22+ Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis

Strategi pemasaran adalah salah satu hal yang penting untuk mengembangkan suatu bisnis. Adanya strategi yang baik ini guna menarik konsumen datang atau membeli, bahkan meningkatkan penjualan produk Anda. 

Mempunyai suatu produk yang baik akan sangat percuma jika tidak diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat. Apalagi saat ini, jumlah pesaing semakin tinggi diberbagi bidang bisnis; mulai dari fashion, teknologi, dan industri lainnya.

Untuk itu mengetahui strategi pemasaran sangatlah penting. Sehingga Anda bisa merancang bisnis secara efektif. Simak penjelasan apa saja fungsi strategi pemasaran, dan bagaimana strategi pemasaran untuk bisnis Anda.

strategi pemasaran

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Dalam mengembangkan bisnis, salah satu hal yang perlu Anda pikirkan dan dirancang yaitu strategi pemasaran. Konsep strategi pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan rencana pemasaran.

Hal Ini bukan hanya tentang membuat kampanye iklan atau memasang papan reklame, tetapi tentang mengembangkan pendekatan komprehensif untuk bisnis yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Kemudian, strategi ini dijadikan sebagai fondasi dari marketing plan. Sehingga setelah melakukan analisis pasar secara menyeluruh, kami merancang produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Pada strategi pemasaran ini mampu membantu bisnis Anda dalam hal meningkatkan penjualan, meningkatkan inovasi pengembangan bisnis, dan membuat koordinasi tim lebih efektif.

Apa Manfaat Strategi Pemasaran untuk Bisnis?

Strategi pemasaran ini sangat efektif untuk membantu dalam menjangkau calon pembeli di seluruh Indonesia. Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam menerapkan strategi pemasaran bisnis Anda dengan tepat, sebagai berikut: 

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Menurut laporan datareportal.com, pada tahun 2022 terdapat 204.7 juta pengguna internet di tanah air. Hal ini menunjukan adanya peningkatan sebesar 2.1 juta atau lebih dari 1,0 persen antara tahun 2021 dan 2022.

Berbisnis di media online atau di berbagai platform merupakan salah satu strategi untuk memperluas jangkauan konsumen. Terdapat banyak channel yang bisa dimanfaatkan.

Jika semakin banyak platform yang digunakan dan dijangkau oleh customer, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak data customer.

2. Mudah Dipraktikkan

Strategi pemasaran secara online sudah tidak asing lagi. Apalagi di era digital seperti sekarang, strategi pemasaran secara online memang dianggap sebagai metode bisnis yang paling efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan pemasaran atau marketing secara tradisional.

Kemudian strategi pemasaran termasuk cara yang praktis, karena dengan pemasaran online jangkauan bisa lebih luas. Ketika melakukan cara yang tepat dalam memasarkan sebuah produk dengan strategi pemasaran online, maka pebisnis bisa melakukan ekspansi sampai ke luar negeri.

3. Menargetkan Konsumen Secara Spesifik

Dalam menetapkan target konsumen, perusahaan perlu melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok. Pengelompokannya mulai dari geografi atau lokasi, rentan umur, sifat dan karakter. 

Keuntungan dalam menargetkan konsumen ini yaitu dapat menciptakan daya tarik di bidang pemasaran dan perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik.

4. Hasilnya Terukur

Strategi pemasaran secara online memiliki kelebihan yaitu mudah untuk diukur. Salah satu contoh platform yang dapat memasang iklan yaitu Google ads, Facebook ads, atau Instagram ads. Platform tersebut mempunyai filter berupa laporan performa iklan yang telah Anda pasang.

Hasil laporannya seperti berapa orang yang berhasil dijangkau, hingga seberapa efektif iklan yang di pasang. Jadi, dengan strategi ini Anda dapat mengevaluasi dan memperbaikinya.

Apa tujuan Strategi Pemasaran?

Pada dasarnya, tujuan strategi pemasaran adalah untuk melakukan pemetaan secara umum agar bisa melakukan proyeksi dan penghitungan anggaran pemasaran perusahaan. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat ada banyak aktivitas operasional lain.

Sehingga dalam mengatur strategi pemasaran yang efektif untuk sebuah Produk maupun Jasa, perlu memperhatikan kapasitas dan kemampuan perusahaan.

Sebagai contoh, bayangkan bila sebuah perusahaan yang tidak melakukan perencanaan dengan baik ini. Fokus pada strategi pemasaran saja, tanpa pertimbangan lain. Saat terjadi penjualan yang signifikan tapi tidak diikuti dengan peningkatan kapasitas produk, maka akan banyak penjualan yang batal.

Tentu, kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

22 Strategi Pemasaran untuk Produk & Jasa yang Efektif

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa membantu bisnis Anda. Lalu, apa saja strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan Anda? Nah, berikut ini beberapa strategi pemasaran yang efektif yang bisa Anda lakukan:

1. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi yang memberikan nilai kepada audiens. Dengan menggunakan content marketing Anda dapat membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, berharga, dan konsisten secara teratur.

Menjalankan bisnis menggunakan strategi content marketing ini adalah hal yang paling tepat, karena dapat memancing audiens dengan tepat dan sesuai dengan sasaran. Dengan begitu, calon customer ini akan tergoda untuk ingin membelinya.

Adapun tahapan dalam siklus pembelian yaitu mulai dari awareness, riset produk, consideration, hingga akhirnya membeli sebuah produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Penerapan content marketing dapat melalui website dan media sosial. Kemudian dalam strategi content marketing, memiliki jenis konten seperti infografis, podcast, video, artikel blog, webinar, dan e-book

Kemudian, terdapat langka-langkah untuk membuat content marketing yaitu riset buyer persona, menentukan ide dan jenis konten, dan mengelola konten menggunakan kalender editorial.

Seorang content marketing dalam mengolah konten yang unik diperlukan kemampuan dan keterampilan seperti komunikasi yang baik, menulis, dan bercerita.

content marketing

2. Inbound Marketing

Inbound marketing adalah bentuk pemasaran yang dapat menarik pelanggan melalui konten dan interaksi. Tujuannya strategi ini adalah untuk mendapatkan perhatian orang dengan membuat konten yang bermanfaat atau menarik.

Kemudian strategi ini juga dapat membangun brand awareness kepada target audiens. Jika audiens suka dengan produk yang telah Anda tawarkan, maka audiens akan merasa butuh dan akan mencari informasi tersebut.

Prinsip dari inbound marketing ini yaitu mengembangkan bisnis atau brand dengan membangun hubungan jangka panjang bersama audiens-nya.

Pada stretegi inbound marketing terdapat cara yang ampuh agar dapat sampai ke audiens yaitu menarik perhatian (attracting), melibatkan (engaging), dan memuaskan (delighting) masyarakat supaya muncul rasa kepercayaan.   

inbound marketing

3. Paid Marketing

Paid marketing adalah strategi yang akan dilakukan oleh pebisnis agar dapat menggunakan iklan kepada berdasarkan minat, tujuan, atau interaksi sesuai dengan produk atau brand Anda.

Hal Ini merupakan bentuk pemasaran di mana Anda membayar agar iklan Anda ditampilkan di situs web Anda, atau bahkan di platform media sosial seperti facebook, instagram dan twitter.

Metode pemasaran berbayar mencakup hal-hal seperti optimasi mesin pencari dan iklan media sosial. Dalam hal Ini melibatkan penggunaan teknik khusus untuk membantu situs web Anda muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian ketika seseorang mencari.

Pemasaran berbayar dapat memanfaatkan lebih dari satu dalam saluran digital seperti search engine results pages (SERP), platform media sosial, dan situs web yang berbasis komunitas.

Selain itu, pada paid marketing juga bagian dari influencer marketing, artinya strategi ini bisa digunakan oleh tim marketing di perusahaan. Baik untuk tipe Bisnis B2B maupun B2C untuk memperluas jangkauan pada calon customer untuk mempengaruhi audiens atau pengikut (followers). Hal ini biasa dikenal sebagai endorsement atau paid promote.

Adanya paid marketing khususnya di dunia bisnis yaitu agar dapat memberikan metrik yang jelas, hasil yang cepat, penargetan customer lebih terperinci, dan lebih efektif.

paid marketing

4. Organic Marketing

Organic marketing adalah jenis pemasaran di mana perusahaan mempromosikan produk dan jasa mereka tanpa menggunakan metode iklan berbayar. Metode yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan traffic situs, menghasilkan prospek, dan meningkatkan rasio konversi.

Metode pemasaran organik ini dapat dilakukan di berbagai channel media sosial, lalu mesin pencari Google (SEO), pemasaran influencer, pemasaran email, dan banyak saluran komunikasi lainnya.

Istilah “organik” mengacu pada sesuatu yang tumbuh atau berkembang secara alami. Dengan kata lain, pemasaran organik merupakan salah satu bagian dari pemasaran digital yang tidak melibatkan iklan berbayar atau gratis.

Pemasaran organik ini memiliki cara agar bisa meningkatkan penjualan yaitu mencipkatan value, meluncurkan konten yang evergreen, memanfaatkan platform media sosial dengan maksimal.

Kelebihan dari penggunaan organik ini adalah lebih efektif, dapat membangun hubungan dengan audiens secara efisien dan lebih dekat, dan meningkatkan ranking konten di Google dengan cepat.  

organic marketing

5. Social Media Marketing

Social media marketing (SMM) adalah bentuk pemasaran internet yang melibatkan pembuatan dan pengelolaan profil media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, atau linkedIn. Bentuk pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan secara online. 

Adapun aktivitas media sosial yang sering dilakukan seperti berkomentar, mengajukan pertanyaan, mengulas produk, mengirim pesan kepada orang lain, berbagi gambar, menautkan ke situs web, membuat mini blog, dan jenis konten lainnya.

Social media telah menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan media sosial, proses marketing yang dilakukan akan jadi jauh lebih menyenangkan.

Ada beberapa keuntungan pada social media yaitu dapat meningkatkan brand awareness, mendapatkan feedback secara langsung dengan customer, mempelajari kompetitor dengan cepat dan mudah.

Social media marketing memiliki beberapa strategi yang dapat diterapkan yaitu pelajari selera audiens, pilih platfrom yang mau disasar, buat konten yang menarik, lalu jadwalkan waktu postingan.  

social media marketing

6. SEO

Search engine optimization (SEO) merupakan strategi pengoptimalan website untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian atau SERP. Kemudian dengan melakukan SEO maka produk atau profil website bisnis Anda dapat dikenal.

Pada SEO ini lebih fokus dalam pencarian kata kunci secara organik, berbeda dengan SEM yang fokusnya pada media iklan berbayar yang disediakan di Google.

SEO memiliki cara kerja yang perlu diketahui untuk dapat membantu mengoptimalkan halaman website di mesin pencarian yaitu melakukan crawling, indexing, dan ranking.

Terkait teknik SEO terlebih dahulu perlu mempelajari bahasa pemrogaraman, karena terdapat beberapa metrik yang harus dioptimalkan untuk meningkatkan performa dari halaman web seperti melakukan audit pada core web vital, robot.txt, sitemap, breadcrumbs, page speed, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang masih bertanya-tanya, kenapa harus memanfaatkan SEO pada website ? Padahal masih banyak channel yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi, misalnya melalui Instagram yang memiliki fitur klik link dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwasannya traffic terbesar dalam promosi bisnis yaitu mesin pencarian, apapun kategori bisnisnya; teknologi, fashion, entertainment, dan sebagainya.

Sehingga manfaat menggunakan strategi SEO adalah dapat meningkatkan traffic pengunjung, meningkatkan nilai konversi, menjangkau user lebih luas, dan memiliki jangka waktu yang lama.   

seo

7. Transactional Marketing

Transactional marketing ini melibatkan penggunaan prinsip-prinsip psikologis untuk memengaruhi konsumen agar membeli produk dan layanan. Kemudian transactional marketing ini berfokus pada transaksi penjualan dengan pelanggan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan volume penjualan dari pelanggan. Transactional ini dapat digunakan bersamaan dengan bentuk pemasaran lainnya, seperti media tradisional atau digital.

Kelebihan menggunakan transactional marketing ini yaitu dapat menyimpan dan mengelola stok produk, serta biayanya rendah atau sedikit.

transactional marketing

 8. Earned Media

Earned media merupakan publisitas yang dihasilkan menggunakan metode organik. Earned media ini termasuk bentuk publisitas terbaik yang dapat diperoleh bisnis atau situs web, serta dapat meningkatkan reputasi brand Anda.

Earned media ini memiliki beberapa bentuk yang mencakup publikasi brand melalui artikel online, kebanyakan tulisan yang dibuat ini dilakukan oleh pihak ketiga, terdapat situs link lain, dan ulasan dari pihak ketiga yang tidak terafiliasi.

earned media

9. Account Based Marketing

Account based marketing (ABM) merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan media sosial, aplikasi seluler, dan teknologi lainnya untuk membangun hubungan pelanggan.

Strategi ini menggunakan metode yang berfokus pada kumpulan akun customer yang sudah ditargetkan dan memberikan kampanye yang terpersonalisasi. Hal ini tidak dilakukan terlalu luas, akan tetapi hanya secara spesifik sesuai untuk target persona saja.

Manfaat penerapan account based marketing atau ABM adalah menciptakan harmonis antara tim marketing dan sales, dapat memberikan pengalaman customer yang selalu konsisten, pengukuran ROI atau return on investment lebih mudah, menjalin relasi yang baik dengan customer.

account based marketing

10. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing atau SEM merupakan strategi yang digunakan pebisnis untuk meningkatkan traffic situs webnya melalui iklan berbayar. Terdapat metode SEM dalam mengiklankan website yaitu pay per click (PPC).

Contoh pay per click ini yaitu ketika ada orang yang mengetikkan keyword tersebut, maka website pengiklan muncul di halaman pertama pencarian Google. Sehingga website pengiklan dapat dilihat oleh calon klien dan akan mendapat impresi.

Tahap itu belum ada biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan. Sebab kebanyakan mesin pencari menggunakan metode pay per click (PPC), artinya pengiklan baru akan membayar biaya iklan ketika ada orang yang mengklik website mereka.

Kemudian SEM ini sangat berbeda jauh dengan SEO, yang mana SEM cepat dalam memunculkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian. Sedangkan strategi SEO membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memunculkan website Anda, SEM mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa hari atau jam.

Tampilan yang muncul di halaman Google pada penerapan SEM memiliki tanda “Iklan” atau “Ads” yang mana website tersebut berada di posisi teratas. Sedangkan hasil pencarian dari SEO tak ada embel-embel iklan di bawahnya. Website dengan SEO akan ditampilkan di bawah website yang menggunakan SEM.

Kelebihan dalam penggunaan SEM adalah dapat dijangkau banyak audiens, memiliki pilihan target sesuai yang di inginkan, meningkatkan lalu lintas kunjungan website,  dan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian.

sem

 11. Conversational Marketing

Conversational marketing merupakan strategi yang memiliki cara untuk memulai percakapan dengan konsumen. Kemudian percakapan yang dilakukan konsumen ini seperti memberikan sebuah informasi, membujuk, mengingatkan para konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk atau merek yang dijual.

Strategi ini dilakukan dengan cara interaksi melalui chatbot atau live chat untuk mendapatkan informasi yang sesuai mengenai prospek dan pelanggan.  

conversational marketing

12. Guerilla Marketing

Guerilla marketing adalah strategi pemasaran yang paling unik, karena bentuk periklanannya mengandalkan penggunaan taktik gerilya dalam mempromosikan produk dan layanan.

Taktik pemasaran ini mengharuskan untuk menggunakan elemen kejutan dan interaksi non konvensional saat mempromosikan produk.

Perusahaan yang menerapkan guerilla marketing mengandalkan promosi yang disebarkan melalui pemasaran viral, atau penyebaran informasi dari mulut ke mulut sehingga menjangkau khalayak yang lebih luas secara gratis. 

Terdapat tempat-tempat umum yang banyak ditemui untuk melakukan guerilla marketing seperti dijalan, konser, acara olahraga, festival, pantai, dan pusat perbelanjaan. Memilih waktu dan tempat adalah salah satu kunci dalam melakukan strategi guerilla marketing.

guerilla marketing

13. Email Marketing

Email marketing adalah strategi yang paling efektif untuk terhubung dengan pelanggan dan menghasilkan prospek dalam penjualan.

Email marketing ini berisi konten atau pesan komersial yang dikirimkan pada pelanggan dan calon pelanggan seperti promo, informasi, maupun event yang akan diadakan oleh perusahaan.

Penggunaan email marketing bertujuan agar dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara personal, kemudian mempertahankan hubungan dengan baik.

Strategi ini sangat efektif dan harus memperhatikan saat menerapkan email marketing. Pasalnya, bila judul dan isi konten tidak menarik ataupun jadwal pengirimannya terlalu sering, membuat audiens merasa enggan untuk membuka email tersebut. 

email marketing

14. Event Marketing

Event marketing adalah strategi yang efektif yang menggunakan sebuah event. Tujuannya untuk dapat mempromosikan brand, produk atau jasa yang dimilikinya. Selain itu juga strategi ini dapat mengarahkan pengunjung ke situs web, halaman arahan, atau blog Anda.

Kemudian bisa juga dengan memberikan pengetahuan seputar produk atau layanan ke audiens secara langsung.

event marketing

15. Service Marketing

Service marketing adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada layanan yang diberikan oleh suatu organisasi. Hal Ini mencakup beberapa aktivitas seperti periklanan, promosi dan hubungan masyarakat (PR), manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan otomatisasi tenaga penjualan (SFA).

Strategi ini juga dikenal sebagai “service-led” artinya dapat berfokus pada pelanggan.

Ada beberapa bisnis yang menggunakan service marketing seperti dibidang kesehatan, keuangan, entertainment, transportasi, perhotelan, desain, pendidikan, restoran dan lain sebagainya.

Manfaat menggunakan service marketing ini yaitu dapat memudahkan perusahaan untuk menggapai target  audiens-nya, meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan, dan memastikan layanan yang didapat sesuai dengan visi misi dari perusahaan.

service marketing

16. Point-of-Purchase Marketing

Point of purchase marketing (POPM) dalam industri ritel untuk menggambarkan segala jenis pemasaran yang terjadi di dekat titik penjualan. Strategi ini sering dilakukan di pusat perbelanjaan dengan melakukan display produk hingga menawarkan kupon on-package.

POPM dapat didefinisikan sebagai penggunaan teknik pemasaran dan media untuk memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada waktu, tempat dan cara pembelian. Tujuan POPM adalah untuk meningkatkan penjualan dengan memengaruhi perilaku pembelian konsumen.

point of purchase

17. Manfaatkan Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan strategi marketing yang paling efektif dan sangat direkomendasikan. Menggunakan strategi ini dapat mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya.

Informasi yang ditampilkan oleh google bisnisku mulai dari nama bisnis, alamat perusahaannya, nomor telepon, alamat email, jam operasional, website, foto kantor hingga review pelanggan.

Ketika Anda telah mendaftarkan di google bisnisku, maka secara otomatis perusahaan akan muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin berkunjung ke tempat perusahaan Anda akan lebih mudah mencari lokasi, karena dibantu dengan google maps tanpa perlu kebingungan lagi.

google bisnisku

18. Konten yang Relevan, Penting, dan Konsisten

Langkah dalam menciptakan strategi pemasaran konten yang sukses adalah mengidentifikasi konten yang paling relevan, penting, dan konsisten untuk audiens Anda.

Hal Ini berarti Anda perlu mengetahui apa yang ingin mereka baca atau lihat, kapan mereka menginginkannya, dan seberapa sering mereka ingin melihatnya.

konten yang relevan

19. Riset Keyword

Riset keyword adalah kata kunci yang dapat digunakan untuk mencari semua artikel dalam database. Hal Ini akan mengembalikan daftar kata kunci dan ID artikel masing-masing yang kemudian bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai setiap artikel.

Memilih kata kunci ini harus tepat karena akan berpengaruh pada performa blog atau website Anda di hasil pencarian. Terdapat empat komponen yang harus diperhatikan yaitu mulai dari volume pencarian, keyword difficulty, dan keyword suggestion

Selain itu dalam mencari keyword tidak perlu lagi bingung, karena sudah banyak tools yang membantu dalam hal riset keyword seperti Ubersuggest, Google Trends, SEMRush, Soovle, Google Related Search, Answer the Public, Keyword Shitter, KWFinder, dan MOZ.

Sebelumnya Anda harus memahami terlebih kebutuhan riset keyword yang seperti apa. Jika dalam riset keyword hanya ingin mengetahui long tail keyword, Anda bisa menggunakan Soovle, Google Related Search, Answer the Public, atau Keyword Shitter.

Akan tetapi, jika Anda juga ingin mengetahui volume pencarian, keyword difficulty, dan keyword suggestion, dan SERP dalam sebuah keyword Anda bisa menggunakan Ubersuggest, KWFinder, Google Trends, MOZ, atau SEMRush. Namun, tidak semuanya tersedia gratis.

Apabila mengetahui keyword suggestion dan search volume masih belum cukup, Anda bisa menggunakan tools yang berbayar yaitu Ahrefs. Tools ini dapat memberi tahu potensi trafik sebuah keyword. 

riset keyword

20. Social Media Ads

Menurut riset bahwasannya pada kuartal ketiga tahun 2020 orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu untuk mengakses internet selama 8 jam 52 menit per harinya. Lalu aplikasi yang paling banyak di akses adalah media sosial seperti Instagram dan facebook.

Adanya internet ini membuat Indonesia masuk dalam 10 negara yang kecanduan media sosial.

Pengguna social media yang banya ini, membuat bisnis Anda bisa menghasilkan melalui media sosial. Bahwasannya media sosial saat ini tidak hanya digunakan sebagai media hiburan dan bersosialisasi saja dengan teman di dunia maya. Akan tetapi dijadikan sebagai media advertising.

Social media ads adalah salah satu strategi pemasaran secara online atau online advertising. Strategi ini melakukan penayangan iklan berbayar pada platform media sosial. Adanya iklan berbayar ini dapat mempromosikan konten yang telah dibuat untuk mencapai target pemasaran yang telah ditentukannya. 

Mengembangkan bisnis dengan iklan media sosial adalah cara yang bagus dan paling efektif untuk menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. 

social media ads

21. Manfaatkan Situs Kupon

Situs kupon ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang pada pembelian berikutnya. Apakah Anda sedang mencari sepasang sepatu baru, pakaian baru atau bahkan beberapa bahan makanan, kupon dapat membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik.

Namun, ada satu hal yang tidak disadari banyak orang tentang kupon: kupon tidak selalu tersedia di mana-mana. 

Tujuan menggunakan kupon ini dapat meningkatkan brand awareness. Semakin menarik diskon yang ditawarkan, semakin banyak orang akan menggunakan kupon. Dengan begitu akan semakin banyak yang mencoba produk Anda.

Oleh sebab itu, jika para konsumen puas dengan produk Anda, maka tidak perlu lagi adanya kupon. 

situs kupon

22. Bangun Relasi

Strategi dalam membangun hubungan yang baik adalah menjadi seorang teman terlebih dahulu. Jika memiliki hubungan yang baik dengan atasan atau supervisor Anda, dia mungkin bisa membantu mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Selain itu juga dapat meminta saran dari mereka tentang cara menangani situasi sulit di tempat kerja. Hal itu salah satu cara dalam membangun relasi.

Tidak hanya itu dalam membangun relasi bisnis perusahaan biasanya adalah tugas humas atau PR (public relation). Mereka nantinya akan mencari orang-orang yang akan memberi citra positif dan keuntungan bagi perusahaan.

Adapun cara membangun relasi dengan baik yaitu mengetahui kebutuhan bisnis, jangan berperilaku sombong, memperkuat komunikasi, menampilkan citra yang low profile, jangan malu, dan harus percaya diri.

bangun relasi

Setelah mengetahui strategi pemasaran, sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai memaksimalkan bisnis Anda.

FAQ seputar Strategi Pemasaran Produk & Jasa

Apakah Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah rencana tindakan untuk mengurangi biaya, memperluas basis pelanggan dan mendorong pertumbuhan pendapatan. Strategi ini mendefinisikan tujuan, target pasar, dan taktik yang akan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Strategi ini sering kali menggabungkan saluran digital seperti situs web dan kampanye email untuk menjangkau calon pelanggan, sambil memanfaatkan saluran tradisional seperti media cetak, radio, atau televisi. Untuk mencapai kesuksesan, setiap strategi pemasaran harus menyertakan taktik yang dapat diimplementasikan dari waktu ke waktu untuk membina hubungan dengan pelanggan saat ini dan menciptakan peluang untuk mengubah pelanggan baru.

Bagaimana Strategi Pemasaran untuk Usaha Baru?

Menciptakan strategi pemasaran yang sukses untuk bisnis baru adalah kunci untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang. Untuk memulainya, penting untuk mengidentifikasi target pasar Anda, pelanggan potensial, dan apa yang membuat mereka tertarik. Mengetahui siapa yang ingin Anda jangkau dapat membantu membentuk penawaran produk Anda, berfungsi sebagai dasar dari pesan Anda, menginformasikan saluran yang Anda gunakan dan memandu keputusan penetapan harga.

Mengapa Strategi Pemasaran Penting?

Strategi pemasaran sangat penting bagi bisnis untuk mengidentifikasi target pelanggan mereka, memahami kebutuhan pelanggan tersebut dan mengembangkan rencana untuk menjangkau dan melayani mereka dengan lebih baik. Membangun strategi pemasaran yang efektif membutuhkan penelitian, pemahaman yang jelas tentang tujuan dan sasaran, anggaran yang realistis, dan kesadaran akan tren pasar. Penting juga bagi bisnis untuk memahami bagaimana merek mereka akan dipersepsikan oleh pelanggan.

Seberapa Penting Pemasaran bagi Perusahaan?

Pentingnya pemasaran bagi sebuah perusahaan tidak dapat disangkal. Melalui taktik pemasaran yang efektif, bisnis dapat menciptakan kesadaran merek dan mengembangkan hubungan dengan audiens target mereka. Ini juga merupakan cara yang efisien untuk meningkatkan penjualan dan mengimbangi persaingan di pasar.

Apa saja masalah strategi pemasaran yang umum terjadi?

Masalah strategi pemasaran yang umum termasuk kegagalan untuk melacak keterlibatan pelanggan, kesulitan memahami preferensi dan perilaku konsumen, dan pengabaian teknologi baru. Perusahaan sering berjuang dengan mempertahankan pesan yang konsisten di seluruh pelanggan dan platform, menghasilkan konten yang relevan dan tepat waktu, mengoptimalkan anggaran untuk visibilitas dan kesuksesan maksimum. Selain itu, mengelola kampanye multi-saluran dapat menjadi tantangan besar bagi banyak organisasi.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like