Strategi Personal Branding Maudy Ayunda Hingga Sukses

Maudy Ayunda. Nama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Aktris cantik dan multitalenta ini tidak hanya dikenal lewat perannya di film-film box office, tetapi juga segudang prestasi akademis yang diraihnya.

Namun, tahukah Anda bahwa kesuksesan Maudy tidak datang begitu saja? Di balik perjalanan kariernya yang cemerlang, terdapat strategi personal branding Maudy Ayunda yang jempolan. Yuk simak berikut!

Mengulik Rahasia di Balik Kesuksesan Maudy Ayunda 

Personal branding, atau membangun citra diri di mata publik, adalah hal krusial di era digital saat ini. Maudy Ayunda, sadar betul akan pentingnya hal tersebut.

Ia dengan cerdik membangun personal branding yang kuat dan konsisten, sehingga ia tidak hanya dikenal sebagai aktris, tetapi juga sebagai sosok yang cerdas, inspiratif, dan berprestasi.

Kesuksesan Maudy Ayunda dapat dilihat dari berbagai sudut, baik dari kariernya di dunia hiburan, akademik, maupun keterlibatannya dalam berbagai kegiatan sosial. Berikut adalah beberapa rahasia di balik kesuksesan Maudy Ayunda:

  1. Pendidikan yang Tinggi dan Berkualitas: Maudy Ayunda menempuh pendidikan di dua universitas ternama dunia. Ia lulus dari Universitas Oxford di Inggris dengan gelar Sarjana dalam bidang P.P.E (Philosophy, Politics, and Economics). Kemudian, ia melanjutkan studi S2 di Universitas Stanford, Amerika Serikat, di bidang Bisnis dan Pendidikan. Pendidikan yang solid ini memberikan Maudy fondasi yang kuat untuk berpikir kritis dan analitis.
  2. Manajemen Waktu yang Efektif: Maudy dikenal mampu membagi waktunya dengan sangat baik antara karier di dunia hiburan dan pendidikannya. Selama kuliah, ia tetap aktif merilis lagu dan film, menunjukkan kemampuan manajemen waktu yang luar biasa.
  3. Multitalenta: Selain berakting dan bernyanyi, Maudy juga seorang penulis. Ia telah merilis buku yang berjudul “Dear Tomorrow,” yang berisi kumpulan esai dan pemikirannya tentang berbagai hal. Kemampuan menulis ini menambah dimensi lain pada kepribadiannya dan menunjukkan bahwa ia bukan hanya sekadar artis.
  4. Fokus pada Nilai dan Visi: Maudy Ayunda tidak hanya berfokus pada kariernya di dunia hiburan, tetapi juga memiliki visi yang jelas tentang masa depan dan kontribusinya kepada masyarakat. Ia sering berbicara tentang pentingnya pendidikan dan pemberdayaan perempuan, menunjukkan bahwa kesuksesannya juga didorong oleh keinginan untuk membawa perubahan positif.
  5. Keterlibatan dalam Kegiatan Sosial: Maudy aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan menjadi duta beberapa kampanye penting, seperti gerakan untuk pendidikan dan kesehatan mental. Keterlibatannya dalam isu-isu sosial menunjukkan kepedulian dan komitmennya terhadap masyarakat.
  6. Kerja Keras dan Dedikasi: Di balik semua prestasinya, tentu ada kerja keras dan dedikasi yang konsisten. Maudy dikenal sebagai pribadi yang sangat berdedikasi terhadap apa yang ia lakukan, baik di bidang akademik maupun karier hiburan.
  7. Dukungan Keluarga dan Lingkungan: Dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitarnya juga memainkan peran penting dalam kesuksesan Maudy. Keluarganya memberikan dukungan penuh terhadap setiap keputusan dan langkah yang diambilnya, baik dalam pendidikan maupun karier.

Kesuksesan Maudy Ayunda adalah hasil dari kombinasi antara bakat alami, pendidikan yang baik, kerja keras, dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Ia adalah contoh nyata bahwa dengan dedikasi dan visi yang jelas, seseorang bisa mencapai prestasi yang luar biasa di berbagai bidang.

Baca Juga: Cara Menaikkan Rasa Percaya Diri Saat Tampil di Depan Umum

Dari Aktris Remaja yang Bersahaja Hingga Aktivis Sosial yang Vokal

Perjalanan karier Maudy dimulai sejak ia masih remaja. Ia mengawali debutnya di film “Untuk Rena” (2005). Peran natural dan pembawaannya yang bersahaja membuat Maudy dengan cepat meraih simpati penonton.

Namun, Maudy tidak berhenti sampai di situ. Ia terus mengasah kemampuan aktingnya dan memilih peran-peran yang menantang. Sebut saja film “Perahu kertas” (2012) yang semakin melambungkan namanya.

Paralel dengan karier aktingnya, Maudy juga aktif dalam kegiatan sosial. Ia kerap menyuarakan isu-isu pendidikan dan pemberdayaan perempuan.

Keterlibatannya dalam kegiatan sosial ini turut memperkuat citranya sebagai sosok yang peduli dan inspiratif.

Menembus Batas: Aktris, Penyanyi, dan Mahasiswa Oxford

Maudy Ayunda tidak pernah puas hanya dengan pencapaian yang diraihnya. Ia memiliki semangat belajar yang tinggi dan haus akan ilmu pengetahuan.

Keputusannya untuk melanjutkan pendidikan S1 di jurusan Filosofi, Politik, dan Ekonomi (PPE) di Universitas Oxford, Inggris, mengejutkan banyak pihak.

Keputusan ini bisa jadi berisiko bagi kariernya di dunia hiburan. Namun, Maudy membuktikan bahwa ia mampu menjalani keduanya.

Ia aktif membagi pengalaman kuliahnya di Oxford melalui media sosial, yang tak ayal semakin membuat publik kagum dengan sosoknya.

Sosoknya yang multitalenta dan inspiratif telah memikat hati banyak orang. Di balik kesuksesannya sebagai aktris, penyanyi, dan influencer, terdapat kisah perjalanan yang penuh dengan kerja keras, dedikasi, dan keberanian untuk menembus batas.

Memulai Karier Sejak Muda

Bakat Maudy sudah terlihat sejak kecil. Di usia 3 tahun, ia sudah bisa membaca dan menunjukkan minat yang besar terhadap seni. Pada usia 11 tahun, ia memulai debutnya di dunia hiburan dengan membintangi film “Untuk Rena”.

Penampilannya yang natural dan aktingnya yang memukau langsung menarik perhatian publik. Sejak saat itu, karirnya terus menanjak dan ia membintangi berbagai film, sinetron, dan iklan.

Tak Hanya Aktris, Tapi Juga Penyanyi Berbakat

Selain akting, Maudy juga memiliki talenta di bidang musik. Ia sudah belajar piano sejak kecil dan memiliki suara yang merdu.

Pada tahun 2011, ia merilis album pertamanya yang berjudul “Perahu Kertas”. Album ini mendapat respon positif dari para penggemar dan mengantarkan Maudy meraih berbagai penghargaan.

Pendidikan Menjadi Prioritas Utama

Di tengah kesibukannya di dunia hiburan, Maudy tidak pernah melupakan pendidikan. Ia selalu rajin belajar dan bahkan memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Oxford, Inggris.

Keputusan ini sempat membuat banyak orang terkejut. Namun, Maudy membuktikan bahwa ia mampu menyeimbangkan karir dan pendidikannya dengan baik. Ia lulus dari Oxford dengan gelar S1 di bidang Filosofi, Politik, dan Ekonomi (PPE).

Kembali ke Indonesia dan Menjelajahi Dunia Baru

Setelah menyelesaikan studinya di Oxford, Maudy kembali ke Indonesia. Ia kembali aktif di dunia hiburan dan merilis beberapa album baru.

Selain itu, ia juga mulai merambah ke dunia bisnis dengan mendirikan beberapa perusahaan rintisan.

Inspirasi bagi Banyak Orang

Kisah perjalanan Maudy Ayunda merupakan inspirasi bagi banyak orang. Ia telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan keberanian untuk menembus batas, kita dapat mencapai mimpi-mimpi besar.

Maudy selalu memotivasi para penggemarnya untuk terus belajar, berkarya, dan mengejar mimpi mereka. Ia juga sering membagikan kisah inspiratifnya melalui media sosial dan berbagai talkshow.

Maudy Ayunda: Bukti Nyata Bahwa Impian Bisa Menjadi Kenyataan

Maudy Ayunda adalah bukti nyata bahwa mimpi bisa menjadi kenyataan. Ia telah mencapai banyak hal dalam hidupnya dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Kisah perjalanannya menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan keberanian untuk menembus batas, kita dapat meraih kesuksesan dan mencapai mimpi-mimpi besar.

Transformasi Maudy Ayunda: Dari Aktris Menjadi Entrepreneur

Setelah lulus dari Oxford, Maudy kembali ke Indonesia. Ia tidak serta merta kembali terjun ke dunia hiburan. Ia justru memilih untuk menjajal dunia bisnis. Ia mendirikan perusahaan rintisan (startup) bernama Segari.

Segari, sebuah startup perdagangan bahan makanan yang didirikan oleh PT Sayur Untuk Semua, baru-baru ini menutup putaran pendanaan Seri A dengan investasi dari berbagai investor terkemuka, termasuk aktris dan penyanyi Maudy Ayunda.

Maudy menyatakan ketertarikannya untuk mendukung platform B2C yang menjual produk bahan makanan segar, buah-buahan, sayuran, daging, dan kebutuhan sehari-hari langsung dari petani lokal ini, dengan alasan bahwa platform ini memiliki dampak sosial yang positif bagi masyarakat dan petani.

Membedah Strategi Personal Branding Maudy Ayunda 

Lalu, apa sebenarnya rahasia di balik kesuksesan personal branding Maudy Ayunda? Mari kita bedah beberapa strateginya:

Konsisten dan Otentik:

Maudy selalu tampil dengan citra yang konsisten, yaitu cerdas, bersahaja, dan inspiratif. Ia tidak terjebak dalam pencitraan yang berlebihan dan selalu berusaha menjadi dirinya sendiri. Keaslian inilah yang membuat publik merasa dekat dengannya.

Multitalenta dan Berprestasi:

Maudy tidak hanya fokus pada satu bidang saja. Ia terus mengembangkan kemampuannya di berbagai bidang, seperti akting, menyanyi, hingga pendidikan. Prestasi yang diraihnya di berbagai bidang ini semakin memperkuat citranya sebagai sosok yang multitalenta dan berprestasi.

Aktif di Media Sosial:

Maudy memanfaatkan media sosial dengan baik untuk berinteraksi dengan penggemar dan membagikan pengalamannya. Ia kerap memposting konten-konten yang inspiratif dan informatif, yang semakin membuat pengikutnya loyal.

Menyuarakan Isu Sosial:

Keterlibatan Maudy dalam kegiatan sosial dan kesediaannya untuk menyuarakan isu-isu sosial membuatnya dipandang sebagai sosok yang peduli dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Memanen Buah Kesuksesan: Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Strategi Personal Branding Maudy Ayunda 

Kisah perjalanan Maudy Ayunda tidak hanya inspiratif, tetapi juga sarat dengan pelajaran berharga. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita pelajari dari strategi personal branding yang ia terapkan:

1. Investasi pada Diri Sendiri: Knowledge is Power

Maudy Ayunda, sosok multitalenta yang dikenal sebagai penyanyi, aktris, dan aktivis, selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Salah satu nilai yang ia pegang teguh adalah pentingnya pengembangan diri.

Keputusannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Stanford University, di tengah puncak karirnya yang gemilang, menjadi bukti nyata komitmennya terhadap belajar dan bertumbuh.

Di era yang serba kompetitif ini, di mana perubahan terjadi dengan cepat, memiliki pengetahuan dan keahlian yang relevan menjadi modal yang sangat penting untuk meraih kesuksesan.

Dunia kerja menuntut individu untuk terus belajar dan beradaptasi agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

Berikut beberapa alasan mengapa pengembangan diri begitu penting di era ini:

Meningkatkan Daya Saing:

Di tengah persaingan yang ketat, individu dengan pengetahuan dan keahlian yang mumpuni akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dan mencapai jenjang karir yang lebih tinggi.

Pengembangan diri membantu Anda untuk terus mengasah kemampuan dan memperluas wawasan, sehingga Anda menjadi lebih berharga di mata perusahaan.

Membuka Peluang Baru:

Dunia terus berkembang dengan pesat, membuka berbagai peluang baru di berbagai bidang.

Dengan terus belajar dan mengembangkan diri, Anda akan lebih siap untuk menangkap peluang-peluang tersebut dan menjelajahi berbagai kemungkinan baru dalam hidup Anda.

Meningkatkan Kualitas Hidup:

Pengembangan diri tidak hanya bermanfaat untuk karir, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dengan memiliki pengetahuan dan keahlian yang beragam, Anda akan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah, membuat keputusan yang tepat, dan menjalani hidup dengan lebih bermakna.

Meningkatkan Kepercayaan Diri:

Semakin banyak Anda belajar dan mengembangkan diri, semakin percaya diri Anda akan kemampuan diri sendiri. Hal ini akan membantu Anda untuk berani mengambil risiko, mencoba hal-hal baru, dan mencapai tujuan-tujuan Anda.

Menemukan Gairah dan Tujuan Hidup:

Pengembangan diri dapat membantu Anda untuk menemukan apa yang Anda sukai dan apa yang ingin Anda capai dalam hidup.

Dengan mencoba berbagai hal baru dan mempelajari berbagai ilmu, Anda akan lebih mudah untuk menemukan passion Anda dan menjalani hidup dengan penuh tujuan.

Maudy Ayunda adalah contoh nyata bagaimana pengembangan diri dapat membawa seseorang ke level yang lebih tinggi.

Kita dapat belajar dari kisah inspiratifnya dan mulai mengambil langkah-langkah untuk mengembangkan diri kita sendiri.

Berikut beberapa tips untuk memulai pengembangan diri:

  • Temukan apa yang ingin Anda pelajari: Pikirkan tentang apa yang Anda sukai, apa yang ingin Anda capai, dan apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda.
  • Tetapkan tujuan yang SMART: Buatlah tujuan yang Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Terikat Waktu.
  • Buatlah rencana: Buatlah langkah-langkah yang konkret untuk mencapai tujuan Anda.
  • Luangkan waktu untuk belajar: Sisihkan waktu setiap hari untuk belajar hal baru. Anda dapat mengikuti kelas, membaca buku, menonton video edukasi, atau mengikuti pelatihan.
  • Bergabunglah dengan komunitas: Bergabunglah dengan komunitas yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan motivasi dan dukungan dari orang lain.
  • Jangan mudah menyerah: Pengembangan diri membutuhkan waktu dan usaha. Jangan mudah menyerah ketika Anda menemui kesulitan. Teruslah belajar dan berlatih, dan Anda pasti akan mencapai tujuan Anda.

Pengembangan diri adalah proses yang berkelanjutan. Teruslah belajar dan berkembang, dan Anda akan menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

Knowledge is Power

2. Jangan Takut Melangkah Keluar dari Zona Nyaman

Maudy Ayunda berani mengambil keputusan yang menantang, seperti melanjutkan pendidikan dan beralih menjadi entrepreneur. Meski keluar dari zona nyaman membawa risiko, tetapi ini juga merupakan kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan mengeksplorasi potensi diri Anda. Siapa tahu, Anda akan menemukan passion baru yang membawa Anda ke level yang lebih tinggi.

3. Manfaatkan Media Sosial Secara Strategis

Media sosial bukan hanya platform untuk bersenang-senang. Gunakan media sosial secara strategis untuk membangun personal branding Anda.

Konten Berkualitas:

Di era digital ini, di mana informasi begitu mudah diakses, membuat konten yang berkualitas, informatif, dan inspiratif menjadi kunci untuk menarik perhatian dan membangun loyalitas pengikut. Konten yang menarik tidak hanya akan meningkatkan engagement, tetapi juga dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis atau membangun brand Anda.

Berikut beberapa tips untuk membuat konten yang berkualitas, informatif, dan inspiratif:

Kenali Audiens Anda:

Langkah pertama adalah memahami siapa audiens Anda. Apa yang mereka sukai? Apa yang mereka butuhkan?

Apa yang ingin mereka pelajari? Dengan memahami audiens Anda, Anda dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka.

Buatlah Konten yang Bernilai:

Konten Anda harus memberikan nilai bagi audiens Anda. Apakah itu informasi baru, edukasi, hiburan, atau inspirasi? Pastikan konten Anda bermanfaat dan dapat membantu audiens Anda dalam beberapa hal.

Gunakan Berbagai Format:

Orang-orang memiliki preferensi yang berbeda dalam mengonsumsi informasi. Gunakan berbagai format konten, seperti artikel, video, infografis, dan podcast, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menjaga mereka tetap tertarik.

Ceritakan Kisah yang Menarik:

Manusia adalah makhluk yang suka dengan cerita. Gunakan storytelling untuk membuat konten Anda lebih menarik dan mudah diingat. Bagikan kisah pribadi, kisah sukses orang lain, atau kisah inspiratif yang relevan dengan audiens Anda.

Gunakan Visual yang Menarik:

Visual dapat membantu Anda untuk menarik perhatian audiens dan membuat konten Anda lebih menarik. Gunakan gambar, video, dan infografis berkualitas tinggi untuk melengkapi konten Anda.

Promosikan Konten Anda:

Setelah Anda membuat konten yang berkualitas, penting untuk mempromosikannya agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

Gunakan media sosial, email marketing, dan platform online lainnya untuk menyebarkan konten Anda.

Berinteraksi dengan Audiens Anda:

Bangunlah hubungan dengan audiens Anda dengan berinteraksi dengan mereka di kolom komentar, media sosial, dan email. Jawab pertanyaan mereka, tanggapi umpan balik mereka, dan adakan percakapan yang menarik.

Konsisten:

Kunci untuk membangun loyalitas pengikut adalah dengan konsisten dalam membuat dan mempublikasikan konten yang berkualitas. Buatlah jadwal posting yang realistis dan patuhi itu.

Analisis dan Pelajari:

Luangkan waktu untuk menganalisis performa konten Anda. Lihatlah konten mana yang paling banyak dilihat, disukai, dan dibagikan. Gunakan data ini untuk meningkatkan konten Anda dan membuat konten yang lebih menarik bagi audiens Anda.

Membuat konten yang berkualitas, informatif, dan inspiratif membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi.

Namun, dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat konten yang menarik perhatian dan membangun loyalitas pengikut yang akan membantu Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Ingatlah: Konten yang menarik adalah konten yang memberikan nilai bagi audiens Anda. Buatlah konten yang Anda sukai dan yang ingin Anda bagikan dengan orang lain, dan audiens Anda akan merasakannya.

Interaksi dengan Pengikut:

Jalin interaksi yang baik dengan pengikut Anda. Tanggapi komentar dan pertanyaan mereka. Dengan membangun hubungan yang baik, Anda akan semakin dipercaya dan dihormati.

4. Jadilah Diri Sendiri dan Tetap Otentik

Ingin menjadi Maudy Ayunda kedua? Tahan dulu. Yang terpenting adalah menjadi diri sendiri. Publik dapat merasakan ketidaksesuaian jika Anda terlalu berusaha untuk meniru orang lain.

Tunjukkan keunikan dan kepribadian Anda sendiri. Keaslian inilah yang akan membuat Anda mudah diingat dan disukai oleh publik.

5. Berkontribusi untuk Sesama

Keterlibatan Maudy dalam kegiatan sosial memberikan dampak yang positif terhadap citranya.

Publik akan semakin menghargai Anda jika Anda juga peduli terhadap permasalahan sosial dan berkontribusi untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

Cari tahu isu sosial yang Anda minati dan temukan cara untuk berkontribusi. Anda bisa menjadi relawan, mendonasikan sebagian pendapatan Anda, atau mendirikan organisasi nirlaba.

Dengan menerapkan beberapa strategi di atas, Anda pun dapat membangun personal branding yang kuat dan membawa Anda menuju kesuksesan.

Namun, perlu diingat bahwa membangun personal branding membutuhkan waktu dan kesungguhan. Tetaplah konsisten, jangan mudah menyerah, dan teruslah berkembang.

1. Saya bingung harus mulai dari mana untuk membangun personal branding. Ada tips khusus?

Tentu saja! Membangun personal branding memang tidak bisa instan. Namun, Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah sederhana:
Kenali Diri Sendiri: Sebelum membangun citra di mata publik, kenali dulu kelebihan, kekurangan, serta passion Anda. Apa yang membuat Anda unik? Apa yang ingin Anda capai? Dengan mengenali diri sendiri, Anda bisa menentukan arah yang tepat untuk personal branding Anda.
Tentukan Tujuan: Apa tujuan Anda membangun personal branding? Apakah untuk mendapatkan pekerjaan impian, menjalankan bisnis, atau menjadi influencer? Dengan mengetahui tujuan, Anda bisa menentukan strategi yang tepat.

2. Konten seperti apa yang menarik untuk diunggah di media sosial?

Konten yang menarik harus menarik perhatian dan memberikan nilai tambah kepada pengikut Anda. Berikut beberapa ide konten yang bisa Anda coba:
Konten Inspiratif: Bagikan kisah sukses Anda atau orang lain yang menginspirasi.
Konten Informatif: Buat konten yang berisi informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pengikut Anda.
Konten Hiburan: Sesekali unggah konten yang menghibur dan mencairkan suasana.
Konten Interaktif: Ajak pengikut Anda berinteraksi melalui pertanyaan, polling, atau live streaming.

3. Bagaimana cara agar konsisten dalam membangun personal branding?

Konsistensi adalah kunci utama dalam membangun personal branding. Tetapkan jadwal posting konten secara teratur dan patuhilah jadwal tersebut. Selain itu, teruslah berkembang dan belajar hal-hal baru. Dengan begitu, Anda akan memiliki konten yang fresh dan menarik untuk dibagikan.

4. Apakah personal branding perlu diperbarui secara periodik?

Ya, personal branding perlu diperbarui secara periodik sesuai dengan perkembangan diri Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan memiliki pengalaman dan keahlian baru. Jangan ragu untuk menyesuaikan personal branding Anda agar tetap relevan dan akurat.

5. Bagaimana cara mengukur keberhasilan strategi personal branding yang telah diterapkan?

Ada beberapa cara untuk mengukur keberhasilan strategi personal branding Anda:
Engagement: Lihatlah tingkat keterlibatan pengikut Anda terhadap konten yang Anda unggah. Semakin tinggi engagement, berarti strategi Anda berjalan dengan baik.
Jumlah Pengikut: Peningkatan jumlah pengikut bisa menjadi indikator bahwa personal branding Anda mulai dikenal lebih luas.
Pencapaian Tujuan: Apakah strategi personal branding Anda membantu Anda mencapai tujuan yang telah ditetapkan? Misalnya, apakah Anda mendapatkan pekerjaan impian atau bisnis Anda semakin berkembang?
Dengan menerapkan strategi personal branding yang tepat dan konsisten, Anda pun dapat mencapai kesuksesan seperti Maudy Ayunda. Selamat mencoba!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like