13 Cara Efektif Membangun Relasi Untuk Pemula (PENTING)

Tidak dapat dipungkiri, bahwa memiliki banyak relasi sangat membantu Anda di masa depan. Pasti Anda akan mendapatkan manfaat ketika sudah memiliki banyak relasi.

Semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin banyak peluang atau kesempatan yang akan Anda dapatkan nantinya.

Membangun relasi (networking) merupakan hal yang sangat penting karena Anda mendapatkan berbagai peluang untuk bisa mengembangkan karir di lingkungan kerja dan mengembangkan bisnis saat ini.

Dalam mengembangkan bisnis Anda memerlukan strategi yaitu relationship marketing. Relationship marketing ini merupakan strategi pemasaran yang penting agar dapat menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis, memperluas pengetahuan, meningkatkan kapasitas diri untuk berinovasi, dan juga membuka peluang promosi.

Namun, hal ini sangatlah sulit untuk bisa dilakukan semua orang dan juga menjadi tantangan bagi Anda.

Menurut sumber dari jalin, bahwa membangun relasi ini merupakan tindakan atau proses interaksi untuk bertukar informasi dan ide di antara orang-orang yang memiliki kesamaan profesi atau minat tertentu.

Kemudian relationship marketing ini juga mencakup inbound marketing, kombinasi dari search optimization dan strategic content, public relations, social media and application development.

Kegiatan ini biasanya terjadi pada pertemuan informal yang dirancang untuk menarik minat orang yang memiliki pikiran yang sama, seperti seminar, dan konferensi.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail mulai dari definisi membangun relasi, manfaat, hingga memberikan tips bagaimana cara membangun relasi secara efektif bagi pemula.

Pengertian Membangun Relasi

Membangun relasi sangatlah penting, karena relasi ini diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tentu saja, sebagai manusia Anda selalu membutuhkan bantuan dari lingkungan sekitar. Pasti Anda juga tidak dapat menyangkal bahwa hubungan dengan lingkungan adalah hal yang penting.

Jadi, membangun relasi adalah sebuah proses bagi Anda agar dapat memiliki koneksi. Koneksi ini dapat memberi Anda saran dan kontak dalam membuat keputusan karir yang tepat.

Dengan membangun relasi, Anda bisa menemukan pekerjaan ataupun magang, bahkan ide bisnis tanpa harus menggunakan iklan. Relasi atau jaringan ini bisa terjadi baik dalam kelompok atau individual.

Manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami kesusahan, maka Anda menginginkan bantuan orang lain. 

Pasti setiap orang memiliki masalah, hambatan, dan juga solusi yang harus ditemukan. Sehingga manusia mencari bantuan dari orang lain ataupun orang sekitarnya, baik itu anggota keluarga, teman, atau bahkan teman terdekat.

Jika Anda ingin mempertahankan hubungan atau relasi yang baik, maka Anda harus mengikuti proses dengan baik.

Proses yang dilakukan ini yaitu pengenalan, Anda pasti akan saling mengenal satu sama lain dengan baik sebelum mereka mulai bekerja sama tujuannya agar mencegah kesalahpahaman antar orang.

Misalnya, dalam perkenalan Anda bisa memperkenalkan kepribadian dan kebiasaan dari setiap orang.

Secara umum, relasi ini merupakan hubungan yang dilakukan antara kedua pihak atau bisa juga lebih agar dapat mencapai suatu tujuan.

Hubungan atau relasi ini bukan hanya di sekitar tempat tinggal, tapi juga di berbagai lingkungan. Misalnya relasi di dunia bisnis, tempat kerja, dan tempat sekolah.

Menurut kadonetworks, jika Anda ingin membangun relasi yang efektif, maka Anda harus bisa memelihara hubungan dengan jangka waktu panjang secara profesional.

Karena hubungan relasi yang terbaik adalah hubungan yang saling menguntungkan dan berakar pada hal positif.

Mengapa Membangun Relasi Itu Penting?

Jika ingin menjadi orang sukses Anda tidak hanya bisa menjadi pintar saja, tapi juga harus mampu membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Karena ini adalah hal utama bagi orang yang ingin membangun masa depannya.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin menjadi karyawan dan pengusaha sukses. Selain itu, adanya relasi bisa Anda dapatkan dari masyarakat dan lingkungan yang ada.

Membangun Relasi itu Penting

Nah, mengapa begitu pentingnya membangun relasi itu ? Berikut ini ada beberapa alasan pentingnya dalam membangun relasi bagi Anda

Dapat Diakui Secara Profesional

Orang yang membangun relasi ini tujuannya agar dapat membantu mereka dalam bisnis, politik, atau bahkan membantu mereka meningkatkan ketenaran.

Ketika bisnis Anda terkenal dari segi keterampilan, maka semua orang dengan cepat akan memperhatikan dan juga bisa diakui secara profesional.

Selain itu, relasi juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan klien baru, menciptakan koneksi bisnis yang menguntungkan, dan mendongkrak keuntungan secara keseluruhan.

Dapat Membuka Peluang Bisnis Baru

Jika Anda meningkatkan relasi secara profesional, maka Anda juga dapat mendapatkan peluang bisnis baru. Selain itu juga dapat membantu perusahaan Anda untuk jadi lebih sukses agar dapat memiliki pengetahuan yang luas di sekitar Anda .

Dapat Meninjau Kualifikasi dan Kemampuan

Memiliki relasi dengan orang-orang yang profesional di bidang atau industri yang serupa, akan dapat membantu Anda mengidentifikasi bidang-bidang yang perlu ditingkatkan.

Selain itu, Anda dapat meninjau kualifikasi dan keterampilan Anda untuk melihat apakah sudah berlaku di pasar atau belum. Jika sudah berlaku di pasar, maka Anda perlu menganalisis milik orang lain yang memiliki pengalaman serupa.

Meningkatkan Pola Pikir Kreatif

Dengan membangun relasi, Anda pasti akan berinteraksi dengan orang lain yang dapat membantu Anda mengembangkan ide atau proyek. Secara tidak langsung Anda diberi akses ke berbagai perspektif yang berbeda tentang suatu ide.

Dapat Meningkatkan Sumber Daya Sesuai Pengalaman

Anda dapat menggunakan jaringan Anda untuk mempelajari hal-hal baru atau memperluas basis pengetahuan Anda. Kemudian, sumber daya ini juga dapat membantu Anda untuk memberi arahan atau menemukan solusi.

Mendapatkan Dukungan Secara Profesional

Pasti, Anda pernah mengalami hambatan saat bekerja. Hal ini Anda pasti membutuhkan bantuan dari orang lain atau relasi untuk bisa membantu hambatan atau permasalahan yang Anda alami saat bekerja.

Salah satu bantuan yang dibutuhkan berupa saran atau konseling agar dapat mencapai solusi yang ideal.

Selain itu, Anda juga dapat diperkenalkan kepada para profesional lainnya yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah Anda.

Mendapatkan Dukungan dari Relasi

Potensi untuk Meningkatkan Status

Memiliki relasi dapat membantu untuk meningkatkan prospek karir Anda dengan jangka panjang. Memiliki banyak kontak dapat membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang mungkin bisa memberi Anda peluang baru. 

Meningkatkan Rasa Percaya diri

Dengan memiliki jaringan atau relasi Anda bisa berkesempatan untuk belajar dan berkembang dalam bentuk kursus atau seminar pelatihan.

Karena, dengan setiap jaringan baru yang dibuat, Anda bisa mendapatkan pengalaman dan kepercayaan diri.

Menjalin Hubungan dengan Jangka Panjang

Anda juga bisa membangun hubungan jangka panjang melalui jaringan yang efektif. Jika Anda menawarkan wawasan yang berharga dan memberikan bantuan, maka Anda mungkin bisa mengubah situasi sepihak menjadi sesuatu yang saling menguntungkan.

Hal ini dapat membantu membangun relasi Anda menjadi hubungan jangka panjang yang terus memberikan dukungan dan nilai.

Meningkatkan Kemampuan dengan Berbagi Ide

Jaringan atau relasi Anda yang dapat berkomunikasi secara terbuka antara individu yang memiliki pikiran sama kemungkinan bisa berbagi ide atau konsep.

Ide-ide yang dibagikan ke orang lain dapat meningkatkan kepercayaan dan kemampuan Anda untuk hubungan di masa depan.

Memiliki Relasi yang Benar, Keinginan Anda Akan Dikabulkan

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti ingin sukses dan stabil secara finansial. Untuk menyelesaikannya, Anda perlu membangun hubungan atau relasi dengan orang yang tepat sejak awal. Relasi Anda pasti memiliki cara untuk membantu Anda sukses.

Memiliki Hubungan yang Baik dengan Teman Lama Dapat Membantu di Masa Depan

Penting untuk tetap berhubungan dengan teman, meskipun sudah lama tidak bertemu dengan Anda. Karena Anda tidak mengetahui nasib masa depan setiap manusia. Bisa jadi teman lama Anda kini menjadi orang yang sukses dan berprestasi.

Itulah pentingnya menjaga pertemanan bagi Anda, karena tidak akan pernah tahu kapan Anda akan membutuhkan bantuan dari orang lain.

13+ Cara Efektif Membangun Relasi Untuk Pemula

Setelah Anda mengetahui pentingnya mempunyai networking atau relasi yang luas, sekarang membahas bagaimana cara membangun relasi.

Berikut ini cara supaya Anda bisa mempunyai networking atau relasi yang tidak hanya luas, tapi juga tepat:

1. Tentukan Tujuan

Penting untuk menentukan tujuan yang jelas sebelum merancang dan memelihara hubungan yang sesuai dengan Anda. Apalagi menentukan tujuan dalam mengembangkan hubungan atau relasi untuk bisnis Anda.

2. Carilah Orang yang Akan Memiliki Perbedaan Dalam Karir Anda

Relasi atau networking bukan hanya tentang berapa banyak orang yang terhubung dengan kita, tapi tentang terhubung dengan orang-orang yang memiliki kualitas tinggi. Carilah orang yang bisa membantu Anda mencapai kesuksesan dalam karir Anda.

3. Beranikan Diri Anda Berkenalan Dengan Orang Baru

Ketika Anda pertama kali memasuki lingkungan baru seperti lingkungan para pengusaha. Jangan ragu untuk mulai memperkenalkan diri Anda, dan menyapa orang lain terlebih dahulu. Hilangkan gengsi dan bertindaklah dengan penuh percaya diri.

Pastikan topik yang Anda diskusikan adalah topik yang Anda ketahui. Sehingga Anda bisa menambahkan pemikiran Anda ke dalam diskusi pada saat bergabung dengan pembicaraan yang mereka lakukan.

Beranikan Diri Anda Berkenalan Dengan Orang Baru

4. Optimalkan Kualitas Komunikasi Anda

Keterampilan komunikasi adalah yang paling penting ketika membangun relasi. Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan kualitas diri Anda.

Cara untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan relasi Anda yaitu harus bisa fokus pada faktor “Know, Like And Trust”, Anda perlu menghindari multitasking selama percakapan seperti bermain HP, mendengarkan dengan cermat setiap percakapan.

5. Menanyakan Relasi Anda Saat Ini 

Jika saat ini Anda pemilik usaha kecil dan memiliki hubungan dengan rekan kerja pengusaha, Anda bisa bertanya kepada rekan kerja Anda tentang relasi mereka.

Jika Anda bertanya, maka relasi kerja Anda akan membantu menghubungkan Anda dengan para pengusaha yang sukses lainnya.

Hal ini adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru, karena Anda diperkenalkan oleh seseorang yang sudah mengenal Anda dan sudah mengetahui profesional Anda.

6. Cari Tahu Apa yang Anda sukai

Ketika Anda sudah mulai membangun relasi, maka pastikan Anda meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang benar-benar Anda sukai. Bahkan jika itu adalah sesuatu yang sama sekali berbeda dari industri yang Anda geluti saat ini.

Misalnya, jika saat ini Anda bekerja di bidang keuangan tetapi penasaran di dunia teknlogi, maka segeralah bergabung ke kelompok jaringan profesional teknologi.

Hal ini Anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan dari dunia teknologi dan bahkan berpotensi menemukan posisi baru.

7. Bersedia Membantu Terlebih Dahulu

Adanya relasi ini Anda bisa mencari orang lain yang bisa membantu dalam mengembangkan karir atau bisnis Anda.

Sangat penting ketika Anda baru membangun relasi bahwa bersedia menjadi orang pertama yang membantu orang lain daripada hanya menunggu atau mengharapkan orang lain ingin membantu Anda.

Semakin banyak Anda menolong orang lain, semakin besar kemungkinan mereka akan menolong Anda ketika Anda dalam kesulitan.

8. Menambahkan Nilai Pada Hubungan Anda

Jika membangun relasi dengan orang lain, maka Anda akan menambah nilai pada hubungan Anda.

Misalnya, saat seseorang mencoba membuat koneksi profesional dengan Anda yang bertujuan untuk bisnis, Anda harus bisa luangkan waktu untuk mempelajari tentang mereka sebelum menghubunginya.

9. Menghadiri Acara 

Menghadiri acara merupakan suatu hal yang bagus untuk bertemu dengan orang-orang baru dan bisa membangun koneksi profesional yang berharga. Maka dari itu, hadirilah acara networking yang terkait dengan bidang atau jalur karir yang Anda pilih.

Ada beberapa jenis acara networking yang berbeda untuk dipilih, termasuk seminar bisnis, dan acara asosiasi profesional. 

10. Tetap Up To Date Bidang Anda

Mengikuti tren terbaru di industri bisa menambah nilai saat membangun relasi. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari komponen paling populer di dalam industri Anda.

Semakin berharga Anda dalam percakapan, semakin besar peluang Anda untuk menarik orang-orang berkualitas untuk bergabung dengan jaringan Anda.

11. Fokus Membangun Koneksi dan Relasi

Ketika Anda membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja, maka Anda bisa akan melanjutkan hubungan itu hingga waktu yang cukup lama, dan bisa menguntungkan dari kedua pihak.

Anda harus memastikan, bahwa Anda dapat mengembangkan hubungan secara profesional. 

12. Manfaatkan Media Sosial

Ada begitu banyak jenis media sosial saat ini, mulai dari Facebook, LinkedIn, Twitter, hingga Instagram, yang bisa Anda gunakan untuk membangun koneksi dengan orang-orang yang bisa membantu Anda memajukan karir Anda.

Manfaatkan Media Sosial

13. Jaga Hubungan Dengan Networking Anda

Mungkin sulit untuk mempertahankan hubungan dengan para relasi. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga hubungan tersebut agar tidak putus, misalnya menghubungi mereka kembali hanya untuk sekedar menanyakan kabar.

Selain itu Anda bisa memanfaatkan media sosial. Misalnya, komentari postingan mereka di LinkedIn, atau media sosial lainnya.

Itulah beberapa tips dan cara membangun relasi khususnya bagi pemula yang ingin mencoba untuk mengembangkan bisnis Anda.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like