membuat brosur

13 Cara Membuat Brosur yang Menarik dan Menjual (LENGKAP)

Promosi sering kali menjadi kunci keberhasilan, itulah sebabnya mengapa begitu banyak bisnis menggunakan berbagai platform media untuk mempromosikan produk mereka.

Lalu, medianya apa saja yang akan digunakannya?

Nah, Anda bisa menggunakan media seperti iklan di koran, majalah, atau brosur yang disebarkan ke publik.

Akan tetapi, saat ini dunia sudah mulai maju dan berkembang. Banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi sebagai media digital.

Media digital ini bertujuan untuk menjalankan sebuah promosi. Dengan Adanya strategi promosi ini masyarakat akan lebih mudah dalam menjalankan bisnisnya.

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, banyak perusahaan kini memanfaatkan media digital untuk tujuan promosi.

Wikipedia sendiri menjelaskan bahwa brosur ini dijadikan sebagai alat pemasaran perusahaan yang digunakan untuk mempromosikan penawaran produk atau layanan. Umumnya brosur ini berisi gambar dan informasi perusahaan, mirip dengan majalah.

Meskipun media digital sudah sangat maju, namun media brosur masih sangat populer untuk kegiatan promosi. Nah, brosur ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk Anda.

Meskipun banyak anak muda cenderung menggunakan internet untuk promosi, brosur juga bisa untuk mengiklankan produk dan berbagi informasi mengenai produk atau layanan Anda.

Dalam situasi ini, beberapa orang memilih untuk memulai bisnis dengan mencetak dan membuat brosur. Hal ini sudah terbukti, karena dengan brosur usaha apapun akan mendapatkan hasil yang lumayan.

Nah, pasti Anda penasaran bagaimana cara membuat brosur yang menarik dan menjual untuk bisnis Anda. Yuk simak penejalasan berikut ini!

Perbedaan Brosur, Pamflet, dan Leaflet

Sebelum mengetahui cara membuat brosur yang menarik untuk bisnis Anda, Anda perlu mengetahui perbedaan dari brosur, pamflem, leaflet. Pasti Anda bingung dari perbedaan dari ketiga tersebut.

Pemilik bisnis memiliki banyak opsi untuk mengiklankan produk atau layanan mereka ketika sedang mencoba mempromosikan, memasarkan, atau menyebarkan informasi, seperti menggunakan pamflet, leaflet, maupun brosur.

Pamflet sendiri diartikan sebagai buku yang tidak bersampul. Pamflet merupakan selebaran kertas yang dicetak pada kedua sisinya dan dilipat menjadi dua, tiga atau empat.

Pamflet dirancang agar dapat mempromosikan slogan dan menyebarkan pesan mereka.

Kemudian, leaflet adalah bentuk media cetak yang terdiri dari teks dan gambar yang dibuat dalam bentuk selebaran. Leaflet memberikan informasi lengkap tentang produk atau layanan tertentu.

Leaflet juga termasuk bagian dari alat pemasaran yang ideal karena desainnya mudah dan proses produksinya sederhana.

Terakhir, brosur adalah bentuk iklan yang biasanya dalam bentuk cetakan atau publikasi yang memberikan informasi tentang produk, program, atau layanan dan ditujukan untuk target pasar tertentu.

Brosur juga dapat digunakan untuk membantu dalam menyampaikan informasi yang lebih teredukasi kepada para pembaca. Salah satu contoh dalam penyampaian informasi yaitu produk, harga, dan bahan baku yang akan digunakan produk.

Selain itu juga, brosur juga dapat membujuk orang dan mempengaruhi sikap, perilaku, dan sosial terhadap pembaca. Kata-kata yang dipilih dalam brosur sering kali merupakan ajakan untuk menarik perhatian dan memicu minat.

Dari berbagai penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dari pamflet, leaflet, dan brosur yaitu:

  • Mulai dari perbedaan bentuk, pada brosur sering kali lebih ringkas dan memudahkan pembaca untuk memahami pesannya. Kemudian pamflet berisi bahasa persuasif yang dapat mendorong pembaca untuk melakukan tindakan, sementara leaflet memiliki struktur yang lebih ringkas untuk menyampaikan informasi.
  • Selanjutnya perbedaan tujuan, pamflet dan brosur memiliki tujuan yang berbeda. Pamflet sendiri bertujuan untuk memberi informasi sesutu hal. Lalu, leaflet digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang suatu bisnis, sedangkan brosur bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan produk atau layanan bisnis Anda.
  • Terakhir, perbedaan unsur dari pamflet, leaflet dan brosur. Brosur dan pamflet digunakan untuk memberikan informasi atau mengiklankan produk atau layanan. Kemudian untuk brosur sendiri lebih memberikan deskripsi yang lebih rinci tentang produk masing-masing, sedangkan pamflet menjelaskan informasi tetapi tidak melayani tujuan promosi. Sementara leaflet lebih mempromosikan acara atau berita terbaru

Tips Membuat Desain Brosur Menarik

Jika Anda ingin sukses dalam bisnis, maka Anda bisa menggunakan strategi promosi. Promosi ini melibatkan penawaran dan memberitahukan informasi kepada konsumen tentang produk atau layanan yang akan Anda berikan.

Tujuannya agar dapat meningkatkan penjualan produsen.

Bisnis dan periklanan berjalan dengan beriringan, hingga saat ini sudah banyak cara untuk membantu Anda dalam mempromosikan bisnis.

Media periklanan yang dimaksud ini mulai dari televisi dan media digital seperti situs web atau jejaring sosial, hingga metode yang lebih tradisional seperti poster.

Setiap jenis media promosi memiliki manfaatnya masing-masing, terutama dalam hal jangkauan pemasaran.

Promosi dapat dilakukan secara efektif melalui televisi, karena tujuannya untuk menjangkau khalayak internasional yang lebih luas, selain itu juga bisa dilakukan melalui website.

Kemudian, jika Anda untuk menargetkan area tertentu saja, maka Anda bisa menggunakan poster dan flayer yang menjadi pilihan terbaik untuk promosi.

Brosur juga dikenal sebagai flayer artinya media ini sangat efektif dan masih bisa digunakan untuk memasarkan produk atau layanan dan menarik minat pelanggan.

Brosur biasanya memberikan rincian singkat tentang penawaran produk yang menarik. Sehingga flayer atau brosur juga dapat menarik secara visual dan perhatian agar brosur dibaca orang.

Seorang pemilik bisnis harus menyadari bahwa brosur adalah bentuk promosi yang hemat biaya. Sayangnya, brosur sering kali memprioritaskan gambar, sehingga pesan yang dibuat menjadi tidak menarik.

Nah, pada brosur atau flayer biasanya memberikan berbagai detail mulai dari informasi produk hingga kontak perusahaan atau bahkan ajakan orang untuk membeli suatu produk.

Brosur yang terlalu ramai atau memiliki banyak teks dapat membuat informasi sulit dicerna.

Umumnya saat membagikan brosur harus ditempat yang ramai dan sesuai target,vmisalnyavbrosur makanan, brosur umrah, dan brosur laundry harus diberikan kepada masing-masing audiens yang dituju.

Terkadang orang melihat brosur hanya dari covernya saja. Untuk itu dalam membuat brosur harus ringkas, padat, dan jelas. Hal ini sangat penting karena dapat memberikan kesan pertama kepada calon pelanggan.

Nah berikut ini ada beberapa cara membuat desain brosur yang menarik dan menjual untuk bisnis Anda:

1. Membuat Brosur yang Singkat

Untuk memastikan audiens Anda tidak bingung, Anda perlu membuat brosur sesuai dengan produk atau layanan. Usahakan isi kontennya ringkas agar audiens tidak bingung.

Kemudian, brosur yang akan Anda buat harus lebih fokus dengan beberapa penawaran utama, seperti hidangan paling populer dan barang terlaris.

Jika brosurnya menarik, maka pelanggan akan lebih mudah dalam membuat keputusan untuk memilih produk.

Contohnya, saat membuat brosur untuk toko donat, usahakan untuk membuatnya dalam satu atau dua halaman. Tidak perlu menyertakan setiap menu yang Anda jual.

Anda hanya perlu menyebutkan hidangan khas dalam brosur tujuannya untuk memamerkan menu terbaik Anda. Nah, jika Anda mencantumkan terlalu banyak hidangan, maka membuat brosur berantakan, tidak menarik, dan membosankan.

2. Perhatikan Audiens Anda

Melakukan riset tentang calon pelanggan merupakan langkah yang bermanfaat sebelum membuat brosur. Karena Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai siapa calon pelanggan Anda.

Ketika mendapatkan pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda, maka Anda akan lebih mudah mendesain brosur Anda dengan lebih baik.

3. Perhatikan Desain

Nah, selanjutnya Anda harus mendesain dan mengatur tata letak brosur yang Anda buat agar lebih menarik dan mudah dipasarkan.

Untuk mencapai tujuan ini, sangat penting untuk mempekerjakan seorang desainer yang berpengalaman. Dengan begitu brosur akan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Menurut soocadesign, ketika membuat brosur, seseorang harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini:

  • Faktor yang pertama yaitu memilih gambar atau tulisan yang menarik untuk brosur Anda. Karena dapat menarik calon pelanggan.
  • Selanjutnya, apabila mendesain brosur Anda harus memperhatikan komposisi antara gambar dan teks untuk daya tarik visual.
  • Saat membuat desain brosur, penting untuk mempertimbangkan palet warna yang tepat. Warna-warna cerah dapat digunakan untuk menarik perhatian orang dengan cepat tetapi menggunakan terlalu banyak warna harus dihindari. Pastikan bahwa warna-warna tersebut pas dan akan menarik calon pelanggan Anda.
  • Isi brosur sangatlah penting, karena untuk memikat calon pelanggan melalui konten yang akan dibuat. Isi brosur itu seperti bisnis apa yang sedang dipromosikan, diskon dan acara apa pun yang sedang berlangsung.
  • Pastikan brosur memiliki konten yang akan mendorong calon pelanggan untuk penasaran dengan produk Anda.
  • Apabila mendesain brosur, pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang jelas seperti nomor telepon, alamat, situs web, dan sebagainya. Dengan begitu pelanggan akan lebih mudah untuk menghubungi Anda.
  • Sebelum mencetak dalam jumlah banyak, buatlah beberapa desain dan cetak beberapa sampel dengan printer.
  • Saat membuat brosur, Anda harus memperhatikan ukurannya. Jangan membuat dengan ukuran kecil, karena brosur kecil tidak akan menarik perhatian calon pelanggan. Lalu sebaliknya, jika Anda membuat dengan ukuran besar juga tidak dianjurkan karena tidak akan menarik perhatian calon pelanggan dan biaya cetak lebih mahal.
  • Ketebalan kertas memiliki efek pada hasil brosur. Brosur yang dicetak dengan kertas yang terlalu tipis akan cepat sobek dan kusut, sementara terlalu tebal bisa membuat harga cetak menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, sangat penting agar ketebalan kertas sesuai dengan yang diinginkan.
  • Brosur cetak tidak perlu berwarna. Brosur bisa dicetak dalam warna hitam putih atau warna mendasarselama teks dan gambarnya terlihat jelas. Untuk brosur yang berisi gambar dengan banyak warna, jangan melakukan pencetakan dengan warna hitam putih atau warna dasar. Hal ini akan merusak tampilan brosur.

4. Perlu Memberi Identitas untuk Bisnis Anda

Identitas bisnis Anda harus sesuai dengan cara Anda mempromosikan item produk Anda. Sebagai contoh, jika Anda berbisnis donat, Anda bisa memperindahnya dengan gambar atau dekorasi Anda sendiri.

5. Perlu Menyoroti Produk terbaik Pada Bisnis Anda

Kemudian, Anda juga harus membuat sorotan yang menarik secara visual untuk brosur Anda. Cara yang bagus untuk menarik pelanggan yaitu melakukan penawaran pada produk dengan waktu terbatas.

6. Perlu Membuat Calon Pelanggan Tertarik dengan Produk Anda

Ketika membuat brosur, Anda memerlukan penulisan dan desain yang kreatif.

Selain itu, pastikan bahwa gaya penulisan Anda jelas dan sederhana, dan jangan mengabaikan penggunaan kata-kata istilah untuk menarik minat pelanggan Anda.Tujuannya adalah untuk membuat pelanggan tertarik dan ingin membelinya.

7. Anda Harus Menggunakan Bahan yang Berkualitas

Salah satu bisnis yang bisa sukses yaitu di dunia kuliner. Nah, untuk pemilik bisnis kuliner harus bisa menciptakan hidangan dengan bahan-bahan terbaik atau berkualitas.

Kemudian, Anda juga bisa mencantumkan bahan-bahan yang Anda gunakan pada brosur untuk menunjukkan bahwa bisnis kuliner Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Nah, jika pada bisnis Anda menampilkan gambar topping dan bahan-bahan yang digunakan dalam donat, maka hal ini dapat digunakan untuk mempromosikan kualitas kepada pelanggan.

Selain itu, untuk bisnis makanan sehat Anda bisa memilih sayuran dan buah segar untuk menarik calon pelanggan.

8. Membuat Slogan yang Menarik

Slogan yang kreatif dan mudah diingat diperlukan bagi bisnis apa pun tujuannya untuk menarik pelanggan baru. Selain itu, slogan ini juga sangat penting untuk meningkatkan penjualan bisnis, oleh karena itu Anda harus menyertakannya ke dalam brosur.

9. Highlight Produk Terbaru

Saat Anda mempromosikan produk terbaru, Anda bisa membuat brosur yang menarik dengan fokus kepada produk terbaru yang Anda miliki.

Untuk brosur yang Anda sebarkan, pilih warna latar belakang yang cerah dan ukuran gambar produk yang besar untuk menonjolkan varian menu baru.

Dua bagian brosur trifold bisa didedikasikan untuk produk baru yang Anda promosikan, sehingga akan lebih mudah menarik perhatian.

10. Anda Perlu Menyertakan Promo di Dalam Brosur

Anda perlu menjalankan promosi untuk menarik perhatian calon pelanggan. Kemudian, Anda juga harus mencantumkan penawaran promosi tersebut di dalam brosur yang akan Anda berikan kepada pelanggan.

Selain itu, juga bisa menaruh dengan bentuk kupon pada satu panel brosur agar bisa lebih jelas.

Jenis Font Brosur Menarik untuk Desain Anda

Brosur sering dirancang untuk mempromosikan produk atau jasa. Agar efektif, brosur harus memiliki desain yang menarik secara visual.

Memilih font yang tepat dapat mempengaruhi desain brosur Anda. Berikut ini ada beberapa font yang baik untuk digunakan, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan selera Anda.

1. Homeday

Homeday adalah jenis font yang ideal untuk digunakan untuk membuat brosur, berasal dari kelompok script font dan garis-garisnya cukup tebal. Sehingga cocok untuk judul brosur.

font homeday

2. Kabut Hitam

Kabut Hitam memiliki suasana yang lebih maskulin daripada homeday. Saat Anda menggunakan background dan gambar yang tepat, maka kabut hitam dapat menghasilkan suasana misteriusmembuat orang ingin tahu.

3. Rocky Brie

Apakah Anda sedang mencari font yang stylish dan bisamemberikan kesan yang kuat untuk brosur ? Nah, jenis font rocky brie sangat cocok untuk Anda. Font ini terlihat seperti tulisan tangan.

4. Engind

Font ini dikategorikan sebagai Graffiti dan Kaligrafi. Font ini memiliki pola tulisan sepertitegas dengan garis huruf yang tebal dan tegas.

Terdapat bagian yang runcing pada setiap huruf yang membuat font ini terlihat semakin tajam. Sehingga cocok untuk membuat judul brosur.

5. Suntowns

Suntowns adalah jenis font yang sangat cocok untuk membuat brosur dengan bentuk hand lettering.

Karena terinspirasi oleh goresan kuas dan garis-garisnya tidak seragam dalam ukuran. Namun, hal ini dapat memberikan desain yang elegan dan menyenangkan.

6. Walkway

Walkway adalah salah satu font yang mirip jenis font san serif. Kemudian font ini memiliki bentuk huruf yang bulat dan lebar yang memberikan kesan hangat dan bersahabat, tetapi tidak terlalu formal dibandingkan dengan pilihan lainnya.

7. Bukhari Script

Bukhari script adalah jenis font yang cocok untuk brosur. Huruf ini diklasifikasikan sebagai huruf dekoratif monoline, artinya memiliki ukuran garis yang sama. Akibatnya, tidak ada garis yang lebih tebal atau lebih tipis untuk huruf apa pun dalam font ini.

8. High Performance

Menggunakan jenis font high performance untuk brosur Anda akan memberikan kesan elegan namun tidak kaku. Mirip dengan kelompok font handwritten.

Jenis font high performance terlihat lebih bagus untuk dijadikan sebagai judul dibandingkan dengan bagian lain yang lebih kecil.

high performance font

9. Sensa

Ada empat jenis font sensa: brush, wild, pen, dan sans. Baik sans dan brush dapat diunduh secara gratis dan memiliki karakter unik yang bekerja dengan baik pada brosur yang akan Anda buat.

10. Guerilla

Font guerilla ini memiliki bentuk garis yang kasar dan sedikit aksen grafiti. Sangat cocok untuk desain brosur.

Cara Membuat Brosur Menarik Untuk Bisnis Anda

Membuat brosur menarik merupakan salah satu strategi pemasaran populer yang digunakan oleh para pebisnis untuk menginformasikan konsumen tentang produk dan layanan mereka.

Pada umumnya brosur menarik ini menggunakan gambar dan teks. Tujuannya untuk membuat calon pelanggan tertarikdengan produk atau layanan yang akan ditawarkan.

Nah, ada beberapa tips membuat brosur menarik yang akan kami bagikan. Dengan begitu dapat membantu Anda dalam mengiklankan bisnis Anda dengan sukses melalui brosur. Berikut tips membuat brosur menarik:

1. Menyesuaikan Brosur dengan Target Audiens Anda

Sangat penting untuk mengidentifikasi kebiasaan target audiens yang Anda inginkan. Hal ini akan sulituntuk memodifikasi desain, bahasa, dan gambar yang sesuai dengan mereka.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu sebelum membuat brosur.

2. Informasi Singkat dan Informatif

Umumnya, brosur harus dicetak pada kertas A4 yang dapat dilipat menjadi dua atau tiga kali lipat. Nah, jika Anda ingin meningkatkan penjualan Anda, maka perlu membuat informasi berupa tulisan yang sesuai.

Oleh karena itu, penting bagi Anda membuat konten yang ringkas dan bisa menarik perhatian calon pembeli. Brosur singkat dapat secara efektif menjelaskan penawaran Anda kepada pelanggan.

Kemudian, Anda juga perlu memberi informasi tambahan untuk calon pelanggan agar tidak membingungkan pembaca. Anda juga perlu mengarahkan pelanggan untuk menghubungi melalui telp, email, alamat, atau situs website.

3. Perlu Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami Konsumen

Bahawasannya, dengan menuliskan bahasa yang jelas, ringkas dan informatif dalam brosur akan membantu konsumen memahami pesan Anda dengan cepat dan menjadi tertarik dengan penawaran yang Anda berikan.

menggunakan bahasa yang mudah dipahami

4. Anda Dapat Memberikan Judul yang Menarik

Dengan memilih artikel ini, kemungkinan besar Anda tertarik dengan judulnya, benar? Nah, Hal ini sesuai dengan pemebuatan brosur. Dalam pembuatan brosur yang menarik adalah judulnya. Karena dapat memikat daya tarik dan perhatian calon pelanggan.

5. Anda Dapat Memberikan Manfaat Produk

Selain itu, Anda dapat menggunakan pernyataan yang menarik dalam konten dan copywriting Anda. Hal ini termasuk dengan menuliskan manfaat atau keunggulan suatu produk.

Mencari tahu keuntungan yang dapat diberikan produk Anda kepada calon pelanggan adalah cara yang menarik dan efektif untuk menarik mereka.

Selanjutnya, Anda perlu mencari keunggulan produk Anda dari pesaing. Hal ini dapat membantu konsumen membuat pilihan yang lebih baik saat memilih barang serupa.

6. Anda Perlu Menambahkan Promo

Bahwasannya konsumen atau target audiens Anda menyukai bentuk promosi. Untuk membuat brosur menarik bagi pembaca, ada baiknya Anda memasukkan informasi promo bisnis Anda di dalamnya.

Informasi promo biasanya terdapat pada halaman pertama.

7. Anda Perlu Memeriksa Ulang Tulisan dan Konten

Untuk memastikan brosur yang Anda buat akurat, Anda perlu mencetak selembar contoh dan minta satu atau dua orang untuk memeriksanya. Jika ada kesalahan yang ditemukan, bisa langsung diperbaiki.

8. Anda Perlu Menggunakan Call to Action

Mengikuti cara ini akan membantu Anda mendapatkan calon pelanggan yang siap membeli produk Anda dengan menghubungi bisnis Anda melalui telepon. Tidak ingin mereka hanya membaca tanpa adanya action.

Berikut ini ada beberapa contoh bentuk call to action seperti “Pesan Sekarang!”, “Daftar Sekarang!” atau “Jangan Kehabisan, Telepon Sekarang!”

call to action

9. Anda Perlu Melengkapi Brosur Anda dengan Gambar

Adanya gambar pada brosur sangatlah penting. Karena mendorong konsumen untuk melakukan transaksi pembelian.

10. Mengetahui Audience

Mengetahui di mana membagikan brosur Anda sangat penting. Anda sudah berusaha keras untuk gmbamembuat desain dan brosur yang menarik, tetapi saat Anda membagikannya salah akan menyebabkan tidak ada pelanggan.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset untuk mengidentifikasi target konsumen Anda.

11. Anda Perlu Menampilkan Testimonial Pelanggan

Testimoni dari pelanggan setia adalah cara yang bagus untuk membuat brosur produk Anda lebih menarik, karena bisa mengetahui pendapat pelanggantentang produk Anda.

Pastikan ulasan pelanggan ditulis dengan jelas, profesional dan akurat agar sesuai dengan produk yang Anda promosikan. Ini akan menarik minat calon pembeli untuk membeli barang tersebut.

12. Menciptakan Desain yang Menarik

Membuat desain yang menyenangkan secara estetika sangat penting saat membuat brosur. Desain brosur yang menarik membuat kesan pertama yang hebat, dan mendorong konsumen untuk mencari lebih lanjut tentang produk atau layanan yang Anda iklankan.

13. Memilih Lokasi Penyebaran Brosur

Untuk menjangkau audiens target Anda, pilih lokasi yang sering mereka kunjungi. Misalnya, jika Anda ingin menargetkan anak muda, maka cobalah membagikan brosur di sekitar sekolah atau universitas.

Jika tujuan Anda masyarakat umum, maka Anda dapat membagikan brosur di daerah pemukiman dan tempat-tempat seperti pasar dan supermarket.

membagikan brosur

Itu dia penjelasan mengenai cara membuat brosur yang menarik dan menjual untuk bisnis Anda. Semoga cara ini bisa di implementasikan untuk brosur bisnis Anda!

Similar Posts