facebook ads
|

10+ Cara Mengoptimalkan Facebook Ads Bagi Pemula [2023]

Jika Anda memiliki bisnis, Anda perlu mengetahui strategi promosi yang baik secara online maupun offline.

Salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda secara online yaitu dengan memanfaatkan social media marketing. Tujuannya agar bisa menjangkau target audiens Anda lebih luas, hemat dari segi biaya, dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan Facebook sebagai platform media sosial, Anda dapat memanfaatkan Facebook Ads.

Karena dalam dunia marketing sudah tidak asing lagi dengan Facebook Ads, dan banyak para pebisnis yang memanfaatkan untuk mempromosikan produknya.

Selain itu juga, jangkauan Facebook Business terus menarik lebih banyak pengguna setiap tahun karena Keefektifannya.

Menurut data dari situs hubspot, Pada tahun 2022 Facebook Ads memiki pengguna aktif sebanyak 2,91 miliar di seluruh dunia. Pertumbuhan dari tahun ketahun semakin meningkat sebanyak 6,2% dari 2,74 miliar pengguna tahun 2021.

Nah, Jika Anda mengoptimalkan Facebook Ads, maka Anda dapat menarik pelanggan dan akan melakukan repeat order. Untuk lebih jelas bagaimana konsep dan cara menggunakan Facebook Ads yang benar untuk pemula. Yuk simak berikut ini!

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis?

Orang Indonesia sangat tertarik pada berbagai platform media sosial yang tersedia. Dimulai dari media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Penggunaan media sosial ini tidak hanya bisa mencari informasi dan hiburan saja.

Adanya potensi yang luar biasa ini, akhirnya para pengembang platform media sosial mulai menawarkan peluang bisnis. Sehingga saat ini, setiap platform menawarkan beragam fitur untuk bisnis, seperti Facebook for Business.

Mark Zuckerberg mengembangkan Facebook for Business dengan tujuan untuk membantu para pebisnis yang ingin mengiklankan, menawarkan, dan menjual produknya melalui media sosial.

Menurut laporan data, pada tahun 2022 Facebook memiliki jumlah pengguna tertinggi di antara platform media sosial lainnya di Indonesia yakni sebesar 70%.

Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan platform media sosial ini untuk mempromosikan bisnis.

Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis

Nah, berikut adalah beberapa cara menggunakan media sosial seperti Facebook untuk bisnis Anda:

1. Anda Perlu Mengoptimalkan Akun Fanpage

Hal yang perlu Anda lakukan agar bisa memaksimalkan Facebook bisnis Anda yaitu dengan memanfaatkan fanpage dengan baik. Dengan begitu bisnis Anda akan terlihat lebih profesional, kredibel dan lebih mudah saat mempromosikan atau menjual produk.

2. Manfaatkan Facebook Ads Untuk Promosi

Setelah Anda membuat fanpage, Anda dapat menggunakan fitur Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis Anda, serta dapat meningkatkan brand awareness.

Dengan menggunakan Fitur Facebook Ads Anda dapat menargetkan audiens sesuai dengan bisnis Anda hingga hasilnya akan lebih optimal.

3. Perlu Membuat Foto dan Video Dengan Kualitas Tinggi

Jika Foto dan video Anda memiliki kualitas tinggi, maka saat membuat bisnis akan terlihat lebih profesional. Oleh karena itu, Anda harus memastikan hasil gambar dan videonya bagus dari setiap produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, saat mempromosikan produk Anda perlu menggunakan foto atau video di fanpage Facebook, pastikan Anda menambahkan deskripsi dari masing-masing foto atau video agar terlihat lebih baik.

4. Tinjau Hasil Statistik Fanpage Anda

Jika Anda telah menjalankan akun fanpage bisnis cukup lama, maka Anda perlu melihat tampilan statistik fanpage secara real time.

Adanya statistik pada fanpage ini yaitu agar Anda dapat memantau jumlah pengunjung, kinerja iklan Anda, dan dapat melihat data demografis seperti jenis kelamin, usia, lokasi dan latar belakang pendidikan.

Dengan memanfaatkan data yang tersedia, strategi dapat dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang optimal dari Facebook untuk perusahaan.

Tinjau Hasil Statistik Fanpage Anda

5. Posting Konten di Waktu yang Tepat

Sebelum memposting konten, Anda harus memastikan waktu yang tepat. Anda harus meriset dengan baik agar mendapatkan jam-jam yang potensial saat membagikan konten bisnis.

Dengan begitu akun facebook Anda bekerja hingga jangkauannya lebih luas.

6. Berikan Konten Inspirasi Kepada Audiens

Membuat cerita yang unik dan menarik sangatlah penting agar Anda Anda dapat terhubung dengan audiens. Jika Anda menggunakan storytelling dalam bisnis, maka Anda dapat menginspirasi setiap pelanggan.

Jika Anda ingin meningkatkan kinerja algoritme Facebook, maka pastikan untuk membuat konten yang berkualitas, ajukanlah pertanyaan antara brand dengan audiens untuk meningkatkan engagement Anda.

Selain itu, Anda juga harus membuka kesempatan bagi audiens untuk memberikan feedback, serta Anda harus menyampaikan informasi tersebut dengan bukti data atau statistik agar lebih valid.

7. Lakukan Testing Konten Organik

Jika Anda sudah lama mengelola halaman Facebook, maka Anda perlu untuk mengantisipasi konten mana yang akan berhasil saat menggunakan Facebook ads manager. Selain itu juga membantu meninjau setiap postingan iklan Anda.

Dengan konten organik, Anda dapat melakukannya melalui Creator Studio Facebook dengan mengakses Post Testing pada menu Content Library.

Untuk perbandingan Anda perlu memilih beberapa konten di halaman Facebook. Pilih metrik yang sesuai dan tentukan durasi testing Anda.

Pengertian Facebook Ads

Sesuai penjelasan diatas, bahwa salah satu cara menggunakan Facebook yang benar untuk bisnis bisa menggunakan iklan atau Facebook Ads. Nah, kali ini akan lebih detail membahas mengenai Facebook Ads.

Facebook Ads merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu Anda dalam mempromosikan halaman bisnis, serta membuat situs web Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur, karena sesuai target yang diinginkan.

Beriklan di Facebook Ads bisa melalui teks, foto, video, spanduk, dan format lainnya.

Umumnya, iklan ini ditampilkan di bagian sidebar atau antara konten. Banyak perusahaan saat ini menggunakan Facebook Ads untuk menjangkau audiens.

Jika Anda memanfaatkan Facebook Ads, maka Anda bisa mengembangkan bisnis dengan baik dan benar. Mulai dari pengenalan brand jadi lebih luas, tingkat konversi akan lebih tinggi, lebih banyak tayangan, dan peningkatan traffic.

Pengertian Facebook Ads

Manfaat Facebook Ads

Jika Anda ingin mempromosikan produk atau jasa Anda, maka Facebook Ads sangat cocok ada jutaan pengguna yang aktif Facebook. Apalagi Facebook kini bersatu dengan Instagram, sehingga iklan Anda juga akan terhubung di kedua platform.

Dengan Facebook Ads, Anda mendapatkan akses ke berbagai jenis iklan yang dapat disesuaikan untuk membantu mencapai tujuan Anda. Facebook Ads juga menawarkan keuntungan lain, seperti:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Indonesia adalah negara ke-4 yang paling aktif di Facebook, dan memiliki jumlah pengguna di media sosial terbanyak di dunia.

Sehingga, platform ini dapat membantu untuk mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan brand awareness hingga mendatangkan leads.

2. Iklan Lebih Tertarget

Dengan menggunakan Facebook Ads, Anda akan menemukan fitur untuk mengatur siapa target iklan Anda secara detail seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat.

Melalui iklan yang ditargetkan,brand Anda dapat terjangkau lebih luas dan audiens akan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Contoh, jika produk Anda dirancang untuk pria dan orang yang melihat iklan Anda adalah wanita, maka kemungkinan besar akan diabaikan. Namun, jika iklan disesuaikan dengan audiens yang dituju, maka Anda bisa menghasilkan leads.

3. Budget Bisa Disesuaikan

Salah satu keuntungan besar saat menggunakan Facebook ads yaitu Anda dapat menyesuaikan anggarannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tips promosi saat memulai bisnis.

Bahkan dengan anggaran terbatas, Anda sudah bisa beriklan. Kemudian, Facebook Ads juga dapat melihat hasil estimasi dan jangkauan dari budget yang Anda keluarkan.

4. Penargetan Pasar Efektif

Memanfaatkan Facebook Ads ini sangat mudah, namun efeknya bisa sangat besar untuk bisnis Anda. Salah satu kelebihan ini adalah membantu mempromosikan produk dan menjangkau audiens yang diinginkan.

5. Jangkauan Lebih Luas

Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, mulai dari lokal bahkan internasional. Dengan begitu Anda akan mudah untuk mengakses berbagai destinasi di seluruh dunia dalam waktu singkat.

jangkauan facebook ads

6. Adanya Akses Analisa

Saat mempelajari cara menggunakan iklan FB, Anda akan mendapatkan akses ke analisis lanjutan yang membantu melacak keberhasilan iklan Anda.

Perlu disebutkan bahwa tidak semua iklan berhasil membujuk orang untuk membeli. Jika kampanye gagal, maka FB Ads menawarkan layanan analitik untuk mengevaluasi kinerja iklan Anda.

Dengan mengevaluasi keberhasilannya, Anda dapat mengambil keputusan apakah iklan ini diteruskan atau membuat kampanye baru.

7. Iklan Bisa Ditampilkan dengan Berbagai Format Baik Foto Maupun Video

Di Facebook Ads, Anda dapat membuat iklan dari berbagai format foto, video, dan carousel dengan banyak gambar. Ketika Anda semakin kreatif dengan iklan yang Anda buat, maka hal ini dapat meningkatkan visibilitasnya.

8. Dapat Diukur

Dengan Facebook Ads, Anda dapat melacak kinerja iklan Anda. Saat Anda menyelesaikan kampanye, Anda dapat meninjau detail seperti jangkauan, klik, suka, dan konversi.

Untuk mengukur keberhasilan, Facebook Pixel perlu ditambahkan ke situs web Anda.

9. Anda Dapat Membangun Keterlibatan

Iklan dapat memperluas jangkauan pasar Anda dan meningkatkan keterlibatan dengan calon pembeli. Hal ini dapat dilihat melalui komentar, suka, dan berbagi yang dihasilkan sebagai tanggapan terhadap iklan Anda.

Jenis Facebook Ads

Agar berhasil memasarkan produk atau layanan secara online, penting untuk menyertakan Facebook Ads dalam rencana Anda. Hal ini memastikan bahwa iklan Anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dan target audiens.

Iklan memiliki tujuan yang unik seperti mendapatkan penjualan, menambah leads, dan lain sebagainya. Facebook memiliki berbagai pilihan jenis iklan untuk mencocokkan hasil yang diinginkan Anda.

Jenis Facebook Ads

Berikut ini akan membedakan iklan berdasarkan di mana iklan tersebut ditempatkan :

1. Page Post Engagement (PPE)

Iklan jenis ini membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak suka, komentar, dan berbagi. Selain itu juga, jenis pemasaran ini memungkinkan Anda untuk menargetkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan saat ini.

Dengan mempelajari statistik insight, Anda dapat menemukan bagaimana pelanggan bereaksi terhadap apa yang telah dibuat.

Iklan PPE dapat membantu Anda untukmemahami cerita dan konten mana yang ditanggapi oleh pelanggan. Dengan begitu Anda dapat menawarkan sesuai apa yang mereka sukai.

2. Page Like

Selanjutnya jenis page like yang bertujuan untuk membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Semakin banyak suka yang dimiliki akun, semakin kredibel akun itu akan muncul.

3. Click to Website

Jika tujuan Anda adalah membawa orang langsung ke situs web Anda, coba jalankan jenis iklan ini. Iklan ini memiliki tombol Call To Action yang menautkan langsung ke situs website Anda.

4. Website Conversion

Conversion situs web adalah cara untuk mendapatkan subscription, add to cart, dan purchase dari pengguna situs web Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan traffic situs web.

Website Conversion

5. Event Response

Iklan Facebook ini sangat bagus untuk menargetkan audiens saat mempromosikan acara yang akan berlangsung.

6. Apps Instal

Apakah Anda ingin meningkatkan unduhan aplikasi Anda? Coba gunakan Facebook Ads jenis Apps instal. Jenis iklan ini akan mendorong orang untuk mengunduh aplikasi Anda.

7. Video Ads

Video Ads adalah cara yang efektif agar dapat menjangkau audiens lebih luas. Jika audiens dapat menikmati video Anda, maka mereka dapat didorong untuk mengklik tautan situs web Anda.

8. Lead Ads

Lead Ads adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kontak seperti email, nama, dan no HP.

Facebook akan menyediakan beberapa data yang diperlukan, sehingga memudahkan prospek Anda karena mereka hanya perlu mengklik daftar dan submit untuk mengirimkan informasi mereka kepada Anda.

9. Automated Ads (Iklan Otomatis)

Iklan ini dibuat menggunakan AI, dengan proses yang tidak rumit. Hal ini memiliki tampilan yang tidak dibatasi.

Saat Anda mulai menggunakan Automated Ads, Anda harus memberikan informasi seperti detail bisnis Anda, tujuan, topik yang kemungkinan besar akan disukai oleh audiens Anda, jenis materi iklan yang unik dan kreatif, dan anggaran harian Anda.

Iklan otomatis difokuskan untuk menghasilkan leads, kunjungan situs web, dan reservasi atau booking.

Cara Membuat Facebook Ads

Pelaku bisnis sering kesulitan menggunakan Facebook Ads karena kurangnya pengalaman.

Cara Membuat Facebook Ads

Nah, diwaktu yang tepat kami akan membantu Anda untuk membuat Facebook Ads dengan baik dan benar. Berikut ini, ada empat langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Buat Halaman Facebook

Jika Anda sudah memiliki profil Facebook untuk bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuat halaman bisnis. Jika Anda tidak memilikinya, buatlah terlebih dahulu.

Untuk membuat halaman bisnis pada akun yang sudah ada, buka Menu Halaman dan pilih halaman yang memenuhi kebutuhan Anda.

Saat membuat halaman bisnis atau merek, Anda harus memberikan informasi yang lengkap dan akurat seperti nama, kategori, alamat, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu audiens untuk menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah.

2. Masuk ke Laman Facebook Ads

Setelah itu, buka halaman Facebook Ads Manager. Anda harus masuk ke akun Anda terlebih dahulu sebelum mengelola iklan. Jadi, pastikan bahwa itu adalah akun bisnis Anda. Dengan begitu Anda siap untuk membuat kampanye iklan.

3. Buat dan Tentukan Kampanye

Saat membuat iklan, ada tiga langkah penting yaitu memulai kampanye, ad set, dan membuat iklan. Semuanya dimulai dengan mengidentifikasi sasaran secara spesifik untuk kampanye Anda.

Misalnya, Anda memilih campaign website traffic yang artinya mendorong orang agar mengunjungi situs Anda. Satu kampanye dapat mencakup satu atau lebih pada ad sets.

Selanjutnya, Anda dapat membuat ad sets, lalu tentukan di mana Anda ingin iklan tersebut dilihat seperti situs web, aplikasi, Messenger atau WhatsApp.

Tetapkan jumlah anggaran (Anda bisa memilih harian atau sepanjang promosi), tanggal mulai, dan tanggal akhir. Setelah itu, pilih audiens target Anda berdasarkan lokasi, jenis kelamin, demografi, minat, atau perilaku.

Berikutnya, siapkan ads melalui pengaturan iklan, Anda bisa pilih identitas halaman, pilih format, lalu masukkan materi iklan Anda. Dengan begitu iklan kampanye Anda siap digunakan.

kampanye iklan

4. Lakukan Pembayaran

Sebelum kampanye FB Ads Anda dapat ditayangkan, Anda harus menyelesaikan langkah terakhir yaitu pembayaran. Pembayaran ini dapat dilakukan dengan kartu debit atau kredit atau metode alternatif.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Facebook Ads?

Ada beberapa proses yang harus Anda ikuti, jika Anda ingin mengoptimalkan Facebook Ads dengan tujuan meningkatkan penjualan.

Jika ingin biaya promosi mendapatkan hasil terbaik, maka Anda perlu menambahkan langkah-langkah berikut ini:

1. Masukkan Facebook Video Ads

Untuk membuat kampanye yang sukses, gunakan visual video yang akan menarik minat audiens Anda. Manfaatkan topik yang sedang tren untuk iklan Anda.

2. Manfaatkan Iklan Multi Produk

Kemudian, Anda harus mengoptimalkan kampanye Anda dengan beberapa fitur, seperti fitur iklan multi-produk tujuannya untuk membantu Anda menampilkan lebih banyak produk di setiap kampanye.

3. Memberikan Penawaran Menarik

Menawarkan diskon atau potongan harga adalah cara paling efektif untuk beriklan di Facebook. Metode ini lebih menarik bagi konsumen daripada jenis promosi lainnya.

4. Gunakan Facebook Pixel

Pernahkah Anda menggunakan Facebook Pixel? Jika ya, ini bisa sangat membantu dalam mengoptimalkan Iklan Facebook Anda!

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi mereka yang melihat iklan Anda dan mengarahkan pada target pasar tertentu.

Jangan khawatir jika Anda tidak yakin bagaimana menyusun iklan promosi Anda. Facebook pixel memungkinkan Anda melacak data dan menargetkan ulang audiens saat Anda mulai mengoptimalkan Iklan Facebook Anda.

5. Gunakan Fitur CTA

Apa itu CTA? CTA adalah cara yang efektif untuk menarik konsumen hingga melakukan pembelian. Umumnya, menggunakan CTA atau call to action ini dilakukan secara personal. Dengan begitu konsumen akan lebih diprioritaskan.

6. Retargeting Ads

Pernahkah Anda melihat iklan dari situs web yang muncul di halaman beranda Facebook Anda? Nah, itu termasuk hasil dari Re-Targeting Ads situs tersebut.

Dengan Re-Targeting Ads, seluruh pengunjung web akan menampilkan iklan di timeline Facebook berdasarkan kriteria seperti usia dan jenis kelamin. Dengan begitu pengunjung web akan melihat iklan situs web yang mereka kunjungi secara teratur.

Cara ini sekarang banyak diadopsi oleh pedagang, terutama perusahaan besar. Misalnya, apa yang dilakukan Lazada, Tokopedia, dan Shopee. Bukan hal yang aneh melihat iklan mereka di halaman Facebook Anda, bukan?

7. Pilih Warna Latar yang Mampu Menarik Perhatian Pengunjung

Anehnya, warna latar belakang pada Iklan Facebook dapat memengaruhi apakah calon pembeli memutuskan untuk melakukan pembelian atau tidak. Nah, warna putih ini adalah salah satu warna yang paling kuat.

Pakar periklanan merekomendasikan penggunaan warna putih dalam iklan Anda karena menonjol dan dapat menghasilkan lebih banyak klik.

8. Tampilkan Testimoni Pembeli

Saat berbelanja online, kualitas produk mungkin yang Anda pertimbangkan pertama kali, benar bukan? Nah, untuk menentukan apakah produk itu sesuai dengan standar Anda, maka Anda memerlukan semacam bukti.

Memanfaatkan testimonial pelanggan adalah cara yang efektif untuk menunjukkan kualitas produk dalam pemasaran online. Anda dapat menampilkan testimonial ini sebagai bagian dari kampanye Iklan Facebook Anda.

Calon pelanggan akan sering membaca testimonial. Tanggapan positif dapat mengarah pada penjualan.

menampilkan testimoni

9. Lookaline Audience

Lookaline audience adalah layanan hebat yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari iklan Facebook Anda. Hasil sistemnya sangat menguntungkan, jadi pasti patut dicoba.

Looklike audience merupakan alat yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan penargetan iklan baru berdasarkan data konsumen yang ada. Misalnya, jika Anda memiliki informasi pelanggan, fitur ini akan membantu Anda membuat iklan baru yang diarahkan pada audiens.

10. Kelola Tayangan Iklan dengan Fitur Ad Schedule

Menurut Anda, apakah mungkin seseorang akan menonton iklan pada larut malam? Ini tidak mungkin karena tidak banyak burung hantu malam, sehingga sulit untuk menjangkau audiens target Anda.

Agar Anda tidak salah sasaran atau jadwal iklan, Anda perlu memanfaatkan fitur Ad Schedule yang dapat membantu Anda untuk berhasil menampilkan iklan yang meningkatkan konversi. Ad Schedule juga memastikan bahwa kampanye Anda akurat dan tepat sasaran.

Nah, Anda sekarang sudah tahu bagaimana cara mengoptimalkan Facebook Ads bagi pemula. Mari kita praktikkan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Frequently Asked Question

Facebook Ads Itu Apa

Facebook Ads merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu Anda dalam mempromosikan halaman bisnis, serta membuat situs web Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur, karena sesuai target yang diinginkan.

Facebook Ads Cara Mengoptimalkan

1. Masukkan Facebook Video Ads
2. Manfaatkan Iklan Multi Produk
3. Memberikan Penawaran Menarik
4. Gunakan Facebook Pixel
5. Gunakan Fitur CTA
6. Retargeting Ads
7. Pilih Warna Latar yang Mampu Menarik Perhatian Pengunjung
8. Tampilkan Testimoni Pembeli
9. Lookaline Audience
10. Kelola Tayangan Iklan dengan Fitur Ad Schedule

Similar Posts