Apakah Anda kesulitan membuat konten yang segar dan menarik untuk platform media sosial Anda? Apakah Anda sering memposting jenis konten yang sama berulang kali, dengan sedikit atau bahkan tidak ada interaksi dari para pengikut Anda?
Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, dan sebagai akibatnya, bisnis harus menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk mengikutinya. Namun, dengan banyaknya konten yang diproduksi dan dibagikan setiap hari, bisa jadi sulit untuk tampil beda dari yang lain.
Untuk meningkatkan keterlibatan di platform media sosial Anda, Anda perlu membuat konten yang beresonansi dengan audiens dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan merek Anda.
Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa ide konten social media yang akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan dan mengembangkan pengikut Anda.
Baik Anda pemilik bisnis kecil atau influencer media sosial, tips ini akan membantu Anda meningkatkan permainan media sosial Anda ke level berikutnya.
Salah satu ide konten social media yang sering digunakan untuk menaikkan interaksi adalah konten giveaway, dimana anda membagikan paket produk tertentu atau beberapa hadiah yang berkaitan dengan minat konsumen.
Konten social media ini banyak mendapatkan perhatian sebab konsumen akan mendapatkan hadiah gratis dari brand yang disukai, sehingga bisa membelinya kembali atau mencobanya secara gratis.
Agar konten giveaway yang dijalankan efektif dan mendapatkan interaksi yang diinginkan, maka anda perlu melakukan beberapa perencanaan terlebih dahulu.
Pertama adalah menentukan event yang sesuai untuk sesi giveaway, misalnya dalam rangka hari besar tertentu atau ulang tahun brand, sehingga menjadi ciri khas pada event tersebut.
Kedua adalah tentukan kegiatan yang perlu dilakukan oleh pengguna social media yang dapat membantu untuk meningkatkan jumlah interaksi secara menyeluruh.
Misalnya anda meminta mereka untuk mengikuti akun anda sampai event selesai, membagikan postingan tertentu, atau melakukan tantangan tertentu sembari menyebutkan nama anda.
Pemberian syarat yang berkaitan dengan interaksi social media juga akan membantu menaikkan metrik engagement di akun yang dimiliki.
Ketiga adalah berikan hadiah yang berkaitan dengan brand anda, misalkan saja paket produk tertentu atau voucher belanja di Toko.
Dengan memberikan hadiah yang berkaitan dengan brand anda, maka konsumen baru yang memenangkan giveaway secara tidak langsung akan mengenal produk anda dan tertarik untuk membelinya di kemudian hari.
Ada baiknya juga untuk melakukan sesi giveaway pada waktu tertentu saja, sehingga terasa lebih spesial dan memikat lebih banyak audience untuk melakukan interaksi.
Melakukan interaksi dengan pengikut menjadi salah satu cara untuk meningkatkan metrik interaksi, namun anda mungkin saja bingung mengenai ide konten social media yang cocok untuk terhubung dengan audience.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan interaksi adalah dengan memanfaatkan fitur polling yang tersedia di Instagram story atau Twitter, dimana anda mengajukan beberapa pertanyaan dan jawaban yang relevan dengan topik tertentu, sehingga konsumen tertarik untuk melakukan interaksi.
Namun, memberikan pertanyaan dan jawaban saja pada polling tentunya akan terasa membosankan, sehingga anda harus memberikan pembukaan yang menarik terlebih dahulu.
Misalnya saja kalimat sapaan seperti “Duh, Minsky lagi gabut nih, main polling yuk” kemudian berikan beberapa pertanyaan dan jawaban yang sudah disiapkan sebelumnya.
Meskipun terkesan sederhana, namun cara tersebut efektif untuk menarik minat konsumen, karena anda seperti mengajak teman sebaya bermain bersama, alih-alih meminta pengikut anda melakukan kegiatan tertentu.
Selain itu, anda juga bisa mengajak mereka membahas topik tertentu yang sedang naik daun dan meminta mereka menyampaikan pendapat yang relevan.
Contohnya saja, anda bisa melakukan pembukaan seperti “Ada yang ngerasa ga sih, cuaca akhir-akhir panas banget?”kemudian berikan opsi Ya atau Tidak, setelah banyak konsumen yang menjawab melalui polling atau mengirimkan pesan langsung, maka anda bisa membagikan topik yang membahas cara mengatasi cuaca panas dengan minum air putih atau menggunakan sunscreen.
Penggunaan konten polling yang tepat dapat membantu untuk menaikkan interaksi di Instagram story atau meningkatkan jangkauan di Twitter karena banyak orang yang mengikutinya juga.
Kreator Tiktok tentunya sudah tidak asing dengan fitur stitch atau reply, dimana anda bisa membalas konten lain menggunakan video baru, sehingga menimbulkan interaksi yang lebih tinggi.
Jenis konten ini juga dapat membantu untuk menaikkan interaksi, sebab pengguna Tiktok akan mengetahui pendapat anda mengenai suatu masalah, sehingga mereka tertarik untuk melakukan interaksi di kolom komentar.
Meskipun konten stitch dapat membantu untuk menaikkan interaksi, namun sebagai akun brand, anda sebaiknya bijak memilih konten yang akan dibalas dengan fitur stitch.
Pastikan bahwa konten tersebut tidak mengundang kebencian, sebab jawaban yang anda berikan akan memberikan pandangan lain bagi konsumen yang melihat video anda di akun tiktok brand.
Anda sebaiknya memilih video viral yang sedang naik daun, sebab mereka memiliki interaksi yang tinggi karena sudah masuk ke halaman FYP pengguna lain.
Selain membalas konten lain menggunakan fitur stitch, anda juga bisa mengajak orang lain untuk melakukan interaksi dengan layanan ini.
Salah satunya adalah meminta konsumen anda untuk membalas video anda menggunakan fitur stitch, sehingga jangkauan video anda menjadi lebih luas.
Misalnya adalah anda memiliki akun brand kosmetik, maka anda bisa meminta konsumen untuk membalas video anda dengan mengulas produk kecantikan yang dimiliki dari brand anda.
Cara ini tidak hanya membantu untuk menaikkan interaksi namun menambah jumlah ulasan produk, sehingga membuat pengguna Tiktok lain tertarik untuk membelinya.
Selain fitur stitch yang mampu untuk menaikkan interaksi di Tiktok, konten duet juga menjadi salah satu cara terhubung dengan konsumen yang dimiliki.
Hal ini dikarenakan pengguna Tiktok tertarik untuk melakukan kegiatan dari akun brand tertentu karena gerakan yang menarik dan unik.
Konten tiktok duet sendiri bermacam-macam, mulai dari meminta audience untuk melakukan dance challenge yang sama atau membuat resep makanan tertentu yang bisa dicoba di rumah.
Pemberian tantangan dengan gerakan yang mudah ditiru yang lagu yang rancak, juga menjadi daya tarik yang membuat audience melakukan kegiatan yang sama.
Sebelum membuat konten duet, maka anda juga harus mengetahui minat konsumen yang sesuai dengan brand yang dimiliki.
Misalnya anda memiliki akun tiktok brand skincare untuk remaja, maka anda bisa meminta konsumen melakukan dance challenge dengan lagu khusus yang membahas tentang cara merawat wajah.
Cara ini tidak hanya membantu untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen melalui interaksi konten duet, namun juga menjadi edukasi bagi konsumen muda mengenai cara merawat wajah.
Selain itu, apabila akun tiktok brand anda bergerak di bidang audio, maka anda bisa membuat duet challenge menyanyikan lagu tertentu menggunakan produk yang dimiliki.
Melakukan kolaborasi promosi dengan influencer menggunakan konten duet juga menjadi cara terbaik untuk memasarkan campaign yang sedang dijalankan menggunakan fitur tiktok duet.
Selain fitur stitch yang berguna untuk membalas komentar dari video lain, anda juga bisa menggunakan layanan reply video, dimana anda bisa menjawab pertanyaan konsumen menggunakan video baru.
Fitur yang tersedia di Instagram dan Tiktok ini berguna untuk menaikkan interaksi dengan konsumen, sebab mereka merasa mendapatkan perhatian khusus apabila komentarnya dibalas menggunakan video khusus.
Beberapa akun brand di Tiktok bahkan sudah menggunakan fitur ini untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen sekaligus ide konten social media yang tidak pernah habis.
Salah satunya yang dilakukan oleh akun Tiktok brand @tenuedeattitre yang membuat konten berdasarkan komentar di Tiktok, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membalas komentar agar dibalas dengan video sehingga meningkatkan interaksi dua arah.
Sebelum membuat konten video menggunakan komentar, maka anda sebaiknya memilih pertanyaan yang sering ditanyakan atau memiliki keunikan sendiri.
Kemudian anda bisa memikirkan cara untuk membalas komentar secara unik, bisa dengan menjawab melalui obrolan langsung, video khusus, atau menggunakan trend yang sedang naik daun, sehingga terlihat berbeda dengan konten lainnya.
Apabila konten balasan komentar tersebut belum mendapatkan interaksi yang diinginkan, maka anda bisa terus membuatnya kembali untuk jangka waktu tertentu, sehingga anda bisa mengetahui kinerja konten tersebut untuk meningkatkan interaksi.
Pengguna social media yang baru pertama kali mengunjungi akun brand biasanya memiliki pertanyaan yang belum mendapatkan jawaban yang cukup setelah melihat berbagai konten yang disuguhkan.
Selain itu, konsumen anda mungkin memiliki pertanyaan mengenai produk yang anda miliki atau event yang sedang diadakan, namun tidak mempunyai jawaban dari kebingungan.
Karenanya untuk membangun hubungan dengan konsumen sembari membalas berbagai pertanyaan yang masuk, maka anda bisa membuka sesi QnA pada waktu-waktu tertentu dengan topik khusus.
Sebelum memulai sesi tanya jawab anda bisa menentukan topik yang ingin dibahas dengan konsumen anda atau membukanya dengan kalimat sapaan yang menarik perhatian audience.
Beberapa social media bahkan menyediakan fitur khusus untuk membuka sesi tanya jawab, seperti Instagram dengan fitur stikern QnA.
Akan tetapi apabila akun social media yang anda miliki belum mempunyai fitur tersebut, maka anda bisa memutar otak dengan membuat video yang mengajak konsumen untuk melakukan tanya jawab, kemudian anda membalas berbagai komentar yang masuk.
Selain itu, apabila anda memiliki akun Twitter brand, maka anda bisa memanfaatkan fitur thread untuk memuat berbagai pertanyaan konsumen yang masuk.
Setelah anda mendapatkan banyak interaksi melalui pertanyaan yang masuk, maka anda bisa membalasnya dengan melakukan klik pada pertanyaan konsumen kemudian membalasnya dengan konten baru.
Lakukan kegiatan tersebut pada jangka waktu yang telah ditentukan, sehingga konsumen berbondong-bondong untuk bertanya dan anda memiliki durasi yang cukup untuk membalas berbagai pertanyaan.
Cara ini juga dilakukan agar konten story anda tidak terasa spam, sehingga membuat konsumen anda merasa bosan.
Melakukan sesi tanya jawab secara rutin pada event tertentu akan membantu untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen.
Selain itu, anda juga bisa menyimpan berbagai pertanyaan yang masuk di kolom highlight, sehingga konsumen dapat melihatnya kembali apabila mereka baru berkunjung ke akun anda untuk pertama kali.
Di tengah gempuran konten video pendek yang menguasai berbagai social media, konten foto masih disukai oleh banyak pengguna internet.
Hal ini dikarenakan konten foto menyajikan visual yang menarik serta berbagai informasi yang bisa dibaca dengan mudah apabila anda menyebarkan konten edukasi.
Namun, agar konten foto anda mendapatkan perhatian dari audience, maka anda perlu membuat konten gambar dengan visual yang menarik.
Anda bisa memulainya dengan mengambil gambar di tempat yang memiliki pencahayaan terbaik, yakni tidak terlalu terang atau gelap, sehingga anda bisa mendapatkan foto yang estetik.
Tambahkan juga beberapa properti yang dapat menunjang penampilan konten foto, misalnya saja aksesoris yang berkaitan dengan produk anda dengan bentuk dan warna yang netral sehingga tidak terlalu mencolok.
Guna mendapatkan gambar yang apik, maka anda bisa mengamil foto tersebut di dalam dan luar ruangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Akan tetapi, jika anda ingin membuat konten edukasi dalam bentuk gambar, maka anda bisa memanfaatkan aplikasi edit foto untuk membuat konten edukasi dalam bentuk gambar yang menarik
Beberapa aplikasi edit foto seperti Canva akan membantu anda untuk membuat konten gambar dengan visual yang menarik dengan mudah, bahkan untuk pemula sekalipun, sehingga anda bisa membuat konten social media yang meningkatkan interaksi.
Cara mudah lainnya untuk mengunggah konten gambar yang menarik adalah menambahkan caption di gambar, sehingga konsumen dapat memahami pendapat anda dengan mudah.
Strategi ini biasanya dilakukan oleh kreator tiktok yang hendak melakukan ulasan produk menggunakan konten foto carousel, sehingga tidak memakan banyak waktu untuk mengedit foto.
Sebagian besar aplikasi social media memungkinkan anda untuk mengunggah berbagai gambar dalam jumlah banyak, sehingga anda tidak perlu melakukan spam konten yang akan membuat pengikut anda merasa terganggu.
Pengguna social media yang mengikuti akun anda tidak hanya tertarik pada brand anda, namun juga memiliki ketertarikan pada industri yang dijalani.
Sehingga apabila terdapat berita mengenai industri tersebut, tidak ada salahnya untuk mengunggah di akun social media yang anda miliki guna membuka diskusi yang dapat meningkatkan interaksi.
Namun, sebelum memilih konten yang hendak dibagikan ke pengikut di akun social media yang dimiliki, maka anda bisa mencari berita yang sedang naik daun di industri anda di portal berita tertentu.
Kemudian anda bisa mengambil layar pada judul tersebut kemudian bagikan kembali ke akun social media anda.
Berikan juga judul dan rangkuman berita karena pengikut anda mungkin tidak membaca berita tersebut secara lengkap, sehingga akan menimbulkan perbedaan pendapat.
Pastikan juga untuk menambahkan kalimat call to action yang dapat memikat konsumen untuk mengemukakan pendapatnya, sehingga dapat membantu untuk menaikkan interaksi.
Anda bisa mengunggah konten ini secara rutin di konten feed atau story, sehingga bisa dilihat oleh konsumen.
Social media tidak hanya digunakan sebagai media promosi namun juga tempat untuk terhubung dengan konsumen yang dimiliki guna mengubahnya menjadi pelanggan yang royal.
Sehingga dalam mengembangkan akun social media brand, anda tidak hanya mengunggah berbagai foto produk, namun perlu juga membagikan konten edukasi yang membuat konsumen memahami kelebihan dari brand anda dan membangun interaksi yang kuat.
Konten edukasi juga menjadi cara yang tepat untuk mengembangkan interaksi dengan konsumen, mengingat mereka memiliki tempat untuk bertanya dan memberikan tanggapan di kolom komentar, sehingga menambah jumlah interaksi.
Sebelum membuat konten edukasi untuk akun brand yang dimiliki, maka anda bisa memulainya dengan mengetahui topik yang sedang naik daun di kalangan konsumen serta masalah yang biasa mereka hadapi di kolom komentar.
Guna mengetahui topik yang tepat, maka anda bisa mencarinya melalui social media toools yang fokus pada analisa konten atau melihat berbagai pertanyaan yang masuk di kolom komentar atau pesan langsung.
Setelah menemukan topik yang tepat, maka ada baiknya untuk mencari lebih dalam mengenai pembahasan yang relevan pada masalah tersebut dan rangkum hasilnya dalam kalimat pendek yang mudah dipahami oleh pembaca.
Anda bisa memulai membuat konten edukasi dengan merancangnya di aplikasi edit foto atau video tergantung platform yang digunakan dan tambahkan beberapa elemen yang relevan untuk mempercantik konten edukasi.
Misalnya, jika anda hendak membuat konten foto di Instagam maka anda bisa membuat judul yang menarik di halaman depan, kemudian masukkan pendapat anda di slide berikutnya, pastikan foto yang dimasukkan tidak terlalu banyak agar pembaca tetap fokus dan tidak merasa bosan.
Namun, jika anda hendak membuat konten edukasi di Twitter, maka anda bisa memanfaatkan fitur thread dengan menambahkan gambar yang relevan serta tweet dengan jumlah kalimat yang cukup.
Akan tetapi, apabila anda ingin mengunggah konten edukasi di Tiktok, anda bisa menggunakan fitur carousel atau mengunggah video dengan tambahan caption dengan kalimat yang pendek dan menggunakan tarian atau lagu yang sedang viral agar jangkauan video lebih luas.
Setelah mengunggah konten edukasi maka anda juga perlu melakukan interaksi dengan menjawab berbagai pertanyaan yang masuk dan pendapat yang diberikan.
Bagi akun social media brand baru yang belum memiliki banyak pengikut, mempunyai ulasan konsumen yang banyak dapat membantu meningkatkan kepercayaan pembeli.
Hal ini dikarenakan produk yang anda miliki belum banyak dibicarakan, sehingga anda perlu mengunggah ulasan konsumen secara rutin untuk menaikkan brand awareness.
Meskipun begitu, mengemas konten ulasan konsumen juga perlu strategi yang tepat agar terlihat menarik di mata konsumen.
Anda bisa mengumpulkan testimoni konsumen saat mengikuti event di luar ruangan, dimana anda bisa merekam atau memotret antusiasme pembeli saat membeli produk anda.
Kemudian unggah hasil foto tersebut di akun social media yang dimiliki dengan menambahkan caption yang mengungkapkan rasa senang karena produk anda disukai oleh banyak orang.
Agar konten ulasan terlihat menarik, maka anda bisa mengeditnya terlebih dahulu di aplikasi edit foto atau video untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Selain mendapatakna ulasan konsumen secara langsung, beberapa konsumen yang telah membeli produk anda secara online, mungkin saja memberikan ulasan produk anda di internet.
Anda bisa mencarinya dengan melihat penyebutan nama anda di social media, kemudian mengungganya kembali atau menyimpannya untuk diunggah di konten lain.
Misalnya saja, anda menyimpan ulasan konsumen anda yang menyebutkan nama anda di Instagram story, maka anda bisa menyimpannnya di highlight khusus, sehingga bisa dilihat oleh konsumen yang baru mengunjungi akun brand anda.
Selain itu, anda juga bisa mencari nama produk dan brand anda di social media lain melalui halaman pencarian, dimana anda bisa melihat berbagai ulasan konsumen yang puas pada produk anda, simpan ulasan tersebut dan kemudian unggah kembali di social media lain.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.