Kalau Anda sedang mencari peluang karir yang menjanjikan dan penuh tantangan, maka dunia digital marketing adalah tempat yang tepat untukmu.
Digital marketing tidak lagi sekadar tren, melainkan sebuah kebutuhan esensial bagi bisnis modern.
Dalam artikel ini, kita akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai dan memajukan karir digital marketingmu.
Pemasaran digital mengacu pada promosi produk atau layanan menggunakan teknologi digital, terutama di internet. Ini termasuk kampanye iklan yang dilakukan melalui mesin pencari, platform media sosial, pemasaran email, dan aplikasi seluler.
Hal ini melibatkan berbagai strategi seperti pengoptimalan mesin pencari, pemasaran konten, pemasaran media sosial, dan iklan bayar per klik untuk menjangkau dan berinteraksi dengan audiens target.
Pemasaran digital yang efektif memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas merek, dan mendorong lebih banyak lalu lintas situs web, yang mengarah ke konversi dan penjualan yang lebih tinggi.
Dengan meningkatnya teknologi digital, pemasaran digital telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk berkembang di pasar modern.
Intinya, digital marketing ini termasuk pendekatan pemasaran produk atau layanan yang menggunakan media digital dan strategi pemasaran berbasis data. Ini mencakup berbagai teknik dan aktivitas yang membantu mencapai tujuan bisnis melalui berbagai saluran online dan terhubung.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Website dengan Google Search Console
lalu, mengapa Anda harus memilih karir digital marketing ini ?
Nah, bahwasannya karir dalam digital marketing sangat menjanjikan. Pertumbuhan pesat teknologi dan pemanfaatan internet yang semakin luas membuat kebutuhan akan ahli digital marketing semakin besar.
Selain itu, karir ini memungkinkan Anda untuk terus belajar dan berkembang seiring dengan perkembangan tren dan teknologi.
Kemudian, berikut alasan lainnya memilih karir digital marketing:
Berikut landasan pengetahuan yang perlu Anda kuasai:
SEO adalah senjata rahasia digital marketer. Pahami cara membuat konten yang disukai oleh mesin pencari. Jika Google mencintaimu, maka masyarakat juga akan mencintaimu. Lakukan riset kata kunci, pelajari algoritma, dan amati tren.
Nah, posisi yang bertanggung jawab untuk meningkatkan visibilitas website yaitu SEO Specialist. SEO Specialist ini dapat bekerja di perusahaan atau agensi.
Berikut adalah beberapa jenjang karier SEO Specialist:
Tugas utama SEO Specialist adalah mencari kata kunci yang berhubungan dengan bisnis dan membuat strategi konten yang sesuai. Konten tersebut biasanya berisi kata kunci tertentu agar mendapatkan ranking tinggi di berbagai mesin pencari.
Tanggung jawab SEO Specialist antara lain:
SEO Specialist juga dapat beralih ke posisi marketing serupa lainnya karena pada dasarnya SEO ini adalah bentuk dari marketing digital.
Gaji SEO Specialist di Indonesia berkisar antara Rp4.000.000–Rp10.000.000 per bulan. Besaran gaji ini bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi, tergantung pada beberapa faktor.
Berikut adalah kisaran gaji SEO Specialist untuk beberapa posisi:
Berikut adalah contoh gaji SEO Specialist di beberapa perusahaan:
Gaji SEO Specialist juga bisa berbeda-beda tergantung pada perusahaan tempat bekerja dan juga domisili
Search Engine Marketing (SEM) Specialist adalah ahli dalam bidang pemasaran digital berbasis search engine. SEM Specialist bertugas mengelola beragam campaign iklan yang ditampilkan pada search engine.
Tugas SEM Specialist adalah:
SEM adalah strategi marketing dengan cara mengoptimalisasi dan mengiklankan website agar muncul di halaman teratas mesin pencarian. SEM menggunakan taktik berbayar untuk mendapatkan visibilitas di search engine atau dikenal juga dengan pay-per-click (PPC).
SEM dapat membantu bisnis meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari seperti Google, meningkatkan lalu lintas ke situs mereka, dan meningkatkan penjualan.
Perbedaan utama antara SEM dan SEO adalah bahwa SEM memerlukan biaya untuk menampilkan iklan, sedangkan SEO tidak memerlukan biaya tetapi membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar
Gaji rata-rata untuk pemula di bidang Search Engine Marketing (SEM) adalah sekitar Rp4,5–8 juta per bulan. Gaji untuk level senior bisa lebih dari Rp12 juta.
Social media specialist adalah seorang profesional yang bertanggung jawab dalam membuat dan menerbitkan konten digital di media sosial. Konten ini bertujuan untuk meningkatkan audiens, membangun brand awareness, dan membantu promosi.
Tugas dan tanggung jawab seorang social media specialist antara lain:
Social media specialist mengelola konten di berbagai platform media sosial sebuah brand, baik itu perusahaan, organisasi, atau bahkan public figure. Berbagai platform media sosial itu contohnya seperti Twitter, Instagram, Facebook, atau LinkedIn.
Untuk berkarir di bidang social media marketing, ada baiknya kamu memahami dan memiliki kemampuan yang berkaitan dengan konten tertentu. Misalnya, kemampuan copywriting untuk menulis caption yang menarik atau ide-ide keren untuk meningkatkan interaksi di Instagram melalui gambar.
Dengan pengalaman kerja, pelatihan khusus, dan mengerjakan berbagai proyek, seseorang bisa meraih prospek jenjang karir social media specialist yang menjanjikan.
Gaji seorang Social Media Specialist di Indonesia berkisar antara Rp4.000.000–Rp6.000.000 per bulan untuk posisi entry-level. Gaji ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung dari pengalaman dan bidang industri perusahaan.
Gaji seorang Social Media Manager di Indonesia berkisar antara Rp6.500.000–Rp9.500.000 per bulan. Social Media Manager senior level dengan pengalaman lebih dari 8 tahun bisa mendapatkan gaji antara Rp8.000.000–Rp12.000.000 per bulan.
Untuk mengembangkan karir dari Social Media Specialist menjadi Lead Digital Marketing, Anda perlu meningkatkan pengetahuan bidang pemasaran digital, seperti SEO dan Google Ads. Gaji yang akan didapatkan juga terbilang cukup besar dengan kisaran Rp8.000.000–Rp12.000.000/bulannya
Content marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan dan penyebaran konten yang relevan, menarik, dan konsisten sesuai dengan audiens yang dituju. Content marketer adalah orang yang berkarier di content marketing.
Tugas dan tanggung jawab content marketer antara lain:
Contoh content marketing antara lain:
Content marketing specialist dapat bekerja sama dengan klien dari latar belakang industri apapun. Hal ini dapat membantu mereka merasakan POV di industri tersebut. Selain itu, mereka juga dapat menambah ilmu baru yang lumayan dalam, karena harus research sebelum membuat konten.
Gaji rata-rata untuk content marketer di Indonesia adalah Rp 6.484.708 per bulan.
PPC (Pay-per-Click) Specialist adalah bidang karier yang bertugas membuat strategi pemasaran melalui iklan berbayar. PPC juga fokus memantau dan melakukan optimasi iklan agar biaya yang dikeluarkan sekecil mungkin dan hasilnya sebaik mungkin.
PPC adalah model digital advertising berbayar yang mengharuskan pengiklan membayar sejumlah biaya setiap kali iklannya mendapat click. PPC dapat membantu pengiklan menargetkan calon konsumen dengan sangat spesifik, misalnya berdasarkan lokasi atau minat.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan PPC dengan baik:
PPC sangat efektif dalam meningkatkan ROI iklan. Pasalnya, iklan PPC bekerja secara efektif dan mampu menargetkan audiens sesuai kebutuhan atau keinginan mereka.
Gaji rata-rata untuk PPC Specialist di Indonesia adalah Rp 79.827.173 per tahun. Sementara itu, menurut JobStreet, gaji untuk posisi PPC di Indonesia adalah Rp 5.500.000 – Rp 8.200.000 per bulan.
Email marketer adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengirim email marketing untuk bisnis atau perusahaan. Tugasnya meliputi:
Email marketing juga strategi pemasaran digital di mana perusahaan mengirimkan pesan-pesan melalui email kepada pelanggan atau calon pelanggan. Pesan-pesan ini bisa berupa promosi produk, berita terbaru, penawaran khusus, atau konten relevan.
Kemudian, email marketing ini dapat meningkatkan kesempatan untuk menghasilkan penjualan. Email marketing biasanya berisi informasi promo, katalog produk, dan informasi lainnya yang memiliki tujuan sebagai sarana promosi, edukasi, meningkatkan penjualan hingga berkomunikasi dengan baik dengan audiens.
Nah, berikut langkah-langkah memulai email marketing:
Tips membuat campaign email marketing untuk menarik pelanggan:
Nah, berikut ini ada beberapa skill kreatif yang juga harus Anda miliki!
Copywriting adalah keterampilan menulis teks promosi atau pemasaran. Copywriter harus memiliki kemampuan menulis yang mumpuni. Selain dari sisi konten, sisi teknis seperti ejaan, pilihan kata, variasi kosakata, struktur kalimat, hingga pungtuasi juga sangat perlu untuk diperhatikan.
Berikut adalah beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang copywriter:
Copywriter juga harus memahami target audiens agar dapat membuat pesan yang tepat sasaran. Tugas copywriter meliputi menulis berbagai macam konten seperti caption postingan media sosial, artikel blog, maupun copy iklan
Seorang desainer grafis harus memiliki kemampuan untuk menginterpretasikan pesan dalam bentuk gambar. Desainer grafis juga harus memiliki kemampuan untuk memahami kebutuhan klien dan mengartikulasikan ide-ide desain mereka dengan jelas.
Berikut adalah beberapa kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia desain grafis:
Desainer grafis juga harus memiliki kemampuan dalam:
Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.
Fotografi dan videografi adalah bidang yang perlu dikuasai di era digital. Keduanya sama-sama membutuhkan pencahayaan yang baik. Perbedaannya adalah fotografi menangkap momen dalam bentuk gambar, sedangkan videografi dalam bentuk gambar secara terus menerus, dan suara.
Fotografi menangkap cahaya dan ditampilkan dalam 1 bingkai. Videografi menangkap cahaya dan ditampilkan dalam beberapa bingkai yang diputar dengan cepat untuk membuat gambar tampak bergerak.
Teknik-teknik videografi seperti komposisi visual, gerakan kamera, pencahayaan, dan suara, dapat membantu seorang videografer menciptakan video yang menarik, bermakna, dan berkualitas tinggi.
Fotografer dapat mengambil gambar untuk barang yang dicetak atau barang pameran. Mereka juga dapat mengabadikan peristiwa, mengirimkan pesan kepada masyarakat, dan meningkatkan kepedulian.
Setelah mengetahui berbagai aspek dan bidang dalam digital marketing, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai karir Anda:
Pelatihan dan sertifikasi profesional dapat memberikan pemahaman dasar dan mendalam tentang digital marketing. Sertifikasi juga menambah kredibilitas Anda sebagai seorang profesional digital marketing.
Berikut adalah beberapa sertifikasi digital marketing yang dapat Anda ikuti:
Portofolio adalah kumpulan karya atau proyek yang telah Anda selesaikan. Ini membantu employer atau klien potensial untuk melihat keterampilan dan kemampuan Anda.
Membuat dan terus memperbarui portofolio Anda adalah langkah penting untuk memasuki industri ini.
Berikut adalah beberapa tips untuk membuat portofolio digital marketing:
Anda dapat memanfaatkan platform digital seperti website atau media sosial untuk menampilkan portofolio.
Berikut adalah beberapa contoh proyek yang dapat Anda tunjukkan dalam portofolio digital marketing:
Networking dapat membantu Anda membangun hubungan dengan profesional lain dalam industri ini, sedangkan mentor dapat memberikan petunjuk dan saran berdasarkan pengalaman mereka.
Digital marketing adalah bidang yang terus berubah dan berkembang. Oleh karena itu, penting untuk terus mempelajari dan menyesuaikan diri dengan tren dan perkembangan terbaru dalam industri ini.
Tidak ada gantinya pengalaman langsung. Mencari internship atau proyek freelance dapat memberikan Anda pengalaman praktis yang berharga.
Intinya, memulai karir dalam digital marketing bisa menjadi petualangan yang menantang namun juga membanggakan. Dengan pengetahuan yang tepat dan persiapan yang matang, Anda dapat memasuki industri ini dan membuat dampak yang signifikan.
Tidak, latar belakang pendidikan formal Anda tidak harus berada dalam bidang pemasaran atau teknologi untuk memulai karir dalam digital marketing. Meski beberapa pengetahuan dasar tentang teknologi dan pemasaran akan membantu, yang paling penting adalah memiliki hasrat untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang ini.
Ada banyak cara untuk meningkatkan keterampilan digital marketing Anda. Anda bisa mengikuti kursus online, membaca blog terkait, atau belajar dari proyek praktis. Mengikuti tren terkini di bidang ini juga sangat penting.
Digital marketing adalah bidang dengan pertumbuhan yang cepat dan memiliki banyak peluang pekerjaan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, Anda dapat menemukan berbagai peluang di berbagai industri.
Meskipun pengalaman kerja bisa menjadi nilai tambah, banyak posisi entry-level di digital marketing yang tidak mengharuskan Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Yang lebih penting adalah menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk posisi tersebut.
Digital marketing melibatkan penggunaan saluran digital untuk mencapai konsumen, seperti mesin pencari, email, dan media sosial. Sedangkan, pemasaran tradisional melibatkan saluran seperti iklan cetak, televisi, dan radio.
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.