5 Jenis & Strategi Paid Marketing yang Wajib untuk dilakukan!

Paid marketing sangat cocok jika digunakan untuk mengembangkan bisnis agar dapat menarik audiens secara luas.

Selain dari strategi pemasaran berbayar, ada juga cara organik untuk mengarahkan traffic ke situs Anda. Namun, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

Namun, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

Campaign paid marketing ini dapat membantu brand Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan tentunya lebih cepat ketika ingin membangun reputasi dengan pelanggan. Yuk simak penjelasan mengenai paid marketing.

paid marketing

Apa Itu Paid Marketing?

Paid marketing adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran dengan menggunakan iklan kepada beberapa calon konsumen sesuai dengan minat, tujuan, interaksi dengan brand yang dimilikinya.

Menurut forbes, bahwa paid marketing cara tercepat untuk membantu calon pelanggan menemukan brand. Cara menggunakan strategi paid marketing ini yaitu dengan membeli iklan dan menargetkan audiens secara spesifik. 

Penggunaan paid marketing dapat memanfaatkan lebih dari satu platfrom digital, termasuk SERP (search engine result page), platform media sosial, hingga situs web berbasis komunitas.

Kemudian pada paid marketing selain iklan bergambar yang muncul pada halaman hasil pencarian (SERP), terdapat juga halaman web seperti media buying, dan dapat berupa postingan sosial bersponsor, serta artikel yang muncul di blog perusahaan.

Nah, inilah yang membuat pemasaran berbayar atau paid marketing sangat efektif.

Ada beberapa jenis yang menggunakan paid marketing yaitu beriklan di mesin pencari, di media sosial, dan display marketing, dan postingan bersponsor.

Paid marketing mempunyai tujuan umum dan cara penggunaanya agar dapat meningkatkan efektivitas campaignnya yaitu langsung menjual produk dari iklan, perlu menggunakan pertimbangan berdasarkan demografi, menemukan pelanggan baru, dapat dipercaya oleh orang banyak.

manfaat paid marketing

Manfaat Paid Marketing

Menurut laporan dari retaildive, bahwa 87% pembeli melakukan pencarian produk di platform digital. Selain itu situs bluecorona yang menjelaskan, ada 67% pembelian dipengaruhi oleh konten digital atau iklan.

Jadi, tanpa adanya platform digital ini, kemungkinan calon konsumen tidak akan pernah menemukan brand Anda.

Bahwasannya paid marketing ini dapat membangun brand awareness, mendorong keterlibatan pelanggan, dapat mengoptimalkan campaign, memasarkan produk berbayar hingga memiliki hasil yang lebih cepat, dan mampu menargetkan lebih terperinci dibandingkan harus menggunakan organik.

Contoh dalam penggunaan paid marketing yaitu dengan menargetkan sebuah situs blog ke audiens tertentu melalui strategi penggunaan kata kunci.

Dengan menggunakan strategi berbayar ini dapat memungkinkan Anda menargetkan pesan Anda ke audiens tertentu berdasarkan permintaan pencarian dan interaksi mereka sebelumnya.

Paid marketing campaign sangat efisien, karena dapat memanfaatkan semua platform untuk melakukan kegiatan periklanan.

Meskipun biaya iklan berbayar lebih mahal daripada iklan secara organik, pemasaran berbayar atau paid marketing adalah ini cara yang tepat untuk bisa memperlihatkan brand Anda kepada audiens secara luas.

Penempatan pada iklan berbayar atau paid marketing ditampilkan kepada user di sisi kiri, kanan, atas, atau bawah halaman web. Jika brand Anda ingin ditampilkan di situs web yang lebih lebih populer, maka pemasar perlu membayar lebih. Dengan begitu brand Anda akan meningkat secara optimal.

Iklan berbayar atau paid marketing memiliki banyak kategori seperti PPC, PPI, dan iklan bergambar yang dapat membantu pemasar agar dapat menyesuaikan campaign marketing Anda lebih lanjut.

Selanjutnya, pada situs media sosial seperti Facebook dan LinkedIn saat ini telah menjadi platform yang efektif untuk melakukan iklan berbayar atau paid marketing.

manfaat paid marketing

Jenis-Jenis Paid Marketing

Pemasaran berbayar atau paid marketing akan fokus pada beberapa channel tertentu, tetapi untuk tujuan dan tekniknya sangat berbeda dari penggunaan pemasaran organik.

Strategi ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu pemasaran sosial dan pemasaran mesin pencari, di mana kedua metode tersebut memiliki jenis format iklan yang berbeda.

Namun seiring waktu, penerapan iklan berbayar atau paid marketing telah berkembang dan telah dibagi lagi menjadi beberapa kategori secara spesifik.

jenis paid marketing

Berikut ini kategori dengan masing-masing memiliki keuntungannya sendiri yaitu:

Paid search marketing atau iklan pencarian berbayar adalah jenis strategi pemasaran digital yang menggunakan mesin pencari untuk menempatkan iklan produk Anda lebih tinggi dengan berbayar.

Namun, pada halaman hasil mesin pencarinya (SERP) sesuai dengan tujuan yaitu mengarahkan traffic ke situs Anda.

Bentuk paling umum dari pencarian berbayar atau paid search marketing adalah bayar per klik atau iklan PPC. PPC adalah model iklan online di mana pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan online mereka.

Dalam menggunakan kampanye PPC, perusahaan tidak membayar atau tidak mengeluarkan uang sampai seseorang mengklik iklan mereka. Hal Ini merupakan cara yang terjangkau untuk beriklan dan memastikan iklan Anda menjangkau pengguna yang secara aktif menelusuri layanan atau produk perusahaan Anda. 

Strategi paid search marketing dikenal sebagai pemasaran mesin pencari (SEM), strategi ini menyajikan iklan teks dan gambar kepada pengguna yang sedang mencari di platform seperti Google, Yahoo dan Bing. Platform ini adalah cara terbaik bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan secara online.

Setiap hari, Google menangani lebih dari 3,5 miliar pencarian. Artinya mesin pencari dan pemasaran mesin pencari kemungkinan akan tetap relevan selama bertahun-tahun yang akan datang.

SEO organik dapat mendaratkan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari pertama, tetapi manfaat terbesar dari strategi paid search marketing adalah bisnis Anda akan muncul di bagian atas halaman.

paid search marketing

Social Media Marketing

Social media marketing adalah salah satu dari jenis strategi pemasaran yang sekarang banyak digunakan. Proses marketing yang digunakan ini lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Linkedin.

Kemudian, perusahaan akan menargetkan pelanggan berdasarkan minat dan kebiasaan mereka di platform media sosial. Jadi, strategi yang biasa dilakukan perusahaan ini memang menggunakan algoritma media sosial agar bisa tertarget dengan baik.

Sesuai laporan investopedia, lebih dari 80% konsumen melaporkan bahwa media sosial khususnya konten influencer memiliki dampak secara signifikan bagi pembeli.

Artinya keputusan pembelian, pemasar di seluruh industri telah mendorong evolusi pemasaran media sosial (SMM) dan menjadi sumber intelijen marketing yang beragam.

Kemudian social media marketing (SMM) ini memiliki analitik data dibuat khusus yang memungkinkan pemasar untuk melacak keberhasilan, efektifitas, serta dapat mengidentifikasi lebih banyak cara untuk terlibat. Kekuatan dalam menggunakan social media marketing (SMM) didorong oleh kapasitas media sosial yang tak tertandingi di tiga bidang marketing yaitu: koneksi, interaksi, dan data pelanggan.

social marketing

Display Marketing

Pada display advertising mencakup semua teknik pemasaran yang menggunakan elemen grafis di dalam iklan, termasuk video dan animasi serta media yang lebih tradisional, seperti spanduk dan gambar.

Adanya iklan saat ini bertujuan untuk mempromosikan perusahaan, produk, atau layanan Anda. Kemudian iklan kini ditampilkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sebelum melakukan pembelian.

Namun, sebelum langkah ini dapat dilakukan terdapat analisis kelompok sasaran dengan tujuan untuk memastikan bahwa iklan ditampilkan di lingkungan yang tepat.

Strategi ini mirip dengan search engine marketing (SEM), bahwa jaringan display juga menayangkan iklan kepada pengunjung situs. Meskipun kategori paid marketing ini terkesan simpel dan sudah sering digunakan, penerapannya tetap memerlukan bantuan teknologi retargeting.

Retargeting sendiri merupakan strategi untuk menargetkan pengunjung yang sudah pernah melihat situs website, tetapi belum membeli apapun dari mereka. Selain itu juga, retargeting akan menampilkan iklan pada audiens yang sebelumnya sudah pernah mengunjungi website.

Dengan menggunakan retargeting, iklan Anda akan ditampilkan pada situs website telah yang dikunjungi oleh orang-orang saat melihat iklan tersebut. Sehingga, iklan akan menarik perhatian pengguna agar bisa kembali mengunjungi website Anda lagi dan melakukan pembelian.

display marketing

Influencer Marketing

Media sosial kini telah dijadikan oleh selebritis untuk sebuah pekerjaan seperti endorse setiap brand orang-orang.

Selebriti bukan hanya seseorang yang terkenal, bisa juga seperti seorang blogger, YouTuber, hingga tokoh publik yang memiliki peran berpengaruh di kalangan tertentu.

Secara umum, seorang dikatakan influencer yaitu memiliki ribuan hingga jutaan pengikut (followers) di media sosial. Selain itu influencer memiliki pengaruh yang besar, serta mendapatkan kepercayaan publik atau orang-orang yang mengikutinya.

Influencer ini pun mulai disebut sebagai penentu tren. Sehingga banyak pemilik bisnis yang bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk, jasa, maupun layanan yang disediakan suatu brand. Hal inilah disebut juga dengan influencer marketing.

Influencer marketing ini melibatkan perusahaan yang ingin berkolaborasi dengan influencer online untuk memasarkan salah satu produk atau layanannya.

Berkolaborasi dengan orang lain ini dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan juga dapat meningkatkan penjualan dengan menargetkan pasar tertentu.

Kemudian influencer marketing ini termasuk kategori native ads. Artinya bahwa konten berbayar akan ditampilkan dalam bentuk, fungsi, dan kualitas yang tidak kalah bagus dengan konten organik yang dibuat oleh media promosi lainnya.

influencer

Adapun keuntungan dari influencer marketing yaitu:

Memperluas Target Pasar

Dengan melakukan endorsement melalui influencer, otomatis akan memperluas target pasar Anda. Hal itu karena infuencer memiliki pengikut yang aktif dalam interaksi, seperti saling memberi like maupun komentar pada konten di akun media sosialnya.

memperluas target pasar

Menghasilkan Word of Mouth

Word of mouth adalah seseorang yang memberikan informasi atau rekomendasi tentang produk, layanan, atau brand melalui akun digital pribadinya. Menggunakan cara ini sudah terbukti efektif.

Tidak bisa dipungkuri, cara melakukan promosi dari mulut ke mulut masih menjadi salah satu cara pemasaran yang paling ampuh, bahkan di era digital saat ini.

word of mouth

Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Para pebisnis perlu membangun pendekatan dengan konsumen. Caranya, dengan bekerja sama atau kolaborasi bersama influencer yang menyukai produk Anda.

mendatangkan konsumen

Affiliate Marketing

Pada dasarnya, affiliate marketing merupakan kontrak yang dilakukan antara perusahaan dan pemasar. Pemasaran afiliasi mengacu pada orang-orang yang merujuk calon pelanggan ke perusahaan.

Kemudian, perusahaanlah yang akan membayar pemasar atau memberinya komisi untuk memperkenalkan kepada para pelanggan. Anda dapat membayar per prospek atau per klien aktual yang akan mendaftar dan membeli produk Anda.

affiliate marketing

Nah, Itulah penjelasan mengenai influencer marketing dan juga manfaat untuk bisnis Anda. Dari penjelasan tersebut, semoga Anda sudah bisa menentukan influencer seperti apa yang akan dipilih untuk mempromosikan produk Anda.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like