Jasa digital marketing telah menjadi bisnis pemasaran yang dibutuhkan oleh banyak bisnis, baik yang sudah memiliki nama atau tengah berkembang.
Penggunaan jasa digital marketing dibutuhkan mengingat trend pemasaran yang telah bergeser dari pemasaran tradisional menjadi modern yang menjangkau lebih banyak target audience dengan pilihan pemasaran yang beragam.
Karenanya berikut beberapa layanan jasa digital marketing yang bisa anda pilih untuk memasarkan produk yang dimiliki.
Baca Juga : Cara Memulai Jasa Digital Marketing yang Menguntungkan
Meskipun sosial media telah menjadi media promosi yang menguntungkan bagi banyak brand, namun penggunaan website masih dibutuhkan oleh sebagian besar merk.
Hal ini dikarenakan website menyediakan layanan yang lebih beragam, mulai dari mengenalkan produk atau jasa yang dimiliki, penjualan produk secara online, layanan keluhan pelanggan, dan lain sebagainya yang tidak ditemukan di sosial media.
Sehingga tidak mengherankan apabila jasa pembuatan website masih menjadi layanan jasa digital marketing yang ditawarkan ke brand tertentu.
Meskipun begitu, pada proses pembuatan website untuk brand tertentu, dibutuhkan persiapan yang matang untuk memberikan hasil yang maksimal ke klien.
Pertama, jasa digital marketing perlu melakukan negosiasi ke klien yang bersangkutan mengenai tujuan pembuatan website, apakah hendak digunakan untuk mempromosikan produk, pemberian edukasi ke konsumen, atau tempat pembelian produk bagi konsumen.
Proses diskusi ini nantinya akan membantu jasa digital marketing untuk menentukan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh website yang bersangkutan serta membantu pengembangan website untuk jangka panjang.
Setelah tujuan pembuatan website telah disepakati, maka jasa digital marketing biasanya akan melakukan negosiasi ke tim yang dimiliki untuk memulai proses pembuatan website.
Dimulai dari merancang tampilan halaman hingga isi konten yang dibutuhkan sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi website tersebut dan melakukan berbagai kegiatan yang diinginkan.
Hal ini juga biasanya perlu melakukan negosiasi lebih lanjut dengan klien untuk menentukan tampilan halaman yang sesuai dengan gaya yang dibutuhkan oleh klien dan dapat merepresentasikan brand dengan baik di hadapan konsumen.
Tidak berhenti sampai disitu saja, jasa digital marketing juga perlu membeli domain yang dapat membantu website lebih mudah diakses oleh konsumen serta dapat menampung berbagai konten yang dimiliki.
Proses pembuatan website memang membutuhkan waktu panjang, mengingat tim yang bersangkutan perlu melakukan perancangan dan negosiasi dengan klien untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Meskipun begitu, setelah website brand sudah selesai dibuat dan diluncurkan, maka brand akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.
Sebagian besar brand yang telah memiliki website biasanya memiliki kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, masalah ini bisa terjadi apabila halaman yang dimiliki sulit ditemukan oleh calon pembeli karena satu dan lain hal.
Pada saat inilah layanan optimasi mesin pencari dibutuhkan oleh brand untuk membantu website yang dimiliki lebih mudah ditemukan oleh konsumen dengan menggunakan kata kunci tertentu.
Layanan optimasi website yang ditawarkan oleh jasa digital marketing akan membantu klien untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh halaman yang dimiliki, apakah mereka memiliki kerusakan dari dalam atau luar, sehingga dapat memberikan solusi terbaik untuk pengembangan dan kemajuan website di masa yang akan datang.
Biasanya layanan optimasi website dari jasa digital marketing akan memulai pengecekan website dengan mendengarkan keluhan konsumen, apakah halaman yang dimiliki memiliki hasil yang kurang optimal serta tujuan website yang diinginkan.
Setelah mendengarkan keluhan konsumen serta tujuan yang diinginkan, maka tim akan membantu melihat kinerja website dalam jangka waktu tertentu, sehingga mereka bisa mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi serta memberikan solusinya.
Identifikasi masalah ini tentunya menggunakan berbagai alat khusus yang dapat membantu mengidentifikasi masalah yang dihadapi sebuah website dalam waktu cepat dan hasil analisa yang tepat.
Dimana layanan optimasi website akan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi serta solusi yang bisa dilakukan oleh klien agar halaman yang dimiliki dapat pulih kembali serta membantu mendapatkan tujuan promosi yang diinginkan.
Kegiatan optimasi website ini memang membutuhkan waktu yang lama, mengingat website tidak bisa langsung sembuh dalam waktu cepat.
Meskipun begitu, setelah website yang dimiliki telah sembuh, maka klien akan mendapatkan hasil promosi yang diinginkan serta hanya perlu merawat website berdasarkan solusi yang diberikan oleh jasa optimasi website.
Saat ini banyak brand besar yang menggunakan website untuk berbagai kebutuhan, mulai untuk memberikan edukasi ke konsumen atau menjual produk ke pembeli yang berada jauh di luar jangkauan.
Hal ini tentunya memberikan brand kecil yang bergerak di bidang yang sama untuk mendapatkan perhatian dari target konsumen, mengingat mereka akan memilih untuk membeli produk dari brand besar yang sudah memiliki nama.
Untungnya masalah ini bisa diatasi dengan melakukan promosi di internet menggunakan Google Ads, dimana kreator bisa mempromosikan website yang dimiliki menggunakan kata kunci tertentu yang banyak digunakan atau dicari oleh target konsumen di internet.
Namun, apabila anda tidak memiliki waktu dan pengetahuan yang cukup untuk melakukan promosi website menggunakan Google ads, maka menggunakan jasa digital marketing bisa menjadi pilihan terbaik.
Hal ini dikarenakan mereka juga memberikan layanan Google Ads yang akan membantu untuk merancang strategi penggunaan Google Ads untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan budget promosi yang dimiliki.
Penggunaan layanan ini tentunya akan menguntungkan bagi brand yang ingin mempromosikan website yang dimiliki menggunakan Google ads untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal.
Biasanya jasa digital marketing akan menanyakan terlebih dahulu mengenai kebutuhan promosi yang diperlukan oleh klien, apakah hendak mempromosikan website yang dimiliki, mengenalkan produk baru, atau menaikkan penjualan dari website brand.
Setelah mengetahui tujuan promosi yang dibutuhkan, maka jasa digital marketing akan melakukan analisa mengenai penggunaan kata kunci yang sesuai untuk promosi menggunakan Google Ads.
Kemudian jasa digital marketing juga akan merancang jenis promosi yang sesuai serta penggunaan kata kunci yang tidak terlalu tinggi sehingga dapat menghemat anggaran serta mendapatkan hasil promosi yang diinginkan.
Konsumen juga bisa mengecek hasil promosi setelah durasi promosi selesai, dimana mereka akan melihat hasil promosi yang didapatkan melalui banyaknya pemasukan serta jumlah kunjungan dalam jangka waktu tertentu.
Hal ini juga akan membantu konsumen untuk mempertimbangakn menggunakan promosi Google Ads untuk sasaran promosi yang berbeda.
Social media telah menjadi platform yang digunakan oleh banyak brand untuk melakukan promosi produk dan jasa yang dimiliki.
Selain penggunaan dan pengoperasiannya yang mudah, social media juga memiliki berbagai fitur untuk memaksimalkan promosi yang dimiliki agar tepat sasaran ke target konsumen.
Sayangnya beberapa brand besar atau kecil terkadang memiliki kebingungan untuk memulai promosi di sosial media, pada saat inilah jasa digital marketing menawarkan layanan social media management yang membantu untuk melakukan promosi di sosial media.
Dimana jasa digital marketing akan membantu untuk membuatkan berbagai akun sosial media berdasarkan analisa target konsumen serta melakukan optimasi profil agar akun anda mudah ditemukan oleh calon pembeli.
Tidak hanya itu, layanan social media management juga memberikan saran berupa jenis konten yang dapat dikembangkan serta strategi komunikasi yang baik dengan konsumen untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Dalam memulai layanan social media management ke klien, biasanya jasa digital marketing akan mendengarkan terlebih dahulu kebutuhan konsumen dengan melihat bisnis yang dimiliki serta memahami tujuan promosi yang diinginkan.
Kemudian layanan digital marketing akan memberikan rekomendasi platform sosial media yang bisa digunakan, misalnya saja Instagram atau Tiktok yang biasa digunakan oleh banyak brand untuk mempromosikan produk dan jasa yang dimiliki.
Namun apabila bisnis tertentu belum memiliki akun sosial media tersebut, maka layanan digital marketing mungkin akan memberikan bantuan untuk membuat akun sosial media serta optimasi profil agar akun brand mudah ditemukan oleh konsumen menggunakan kata kunci tertentu.
Tidak hanya berhenti sampai disitu, layanan social media management juga akan membantu memberikan saran mengenai jenis konten yang bisa digunakan oleh bisnis untuk mempromosikan produk yang dimiliki untuk mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal.
Rekomendasi jenis konten ini tentunya bisa digunakan oleh bisnis yang sudah memiliki tim content creator sehingga dapat membantu untuk pembuatan konten yang diinginkan dengan mudah.
Namun, apabila klien belum memiliki tim content creator, maka layanan social media management juga akan memberikan jasa pembuatan konten untuk jangka waktu tertentu, tentunya dengan pemberian biaya jasa yang berbeda.
Dengan menggunakan strategi sosial media yang tepat dan terukur, maka akan membantu klien untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal dan sesuai keinginan.
Banyaknya brand besar yang menggunakan social media untuk melakukan promosi membuat banyak merk kecil dengan jumlah pengikut yang lebih sedikit berjuang keras untuk mendapatkan perhatian dari target audience.
Sayangnya melakukan promosi menggunakan konten sosial media tentunya tidak cukup, namun dibutuhkan juga strategi promosi berbayar untuk menjangkau target audience yang diinginkan menggunakan kata kunci tertentu serta pilihan promosi yang sesuai.
Sehingga dibutuhkan strategi social media ads, dimana merk tertentu dapat mempromosikan akun atau produk yang dimiliki di berbagai jenis konten sosial media sehingga mudah dilihat oleh target audience yang diinginkan.
Di sisi lain, banyak pebisnis yang mengembangkan sendiri akun sosial media yang dimiliki memiliki kebingungan untuk melakukan promosi berbayar di sosial media, sehingga dibutuhkan bantuan jasa digital marketing untuk mendapatkan hasil yang sesuai.
Melalui layanan social media ads yang ditawarkan oleh jasa digital marketing, klien akan dibantu melakukan promosi menggunakan iklan berbayar dengan pilihan target audience serta jenis konsten yang sesuai, sehingga proses pemasaran bisa dilakukan secara tepat sasaran.
Di sisi lain, promosi menggunakan social media ads juga memerlukan berbagai persiapan untuk mendapatkan hasil promosi berbayar yang maksimal.
Biasanya jasa digital marketing akan bertanya kepada klien mengenai target promosi yang diinginkan, apakah hendak mengenalkan akun brand atau produk yang dimiliki serta durasi penggunaan iklan.
Kemudian jasa digital marketing akan membantu dalam memilihkan jenis promosi yang sesuai kebutuhan, sehingga bisa menghemat pengeluaran.
Proses ini tentunya akan membutuhkan persetujuan dari klien mengenai jenis konten yang digunakan, sehingga jasa digital marketing mendapatkan hasil promosi yang diinginkan sesuai budget yang dimiliki.
Dalam melakukan promosi di sosial media, membuat akun brand saja tidak cukup, mengingat anda perlu bersaing dengan berbagai akun lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dan sering melakukan interaksi satu sama lain.
Sehingga dibutuhkan strategi content marketing untuk menjangkau target audience yang lebih luas dan memberikan mereka alasan untuk mengikuti anda.
Melakukan strategi ini juga lebih mudah dilakukan di sosial media, mengingat mereka memiliki variasi konten yang lebih banyak sehingga memudahkan untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.
Di sisi lain, banyaknya jenis konten yang dapat ditemukan di sosial media, terkadang membuat pebisnis bingung untuk memilih jenis postingan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target audience sehingga bisa mendapatkan hasil promosi dan penjualan yang maksimal.
Sehingga pada saat inilah jasa digital marketing yang memberikan layanan content marketing dibutuhkan untuk memberikan edukasi pada pebisnis mengenai jenis konten yang tepat dan dapat dipahami oleh target konsumen.
Biasanya sebelum memberikan saran mengenai jenis konten yang tepat, maka jasa digital marketing akan melakukan analisa terlebih dahulu mengenai jenis bisnis yang dijalankan, dimana kegiatan ini akan memudahkan mereka untuk memahami target audience yang dituju serta pendekatannya.
Kemudian dengan menggunakan berbagai alat analisa sosial media khusus, maka layanan content marketing akan memberikan rekomendasi jenis konten yang sesuai kebutuhan yang bisa diterapkan oleh pebinsis untuk melakukan promosi di akun mereka.
Namun, apabila pebisnis masih kesulitan dalam membuat konten yang disarankan karena keterbatasan kemampuan, maka layanan content marketing juga akan membantu dalam pembuatan konten, tentunya dengan harga jasa yang berbeda.
Lalu setelah melakukan strategi content marketing dalam jangka waktu tertentu, maka jasa digital marketing akan memberikan analisa hasil konten untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan telah bekerja dengan baik atau membutuhkan pengaturan strategi ulang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan oleh konsumen.
Pengaruh social media yang besar membuat kita lebih banyak mendengarkan pendapat dari influencer yang merupakan content creator yang kerap kali membagikan pendapatnya mengenai topik tertentu dengan pengemasan konten yang menarik di sosial media.
Opini influencer yang dapat mengubah pandangan publik mengenai suatu masalah, membuat pebisnis menggunakan strategi influencer marketing dengan harapan lebih banyak orang yang mengenal produk dan brand mereka setelah mendengarkan pendapat dari influencer tersebut.
Di sisi lain, banyaknya influencer yang bergerak di bidang yang serupa dengan jumlah pengikut yang berbeda, membuat banyak pebisnis bingung untuk memilih influencer yang dapat mempromosikan produk mereka dengan baik.
Sebab tidak jarang, pemilihan influencer yang tidak sesuai membuat strategi promosi tidak dapat berjalan sesuai hasil, sehingga menyebabkan budget promosi yang dikeluarkan terbuang sia-sia.
Untungnya, jasa digital marketing juga memiliki layanan influencer marketing yang dapat membantu untuk memberikan rekomendasi influencer yang sesuai serta menghubungi kreator yang dapat diajak untuk melakukan kerjasama promosi tertentu.
Hal ini dilakukan mengingat layanan influencer marketing telah memiliki sejumlah data mengenai influencer yang memiliki jenis konten yang sesuai serta topik yang relevan dengan industri tertentu sehingga bisa digunakan oleh pemilik bisnis.
Di sisi lain, pebisnis juga bisa memanfaatkan layanan mereka untuk promosi bisnis dalam jumlah besar untuk campaign tertentu sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.
Pebisnis bisa menggunakan layanan influencer marketing dengan cara menghubungi jasa digital marketing tertentu untuk menggunakan layanan tertentu.
Kemudian, jasa digital marketing akan memeriksa campaign promosi yang hendak dilakukan serta memilihkan influencer yang selaras dengan promosi tersebut.
Tidak hanya sampai disitu saja, jasa digital marketing juga akan menghubungi influencer tertentu agar mau diajak melakukan kerjasama promosi tertentu dengan harga yang ditawarkan.
Layanan ini tentunya akan memudahkan pebisnis yang hendak melakukan campaign promosi tertentu namun belum mengetahui cara menghubungi influencer yang diinginkan dengan pilihan konten yang sesuai kebutuhan promosi tertentu.
Penggunaan website dan sosial media digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan cara yang menarik perhatian.
Sayangnya, beberapa pebisnis pemula yang hendak melakukan promosi di internet, mungkin memiliki kekurangan untuk memotret produk atau jasa yang dimiliki, sehingga terlihat kurang menarik perhatian saat dipajang di website dan sosial media.
Pengambilan gambar produk atau jasa yang kurang tepat tentunya akan memengaruhi pengambilan keputusan konsumen yang hendak membeli barang tertentu karena tampilan yang kurang menarik.
Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, menggunakan layanan photo product yang dimiliki oleh jasa digital marketing bisa menjadi pilihan terbaik.
Sebab, mereka akan mengambil foto produk atau jasa anda dengan sudut terbaik, sehingga produk anda lebih menarik untuk dipandnag oleh konsumen saat anda mengunggahnya di sosial media yang dimiliki
Namun sebelum melakukan pengambilan gambar produk, jasa digital marketing biasanya melakukan berbagai diskusi terlebih dahulu dengan calon klien.
Kegiatan diskusi dengan klien juga akan membantu layanan untuk mengetahui keunikan produk, sehingga bisa mengambil sudut gambar yang menarik dan sesuai dengan tampilan brand yang diinginkan oleh klien.
Misalnya saja, layanan photo product akan mengunjungi toko klien untuk melihat produk atau jasa yang hendak diambil gambarnya, sehingga mereka bisa mendapatkan gambaran mengenai foto yang akan diambil dan dipajang oleh klien.
Setelah melakukan berbagai pengambilan gambar, mereka juga akan melakukan pengeditan melalui aplikasi edit foto dengan tools tambahan, kegiatan ini tentunya akan memakan waktu lama, sehingga mereka biasanya diberikan tenggat waktu untuk menyelesaikannya.
Apabila proses pengeditan foto sudah dilakukan maka kreator bisa bertemu kembali dengan pebisnis untuk mendiskusikan hasil yang diberikan sebelum akhirnya melakukan pembayaran terakhir sebelum hasil foto diunggah ke akun sosial media atau website brand.
Beberapa brand besar yang memiliki banyak produk biasanya tidak hanya menjual barangnya melalui website, sosial media, atau e-commerce, lebih dari itu, mereka kini telah merambah pada aplikasi tertentu yang bisa diakses di handphone.
Penggunaan aplikasi ini nantinya akan memudahkan pembeli untuk melakukan pembelian barang dengan mudah dan cepat dengan pilihan produk yang beragam serta bisa digunakan untuk pembelian berulang.
Sayangnya salah satu kendala saat mengembangkan aplikasi untuk brand adalah kesulitan untuk membuka aplikasi tertentu, durasi membuka konten yang terlalu lama, serta aplikasi tidak berjalan dengan baik.
Hal ini tentunya menyulitkan bagi konsumen untuk melakukan pembelian produk tertentu dan membuat mereka urung untuk membeli barang yang diinginkan di aplikasi, sehingga menyebabkan tingkat kepuasaan terhadap aplikasi tersebut menurun.
Sehingga anda membutuhkan layanan pembuatan aplikasi yang juga dimiliki oleh jasa digital marketing yang akan membantu untuk membuat aplikasi dengan kualitas terbaik dan bisa digunakan dalam jangka waktu.
Hal ini tentunya akan menguntungkan pebisnis karena dapat meningkatkan tingkat kepuasan konsumen yang hendak menggunakan aplikasi tersebut dalam waktu lama.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.