
Jika Anda pemilik bisnis ingin menunjukkan apresiasi kepada pelanggan atau hanya ingin memberikan hadiah kepada teman/pengikut Anda di media sosial, maka ini adalah pilihan yang tepat Anda bisa menggunakan strategi hadiah giveaway.
Giveaway sendiri merupakan teknik promosi di mana hadiah atau barang dibagikan secara gratis.
Menurut sumber, bahwa dalam menjalankan giveaway dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dengan merek Anda, karena hal ini memicu rasa takut ketinggalan (FOMO) pada pengguna.
Sebagai pebisnis, penting untuk memahami strategi hadiah giveaway yang menarik. Taktik pemasaran ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan promosi produk Anda .
Bahkan, giveaway ini telah menjadi taktik pemasaran yang semakin populer di kalangan bisnis. Sehingga strategi promosi ini harus bisa telaksana dalam bisnis Anda.
Lalu, sebenarnya apa sih konsep dari giveaway ini ? dan bagaimana strategi hadiah giveaway ini bisa memikat pelanggan ? Yuk simak jawabannya, berikut ini!
Saat mengadakan giveaway, Anda bisa meningkatkan engagement pada media sosial Anda. Oleh karena itu, strategi ini sangat ampuh untuk mempromosikan brand atau produk Anda.
Dilansir sumber tailwindapp, giveaway ini dapat membantu Anda dalam hal meningkatkan followers Anda sebanyak 70% lebih cepat dalam tiga bulan dibandingkan jika Anda tidak mengadakan kontes sama sekali.
Selain itu juga, giveaway ini juga mendapatkan 3,5 kali lebih banyak “suka” dan 64 kali “komentar”. Tentunya giveaway ini lebih banyak daripada postingan biasa.
Nah, ketika Anda ingin mengikuti giveaway dengan hadiah menarik di Instagram, maka Anda bisa mengikuti syarat-syarat yang akan diberikan yaitu follow akun, sukai postingan, tandai teman dikolom komentar agar bisa ikut serta.
Pada dasarnya hadiah giveaway adalah barang promosi yang ditawarkan kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan tujuan untuk menarik minat terhadap produk, merek, atau layanan.
Sehingga mereka dapat dengan mudah mengenal produk dan layanan Anda.
Hadiah giveaway biasanya berupa barang seperti kartu hadiah, barang elektronik, kupon, dan barang lain yang memberikan nilai nyata.
Hadiah giveaway menawarkan insentif kepada pelanggan untuk membeli produk atau layanan dari perusahaan yang menawarkannya.
Strategi ini sangatlah populer di kalangan pemilik bisnis karena giveaway ini sering kali menghasilkan lebih banyak penjualan daripada biaya modal dan biaya iklan.
Kemudian, ketika Anda menawarkan hadiah giveaway, maka Anda juga dapat membangun hubungan antara pelanggan dan pemilik bisnis.
Karena jenis promosi ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan hadiah bagi mereka untuk kembali lagi dari waktu ke waktu.
Bahwasannya, menurut hashmicro hadiah giveaway ini dapat menarik audiens dan bisa membangkitkan antusiasme. Nah, berikut ada beberapa manfaat saat menjalankan giveaway:
Giveaway adalah aktivitas promosi untuk meningkatkan keterlibatan di platform media sosial, blog, dan situs web.
Keterlibatan audiens melibatkan komunikasi antara merek dan audiens, dan dapat diukur melalui interaksi di media sosial. Interaksi audiens ini bisa dengan mengadakan giveaway, memberikan komentar, berbagi, dan menyukai konten.
Agar giveaway Anda berhasil, penting untuk memastikan bahwa hadiahnya relevan dengan target audiens.
Setelah giveaway direncanakan dan hadiah telah ditentukan, penting untuk membuat aturan yang menguraikan bagaimana peserta dapat mengikuti kontes.
Nah, sebenarnya banyak kompetisi giveaway yang mengharuskan peserta untuk mengikuti halaman penggemar perusahaan atau membagikan postingan beberapa kali untuk meningkatkan peluang mereka untuk menang.
Saat menjalankan kampanye melalui Instagram atau media sosial lainnya, pastikan Anda menggunakan hashtag sehingga Anda dapat memantau seberapa banyak yang mengikuti kontes giveawaynya.
Anda juga harus menentukan tanggal akhir yang pasti ketika peserta harus mengirimkan persyaratan yang telah Anda berikan. Tujuannya untuk menghasilkan lebih banyak minat dalam giveaway Anda dari waktu ke waktu.
Pastikan untuk memberikan kesempatan bagi peserta Anda untuk mengekspresikan dirinya dalam kontes giveaway yang Anda berikan. Hal ini akan meningkatkan engagement dan loyalitas pengguna.
Saat mempromosikan giveaway, peserta harus diminta untuk mengikuti akun merek atau perusahaan Anda, lalu subscribe channel YouTube atau follow semua akun media sosial Anda.
Bahwasannya, mereka membantu Anda meningkatkan engagement dengan membagikan bisnis Anda di halaman profil mereka sendiri.
Selain itu, membuat orang untuk mengikuti Anda melalui berbagai channel pemasaran digital dapat membantu menciptakan kesan merek yang positif dan mengarah pada peluang penjualan di masa depan.
Nah, saat Anda membuat giveaway penting untuk memikirkan jenis hadiah apa yang akan memotivasi orang untuk membeli merek Anda atau terlibat lebih jauh.
Produk yang terkait erat dengan perusahaan Anda sering kali lebih mudah menarik minat. Jika Anda sudah memiliki produk yang dipasarkan secara besar-besaran, pertimbangkan untuk menyertakan produk tersebut sebagai bagian dari paket hadiah giveaway.
Secara umum, waktu dalam menjalankan kontes hadiah giveaway sekitar 1-2 minggu.
Hal ini dikarena bisa memberikan banyak waktu bagi para pendukung untuk terlibat dan menarik lebih banyak pengunjung, tetapi tetap menjaga mereka agar tidak bosan dalam jangka waktu yang lebih lama.
Sebenarnya, seberapa pentingnya brand awareness pada strategi giveaway ini?
Menerapkan strategi giveaway memberikan banyak keuntungan yang jauh melampaui produk promosi.
Dilansir dari sumber investopedia, bahwa brand awareness ini tujuannya untuk mengukur pengenalan konsumen terhadap suatu brand atau produk.
Jika Anda ingin kesadaran konsumen terhadap brand positif, maka Anda harus memiliki kualitas yang unik dan bisa membedakan produk Anda dari kompetitor.
Pada dasarnya, hadiah ini adalah tindakan untuk menawarkan sesuatu secara gratis atau di bawah nilai pasar serta dapat mempromosikan bisnis, merek, atau produk Anda.
Nah, dengan adanya giveaway yang dibuat khusus dapat membantu bisnis memaksimalkan anggaran pemasaran dengan membuat produk promosi yang dapat dibagikan secara online, serta dapat meningkatkan visibilitas dan brand awareness Anda.
Membangun hubungan dengan target audiens melalui hadiah giveaway ini dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menghasilkan leads baru.
Perusahaan dapat membuat promosi yang lebih efektif dengan memilih item giveaway berdasarkan data demografis dan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat menghasilkan kesan positif di antara calon pelanggan dan meningkatkan tingkat konversi.
Sebelum meluncurkan strategi giveaway ini, pemilik bisnis harus mempertimbangkan durasi, jumlah hadiah, dan persyaratan kelayakan giveaway agar dapat memaksimalkan laba atas modal yang dikeluarkan.
Selain itu, menindaklanjuti kampanye giveaway sangat penting untuk kesuksesan.
Anda juga dapat melakukan analisis mendalam untuk melacak respons peserta untuk mendapatkan informasi tentang peserta, hal ini dapat digunakan dalam kampanye pemasaran di masa mendatang.
Menurut survei, bahwa pasca pemberian hadiah giveway dan telah mendapatkan feedback dari para peserta, Anda dapat mengidentifikasi kampanye yang berhasil dan membantu menjangkau target audiens inti sambil membangun basis penggemar setia.
Tujuan pemasaran ini bisa mendapatkan followers baru, meningkatkan brand awareness, dan memberikan eksposur produk.
Memberi hadiah giveaway merupakan strategi pemasaran yang hemat biaya, karena biaya yang terkait ini dapat diantisipasi dengan cara mengalokasikan anggaran.
Hadiah giveaway ini merupakan salah satu cara terbaik untuk melibatkan pelanggan, membangun hubungan, dan menghasilkan lebih banyak prospek.
Nah, kunci adanya hadiah giveaway ini adalah dengan membuat hadiah yang menarik dan berharga untuk target audiens Anda.
Berikut adalah beberapa strategi yang perlu dipertimbangkan saat membuat hadiah giveaway yang sukses:
Audiens akan mendapatkan hadiah giveaway secara cuma-cuma, karena audiens akan menikmati barang gratis.
Tujuan giveaway adalah untuk menarik perhatian publik, mengumpulkan informasi kontak dari pelanggan, membangun hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan, serta meningkatkan kesadaran merek.
Perusahaan sering menggunakan hadiah untuk berinteraksi dengan audiens agar dapat menghasilkan leads, dan menciptakan kesadaran akan produk atau layanan mereka.
Kemudian, pada organisasi biasanya memberikan instruksi khusus untuk mengikuti hadiah seperti menyelesaikan survei, mengikuti media sosial, meninggalkan komentar, dan menandai teman pada postingan terkait.
Peserta yang memenuhi kriteria dapat menerima voucher, tiket, atau produk promosi sebagai hadiah.
Pastikan Anda membuat ketentuan giveaway dengan jelas, mulai dari cara mengikuti, jumlah hadiah, periode, tanggal pengumuman, dan lain sebagainya.
Jika peserta tidak mematuhi aturan permainan, mereka dapat didiskualifikasi. Oleh karena itu, peserta harus mengikuti syarat yang telah diberikan agar dapat memenangkan kontes giveaway.
Semakin bagus hadiah yang ditawarkan, semakin besar kemungkinan orang untuk mengikuti giveaway.
Hadiah giveaway dapat berupa uang tunai, produk dari brand Anda, voucher belanja, tiket perjalanan, perangkat elektronik, dan merchandise yang berkaitan dengan brand Anda.
Promosi giveaway adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan produk atau layanan dengan memberikan sampel gratis, hadiah, dan insentif promosi.
Hal ini adalah cara yang efektif untuk memberikan penghargaan kepada calon pelanggan dan pelanggan setia yang sudah ada, sekaligus meningkatkan pengenalan merek.
Mengadakan giveaway dapat membantu mengembangkan citra merek yang positif, memperkuat hubungan dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan, menjangkau lebih banyak orang di media sosial, dan berpotensi meningkatkan penjualan.
Nah, jangan lupa Anda harus juga mempromosikan giveaway di berbagai saluran yang sudah ada dan sesuai dengan target audiens Anda, misalnya Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, atau channel lainnya.
Semakin banyak yang mengetahui brand, akan ada banyak juga influencer dan content creator yang akan mempromosikannya.
Dengan giveaway, pengikut influencer yang belum mengenal merek Anda dapat menjadi lebih mengenalnya, sehingga mendorong rasa ingin tahu dan partisipasi.
Memanfaatkan hashtag untuk mengkategorikan konten sangatlah baik, hal ini juga dapat digunakan untuk membantu mengekspos brand Anda ke audiens baru.
Jika Anda menggunakan tagar seperti #giveawayindonesia atau #giveaway, maka dapat membuat postingan Anda muncul di feed utama mereka.
Selain itu juga, saat Anda mengadakan giveaway di Twitter dan menggunakan hashtag, maka hashtag tersebut dapat menjadi trending jika digunakan oleh banyak orang.
Sangat disarankan untuk menindaklanjuti para pendaftar kontes giveaway setelah peluncuran kontes.
Berikan informasi terbaru kepada peserta kontes mengenai perkembangan kontes dan tawarkan kelonggaran bagi mereka yang tidak menang, seperti diskon sementara atau konsultasi dengan waktu terbatas, untuk menjaga hubungan dengan pelanggan Anda.
Buat penawaran secara terbatas untuk mendorong urgensi dan mendorong tindakan. Selain itu juga buat pelanggan merasa kehilangan jika mereka tidak menerima penawaran Anda.
Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengukur hasil promosi tersebut, karena Anda telah berusaha keras.
Ketika metrik dikaitkan dengan tujuan kontes, Anda harus memiliki pemahaman tentang apakah tujuan ini tercapai setelah kontes selesai. Anda juga disarankan untuk menyelidiki data lebih lanjut.
Apa yang Anda pelajari dari satu kontes pemasaran harus dimasukkan ke dalam strategi branding secara keseluruhan dan diperhitungkan saat menjalankan kontes berikutnya.
Pemberian hadiah giveaway kepada audiens adalah solusi yang efektif bagi para pebisnis yang sedang mencari cara untuk memaksimalkan keterlibatan dan upaya perolehan leads.
Hadiah yang akan diberikan ini disesuaikan dengan hasil yang diinginkan beserta jenis audiensnya. Oleh karena itu, ada berbagai macam hadiah giveaway untuk setiap audiens yang akan mengikutinya.
Nah, selama pelaksanaan, ada dua jenis hadiah yang tersedia yaitu self giveaway dan sponsor giveaway.
Jenis giveaway ini merupakan jenis hadiah mandiri yang dapat Anda atur dan kelola saat promosi, termasuk ketentuan dan hadiahnya.
Nah, bagi Anda yang menyelenggarakan kontes giveaway harus bisa bertanggung jawab.
Para pebisnis yang berpengalaman sering kali mengadakan giveaway dengan basis konsumen yang banyak dan memiliki anggaran sendiri.
Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika hadiah memiliki variasi yang beragam.
Bahwasannya persyaratan giveaway ini tergantung pada tujuan Anda. Misalnya, peserta mungkin perlu mengikuti akun media sosial tertentu, atau menyelesaikan tantangan dengan mengunggah atau mengunduh gambar, dan lain sebagainya.
Selanjutnya jenis giveaway sponsor artinya jenis giveaway yang dapat dijalankan oleh pihak ketiga atau host.
Jenis ini cocok bagi Anda yang ingin membuat giveaway khususnya bagi pemilik bisnis tanpa harus mengelolanya sendirian atau tidak ingin repot.
Saat penyelenggara acara giveaway akan menyelenggarakan serangkaian acara, di mana pemilik bisnis harus bisa bertanggung jawab untuk menanggung biaya jasanya.
Jika perusahaan, ingin meningkatkan visibilitas dan koneksi dengan pelanggan, maka sponsor giveaway ini mungkin bisa menjadi solusinya.
Dengan menggunakan jenis giveaway ini Anda akan mendapatkan jumlah peserta yang banyak, dan cocok bagi Anda yang baru memulai toko online dengan basis pelanggan yang kecil.
Pasti Anda sudah capek, karena hasil giveaway yang dibuat tidak efektif, ya kan? Nah, Tenang!
Berikut ini kami akan memberikan tips agar giveaway yang Anda buat sesuai dengan tujuan:
Momen giveaway adalah saat perusahaan, individu, atau organisasi memberikan barang atau jasa kepada mereka yang berpartisipasi dalam kegiatan promosi mereka.
Jenis promosi ini dapat digunakan sebagai cara untuk menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan brand awareness. Sering kali, perusahaan menggunakan hadiah bagi pelanggan untuk membeli produk atau layanan mereka.
Selain itu, mengadakan giveaway pada momen-momen tertentu juga dapat meningkatkan keterlibatan sosial dari para pengikut dan mengarahkan traffic ke situs web Anda.
Hal ini dapat menjadi sangat efektif jika periode giveaway bertepatan dengan acara seperti liburan, penjualan khusus, atau bahkan peluncuran produk atau layanan baru.
Saat menjalankan giveaway pada momen-momen tertentu ada beberapa hal yang harus Anda ingat.
Hal ini adalah elemen-elemen yang penting dari strategi momen giveaway.
Kemudian, saat memberikan hadiah giveaway untuk audiens tidak disarankan setiap hari karena akan menghilangkan kesan spesial Anda dan bisa menghabiskan anggaran promosi.
Jadi, akan lebih baik Anda memberikan hadiahnya pada acara-acara tertentu, seperti hari libur atau momen-momen tertentu.
Contohnya, ketika Anda mendapatkan 100 ribu followers, Anda akan membuat giveaway bagi followers Anda. Lalu, proses yang sama dapat diulangi untuk pencapaian berikutnya, seperti mencapai 200 ribu pengikut.
Nah, dengan mengadakan giveaway pada acara-acara khusus, pengikut Anda akan tertarik dengan media sosial Anda. Mereka mungkin tertarik untuk melihat informasi hadiah atau untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru.
Ketika menyelenggarakan giveaway, memilih audiens yang tepat adalah hal yang benar.
Untuk menjangkau target audiens Anda secara efektif, buatlah buyer persona dan pastikan hadiah yang ditawarkan menarik dan waktunya tepat. Hal ini akan membantu menarik pelanggan potensial Anda.
Selanjutnya adalah Anda bisa berkolaborasi dengan brand lain. Dengan cara ini Anda dapat meningkatkan bisnis dengan baik.
Saat memilih brand untuk berkolaborasi, penting untuk memastikan bahwa target pasarnya selaras.
Hadiah giveaway ini sering digunakan sebagai strategi pemasaran digital yang efektif untuk menarik audiens.
Lalu, ide giveaway apa saja yang dapat mempromosikan Anda dan bisa dekat dengan audiens di media sosial? Berikut ini, akan dijelaskan berbagai macam ide untuk giveaway yang bisa Anda berikan:
Ide hadiah yang paling sering digunakan oleh para pemilik bisnis dan juga influencer adalah voucher.
Hadiah ini bisa memberikan Anda keuntungan, karena tidak perlu repot atau praktis, terjangkau, dan tentunya tidak perlu menggunakan jasa pengiriman.
Voucher hadiah dapat dikirim melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, atau WhatsApp.Selain itu juga, Anda dapat mengirim langsung ke alamat email penerima.
Memberikan hadiah giveaway berupa skincare atau makeup merupakan ide yang bagus.
Ketika Anda mempertimbangkan item yang akan diberikan dalam kontes giveaway, maka skincare dan makeup ini sangatlah cocok sesuai banyak ulasan di media sosial khususnya Instagram dan Twitter.
Mengumpulkan informasi melalui platform media sosial seperti Instagram Story, dengan mengajukan pertanyaan.
Sesuai dengan perkembangan zaman, kini sudah banyak yang menggunakan dompet digital sebagai media transaksinya atau tempat penyimpanan uang. Oleh karena, Anda harus bisa memanfaatkan sebagai ide strategi giveaway Anda.
Nah, Anda bisa menggunakan dompet elektronik sebagai media transaksi untuk strategi promosi seperti OVO, DANA, ShopeePay, dan GoPay.
Saat memberikan hadiah giveaway, jumlah saldo bisa disesuaikan dengan anggaran pengguna atau perusahaan. Misalnya, giveaway DANA dengan saldo Rp 300.000 untuk 3 orang pemenang.
Sebagai hadiah giveaway yang kreatif, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan berbagai jenis tiket gratis kepada audiens Anda.
Salah satunya pada event yang sering ditunggu-tunggu yang khususnya menyukai skincare atau makeup yaitu tiket ke acara beauty seperti Surabayaxbeauty.
Bagi para influencer yang stylist, pakaian bisa menjadi hadiah yang luar biasa. Memiliki tampilan yang unik dan penuh gaya dapat meningkatkan minat terhadap produk yang mereka kenakan, loh!
Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan ini untuk menawarkan berbagai item pakaian sebagai hadiah giveaway Anda. Pertimbangkan untuk memilih dua hingga tiga jenis pakaian untuk meningkatkan partisipasi.
Parfum bisa menjadi pilihan yang baik untuk hadiah giveaway Anda. Namun, jenis parfum harus sesuai dengan target audiensnya. Sebagai contoh, Anda bisa memilih parfum wanita dengan aroma yang manis dan segar.
Anda bisa memilih dengan produk yang cukup terkenal, atau juga bisa produk Anda sendiri dengan tujuan untuk memperkenalkan produk Anda ke audiens.
Menyediakan makanan sebagai hadiah untuk giveaway, masih banyak peminatnya saat ini. Nah, agar lebih menarik giveaway yang akan diberikan, Anda bisa memilih jenis makanan yang disukai dan akan dikirim kepada pemenang. Menarik, bukan!
Umumnya, pemberian hadiah giveaway ini mencakup makanan kaleng atau kemasan, yang dikenal karena daya tahannya, serta produk makanan edisi terbatas dari brand-brand populer.
Selanjutnya, Anda bisa memberikan hadiah giveaway berupa barang elektronik. Karena nilainya signifikan, promosi ini akan berdampak positif pada brand atau bisnis Anda.
Barang elektronik ini bisa digunakan oleh audiens untuk memasak, karena peralatan memasak ini hadiah yang sangat cocok untuk target audiens yang berfokus pada tugas-tugas dapur, seperti ibu rumah tangga.
Hadiah uang tunai ini sangatlah menarik, karena banyak audiens yang menginginkan uang sebagai ide giveaway.
Nah, pada hadiah uang tunai Anda bisa memberikan sebesar R 500.000 untuk lima orang pemenang.
Umumnya, giveaway ini terbuka untuk semua orang, sehingga jumlah audiens yang ingin mengikuti pasti banyak. Akan tetapi, Anda harus memberikan syarat dan ketentuan untuk giveaway ini.
Peserta harus memenuhi persyaratan seperti mengikuti akun media sosial, membagikan informasi giveaway di akun pribadi mereka, mengundang 3 orang untuk bergabung dan menetapkan batas waktu sekitar 3-7 hari.
Terakhir, ide giveaway berupa aksesoris seperti kalung, jam tangan, cincin, kacamata, atau hadiah populer untuk wanita yang ingin memperluas koleksi aksesoris mereka.
Ide hadiah ini sangatlah kreatif, Anda juga bisa memperkenalkan produk terbaru Anda kepada audiens yang terkait dengan aksesoris.
Itu dia penjelasan mengenai strategi hadiah giveaway yang dapat memikat pelanggan. Bagaimana, cukup mudah-kan ?
1. Meningkatkan Engagement
2. Menambah Jumlah Followers
3. Meningkatkan Brand Awareness
4. Dapat Menghemat Uang dan Waktu
1. Menentukan Tujuan Giveaway
2. Membuat Persyaratan Giveaway Dengan Jelas
3. Menentukan Hadiah Giveaway
4. Mempromosikan Giveaway
5. Bekerjasama Dengan Influencer
6. Menggunakan Hashtag
7. Bangun Urgensi
8. Pantau, Lacak, dan Uji
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.