Bisnis jasa digital marketing kini telah menjadi usaha yang tengah berkembang pesat dan cocok bagi orang-orang yang menekuni industri kreatif.
Sayangnya dengan banyaknya jasa digital marketing yang bermunculan akhir-akhir ini dengan berbagai keunikan dan kelebihan yang dimiliki, menjadikan pemilik bisnis yang serupa juga harus bertahan agar dapat bersaing dengan kompetitor baru atau lama.
Karenanya dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengembangkan jasa digital marketing akan bisa berkembang dalam waktu lama dan bersaing dengan kompetitor lainnya yang bergerak di industri yang sama.
Baca Juga : Cara Memulai Jasa Digital Marketing yang Menguntungkan
Banyaknya jasa digital marketing yang terus muncul dan berkembang akhir-akhir ini, menjadikan pebisnis mungkin memiliki kebingungan dalam memilih jasa yang sesuai dengan kebutuhan promosi yang dibutuhkan.
Di sisi lain, kemunculan kompetitor yang bergerak di bidang serupa, menjadikan jasa digital marketing yang telah muncul dalam waktu lama, juga mengalami kekhawatiran apabila klien yang dimiliki berpaling ke lain hati atau memilih jasa digital marketing lain.
Untungnya untuk mengatasi masalah tersebut, pemilik jasa digital marketing masih tetap bisa mengembangkan usaha yang dimiliki dengan menemukan keunikan yang berbeda dibandingkan kompetitor lainnya.
Misalnya apabila jasa digital marketing lain menawarkan layanan pengembangan social media bagi UMKM, maka anda bisa berfokus pada industri yang bergerak di bidang kreatif, dimana anda bisa menuangkan berbagai ide promosi yang lebih unik dan tidak terpikirkan sebelumnya.
Perbedaan ini akan memberikan keunikan bagi jasa digital marketing yang anda miliki, sehingga anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya.
Anda juga bisa menunjukkan kelebihan dari jasa digital marketing yang dimiliki dengan menunjukkan teknologi yang biasa anda gunakan, mulai dari tools analisa yang lebih lengkap untuk menganalisa data konsumen atau peralatan tambahan yang dapat membuat hasil konten promosi konsumen menjadi lebih menarik.
Cara ini akan membantu untuk meningkatkan keunikan dalam mengembangkan jasa digital marketing, sehingga memiliki kelebihan yang berbeda dibandingkan kompetitor lainnya.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mengenalkan anggota tim anda yang memiliki keahlian khusus di bidang tertentu dengan pengalaman yang lebih matang dan mumpuni, sehingga dapat membedakan dengan jasa digital marketing baru yang belum memiliki lebih banyak pengalaman yang serupa.
Tampilkan juga ulasan konsumen dari proyek sebelumnya, baik dari klien yang baru memulai usaha atau brand besar dengan banyak pelanggan, dimana testimoni yang baik akan membuat jasa anda terlihat meyakinkan dengan berbagai pencapaian yang dimiliki.
Tunjukkan juga pencapaian yang didapatkan bersama klien tersebut, misalnya saja target promosi yang tercapai dan membuat produk tertentu dikenal oleh banyak orang, sehingga menjadikan tolak ukur bahwa strategi yang anda gunakan mendapatkan hasil yang sesuai, sehingga menarik perhatian target konsumen yang menginginkan hasil yang serupa.
Anda juga dapat membangun komunitas yang berasal dari klien sebelumnya, dimana mereka bisa membagikan tips promosi atau membangun hubungan dengan konsumen, sehingga membantu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Jalinan komunikasi dengan klien sebelumnya yang terbangun dengan baik akan membantu jasa digital marketing anda memiliki keunikan berupa komunitas yang kuat dan terus menggunakan jasa anda dalam waktu lama.
Anda juga bisa mengembangkan komunitas tersebut dengan aktif mengadakan acara khusus dimana para anggota dapat melakukan tukar pikiran secara langsung atau mendapatkan ilmu baru yang dibagikan oleh ahli di bidangnya, sehingga kegiatan perkumpulan menjadi lebih bermanfaat.
Sebuah jasa digital marketing biasanya hanya berfokus pada satu layanan saja, misalnya saja pengembangan konten sosial media atau promosi untuk iklan di sosial media atau internet.
Meskipun begitu, calon klien mungkin saja menginginkan layanan tambahan yang tidak anda miliki, sehingga muncul sebuah kegalauan, apakah hendak menolak konsumen yang potensial karena kurangnya sumber daya atau menerimanya dengan resiko hasil promosi yang tidak sesuai.
Daripada bingung untuk menentukan keduanya, mengapa tidak melakukan kolaborasi dengan jasa digital marketing lainnya yang bergerak di bidang yang dibutuhkan oleh konsumen?
Dengan melakukan kolaborasi dengan jasa digital marketing lainnya, anda bisa mendapatkan keuntungan berupa penambahan klien, sehingga modal anda akan terus berputar dari berbagai klien baru.
Di samping itu, anda juga dapat memperluas koneksi yang dimiliki, sehingga anda dapat bertemu orang baru yang memiliki keterampilan unik dan bisa anda ajak kerjasama di kolaborasi yang akan datang.
Meskipun terlihat menguntungkan, melakukan kolaborasi jasa digital marketing juga dapat menimbulkan kerugian apabila anda tidak melakukan persiapan terlebih dahulu.
Misalnya saja, reputasi jasa digital marketing anda menjadi buruk karena kinerja agensi lain yang tidak tepat waktu sehingga promosi tidak muncul atau modal promosi diambil oleh jasa lainnya, sehingga anda tidak mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
Sehingga penting bagi anda untuk melakukan berbagai pertimbangan terlebih dahulu, melakukan kolaborasi dengan jasa digital marketing lain yang bergerak di bidang yang berbeda.
Pertama, anda perlu mengenal pemilik atau tim yang bergerak di jasa digital marketing lain, dimana anda bisa mengenalnya melalui pertemuan di event tertentu atau pernah bekerja sama sebelumnya, sehingga memudahkan untuk melakukan kolaborasi.
Tidak hanya itu, penting juga untuk mempelajari layanan dan cara kerja mereka, apakah mereka telah bekerja sesuai dengan ritme kerja yang sesuai serta hasil layanan yang ditawarkan ke konsumen serta hasil promosinya.
Anda tentunya tidak menginginkan kerjasama dengan klien yang dimiliki menjadi berantakan sebab ritme kerja yang berbeda dan hasil layanan yang kurang memuaskan.
Pengukuran hasil layanan ini juga bisa anda lihat melalui ulasan konsumen sebelumnya terhadap jasa digital marketing tersebut, sehingga bisa memastikan untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal.
Tidak hanya itu, perhatikan juga alat-alat yang mereka gunakan, apakah mereka menggunakan tools atau alat terbaru atau menggunakan alat lama yang memberikan hasil konten yang kurang maksimal.
Memiliki kesamaan alat atau tools promosi yang sama akan memudahkan anda untuk melakukan kolaborasi saat membuat produk tertentu.
Pertimbangkan juga biaya pembuatan konten yang ditawarkan oleh jasa digital marketing lain, sesuaikan dengan budget promosi yang ditawarkan oleh klien, sehingga anda bisa menawarkan harga yang relevan.
Lakukan juga pertemuan secara rutin untuk memastikan transparansi pengerjaan proyek yang dilakukan serta progres pengerjaan, dimana ini akan memandu anda memastikan bahwa pekerjaan dapat berjalan lancar sampai akhir tanpa kendala apapun.
Bagian terakhir adalah mengajukan kerjasama dan diskusi sebelum kegiatan kolaborasi dilaksanakan, mengingat mereka juga memiliki kesibukan dan klien sendiri, sehingga untuk memastikan bahwa proyek yang anda kerjakan bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala.
Setelah proyek bersama selesai dilakukan dan anda bisa mendapatkan hasil yang baik, maka anda bisa merayakannya dengan membuat acara perayaan yang menyenangkan.
Apresiasi ini nantinya juga akan membuat agensi digital marketing tersebut mau melakukan kerjasama proyek lain di masa yang akan datang dan membangun hubungan yang baik dalam waktu lama.
Sebagai seseorang yang bergerak di bidang jasa digital marketing, tentunya anda menginginkan mendapatkan banyak klien untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Di sisi lain, mendapatkan klien yang banyak tentunya tidak cukup, namun anda juga perlu memiliki klien yang loyal dan royal, dimana mereka akan terus menggunakan jasa promosi yang anda tawarkan, sehingga bisa memberikan keuntungan yang diinginkan.
Meskipun begitu, konsumen yang royal dan loyal tidak muncul begitu saja, namun mereka bertahan berkat layanan konsumen yang anda tawarkan, sehingga mereka terus kembali untuk menggunakan layanan anda.
Karenanya berikut beberapa layanan yang bisa anda tawarkan kepada klien untuk menciptakan konsumen yang royal dan loyal dalam waktu lama.
Sebagai seorang konsumen, tentunya anda menginginkan pelayanan cepat yang dapat membantu menyelesaikan masalah dengan cepat atau pertanyaan mengenai produk tertentu.
Hal ini juga berlaku saat calon klien menghubungi jasa digital marketing anda, dimana anda diharapkan untuk menjawab pertanyaan dan masalah klien dengan cepat, sehingga bisa menarik mereka untuk menggunakan jasa anda.
Sehingga penting bagi anda untuk menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat disaat mereka membutuhkannya untuk menjaring klien baru.
Anda bisa memulainya dengan menyediakan nomor, aplikasi, atau perangkat khusus yang dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat namun anda tidak merasa terganggu dengan kehidupan pribadi yang dimiliki.
Manfaatkan juga fitur bot yang bisa dipasang di platform pemasaran seperti Whatsapp, Instagram, atau Website yang memungkinkan konsumen mendapatkan jawaban dari berbagai pertanyaan-pertanyaan dasar seputar jasa anda, sehingga anda tidak perlu berjaga sepanjang waktu untuk menjawab berbagai pertanyaan yang masuk.
Tidak hanya itu, tentukan juga waktu untuk menjawab pertanyaan konsumen di waktu jam kerja, sehingga anda bisa bekerja secara profesional dan mendapatkan waktu luang untuk beristirahat.
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memberikan layanan terbaik ke konsumen sebagai pemilik jasa digital marketing adalah menyediakan berbagai saluran komunikasi yang bisa diakses dengan mudah oleh konsumen.
Misalnya saja, anda bisa memanfaatkan aplikasi Whatsapp yang memudahkan konsumen untuk melakukan komunikasi secara langsung setelah melakukan klik pada tautan tertentu, sehingga mereka dapat terhubung dengan anda secara cepat.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan fitur direct message yang membantu konsumen yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan sebelum melakukan komunikasi lebih lanjut di Whatsapp.
Sehingga pastikan untuk memeriksa pesan masuk di berbagai sosial media secara rutin guna memastikan semua pertanyaan konsumen yang masuk bisa dijawab dengan cepat di waktu kerja.
Selain itu, apabila anda memiliki website untuk mempromosikan jasa digital marketing yang dimiliki, maka pastikan juga untuk memasang fitur chatbot yang membantu untuk menjawab berbagai pertanyaan dasar dari konsumen yang masuk, sehingga memudahkan mereka untuk mengenal brand dan jasa anda sebelum melakukan kerjasama lebih lanjut.
Seorang pebisnis yang melakukan kerjasama dengan jasa digital marketing terkadang belum mengetahui alur kerja promosi digital, sebab mereka lebih fokus pada pengembangan produk dan pelayanan ke konsumen.
Sehingga sebagai pemilik jasa digital marketing, maka penting bagi anda untuk melakukan pertemuan dan diskusi secara rutin untuk memastikan klien memahami alur strategi pemasaran digital untuk meningkatkan komunikasi satu sama lain.
Lakukan pertemuan dan diskusi minimal seminggu sekali untuk menjelaskan progress pengerjaan strategi pemasaran yang anda kerjakan, sehingga klien juga mengetahui bahwa promosi mereka berada di orang yang tepat.
Tidak hanya itu, anda juga perlu menjelaskan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi produk berbayar yang mungkin lebih murah atau mahal tergantung durasinya, sehingga anda perlu menjelaskannya agar mudah diterima oleh klien.
Seorang klien yang baru menggunakan jasa digital marketing untuk mempromosikan produk atau jasa secara online, mungkin saja mengalami kesulitan dalam memahami hasil promosi menggunakan bahasa yang rumit dan istilah yang belum pernah mereka dengan sebelumnya.
Sehingga penting bagi anda untuk menyampaikan hasil mereka dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh konsumen.
Mulailah dengan mengidentifikasi poin-poin penting ke klien Anda, fokuslah pada hasil dari pekerjaan Anda, sehingga mudah dipahami oleh mereka.
Manfaatkan juga visual seperti grafik dan infografis untuk memecah informasi menjadi bagian-bagian yang mudah dicerna. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman, tetapi juga membuat klien tetap terlibat selama presentasi atau laporan.
Jaga juga agar bahasa Anda tetap sederhana dan mudah dipahami, hindari jargon yang dapat menimbulkan kebingungan. Analogi dan contoh dunia nyata dapat memperjelas konsep, membuat wawasan Anda lebih beresonansi dengan audiens Anda.
Dalam dunia pemasaran digital yang serba cepat, memahami kompetitor dari klien menjadi sebuah keharusan, dimana jasa digital marketing perlu melakukannya untuk menganalisa pesaing yang dimiliki untuk mendapatkan wawasan yang dapat mengembangkan bisnis yang dimiliki.
Dengan melakukan analisa kompetitor untuk klien, maka anda akan membantu untuk mengungkapkan strategi, memahami kekuatan dan kelemahan kompetitor, sehingga klien anda mendapatkan perhatian dari konsumen.
Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari analisa kompetitor, anda juga mungkin memerlukan alat yang canggih untuk membantu menganalisa kinerja sosial media pesaing dan strategi promosi yang mereka lakukan.
Dimana data ini akan membantu untuk menyusun pendekatan khusus yang sesuai dengan target audiens dan menghindari jebakan yang mungkin dihadapi pesaing.
Jasa digital marketing juga dapat menggunakan alat tersebut untuk mengidentifikasi konten yang sedang tren dan platform populer yang sedang digunakan oleh konsumen melalui analisis pesaing.
Dengan memanfaatkan strategi yang berhasil bagi orang lain, bisnis dapat menyempurnakan taktik mereka sendiri dan mendorong tingkat keterlibatan yang lebih tinggi.
Selain itu, jasa digital marketing juga dapat membantu klien untuk memantau perubahan dalam lanskap persaingan dengan kompetitor.
Pembaruan rutin tentang aktivitas pesaing dapat menginformasikan perubahan cepat dalam strategi pemasaran, memastikan bahwa bisnis tetap berada di depan kurva.
Dalam dunia digital marketing yang serba cepat, memanfaatkan alat yang tepat dapat meningkatkan strategi promosi dan mendorong hasil yang luar biasa.
Penggunaan layanan digital marketing yang cerdas tidak hanya meningkatkan hasil konten promosi untuk klien namun juga meningkatkan cara nilai produk dari konsumen.
Anda bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi edit foto yang membantu untuk membuat konten menjadi lebih menarik, tidak terlihat membosankan, dan dapat menampilkan ciri khas produk yang dimiliki oleh klien.
Misalnya saja anda bisa menggunakan Canva untuk mengedit konten secara sederhana dalam waktu cepat atau menggunakan aplikasi Adobe Photoshop untuk memberikan hasil konten foto yang terlihat lebih profesional saat dipajang di sosial media atau website brand milik klien.
Anda juga bisa membantu agar konten dapat diunggah secara tepat waktu pada tanggal yang telah dijadwalkan menggunakan platform Hootsuite, dimana mereka memberikan bantuan untuk menjadwalkan konten di waktu yang tepat.
Penggunaan Hootsuite juga akan membantu anda untuk mendapatkan hasil analisa konten yang lebih detail dan informatif, sehingga memudahkan untuk memberikan presentasi ke konsumen.
Tidak hanya itu, apabila anda diminta untuk mengembangkan website brand milik konsumen, maka anda bisa memanfaatkan platform SEMrush yang membantu untuk melakukan analisa kata kunci, sehingga konten anda dapat terhubung dengan target audience yang tepat.
Melalui pendekatan dengan analisa yang sesuai, maka akan membantu anda untuk menyesuaikan strategi berdasarkan data terbaru, sehingga anda dapat menyesuaikan strategi apabila terjadi penurunan serta melakukan optimasi yang sesuai untuk menyukseskan promosi yang dilakukan saat ini
Manfaatkan juga berbagai aplikasi edit video seperti Capcut untuk mengedit konten dengan mudah dan cepat untuk promosi pemasaran yang sesuai.
Penggunaan aplikasi edit video dengan template yang kekinian juga dapat membantu untuk menghasilkan konten yang menarik, sehingga menaikkan interaksi dengan konsumen serta membuka peluang agar konten anda disebarkan ke khalayak luas untuk memperluas jangkauan ke target konsumen yang diinginkan.
Meskipun platform digital marketing memberikan kemudahan bagi jasa digital marketing untuk membuat konten yang menarik, namun anda perlu melakukan berbagai pertimbangan dalam memilih aplikasi yang sesuai.
Misalnya saja, anda bisa memulainya dengan menganalisa fitur yang dimiliki, pertimbangkan apakah layanan tersebut akan anda gunakan dalam waktu lama atau sementara saja.
Pemilihan aplikasi edit konten yang sesuai dengan fitur yang dimiliki, tentunya akan menghemat pengeluaran anda saat melakukan biaya berlangganan sehingga lebih menghemat biaya.
Dalam dunia digital marketing, mengetahui trend terbaru menjadi sangat penting dalam membuat strategi pemasaran untuk klien.
Dalam mengetahui trend pemasaran terbaru yang sesuai, jasa digital marketing tidak hanya menghabiskan waktu untuk melakukan scrolling di sosial media, namun penting juga untuk menganalisa perilaku konsumen,pergeseran pasar, dan teknologi yang sedang berkembang.
Sehingga dengan memanfaatkan alat analisa dan memantau interaksi di media sosial, jasa digital marketing dapat menentukan apa yang sedang populer dan apa yang tidak, agar memastikan klien mereka tidak ketinggalan.
Tidak hanya itu, jasa digital marketing juga dapat membandingkan metrik kinerja di berbagai sektor, sehingga dapat menyesuaikan strategi mereka untuk memenuhi dan melampaui ekspektasi klien.
Seseorang yang bergerak di bidang digital marketing juga perlu untuk terhubung dengan komunitasnya agar tetap terhubung dengan informasi terbaru di dunia pemasaran.
Kegiatan ini juga akan membantu untuk memberikan wawasan tentang tren yang akan datang dan peluang yang muncul, sehingga dapat mendorong strategi pemasaran merek ke depan.
Untuk memaksimalkan efektivitas dalam promosi di sosial media, jasa digital marketing juga pelru melakukan integrasi dengan berbagai trend baru di platform social media yang berbeda.
Dimana dengan memahami dimana demografi yang sesuai dengan klien, maka mereka dapat menyesuaikan konten yang berbicara langsung target audience, sehingga hasil promosi menjadi lebih maksimal dan brand milik klien mudah dikenal oleh target konsumen.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.