yang anda miliki.
Tidak hanya itu, website tersebut juga memberikan rekomendasi kata kerja yang relevan dengan topik yang hendak anda bahas di Instagram, sehingga menjadi inspirasi ide konten yang lebih variatif atau anda bisa menerapkannya di caption Instagram pada konten yang sama.
Cara menggunakan website analisa kata kunci ini juga cukup mudah, anda bisa mengakses salah satu platform seperti Ubersuggest atau Ahrefs untuk melakukan analisa keyword tertentu.
Kemudian masukkan kata kunci yang relevan dengan topik yang hendak anda bahas di Instagram di kolom pencarian, dalam waktu singkat maka anda akan mendapatkan rekomendasi kata kunci yang relevan serta jumlah volume pencarian dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda bisa menerapkannya di konten yang anda miliki.
Selain menggunakan website analisa kata kunci, anda juga bisa melakukan analisa kata kunci secara manual melalui halaman pencarian di Instagram.
Melalui fitur tersebut, anda bisa mendapatkan berbagai rekomendasi kata kunci yang banyak digunakan oleh selebgram lain yang membahas topik yang sama, sehingga anda bisa menggunakannya sebagai ide konten atau kata kunci yang relevan di caption Instagram.
Tidak hanya itu, fitur halaman pencarian ini juga memberikan berbagai rekomendasi kata kunci turunan yang bisa anda manfaatkan untuk tambahan kata kunci di caption Instagram, sehingga kinerja konten anda lebih maksimal.
Cara menggunakan fitur halaman pencarian untuk analisa kata kunci juga cukup mudah, anda cukup memasukkan topik yang hendak anda gunakan di halaman pencarian, maka tidak perlu menunggu waktu lama, maka anda akan mendapatkan berbagai rekomendasi kata kunci dengan jumlah postingan terbanyak dan paling sedikit.
Anda bisa menggunakan kata kunci dengan jumlah postingan terbanyak apabila anda sudah memiliki jumlah pengikut yang banyak atau interaksi yang kuat.
Namun, apabila anda tengah merintis karir sebagai selebgram, maka anda bisa menggunakan kata kunci dengan jumlah pencarian rata-rata, sehingga anda bisa masuk ke persaingan tersebut dengan mudah dan tidak perlu bersaing dengan selebgram lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.
Setelah melakukan analisa kata kunci melalui website dan fitur Instagram, maka anda memanfaatkan kata kunci tersebut untuk berbagai kebutuhan.
Misalnya saja, anda bisa menggunakannya untuk ide konten Instagram, sehingga anda tidak kekurangan topik untuk melakukan interaksi dengan pengikut anda.
Tidak hanya itu, kata kunci yang relevan dengan jumlah volume pencarian yang tinggi juga bisa anda manfaatkan untuk dimasukkan di profil Instagram, sehingga pengguna Instagram akan menemukan akun anda saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Hal ini tentunya akan menguntungkan anda untuk ditemukan oleh target audience tertentu yang memiliki minat yang sama sehingga anda akan mendapatkan pengikut yang loyal.
Manfaat paling utama dari menggunakan kata kunci yang sesuai di Instagram adalah dengan menaikkan ranking konten anda di hasil pencarian teratas, sehingga postingan anda mendapatkan jumlah interaksi yang lebih tinggi di Instagram.
Hal ini juga membuka peluang bagi konten anda untuk dipromosikan oleh algoritma Instagram melalui penggunaan kata kunci yang sesuai, sehingga anda dapat ditemukan oleh target audience yang tepat.
Penggunaan kata kunci yang tepat tidak hanya bisa digunakan di caption Instagram saja, namun anda juga menaruhnya di ALT Instagram yang dapat membantu mendeskripsikan konten anda, sehingga dapat dengan mudah dibaca oleh Instagram dan memperluas jangkauan konten yang relevan.
Saat melakukan analisa kata kunci, anda tidak hanya menggunakan kata kunci utama yang memiliki volume pencarian yang tinggi namun beberapa kata kunci turunan yang berkaitan satu sama lain.
Kata kunci turunan tersebut juga bisa digunakan untuk ide konten Instagram yang menarik, sehingga anda tidak kekurangan ide-ide segar untuk postingan Instagram anda.
Selain itu, anda juga bisa menggunakannya untuk dimasukkan di caption Instagram, sehingga postingan anda berada di hasil pencarian teratas apabila pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.
Hal ini tentunya menguntungkan bagi anda untuk meningkatkan interaksi di Instagram dan menaikkan performa konten Instagram yang dimiliki.
Keuntungan lainnya dari mengkolaborasikan kata kunci utama dan turunan adalah anda bisa menggunakannya di berbagai jenis postingan, baik Instagram feed atau reels, sehingga konten anda memiliki jangkauan yang lebih luas dan variatif.
Penting juga bagi anda untuk melakukan interaksi dengan pengikut anda melalui konten yang sedang naik daun, sehingga postingan anda tetap berada di hasil pencarian teratas meskipun anda telah mengungganya dalam jangka waktu lama.
Penggunaan kata kunci di Instagram seperti trend yang terus berubah dari waktu ke waktu, sehingga bisa saja kata kunci yang anda gunakan saat ini tidak digunakan di waktu yang akan datang.
Sehingga penting untuk mengevaluasi kata kunci secara rutin sebagai pertimbangan untuk menggunakannya dalam waktu lama atau menghentikannya secara permanen.
Anda bisa memulai kegiatan mengevaluasi kata kunci menggunakan website analisa kata kunci, dimana anda dapat melihat apakah kata kunci yang anda gunakan memiliki penurunan volume pencarian atau sebaliknya, sehingga anda bisa mempertimbangkannya untuk menggunakannya kembali.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfatakan fitur halaman pencarian di Instagram, dimana mereka memberikan data mengenai jumlah postingan dengan kata kunci tertentu di Instagram, sehingga anda bisa memutuskan untuk menggunakannya kembali di waktu yang akan datang.
Lakukan kegiatan ini secara rutin minimal seminggu sekali untuk menggali ide konten terbaru serta memperbarui kata kunci yang hendak anda gunakan di postingan Instagram.
Seiring dengan berjalannya waktu, Instagram terus berkembang dengan berbagai fitur baru yang selalu ditunggu oleh penggunanya, fitur baru tersebut juga memungkinkan anda untuk meningkatkan interaksi di Instagram secara organik dengan pengikut yang dimiliki serta pengguna Instagram lainnya.
Berikut beberapa rekomendasi fitur Instgaram yang bisa digunakan untuk melakukan interaksi di Instagram secara organik untuk meningkatkan loyalitas pengikut yang dimiliki.
Konten Instagram story menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh selebgram untuk melakukan interaksi dengan pengikutnya da pengguna Instagram lainnya.
Jenis konten ini digunakan mengingat mereka mudah diakses dalam waktu cepat karena letaknya di bagian atas Instagram feed, serta anda bisa mengunggah konten video dan foto dengan durasi pendek dalam jangka waktu tertentu.
Tidak hanya itu, Instagram story juga memiliki berbagai fitur yang memungkinkan anda untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.
Misalnya saja, anda bisa memanfaatkan fitur Stiker tanya jawab yang memungkinkan anda untuk menjawab pertanyaan dari pengikut anda saat melakukan sesi tanya jawab.
Hal ini akan membantu meningkatkan interaksi anda dengan pengikut secara organik dan membuat akun anda berada di hasil pencarian teratas konten mereka.
Tidak hanya itu, stiker Instagram yang beragam juga memungkingkan anda untuk membuat konten Instagram story yang diunggah lebih menarik dan meningkatkan interaksi di Instagram sehingga tidak terasa membosankan.
Anda juga bisa memanfaatkan fitur template di Instagram yang memungkinkan anda untuk membagikan pendapat mengenai peristiwa tertentu yang terjadi di sekitar kita untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.
Salah satu fitur yang biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan interaksi di Instagram adalah menggunakan fitur kolom komentar dan pesan, dimana pengikut dan pengguna Instagram bisa mengirimkan opini mengenai konten yang anda unggah.
Kreator juga bisa membalas pesan mereka dengan kata-kata yang positif, sehingga meningkatkan interaksi satu sama lain.
Kelebihan lainnya dari menggunakan fitur kolom komentar dan pesan adalah mendapatkan inspirasi konten terbaru dari rekomendasi pengikut anda, sehingga anda tidak ketinggalan topik-topik terbaru dan ide segar yang menjadi inspirasi konten anda di waktu yang akan datang.
Dengan memenuhi permintaan pengikut anda, maka kegiatan ini juga mampu untuk meningkatkan interaksi karena pengikut anda merasa permintaan mereka dikabulkan dan tertarik untuk melakukan interaksi yang lebih intens di waktu yang akan datang.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.