10 Cara Menjadi Content Writer yang Sukses dan Profesional

Jika Anda memiliki bakat menulis, tapi bingung bagaimana caranya agar bisa menjadi penulis konten profesional.

Nah, perlu diketahui bahwa kemampuan menulis saja tidak akan menjamin Anda masuk ke dunia kerja profesional.

Hal yang perlu Anda perhatikan sebagai seorang penulis konten yaitu harus memiliki berbagai keterampilan tambahan, termasuk melakukan riset kata kunci untuk menentukan topik yang paling banyak dicari oleh audiens.

Content writer sendiri adalah profesi yang populer di era digital. Banyak orang yang tertarik menjadi penulis konten untuk mendapatkan uang dari rumah. Karena ini adalah pekerjaan yang bagus dan Anda tidak perlu pergi ke kantor atau lokasi.

Untuk itu artikel ini, akan menjelaskan cara menjadi content writer yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak!

Apa itu Content writer?

Content writer adalah seorang profesional yang membuat dan mengelola konten tertulis untuk bisnis dan organisasi Anda. Mereka menggunakan keterampilan menulis mereka untuk mengkomunikasikan ide, informasi, dan cerita informatif serta menarik.

Penulis konten dapat mengerjakan berbagai proyek, termasuk posting blog, artikel, salinan situs web, posting media sosial, dan materi pemasaran.

Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk mengedit dan mengoreksi konten, serta mengembangkan strategi konten.

Untuk menjadi penulis konten yang sukses, Anda harus memiliki keterampilan menulis yang kuat, serta kemampuan untuk meneliti topik, memahami target audiens, serta menulis dengan gaya yang jelas dan ringkas.

Anda juga harus dapat bekerja secara mandiri dan memenuhi tenggat waktu.

Cara Menjadi Content Writer

Lalu, bagaimana cara menjadi content writer yang terampil? Tenang! Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Anda Harus Bisa Menguasai Skill, Khususnya Content Writer

Menguasai keterampilan yang harus dimiliki oleh penulis konten sangat penting untuk sukses di bidang ini. Nah, berikut ini ada beberapa skill yang harus Anda kuasai. Yuk simak!

Memahami SEO

Untuk menguasai keterampilan memahami SEO sebagai penulis konten, Anda perlu tahu bahwa SEO adalah singkatan dari search engine optimization, yaitu praktik mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil mesin pencari.

Ada tiga jenis SEO yang bermanfaat bagi keberhasilan strategi pencarian organik dan posisi situs web di mesin pencari yaitu SEO On Page, SEO teknis, dan SEO Off Page.

Penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang ketiga jenis SEO dan menerapkannya pada situs web bisnis Anda.

Hal ini akan membantu Anda mengelola rencana pengoptimalan halaman situs web secara efektif, menerapkan strategi pemasaran digital, dan memastikan situs web Anda mudah ditemukan oleh pelanggan.

Kreatif

Selanjutnya adalah kreatif, Anda harus bisa menguasai keterampilan. Kreativitas memungkinkan Anda untuk berpikir di luar kebiasaan dan menghasilkan ide-ide unik untuk konten Anda.

Hal ini membantu Anda untuk melibatkan audiens Anda dan membuat mereka tetap tertarik dengan apa yang Anda katakan.

Ketika Anda kreatif, maka Anda bisa membuat tulisan lebih menarik dan mudah diingat, memastikan bahwa pesan Anda beresonansi dengan pembaca.

Untuk meningkatkan kreativitas Anda sebagai penulis konten, cobalah mengeksplorasi berbagai perspektif, bertukar pikiran, dan bereksperimen dengan gaya penulisan yang berbeda.

Kemudian, lakukan riset agar bisa menemukan sudut pandang atau wawasan baru yang dapat menambah nilai pada konten Anda. Manfaatkan sumber-sumber terpercaya seperti buku, artikel ilmiah, dan situs web terkemuka untuk mengumpulkan informasi dan mendukung klaim Anda.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan riset, semakin kuat konten Anda.

Skill Content Writer yaitu kreatif

Detail

Keterampilan yang harus dimiliki oleh penulis konten yaitu harus detail. Penulis konten harus memiliki ketajaman dalam memperhatikan detail untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi dan akurat.

Memperhatikan detail terkecil akan memastikan bahwa informasi yang disajikan menyeluruh dan dapat diandalkan.

Dengan menguasai keterampilan ini, penulis konten dapat mengkomunikasikan pesan mereka secara efektif dan melibatkan audiens mereka.

Rutin baca buku

Untuk menjadi penulis konten yang terampil, Anda harus rutin membaca buku. Membaca memungkinkan Anda untuk memperluas kosakata Anda, meningkatkan gaya penulisan Anda, dan mendapatkan pengetahuan tentang berbagai subjek.

Dengan membaca berbagai genre dan penulis yang berbeda, Anda dapat mengamati berbagai teknik penulisan dan belajar bagaimana melibatkan pembaca Anda secara efektif.

Membaca buku secara teratur akan membantu Anda meningkatkan kosakata Anda. Paparan terhadap berbagai macam kata dan frasa memungkinkan Anda untuk mengekspresikan ide-ide Anda dengan lebih tepat dan kreatif.

Hal ini juga membantu Anda memahami nuansa bahasa, sehingga Anda dapat memilih kata-kata yang paling tepat untuk konten Anda.

Membaca buku dapat meningkatkan gaya penulisan Anda secara signifikan. Dengan mempelajari tulisan dari penulis ulung, Anda bisa belajar bagaimana menyusun kalimat, membuat alur cerita yang menarik, dan mengembangkan karakter yang menarik.

Selain itu, membaca juga membantu Anda memahami pentingnya pacing, dialog, dan bahasa deskriptif dalam menciptakan konten yang menawan.

Membaca buku juga memberi Anda pengetahuan yang berharga tentang berbagai subjek. Hal ini memperluas perspektif Anda dan membekali Anda dengan banyak informasi yang dapat Anda masukkan ke dalam tulisan Anda.

Tak hanya itu, membaca buku membantu Anda mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Ketika Anda terlibat dengan ide dan perspektif yang disajikan dalam buku yang Anda baca, Anda belajar menganalisis dan mengevaluasi informasi.

Kemampuan berpikir kritis ini sangat penting untuk menghasilkan konten yang masuk akal dan logis yang beresonansi dengan pembaca Anda.

Selain itu, membaca buku dapat memicu kreativitas Anda. Mengekspos diri Anda pada cerita, karakter, dan latar yang berbeda dapat menginspirasi ide-ide baru dan perspektif baru.

Hal ini memungkinkan Anda untuk berpikir di luar kebiasaan dan mendekati tulisan Anda dengan pendekatan yang unik dan imajinatif.

Kemudian, bisa meningkatkan kemampuan tata bahasa dan tanda baca Anda. Dengan mengamati bagaimana penulis menggunakan tata bahasa dan tanda baca yang tepat dalam tulisan mereka, Anda dapat meningkatkan mekanisme penulisan Anda sendiri.

Perhatian terhadap detail ini sangat penting untuk menghasilkan konten yang halus dan profesional.

Baca artikel setiap hari

Keterampilan berikutnya sebagai conten writer yaitu harus membaca artikel setiap hari. Membaca artikel secara teratur membantu Anda tetap mengikuti tren terkini, memperluas basis pengetahuan Anda, dan meningkatkan keterampilan menulis Anda.

Dengan mengekspos diri Anda pada gaya dan topik penulisan yang berbeda, Anda dapat mempelajari teknik-teknik baru dan mendapatkan inspirasi untuk pembuatan konten Anda sendiri.

Membaca artikel juga membantu Anda memahami kebutuhan dan preferensi target audiens Anda, sehingga Anda dapat menyesuaikan tulisan Anda untuk memenuhi harapan dan minat mereka.

Ikut pelatihan

Nah, jika Anda ingin menjadi content writer yang terampil, Anda harus mengikuti program pelatihan yang berfokus pada peningkatan kemampuan menulis.

Program-program ini memberikan wawasan yang berharga tentang berbagai teknik penulisan, seperti menyusun konten, memilih kosakata yang tepat, dan mempertahankan alur ide yang koheren.

Selain itu, sesi pelatihan sering kali mencakup pentingnya penelitian dan pengecekan fakta, sehingga membantu Anda menghasilkan konten yang akurat dan dapat diandalkan.

Dengan berpartisipasi dalam program pelatihan ini, Anda dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghasilkan materi tertulis yang berkualitas tinggi.

Menyesuaikan dengan Style Brand

Setiap merek memiliki cara yang berbeda dalam berkomunikasi dengan audiensnya. Umumnya, harus bisa selaras dengan sifat bisnis mereka.

Beberapa perusahaan mengadopsi pendekatan dengan gaya bahasa non formal dalam menyampaikan pesan, dan ada juga yang formal.

Jadi, sebagai seorang penulis konten, penting untuk dapat menyesuaikan gaya penulisan Anda agar sesuai dengan merek atau perusahaan tempat Anda membuat konten.

Hal ini membutuhkan keluwesan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan gaya penulisan yang berbeda.

Mampu Menangkap Minat Pembaca dari Kalimat Pembuka

Mulailah membuat tulisan dengan kalimat pembuka yang menarik dan langsung menarik perhatian pembaca.

Berikan informasi yang unik dan menarik, hingga bisa mengundang rasa ingin tahu mereka. Gunakan bahasa yang ringkas dan menarik untuk menciptakan rasa senang dan penasaran.

Skill Content Writer yaitu Mampu Menangkap Minat Pembaca dari Kalimat Pembuka

2. Bisa Menentukan Generalist atau Specialist

Menjadi seorang generalis atau spesialis ditentukan oleh tingkat keahlian Anda dalam bidang tertentu. Spesialisasi terjadi ketika Anda berfokus pada bidang tertentu dan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mendalam.

Di sisi lain, generalisasi melibatkan pengetahuan dan keterampilan yang luas di berbagai bidang. Kedua pendekatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pilihan antara menjadi seorang generalis atau spesialis tergantung pada tujuan dan keadaan pribadi Anda.

Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti permintaan pasar kerja, minat pribadi, dan prospek karier jangka panjang saat memutuskan apakah akan mengejar jalur generalis atau spesialis.

Untuk menjadi seorang spesialis, Anda harus mendedikasikan banyak waktu dan upaya untuk menguasai mata pelajaran atau keterampilan tertentu.

Hal ini sering kali melibatkan pengejaran pendidikan lanjutan, mendapatkan pengalaman praktis, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang pilihan Anda.

Para spesialis sangat dicari di industri yang membutuhkan pengetahuan dan keahlian mendalam, seperti kedokteran, hukum, dan teknik.

Mereka sering dianggap sebagai ahli di bidangnya masing-masing dan dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi serta memiliki peluang peningkatan karier yang lebih besar.

Lalu, untuk generalis memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas, yang memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan berkinerja baik dalam berbagai peran dan industri.

Generalis sering dihargai karena keserbagunaan, kemampuan beradaptasi, dan kemampuan mereka untuk mempelajari hal-hal baru dengan cepat.

Mereka dapat dengan mudah beralih di antara tugas dan proyek yang berbeda dan sering dicari di posisi yang membutuhkan keahlian yang beragam.

Generalis dapat menjadi aset berharga di perusahaan rintisan dan perusahaan kecil di mana karyawan perlu mengenakan banyak topi dan mengambil berbagai tanggung jawab.

Ketika memutuskan apakah akan menjadi seorang generalis atau spesialis, penting untuk mempertimbangkan tren pasar kerja saat ini dan di masa depan.

Beberapa industri mungkin memiliki permintaan yang lebih tinggi untuk spesialis di bidang tertentu, sementara yang lain mungkin memprioritaskan individu dengan keahlian yang lebih luas.

Penting juga untuk mempertimbangkan minat dan aspirasi pribadi Anda.

Beberapa orang menyukai tantangan untuk menjadi ahli di bidang tertentu, sementara yang lain menikmati variasi dan fleksibilitas yang didapat dengan menjadi seorang generalis.

Perlu dicatat bahwa perbedaan antara generalis dan spesialis tidak selalu hitam dan putih.

Banyak profesional yang menemukan keseimbangan di antara keduanya dengan mengembangkan keahlian di bidang tertentu sambil tetap mempertahankan basis pengetahuan yang luas.

Pendekatan hibrida ini memungkinkan individu untuk memiliki keahlian khusus namun tetap mudah beradaptasi dan serbaguna.

Sangatlah penting untuk terus menilai tujuan karier Anda dan menyesuaikan keterampilan dan pengetahuan Anda agar tetap kompetitif di pasar kerja yang terus berubah.

Intinya, jika Anda memilih untuk menjadi seorang generalis atau spesialis, maka hal ini bergantung pada berbagai faktor seperti tujuan pribadi Anda, permintaan pasar kerja, dan prospek karier jangka panjang.

Kedua jalur ini memiliki kelebihan dan kekurangan, dan Anda dapat menemukan keseimbangan di antara keduanya.

Pada akhirnya, kuncinya adalah terus belajar, beradaptasi, dan tetap menjadi yang terdepan dalam bidang atau bidang keahlian yang Anda pilih.

3. Pelajari Basic Content Writing

Ada beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas materi tulisan Anda:

  • Buat judul yang menarik perhatian. Judul menentukan apakah audiens akan membaca sisa karya Anda. Jika judul tidak memicu minat, membangkitkan emosi, atau membuat pembaca ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tersebut, Anda tidak akan mencapai hasil yang diinginkan dengan konten Anda. Walker Sands menawarkan layanan penulisan naskah profesional yang memanfaatkan teknik dan strategi dan telah terbukti untuk menghasilkan berita utama yang efektif, serta meningkatkan traffic.
  • Buat pengait yang menarik perhatian mereka. Anda memiliki tiga detik untuk membuat pembaca tetap terpikat setelah tajuk utama. Kalimat pertama juga berperan dalam menentukan apakah mereka membaca sisa konten Anda. Akibatnya, itu harus menarik perhatian pembaca dan dengan lancar mengarahkan mereka ke poin pertama Anda.
  • Anda harus melakukan riset. Jadi, Anda harus memiliki pengetahuan luas tentang topik yang Anda tulis, terutama di pasar B2B. Sertakan statistik, data, dan metrik untuk membangun kredibilitas dan mendukung klaim Anda.
  • Fokus pada satu tujuan. Anda harus mengidentifikasi setidaknya satu pesan utama yang ingin Anda sampaikan sebelum membuat konten. Ingatlah hal ini saat menulis dan ikat konten Anda kembali ke poin utama sebanyak mungkin.
  • Menulis dengan gaya bahasa yang Unik. Konten yang Anda terbitkan mewakili perusahaan Anda dan harus disesuaikan untuk mencerminkan karakter perusahaan Anda. Sangat penting untuk mencocokkan gaya tulisan Anda dengan audiens yang dituju, tujuan bisnis, dan identitas merek.
  • Optimalkan konten digital. Konten digital terbaik seringkali terdiri dari paragraf pendek, kalimat pendek, dan daftar berpoin. Konten digital juga harus dioptimalkan untuk pencarian menggunakan praktik terbaik SEO dan strategi konten SEO terbaru.
  • Sunting pekerjaan Anda. Setelah Anda membuat draf pertama, kembali dan pertimbangkan bagaimana Anda dapat memoles sisi kasar tulisan Anda. Karena, pada dasarnya mengedit akan meningkatkan kualitas tulisan, bahkan untuk penulis yang sudah berpengalaman sekalipun.

Penulisan konten yang baik sangat penting untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang senang. Ini bukan hanya tentang membuat konten, tetapi juga tentang menghasilkan artikel berkualitas tinggi.

Mesin pencari akan meng-crawl konten situs web dan memberi penghargaan kepada artikel yang menulis sesuai kaidah dengan peringkat pencarian yang lebih tinggi.

4. Mulailah Membuat Tulisan di Blog atau Jurnal

Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang penulisan konten dan keterampilan menulis secara basic, maka pertimbangkan untuk mulai menulis di blog atau jurnal.

Anda memiliki kebebasan untuk memilih topik apa pun yang Anda sukai, seperti musik, film, fashion, dan masih banyak lagi.

Bahwasannya, menulis secara teratur akan membantu Anda berlatih dan meningkatkan keterampilan Anda. Hal ini juga membantu Anda menulis lebih cepat.

Untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan Anda, penting untuk menghasilkan artikel yang unik, informatif, dan orisinal serta menghindari plagiarisme.

Jika Anda belum terbiasa, disarankan untuk belajar dan membaca agar memiliki pemahaman yang lebih baik.

5. Buat Portfolio Online

Membuat portofolio online adalah cara terbaik untuk memamerkan karya Anda dan menarik calon klien atau pemberi kerja.

Berikut ini beberapa opsi portofolio online umum yang sering digunakan oleh penulis konten:

JournoPortfolio

Untuk menjadi penulis konten, mulailah dengan membuat JournoPortfolio. Ini adalah platform digital tempat Anda dapat memamerkan contoh tulisan dan pencapaian Anda.

Ini memungkinkan calon klien atau pemberi kerja untuk dengan mudah mengakses dan mengevaluasi pekerjaan Anda.

Untuk membuat portofolio Anda di JournoPortfolio, cukup unggah foto-foto pribadi Anda, tambahkan deskripsi profesional, dan pilih tata letak. JournoPortfolio kemudian akan memandu Anda melalui proses melengkapi portofolio Anda langkah demi langkah.

Pastikan untuk mengatur portofolio Anda dengan cara yang bersih dan profesional, dan berikan deskripsi yang jelas untuk setiap karya.

Perbarui JournoPortfolio Anda secara teratur dengan konten baru untuk menunjukkan pertumbuhan dan fleksibilitas Anda yang berkelanjutan sebagai penulis.

WordPress

Untuk menjadi penulis konten, mulailah dengan membuat portofolio WordPress. Ini akan menunjukkan kemampuan menulis Anda dan menarik klien potensial.

Pilihlah tema WordPress profesional yang menonjolkan karya Anda dan mudah dinavigasi. Atur portofolio Anda dengan membuat halaman terpisah untuk berbagai jenis konten, seperti postingan blog, artikel, dan salinan web.

Sertakan biografi singkat dan informasi kontak sehingga klien dapat dengan mudah menghubungi Anda. Perbarui portofolio Anda secara teratur dengan contoh-contoh baru untuk menunjukkan perkembangan Anda sebagai penulis.

Gunakan kata kunci yang relevan pada judul, judul, dan deskripsi meta. Buat konten yang unik dan menarik yang akan menarik pembaca dan mesin pencari.

Bagikan portofolio Anda di platform media sosial untuk meningkatkan eksposur dan mendapatkan lebih banyak visibilitas.

Berinteraksi dengan klien potensial dengan menanggapi komentar dan pertanyaan dengan segera. Berkolaborasi dengan penulis lain dan profesional industri untuk memperluas jaringan Anda dan menerima umpan balik yang berharga.

Kembangkan kemampuan menulis Anda dengan terus berlatih dan mencari umpan balik. Bergabunglah dengan lokakarya penulisan atau komunitas online di mana Anda dapat menerima kritik yang membangun dan belajar dari penulis berpengalaman.

Baca buku, blog, dan artikel tentang teknik dan gaya penulisan untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Bereksperimenlah dengan berbagai format dan genre penulisan untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Tetap mengikuti perkembangan tren industri dan praktik terbaik agar tetap kompetitif di bidangnya.

Iklankan layanan Anda melalui portofolio WordPress. Sebutkan dengan jelas jenis konten yang menjadi spesialisasi Anda dan berikan contoh hasil karya Anda sebelumnya. Tawarkan harga dan paket yang kompetitif untuk menarik klien.

Buat halaman khusus yang menampilkan testimoni dari klien yang puas untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas. Terapkan formulir kontak yang mudah digunakan untuk memudahkan calon klien menghubungi Anda.

Perbarui portofolio Anda secara teratur dengan proyek-proyek baru dan kisah sukses untuk menunjukkan keahlian Anda.

6. Manfaatkan situs Freelance

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan situs-situs freelance. Platform ini menyediakan berbagai macam kesempatan bagi para penulis untuk memamerkan keahlian mereka dan menemukan klien.

Dengan membuat profil dan mengunggah contoh hasil kerja Anda, Anda bisa menarik klien potensial yang sedang mencari penulis konten.

Penting untuk memperbarui portofolio Anda secara teratur dan mempertahankan kehadiran online yang profesional untuk meningkatkan peluang Anda diterima bekerja.

Ada berbagai macam situs freelance yang terkenal dan sering digunakan yaitu Freelancer Indonesia, Sribulancer, Sribu, Projects, Fastwork, Fiverr, dan Upwork.

Manfaatkan situs Freelance upwork

7. Bergabung dengan Komunitas Freelance

Untuk menjadi seorang penulis konten, Anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan komunitas Freelance.

Freelancer menawarkan banyak kesempatan bagi para penulis untuk memamerkan keahlian mereka dan mendapatkan pengalaman berharga.

Dengan bergabung dengan komunitas ini, Anda bisa terhubung dengan klien potensial yang membutuhkan layanan pembuatan konten.

Freelancer juga memungkinkan Anda untuk bekerja dengan jadwal yang fleksibel dan memilih proyek yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Selain itu, menjadi bagian dari komunitas ini memungkinkan Anda untuk berjejaring dengan penulis lain dan belajar dari pengalaman mereka yang akan meningkatkan keterampilan Anda sebagai content writer.

8. Optimalkan Sosial Media

Perlu diketahui bahwa, perbedaan antaracontent writer dan copywriter terlihat jelas di sini. Content writer disini lebih fokus pada pengoptimalan media sosial untuk memantapkan diri mereka sebagai pekerja lepas, sedangkan copywriter tidak memerlukan ini.

Nah, mereka akan fokus pada branding dan menarik klien untuk berkolaborasi dengan mereka.

Dengan memanfaatkan platform media sosial Anda perlu membagikan tautan pekerjaan melalui postingan, blog, dan status media agar bisa membantu mendapatkan cuan dan pengalaman.

Sangat penting untuk mempertahankan rasa ingin tahu dan terus mencari pengetahuan, karena pembelajaran sangat penting untuk mencapai kesuksesan.

9. Disiplin dan Manajemen Waktu

Disiplin adalah kualitas yang diperlukan untuk menjadi penulis lepas (content writer) atau mencari pekerjaan.

Seorang penulis lepas diharapkan dapat menyelesaikan beberapa artikel dalam satu hari. Tanpa disiplin, pekerjaan seseorang bisa terbengkalai.

Selain itu, disarankan untuk terlibat dalam teknik manajemen waktu. Penting untuk menetapkan praktik menghitung jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu artikel dan menggunakannya sebagai referensi pekerjaan di masa depan.

10. Penting untuk Memiliki Etos Kerja yang Kuat

Terakhir, memiliki etos kerja yang kuat adalah hal yang penting untuk pekerjaan apa pun.

Setiap pekerjaan membutuhkan tanggung jawab dan etos kerja yang kuat untuk memastikan tugas-tugas dapat diselesaikan dengan segera.

Apalagi seorang content writer harus bisa menyelesaikan banyak artikel dalam waktu yang cepat. Nah, hal ini bisa disebut sebagai etos kerja yang tinggi.

 Nah, itu dia penjelasan cara agar menjadi content writer yang sukses. Dengan adanya artikel ini semoga Anda bisa paham dan bisa dipraktikan.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like