
Ada berbagai macam metode digital yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, salah satunya melalui media sosial.
Media sosial ini saat sudah semakin populer, Karena menurut data pengguna aktif di media sosial pada tahun 2022 mencapi 191 juta. Data ini mengalami peningkatan sebanyak 12,35% dibandingkan tahun sebelumnya.
Sebelum menjalankan sebuah bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Apalagi bisnis yang Anda jalankan memiliki banyak kompetitor.
Hal ini membuat Anda harus bisa memiliki strategi agar bisnis berhasil. Salah satu cara yang Anda lakukan yaitu dengan menggunakan strategi promosi.
Lalu, sebenarnya apa itu strategi promosi?
Menurut creatopy, bahwa strategi promosi merupakan kunci untuk memposisikan brand Anda di pasar, sehingga masyarakat mengetahui semua produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Kemudian, pemilik bisnis juga harus bisa mempertimbangkan berbagai cara untuk memasarkan produknya ke masyarakat.
Adanya strategi promosi ini Anda bisa meningkatkan jumlah pembeli atau pelanggan, sehingga para pelaku bisnis memiliki peluang sukses yang baik ketika mereka menjalankan bisnisnya.
Jadi, strategi promosi ini merupakan hal yang penting bagi seseorang saat menjalankan bisnisnya. Tapi sebenarnya mengapa strategi promosi ini begitu penting dalam dunia bisnis, apalagi di era modern sekarang?
Strategi promosi kekinian yang paling efektif ini adalah strategi yang mempromosikan suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital. Pemasaran ini memiliki peran yang cukup penting dalam dunia bisnis.
Ketika Anda menggunakan strategi promosi dengan tepat, maka dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.
Maka dari itu, penting bagi Anda memikirkan strategi promosi saat memulai bisnis atau usaha baru. Terutama sekarang hidup di zaman dimana segala sesuatunya serba digital seperti ini.
Strategi promosi digital yang digunakan para pebisnis saat ini seperti Facebook, Instragram, Twitter, Tiktok, dan social media lainnya
Saat Anda dalam proses meluncurkan bisnis baru atau sudah memilikinya, kehadiran online sangatlah efektif karena dapat membantu Anda untuk mempromosikan brand.
Menurut hubspot, data statistika memperkirakan bahwa jumlah pengguna e-commerce ini akan meningkat menjadi hampir 274 juta pada tahun 2025. Artinya banyak orang sudah berpindah ke dunia online khususnya dalam hal berbelanja.
Nah, untuk itu perlu Anda melakukan strategi promosi secara efektif yang akan dilakukan para pemilik bisnis. Berikut ini strategi promosi yang paling efektif untuk bisnis Anda:
Pada era digital saat ini, banyak hal yang telah berubah bagi orang-orang dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk dalam menjalankan suatu bisnis.
Penggunaan internet dalam dunia bisnis merupakan bagian penting dan sudah tidak bisa terpisahkan, bahkan menjadi keharusan bagi pemilik bisnis apa pun yang ingin memperluas jangkauannya.
Setiap pebisnis yang ingin sukses secara online harus bisa memiliki strategi promosi yang jelas. Salah satu strategi promosi saat ini yaitu dengan menggunakan situs web.
Sekarang wajib bagi pebisnis menggunakan website marketing jika ingin sukses di dunia digital.
Menurut venngage, bahwa strategi situs web ini dapat membantu Anda untuk mempromosikan bisnis, sehingga bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung.
Selain itu juga, Anda harus bisa membuat pengunjung menjadi klien yang potensial untuk bisnis Anda. Karena jika lebih banyak pengunjung, maka akan lebih banyak peluang bagi Anda untuk membujuk calon pelanggan untuk membeli produk.
Situs web ini adalah salah satu saluran yang dapat Anda gunakan untuk strategi pemasaran secara digital. Tujuan utama dari campaign pemasaran situs web adalah untuk meningkatkan traffic ke situs web Anda.
Situs web ini tidak hanya digunakan sebagai alat pemasaran, tetapi dapat memberikan informasi tentang perusahaan, produk, layanan, sejarah, dan lainnya. Banyak manfaat dari situs web ini, sehingga sangatlah mudah dan cepat ditemukan oleh masyarakat.
Nah, berikut ini ada beberapa alasan mengapa situs website ini begitu penting untuk bisnis Anda.
Berikut ini adalah contoh Data Website yang kami miliki yang dibangun kurang lebih satu tahun. Website ini mendapatkan 2,32 juta impresi dengan 56,9 ribu pengunjung dalam kurun waktu 3 bulan terakhir secara Gratis dari pencarian Google.
Bayangkan, dengan memiliki Website sebuah Bisnis bisa secara konsisten mendapatkan pengunjung setiap hari dari Google. Tentunya, ini sangat membantu Bisnis untuk lebih cepat berkembang.
Platform Youtube saat ini sedang populer, banyak masyarakat yang membuat video dengan berbagai genre. Misalnya, genre game, film horor, vlog, dan lain sebagainya.
Selain itu, Youtube juga dijadikan sebagai sarana promosi yang tepat bagi para pebisnis atau bisa disebut dengan Youtube marketing.
Ada banyak cara agar Anda dapat memanfaat sarana digital dengan baik yaitu dengan mempromosikan produk atau layanan Anda. Salah satu pemasaran yang kini semakin populer adalah media sosial.
Menurut nfi, Youtube ini salah satu media sosial terbesar. Karena setiap orang yang membuat video di Youtube mereka akan mengenalinya dan bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda.
Kemudian Anda dapat menyiarkan produk atau jasa Anda secara langsung menggunakan video dibantu dengan platform Youtube sebagai media promosinya.
Ada banyak cara agar bisa mempromosikan bisnis Anda yaitu menggunakan video yang berdurasi panjang, animasi, dan lain sebagainya.
Saat ini perusahaan besar mulai membuat video promosi, hal ini karena dianggap menarik dari segi audio maupun visualnya.
Bahwasannya video Youtube ini memiliki kemiripan dengan iklan di televisi, hanya saja perusahaan tak perlu membayar terlalu mahal atau bahkan gratis. Namun, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran akun yang tersedia.
Saat berpromosi menggunakan video, ada beberapa hal penting yang perlu di ingat.
Menggunakan video untuk promosi produk Anda bisa membantu meningkatkan eksposur media digital.
Contoh Data Channel Youtube di bawah ini merupakan Channel Upgraded selama 1 tahun terakhir. Berisi sekitar 100-an video sesuai industri kami.
Kalau kita perhatikan, dengan konsisten membangun Channel Youtube. Sebuah Bisnis bisa mendapatkan exposure secara konsisten juga. Dalam contoh diatas video ditonton sebanyak 354 ribu kali. Tentu ini juga sangat berdampak positif bagi Bisnis bukan?
Selain membuat video, salah satu hal terpenting dalam kampanye promosi ini adalah membuat foto produk Anda menjadi lebih unik dan menarik.
Jika Anda menggunakan visual yang menarik, maka dapat mendorong orang untuk bisa membeli produk Anda.
Gunakanlah foto yang bagus, tagline yang menarik, serta menampilkan copywriting yang unik. Dengan begitu Anda dapat menarik calon pelanggan untuk membelinya.
Adapun beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mendapatkan foto yang unik dan menarik yaitu:
Kemudian, Anda juga harus memiliki kreatifitas dan bereksperimen agar bisa mendapatkan foto produk yang terbaik. Dengan memiliki gambar yang unik dan menarik, pembeli akan tertarik pada produk Anda.
Menurut hubspot, meme merupakan salah satu strategi promosi untuk brand Anda yang paling ampuh secara online.
Dengan menggunakan strategi meme yang menyenangkan ini Anda akan lebih mudah terhubung dengan audiens dan juga dapat meningkatkan brand awareness.
Sebagian besar meme bersifat humor, tetapi biasanya mengandung beberapa elemen kebenaran di dalamnya.
Meme ini sangat populer di media sosial, sehingga muncul beberapa akun yang memposting meme yang unik dan lucu dan adanya meme ini didedikasikan untuk para pengikut mereka.
Terdapat beberapa meme yang menggunakan gambar, dan ada juga yang berupa video serta hanya berupa teks.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini ada begitu banyak jenis platform yang sering digunakan oleh orang Indonesia salah satunya adalah Instagram.
Sejak situs media sosial menjadi populer, orang-orang telah menggunakan akun Instagramnya untuk menghasilkan uang.
Sehingga adanya populeritas media sosial Instagram ini sering dijadikan sebagai profesi untuk mendapatkan penghasilan dan juga pengikut atau followers yang banyak.
Jika Anda sudah mencapai jumlah followers tertentu, maka akan ada peluang bagi Anda untuk menerima beberapa produk dalam bentuk endorsement.
Menurut indeed, endorsement ini merupakan cara yang paling efektif bagi Anda agar dapat meningkatkan campaign iklan dan meningkatkan kehadiran perusahaan di publik.
Endorsement menggunakan media sosial Instagram ini juga disebut dengan paid promote atau promosi berbayar. Saat Anda memiliki banyak pengikut di media sosial, secara tidak langsung tarif endorsement Anda semakin tinggi.
Kemudian ada yang perlu Anda ketahui bahwa endorsement ini perlu yang namanya engagement rate.
Engagement rate ini merupakan nilai presentase, yang memiliki rasio dari jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial. Jika nilai engagement rate Anda tinggi, maka akan semakin besar keberhasilan endorsement.
Maka dari itu, usaha atau bisnis yang Anda jalankan ini perlu menggunakan yang namanya endorsement, karena produk Anda akan dikenal banyak orang atau dipromosikan oleh selebgram.
Perlu diketehui bahwa pebisnis yang ingin mempromosikan produk atau jasanya sebaiknya menggunakan brosur atau spanduk sebagai alat promosi yang paling efektif karena lebih murah daripada jenis materi pemasaran lainnya.
Dalam membuat brosur, hal yang perlu Anda ketahui yaitu foto, gambar, elemen desain, serta pesan atau informasi yang Anda berikan di brosur harus menarik. Jika Anda tidak melakukan hal tersebut, maka Anda akan kehilangan perhatian pembaca.
Kemudian, Anda juga perlu memahami bagaimana cara membuat konten brosur agar bisa mencuri perhatian calon kosumen, seperti berikut ini:
Seorang pemilik bisnis tidak bisa menjalankan bisnisnya sendiri tanpa bantuan dari orang lain.
Ketika Anda memiliki rekan sesama pebisnis di komunitas, pasti Anda akan melakukan sharing mengenai bisnis yang sedang dijalankan.
Selain itu pemilik bisnis juga sharing mengenai tips untuk melakukan promosi, kolaborasi dalam bisnis, memiliki hubungkan baik, dan juga dapat meningkatkan brand awareness.
Teknologi kini telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari.
Penting juga Anda menggunakan media sebagai alat yang kuat tujuannya untuk mempengaruhi cara berpikir atau perilaku orang, serta mendapatkan konten atau informasi dari media.
Saat ini untuk mendapatkan informasi sudah bisa melalui media digital seperti media sosial.
SEO kini digandrungi oleh banyak perusahaan karena dapat meningkatkan bisnis mereka. Hal ini juga bisa Anda lihat dari banyaknya perusahaan yang memperkerjakan orang di bidang SEO Specialist atau posisi sejenis.
Kebanyakan orang menggunakan mesin pencari seperti Google digunakan untuk mencari informasi mengenai produk dan layanan online. Oleh karena itu, mesin pencarian ini dianggap sangat penting.
Manfaat menggunakan optimasi mesin pencari (SEO) sudah pasti ramah di kantong, dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness, serta memiliki kredibilitas bisnis online Anda.
Kemudian, ketika Anda memiliki website penting bagi Anda untuk meningkatkan konversi penjualan menggunakan strategi SEO marketing.
Bagian dalam digital marketing disebut dengan conversion rate. Artinya konversi ini memiliki pencapaian tujuan dari campaign marketing yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung.
Konversi terjadi ketika pengunjung website tidak hanya sekedar berkunjung, tetapi juga melakukan beberapa jenis tindakan yang menjadi tujuan bisnis Anda yaitu pembelian.
Bahwasannya setiap pengunjung memiliki jenis tindakan yang berbeda dan bervariasi di setiap website. Ada yang hanya melihat produk, membeli suatu produk, mendaftar sebagai anggota atau member, berlangganan newsletter, men-download software dan lain sebagainya.
Search Engine Optimization (SEO) mengacu pada taktik atau tindakan yang diambil untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian.
Dengan melakukan pengoptimalan, membuat mesin pencari seperti Google menilai apakah blog atau situs web Anda layak atau tidak untuk ditampilkan di posisi atas pada hasil pencarian.
Selain itu juga, jika Anda mendapatkan ranking tinggi dari mesin pencari, maka potensi traffic organik Anda akan meningkat. Tidak hanya membuat traffic web menjadi tinggi, tetapi traffic web juga bisa lebih akurat sesuai dengan tujuan situs yang Anda bangun.
Namun, ingatlah bahwa SEO bukanlah pekerjaan satu kali, tapi membutuhkan pemeliharaan yang konstan. SEO ini perlu dilakukan terus menerus dengan melakukan optimasi pada blog atau website agar situs website Anda lebih efektif.
Ketika Anda mendapatkan traffic yang tinggi dan juga tepat sasaran, maka Anda juga perlu mempelajari cara kerja dari mesin pencarian ini.
Apalagi dalam memberikan peringkat terhadap blog atau website Anda, dan penilaian ini berdasarkan kualifikasi tertentu.
Nah, cara kerja yang dilakukan untuk mengoptimasi SEO, Anda harus mengetahui crawling, indexing, dan ranking. Tujuannya agar kualitas hasil dari pencarian Anda semakin bagus.
Mesin pencari ini memiliki rule atau aturan yang biasa disebut dengan algoritma.
Dengan mengikuti algoritma mesin pencari ini, Anda akan memastikan orang-orang yang menggunakan internet bisa mendapatkan informasi yang sesuai atau relevan dari sumber terpercaya. ‘Algoritma Google 2023 terbaru‘ akan memastikan bahwa hasil pencarian semakin akurat dan relevan bagi pengguna. Dengan terus mengikuti perkembangan algoritma mesin pencari, Anda dapat memastikan bahwa konten yang Anda hasilkan tetap teroptimasi dan mudah ditemukan oleh pengguna internet. Dengan begitu, Anda akan dapat tetap bersaing secara online dan memastikan bahwa informasi yang Anda sampaikan bisa tersampaikan dengan baik kepada orang-orang yang membutuhkannya.
Media sosial terus berkembang dan tetap menjadi bagian penting dari strategi promosi bisnis apa pun. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membangun brand pada platform media sosial.
Ketika bisnis Anda telah menggunakan media sosial, maka Anda harus bisa berkomunikasi dengan target audiens-nya agar tetap kompetitif.
Menurut data statistika, bahwa ada lebih dari lima miliar pengguna internet di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 4,7 miliar atau 59 persen penduduk dunia merupakan pengguna aktif media sosial.
Miliaran orang menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan platform media sosial lainnya yang akan digunakan untuk membangun brand.
Promosi dengan media sosial membutuhkan strategi promosi yang harus Anda terapkan Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dan keuntungan yang besar.
Adapun teknik untuk mempromosikan produk dan layanan melalui jejaring sosial, seperti:
Anda perlu memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mengunggah konten promosi, sehingga orang yang mengikuti Anda di media sosial tidak perlu melakukan scroll terlalu lama.
Cara lain untuk mempromosikan produk Anda adalah dengan mengirimkan notifikasi terkait waktu yang Anda rencanakan, terutama untuk promosi live streaming di akun media sosial.
Sehingga para pengikut akun media sosial akan mengetahui lebih dulu mengenai promosi produk yang akan Anda posting.
Kemudian, bagi pengguna media sosial prime time adalah hal penting, karena ada beberapa periode dalam satu hari untuk melakukan posting. Serta hal ini juga bergantung pada karakteristik dari audiens social media itu sendiri.
Selama menggunakan prime time, jumlah penonton yang ada di media sosial ini mencapai angka yang tinggi.
Nah, jika Anda memposting konten pada periode ini, maka Anda dapat meningkatkan probabilitas jangkauan konten dengan membangun engagement seperti jumlah suka, komentar, share, dan lain sebagainya.
Selanjutnya, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dengan membuat konten yang unik dan berbeda dari yang lain.
Konten yang Anda posting bisa berupa artikel tertulis, video animasi atau ilustrasi bergambar yang dapat memberikan gambaran umum tentang produk kepada calon pelanggan.
Dengan begitu, Anda membantu konsumen agar lebih mudah memahami produk bisnis yang menjadi topik utama dalam promosi Anda.
Sebelum membuat konten Anda perlu menyertakan hashtag dan caption di media sosial. Tujuan adanya hastag ini agar memudahkan pengguna media sosial untuk menemukan konten yang Anda upload
Kemudian adanya caption digunakan untuk mengingatkan pembaca akan produk bisnis yang Anda promosikan sehingga mereka akan lebih paham mengenai produk tersebut dan mendapatkan peluang besar atau terjual dalam jumlah yang besar di pasaran.
Menurut retailtouchpoints, bahwa ada 72% seseorang mengambil keputusan untuk membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram. Sehingga Instagram dijadikan sebagai social media terbaik untuk menjalankan bisnis Anda.
Kemudian, Anda juga bisa menggunakan Instagram untuk memposting foto atau video dengan memanfaatkan fitur-fiturnya. Salah satu fitur Instagram yang digunakan untuk bisnis Anda yaitu Instagram Ads.
Instagram Ads adalah konten berbayar yang bisa menampilkan story atau feed yang diposting untuk mempromosikan produk barang atau jasa mereka.
Adapun manfaat saat Anda membuat Instagram Ads yaitu bisa menjangkau audiens secara luas, biaya iklan yang sangat fleksibel, target iklan yang Anda inginkan tersegmentasi, dan juga dapat meningkatkan brand awareness Anda.
Platform Facebook merupakan platform yang sangat direkomendasi bagi semua orang yang memiliki sebuah bisnis. Menurut data statistika, bahwa jumlah pengguna yang aktif di Facebook mencapai 1,96 miliar selama kuartal kedua tahun 2022.
Pemasaran produk di media sosial ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, apalagi media sosial Facebook. Karena, jika Anda menjalankan tanpa strategi yang benar dan tepat, maka Anda akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai.
Anda tidak hanya memposting konten setiap hari, tapi Anda bisa menggunakan strategi iklan agar mendatangkan pembeli dengan cepat. Strategi itu disebut dengan Facebook Ads.
Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar yang dijalankan oleh platform Facebook. Facebook ini menjadi platform media sosial yang paling populer. Anda bisa menargetkan orang berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat.
Keuntungan menggunakan Facebook Ads ini adalah meningkatkan brand, target pasarnya bisa di spesifikan, bisa mengatur budget, iklan berupa gambar atau video, mendatangkan leads dan juga dapat meningkatkan penjualan.
Google My Business merupakan layanan gratis yang diberikan Google dengan memasang sebuah produk listing profil bisnis Anda.
Tujuannya agar bisnis Anda memiliki profil usahanya sendiri dan juga meningkatkan visibilitas melalui mesin pencarian ataupun maps.
Profil Google Bisnisku dapat membantu meningkatkan peringkat SEO situs web Anda jika belum optimal.
Dengan begitu Google bisnisku ini membantu Anda menjangkau konsumen yang mengacu pada lokasi terdekat, disusul oleh rating, dan parameter lainnya.
Google adwords atau orang sering menyebutnya sebagai Google Ads merupakan salah satu layanan iklan berbayar yang ditawarkan oleh perusahaan Google.
Sebagian besar Google Ads masih belum ada yang mengetahui tentang keunggulan dari Google Ads. Padahal Google Ads ini bisa dijadikan sebagai media promosi dan membantu Anda untuk memperkenalkan suatu produk, jasa, atau UMKM.
Adapun keunggulan menggunakan Google Adwords yaitu promosi akan lebih maksimal dengan menggunakan Google Adwords, dapat menjangkau lebih banyak customer, promosi produk lebih tepat sasaran, meningkatkan brand awareness.
Menurut globalmediainsight, youtube merupakan platform yang digunakan untuk berbagi video dan paling populer di dunia dengan lebih dari 95% populasi internet yang menggunakannya.
Negara Indonesia pun masuk urutan ketiga dalam daftar 10 besar tahun 2022 dengan jumlah 139 juta pengguna.
Mengoptimalkan iklan Anda di youtube akan membantu meningkatkan penjualan produk Anda. Dengan begitu, bisnis Anda bisa jauh lebih sukses.
Iklan yang dimaksud ini adalah Youtube Ads. Youtube ads merupakan layanan untuk mempromosikan segala jenis produk atau jasa bisnis Anda melalui Youtube.
Manfaat dari menggunakan Youtube Ads adalah Anda bisa menjangkau jutaan audiens, dapat mengatur target audiens dengan tepat, laporan yang jelas, dan akurat.
LinkedIn ads adalah alat pemasaran yang memiliki fitur iklan dan media ini terdapat networking yang diisi oleh orang-orang profesional dari berbagai bidang.
Linkedin ini digunakan untuk bisnis apa pun yang ingin mengiklankan lowongan pekerjaannya. Namun fungsi dari LinkedIn ini bukan hanya sekedar itu, akan tetapi digunakan sebagai lahan yang baik bagi para marketer B2B Anda.
Menurut corefreelancers, bahwa dengan menggunakan LinkedIn ads ini Anda dapat menjangkau calon lead hingga 59% dibandingkan media sosial lainnya.
Saat ini, marketplace telah menjadi semakin populer di kalangan konsumen yang senang menggunakannya untuk berbelanja online.
Marketplace termasuk strategi promosi yang sangat efektif untuk bisnis yang Anda jalankan dan bisa dipasarkan dengan berbagai macam kategori.
Saat ini, marketplace sudah sangat populer di kalangan konsumen yang ingin berbelanja secara online. Dengan begitu, Anda perlu memanfaatkan marketplace sebagai salah satu strategi promosi. Salah satu satunya adalah marketplace Shopee.
Shopee adalah platform belanja online yang telah menarik banyak pembeli Indonesia. Baik konsumen maupun pebisnis juga menggunakan shopee sebagai media untuk melakukan aktivitas belanja dan jualan online.
Menurut data dari katadata, Shopee masih memimpin untuk kategori e-commerce Indonesia yang paling sering dikunjungi.
Shopee memiliki 5 fitur canggih digunakan untuk para pebisnis yang memiliki bisnis online shop di Shopee.
Dengan adanya fitur ini, Anda tidak akan kesulitan dalam mempromosikan produk Anda. Fitur yang dimaksud ini adalah ads, promo toko, promo shopee, voucher toko saya, produk pilihan toko.
Selain mempromosikan di marketplace Shopee, Anda juga perlu membuka toko online lainnya seperti Tokopedia.
Tokopedia salah satu e-commerce Indonesia yang memiliki jumlah pengguna paling banyak. Selain itu, Tokopedia telah menjadi salah satu perusahaan startup e-commerce Unicorn di Indonesia.
Tokopedia ini memiliki banyaj manfaat fitur-fitur yang dapat meningkatkan popularitas toko Anda, seperti: voucher toko, broadcast messages, dan topAds.
Kemudian Anda bisa menggunakan review pelanggan, yang digunakan setelah melakukan pembelian. Umumnya, orang terlebih dahulu melihat hasil review produk sebelum membeli sesuatu secara online.
Nah, customer review di Tokopedia ini terletak di bawah deskripsi produk. Dengan begitu pelanggan bisa melihat dengan puas ketika hasil rating produknya meningkat dan review yang mereka tulis bagus.
Strategi promosi ini sama halnya dengan mouth-to-mouth yang dilakukan dari orang terdekat seperti keluarga, teman, atau kolega. Karena calon pembeli akan bisa percaya hanya melalui review yang ada di Tokopedia tersebut.
Selain Shopee, dan Tokopedia, Bukalapak juga termasuk sebagai salah satu e-commerce popular di Indonesia. Sesuai dengan jumlah pengguna yang banyak, Bukalapak ini dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.
Cara untuk mempromosikan produk usaha Anda di Bukalapak yaitu dengan memanfaatkan fitur Bukalapak.
Fitur bukalapak seperti BukaMall, diskon harga, fitur promosi di bukalapak dengan variasi yang beragam, BukaIklan, BukaModal, BukaReksa, BukaDompet, Promoted Push, dan lain sebagainya.
Jika Anda memanfaatkan fitur-fitur tersebut dalam menjalani bisnis online, maka produk Anda bisa laris manis, dan juga melakukan iklan secara konsisten.
Pada awalnya blog dijadikan sebagai halaman pribadi, akan tetapi sekarang sering digunakan untuk tujuan bisnis.
Semakin banyak orang yang membangun blog dan digunakan untuk berbagi konten mereka sendiri dan itupun bisa memiliki nilai jual dari sebuah blog Anda.
Oleh karena itu, blog sering digunakan sebagai situs pemasaran digital.
Supaya strategi promosi berjalan maksimal, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti buat konten yang bervariasi, riset keywords, judul yang menarik, konsisten, manfaatkan gambar, video, infografis, sertakan link produk, dan share testimoni pelanggan.
Email promosi adalah email yang dikirim ke audiens Anda mencakup informasi tentang produk dan layanan Anda.
Anda dapat mengirim pesan promosi untuk semua kampanye yang Anda jalankan. Kemudian, terdapat 91% pengguna membuka email setiap harinya.
Menurut usebouncer, ada survei yang menunjukkan bahwa setiap banyak yang membuka kotak email daripada kotak masuk di platform lain.
Maka dari itu, email ini sangat efektif dan produktif dalam hal mempromosikan layanan, produk atau brand Anda.
Cara berjualannya setiap orang pasti bervariasi. Nah, untuk di era sekarang sudah menggunakan paltform salah satunya adalah Facebook yang kini menjadi tempat berjualan yang paling banyak digunakan.
Penggunaan Facebook kini banyak keuntungan yang didapatkan oleh setiap orang. Karena fitur Facebook semakin canggih yaitu fitur Facebook grup. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk meingkatkan persentase keuntungan.
Kemudian cara penggunannya Anda hanya memposting produk yang Anda jual di Facebook grup Anda.
Selanjutnya, cara promosi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan sampel berupa produk atau jasa untuk konsumen Anda. Contoh produk berupa makanan atau minuman, Anda bisa melakukan memberikan sampel dari makanan atau minuman tersebut.
Tujuannya dengan memberikan tester ini agar mereka bisa merasakan produk yang Anda pasarkan sebelum membelinya.
Anda bisa menggunakan strategi promosi ini hanya dengan memberikan potongan harga pada produk yang akan Anda pasarkan. Tujuannya agar dapat menarik simpati calon konsumen dengan membeli produk Anda.
Adapun hal yang perlu diperhatikan saat memberikan diskon atau potongan harga yaitu aspek keuntungan yang Anda dapatkan.
Oleh karena itu Anda perlu menyesuaikan potongan harga dengan modal yang Anda keluarkan agar tidak adanya kerugian dari usaha yang Anda miliki.
Cara promosi kali ini dengan memberikan poin. Poin ini adalah bentuk cara agar bisa meningkatkan penjulan produk usaha yang Anda miliki.
Adanya sistem poin ini akan mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak produk karena mereka mendapatkan lebih banyak poin untuk setiap pembelian.
Sehingga peluang dari konsumen untuk mendapatkan bonus dari setiap pembelian produk yang Anda tawarkan juga semakin besar.
Selanjutnya, Anda bisa menawarkan jaminan atau garansi untuk produk khusus yang memiliki komponen cukup rumit dan harganya yang tinggi.
Tujuan dari garansi ini agar konsumen memiliki rasa kepercayaan terhadap barang tersebut dan juga produk tersebut memiliki kualitas terjamin serta terdapat waktu garansi yang ditentukan.
Selanjutnya, Anda dapat menggunakan strategi promosi dengan memberikan harga khusus. Anda bisa menawarkan diskon khusus untuk semua produk.
Harga spesial ini biasanya ditentukan misalnya di waktu hari ulang tahun perusahaan Anda, hari-hari besar, dan saat pergantian tahun.
Ketika memberikan harga spesial ini, maka akan semakin cepat untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang Anda jual.
Reseller adalah seseorang yang ingin membeli barangnya melalui supplier dan kemudian menjualnya kepada orang lain. Reseller pasti akan mendapatkan keuntungan berupa komisi sesuai dengan ketentuan setiap produk yang terjual.
Sebagai pebisnis, pembukaan reseller merupakan salah satu cara untuk meningkatkan distribusi produk
Ketika Anda menggunakan reseller, maka akan semakin banyak pihak yang akan mempromosikan produk Anda dan produk Anda akan dikenal banyak masyarakat luas.
Metode promosi melalui sponsor ini pasti memberikan keuntungan yaitu Anda bisa memperkenalkan produk usaha Anda kepada masyarakat secara luas.
Selain itu Anda akan mendapatkan relasi semakin banyak dan juga memperluas jangkauan produk yang Anda miliki.
Promosi menggunakan cara giveaway ini sudah sering dilakukan. Tujuan dari giveaway ini untuk meningkatkan eksistensi brand yang Anda miliki.
Giveaway ini merupakan pemberian sebuah produk secara gratis yang dilakukan secara acak kepada konsumen melalui situs resmi dan media sosial.
Sebelum mengikuti giveaway ini, para followers harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa mendapatkan produk secara gratis.
Melakukan promosi dengan cara giveaway akan mendapatkan keuntungan juga bagi Anda yaitu menarik minat konsumen dalam membeli produk yang Anda miliki.
Cara promosi selanjutnya yaitu dengan mengadakan event. Hal ini bisa menjadi strategi promosi yang paling efektif untuk bisnis Anda. Karena adanya event, Anda bisa mengumpulkan banyak orang atau audiens secara bersamaan dalam satu waktu.
Kemudian Anda juga bisa menjadi sponsor di suatu acara. Dengan begitu bisnis Anda orang-orang akan melihat bisnis Anda melalui nama brand, logo, tagline, produk yang dijual, dan sebagainya.
Nah, hal ini bisa dijadikan trik untuk meningkatkan brand awareness publik terhadap bisnis dan produk yang Anda jual.
Setelah mengetahui strategi promosi, Anda bisa memaksimalkan bisnis Anda agar dapat dikenal masyarakat secara luas.
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.