6 Tips Menjadi Content Creator Instagram Untuk Pemula

Apakah Anda berminat untuk menjadi content creator Instagram tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Dengan jutaan pengguna dan kemungkinan yang tak terbatas, mungkin Anda akan kewalahan mencari cara untuk tampil beda di tengah keramaian.

Media sosial telah menjadi alat yang ampuh untuk mengekspresikan diri dan membangun merek pribadi. Instagram, khususnya, telah menjadi pusat bagi individu-individu kreatif untuk menampilkan bakat mereka dan terhubung dengan orang lain.

Namun, membuat konten yang beresonansi dengan audiens Anda dan menumbuhkan pengikut Anda bisa menjadi tantangan tersendiri.

Jika Anda seorang pemula yang ingin menjadi pembuat konten Instagram, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda memulai.

Mulai dari menemukan niche hingga membuat konten berkualitas tinggi, kami telah menyusun daftar strategi yang akan membantu Anda menonjol dan mengembangkan audiens Anda.

Apakah Anda seorang calon influencer atau hanya ingin berbagi hasrat Anda dengan dunia, tips ini akan membawa Anda ke jalan menuju kesuksesan.

apa itu content creator instagram

Apa Itu Content Creator Instagram

Bagi pengguna Instagram, tentunya tidak asing dengan istilah content creator Instagram yang biasanya memberikan berbagai konten mengenai topik tertentu, baik edukasi atau gaya hidup.

Jenis konten yang disajikan pun beraneka ragam, mulai dari konten tulisan, carousel foto, atau reels yang dibagikan ke pengguna Instagram lainnya.

Selain itu, content creator Instagram juga mempunyai banyak pengikut yang terpikat pada konten yang disampaikan dan melakukan interaksi dengan kreatornya.

Content creator Instagram yang sukses juga tentunya mempunyai ciri khas sendiri berupa penampilan dan topik yang dibahas, sehingga menjadi alasan bagi pengguna Instagram lain untuk mengikutinya.

Kreator yang berpengaruh yang kuat juga mempunyai peluang untuk menjalin kerjasama dengan brand tertentu untuk memasarkan produk dan layanan yang dimiliki dan tentunya berkaitan dengan topik yang diangkat.

tipe-tipe content creator instagram

Tipe-tipe Content Creator di Instagram

Jika berbicara mengenai content creator Instagram, anda mungkin akan membayangkan seseorang yang tampil di depan layar sembari menjelaskan suatu topik tertentu.

Meskipun tidak salah, namun cakupan content creator Instagram sendiri cukup luas, mengingat Instagram mempunyai berbagai jenis konten yang bisa diolah dengan baik oleh penggunanya.

Sehingga jika anda ingin menjadi content creator Instagram namun masih malu tampil di depan layar, maka jenis-jenis kreator Instagram berikut bisa menjadi pilihan terbaik.

1. Content Writer

Selain menikmati konten foto dan video di Instagram, pengguna Instagram juga menikmati konten blog berupa tulisan yang berisi mengenai topik tertentu.

Keberadaan konten blog di Instagram semakin marak digunakan berkat keberadaan fitur Instagram Carousel yang memudahkan penggunanya untuk mengunggah beberapa foto dalam satu postingan.

Fitur ini tentunya menguntungkan bagi content creator Instagram untuk membagikan pikirannya mengenai topik dan masalah tertentu yang sedang naik daun di sekitar mereka.

Selain itu, Content creator Instagram juga bisa memanfaatkan fitur Instagram story guna membagikan tulisan yang ditulis dalam sebuah postingan.

Apakah Anda menyukai menulis dan media sosial? Jika ya, menjadi penulis konten di Instagram mungkin merupakan jalur karier yang tepat untuk Anda.

Akan tetapi dalam memulai karir sebagai content writer anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal khusus yang dapat mendorong jangkauan konten anda ke target audience yang lebih luas.

Pertama, anda perlu mengetahui topik yang akan dibahas di Instagram, misalnya anda ingin membahas mengenai teknologi, cara mengatur keuangan, atau pengasuhan anak.

Pastikan anda menyukai topik tersebut dan menguasainya sehingga anda selalu mempunyai ide baru dan semangat untuk menulis konten secara rutin.

Kedua adalah mencari topik yang sedang hangat di kalangan komunitas anda atau sedang diperbincangkan banyak orang.

Guna mengetahui topik tersebut, anda bisa mengikuti content creator Instagram lain atau forum dan portal berita yang sering membahas masalah yang sama.

Selanjutnya adalah mengolah topik dan masalah tersebut menjadi tulisan yang memikat dan tentunya ditambah dengan visual yang keren.

Tidak perlu terlalu heboh, cukup gunakan latar belakang warna yang cerah dan memberikan sedikit hiasan dapat mempercantik konten anda.

2. Videographer

Salah satu keunggulan Instagram dibandingkan social media lainnya adalah kemudahan dalam mengunggah konten yang mempunyai visual memikat.

Mengingat Instagram mempunyai fitur Instagram reels atau siaran langsung untuk menyajikan konten dalam bentuk video.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak videographer yang membagikan karyanya dalam bentuk video untuk diunggah ke social media yang dimiliki.

Namun untuk menjadi videographer, tidak hanya membutuhkan video yang bagus saja, namun pendekatan untuk membuat konten lebih keren.

Misalnya saja, sebelum mengunggah video pendek di Instagram reels, anda perlu memasukkan audio dengan tema yang seragam, sehingga membuat penonton merasakan suasana yang sama saat anda mengambil video tersebut.

Anda juga perlu menambahkan caption yang berisi narasi atau deskripsi video, sehingga penonton dapat mengetahui lebih lengkap mengenai tempat tersebut.

Penambahan tagar dan kata kunci yang selaras juga dapat membantu meningkatkan jangkauan video, sehingga dapat menyasar target audience yang lebih luas.

Anda juga bisa membagikan konten di balik layar melalui Instagram story guna membangun kedekatan dengan audience anda dan membuat mereka penasaran mengenai konten yang akan diunggah selanjutnya.

Jangan lupa juga untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil dan mengedit video agar penonton tidak merasa bosan.

3. Photographer

Selain videographer, pekerjaan sebagai photographer juga kerap kali membagikan karyanya di Instagram untuk menjangkau target audience yang lebih luas atau sekedar sebagai album photo.

Namun jika anda ingin menekuni profesi sebagai content creator Instagram dengan menjadi photographer, maka tips berikut bisa menjadi pilihan terbaik.

Pertama adalah mengambil foto yang dapat memberikan cerita atau sudut pandang lain bagi yang melihatnya, misalnya saat memotret anak-anak yang sedang bermain, berikan kesan bahwa pengikut anda dapat memberikan suasana yang sama.

Kedua adalah berkunjung ke tempat-tempat baru yang jarang dikunjungi namun dapat memberikan hasil foto terbaik.

Misalnya saja adalah tempat wisata alam yang jarang dijamah oleh wisatawan namun mempunyai pemandangan terbaik.

Bermain-main dengan aplikasi edit foto juga dapat membantu memberikan kesan yang estetik dan selaras dengan kepribadian anda di Instagram.

4. Host Podcast

Podcast telah menjadi semakin populer selama bertahun-tahun, dan Instagram kini telah bergabung dengan tren tersebut dengan mengizinkan pengguna untuk memimpin podcast mereka sendiri di platform.

Jika Anda terpikat untuk memulai podcast Anda sendiri di Instagram, berikut ini adalah panduan tentang cara memulainya:

Langkah 1: Pilih Topik dan Format

Sebelum mulai merekam episode podcast, Anda harus menentukan topik dan formatnya. Topik Anda haruslah sesuatu yang Anda sukai dan menurut Anda akan memikat bagi pendengar. Formatnya bisa berupa podcast gaya wawancara, podcast tunggal, atau kombinasi keduanya.

Langkah 2 : Rekam dan Edit Episode Anda

Langkah selanjutnya adalah merekam dan mengedit episode podcast Anda. Anda dapat merekam episode Anda menggunakan perangkat lunak perekaman audio apa pun. Setelah merekam episode, Anda dapat mengeditnya menggunakan perangkat lunak pengeditan audio. Pastikan untuk mengedit kesalahan atau udara mati untuk memastikan podcast Anda menarik dan menghibur.

Langkah 4: Unggah Episode Anda ke Creator Studio

Setelah episode Anda diedit dan siap tayang, Anda dapat mengunggahnya ke Creator Studio Instagram. Untuk melakukannya, buka dasbor Creator Studio dan klik “Buat” di sudut kanan atas.

Dari sana, pilih “IGTV” dan pilih episode yang ingin Anda unggah. Anda juga dapat menambahkan judul, deskripsi, dan gambar sampul agar podcast Anda terlihat lebih profesional.

Langkah 5: Promosikan Podcast Anda

Terakhir, saatnya mempromosikan podcast Anda di Instagram. Anda dapat membagikan episode podcast Anda di feed dan stories Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Anda juga dapat menggunakan tagar dan berkolaborasi dengan pengguna Instagram lainnya untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk podcast Anda.

Pastikan untuk berinteraksi dengan audiens Anda dengan menanggapi komentar dan pesan untuk membangun pengikut setia.

tips menjadi content creator instagram

Tips Menjadi Content Creator Instagram

Apakah Anda terpikat untuk menjadi pembuat konten Instagram tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, tidak mengherankan jika Instagram telah menjadi platform populer bagi para kreator konten untuk memamerkan karya mereka dan menjangkau audiens yang lebih besar.

Dari fotografi hingga fashion, makanan hingga kebugaran, ada banyak sekali bidang yang bisa dijelajahi di Instagram.

Namun, memulai sebagai pemula bisa sangat membingungkan dengan begitu banyak pilihan dan strategi yang perlu dipertimbangkan.

Menjadi pembuat konten Instagram membutuhkan waktu, usaha, dan kreativitas. Tetapi dengan panduan dan alat yang tepat, siapa pun dapat membuat konten yang menarik dan mengembangkan pengikut mereka di platform.

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dan trik untuk membantu Anda memulai perjalanan Anda sebagai pembuat konten Instagram.

1. Pilih Topik yang Disukai

Bagian paling awal yang dilakukan sebelum menjadi content creator Instagram adalah menentukan topik yang disukai.

Cara ini akan memudahkan anda untuk memahami topik yang akan disampaikan serta memudahkan untuk mencari sumber untuk isi konten yang menarik.

Selain itu, anda juga bisa mengetahui pendekatan yang bisa digunakan dalam membangun interaksi dengan target audience di Instagram.

Anda bisa memulainya dengan mengetahui minat yang anda sukai kemudian mengembangkannya menjadi konten Instagram.

Gali juga berbagai topik terhangat di kalangan komunitas anda, sehingga postingan anda tidak ketinggalan jaman dan bahkan menjadi pelopor di kalangan tertentu.

2. Buat Akun Instagram Creator

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan setelah menentukan topik yang selaras adalah membuat akun Instagram Creator yang menyediakan berbagai fitur yang tidak tersedia di akun Instagram biasa.

Penggunaan akun Instagram creator juga dapat membantu konten anda terlihat lebih profesional sehingga membuat pengguna Instagram tergerak untuk mengikutinya.

Sedangkan bagi kreator, penggunaan akun Instagram creator juga memberikan fitur insight yang dapat mengukur kinerja konten dan interaksi dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga anda dapat mengetahui apakah konten anda sudah selaras dengan minat audience serta memiliki hubungan yang baik dengan komunitas yang dimiliki.

Selain itu, jika anda sudah mulai melakukan kolaborasi dengan brand tertentu, anda bisa menggunakan label tertentu di postingan promosi yang menunjukkan konten anda sudah sesuai dengan ketentuan kerjasama.

Cara membuat akun Instagram creator juga cukup mudah, anda cukup mengubah mode akun Instagram anda ke bentuk business atau creator dan akun anda akan berubah seketika.

Jangan lupa juga untuk menambahkan jenis akun Instagram creator anda guna memudahkan Instagram mendorong konten anda ke target audience.

3. Isi Instagram Bio

Setelah mengubah akun Instagram pribadi ke dalam creator, jangan lupa juga untuk mengisi Instagram BIo yang berfungsi sebagai identitas diri dan perkenalan bagi audience anda saat memasuki akun anda.

Instagram bio bisa berisi topik yang sering anda bahas sehingga membuat audience mengetahui minat anda dan memastikan untuk memiliki kesamaan.

Selain itu, jika anda sudah tergabung dengan agensi tertentu, maka anda bisa menautkan nomor telepon manager guna memudahkan brand tertentu untuk melakukan kerjasama produk.

Sedangkan jika anda sedang mengembangkan kelas khusus di topik tertentu atau menjual produk yang selaras dengan industri yang anda jalani, maka anda bisa memasukkan link ke dalam Instagram bio, guna memudahakn audience yang terpikat pada konten anda.

Penggunaan Instagram bio juga membantu memudahkan audience untuk menemukan akun anda saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

4. Fokus Pada Tampilan Profil Instagram

Selain mendorong tampilan Bio Instagram dengan deskripsi yang lengkap, pastikan juga untuk fokus pada tampilan profil Instagram.

Penggunan foto profil yang unik dan sesuai dengan kepribadian anda juga dapat membantu akun anda terlihat profesional di mata audience.

Anda bisa memilih tema foto profil yang unik dan menampilkan foto diri anda dan menggunakan warna-warna yang cerah dan menarik mata.

Namun, jika anda terlalu malu untuk menampilkan diri di depan kamera, maka anda bisa membuat logo khusus yang sesuai dengan industri yang anda geluti.

Anda juga bisa mengambil foto di studio foto lalu mengeditnya melalui aplikasi edit foto untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

5. Tunjukkan Brand Voice di Caption Instagram

Memiliki ciri khas sendiri bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan menjadi content creator di Instagram, sehingga anda perlu membangun brand voice yang sesuai dengan karakter target audience yang dituju.

Jika anda memiliki target audience di kalangan usia 18-25 tahun, maka ada baiknya untuk membuat jenis brand voice yang informal dengan menggunakan istilah-istilah yang sedang trending saat ini, sehingga mereka seperti bertemu dengan teman sebaya.

Selain itu, gunakan juga bahasa yang biasa digunakan oleh target audience, misalnya bahasa asing dimana tempat audience berada.

Anda juga bisa menggunakan narasi khusus untuk menceritakan gambar atau video yang diunggah sehingga audience merasa berada di tempat yang sama.

Gunakan juga fitur caption secara maksimal guna memancing interaksi dengan target audience sehingga konten anda lebih banyak diminati.

6. Gunakan Tagar yang Sesuai

Penggunaan Instagram SEO dan Hashtag bisa menjadi kolaborasi yang dapat meningkatkan jangkauan konten lebih cepat.

Mengingat banyak pengguna Instagram melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di kolom pencarian serta Instagram mendorong konten yang menggunakan kata kunci yang relevan ke target audience yang dituju.

Sehingga penting bagi kreator untuk memasukkan tagar dan kata kunci yang sesuai di konten dan caption mereka untuk memperluas jangkauan video.

Pastikan juga untuk melakukan analisa kata kunci dan tagar yang relevan dengan konten anda dan sering digunakan di Instagram.

Analisa ini bisa dilakukan menggunakan website tertentu yang menyediakan layanan untuk analisa kata kunci.

cara menghasilkan uang sebagai content creator instagram

Cara Menghasilkan Uang Sebagai Content Creator Instagram

Pernahkah Anda menelusuri feed Instagram Anda dan bertanya-tanya bagaimana para pembuat konten menghasilkan uang dari postingan mereka? Ini bukan hanya tentang memposting foto-foto cantik dan mendapatkan pengikut; ada banyak bisnis di baliknya.

Instagram telah menjadi platform yang menguntungkan bagi merek untuk menjangkau audiens target mereka melalui pemasaran influencer.

Hal ini telah membuka peluang bagi para pembuat konten untuk memonetisasi konten mereka dan mengubah hasrat mereka menjadi karier yang menguntungkan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pembuat konten Instagram dan menghasilkan uang dari postingan Anda, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk memonetisasi konten Anda.

Dari postingan bersponsor hingga pemasaran afiliasi, berikut adalah panduan tentang cara menghasilkan uang sebagai pembuat konten Instagram.

1. Kolaborasi dengan Brand

Seorang content creator yang telah memiliki jumlah pengikut yang banyak serta pengaruh yang lebih besar, biasanya memiliki peluang untuk melakukan kolaborasi dengan brand tertentu yang bergerak di bidang sama dengan topik yang sering diangkat oleh kreator.

Kolaborasi ini tentunya menghasilkan pendapatan yang drastis apalagi jika melihat jumlah pengikut dan pengaruh yang dimiliki serta durasi kolaborasi yang dilakukan.

Namun dalam melakukan kolaborasi dengan sebuah brand, content creator Instagram juga perlu mempertimbangkan cara promosi yang baik agar konten tidak terkesan membosankan dan membuat pengikut mereka tertarik untuk mencobanya.

Misalnya saja menyelipkan konten promosi ke dalam postingan yang diunggah sehingga pembaca merasa mendapatkan pencerahan dan rekomendasi baru.

Penggunaan bahasa promosi yang relevan dengan konten yang biasa diunggah di Instagram juga bisa menjadi cara untuk menarik minat konsumen lain.

2. Affiliate Marketing Program

Sebagai seorang content creator, biasanya anda juga membagikan produk dan layanan tertentu yang biasa digunakan dan memiliki manfaat yang menguntungkan bagi anda.

Rekomendasi ini biasanya juga dicoba oleh pengikut anda dan akhirnya berbondong-bondong untuk membelinya dan akhirnya menguntungkan bagi brand tertentu karena promosi yang gratis.

Guna mendapatkan keuntungan tambahan dari rekomendasi produk, maka anda bisa mengaktifkan layanan affiliate marketing program yang dijalankan oleh beberapa layana e-commerce untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Caranya juga cukup mudah, anda cukup mendaftarkan diri anda di program affiliate yang tersedia di berbagai e-commerce.

Pastikan untuk membaca komisi yang didapatkan guna mengukur keberhasilan promosi anda serta keuntungan yang akan didapatkan.

Setelah mengisi data dan mendapatkan verifikasi maka anda bisa mulai membagikan rekomendasi produk anda ke konten instagram yang dimiliki.

Agar promosi semakin sukses, ada baiknya anda memberikan ulasan jujur berupa foto setelah penggunaan produk dan layanan dan bagaimana mereka dapat mempermudah hidup anda.

Setelah semua strategi pemasaran dilakukan maka anda bisa mengukur kinerja affiliate program dengan masuk ke fitur analisa di Insight yang dimiliki pada layanan e-commerce.

3. Jual Program Khusus

Content creator Instagram biasanya berawal dari seseorang yang memiliki keahlian di bidang khusus dan membagikan ilmunya ke orang lain melalui konten Instagram.

Ilmu yang berharga serta penyampaian yang menarik juga bisa membuat audience anda tertarik untuk mendapatkan ilmu yang anda berikan.

Anda bisa merespon permintaan mereka dengan membuka program khusus dengan biaya berlangganan yang terjangkau dan bisa diakses semua orang.

Berikan juga video atau teks pembelajaran yang mudah dipahami oleh awam sekalipun, sehingga menarik minat banyak orang.

Sebarkan juga ulasan dari konsumen yang telah merasakan manfaat dari program yang telah anda buat untuk menjaring lebih banyak pengguna baru.

Cara menjadi content creator instagram

1. Pilih Topik yang Disukai
2. Buat Akun Instagram Creator
3. Isi Instagram Bio
4. Fokus Pada Tampilan Profil Instagram
5. Tunjukkan Brand Voice di Caption Instagram
6. Gunakan Tagar yang Sesuai

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like