Strategi pemasaran kini semakin banyak jenisnya hingga tidak ada batasnya. Apalagi adanya teknologi dan budaya yang semakin berkembang membuat strategi pemasaran juga ikut berubah.
Adanya perubahan ini sering disebut strategi pemasaran modern atau guerilla marketing strategy.
Guerilla marketing merupakan jenis pemasaran yang unik, kreatif, dan umumnya hanya dilakukan dalam durasi waktu yang singkat.
Selain itu juga guerilla marketing disebut strategi pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian banyak pelanggan dengan cepat. Bukan hal yang aneh bagi perusahaan untuk menerapkan satu strategi.
Lalu, apa sih konsep guerilla marketing ini?
Dilansir dari sumber investopedia, bahwa guerilla marketing adalah jenis pemasaran yang menggunakan taktik berupa kejutan dan interaksi nonkonvensional untuk mempromosikan produk atau layanan.
Guerilla marketing ini berbeda dari stategi traditional marketing yang pada umumnya. Pasalnya guerilla marketing lebih mengandalkan interaksi perusahaan yang memiliki anggaran yang lebih kecil, dan juga berfokus pada kelompok promotor yang lebih kecil.
Tujuannya agar dapat menyebarkan berita di lokasi tertentu daripada melalui media campaign yang tersebar luas.
Penyebaran berita yang dilakukan oleh promotor ini melalui pemasaran viral, atau penyebaran informasi dari mulut ke mulut sehingga menjangkau khalayak yang lebih luas seperti jalan besar, acara atau event, festival, atau fasilitas umum lainnya.
Sederhananya, guerilla marketing memiliki sasaran yang menjadi fokus utama yaitu pelanggan lamanya.
Jika pelanggan setia akan meningkat, maka sekaligus akan menambah pelanggan baru secara tidak langsung. Hal ini karena bertujuan untuk meningkatkan ikatan pelanggan dengan produk atau brand Anda.
Guerilla marketing kini menjadi semakin populer karena munculnya teknologi mobile. Sehingga banyak pebisnis yang menggunakan teknik guerilla marketing. Alasan utama menggunakan strategi ini adalah karena murah.
Melalui guerilla marketing perusahaan dapat memperkuat pesan dan fokus menargetkan kelompok konsumen yang menjadi sasaran, serta kreativitas yang terkait, ide, waktu, dan tenaga. Jadi, bukan menomorsatukan anggaran.
Strategi guerilla marketing merupakan teknik yang memiliki banyak manfaat untuk digunakan perusahaan ketika ingin menjangkau audiens target Anda. Berikut beberapa manfaat guerilla marketing untuk kegiatan promosi:
Metode pemasaran kali ini berbeda dengan yang lain, karena tidak membutuhkan biaya yang lebih besar. Guerilla marketing dalam promosi hanya menarik perhatian audiens.
Sedangkan, strategi marketing lainnya membutuhkan biaya besar seperti membuat iklan fisik (baliho, flyer, brosur), maupun iklan digital (social media ads).
Menggunakan campaign guerilla marketing dapat dilakukan dengan banyak kreativitas dan terkadang humor juga. Jika Anda ingin mendapatkan perhatian orang, maka lebih baik membuat sesuatu yang disukai audiens. Dengan hal itu lebih mudah akan viral.
Strategi marketing ini membuat cara yang tidak biasa untuk dapat membuat pelanggan lebih mudah mengingat brand. Dapat dikatakan bahwa strategi guerilla marketing ini membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness.
Jika strategi pemasaran yang Anda buat unik hingga viral secara positif, maka akan memberikan citra yang baik khususnya di dunia bisnis. Selain itu bisa dijuluki sebagai brand dengan pemasaran yang cerdas, berbeda, dan menarik.
Karena awal mulai dari perusahaan ini memiliki citra yang baik, selain itu akan lebih mudah untuk melakukan proses pengenalan brand, dan promosi penjualan.
Memiliki kesan yang kuat dapat membuat pelanggan Anda merasa dekat dengan perusahaan. Apalagi perusahaan ingin mengeluarkan produk baru, hal ini membuat pelanggan ikut senang adanya inovasi produk.
Dengan begitu proses pemasaran pada bisnis Anda akan jauh lebih efektif dan efisien.
Taktik dari guerilla marketing akan membantu brand Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
Selain itu jika ada yang unik dan menarik, maka akan diperbincangkan oleh audiens secara tidak langsung. Hal ini akan menciptakan strategi word of mouth marketing (pemasaran dari mulut ke mulut).
Sentuhan emosi dalam penerapan strategi ini juga memiliki pengaruh yang lebih besar, karena akan menggunakan word of mouth marketing, daripada menggunakan strategi pemasaran yang tidak memiliki sentuhan emosional.
Umumnya, menggunakan strategi word of mouth marketing dinilai sangat efektif. Tujuannya menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan.
Menurut laporan, bahwa ada 90% pelanggan lebih cenderung mempercayai dan membeli produk atau layanan dari brand yang mereka dengar seperti kerabat atau teman yang dikenal secara langsung.
Anda bisa menggunakan guerilla marketing untuk dapat bekerja sama dengan berbagai mitra. Misalnya, bekerja sama dengan para pebisnis lainnya, organisasi, badan tertentu, atau lainnya untuk dapat menjalankan campaign.
Selain itu juga Anda dapat menciptakan hubungan yang baik dengan mitra, kemudian juga menjangkau audiens yang lebih besar. Umumnya memiliki mitra, bisa mendapatkan jaringan agar Anda bisa berkolaborasi.
Guerilla marketing adalah strategi pemasaran lama yang dikembangkan oleh Jay Conrad Levinson pada tahun 1984. Awal mula dari nama guerilla sendiri berasal dari taktik perang gerilya. Taktik perang tersebut dapat diterapkan dalam strategi pemasaran ini.
Strategi guerilla juga harus mengandalkan kreativitas agar dapat mengejutkan customer, dan memiliki dampak yang cukup besar di pasar.
Adapun beberapa jenis guerilla marketing yang sering diterapkan oleh perusahaan, yaitu:
Menurut sendpulse, bahwa dengan menggunakan ambient marketing, Anda bisa mempromosikan produk atau layanan dengan menempatkannya di lokasi yang tidak biasa.
Selain itu juga bisa menggunakan elemen-elemennya untuk keuntungan Anda sebagai alat komunikasi.
Sumber dari wikipedia, ambush guerilla marketing merupakan strategi pemasaran di mana pengiklannya menyergap sebuah acara agar bisa bersaing dan mendapatkan eksposur terhadap pengiklan lainnya.
Nah, jenis strategi dari guerilla marketing ini sering digunakan oleh perusahaan besar.
Taktik yang melibatkan campaign merketing ini juga ditampilkan pada acara peluncuran sebuah produk atau layanan yang tidak memiliki afiliasi langsung dengan perusahaan.
Hal tersebut dapat memberikan kesan bahwa produk Anda sedang bekerja sama dengan brand lainnya dan sedang dipresentasikan pada acara tersebut.
Stealth marketing merupakan strategi pemasaran di mana target pasar tidak menyadari bahwa mereka sedang menjadi sasaran pada campaign iklan.
Selain itu juga strategi ini tidak memakan banyak biaya. Sehingga, bisa dijadikan sebagai metode yang jitu bagi pertumbuhan bisnis.
Strategi ini telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan brand popularity dan brand loyalty. Oleh karena itu sangat cocok untuk digunakan sebagai strategi branding bisnis.
Strategi ini juga bisa diterapkan pada semua jenis bisnis dan ukuran perusahaan. Bisa perusahaan besar, startup, atau usaha kecil dan menengah (UMKM).
Astroturf marketing merupakan jenis strategi pemasaran dimana perusahaan membuat kesan mengenai sebuah produk atau jasa yang Anda miliki. Adanya hal ini agar dapat dicari oleh banyak orang.
Selain itu tujuan dari kesan yang dibuat ini untuk membuat produk atau jasa tersebut lebih unggul dibandingkan milik kompetitor yang sejenisnya, serta dapat menciptakan citra yang positif bagi perusahaan tertentu.
Selain itu juga, astroturfing adalah jenis aktivitas dari strategi pemasaran ilegal dimana perusahaan membuat metode ulasan palsu dari konsumen palsu yang berpura-pura menjadi konsumen asli.
Intinya, strategi ini membuat produk perusahaan yang menggunakan sistem menumpang pada produk lain yang sedang berkembang pesat.
Outdoor guerilla marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan cara promosi produk dengan meletakan sebuah karya seni atau patung di jalanan atau trotoar yang memiliki kegiatan ramai setiap harinya dalam jangka waktu tertentu.
Jenis strategi indoor guerilla marketing ini sama seperti dengan outdoor guerilla marketing.
Perbedaan antara strategi ini dengan strategi sebelumnya adalah strategi ini dilakukan di ruang publik yang tertutup seperti stasiun kereta api, gedung perkantoran dan mal.
Selain itu, jenis strategi ini bekerja paling baik untuk guerilla marketing. Viral marketing ini dilakukan oleh para pemasar dengan menggunakan objek dan tagline. Tujuannya untuk dapat meningkatkan popularitas produk atau layanan.
Kemudian jenis yang terakhir yaitu experientil guerilla marketing. Strategi ini menerapkan segala macam taktik pemasaran guerilla dan harus ada interaksi antara audiens dan produk Anda.
Saat menjalankan campaign guerilla marketing, salah satu hal terpenting untuk dipertimbangkan adalah memilih waktu dan tempat yang tepat.
Strategi ini sering digunakan oleh perusahaan di depan umum karena mereka ingin orang-orang dapat berinteraksi dengan suatu brand. Berikut adalah beberapa strategi menggunakan guerilla marketing untuk bisnis Anda:
Anda membutuhkan komunitas yang cocok sesuai dengan produk atau layanan Anda, sehingga mereka dapat berbagi pengalaman dengan Anda, serta membantu mempromosikan produk Anda.
Selanjutnya Anda bisa menggunakan media sosial untuk mencari orang yang memiliki minat yang sama atau membangun komunitas. Pahami dan pelajari apa yang paling disukai komunitas.
Guerilla marketing menggabungkan musik, misteri, seni dan budaya dengan humor dan dinamika sosial untuk berfungsi sebagai promosi penjualan tanpa terlihat seperti promosi penjualan.
Salah satu jenis pertunjukan yang melibatkan peristiwa spontan yang dilakukan oleh sekelompok orang di ruang publik adalah kegiatan flashmob.
Jadi, Anda harus menyiapkan dokumentasi untuk video flashmob sehingga dapat diposting di situs media sosial dan dilihat oleh banyak orang. Jika flashmob Anda menarik, maka akan semakin mudah untuk membuat video tersebut viral.
Kebanyakan orang tidak menyukai transaksi yang terlalu rumit dan berbelit-belit. Hal ini tentunya dianggap cukup merepotkan bagi banyak orang. Sehingga, konsep pemasaran ini Anda terapkan sebagai solusi permasalahan yang mereka alami.
Setelah Anda mempublikasikan bisnis Anda secara online, Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi keluhan dan kritik.
Contohnya adalah kompetitor pernah mengajukan pengaduan palsu, hal itu biasa dilakukan para pebisnis. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan hasil keluhan melalui pesan pribadi agar penyampaian bisa lebih personal.
Apabila Anda sudah menemukan solusi yang memuaskan, Anda dapat mengunggah hasilnya pada media sosial.
Media sosial akan selalu berubah. Oleh karena itu, Anda perlu harus mengikuti tren dan mencoba untuk memprediksi kegiatan yang akan terjadi pada masa depan.
Selain itu juga harus mengikuti perkembangan guerrilla marketing. Tujuannya agar dapat memperdalam hubungan Anda dengan pengikut Anda di media sosial.
Menggunakan jenis pemasaran ini yang perlu diperhatikan adalah preferensi pasar, ide, dan rencana yang strategis. Nah, jika semuanya matang, maka bisa dijalankan dan diimplementasikan, serta melihat hasilnya.
Strategi guerilla marketing ini memiliki banyak manfaat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran konsumen dan penjualan produk.
Nah, Anda sudah mempelajari konsep dari guerilla marketing. Selanjutnya, Berikut ini adalah kiat-kiat untuk menerapkan guerilla marketing di bisnis Anda:
Sudah mulai banyak perusahaan besar yang menggunakan strategi guerilla marketing melalui metode kreatif yang mengejutkan, namun masih tetap memberikan kesan yang baik kepada konsumen.
Berikut ini adalah beberapa contoh dari perusahaan besar yang menggunakan pemasaran guerilla marketing di dunia:
3M Security Glass berhasil membuat strategi guerilla marketing yaitu meletakan sebuah kotak kaca berisi uang senilai 1 juta dollar di dekat halte bus, dan menantang semua orang untuk mencoba memecahkan kaca yang ada pada kotak tersebut.
Lalu UNICEF juga berhasil menggunakan strategi dengan menyematkan tulisan di botol kemasan tentang penyakit yang terjadi akibat mengkonsumsi air kotor. Sehingga aksinya disambut dengan positif, karena mampu menyadarkan masyarakat.
Strategi ini digunakan oleh brand bounty yaitu dengan memasang es loli raksasanya di sepanjang jalan-jalan di New York. Perusahaan ini menemukan cara yang unik untuk mengiklankan produknya dengan menambahkan kata-kata ringkas yang bermanfaat.
Iklan produk pencegah kutu dan serangga yang dibuat oleh perusahaan Frontline bisa digunakan untuk anjing. Iklan yang dibuat memenuhi seluruh lantai dasar Mall yang besar.
Hal ini bisa menciptakan bentuk interaksi manusia yang tidak disengaja dan mendorong orang berpikir tentang produk yang mereka gunakan.
Strategi yang dilakukan pada perusahaan ini adalah memakaikan celana dalam berukuran besar pada patung banteng ikonik di Kota New York.
Tujuannya ingin menarik perhatian banyak orang dan bisa mempromosikan produk terbarunya yaitu pakaian dalam barunya.
Bagaimana sudah paham mengenai guerilla marketing? Yuk, mulai sekarang Anda harus kreatif agar bisa menerapkan guerilla marketing secara efektif.
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.