11 Cara Membuat Website dengan WordPress Gratis (2023)

Sudah mengenal WordPress belum kalian? Jika belum, yuk kenalan! Nah, WordPress merupakan platform website yang menarik dan dikenal luas, serta sangat disukai oleh para blogger dan bisnis online, loh!

Sebelum adanya WordPress ini, Anda membuat situs web membutuhkan kemampuan pengkodean yang baik.

Namun, sesuai perkembangan zaman ini teknologi semakin canggih, membuat website gratis ini tidak perlu coding loh!

Sesuai penjelasan dari situs forbes, bahwa adanya online ini dengan berbagai macam industri akan berdampak besar pada bisnis Anda.

Akan tetapi, di zaman sekarang ini beberapa bisnis masih tidak menyadari bahwa mayoritas pelanggan akan mengunjungi website Anda sebelum melakukan pembelian.

Memiliki kehadiran online yang kuat, khususnya situs web, dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan. Tentu saja, yang dilihat dari situs website WordPress ini yaitu kualitas, karena akan memengaruhi hasil.

Lagi pula, kini pengguna internet di zaman modern semakin banyak dan sudah menjadi hal yang umum bagi setiap orang selalu mencari informasinya melalui internet.

Sesuai data, pada tahun 2022 sekitar 224 juta orang yang mengakses internet di Indonesia .

Sehingga Indonesia adalah salah satu pasar online terbesar di dunia. Selain itu Angka ini akan diperkirakan tumbuh menjadi sekitar 270 juta pada tahun 2028.

Adanya hal ini, kesempatan ini tidak boleh dilewatkan dan Anda harus memanfaatkannya dengan baik dalam membuat website menggunakan WordPress gratis.

Nah, berikut ini 11 cara membuat website dengan WordPress gratis dan mudah untuk bisnis Anda:

Cara Membuat Website dengan WordPress

Neilpatel menyatakan bahwa WordPress ini memberdayakan lebih dari 43% dari semua situs web di internet. Dengan reputasi yang sangat baik dan basis pengguna yang loyal, ini bisa dibilang cara paling andal untuk memulai dan menjalankan situs web.

Menyiapkan situs web untuk bisnis kecil Anda tidaklah serumit atau memakan waktu yang lama seperti yang Anda bayangkan.

Platform manajemen konten (CMS) WordPress menyediakan langkah-langkah sederhana untuk membuat situs website pribadi atau situs e-commerce.

Faktanya, kebanyakan orang dapat menyelesaikan tugasnya atau pembuatan website berbasis WordPress dalam waktu sekitar 30 menit, tanpa memerlukan kemampuan teknis tingkat lanjut atau pelatihan khusus.

Karena, dengan WordPress ini, Anda hanya melakukan drag-and-drop.

Nah, berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat website dengan WordPress untuk bisnis Anda:

1. Menentukan Jenis Website dan Topik

Apakah Anda ingin sekali membuat web dengan WordPress yang dapat memukau para pengunjung dan mendatangkan banyak pengunjung?

Tenang! Anda hanya mengikuti proses pembuatan situs web ini, langkah pertama Anda harus mengidentifikasi jenis situs web yang ingin Anda bangun.

Apakah Anda seorang blogger, pelaku e-commerce, atau pengusaha.Karena, proses ini dimulai dengan membangun dasar yang kuat.

Setiap jenis situs website ini membutuhkan pendekatan yang berbeda, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda membangun situs yang sesuai dengan tujuan spesifik Anda.

Jika Anda seorang blogger, Anda sebaiknya fokus pada pembuatan situs web yang menarik dan mudah dinavigasi. Pilih tema yang sesuai dengan niche Anda dan optimalkan konten agar mudah dibaca.

Selain itu, gunakan gambar dan video di seluruh situs Anda untuk membantu memecah teks yang panjang dan membuat audiens Anda terstimulasi secara visual.

Jangan lupa buat audiens Anda berkomentar dan berbagi di media sosial Anda, hal ini dapat membantu membangun komunitas di sekitar brand Anda.

Jika Anda ingin menjual produk atau layanan secara online, situs e-commerce adalah pilihan yang tepat. Pilih tema yang sesuai untuk e-commerce dan pastikan produk Anda mudah ditemukan dan dibeli.

Manfaatkan fitur-fitur seperti ulasan produk, testimoni pelanggan, dan proses checkout yang aman untuk meningkatkan kepercayaan dan konversi.

Pengusaha yang ingin membangun merek mereka secara online harus mengupayakan kombinasi pendekatan di atas.

Gunakan situs web Anda untuk memamerkan produk atau layanan Anda dan secara teratur mempublikasikan konten agar audiens tetap terlibat.

Selanjutnya, Anda harus mendesainnya secara profesional dengan navigasi yang mudah, karena ini merupakan kunci untuk membangun kepercayaan dan mendorong konversi.

Apa pun jenis situs web yang Anda buat, penting untuk terlebih dahulu menentukan niche pasar Anda. Ini akan membantu Anda memilih tema, mengoptimalkan konten, dan membuat situs web yang berbicara langsung kepada audiens Anda.

Apakah Anda seorang blogger, ahli e-commerce, atau pengusaha, dengan WordPress, Anda dapat membuat situs web yang sesuai untuk niche Anda dalam waktu singkat.

Jadi, Anda harus riset terlebih dahulu, tentukan niche Anda, dan mulailah membangun situs web impian Anda dengan WordPress.

Menentukan Jenis Website dan Topik

2. Temukan Nama Domain

Apakah Anda sudah menemukan nama domain untuk situs website Anda? Jika belum, saatnya Anda menemukan nama domain yang ideal untuk situs web WordPress Anda dan bangun eksistensi online Anda secara profesional.

Nah, ketika Anda ingin membangun kerajaan online Anda, maka Anda harus menemukan nama domain yang menonjol. Anda harus mencari nama yang menarik, mudah diingat, dan memiliki potensi SEO.

Namun, bagaimana cara memilih nama domain yang tepat untuk situs web WordPress Anda?

a. Pertimbangkan Niche dan Target Audiens

Apakah Anda menjual produk mewah atau tutorial DIY? Nama domain Anda harus mencerminkan kepribadian merek Anda dan menarik minat serta aspirasi audiens Anda.

Menggunakan strategi penamaan yang kreatif dapat meningkatkan klik dan konversi secara signifikan.

Misalnya, saat membuat situs web untuk bisnis, disarankan untuk memilih nama domain seperti www.namabisniskamu.com dan menggunakan ekstensi populer seperti .COM, .ID, .NET, dan lainnya.

b. Pengejaan Nama Domain

Anda harus memikirkan tentang panjang dan kemudahan pengejaan nama domain Anda. Semakin pendek dan sederhana, semakin baik. Karena, orang tidak suka mengetik URL yang panjang dan rumit di peramban mereka.

Kemudian, hindari tanda hubung, angka, dan simbol lain yang membingungkan, karena akan membuat nama domain Anda lebih sulit diingat dan tidak bersahabat dengan mesin pencari.

c. Lakukan Riset

Anda harus melakukan riset dan pastikan nama domain Anda tersedia dan tidak memiliki merek dagang dari perusahaan lain. Anda tidak ingin menerima surat penghentian atau harus mengganti nama setelah menginvestasikan waktu dan uang ke situs web Anda.

Dengan begitu, Anda harus menggunakan alat pencarian nama domain seperti GoDaddy, Namecheap, dan Whois untuk memeriksa ketersediaan dan membeli nama yang Anda pilih.

Setelah Anda mendapatkan nama domain, saatnya untuk mulai membangun situs web WordPress.

Pilih penyedia hosting yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda, dan instal WordPress pada domain Anda.

Ketika Anda sudah menyesuaikan situs web Anda, maka selanjutnya Anda bisa menggunakan tema, plugin, widget, dan konten yang dapat mencerminkan merek Anda dan menarik perhatian audiens.

Ingat, kunci kesuksesan sebuah situs web bukan hanya memiliki desain yang cantik, tetapi juga menciptakan pengalaman yang ramah pengguna, informatif, dan menghibur bagi pengunjung.

menentukan Nama Domain dengan riset

d. Mempromosikan Situs Web WordPress

Jangan lupa untuk mempromosikan situs web WordPress Anda dan menarik traffik melalui SEO melalui media sosial, email marketing, dan taktik lainnya.

Semakin banyak engagement dan share yang Anda dapatkan, semakin tinggi peringkat situs web Anda di halaman hasil mesin pencari, dan semakin banyak pula pendapatan yang dapat Anda hasilkan.

Jadi, Anda harus lebih fokus untuk membuat konten yang berharga, membangun hubungan dengan audiens, dan mengeluarkan kreativitas Anda.

Dengan nama domain dan platform WordPress yang tepat, Anda bisa menaklukkan dunia digital dan meraih impian online Anda!

3. Pilih Web Hosting

Jika Anda ingin membuat situs website lebih menarik untuk brand atau bisnis, maka Anda harus menggunakan layanan web hosting yang tepat. Hal ini karena untuk menentukan kesuksesan situs web Anda.

Tetapi bagaimana Anda memilih penyedia hosting web terbaik untuk situs WordPress Anda? Nah, semuanya dimulai dengan mempelajari dasar-dasarnya.

a. Mempertimbangkan Jenis Situs Web

Anda perlu mempertimbangkan jenis situs web yang ingin Anda bangun. Apakah itu blog atau website e-commerce besar? Ukuran situs web Anda akan berdampak pada jenis paket hosting yang Anda butuhkan.

b. Memilih Web Host

Anda harus memilih web host yang menyediakan performa waktu aktif yang dapat diandalkan dan waktu henti yang minimal.

Jika situs web Anda down, pengunjung Anda tidak dapat melihat konten Anda atau membeli produk, sehingga menyebabkan Anda kehilangan pelanggan potensial dan pendapatan.

Oleh karena itu, pastikan perusahaan web hosting menawarkan jaminan waktu aktif 99,9%.

c. Mencari Penyedia Web Hosting

Anda harus mencari penyedia web hosting yang menawarkan dukungan pelanggan yang sangat baik.

Jika Anda mengalami masalah dengan situs web, maka Anda memerlukan perusahaan yang siap membantu Anda memecahkan masalah dan memperbaiki masalah dengan segera.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah keamanan situs web Anda. Perusahaan web hosting yang baik harus menawarkan sertifikat SSL untuk menjaga situs web Anda dan pengunjungnya tetap aman dari ancaman dunia maya dan peretas.

Selanjutnya, Anda perlu mengevaluasi kecepatan server dan waktu muat host web Anda. Kecepatan yang lambat dapat secara signifikan memengaruhi kinerja situs web Anda, sehingga membuat pengunjung frustrasi dalam menjelajahi situs Anda.

Selain itu, Anda menginginkan penyedia hosting web yang menyediakan opsi yang dapat diskalakan. Seiring dengan pertumbuhan situs web Anda, Anda mungkin perlu meng-upgrade paket hosting.

Memiliki kemampuan untuk meng-upgrade ke paket yang lebih tinggi akan memungkinkan Anda untuk memperluas kehadiran online Anda tanpa mengkhawatirkan masalah kinerja situs web.

Mencari Penyedia Web Hosting

d. Meninjau Paket-Paket Harga Web Hosting

Anda harus meninjau paket-paket harga web hosting. Meskipun opsi termurah mungkin tampak seperti penawaran terbaik, namun belum tentu memiliki semua fitur yang Anda butuhkan.

Pastikan untuk membandingkan paket-paket harga dari berbagai penyedia web hosting dan periksa fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh masing-masing paket.

Kesimpulannya, memilih web hosting yang sempurna untuk situs web WordPress Anda mungkin tampak luar biasa.

Namun, dengan mengikuti faktor-faktor ini dan meluangkan sedikit waktu untuk meneliti dan membandingkan berbagai penyedia web hosting, Anda dapat menemukan host yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan Anda.

4. Menginstall WordPress

Apakah Anda ingin membuat situs web yang benar-benar menonjol dari yang lain? Jika ya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang WordPress, platform terbaik untuk desain dan pengembangan situs web.

Kemudian, untuk membuat website dengan WordPress, Anda perlu menginstal WordPress terlebih dahulu melalui platform hosting mana pun.

Ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi jangan khawatir, ini adalah proses yang relatif sederhana yang dapat diselesaikan hanya dalam beberapa klik.

Akan tetapi, Anda bisa meng-install WordPress melalui cPanel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstal WordPress di cPanel menggunakan File Manager.

a. Meng-unduh melalui File Instalasi WordPress

Untuk menginstal WordPress di cPanel, langkah awalnya adalah mengunjungi situs web resmi WordPress dan mengunduh file instalasi dengan mengklik tombol Download WordPress.

b. Meng-akses cPanel

Untuk mengakses cPanel, Anda dapat login yang sama seperti sebelumnya. Kemudian, navigasikan ke kategori File dan pilih menu File Manager.

c. Meng-unduh File WordPress ke cPanel

Untuk menginstal WordPress, buka folder tempat Anda akan menyimpan file instalasi (biasanya public_html), dan gunakan fitur Unggah untuk mentransfer file yang diperlukan.

Pilih file WordPress yang telah Anda unduh dengan mengeklik “Select File”.

Tunggu hingga proses pengunggahan selesai sebelum kembali ke folder public_html.

d. Ekstrak File WordPress

Kemudaian, Anda bisa mengklik file instalasi WordPres > Klik Extract. Tujuannya untuk mengekstraksi seluruh file WordPress.

Navigasikan ke folder WordPress > Klik Select All > Klik kanan > dan pilih Move. Tujuannya untuk dengan memindahkan konten ke folder utama public_html.

Untuk memindahkan file (Move Files) >masukkan PATH/public_html ke dalamkolom yang ditentukan.

Setelah file WordPress ditransfer ke folder public_html, Anda dapat menghapus folder WordPress dan file instalasi WordPress .zip yang telah diunggah sebelumnya.

e. Membuat Database MySQL

Untuk menginstal WordPress di cPanel, Anda perlu membuat basis data MySQL. Hal ini dapat dilakukan melalui menu Database MySQL atau menu MySQL Database Wizard. Kali ini, kami menggunakan MySQL Database Wizard.

Pertama, Anda bisa memasukkan nama database baru di kolom yang ditentukan. Contoh nama database “db_baru”. Lalu, klik “Langkah Berikutnya”.

Untuk membuat user database, cukup masukkan nama pengguna dan kata sandi yang diinginkan, lalu lanjutkan dengan mengklik tombol “Create User”.

Untuk menambahkan pengguna baru ke database baru, Anda bisa klik opsi “All Privilages” lalu untuk menyimpan perubahan Anda bisa mengklik tombol “Make Changes”.

Setelah Anda menyelesaikan langkah sebelumnya, Anda bisa memilih tombol “Berikutnya”. Pemberitahuan akan muncul untuk mengonfirmasi keberhasilan pembuatan database Anda.

f. Jalankan Instalasi WordPress

Setelah menyelesaikan proses pembuatan database, lanjutkan dengan menjalankan instalasi WordPress dengan mengakses nama domain Anda melalui web browser.

Untuk menghubungkan WordPress, sebelumnya Anda harus memilih bahasa > dan Anda bisa klik “Let’s go!”

Untuk mengisi database MySQL, masukkan informasi yang diperlukan seperti nama database, nama pengguna, dan kata sandi menggunakan detail database Anda. Lalu, untuk Database Host dan Table Prefix dapat diisi dengan nilai default.

Setelah mengklik tombol Submit, akan muncul pesan jika database Anda sudah terhubung ke WordPress.

Untuk memulai instalasi WordPress, tekan tombol “Run the installation“. Setelah itu, Anda bisa mengisi informasi situs web seperti site title, username, password, email, dan search engine visibility. Terakhir klik install WordPress.

g. Instalasi WordPress di cPanel Telah Berhasil

Setelah berhasil menyelesaikan proses instalasi WordPress, Anda akan mendapatkan pesan.

Instalasi WordPress di cPanel Telah Berhasil

5. Buka Dashboard WordPress

Setelah melakukan instalasi WordPress, cara selanjutnya Anda bisa mengakses dasbor WordPress. Di sinilah Anda dapat mengelola akun WordPress, termasuk mengubah tema, menambahkan plugin, dan menerbitkan konten.

Untuk mengakses dasbor situs web WordPress Anda, salah satunyadengan menambahkan wp-admin ke domain Anda, seperti www.yourwebsite.com/wp-admin. Dengan begitu akan muncul halaman login di layar Anda.

Dasbor WordPress pun memiliki tiga bagian yaitu toolbar, menu navigasi, dan area kerja. Berikut ini adalah uraian dari masing-masing bagian.

  • Toolbar bisa Anda temukan di bagian atas dasbor WordPress yang berfungsi sebagai platform untuk mengelola profil WordPress Anda dan menerima notifikasi.
  • Menu navigasi adalah bagian penting dari dasbor WordPress di mana Anda dapat mengakses berbagai aktivitas manajemen situs web. Ini termasuk menerbitkan posting blog, mengunggah media, menambahkan halaman, mengelola komentar, mengubah tema, menginstal plugin, dan menyesuaikan pengaturan website.
  • Bagian tengah dasbor ditetapkan sebagai area kerja yang digunakan untuk memantau aktivitas konten dan mengatur konten situs web.

Langkah selanjutnya adalah memilih dan menginstal tema di WordPress untuk mulai menyesuaikan tampilan situs web Anda.

6. Memilih atau Mengubah Tema Website

Jika Anda memiliki situs web, maka Anda harus memilih tampilan yang bagus dan tidak ketinggalan zaman. Anda dapat memilih atau mengubah tema website dengan mudah melalui WordPress.

Baik Anda seorang blogger, pemilik bisnis kecil, atau hanya seseorang yang ingin situs webnya terlihat segar dan modern, WordPress siap membantu Anda loh!

Dengan berbagai macam tema yang dapat dipilih, Anda dapat menemukan tema yang tidak hanya cocok dengan preferensi estetika Anda, tetapi juga sesuai dengan tujuan situs web Anda.

Ada berbagai desain situs web yang tersedia untuk berbagai preferensi. Selain itu, mengubah tampilan situs web Anda tidak memerlukan pengetahuan teknologi tingkat lanjut, loh!

Tetapi ini bukan hanya tentang estetika. Penelitian telah menunjukkan bahwa desain situs web memainkan peran penting dalam keterlibatan pengguna, yang pada gilirannya mempengaruhi peringkat mesin pencari.

Dengan tema yang menarik secara visual dan ramah pengguna, Anda akan lebih mungkin mempertahankan pengunjung di situs Anda lebih lama, mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan peluang konversi.

Selain itu, tema tidak hanya terbatas pada elemen visual. Tema juga menentukan fungsionalitas dan kinerja situs web Anda.

Tema yang dirancang dengan baik memastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan untuk kecepatan, kompatibilitas dengan berbagai perangkat dan peramban, dan SEO.

Mengubah tema situs web Anda di WordPress juga merupakan cara yang hemat biaya untuk mengubah situs web Anda.

Anda tidak perlu menghabiskan ribuan dolar untuk membayar pengembang atau desainer untuk membuat perubahan signifikan pada tata letak dan desain situs web Anda.

Hanya dengan beberapa klik, Anda dapat mengubah tampilan dan nuansa situs web Anda, membuat situs web Anda selalu mengikuti tren desain terbaru dan preferensi pengguna.

Jangan puas dengan situs web biasa-biasa saja yang tidak mencerminkan kepribadian atau proposisi nilai merek Anda.

Tingkatkan tampilan dan fungsionalitas situs web Anda dengan tema WordPress dan Anda harus memberikan pengunjung alasan mengapa mereka harus tetap tinggal dan terlibat dengan konten Anda.

Dalam membuat situs web, hal-hal kecil sangatlah berarti. Dari tata letak hingga font, setiap elemen harus sempurna dan memberikan dampak. Kemudian, dalam hal SEO Permalink juga memainkan peran penting, loh!

Nah, jika Anda belum mengenal bagaimana permalink ini, maka mari kita simak berikut!

Permalink ini merupakan URL yang menautkan ke halaman situs web Anda.

Permalink sangat penting karena mereka memberi tahu mesin pencari tentang situs web Anda, sehingga membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa mengubah permalink untuk meningkatkan peringkat situs web Anda?

Perubahan permalink tidak hanya meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, tetapi juga membuat situs web Anda terlihat lebih profesional.

Bahwasannya, URL yang ringkas ini akan lebih mudah diingat, dan juga terlihat lebih terorganisir.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara mengubah permalink situs web Anda? Sebenarnya ini adalah proses yang cukup mudah.

Pertama, Anda perlu mengakses dasbor admin situs web Anda dan masuk ke pengaturan permalink. Dari sini, Anda dapat memilih bagaimana Anda ingin URL Anda muncul.

Saat membuat perubahan permalink, penting untuk mengingat struktur URL Anda. Anda harus memastikan bahwa URL tersebut mudah dibaca dan dipahami oleh manusia dan mesin pencari.

Selain itu, Anda harus membuat permalink sesingkat mungkin tanpa mengorbankan informasi penting.

Kemudian, perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda melakukan perubahan pada situs website Anda, maka situs website Anda juga akan berpengaruh pada peringkat SEO Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan saat melakukan riset sebelum melakukan perubahan dan jangan lupa memantau performa situs web Anda setelah melakukan perubahan.

Singkatnya, perubahan permalink adalah cara yang sederhana namun ampuh untuk meningkatkan SEO situs web Anda dan memberikan tampilan website Anda menjadi lebih profesional.

Ganti Permalink

8. Install Plugin yang Diperlukan

Bahwasannya, situs website ini diperlukan bagi bisnis apa pun untuk membangun kehadiran digital di era sekarang ini.

Internet adalah pasar baru, dan situs web ini dapat Anda rancang dengan baik agar memberikan banyak manfaat bagi bisnis apa pun.

Kemudian, WordPress ini juga termasuk Sistem Manajemen Konten (CMS) yang umum digunakan untuk menyederhanakan pembuatan situs web, sehingga hal ini menjadi tantangan, terutama bagi pemula.

Adapun penggunaan WordPress yang terbaik yaitu tersedia berbagai macam plugin, sehingga membuat situs web akan lebih mudah.

Apakah Anda bertanya-tanya dari mana harus memulai kustomisasi situs web ini? Nah, berikut ini adalah beberapa plugin paling penting yang perlu Anda gunakan:

Yang pertama dan terpenting adalah pengaya keamanan. Anda tidak bisa membiarkan keamanan situs web Anda begitu saja.

Pelanggaran keamanan bisa sangat merugikan, dan inilah mengapa Anda membutuhkan sebuah plugin yang menawarkan fitur keamanan terbaik untuk melindungi situs web Anda dari para peretas dan malware.

Beberapa pengaya keamanan yang paling populer termasuk iThemes Security, Wordfence Security, dan Sucuri Security.

Selanjutnya adalah plugin SEO. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO) dapat menjadi pengubah permainan untuk situs web Anda, karena Anda harus menarik lebih banyak traffik dan meningkatkan visibilitas di mesin pencari seperti Google.

Kemudian, plugin seperti Yoast SEO dan All-in-One SEO Pack ini menawarkan Anda berbagai fitur yang dapat menyederhanakan proses pengoptimalan situs web Anda untuk mesin pencari.

Mempercepat situs web Anda adalah aspek penting lainnya dari kustomisasi situs web.Apalagi ketika Anda memuat website yang lambat, maka hal ini akan menjadi penghalang bagi calon pelanggan, loh!

Sehingga plugin seperti WP Smush dan WP-Optimize ini dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan situs web untuk mempercepat memuat situs website.

Apakah situs web Anda memiliki halaman blog? Jika ya, maka Anda memerlukan plugin yang dikenal sebagai plugin Jetpack.

Plugin ini menawarkan fitur-fitur penting seperti pemeriksaan ejaan dan tata bahasa yang lebih baik, alat bantu pengoreksian, integrasi media sosial, dan masih banyak lagi.

Ingin membuat situs web berbasis langganan? Maka, plugin MemberPress tepat untuk Anda. Plugin ini menawarkan banyak fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat akun pengguna, membatasi akses ke halaman tertentu, dan mengelola pembayaran.

Kemudian, jika Anda memiliki website toko online, maka toko Anda akan mendapatkan keuntungan dengan memiliki plugin WooCommerce, yang menawarkan berbagai macam fitur e-commerce.

Terakhir, untuk menghubungkan situs web Anda dengan platform media sosial, dan membuat berbagi konten menjadi mudah, Anda memerlukan plugin Social Warfare.

Plugin ini menawarkan serangkaian fitur untuk mengkatalisasi berbagi konten Anda di platform media sosial.

Sebagai kesimpulan, WordPress menawarkan berbagai macam plugin, dan plugin yang disebutkan di atas adalah beberapa yang paling penting dalam hal kustomisasi situs web.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun plugin ini sangat penting, keberhasilan situs web Anda pada akhirnya bergantung pada kualitas konten Anda.

Situs web Anda harus informatif, menarik, dan secara estetika menyenangkan agar audiens Anda tetap terpikat. Gunakan plugin ini untuk meningkatkan performa situs web Anda, tetapi ingat, konten adalah raja.

9. Memodifikasi Website

Membuat situs web bisa menjadi proyek yang mengasyikkan, tetapi tahukah Anda bahwa ada yang lebih dari sekadar menampilkan informasi?

Anda harus memodifikasi website, dengan begitu Anda akan mendapatkan tampilan yang ramping dan kontemporer.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah namun efektif untuk mengubah situs web Anda:

  • Pertama, analisis fungsionalitas dan desain situs web Anda yang sudah ada. Periksa setiap halaman dan catat bagian mana yang perlu diperbaiki.Mintalah feedback dari sumber yang tidak memihak, dan terima kritik secara positif. Ketahui apa yang berhasil dan apa yang tidak. Hal ini akan membantu memandu langkah Anda selanjutnya.
  • Kedua, periksa metrik kinerja situs web Anda untuk melihat apa yang membuat pengunjung tertarik. Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk mendapatkan data real-time tentang sumber trafik, halaman populer, dan peringkat kata kunci.Insights ini akan memandu Anda dalam memilih area yang membutuhkan peningkatan maksimal.
  • Ketiga, perbaiki desain situs web Anda yang yang sudah ketinggalan zaman. Modernisasi fungsinya dan buat desain sesuai dengan tujuan. Pilih warna yang mewakili merek Anda dan pastikan warna tersebut konsisten di seluruh situs web.Anda harus mengubah header, footer, dan bilah navigasi untuk memberikan tampilan yang segar dan koheren pada situs web Anda.
  • Keempat, lengkapi situs web Anda dengan waktu muat yang cepat. Pengunjung saat ini tidak memiliki kesabaran untuk situs web yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk dimuat. Kurangi ukuran gambar yang Anda unggah dan minimalkan flash untuk menjamin halaman yang cepat dan dinamis.
  • Kelima, ubahlah pengkodean situs web Anda untuk beradaptasi dengan mekanisme peringkat mesin pencari saat ini. Optimalkan halaman Anda dengan kata kunci yang ditargetkan dan perbaiki struktur situs web Anda. Hal ini akan memudahkan mesin pencari untuk merayapi situs web Anda.Selanjutnya, masukkan konten inovatif yang relevan dengan target audiens Anda. Pastikan Anda memperbaruinya secara teratur dan menawarkan insghts baru kepada pengunjung yang datang kembali. Tambahkan video, gif, dan grafik berkualitas tinggi untuk menarik lebih banyak pemirsa.
  • Terakhir, tinjau dan uji performa situs web Anda secara teratur. Agar tetap mutakhir dan berjalan lancar, uji semua tautan untuk memastikan semuanya bekerja secara efektif. Gunakan alat pengujian situs web untuk menganalisis apakah semua fitur situs web berfungsi dengan baik.

Pembenahan situs web Anda merupakan pertimbangan penting untuk mempertahankan posisi Anda di peringkat pencarian.

Ingat, situs web adalah wajah digital bisnis Anda, dan harus menarik bagi audiens target Anda. Ikuti enam langkah berikut ini untuk menghidupkan kembali situs web Anda dan menjaganya tetap menarik dan relevan untuk tahun-tahun mendatang.

Memodifikasi Website

10. Membuat Postingan Blog Pertama

Siap meluncurkan situs web Anda? Sebelum Anda menekan tombol tersebut, pastikan Anda telah menyiapkan postingan blog pertama Anda.

Akan tetapi, proses penerbitan konten secara online membutuhkan pertimbangan yang cermat, karena hal ini dapat sangat memengaruhi identitas online Anda secara keseluruhan.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memikirkan konten seperti apa yang ingin Anda tampilkan.

Pertimbangkan nada yang ingin Anda sampaikan di postingan awal Anda karena akan membentuk persepsi pengunjung terhadap brand Anda.

Penting untuk membuat judul dan kalimat pembuka yang menarik untuk melibatkan pembaca dan mendorong mereka untuk terus membaca postingan Anda dan menjelajahi situs web Anda.

Saat menulis postingan blog pertama Anda, penting untuk menyeimbangkan gaya dengan substansi. Sambil menunjukkan keahlian Anda di bidang Anda, pastikan bahwa konten Anda informatif, terperinci, dan memberikan alasan bagi pembaca untuk kembali.

Saat membuat postingan, penting untuk mempertimbangkan penggunaan kata kunci.

Meskipun penggunaan kata kunci yang berlebihan tidak akan menguntungkan Anda, akan tetapi menempatkannya secara strategis dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Disarankan untuk menyertakan istilah pencarian yang relevan dalam postingan Anda untuk meningkatkan visibilitas kepada calon pembaca.

Terakhir, jangan lupakan menggunakan CTA. Entah itu mendorong pembaca untuk mendaftar ke buletin Anda, mengikuti Anda di media sosial, atau memberikan komentar.

Pastikan Anda memberi mereka alasan untuk terlibat dengan Anda lebih dari sekadar membaca postingan Anda.

Ini adalah langkah penting untuk membangun basis penggemar setia dan mengembangkan kehadiran online Anda.

11. Mengoptimasi Performa Website

Apakah Anda siap untuk membuat situs web yang tidak hanya terlihat luar biasa, tetapi juga berkinerja seperti mimpi? Salah satu langkah utama untuk mencapai hal ini adalah melalui Pengoptimalan Performa Situs Web (WPO). Bagaimana itu konsep WPO?

WPO sendiri adalah tentang memaksimalkan kecepatan, daya tanggap, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan pada situs web Anda.

Hal ini sangat penting karena di dunia digital yang serba cepat saat ini, pengguna menuntut interaksi yang cepat dan lancar dengan konten online.

Jika situs web Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat atau terlalu kikuk untuk dinavigasi, maka pengguna akan langsung meninggalkan situs web Anda dan langsung menuju ke pesaing Anda.

Jadi, bagaimana cara Anda mencapai WPO? Semuanya dimulai dengan mengoptimalkan kode situs web Anda dan meminimalkan ukuran file Anda. Ini berarti mengurangi plugin yang tidak perlu, mengompresi gambar, dan mengecilkan kode.

Dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya akan meningkatkan kecepatan situs web Anda tetapi juga mengurangi waktu muat, yang merupakan kunci untuk mempertahankan pengguna.

Aspek penting lainnya dari WPO adalah memastikan bahwa situs web Anda sepenuhnya responsif di semua perangkat. Ini berarti bahwa situs web Anda harus terlihat dan berfungsi sama bagusnya di desktop seperti halnya di perangkat seluler atau tablet.

Mengapa ini sangat penting? Karena semakin banyak pengguna yang mengakses web melalui ponsel pintar mereka, memiliki situs yang tidak ramah seluler dapat merusak peluang Anda untuk berinteraksi dengan audiens target Anda.

Tetapi WPO bukan hanya tentang pengoptimalan teknis. Hal ini juga melibatkan pembuatan konten berkualitas tinggi yang berpusat pada pengguna yang beresonansi dengan audiens Anda.

Ini berarti melakukan penelitian kata kunci secara menyeluruh, membuat judul yang menarik, dan mengembangkan strategi konten yang kohesif.

Dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya akan menarik lebih banyak traffik ke situs Anda, tetapi juga membuat pengguna tetap terlibat untuk jangka waktu yang lebih lama.

Keterlibatan pengguna sangat penting untuk SEO saat ini. Algoritme Google selalu berubah, jadi menambahkan kata kunci ke konten situs web Anda tidak akan cukup.

Kunci untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian adalah menciptakan pengalaman pengguna yang hebat yang mendorong pengguna untuk tetap berada di situs Anda dan berinteraksi dengannya.

Jadi, bagaimana cara Anda meningkatkan keterlibatan di situs web Anda?

Ada beberapa taktik yang sudah teruji, seperti menggunakan CTA yang jelas dan ringkas, memanfaatkan bukti sosial melalui testimoni dan ulasan pelanggan, dan membuat visual menarik yang membantu menghidupkan brand.

Pada intinya, kuncinya adalah memastikan bahwa setiap aspek situs web Anda di mulai dari desain hingga kontennya, serta Anda hasru mengoptimalkan untuk keterlibatan pengguna.

Kesimpulannya, membuat situs web yang sukses bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan Pengoptimalan Performa Situs Web dan fokus pada keterlibatan pengguna, Anda sudah berada di jalur yang tepat untuk melakukannya.

Dengan mengoptimalkan aspek teknis situs Anda, membuat konten berkualitas tinggi, dan memprioritaskan keterlibatan, Anda tidak hanya akan menarik lebih banyak lalu lintas, tetapi juga mengubah pengunjung menjadi pelanggan setia.

Mengoptimasi Performa Website

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Mulailah sekarang Anda harus mengetahui cara membuat website dengan WordPress agar bisnis Anda melejit ke level yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

1. Menentukan Jenis Website dan Topik
2. Temukan Nama Domain
3. Pilih Web Hosting
4. Menginstall WordPress
5. Buka Dashboard WordPress
6. Memilih atau Mengubah Tema Website
7. Ganti Permalink
8. Install Plugin yang Diperlukan
9. Memodifikasi Website
10. Membuat Postingan Blog Pertama
11. Mengoptimasi Performa Website

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like