
Apakah Anda seorang calon influencer yang ingin memperluas jangkauan Anda di platform social media? Dengan banyaknya platform yang tersedia, mungkin Anda akan kewalahan untuk memilih platform mana yang akan menjadi fokus Anda.
Namun jangan khawatir, kami telah menyusun daftar 9 platform social media yang sempurna untuk para influencer.
Pemasaran influencer telah menjadi pemain utama dalam industri periklanan, dengan merek-merek yang sering kali beralih ke influencer media sosial untuk memasarkan produk mereka.
Akibatnya, jumlah platform social media telah meledak, masing-masing dengan fitur dan audiens yang unik. Ini bukan lagi hanya tentang Instagram dan YouTube.
Jika Anda ingin menjadi influencer yang sukses, Anda harus memiliki kehadiran yang kuat di berbagai platform social media.
Tapi mana yang harus Anda fokuskan? Dalam artikel ini, kami akan mengulas 9 platform social media yang berbeda dan potensinya untuk influencer marketing.
Pada akhirnya, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang platform mana yang sesuai dengan merek dan tujuan pribadi Anda.
Facebook menjadi salah satu platform social media yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan di awal kemunculannya, hal ini dikarenakan kemudahan dalam menggunakan berbagai fitur yang dimiliki serta berbagai konten yang dimiliki.
Meskipun Facebook semakin ditinggalkan penggunanya, namun platform social media ini masih digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah sebagai tempat jual beli.
Salah satu alasan mengapa Facebook digunakan sebagai media jual beli adalah tersedianya fitur grup, dimana anda bisa mengumpulkan banyak orang yang memiliki minat yang sama di satu tempat khusus.
Fitur grup ini juga memungkinkan anda bergabung dengan grup khusus yang menjual produk tertentu dengan harga yang lebih murah dan original.
Selain itu, berbagai grup tersebut juga bisa dicari di halaman pencarian dan kemudian bergabung untuk turut melakukan promosi atau mencari barang yang diinginkan.
Apabila anda tertarik pada barang tertentu, maka anda bisa bertanya di kolom komentar atau menghubunginya melalui fitur direct message untuk melakukan pembelian.
Jika anda memiliki akun Facebook Business dan mempunyai banyak pengikut, maka anda bisa melakukan interaksi dengan konsumen melalui fitur siaran langsung, sehingga anda dapat menampung pendapat pembeli atau melakukan promosi produk di Facebook Live.
Anda juga bisa melakukan berbagai promosi produk dan layanan menggunakan konten yang tersedia, mulai single foto, carousel, reels, atau story yang bisa dipilih sesuai keinginan dan tujuan promosi.
Setiap pengguna social media tentunya pernah memiliki akun Instagram atau masih menggunakannya sampai saat ini, yup Instagram masih menjadi platform social media yang digemari semua kalangan, mulai dari remaja atau dewasa.
Hal ini dikarenakan Instagram menonjolkan tampilan visual melalui konten foto yang dimiliki, sehingga pengguna bisa menunjukkan momen tertentu ke pengikutnya melalui berbagai foto single atau carousel yang menarik perhatian atau video pendek.
Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan kegiatan sehari-hari melalui fitur Instagram story, dimana anda bisa membagikan video pendek dengan durasi 30 detik untuk dibagikan ke pengikut atau teman terdekat.
Variasi konten Instagram yang variatif serta kemudahan untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki menjadikan platform social media ini pilhan bagi para kreator, influencer, dan brand untuk memasarkan produk yang dimiliki.
Pengguna bisa menggunakan berbagai konten Instagram untuk membagikan kreativitas dan promosi produk mereka melalui postingan video pendek, kumpulan foto atau single foto, serta interaksi menggunakan siaran langsung.
Anda juga bisa membawa konsumen untuk mengunjungi akun e-commerce atau website yang dimiliki untuk membeli produk melalui fitur tautan yang tersedia di kolom profil atau Instagram story.
Sedangkan bagi influencer atau kreator, anda bisa juga bisa menggunakan fitur tautan untuk membagikan tautan afiliasi yang memudahkan konsumen untuk membeli produk yang pernah diulas sebelumnya atau kerjasama promosi produk dengan brand lain yang tentunya menguntungkan influencer.
Instagram juga terus mengembangkan dan merilis fitur baru yang nantinya akan memudahkan influencer dan brand untuk melakukan interaksi dengan pengikutnya dengan lebih mudah.
Baca Juga : 15 Cara Menggunakan WhatsApp Business Untuk Bisnis (2023)
Bicara mengenai perusahaan Meta, tentunya anda jangan melupakan platform social media Whatsapp, dimana aplikasi ini digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia sebagai media komunikasi daring yang lebih murah dan mudah.
Alasan mengapa banyak orang menggunakan Whatsapp adalah kemudahan dalam menggunakan platform social media ini, baik anak-anak maupun orang tua.
Selain itu, anda juga tidak perlu memasukkan berbagai nomor satu persatu untuk terhubung ke Whatsapp, hal ini dikarenakan fitur koneksi automatisasi yang memungkinkan nomor-nomor yang telah anda simpan sebelumnya langsung terhubung, sehingga komunikasi bisa lebih mudah dilakukan.
Tidak hanya itu, platform social media ini juga mempunyai berbagai fitur komunikasi yang beragam, mulai dari mengirimkan pesan melalui pesan singkat, pesan suara, atau bahkan melakukan panggilan suara dan video, sehingga memudahkan komunikasi dua arah.
Whatsapp juga tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi dua arah, namun juga dipakai sebagai media promosi yang efektif.
Strategi whatsapp marketing ini biasanya digunakan oleh berbagai usaha makro dan mikro yang menggunakan whatsapp sebagai media komunikasi dan pemesanan dengan konsumennya, sehingga pemesanan bisa lebih mudah dilakukan.
Tidak hanya itu, penjual juga bisa melakukan promosi secara efektif dengan konsumennya melalui berbagai fitur yang dimiliki oleh Whatsapp Business.
Pertama adalah fitur Whatsapp Profil, dimana penjual bisa menjelaskan secara singkat produk dan layanan yang dijual, sehingga dapat meyakinkan konsumen serta mendeksripsikan barang yang dimiliki.
Kemudian anda juga bisa menggunakan kolom foto, dimana penjual bisa memasukkan berbagai foto menu produk, sehingga memudahkan konsumen yang hendak melakukan pembelian, sehingga tidak perlu bertanya ke kolom chat.
Jika konsumen ingin mengambil barang yang hendak dibeli atau mengunjungi toko yang anda miliki, maka anda bisa memudahkan perjalanan pembeli dengan menambahkan link Google Maps yang bisa diakses dengan mudah dan mengarahkan konsumen ke toko yang dimiliki.
Penjual juga tidak perlu takut apabila pesan yang dikirimkan konsumen tidak terjawab dengan cepat, sebab anda bisa menggunakan fitur chatbot di Whatsapp, dimana berbagai pertanyaan konsumen akan dijawab secara otomatis menggunakan kata kunci tertentu, sehingga pembeli bisa membeli produk dengan cepat.
Anda juga bisa melakukan promosi menggunakan fitur whatsapp status, dimana anda bisa mengirimkan foto atau video pendek yang berisi promosi produk, sehingag membuat konsumen tertarik untuk membelinya kembali.
Baca Juga : Tiktok Affiliate Program : Bagikan Review yang Menghasilkan Uang
Tiktok telah menjadi platform social media yang terkenal di kalangan pengguna internet remaja, ini berkat konten video pendek dengan iringan lagu yang menarik, menjadikan konten yang diunggah semakin menarik dan disukai banyak orang.
Popularitas Tiktok yang semakin mendunia juga menjadikan platform social media lain mengadaptasi fitur yang sama, mulai dari Instagram dengan reelsnya atau Youtube dengan shortnya guna membuat penggunanya tertarik untuk membuat format konten yang sama.
Kemudahan dalam mengekspresika diri dalam konten video pendek, menjadikan banyak influencer atau kreator baru yang bermunculan di Tiktok, dimana mereka membagikan edukasi mengenai topik dan industri tertentu atau membuat dan mengikuti trend terbaru dengan kemasan yang lebih menarik.
Selain itu, banyak juga pengguna tiktok yang membuat berbagai konten dengan berbagai template yang sedang naik daun atau trend viral sehingga mendapatkan lebih banyak pengikut dan penonton.
Algoritma tiktok yang berbeda dibandingkan platform social media lain, menjadikan Tiktok digunakan sebagai media mencurahkan kreativitas melalui konten video pendek.
Tiktok juga mulai digunakan sebagai media promosi produk dengan adanya fitur Tiktok shop, dimana sebuah brand bisa menjual produknya melalui toko pribadi yang dimiliki dan bisa dibeli langsung melalui fitur keranjang kuning yang disematkan di konten video tiktok, siaran langsung yang dilakukan, atau profil akun Tiktok brand yang dimiliki.
Keberadaan fitur Tiktok shop juga menguntungkan bagi afiliator yang mengulas produk yang pernah digunakan sebelumnya dan mempromosikan link produknya di Tiktok shop, sehingga mendapatkan hasil yang sepadan saat konsumen membeli produk melalui tautan yang diberikan.
Tidak hanya itu, Tiktok juga memiliki fitur siaran langsung yang biasa digunakan oleh brand untuk mempromosikan produk yang dimiliki sembari mengulasnya secara singkat, sehingga memikat pembeli untuk membelinya.
Adanya fitur siaran langsung juga memungkinkan kreator atau influencer untuk mendapatkan apresiasi dari pengikutnya dengan kiriman stiker yang bisa diubah dalam nominal rupiah tertentu.
Jadi jika anda memiliki target konsumen di kalangan usia remaja, maka menggunakan Tiktok bisa menjadi pilihan terbaik untuk melakukan promosi yang efektif.
Bosan dengan hiburan di internet atau butuh tontonan saat berpergian jauh? Youtube bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan hiburan dari video dengan durasi panjang.
Platform social media yang rilis pada tahun 2005 ini memungkinkan penggunanya untuk melihat berbagai konten video yang disajikan oleh kreator lain, sehingga mendapatkan hiburan dari berbagai topik yang beragam.
Tidak hanya memberikan hiburan yang menyenangkan bagi penggunanya, namun Youtube juga memberikan kompensasi bagi kreator yang telah mencapai jumlah pengikut tertentu.
Salah satunya adalah anda bisa memasang iklan dengan durasi tertentu, sehingga semakin banyak orang yang menonton iklan tersebut sampai akhir, maka akan membuka kesempatan bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube.
Tidak hanya itu, bagi kreator yang telah memiliki banyak pengikut serta jumlah penonton video yang tinggi, maka tidak menutup kemungkinan bagi sebuah brand untuk melakukan kolaborasi promosi dengan penawaran yang variatif tergantung kesulitan konten.
Meskipun Youtube banyak digunakan sebagai media hiburan dan informasi bagi kreator dan influencer, namun sebuah brand juga bisa menggunakannya sebagai media promosi dan edukasi bagi konsumennya.
Misalnya jika anda memiliki brand yang bergerak di layanan edukasi digital marketing, maka anda bisa membuat konten berupa course singkat yang bisa diakses oleh pengguna Youtube, sehingga mereka tertarik untuk membeli layanan tersebut.
Selain itu, jika anda memiliki brand di bidang produk kecantikan, maka anda bisa memberikan edukasi cara merawat wajah di konten video pendek menggunakan produk anda, sehingga bisa menjadi tutorial produk yang bisa dimanfaatkan di rumah.
Pemanfaatan fitur Youtube live juga bisa digunakan untuk melakukan interaksi dengan konsumen, sehingga saling mendekatkan diri satu sama lain dan mengubah pembeli biasa menjadi pelanggan.
Anda hobi mengobrol dengan orang baru di komunitas yang sama atau mencari topik terhangat yang sedang naik daun akhir-akhir ini? Twitter bisa menjadi platform social media terbaik untuk anda.
Twitter yang memiliki ciri khas logo burung biru ini memungkinkan anda untuk menambahkan tweet yang berisi berbagai macam curahat hati atau pendapat mengenai topik tertentu yang sedang naik daun, dengan harapan ada orang lain yang menjawab dan menjadi diskusi yang menarik.
Anda juga bisa menemukan topik dari industri yang anda sukai dengan menambahkan topik tersebut, sehingga anda bisa mendapatkan tweet populer dari industri tertentu, sehingga anda tidak ketinggalan informasi
Kemudahan dalam melakukan interaksi dengan pengguna lain serta pilihan topik yang beragam juga menjadikan Twitter digemari oleh banyak orang bahkan digunakan untuk influencer dan brand untuk melakukan interaksi dengan pengikutnya.
Apabila anda seorang pengguna Twitter yang ingin menjadi influencer di Twitter atau sebuah brand yang ingin menyapa konsumen di Twitter, maka ada baiknya anda membuat strategi terlebih dahulu.
Pertama adalah mengetahui target audience yang dituju sebab pengguna Twitter memiliki minat yang beragam, sehingga anda harus menyasar konsumen yang tepat.
Setelah itu, anda bisa membuat konten di twitter dengan mengangkat topik yang sedang naik daun dan tentunya berkaitan dengan industri yang anda jalani.
Manfaatkan juga berbagai fitur Twitter untuk melakukan interaksi dengan target audience, misalnya membalas pesan mengguankan fitur reply, membuat konten edukasi dengan fitur thread, atau melakukan diskusi dengan pengikut yang dimiliki menggunakan fitur space, sehingga akun twitter anda semakin terkenal.
Berikan juga berbagai ide segar serta melakukan interaksi yang jarang ditemui di tempat lain, sehingga membuat pengguna Twitter tertarik untuk membalas tweet yang masuk serta mengikuti akun twitter yang dimiliki.
Menjadi influencer atau kreator tidak selamanya harus menunjukkan sisi komedi yang dimiliki agar disukai oleh banyak orang, pada platform social media tertentu malah anda bisa menunjukkan sisi serius dan kemampuan anda untuk ditunjukkan ke target audience.
Jika anda ingin menunjukkan sisi profesionalitas dan kemampuan pada industri tertentu maka menjadi influencer di Linkedin bisa menjadi tempat terbaik.
Hal ini dikarenakan platform social media ini biasa digunakan sebagai media interaksi untuk bertemu dengan orang baru yang bergerak di industri yang sama, sehingga anda harus menunjukkan sisi profesionalitas yang terbaik.
Namun sebelum menjadi influencer di Linkedin, maka ada baiknya untuk memiliki tampilan yang terlihat profesional sehingga memikat target audience yang diinginkan.
Anda bisa memulainya dengan melengkapi informasi diri anda di kolom profil, sehingga pengguna bisa mengetahui siapa diri anda dan menemukan kesamaan satu lain.
Informasi yang lengkap dengan menambahkan kata kunci yang relevan juga akan membantu anda untuk terhubung dengan target audience yang memiliki minat serupa.
Kemudian anda bisa memulai membuat konten yang membahas topik tertentu di industri anda, misalnya saja pendapat mengenai berita yang sedang naik daun atau tips yang berkaitan dengan minat yang anda sukai.
Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur Linkedin untuk membuat konten yang menarik sekaligus melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.
Misalnya saja menggunakan fitur polling untuk menghimpun pendapat dari pengikut dan audience atau menambahkan konten berupa foto atau video sehingga konten anda lebih mudah dipahami oleh pembaca.
Jika anda memiliki waktu luang maka tidak ada salahnya untuk menyelenggarakan siaran langsung sehingga dapat mengobrol bersama pengikut anda membahas topik yang sedang naik daun atau mengajak influencer lain berbincang mengenai topik tertentu.
Linkedin juga bisa digunakan oleh brand untuk memasarkan produknya dengan membangun brand awareness berupa pencapaian yang dimiliki baru-baru ini.
Misalnya saja, brand anda baru memenangkan penghargaan tertentu, maka anda bisa mengunggahnya di Linkedin sebagai bukti bahwa merk anda diakui oleh dunia luar.
Selain itu, jika brand anda bergerak di layanan konsumen atau industri tertentu, maka tidak ada salahnya untuk membahas proyek yang sudah dilakukan sebagai bukti bahwa brand anda telah membantu banyak orang dengan jasa yang dimiliki.
Sesekali, anda juga bisa membagikan tips dan edukasi mengenai industri yang dijalani, sehingga audience bisa mengetahui pendapat dari brand yang disukai dan membantu menaikkan brand awareness.
Banyak orang yang telah mendapatkan tawaran pekerjaan atau kolaborasi yang lebih baik setelah aktif di Linkedin, sehingga jika anda suka membahas topik dari industri tertentu maka tidak ada salahnya untuk aktif di platform social media ini.
Kemunculan internet yang semakin mudah diakses menjadikan penggunanya juga lebih mudah melakukan interaksi dengan bantuan internet, salah satunya adalah menggunakan platform social media khusus komunikasi.
Line menjadi platform social media asal Jepang yang digunakan sebagai media interaksi dengan orang lain dengan membagikan id khusus, sehingga tidak membutuhkan nomoe telefon.
Meksipun Line digunakan sebagai media komunikasi dua arah, namun banyak juga penjual yang menggunakannya sebagai tempat komunikasi dengan pembelinya.
Cara ini bisa anda gunakan apabila melakukan transaksi jual beli yang tergabung dengan grup order khusus untuk memesan produk dari luar negeri yang membutuhkan pesanan dalam waktu lama.
Penggunaan Line dinilai lebih aman karena penjual bisa menambahkan peserta melalui admin khusus, sehingga menghindari dari orang lain yang masuk.
Line juga menyediakan fitur catatan dimana penjual bisa menambahkan informasi yang perlu dibaca oleh konsumen selama proses pembelian sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.
Anda juga bisa menambahkan informasi dalam bentuk foto dan video, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat barang yang sudah dipesan sebelumnya.
Selain itu, pembeli juga bisa melakukan komunikasi dengan penjual melalui pesan pribadi, sehingga memudahkan dalam menyimpan bukti pembayaran atau resi pengiriman, sehingga saling menguntungkan satu sama lain.
Tampilan Line yang segar dengan berbagai stiker yang menarik juga akan membuat anda betah melakukan interaksi dengan teman di Line.
Ingin bergabung dengan komunitas yang memiliki jumlah anggota yang banyak dan komunikasi yang intens? maka Telegram bisa menjadi tempat terbaik bagi anda.
Platform social media ini memiliki kelebihan dapat menampung jumlah anggota yang sangat banyak dalam grup, sehingga memudahkan anda menemukan kenalan baru yang memiliki minat yang sama dalam satu ruangan.
Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan berbagai dokumen dengan aman dengan ukuran yang besar sekalipun tanpa terpotong di tengah jalan, ini dikarenakan Telegram memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan berbagai dokumen tanpa limit ukuran.
Kemudahan dalam menampung jumlah anggota yang banyak serta membagikan dokumen tanpa batas ukuran, menjadikan Telegram bisa digunakan sebagai tempat menampung konsumen yang dimiliki untuk berbagai informasi seputar produk yang dimiliki.
Melalui telegram grup ini, penjual bisa membagikan informasi seputar produk serta melakukan interaksi dengan konsumen, serta pembeli juga bisa melakukan tanya jawab dengan pembeli lain yang memiliki minat yang sama.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.