8 Ide Konten Tiktok Biar FYP dan Viral di Tiktok (Legit)

Apakah Anda ingin menjadi TikTok Influencer? atau mungkin Anda memanfaatkan Tiktok untuk Jualan? Maka ide konten tiktok biar fyp cocok bagi anda agar lebih viral di Tiktok.

Tiktok dengan cepat berkembang dari hanya menjadi platform tantangan menari dan sekarang mencakup berbagai jenis konten mulai dari sandiwara komedi, video informatif, tip dan trik pendidikan, dan banyak lagi.

For You Page (FYP) adalah fitur penting dari TikTok, karena menampilkan konten terbaik dari berbagai kreator dalam aliran yang dikurasi secara algoritma. Ditampilkan di halaman ini bisa sangat bermanfaat bagi pembuat konten karena video mereka dilihat oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Seiring dengan berkembangnya aplikasi ini, begitu pula para pesaingnya, influencer media sosial lainnya berlomba-lomba untuk mendapatkan penayangan konten mereka. Namun, memahami apa yang berhasil dan tidak berhasil di TikTok sangat penting untuk menonjol dari persaingan untuk menumbuhkan akun Anda dan meningkatkan kesadaran merek.

Selain itu, anda juga perlu membekali diri dengan berbagai ide konten tiktok biar fyp agar lebih mudah menjangkau target penonton yang diinginkan.

Konten Tiktok Branded Hashtag

Konten Tiktok Branded Hashtag

Jumlah pengguna tiktok yang terus meningkat dari hari ke hari menjadikan social media ini sebagai tempat promosi bagi sebagian besar brand besar.

Salah satu strategi promosi yang digunakan adalah menggunakan tiktok branded hashtag, dimana brand tersebut membuat tagar khusus yang bisa digunakan oleh kreator untuk membuat tantangan yang telah dibuat oleh sebuah brand.

Dengan membuat tantangan menggunakan tagar khusus maka akan memungkinkan konten yang dibuat menjangkau penonton yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan brand tersebut telah membayar tiktok untuk mempromosikan tagar tertentu sehingga setiap konten yang dibuat menggunakan tagar khusus akan mendapatkan jumlah viewers yang lebih banyak.

samsung tiktok branded hashtag challenge

Cara ini juga dilakukan oleh brand handphone Samsung yang membuat tiktok branded hashtag challenge untuk mempromosikan produknya ke khalayak luas.

Agar promosi yang dilakukan semakin terkenal maka brand ini juga mengajak kolaborasi artis terkemuka sehingga semakin banyak orang yang bergabung pada tantangan ini.

Jangkauan yang luas serta kemudahan membuat produk yang dipromosikan menjadi lebih terkenal menjadikan tiktok branded hashtag challenge sebagai strategi promosi yang perlu dipertimbangkan.

Namun sebelum membuat tiktok branded hashtag challenge maka anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal agar tantangan dan tagar anda digunakan oleh banyak orang.

Pertama anda bisa memulai dengan menganalisa kegiatan yang dilakukan oleh target konsumen di Tiktok.

Misalnya anda memiliki brand fashion wanita maka ada baiknya untuk membuat tantangan dimana konsumen menggunakan produk anda sebagai outfit yang digunakan setiap hari.

Pemilihan tantangan ini perlu dipikirkan baik-baik karena berbeda target konsumen maka memiliki jenis konten yang berbeda juga.

Kedua adalah menentukan tagar tiktok yang digunakan sebagai branded hashtag challenge yang tentunya harus mencerminkan motto produk yang dimiliki.

Pastikan juga penulisan tagar tidak terlalu rumit dan mudah diingat sehingga konsumen akan menggunakan hashtag yang tepat.

Ketiga adalah menyiapkan budget promosi yang dibutuhkan untuk mempromosikan branded hashtag tiktok sesuai dengan durasi penayangan tagar, semakin lama waktu yang dibutuhkan maka biaya promosi akan semakin besar.

Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok yang memiliki pengikut yang banyak serta jumlah penonton yang konsisten dari hari ke hari dan tentunya bergerak di industri yang sama.

Pilihan ini dilakukan agar tagar anda semakin terkenal dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Konten Tiktok Filter

Konten Tiktok Filter

Sebagai social media yang mengandalkan visual dan isi konten yang menarik menjadikan tiktok terus berinovasi menghadirkan berbagai fitur terbaru.

Salah satunya adalah fitur filter yang dapat membantu mempercantik tampilan penggunanya sehingga lebih percaya diri untuk mengunggahnya di Tiktok.

Tidak hanya itu, keberadaan filter tiktok juga digunakan oleh berbagai kreator untuk membuat konten yang seru dan lucu sehingga ditonton oleh banyak orang.

Salah satunya adalah filter greenscreen dimana anda bisa menambahkan latar belakang yang lucu sehingga tampak selaras dengan isi konten yang dibuat.

Penggunaan filter yang sering digunakan oleh banyak orang juga membuka peluang bagi penggunanya untuk menjadi viral di Tiktok.

Anda bisa mencari filter tiktok viral dengan menyediakan waktu untuk menjelajah halaman foryourpage, dimana anda akan menemukan berbagai rekomendasi filter tiktok yang banyak digunakan saat ini.

Selain itu, anda juga bisa melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di halaman pencarian untuk menemukan filter yang dipakai oleh pengguna tiktok.

Sebenarnya halaman edit video tiktok juga menyediakan rekomendasi filter, hanya saja pilihan yang diberikan kurang beragam dan tidak terlalu banyak, sehingga pengguna hanya mendapatkan pilihan yang sedikit.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat filter tiktok sendiri sebagai media promosi di Tiktok beriringan dengan branded hashtag challenge.

Caranya adalah dengan menganalisa selera penonton terhadap filter yang digunakan, apakah mereka menyukai tampilan filter yang menggemaskan atau menyediakan pilihan ganda.

Kemudian setelah mengetahui selera konsumen maka anda bisa memulai membuat filternya menggunakan aplikasi khusus dan melakukan uji coba terlebih dahulu di akun tiktok yang dimiliki.

Apabila hasil filter tiktok sudah sesuai keinginan maka anda bisa melanjutkan dengan mempromosikannya bersama dengan tiktok branded hashtag yang dimiliki.

Cara ini akan membantu promosi semakin unik dan disukai oleh pengguna tiktok yang hobi menggunakan filter dalam membuat konten.

Konten Tiktok OOTD

Konten Tiktok OOTD

Saat berpergian ke tempat baru atau hendak mengunjungi suatu acara penting biasanya seseorang akan mengalami kebingungan dalam memilih outfit yang nyaman dan sesuai dengan tema acara tertentu.

Untungnya kini anda bisa mendapatkan inspirasi outfit dengan mudah dan cepat di Tiktok, dimana anda dapat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu untuk menemukan pilihan outfit sesuai dengan acara yang dikunjungi.

Contohnya saja anda hendak menjadi bridesmaid di acara pernikahan seseorang, maka anda bisa melakukan pencarian di Tiktok mengenai pilihan outfit yang keren dan unik sehingga tidak ditiru oleh orang lain.

Ide konten tiktok OOTD juga cocok bagi anda yang memiliki hobi berdandan dan memiliki variasi outfit yang beragam sehingga disukai oleh banyak orang.

Misalnya saja anda mencontohkan OOTD yang dipakai untuk pergi bersama teman dengan menunjukkan inspirasinya serta menampilkannya di depan kamera.

Dalam memulai membuat konten tiktok OOTD maka anda bisa memulai dengan menentukan target penonton yang diinginkan dan disesuaikan dengan tampilan kreator.

Misalnya saja anda adalah wanita berjilbab yang aktif bekerja dan ingin membuat konten tiktok OOTD, maka anda bisa membuat tema video outfit untuk wanita yang bekerja.

Pilihan ini dilakukan karena penonton biasanya mencari kreator yang memiliki latar belakang yang sama, sehingga mempermudah dalam mencari inspirasi pakaian yang sesuai kebutuhan.

Selain itu, anda juga bisa memperlihatkan tampilan baju yang lebih jelas sehingga membuat penonton tertarik untuk menggunakannya juga di kemudian hari.

Penyematkan link tiktok affiliate yang memudahkan penonton untuk membeli produk tersebut. Cara ini juga membantu untuk menghasilkan uang dari tiktok dengan pembelian produk dari link affiliate yang diberikan.

Anda juga bisa melakukan interaksi dengan penonton melalui jawaban yang diberikan melalui balasan video baru, sehingga mereka merasa memiliki hubungan dengan kreator.

Dengan menjawab berbagai pertanyaan yang masuk juga menjadi alternatif ide konten sehingga anda tidak perlu mencari inspirasi konten yang disukai penonton.

Apabila semakin banyak orang yang melakukan interaksi di konten anda yang terlihat dari jumlah penonton yang terus bertambah, maka akan membuka kemungkinan bagi anda untuk mendapatkan tawaran endorsement dari brand fashion untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

@tqoktariq

bridesmaid kali ini ramping bgt, agak maksa pake maneqin sebelum zip belakangnya di pasang 😅 #bridesmaiddresses #gaunbridesmaid #rumahmodestitchiq

♬ Paano Naman – Speed Version – king caspa

Konten tiktok OOTD juga cocok bagi brand fashion yang ingin mempromosikan produknya dimana anda memberikan inspirasi outfit melalui barang yang dimiliki.

konten tiktok get ready with me

Konten Tiktok Get Ready With Me

Mencari inspirasi konten tiktok fashion yang disukai banyak orang dan mudah viral di Tiktok? maka konten get ready with me bisa menjadi pilihan terbaik.

Konten satu ini akan memperlihatkan proses persiapan diri seseorang saat hendak pergi ke suatu tempat, sekilas memiliki kesamaan dengan video a day in my life namun lebih singkat dan padat.

Pada ide konten tiktok ini anda kreator biasanya memperlihatkan proses merias diri dan berdandan sebelum memulai kegiatan tertentu, sehingga cocok bagi anda yang memiliki minat pada bidang skincare dan make up.

Selain itu anda juga bisa memperlihatkan proses persiapan saat hendak berwisata bersama keluarga, dimana anda mempersiapkan outfit dan perlengkapan lain yang akan digunakan oleh anak-anak.

Ide konten ini tentunya cocok bagi ibu rumah tangga yang memiliki kebiasaan untuk pergi ke tempat wisata di akhir pekan.

Dalam membuat konten tiktok get ready with me maka anda bisa melakukan dua cara sesuai dengan tema yang ingin digunakan di Tiktok.

Pada konten get ready with me dengan tema make up maka anda bisa memperlihatkan wajah polos yang dimiliki kemudian anda bisa mulai berdandan dari awal hingga akhir.

Mempercepat video serta menambahkan backsound lagu yang relevan akan membuat tampilan video menjadi lebih menarik dan membuat penonton tidak merasa bosan.

@nisacookieaja

packing for winter trip ❄️ lumayan ya packing buat ber4 💪🏽 karna winter jadi bawaannya kebanyakan tebel2 dan biar tetep muat di koper biasanya untuk perjaketan atau coat selalu aku vacuum..

♬ original sound – nisacookie – nisacookie

Sementara apabila anda hendak membuat konten get ready with me dengan tema persiapan liburan maka anda bisa merekam aktivitas saat menyiapkan baju untuk orang terkasih dan dimasukkan ke dalam koper.

Anda juga bisa menambahkan narasi berupa percakapan dua arah sehingga membuat penonton tidak merasa bosan untuk melihatnya terus menerus.

konten tiktok behind the scene

Konten Tiktok Behind the Scene

Sebagai seorang konsumen setia atau penggemar dari brand tertentu biasanya penonton juga tertarik pada proses pembuatan produk yang disukai.

Rasa suka ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat konten tiktok behind the scene yang menceritakan proses pembuatan suatu produk hingga sampai di tangan konsumen.

Video satu ini juga cocok sebagai media promosi secara tidak langsung, karena konsumen yang menilai prosesnya juga akan tertarik untuk membeli produk tersebut di akun marketplace atau website brand.

Tidak hanya itu, penggunaan konten tiktok behind the scene juga bisa dibuat oleh kreator tiktok yang memperlihatkan proses pembuatan video tertentu yang mendapatkan banyak penonton.

Ide ini tentunya disukai oleh pengikut setia yang ingin mengetahui proses pembuatan konten yang disukai.

Anda bisa memulai membuat konten tiktok behind the scene dengan menentukan tema yang akan dibuat, apakah anda hendak memperlihatkan proses pembuatan produk tertentu atau interaksi dengan karyawan yang dimiliki.

Setelah anda mengetahui tema yang sesuai maka anda bisa memulai proses perekaman video dengan menampilkan dua sisi konten yang berbeda sehingga memudahkan penonton untuk mengetahui proses pembuatan konten tertentu.

Namun apabila anda hendak membuat konten behind the scene yang lebih profesional maka anda bisa mengajak model atau brand ambassador produk untuk melakukan wawancara singkat sehingga hasil yang didapatkan semakin keren.

Apabila konten tiktok behind the scene viral dan disukai banyak orang maka anda bisa membuat ide konten yang serupa dengan tema yang berbeda agar penonton tidak bosan.

konten tiktok demonstrasi produk

Konten Tiktok Demonstrasi Produk

Saat mempromosikan produk terbaru di Tiktok biasanya konsumen belum mengetahui cara penggunaan produk dengan maksimal, sehingga belum bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kurangnya wawasan mengenai produk tertentu juga membuat konsumen lain akhirnya undur diri untuk membeli produk tersebut.

Karenanya agar hal tersebut tidak terjadi kepada produk yang dimiliki maka ada baiknya untuk membuat konten tiktok demonstrasi produk sebagai video yang baru pertama kali diunggah di Tiktok.

Cara ini dilakukan agar penonton yang melihatnya tertarik untuk mencoba dan membelinya setelah menonton video promosi yang menarik.

Salah satunya yang dilakukan oleh aku tiktok brand Skintific yang memperlihatkan cara penggunaan produk terbarunya sembari menjabarkan manfaat yang diberikan.

Tutorial ini akan membantu konsumen untuk memahami cara penggunaan produk dengan mudah serta manfaat yang didapatkan.

Sebelum membuat konten tiktok demonstrasi produk maka anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pertama adalah menentukan produk yang akan dipromosikan di tiktok, anda bisa memilih produk yang baru saja diluncurkan, tengah viral di kalangan konsumen, atau jarang mendapatkan perhatian dari pembeli.

Kemudian anda bisa membuat naskah yang berisi kelebihan produk serta cara penggunaannya sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya berkat konten promosi yang diberikan.

Naskah tersebut juga bisa digunakan sebagai narasi video yang diberikan di caption sehingga memudahkan penonton untuk mengetahui kelebihan dan penggunaan produk.

Jangan lupa juga untuk menentukan titik pengambilan video untuk memberikan tampilan yang estetik dan enak dilihat di Tiktok.

Anda juga bisa menggunakan bantuan dari model untuk memperagakan cara penggunaan produk sehingga video yang dibuat terlihat lebih menarik dan membuat penonton tertarik untuk membelinya di kemudian hari.

konten tiktok workout

Konten Tiktok Workout

Memiliki kondisi tubuh yang sehat serta bentuk tubuh ideal menjadi idaman bagi banyak orang, apalagi kesadaran mengenai kesehatan tubuh sudah semakin meningkat.

Meningkatnya kesadaran ini menjadikan anda lebih mudah dalam menemukan konten workout di berbagai social media, salah satunya adalah youtube dan Tiktok.

Dimana kedua social media ini menawarkan konten video yang memudahkan penontonnya untuk mempelajari gerakan olahraga yang mudah dilakukan di rumah.

@growwithjo

10 min express dumbbell legs & booty workout for women 🔥 11AM EST – search growwithjo on #youtube #workoutmotivation #legday #legsworkoutwomen

♬ original sound – growwithjo

Salah satunya yang dilakukan oleh content creator kesehatan Jo yang mengembangkan akun GrowwithJo di Youtube dan Tiktok yang berisi gerakan olahraga yang mudah dilakukan di rumah dan cocok bagi pemula.

Bagi anda yang menyukai kegiatan olahraga serta memiliki kemampuan dalam melatih bentuk tubuh maka konten tiktok workout menjadi pilihan terbaik.

Dimana anda bisa merekam diri anda untuk melakukan suatu rangkaian workout kemudian di rekam di kamera handphone atau profesional.

Kemudian anda bisa melanjutkan dengan mengeditnya di Tiktok atau aplikasi edit video, pada proses pengeditan ini ada baiknya untuk menambahkan caption video yang memudahkan penonton untuk memahami isi video.

Penambahan narasi berupa suara juga akan membantu penonton untuk melakukan gerakan yang ditampilkan setelah melihatnya.

Biasanya video workout berisi variasi gerakan tertentu maka anda juga perlu membuat daftar gerakan yang akan dimasukkan dan ditentukan sesuai dengan tingkat kesulitan penonton.

Tiktok juga memiliki fitur playlist yang akan memudahkan penonton untuk menonton video secara berurutan, cara ini akan membantu penonton untuk melihat video yang disajikan serta menambah jumlah penonton secara signifikan.

Sesekali anda juga bisa membuat konten workout berdasarkan permintaan dari penonton berdasarkan keluhan yang dimiliki.

Cara ini akan membantu untuk meningkatkan interaksi dan membuat mereka kembali mengunjungi akun anda di kemudian hari.

konten edukasi tiktok

Konten Tiktok Edukasi Topik Terbaru

Kemudahan dalam membuat konten tiktok menjadikan banyak orang mudah dalam membuat berbagai video dengan topik terkini dalam waktu cepat dan singkat.

Misalnya saja anda hendak mengomentari mengenai topik terbaru yang sedang naik daun akhir ini atau memberikan tanggapan pada video viral di tiktok, maka cukup merekamnya atau melakukan stitch video, maka konten tersebut akan tampil di akun yang dimiliki.

Cara ini banyak digunakan oleh kreator tiktok yang membuat video yang berisi pendapat mengenai topik tertentu yang sedang naik daun atau relevan dengan minat yang dimiliki.

Ide konten tiktok ini tentunya cocok bagi anda yang hobi memberikan pendapatn mengenai berita atau topik yang sedang naik daun dan kemudian di bagikan ke khalayak luas.

Anda bisa memulai membuat konten tiktok edukasi dengan memilih topik atau berita yang sedang naik daun di kalangan masyarakat atau komunitas yang dimiliki.

Pemilihan topik ini penting untuk memengaruhi minat target penonton agar melihat konten yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan jumlah penonton.

Anda juga bisa menyampaikan opini dalam bentuk monolog langsung yang direkam di depan kamera serta menggunakan fitur auto caption sehingga memudahkan penonton yang sedang tidak menyalakan audio.

Agar konten opini mendapatkan jangkauan yang lebih luas serta meningkatkan interaksi dengan penonton, maka ada baiknya untuk menjawab berbagai pendapat yang masuk menggunakan fitur balasan, sehingga anda bisa menyampaikan pendapat terhadap reaksi yang masuk.

Tidak hanya itu, apabila anda memiliki waktu luang serta jumlah pengikut yang lebih banyak maka ada baiknya untuk melakukan siaran langsung sembari membahas topik tertentu untuk menjangkau penonton yang lebih luas sembari melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Bagian paling penting dalam membuat konten tiktok opini adalah mencari informasi dari sumber terpercaya, seperti akun social media kenamaan atau portal berita terpercaya sehingga penonton mempercayai kredibilitas konten yang diberikan.

Di sisi lain, anda juga bisa memberikan opini yang santai mengenai fenomena yang sering terjadi di masyarakat secara santai, sehingga pengguna tiktok yang kurang menyukai topik serius bisa ikut berinteraksi di dalamnya dan membagikan pendapat yang dimiliki.

Salah satu akun kreator tiktok yang membahas topik tertentu yang bisa anda ikuti adalah Kalis Mardiasih yang membahas mengenai feminisme dan perempuan yang menarik untuk dibahas lebih dalam.

Frequently Asked Question

Apa Ide Konten Tiktok Biar FYP

1. Konten tiktok branded hashtag
2. Konten tiktok filter
3. Konten tiktok OOTD
4. Konten tiktok get ready with me
5. Konten tiktok behind the scene
6. Konten tiktok demonstrasi produk
7. Konten tiktok workout
8. Konten tiktok edukasi topik terbaru

Apa Konten Bermerek Tiktok

Tiktok branded hashtag merupakan tagar yang dibayar oleh kreator yang digunakan untuk campaign promosi tertentu agar menjangkau penonton yang lebih luas.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like