Instagram tidak hanya digunakan sebagai tempat mengekspresikan diri melalui konten foto dan video yang menarik secara visual.
Lebih dari itu, anda juga bisa menggunakan Instagram sebagai tempat monetisasi yang menguntungkan dengan berbagai promosi produk atau jasa ke target audience yang diinginkan.
Meskipun begitu, dibutuhkan strategi monetisasi di Instagram yang tepat untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan untuk jangka panjang.
Karenanya berikut beberapa strategi monetisasi di Instagram yang dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari internet.
Baca Juga : 10 Cara Menjadi Selebgram Untuk Pemula yang Sukses
Jumlah pengguna aktif Instagram yang banyak menjadikan banyak brand menggunakan platform sosial media ini untuk memasarkan produk dan jasa yang dimiliki agar dikenal oleh banyak orang.
Namun, bagi sebuah brand yang tengah berkembang, mendapatkan jumlah pengikut yang banyak serta tertarik untuk membeli produk dan jasa yang mereka tawarkan tentunya bukanlah sesuatu yang mudah dan cepat untuk dilakukan guna mendapatkan keuntungan.
Sehingga menggunakan jasa selebgram untuk membuat konten promosi produk dan jasa sangat diperlukan untuk mengenalkan produk mereka ke target konsumen yang diinginkan dalam waktu cepat.
Meskipun begitu, sebagai selebgram yang memiliki pengaruh yang besar dan kuat, penting bagi anda untuk membuat strategi promosi yang menarik perhatian agar memuaskan brand yang diajak kerjasama dan membuat mereka mengajak anda melakukan kolaborasi promosi lainnya.
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat konten promosi produk adalah mempelajari barang yang hendak anda promosikan di Instagram, sebab mengenali produk tersebut akan membantu untuk membuat konten promosi yang sesuai.
Anda bisa memulainya dengan mempelajari apakah produk atau jasa tersebut sesuai dengan topik konten yang anda bahas di Instagram, cara ini dilakukan untuk memahami apakah target audience anda dapat menerima promosi tersebut dan memutuskan untuk membeli dan menggunakannya di waktu yang akan datang.
Kemudian setelah mempelajari kesesuaian produk dengan topik konten yang dimiliki, maka anda bisa melanjutkan dengan mencoba produk tersebut sebelum memutuskan untuk membuat konten promosi tersebut.
Cobalah untuk menggunakan produk yang hendak dipromosikan untuk mengenali kelebihan yang dimiliki serta membandingkan barang dari kompetitor yang serupa.
Cara ini tentunya akan membantu anda untuk membuat naskah konten promosi yang tentunya akan membuat pengikut anda tertarik untuk mencobanya.
Pada pemakaian produk tertentu, biasanya pada produk kecantikan, anda mungkin merasa tidak cocok untuk menggunakan produk tertentu karena ketidaksesuaian bahan yang dikandung.
Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mengembalikannya ke brand yang bersangkutan dan tidak mengulas produk tersebut untuk menjaga integritas anda sebagai selebgram yang berpengalaman.
Setelah mempelajari produk atau jasa yang hendak anda promosikan di sosial media, anda bisa melanjutkan dengan membuat konten promosi yang menarik perhatian.
Anda bisa memulainya dengan membuat naskah konten yang berisi kelebihan produk dan cara anda untuk menyampaikan ke penonton untuk mempromosikan produk tertentu.
Selain itu, anda juga perlu membekali diri dengan berbagai kamera, pencahayaan yang apik, serta tempat pengambilan gambar yang sesuai agar konten promosi produk enak dilihat.
Lakukan berbagai uji coba untuk mendapatkan hasil konten promosi produk yang baik dan menarik minat pengikut Instagram anda untuk membelinya, sehingga membuka kesempatan bagi anda untuk mendapatkan kerjasama dengan brand lain di masa yang akan datang.
Sebagai selebgram, pengikut anda terkadang meminta rekomendasi produk atau jasa yang telah anda gunakan di Instagram, sehingga mereka tertarik untuk menggunakannya juga.
Kegiatan memberikan rekomendasi produk dan jasa juga kini menjadi kegiatan yang menguntungkan serta menjadi sarana mendapatkan uang di internet melalui affiliate marketing, dimana orang yang membagikan tautan tersebut akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap produk yang dibeli oleh orang lain.
Sehingga untuk mendapatkan keuntungan dari internet, maka memanfaatkan affiliate marketing menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan sembari melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki. Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk monetisasi di Instagram melalui affiliate marketing.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan affiliate marketing adalah mempelajari komisi yang diberikan oleh setiap marketplace atau brand yang hendak melakukan kerjasama.
Analisa ini dilakukan mengingat setiap marketplace dan brand memiliki komisi yang berbeda, sehingga anda perlu mempertimbangkan merk mana yang memberikan komisi yang lebih besar dan jangka panjang, sehingga memberikan keuntungan bagi anda.
Kemudian setelah anda mempelajari dan mengenali komisi yang diberikan oleh marketplace atau brand tertentu, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan ulasan produk secara jujur.
Pemberian ulasan secara jujur ini nantinya akan memberikan penilaian bagi pengikut anda mengenai kenyamanan dan keuntungan mengenai penggunaan produk tersebut, sehingga mereka tertarik untuk membeli dan menggunakannya.
Sehingga sebelum menggunakan produk tersebut, maka penting bagi anda untuk mencobanya terlebih dahulu guna mengetahui kelebihan dan cara menyampaikan promosi produk yang tidak berlebihan di Instagram.
Kemudian setelah anda mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan produk tersebut, maka anda bisa membuat konten promosi yang mengulas produk secara jujur dan membuat konsumen anda tertarik untuk mencobanya juga berkat rekomendasi yang anda berikan.
Berbeda dengan konten promosi produk lainnya dimana anda bisa menampilkan produk dan jasa yang hendak anda promosikan secara langsung, pada konten affiliate, anda perlu membuat konten secara natural dan organik sehingga membuat pengikut anda penasaran.
Cara ini akan membantu konten affiliate marketing terlihat lebih menarik, sehingga membuat pengikut anda tertarik untuk membuka tautan produk yang anda gunakan dan membelinya.
Selain membuat konten affiliate yang terlihat natural dan organik, anda juga bisa membuat konten affiliate yang mengulas kelebihan produk tersebut.
Cara ini akan membuat konsumen anda tertarik untuk menggunakannya juga berkat ulasan produk yang anda berikan. Anda juga bisa mengumpulkan tautan rekomendasi produk di website tertentu sehingga mudah diakses oleh pengguna Instagram saat mereka melihat konten promosi yang anda berikan.
Setelah membuat berbagai konten promosi dan membagikannya di Instagram, maka jangan lupa juga untuk mengevaluasi kinerja postingan anda untuk memastikan mendapatkan hasil monetisasi di Instagram yang diinginkan.
Anda bisa melakukan evaluasi dengan melihat hasil analisa di akun marketplace yang anda miliki, dimana anda dapat melihat kunjungan tautan pada produk tertentu dan jumlah pembelian dari produk yang anda promosikan di Instagram.
Dengan melakukan evaluasi hasil promosi produk secara rutin, maka akan membantu anda untuk memastikan mendapatkan hasil afiliasi yang diinginkan serta memilih jenis konten promosi yang sesuai minat target audience.
Saat ini selebgram kenamaan tidak hanya menyuguhkan konten untuk dihidangkan ke pengikut yang dimiliki, namun banyak juga dari mereka yang merambah ke bisnis perdagangan untuk menambah penghasilan.
Cara ini dianggap menguntungkan mengingat mereka sudah memiliki pengikut yang banyak dengan target audience yang luas, sehingga memudahkan bagi mereka untuk melakukan promosi produk atau jasa untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah.
Meskipun begitu, penting bagi selebgram untuk mengatur strategi promosi produk yang tepat untuk mendapatkan hasil keuntungan yang diinginkan.
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menjual produk atau jasa di Instagram adalah memilih barang yang hendak dijual ke target konsumen.
Anda bisa memulainya dengan memahami minat anda terlebih dahulu, misalnya anda memiliki hobi untuk memakan camilan, maka anda bisa menjual produk keripik yang tengah naik daun atau produk skincare apabila anda memiliki minat di bidang kecantikan.
Memahami minat yang anda sukai nantinya akan membuat anda lebih semangat dalam mengembangkan bisnis yang anda miliki sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu lama.
Kemudian setelah memahami minat yang disukai dan produk yang hendak dijual, maka anda bisa melakukan survey terlebih dahulu ke produsen atau distibutor yang menjual produk tersebut.
Proses ini tentunya akan memakan waktu lama dan banyak tenaga, namun akan menguntungkan bagi anda setelah mendapatkan produk yang sesuai keinginan dengan kualitas yang sesuai.
Saat memilih produsen bahan baku yang sesuai, maka anda perlu melakukan pengecekan produk terlebih dahulu, misalnya kesesuaian rasa serta ketahanan produk, mengingat anda tidak menutup kemungkinan untuk mengirim ke luar kota atau pulau yang memakan waktu lama, sehingga kualitas produk bisa menurun apabila tidak disimpan dengan baik.
Cari tahu juga latar belakang produsen dan distributor yang anda pilih untuk mengetahui apakah mereka bisa diajak kerjasama dalam jangka waktu lama dan menyediakan kualitas produk yang sama secara terus menerus, sehingga anda dapat melayani konsumen dengan baik.
Sebagai selebgram yang banting setir menjadi seorang pedagang, anda tentunya menggunakan pengikut yang dimiliki sebagai target konsumen produk atau jasa yang hendak anda jual.
Sehingga sebelum memulai usaha, maka penting bagi anda untuk memahami target konsumen yang diinginkan untuk mendapatkan hasil penjualan yang diinginkan.
Anda bisa memulainya dengan memahami topik konten yang biasa anda bahas di Instagram, apakah topik mengenai ulasan makanan atau produk kecantikan tertentu.
Pemahaman ini akan membantu anda memahami produk yang sesuai dengan target konsumen anda, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan di Instagram,
Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan jajak pendapat atau polling untuk mengetahui referensi produk yang disukai oleh target konsumen, sehingga anda bisa menggunakannya sebagai ide jualan yang menguntungkan.
Saat membuat promosi untuk memasarkan produk yang dimiliki, penting bagi anda untuk mengulas produk yang dimiliki secara jujur.
Cara ini dilakukan agar target konsumen tertarik untuk membeli produk yang anda jual berdasarkan kelebihan yang dimiliki.
Contohnya saja anda menjual produk keripik sebagai camilan, maka anda bisa mengulas mengenai kerenyahan produk, ketahanan produk, serta kemasan yang dimiliki, serta mencobanya secara langsung, sehingga pengikut anda tertarik untuk mencoba produk yang anda tawarkan.
Sebagai seorang selebgram yang terkenal, anda tentunya memiliki kemampuan untuk mengelola akun Instagram anda dari nol hingga mendapatkan jumlah pengikut yang banyak dan pengaruh yang besar.
Hal ini tentunya membuat pengguna Instagram lain merasa penasaran mengenai cara mengembangkan akun Instagram hingga menjadi besar sampai saat ini.
Sehingga anda bisa membagikan keilmuan yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah dengan melakukan berbagai cara berikut.
Seorang selebgram yang terkenal dan sudah memiliki banyak audience, biasanya memiliki kesempatan untu diundang di berbagai seminar dan workshop mengenai pengembangan sosial media atau diminta memberikan pandangan mengenai industri yang mereka jalani saat ini.
Seorang selebgram yang diundang ke seminar atau workshop tidak hanya memiliki kesempatan untuk membagikan pengalamannya sebagai content creator namun sebagai bukti bahwa pengalaman dan pengetahuannya diakui oleh banyak orang sehingga meningkatkan kredibilitas anda sebagai seorang selebgram.
Agar seminar yang anda ikuti terlihat lebih menarik untuk diikuti oleh peserta, maka penting bagi anda untuk melakukan persiapan terlebih dahulu untuk memukau peserta yang datang.
Anda bisa memulai dengan mempelajari topik yang hendak anda bahas di seminar dan sesuaikan dengan tema yang mereka berikan, hal ini akan membantu anda untuk menyelaraskan topik dengan obrolan yang ingin anda bicarakan di seminar.
Kemudian anda juga bisa mempersiapkan diri dengan membuat presentasi yang menarik perhatian, dimana anda bisa membagikan pengalaman anda dalam mengembangkan akun sosial media serta strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkannya.
Melakukan presentasi berdasarkan pengalaman yang dimiliki akan membuat peserta tertarik untuk mengikuti seminar yang anda ikuti dan tidak merasa bosan saat acara berlangsung.
Pahami juga trend dan masalah yang dihadapi oleh pengguna sosial media saat ini, sehingga anda bisa menjawab pertanyaan yang mereka ajukan agar isi seminar semakin menarik.
Selain mengisi seminar pengembangan konten sosial media sebagai pembicara, anda juga bisa melakukan cara lain untuk mendapatkan monetisasi di Instagram.
Salah satu caranya adalah dengan membuat konten pengembangan Instagram di akun Instagram yang anda miliki, dimana cara ini akan membuat pengikut anda belajar mengenai cara pengembangan akun Instagram dari ahlinya untuk akun sosial media yang mereka miliki.
Anda bisa memulainya dengan membuat akun Instagram baru yang membahas mengenai pengembangan konten Instagram, sehingga tidak bergabung dengan akun pribadi yang membahas topik yang berbeda.
Promosikan juga akun Instagram baru anda untuk mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak saat anda membuka akun baru tersebut.
Kemudian anda bisa membahas topik mengenai pengembangan Instagram berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki, sehingga membuat pengguna Instagram tertarik untuk mengikuti akun anda dan melakukan interaksi dengan konten yang anda miliki.
Pastikan juga untuk melakukan interaksi dengan pengikut anda dengan membalas berbagai komentar dan pesan yang masuk sehingga membangun pengikut yang setia di akun Instagram anda dan membuka peluang untuk monetisasi di Instagram.
Selain membuat konten pengembangan Instagram, langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk melakukan monetisasi di Instagram adalah mengembangkan kelas sosial media.
Meskipun terlihat rumit dan memakan banyak waktu dan tenaga, namun mengembangkan kelas sosial media juga menguntungkan dan menjadi cara baru untuk monetisasi di Instagram.
Anda bisa memulainya dengan memilih platform yang tepat untuk mengembangkan kelas sosial media, dimana anda bisa memilih untuk membangun website khusus, sehingga pengguna Instagram bisa mengakses kelas anda dengan mudah dan cepat.
Pilih juga topik yang relevan dengan kelas sosial media berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang anda miliki, sehingga pengikut anda percaya dengan isi kelas yang anda berikan.
Promosikan juga kelas sosial media di Instagram dan berikan harga khusus bagi pengguna pertama, sehingga mereka tertarik untuk mencoba berbagai kelas yang anda berikan dan membagikannya ke orang lain yang membutuhkan.
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk adalah dengan membuat sponsored content, dimana konten anda juga dipromosikan oleh brand tertentu melalui Instagram ads.
Strategi ini akan membuat jangkauan konten anda lebih luas sehingga dilihat oleh banyak orang dengan target audience yang sesuai.
Selain menguntungkan untuk membuat konten promosi yang menarik, sponsored content juga membantu anda untuk menyasar target audience yang lebih luas sehingga akun anda dikenal oleh lebih banyak orang.
Meskipun begitu, anda perlu membuat strategi promosi yang tepat dalam membuat sponsored content agar disukai oleh banyak orang.
Mengenali produk dan layanan yang tepat sebelum membuat konten bersponsor di Instagram dapat memaksimalkan promosi dengan baik.
Dengan jangkauan platform yang sangat luas, content creator dapat memanfaatkan wawasan audiens target untuk mendapatkan dampak yang maksimal.
Mulailah dengan menganalisia demografi audiens Anda, dengan memahami preferensi, minat, dan titik masalah mereka akan menjadi dasar untuk menciptakan kolaborasi promosi produk.
Selanjutnya, teliti produk yang sedang tren di niche Anda. Manfaatkan alat seperti halaman explore Instagram dan kata kunci yang sedang tren untuk mengidentifikasi apa yang beresonansi dengan audiens Anda saat ini.
Jangan lupa untuk memeriksa konten buatan pengguna untuk memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan merek sehingga meningkatkan peluang konten bersponsor Anda.
Manfaatkan juga metrik interaksi untuk dapat memberikan wawasan yang berharga. Analisa jumlah suka, bagikan, dan komentar untuk membantu menentukan apa yang disukai pengikut Anda dan memandu strategi konten Anda secara efektif.
Ketika berbicara tentang konten bersponsor di Instagram, memilih jenis konten yang tepat dapat membuat kampanye terlihat lebih menarik.
Pemilihan ini dilakukan mengingat Instagtam memiliki berbagai jenis konten visual, sehingga memilih salah satu yang terbaik dapat memudahkan untuk terhubung dengan audiencce dan mendorong interaksi dan konversi.
Anda bisa memulainya dengan mempertimbangkan target demografis Anda, dengan ,emahami preferensi mereka maka akan memungkinkan bagi Anda untuk menyesuaikan konten untuk memaksimalkan jangkauan dan dampak.
Selanjutnya, soroti pesan yang ingin Anda sampaikan di konten bersponsor, konten reel yang pendek dan dapat bekerja dengan sangat baik untuk menyoroti fitur unik produk, sementara postingan carousel dapat menawarkan cerita yang lebih mendalam tentang merek Anda.
Selain itu, perhatikan identitas merek Anda, selaraskan gaya konten Anda dengan brand voice untuk memastikan konsistensi yang sangat penting untuk membangun pengikut yang setia.
Mengevaluasi hasil konten bersponsor sangat penting bagi content creator yang ingin memaksimalkan promosi produk serta dapat membedakan anda dari pesaing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Pertama, mulailah dengan menentukan tujuan Anda, identifikasi tujuan promosi untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan pembeli baru, atau keterlibatan sosial.
Selanjutnya, manfaatkan alat analisa untuk melacak metrik kinerja. Indikator kinerja utama (KPI) seperti rasio klik-tayang, tingkat keterlibatan, dan konversi harus menjadi yang terdepan dalam evaluasi Anda.
Jangan abaikan juga umpan balik audiens, pantau jumlah komentar, berbagi, dan suka untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana konten Anda beresonansi dengan pembaca.
Lakukan juga uji coba konten untuk menyempurnakan pendekatan Anda. Dengan membandingkan variasi konten bersponsor, Anda akan mendapatkan wawasan tentang gaya, nada, atau format yang paling cocok dengan audiens Anda.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.