6 Social Media Strategy Untuk Optimalkan Akun Brand

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana beberapa bisnis dengan mudah menarik banyak pengikut di media sosial? Bagaimana mereka membuat konten viral yang menyebar dengan cepat? Jawabannya sederhana mereka memiliki social media strategy yang solid.

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, begitu pula dengan bisnis. Media sosial adalah alat yang ampuh yang dapat membantu merek terhubung dengan audiens target mereka, membangun kesadaran merek, dan mendorong penjualan.

Namun, membuat social media strategy yang berhasil bisa jadi cukup sulit, terutama untuk bisnis kecil dan startup.

Social media strategy adalah komponen penting dari rencana pemasaran yang sukses. Strategi ini membantu bisnis menetapkan arah yang jelas, menetapkan tujuan, dan mengukur kemajuan mereka.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi elemen-elemen penting dari strategi media sosial dan memberi Anda tips untuk membuat rencana yang sesuai untuk bisnis Anda.

Baik Anda seorang pemasar media sosial berpengalaman atau baru saja memulai, strategi ini akan membantu Anda meningkatkan permainan media sosial Anda ke tingkat berikutnya.

social media marketing adalah

Social Media Marketing Adalah

Social media kini telah menjadi salah satu bagian promosi bagi banyak brand, baik yang sudah memiliki nama besar atau tengah berkembang.

Keberadaan social media berguna sebagai media promosi yang efektif dimana anda menyasar target konsumen yang dituju dengan postingan yang menarik, melakukan interaksi dengan mereka, dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi melalui layanan konsumen.

Di sisi lain, dalam pengembangan akun social media brand, anda tidak serta merta mengunggah postingan dan berharap audience menemukan konten anda.

Akan tetapi dibutuhkan strategi yang tepat agar mempermudah audience menemukan postingan anda dan tertarik untuk melakukan interaksi dan kemudian berminat untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan.

Sehingga social media strategy juga dapat membantu akun social media brand mendapatkan hasil yang diinginkan dengan budget promosi yang dimiliki.

Tidak hanya itu, social media strategy juga membantu dalam membuat campaign social media dan iklan untuk media pemasaran yang efektif.

Keuntungan Memiliki Social Media Strategy

Keuntungan Memiliki Social Media Strategy

Apakah Anda kesulitan memanfaatkan media sosial secara efektif untuk bisnis atau merek pribadi Anda? Apakah Anda sering memposting konten tanpa arah atau tujuan yang jelas? Inilah saatnya untuk mempertimbangkan menerapkan strategi media sosial.

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, dengan jutaan pengguna yang berinteraksi dengan berbagai platform setiap harinya.

Untuk bisnis dan individu, memiliki kehadiran media sosial yang kuat dapat meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan pelanggan, dan pada akhirnya, penjualan.

Namun, memiliki akun media sosial saja tidak cukup. Tanpa strategi yang jelas, usaha Anda mungkin akan sia-sia.

Social media strategy adalah rencana yang menguraikan tujuan, target audiens, tema konten, dan jadwal posting Anda.

Dengan memiliki strategi yang jelas, Anda dapat memastikan bahwa upaya media sosial Anda terfokus dan efektif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat memiliki strategi media sosial dan bagaimana strategi tersebut dapat membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan.

1. Membantu Merancang Tujuan Promosi

Sebuah brand yang melakukan promosi di social media, biasanya tidak hanya memiliki satu akun social media saja, namun di berbagai platform untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun begitu, berbagai platform social media tersebut tentunya memiliki target audience serta jenis konten yang berbeda, sehingga anda perlu memiliki strategi yang berbeda untuk mendekati calon konsumen yang dituju.

Pada saat ini social media strategy dibutuhkan untuk merancang tujuan promosi di berbagai akun social media yang dimiliki.

Misalnya saja anda memiliki akun Instagram yang telah memiliki banyak pengikut setia dan interaksi yang tinggi, maka anda bisa membuat social media strategy yang fokus pada promosi serta menjaga interaksi dengan konsumen agar tetap tinggi.

Di sisi lain, anda juga mungkin memiliki akun Tiktok brand yang baru saja dibuat sehingga belum memiliki banyak pengikut.

Pada jenis akun ini, anda bisa membuat social media strategy yang fokus pada meningkatkan jumlah pengikut serta membangun brand awareness ke target audience yang dituju.

Dengan memiliki social media strategy yang berbeda di setiap platform social media, maka tujuan promosi akan lebih cepat dicapai.

2. Mengukur Kinerja Social Media

Bagi pemilik akun social media business tentunya akan menemukan fitur insight dimana anda bisa melihat kinerja konten anda berdasarkan jumlah interaksi, jangkauan, serta jumlah pengikut yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun begitu, hasil dari insight social media belum bisa digunakan secara umum, meningat anda harus mencapai target yang diinginkan berdasarkan social media strategy yang dimiliki.

Dengan memiliki social media strategy yang tepat, maka anda bisa memilah dan memilih hasil insight yang dibutuhkan berdasarkan tujuan yang diinginkan.

Hasil dari insight tersebut juga akan membantu apakah tujuan anda sudah tercapai dengan hasil maksimal atau dibutuhkan strategi lain untuk mendapatkan target yang diinginkan.

3. Mengetahui Lalu Lintas dan Penjualan dari Situs Web

Salah satu tujuan memiliki akun social media brand adalah membantu promosi produk agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sayangnya belum semua platform social media menyediakan tempat untuk jual beli secara langsung, sehingga penjual biasanya membawa konsumen ke akun e-commerce atau situs website yang dimiliki.

Cara ini bisa dilakukan dengan menautkan tautan akun e-commerce dan situs website brand sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian produk dengan mudah.

Guna mengetahui jumlah pengunjung yang berkunjung ke situs website menggunakan tautan website, maka anda bisa mengeceknya di fitur insight yang dapat mengukur jumlah pengunjung dalam jangka waktu tertentu.

Jika anda merasa jumlah pengunjung jauh dari yang diharapkan, maka ada baiknya untuk social media strategy untuk menambah jumlah kunjungan website dan memikat pembeli untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan.

Strategi tersebut juga harus dirancang secara matang agar konsumen tidak merasa terpaksa untuk membelinya dan mengunjungi website dengan sukarela.

4. Membantu menargetkan demografi dan audiens tertentu.

Jumlah pengguna social media yang cukup banyak dari berbagai latar belakang, usia, dan gender, menjadikan sebuah brand mempunyai banyak pilihan dalam menargetkan target konsumen.

Meskipun begitu, anda tidak bisa memikat semua pengguna social media untuk membeli produk anda, sebab berbagai kelompok usia tertentu mungkin kurang tertarik pada produk anda, sehingga jika dipaksakan maka malah akan menimbulkan kerugian.

Karenanya penting bagi anda untuk memiliki social media strategy yang dapat membantu menargetkan demografi serta audiens tertentu, sehingga produk dan layanan anda lebih mudah diterima dan membantu menaikkan penjualan.

Penggunaan social media strategy juga akan membantu menarget audience dengan konten yang mereka sukai.

cara membuat social media strategy

Cara Membuat Social Media Strategy

Apakah Anda kesulitan untuk membuat jejak Anda di media sosial? Apakah Anda lelah memposting banyak konten yang tampaknya tidak memiliki daya tarik? Membuat social media strategy dapat membantu Anda mencapai tujuan dan terhubung dengan audiens target Anda.

Media sosial telah menjadi alat penting bagi bisnis dan individu. Ini adalah platform yang kuat untuk menjangkau pelanggan baru dan membangun hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

Namun, banyak orang yang kesulitan untuk membuat strategi media sosial yang efektif dan membuahkan hasil.

Jika Anda ingin sukses di media sosial, Anda harus memiliki rencana tindakan yang jelas. Strategi media sosial yang disusun dengan baik dapat membantu Anda meningkatkan jangkauan, melibatkan audiens, dan mencapai tujuan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk membuat strategi media sosial yang unggul.

1. Tentukan Tujuan Promosi

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat social media strategy adalah menentukan tujuan promosi.

Menurut Sprout Social, biasanya tujuan promosi yang dilakukan oleh brand pada tahap awal adalah meningkatkan brand awareness dan menaikkan interaksi dengan komunitas, dimana kedua tujuan tersebut masih digunakan hingga hari ini.

Tujuan promosi yang jelas juga akan membantu anda dalam mengukur kesuksesan, hasil yang akan didapatkan, serta budget promosi yang dibutuhkan.

Selain itu, anda juga perlu menentukan tujuan promosi yang spesifik, mudah diukur dengan angka menggunakan fitur insight, relevan, serta sesuai dengan jangka waktu yang dibutuhkan, sehingga tidak keluar dari target yang diinginkan.

Perlu diingat kembali bahwa setiap platform social media memiliki tujuan yang berbeda, tergantung dari jumlah pengikut, interaksi, serta target konsumen, sehingga anda mungkin memiliki berbagai social media strategy untuk tempat yang berbeda.

2. Analisa Target Audience

Apabila anda telah menentukan tujuan promosi untuk masih-masing platform social media, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan analisa target audience.

Hal ini dilakukan mengingat setiap social media memiliki target audience yang berbeda sehingga anda perlu memiliki social media strategy yang tepat.

Misalnya saja platform Tiktok memiliki audience berupa anak remaja yang memiliki dana yang terbatas dan menyukai konten yang menyenangkan.

Sehingga anda bisa membuat konten dengan pendekatan yang menyenangkan dan mengikuti trend terkini agar konten anda semakin relevan.

Selain itu, anda juga perlu menganalisa kebiasaan yang setiap hari, sehingga konten dan pendekatan yang dibeirkan semakin efektif.

Dengan mengenal target audience yang dituju maka akan memudahkan anda dalam merancang buyer persona yang dapat merepresentasikan konsumen melalui interaksi dan konten yang disajikan di akun social media yang dimiliki.

Semakin relevan konten yang disajikan di hadapan audience maka akan menarik minat pengguna social media untuk melakukan interaksi, sehingga jangkauan postingan anda semakin luas dan membuka peluang untuk mendapatkan calon konsumen baru.

3. Kenali Kompetior Lain

Saat membuka akun social media brand untuk pertama kali, anda akan menemukan berbagai akun social media lain yang memiliki target audience serta produk yang sama , sehingga anda harus bersaing untuk mendapatkan perhatian lain dari pengguna social media lainnya.

Meskipun begitu, jumlah pengikut yang berbeda tidak perlu dijadikan masalah, namun anda malah bisa belajar dari kompetitor tersebut untuk mencari celah yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

Misalnya saja jenis konten yang diberikan serta pendekatan yang dilakukan ke target audience, sehingga anda bisa mengambil kelemahan tersebut sebagai kekuatan dari akun social media anda.

Selain itu, anda juga perlu menganalisa promosi yang mereka lakukan, fokus promosi, target audience, serta kata kunci dan tagar yang digunakan untuk menargetkan audience tertentu.

Proses analisa kompetitor ini bisa dilakukan dengan cara mencari kompetitor yang relevan menggunakan kata kunci atau tagar tertentu di halaman pencarian, dimana anda akan ditampilkan berbagai konten yang memiliki interaksi paling tinggi dan disukai oleh target audience.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan social media tools khusus yang dapat memantau dan memberi tahu kompetitor lain yang bergerak di bidang yang sama lengkap dengan hasil kinerja kontennya.

Buzzsumo menjadi salah satu alat yang bisa digunakan untuk menganalisa kinerja kompetitor yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar tergantung dari fitur yang digunakan.

Anda juga bisa mengguankan social media listening untuk menganalisa kinerja akun social media kompetitor lain, dimana anda melakukan analisa manual untuk melihat kegiatan yang mereka lakukan dengan audience mereka.

Selain itu, penggunaan kata kunci khusus juga akan membantu anda dalam mengetahui postingan yang mereka bagikan serta pendapat pengguna social media mengenai brand tersebut dalam jangka waktu tertentu.

4. Lakukan Social Media Audit

Apabila anda telah memiliki akun social media brand yang dibangun dalam waktu lama dan ingin membuat social media strategy yang tepat, maka ada baiknya untuk melakukan social media audit juga.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah akun anda sudah memiliki kinerja yang optimal agar hasil postingan yang diunggah mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada social media audit, anda perlu melihat konten yang miliki kinerja terbaik, apakah jenis postingan video, teks, atau gambar, semua tergantung minat konsumen.

Selain itu, anda juga perlu melihat siapa saja yang melakukan interaksi dengan konten anda, apakah sebagian besar terdiri dari laki-laki? lalu rentang usia mereka? serta jenis postingan yang mereka cari.

Pengetahuan mengenai target audience juga akan membantu anda dalam mengetahui jenis konten terbaik yang memancing mereka untuk melakukan interaksi dan berkunjung ke akun social media anda.

Anda juga perlu mengetahui platform social media yang biasa digunakan oleh target audience untuk melakukan interaksi serta mencari brand yang disukai, apakah mereka lebih menyukai Tiktok atau Instagram?

Perhitungkan juga presensi kehadiran anda dibandingkan kompetitor lain, misalnya frekuensi mengunggah konten serta durasi melakukan interaksi dengan audience melalui siaran langsung atau membalas berbagai komentar yang masuk.

Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut maka anda dapat mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki dan kelebihan yang harus dipertahankan dalam social media strategy.

Pada akun social media brand yang lebih besar, biasanya akan menemukan akun lain yang memiliki nama yang sama dan mengaku menjual produk anda.

Cara ini tentunya akan merugikan anda mengingat bisa saja konsumen yang tidak tahu akan berkunjung ke akun tersebut yang memiliki produk yang sama namun dengan nama yang hampir mirip.

Anda bisa mencari akun palsu tersebut dengan melakukan pencarian nama akun brand anda di halaman pencarian di berbagai akun social media, guna memastikan bahwa tidak ada akun lain yang memiliki nama sama atau berpura-pura menjadi anda.

Jika anda telah memiliki jumlah pengikut yang cukup untuk mengajukan verifikasi akun, maka lakukan langkah tersebut untuk memastikan keaslian akun anda.

5. Optimasi Profil Social Media

Tampilan akun social media yang menarik juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengguna social media untuk mengunjungi akun anda dan melakukan interaksi dengan konten yang telah diunggah sebelumnya.

Karenanya penting untuk melakukan optimasi profil social media untuk menjadikan akun anda terlihat lebih profesional dan menarik di mata audience.

Anda bisa memulainya dengan memilih foto profil dengan logo brand yang dimiliki, sehingga menjadi penanda keaslian akun anda.

Jangan lupa juga untuk melakukan optimasi profil akun social media anda, dengan menambahkan kata kunci yang relevan serta menambahka informasi yang sesuai dengan brand anda.

Cara ini akan memudahkan konsumen dalam mencari nama akun anda di halaman pencarian atau membawa pengguna social media menemukan akun anda saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Penambahan informasi yang relevan berupa tautan akun e-commerce atau website yang dimiliki serta alamat toko juga akan membantu konsumen yang ingin melakukan pemesanan dengan cepat.

Sebagian besar platform social media memiliki kolom profil yang bisa diisi dengan berbagai informasi yang dibutuhkan, sehingga anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Tidak hanya itu, penting juga untuk memilih warna postingan yang selaras dengan citra brand anda, sehingga tampilan akun social media lebih estetik.

Misalnya saja anda memiliki brand kecantikan, maka memilih warna merah muda, putih, atau kuning bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjadi ciri khas postingan anda.

Anda juga bisa memilih warna yang sesuai dengan produk yang dimiliki, sehingga menjadi ciri khas yang tidak mudah dilupakan.

6. Ketahui Metrik yang Penting

Setelah merancang social media strategy tentunya anda perlu mengukur hasil kinerja anda melalui berbagai metrik yang disediakan di fitur insight.

Namun, anda juga perlu mengetahui lebih dalam mengenai metrik tersebut yang akan membantu untuk memahami hasil kinerja konten anda.

Anda juga perlu memilah dan memilih metrik yang akan digunakan dalam tujuan mencapai social media strategy yang diinginkan.

Jangkauan : Metrik ini akan membantu untuk mengetahui jumlah jangkauan konten anda, apakah lebih banyak dari jumlah pengikut atau malah lebih besar serta menghitung jumlah orang yang yang melihat konten anda dalam jangka waktu tertentu.

Klik : Pada proses promosi produk, anda tentunya menyematkan tautan akun e-commerce dan website yang akan memudahkan konsumen melakukan pembelian produk sehingga membantu menaikkan penjualan, semakin banyak orang yang melakukan klik pada tautan tersebut menjadi penanda bahwa konten anda disukai dan menarik minat konsumen untuk melakukan interaksi.

Interaksi : Metrik ini menjadi salah satu informasi yang paling banyak dilihat oleh kreator untuk memastikan apakah konsumen menyukai akun anda dan tertarik untuk melakukan interaksi dengannya. Interaksi ini juga terdiri dari jumlah suka, bagikan, atau komentar yang diterima dari masing-masing postingan.

Performa Tagar : Guna memperluas jangkauan konten social media, biasanya kreator juga menggunakan tagar yang mengandung kata kunci tertentu sehingga mudah dicari menggunakan keyword oleh pengguna social media.

Meskipun begitu, penggunaan tagar juga harus dikaji ulang untuk mengetahui jumlah pengguna dan melakukan perbaikan apabila kinerja konten sudah tidak sebaik sebelumnya.

Interaksi berbayar dan organik : Bagi akun social media brand yang masih memiliki jumlah pengikut yang sedikit atau akun yang hendak melakukan promosi campaign, maka menggunakan iklan berbayar menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau audience yang diinginkan.

Anda juga perlu memeriksa kinerja iklan berbayar untuk mengetahui apakah promosi yang dilakukan sudah dilakukan secara maksimal.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like