Cara Tentukan Niche untuk Selebgram

Banyaknya selebgram yang saat ini menyajikan berbagai konten dengan topik yang berbeda, membuat pengguna Instagram mendapatkan pilihan postingan yang mereka sukai untuk mereka nikmati sehari-hari.

Di sisi lain, hal ini menjadi tantangan bagi selebgram yang hendak membangun karir di Instagram, dimana mereka perlu berjuang dengan kreator lain yang sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak serta pengaruh yang kuat, sehingga sulit bagi pengikut mereka untuk berpaling ke kreator lain.

Sehingga penting bagi selebgram pemula untuk menentukan niche yang tepat untuk memudahkan dalam menyasar target audience yang dituju dengan jenis topik dan konten yang mereka sukai agar memudahkan untuk mendapatkan jumlah pengikut yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menentukan niche bagi selebgram yang efektif dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Manfaat Menentukan Niche Untuk Selebgram

Baca Juga : 10 Cara Menjadi Selebgram Untuk Pemula yang Sukses

Manfaat Menentukan Niche Untuk Selebgram

Salah satu kegiatan pengguna Instagram adalah mencari konten dan informasi mengenai topik yang mereka sukai sehingga bisa dibagikan dan didiskusikan bersama orang terdekat.

Namun dengan banyaknya pengguna Instagram dengan minat yang berbeda, tentunya anda tidak dapat menjaring semua orang untuk menyukai konten yang anda bagikan di Instagram.

Sehingga penting bagi anda untuk menentukan niche yang tepat sebelum memutuskan jalan menjadi selebgram, karenanya berikut beberapa manfaat menentukan niche untuk selebgram untuk mendapatkan hasil konten yang memuaskan dan mendapatkan jumlah pengikut yang terus meningkat dari hari ke hari.

1. Strategi Konten yang Lebih Efektif

Instagram menjadi salah satu sosial media yang memiliki jenis konten yang variatif, mulai dari konten foto atau video pendek yang bisa dinikmati dan digunakan oleh penggunanya.

Meskipun begitu, tidak semua pengguna Instagram menyukai jenis konten yang sama, terkadang mereka hanya menyukai beberapa jenis konten saja yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Sehingga dengan memahami niche konten yang dipilih, maka memudahkan bagi anda untuk menentukan jenis konten yang sesuai dengan minat mereka dan membuat target audience tertarik untuk terus kembali mengunjungi konten anda.

Di sisi lain, menemukan jenis konten yang sesuai juga akan menghemat waktu anda, sehingga anda tidak perlu membuat jenis konten yang lebih rumit yang tentunya memakan waktu sehingga anda bisa fokus ke kegiatan lain yang dapat membangun akun yang anda miliki

2. Pemilihan Topik yang Sesuai

Saat membuka akun Instagram, anda akan menemukan berbagai konten dengan topik yang berbeda, mulai dari konten reels dengan topik memasak atau konten carousel yang mengulas produk kecantikan, dimana mereka mengincar target audience yang berbeda.

Sehingga dengan menemukan niche konten yang tepat maka akan memudahkan anda untuk memilih topik yang sesuai dengan target audience yang dituju.

Misalnya saja anda ingin membuat konten mengenai kecantikan, maka anda perlu mengetahui niche yang hendak anda pilih, apakah anda menyasar kalangan ibu rumah tangga yang ingin merawat diri atau kalangan remaja yang ingin tampil cantik saat melakukan kegiatan di luar rumah.

Dengan memilih topik yang sesuai, maka akan memudahkan untuk menentukan topik yang mereka sukai, sehingga konten yang anda buat dilihat oleh mereka dan meningkatkan jumlah interaksi dan pengikut secara drastis.

3. Kemudahan Promosi yang Relevan

Sebagai seorang selebgram, anda tentunya tidak hanya membuat konten untuk menghibur dan memberikan edukasi bagi target audience yang dituju.

Namun di beberapa kesempatan, anda juga mungkin diajak kerjasama dengan brand tertentu untuk mempromosikan produk atau jasa dari merk tertentu, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Meskipun begitu, sebuah brand tidak memberikan peluang promosi secara cuma-cuma, melainkan hanya memberikan ke selebgram yang memiliki minat yang sama dengan mereka.

Sehingga memiliki niche yang sesuai akan menguntungkan bagi anda untuk kemudahan promosi yang relevan dan memudahkan untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal, dimana ini akan membuka kesempatan bagi anda untuk mendapatkan peluang kerjasama dengan brand lain yang memiliki topik yang sama di masa yang akan datang, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari internet.

4. Persaingan yang Sempit

Banyaknya selebgram yang bersaing di Instagram membuat anda berpikir untuk tidak dapat mendapatkan target audience yang diinginkan.

Namun, tahukah anda? ternyata masih banyak niche yang belum tersentuh oleh selebgram-selebgram besar, sehingga anda bisa memanfaatkan untuk menjaring pengguna Instagram yang belum tersentuh tersebut.

Dengan memilih target audience yang belum tersentuh oleh banyak orang, maka akan membantu anda untuk mendapatkan persaingan yang sempit sehingga mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak serta pengaruh yang lebih besar.

Jenis-jenis Niche di Instagram

Jenis-jenis Niche di Instagram

Saat menelusuri halaman explore Instagram atau konten reels, maka anda akan menemukan banyak selebgram yang membahas topik yang beragam, mulai dari kesehatan dan kecantikan, dimana anda bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Berbagai topik dan niche yang beragam di Instagram, mungkin saja membuat bingung content creator yang hendak membangun karir sebagai selebgram yang berpengaruh di Instagram.

Meskipun begitu, berikut beberapa niche di Instagram yang bisa anda pilih sesuai dengan keahlian yang miliki dan minat yang anda sukai.

1. Niche Kecantikan

Konten visual yang dihadirkan di Instagram, menjadikan anda lebih mudah untuk mengamati konten visual yang ditampilkan oleh selebgram.

Salah satu jenis konten visual yang banyak diminati oleh pengguna Instagram adalah topik kecantikan, dimana selebgram membahas berbagai masalah mengenai cara merias diri atau merawat tubuh dengan baik.

Jumlah pengguna aktif Instagram menjadikan niche kecantikan banyak dicari dan terus berkembang dari hari ke hari, mulai dari selebgram yang telah memiliki nama atau influencer baru yang tengah merintis karir di Instagram.

Namun dengan banyaknya peminat di Instagram, maka anda perlu merancang strategi yang tepat sebelum menyasar niche kecantikan yang diinginkan.

Pertama anda perlu memahami topik kecantikan yang ingin dibahas di Instagram, apakah mengenai topik make up atau perawatan tubuh, dimana mereka memiliki target audience masing-masing.

Kemudian anda juga perlu mempertimbangkan apakah hendak menyasar target audience di kalangan anak remaja atau wanita dewasa, mengingat target audience yang berbeda juga memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga anda perlu memastikan konten yang anda buat sesuai dengan minat mereka.

Tidak hanya itu, anda juga perlu membekali diri dengan pengetahuan yang berkaitan dengan topik yang anda bahas, misalnya saja mengenai kekurangan dan kelebihan kandungan bahan yang dimiliki dan cara mengatasi masalah kulit tertentu.

Dimana anda bisa mendapatkannya dengan membaca jurnal kecantikan yang relevan, membaca artikel dari sumber terpercaya, atau melakukan konsultasi langsung dengan ahlinya untuk mendapatkan pengetahuan yang diinginkan.

2. Niche Kesehatan

Gaya hidup sehat semakin digandrungi oleh berbagai kalangan agar dapat menjalani berbagai aktivitas dengan nyaman tanpa hambatan.

Instagram sebagai salah satu sosial media dengan jumlah pengguna terbesar, menjadi salah satu sumber informasi yang terpercaya untuk mendapatkan berbagai topik mengenai kesehatan yang sedang dibahas akhir-akhir ini.

Sehingga apabila anda memiliki pengetahuan di bidang kesehatan atau kebugaran tubuh, maka tidak ada salahnya untuk membuat konten Instagram yang berisi topik kesehatan.

Anda bisa memulainya dengan memahami topik kesehatan yang anda tuju dan pastikan relevan dengan latar belakang pendidikan dengan pengetahuan yang anda miliki.

Misalnya saja anda memiliki pengetahuan di bidang kesehatan anak, maka anda bisa membuat konten yang berkaitan dengan kesehatan dan pengembangan anak, sehingga postingan anda dapat dinikmati oleh pengguna Instagram yang memiliki minat yang sama.

Anda juga perlu memperbarui pengetahuan anda dengan mengenali trend kesehatan yang tengah naik daun akhir-akhir ini, sehingga anda bisa membahasnya di akun Instagram yang dimiliki dan menjadi tempat untuk melakukan komunikasi dengan pengikut yang dimiliki.

Guna meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, maka anda bisa menggunakan berbagai jenis konten Instagram untuk melakukan interaksi dengan mereka, misalnya saja menggunakan fitur Instagram story untuk menjawab pertanyaan yang masuk melalui fitur QnA atau melakukan jajak pendapat mengenai topik tertentu yang tengah menjadi perbincangan banyak orang.

Dengan melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, maka anda akan membangun loyalitas pengikut anda sehingga membantu untuk memiliki komunitas yang kuat.

3. Niche Keuangan

Topik mengenai keuangan menjadi sering dibahas baik di sosial media atau saat bertemu langsung dengan berbagai kelompok pertemanan.

Pembahasan mengenai topik keuangan juga menjadi semakin menyenangkan berkat banyaknya informasi yang tersedia di internet dan sosial media, salah satunya adalah Instagram yang mudah diakses oleh banyak orang.

Apabila anda seseorang yang memiliki minat di bidang keuangan dan memiliki keahlian di bidang serupa, maka tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk menjadi selebgram di bidang keuangan.

Namun, dalam membuat konten keuangan di Instagram, penting bagi anda untuk menyasar target audience yang tepat agar postingan anda diminati oleh banyak orang dan menambah jumlah pengikut secara drastis.

Anda bisa memulainya dengan memilih dan memilah topik keuangan yang hendak anda bahas di Instagram berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang anda miliki.

Misalnya saja anda memiliki pengalaman bekerja di bidang perbankan, maka anda bisa membuat konten dan membahas topik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki untuk mendapatkan hasil konten yang sesuai dengan target audience.

Tidak hanya itu, karena topik keuangan yang terus berubah dari hari ke hari, maka bekali diri dengan topik keuangan yang banyak ditanyakan oleh target audience dengan cara membaca berita secara rutin atau menjawab berbagai pertanyaan pengikut anda di Instagram untuk menambah interaksi.

4. Niche Pendidikan

Akses internet yang semakin mudah dan cepat juga menguntungkan bagi banyak orang untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan.

Topik pendidikan juga menjadi salah satu niche yang paling banyak dicari di Instagram, dimana anda dapat membahas mengenai topik pengetahuan tertentu, pengembangan karir, atau cara belajar ke luar negeri menggunakan beasiswa yang banyak digandrungi saat ini,

Dengan banyaknya selebgram yang membahas topik pendidikan saat ini, maka penting bagi anda untuk memahami konten pendidikan sebelum disajikan di Instagram.

Pertama, anda perlu mempertimbangkan mengenai jenis topik pendidikan yang hendak dibahas di Instagram berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Misalnya saja, anda memiliki pengalaman untuk belajar di luar negeri menggunakan beasiswa tertentu, maka anda bisa membuat konten pendidikan berdasarkan pengalaman anda untuk mengejar pendidikan di negara tertentu, dimana ini akan menjadi daya tarik bagi pengguna Instagram untuk mengikuti akun anda.

Kemudian pilih dan gunakan dan jenis konten Instagram yang sekiranya dapat menyampaikan pesan anda dengan baik, misalnya jika anda suka bercerita di depan kamera, maka memilih konten reels bisa anda manfaatkan, mengingat penonton dapat memerhatikan cerita anda dengan baik dengan visual yang menarik perhatian.

5. Niche Fashion

Setiap orang tentunya ingin tampil menarik untuk memaksimalkan potensi diri yang dimiliki, salah satu caranya adalah dengan memilih gaya busana yang tepat sehingga dapat tampil percaya diri setiap hari.

Namun, bagi orang yang hendak memulai memilih gaya busana yang tepat, tentunya ini menjadi kegiatan yang sulit, sebab harus menentukan berbagai gaya yang sesuai kebutuhan.

Untungnya dengan berbagai konten visual yang dimiliki oleh Instagram, anda dapat dengan mudah belajar mengenai fashion yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya anda, sehingga bisa tampil lebih percaya diri.

Variasi konten visual yang dimiliki oleh Instagram, juga menguntungkan bagi pecinta fashion dan orang-orang yang bergerak di dalamnya untuk membuat konten fashion yang sesuai dengan gaya yang dimiliki.

Anda bisa memulainya dengan menampilkan kreativitas anda dalam memadukan gaya busana anda, sehingga dapat menampilkan kepribadian yang dimiliki dengan baik di Instagram.

Cara ini dilakukan mengingat orang-orang akan melihat keunikan yang anda tampilkan serta kesesuaian dengan bentuk tubuh yang dimiliki, sehingga gaya busana anda menjadi pilihan banyak orang.

Tidak hanya itu, anda juga dapat membagikan tips mengenai cara memadukan berbagai jenis pakaian yang cocok dan sesuai kebutuhan, sehingga konten dan akun anda dikunjungi oleh banyak orang untuk mendapatkan referensi gaya busana yang cantik.

Jumlah pengikut yang banyak serta interaksi yang tinggi juga bisa anda manfaatkan untuk membangun affiliate marketing yang memungkinkan bagi anda untuk menambahkan penghasilan dari internet.

Cara Menentukan Niche Instagram

Cara Menentukan Niche Instagram

Instagram tidak hanya sekedar platform berbagi foto, namun juga merupakan panggung bagi para selebriti untuk terhubung dengan penggemar dan membangun merek pribadi mereka.

Namun, dengan banyaknya influencer dan figur publik, menciptakan identitas yang khas bisa terasa menakutkan. 

Sehingga untuk menjangkau target audience yang diinginkan, selebgram harus mengasah ceruk yang sesuai dengan nilai-nilai pribadi dan minat audiens mereka.

Hal ini melibatkan pemahaman tren pasar, demografi audiens, dan memanfaatkan keterampilan atau minat yang unik. Dengan menentukan ceruk pasar yang spesifik, para selebriti dapat mengkurasi konten yang tidak hanya menampilkan diri mereka yang otentik, tetapi juga memupuk hubungan yang lebih dalam dengan para pengikut mereka.  

1. Pahami Target Audience

Memahami target audiens adalah landasan untuk membangun niche Instagram yang sukses, terutama untuk selebgram, dimana ketika Anda menyelaraskan konten dengan minat mereka, maka tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan keterlibatan tetapi juga meningkatkan jumlah pengikut yang setia.

Anda bisa memulainya dengan menganalisa demografi pengikut potensial Anda. Perhatikan usia, jenis kelamin, lokasi, dan bahkan minat untuk membuat profil audiens Anda secara menyeluruh.

Di luar itu, lakukan interaksi langsung dengan audience yang dimiliki, gunakan fitur jajak pendapat dan pertanyaan dalam konten Instagram story untuk mendapatkan wawasan tentang konten apa yang menarik bagi mereka dan apa yang ingin mereka lihat lebih banyak.

Lakukan juga analisa persaingan dalam target audience Anda untuk mengidentifikasi celah kompetitor, kenali apa yang dibagikan oleh selebgram lain dan temukan peluang untuk menawarkan sesuatu yang unik atau perspektif baru yang dibutuhkan oleh audiens Anda.

Seiring dengan perubahan tren, preferensi audiens Anda mungkin berubah, jadi bersiaplah untuk mengubah strategi konten Anda sebagai tanggapan atas umpan balik mereka.

Langkah Anda selanjutnya adalah mulai membuat konten untuk kepada pengikut ideal Anda. Tonjolkan keaslian konten dan bagikan minat Anda untuk menciptakan hubungan yang menarik perhatian orang.

2. Manfaatkan Social Media Tools

Di dunia media sosial yang serba cepat, menguasai analisis di Instagram dapat membantu selebgram bersaing dengan kompetitornya dari para pesaingnya.

Sehingga memanfaatkan alat media sosial secara efektif dapat mengungkap tren, wawasan audiens, dan strategi interaksi yang beresonansi dengan pengikut yang dimiliki.

Pertama-tama, anda bisa menggunakan alat analisis seperti Sprout Social, Hootsuite, atau Iconosquare, dimana mereka  memberikan wawasan yang tak tertandingi mengenai demografi audiens.

Dengan melacak pertumbuhan pengikut, tingkat keterlibatan, dan kinerja pasca-posting, selebgram dapat membuat konten yang berbicara langsung ke ceruk pasar mereka.

Anda juga bisa memanfaatkan social media tools seperti Buffer atau Later yang memainkan peran penting dalam menjadwalkan postingan pada waktu yang tepat. Menganalisis waktu posting secara teratur juga dapat memastikan konten masuk ke feed saat audiens paling aktif.

Lakukan juga berbagai uji coba format konten yang berbeda, seperti konten carousel, story, dan reels yang dapat  menarik minat audience, variasi yang beragam juga akan membuat pengikut anda tidak merasa bosan dengan tampilan konten yang sama. 

3. Analisa Hasil Konten

Menganalisa hasil konten sangat penting untuk mengukur target audience yang sesuai, dengan memanfaatkan analisa berbasis data, selebgram dapat meningkatkan strategi mereka dan terhubung dengan audiens mereka.

Anda bisa memualinya dengan melacak metrik kinerja. Gunakan alat analitik untuk memantau tingkat interaksi, klik, share, dan konversi, sehingga Anda dapat menentukan konten apa yang paling beresonansi.

Selanjutnya, kenali tren perilaku dan preferensi audiens. Hal ini melibatkan pemeriksaan topik yang sedang naik daun, tagar, dan influencer utama untuk lebih memahami apa yang mendorong interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Dorong juga komentar, lakukan jajak pendapat, dan libatkan pengikut di Instagram untuk mengumpulkan analisa konten yang berharga dan dapat memandu proses pembuatan konten Anda.

Selain itu, perhatikan juga para kompetitor di Instagram, menganalisa keberhasilan dan kegagalan konten mereka juga dapat membantu untuk menangkap peluang untuk perbedaan dan inovasi yang membedakan merek Anda.

Terakhir, buatlah kalender konten yang dinamis berdasarkan analisis Anda. Strategi ini memastikan Anda secara konsisten memberikan konten yang ditargetkan dan relevan yang menarik bagi ceruk pasar Anda, membuat audiens Anda tetap terhubung dan kembali lagi.

4. Kenali Kompetitor Lain

Di dunia media sosial yang terus berkembang, Instagram telah muncul sebagai salah satu platform bagi para selebgram dan influencer untuk terhubung dengan penggemar mereka dan memamerkan merek mereka.

Jika Anda ingin mengukir niche untuk diri Anda sendiri di Instagram, maka  memahami persaingan Anda adalah yang terpenting untuk kesuksesan Anda. Berikut ini adalah panduan komprehensif tentang cara mengenali pesaing sambil membangun ceruk unik Anda.

Sebelum Anda mengenali kompetitor, Anda perlu mendefinisikan niche Anda dengan jelas. Apakah Anda berfokus pada fashion selebriti, gaya hidup, berita, atau konten di balik layar?

Setelah Anda memiliki ceruk pasar yang jelas, lakukan pencarian di Instagram menggunakan kata kunci yang relevan dengan ceruk pasar tersebut.

Hal ini akan membantu menemukan akun yang sudah memiliki audiens yang serupa. Carilah berbagai akun besar dan kecil yang membahas topik yang serupa, karena persaingan bisa datang dari semua tingkatan.

Setelah mengidentifikasi kompetitor potensial, perhatikan lebih dekat strategi konten mereka. Periksa jenis konten yang mereka bagikan, apakah itu konten foto, video, atau cerita.

Perhatikan frekuensi posting mereka, kualitas visual, nada teks mereka, dan jenis keterlibatan yang mereka terima (suka, komentar, berbagi). Hal ini akan memberi Anda wawasan tentang apa yang sesuai dengan audiens dan dapat memandu upaya pembuatan konten Anda.

Menganalisa bagaimana pesaing berinteraksi dengan pengikut mereka dapat memberikan wawasan yang berharga. Lihatlah seberapa cepat mereka merespons komentar dan pesan.

Apakah mereka terlibat dalam percakapan dengan pengikut mereka atau mengadakan sesi tanya jawab langsung? Tingkat keterlibatan yang tinggi dapat mengindikasikan audiens yang loyal, yang merupakan sesuatu yang ingin Anda kembangkan juga.

Selain itu, mengukur sentimen audiens terhadap kompetitor dapat membantu Anda menemukan celah dalam penawaran saat ini yang dapat Anda manfaatkan.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like