7 Tips Membuat Iklan di Facebook Lengkap Untuk Pemula

Apakah Anda seorang pemula dalam membuat iklan di Facebook dan merasa kewalahan dengan prosesnya? Apakah Anda ingin memastikan iklan Anda efektif dan menjangkau audiens yang tepat? Jangan khawatir, kami siap membantu Anda.

Facebook adalah salah satu platform media sosial paling populer, dengan lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif. Facebook juga merupakan salah satu platform periklanan paling efektif untuk bisnis dari semua ukuran. Namun, membuat iklan Facebook yang sukses bisa jadi menantang, terutama bagi pemula.

Untuk membantu Anda memulai, kami telah menyusun daftar sepuluh tips untuk membuat iklan di Facebook yang lengkap untuk pemula.

Tips ini akan memandu Anda melalui proses pembuatan iklan yang efektif yang beresonansi dengan audiens target Anda dan membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda. Jadi, mari selami dan pelajari cara membuat iklan Facebook seperti seorang profesional.

keuntungan membuat iklan di facebook

Keuntungan Membuat Iklan di Facebook

Apakah Anda ingin mempromosikan bisnis atau produk Anda ke audiens yang lebih luas? Dengan munculnya media sosial, beriklan di Facebook telah menjadi cara yang populer dan efektif untuk menjangkau pelanggan potensial.

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif bulanan. Hal ini menjadikannya platform yang ideal bagi bisnis untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada audiens yang luas dan beragam.

Selain menggunakan konten Facebook untuk promosi, banyak juga pengusaha yang menggunakan iklan di Facebook untuk promosi.

Facebook Ads merupakan layanan promosi berbayar yang diberikan oleh Facebook untuk menjangkau pengguna facebook yang lebih luas sesuai dengan kriteria brand yang diinginkan.

Iklan Facebook juga menawarkan berbagai pilihan penargetan, yang memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens yang mereka inginkan berdasarkan minat, demografi, dan perilaku.

Membuat iklan di Facebook dapat membawa banyak manfaat bagi bisnis dari semua ukuran. Dari peningkatan kesadaran merek hingga tingkat konversi yang lebih tinggi, iklan Facebook dapat membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran mereka.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi keuntungan dari membuat iklan di Facebook dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda.

1. Budget Promosi yang Fleksibel

Keuntungan pertama dari menggunakan iklan di facebook adalah budget promosi yang lebih fleksibel dan bisa diatur sesuai dengan budget promosi yang dimiliki, sehingga bisa lebih hemat namun dengan hasil yang maksimal.

Selain itu, anda juga bisa mengatur budget promosi berdasarkan durasi penayangan, misalnya anda menayangkan iklan pada waktu dan hari tertentu, sehingga sesuai dengan waktu aktif konsumen.

Di samping itu, budget promosi iklan di Facebook dan berbagai social media lainnya juga terhitung lebih murah dibandingkan dengan pemasaran konvensional, sehingga biaya bisa dihemat untuk kebutuhan lainnya.

Pastikan juga untuk mengatur penayangan iklan secara mandiri dan manual yang akan menyebabkan pembengkakan biaya promosi.

2. Target Audience yang Efektif

Selain kemudahan untuk mengatur biaya promosi yang lebih fleksibel, anda juga akan diberikan pilihan untuk memilih target audience yang efektif.

Hal ini dikarenakan saat anda mengatur penayangan iklan akan disuguhkan dengan berbagai pilihan audience yang bisa dipilih sesuai dengan gender, lokasi, usia, serta minat yang dimiliki.

Berbagai pilihan yang beragam akan memudahkan anda untuk menyasar target audience yang diinginkan dengan lebih mudah agar promosi lebih maksimal.

Di samping itu, jumlah pengguna facebook yang beragam dengan berbagai latar belakang juga akan memudahkan anda memilih penargetan iklan dengan jangkauan yang lebih luas sesuai lokasi.

3. Analisa Kinerja Iklan

Setelah mengeluarkan biaya untuk promosi iklan di facebook dan mengatur strategi pemasaran agar menjangkau target audience yang diinginkan, maka anda juga sebaiknya menganalisa kinerja iklan.

Cara ini dilakukan agar anda dapat mengetahui agar strategi pemasaran yang dilakukan sudah berjalan maksimal dan bisa digunakan untuk campaign promosi yang selanjutnya.

Hasil analisa tersebut bisa diakses dengan melihat fitur Insight yang disediakan Facebook, dimana anda bisa mengecek kinerja iklan di facebook pada durasi waktu tertentu.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi mengenai jumlah orang yang masuk ke halaman website brand atau e-commerce guna mengetahui jumlah konsumen baru.

Anda juga bisa melihat hasil interaksi berbayar dan organik yang dapat menaikkan eksistensi konten dan akun Facebook brand yang dimiliki.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Saat pertama kali membuka akun Facebook brand, maka anda mungkin akan memiliki jumlah pengikut yang masih sedikit.

Hal ini wajar terjadi mengingat belum banyak orang yang mengenal produk dan brand yang dimiliki, sehingga anda perlu melakukan promosi secara berbayar atau organik untuk menaikkan brand awareness.

Promosi melalui iklan di Facebook menjadi salah satu cara terbaik untuk menaikkan brand awareness, sebab anda dapat menjangkau target audience yang dimiliki dengan pilihan yang lebih beragam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan konten iklan di facebook yang menarik serta penargetan audience yang maksimal maka akan membantu meningkatkan brand awareness ke produk dan akun Facebook yang anda miliki.

5. Target Promosi yang Beragam

Melakukan promosi iklan di Facebook tidak hanya membantu untuk menaikkan brand awareness, namun juga bisa digunakan untuk berbagai tujuan promosi.

Misalnya anda baru saja memiliki akun marketplace atau website, maka anda bisa mempromosikannya melalui iklan di facebook dengan menyematkan tautan yang berkaitan, sehingga anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Selain itu, apabila interaksi di akun anda menurun dalam jangka waktu tertentu dan ingin menaikkannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, maka anda bisa menggunakan konten yang memiliki interaksi tertinggi untuk dipromosikan, sehingga dapat membantu menaikkan interaksi di akun facebook anda.

Cara ini bisa dilakukan mengingat iklan di facebook memiliki target promosi yang beragam sehingga bisa digunakan untuk berbagai tujuan promosi.

6. Maksimalkan Jangkauan Organik

Promosi menggunakan pemasaran konten memang efektif untuk membangun interaksi dengan pengikut yang dimiliki dengan berbagai postingan yang menarik.

Namun, jika anda ingin menjangkau target audience yang lebih luas, maka anda perlu memaksimalkan jangkauan organik melalui iklan di facebook.

Hal ini dilakukan mengingat anda perlu bersaing dengan jutaan akun Facebook brand lain yang memiliki pengikut yang lebih banyak dan interaksi yang lebih kuat, belum lagi perubahan algoritma Facebook yang selalu berubah, sehingga anda perlu mempertahankkanya dengan promosi berbayar.

jenis iklan di facebook

Jenis- jenis Iklan di Facebook

Apakah Anda ingin mengiklankan bisnis Anda di Facebook? Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif, Facebook bisa menjadi platform yang kuat untuk menjangkau audiens target Anda. Namun, dari mana Anda harus memulainya? Jenis iklan apa yang harus Anda gunakan untuk mencapai tujuan pemasaran Anda?

Facebook menawarkan berbagai pilihan iklan, masing-masing dengan fitur dan manfaat uniknya sendiri. Penting untuk memahami berbagai jenis iklan yang tersedia dan bagaimana iklan tersebut dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis iklan Facebook, termasuk format, opsi penargetan, dan struktur harga. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, mendorong lalu lintas situs web, atau menghasilkan prospek, ada format iklan Facebook yang bisa membantu Anda mencapai tujuan. Mari selami dan temukan jenis iklan di Facebook yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Sponsored Post

 Saat melihat berbagai konten di Facebook, mungkin anda akan menemukan satu atau dua postingan berbayar yang memiliki tanda khusus.

Tanda ini menunjukkan bahwa postingan tersebut dipromosikan untuk menjangkau target audience yang lebih luas namun dengan konten yang tidak terkesan mempromosikan suatu produk atau brand.

Jenis konten sponsor ini cocok untuk menaikkan interaksi konten, mengingat konsumen dapat mengomentari postingan, memberikan tanda suka, serta membagikannya ke pengguna Facebook lainnya.

Apabila anda hendak melakukan promosi melalui konten sponsor, maka ada baiknya untuk memilih postingan yang memiliki interaksi paling tinggi, sehingga dapat menambah jumlah interaksi yang lebih besar.

Selain itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu yang bergerak di bidang yang sama dan memiliki jumlah pengikut yang lebih besar, sehingga postingan anda akan mendapatkan interaksi yang lebih besar.

Kelebihan dari jenis iklan satu ini adalah ukuran yang lebih besar sehingga dapat mencuri perhatian audience serta variasi konten yang lebih banyak sehingga memikat audience untuk melakukan interaksi pada postingan tersebut.

2. The Right Hand Column Ad

Apabila anda ingin membuat iklan khusus untuk campaign promosi tertentu, maka iklan di facebook dengan ukuran kecil bisa menjadi pilihan terbaik.

Meskipun memiliki ukuran yang lebih minimalis namun iklan ini tidak bisa dialihkan seperti jenis iklan lainnya, sehingga pengguna Facebook akan memusatkan perhatian pada iklan anda untuk jangka waktu tertentu sebelum akhirnya menghilang.

Pemakaian iklan ini biasanya digunakan untuk target audience khusus sehingga anda akan mendapatkan hasil promosi yang dinginkan.

Agar promosi iklan khusus ini bisa berjalan maksmial maka anda sebaiknya menggunakan kalimat ajakan yang menarik dan tidak berbelit-belit.

tips membuat iklan di facebook

Tips Membuat Iklan di Facebook

Apakah Anda kesulitan membuat iklan yang efektif di Facebook? Apakah Anda merasa iklan Anda tidak mendapatkan perhatian yang layak? Dengan lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif di Facebook, sangat penting untuk membuat iklan yang menonjol dari yang lain.

Facebook telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, dan juga merupakan tempat yang tepat untuk mengiklankan bisnis Anda. Namun, membuat iklan yang sesuai dengan target audiens Anda bisa menjadi tantangan, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan alat dan fitur periklanan Facebook.

Untungnya, ada tips dan trik yang bisa membantu Anda membuat iklan yang menarik perhatian audiens dan mendorong konversi.

Baik Anda seorang pemula atau pengiklan berpengalaman, tips ini akan membantu Anda meningkatkan performa iklan Facebook dan mendapatkan hasil yang Anda cari. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa praktik terbaik untuk membuat iklan yang efektif di Facebook.

1. Buat Tampilan yang Minimalis 

Tips pertama yang bisa dilakukan agar promosi iklan di facebook semakin efektif adalah menggunakan tampilan yang minimalis.

Hal ini dilakukan mengingat ukuran halaman Facebook yang terbatas dan sebagian besar pengguna mengaksesnya melalui Facebook, sehingga anda perlu membuat iklan dengan tampilan yang minimalis agar lebih mudah dilihat oleh target audience.

Selain itu, setiap ukuran iklan facebook juga memiliki format yang berbeda-beda, sehingga anda perlu mengtehaui ukuran yang tepat agar tidak terpotong dan mendapatkan hasil iklan yang diinginkan.

Sebelum menayangkan iklan di Facebook, anda juga perlu mengetahui tujuan promosi di Facebook, apakah untuk menaikkan awareness atau interaksi serta durasi penayangan iklan.

Dengan mengetahui tujuan pembuatan iklan dan menambahkan dengan tampilan yang minimalis, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil promosi yang sesuai keinginan.

2. Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Facebook memiliki berbagai jenis konten dan iklan yang digunakan untuk promosi, sehingga kreator dapat menggunakannya dengan maksimal.

Misalnya saja anda ingin melakukan interaksi dengan target audience yang menyukai konten video, maka anda bisa menggunakan jenis iklan video untuk meningkatkan interaksi.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal dari iklan di Facebook, maka anda perlu mengetahui jenis iklan yang disukai oleh pengguna Facebook dan menggunakannya untuk promosi.

Informasi tersebut bisa anda dapatkan dengan mengakses fitur insight Facebook, dimana anda dapat melihat konten yang mendapatkan interaksi paling tinggi diantara postingan lain, sehingga bisa digunakan untuk promosi di Facebook.

Selain itu, sesuaikan juga jenis iklan dengan tujuan promosi, misalnya anda hendak memasarkan foto produk ke konsumen, maka menggunakan jenis iklan gambar menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk yang anda jual ke pasaran.

Anda juga perlu mengatur target audience yang bisa melihat iklan anda dan memiliki peluang besar untuk menjadi calon konsumen.

Pengaturan ini bisa dilakukan di kolom iklan, dimana anda akan melihat diberikan pilihan lokasi audience, durasi penayangan iklan, waktu tayang iklan, gender, serta target usia.

Berbagai kolom tersebut bisa diisi dengan informasi mengenai target audience yang bisa diakses di fitur insight, sehingga konten anda dapat menjangkau konsumen yang sesuai.

Ketahui juga waktu aktif konsumen yang membantu dalam penayangan iklan, sehingga konten anda tayang di waktu yang tepat.

3. Tambah Headline yang Menarik

Berbagai iklan yang beredar di Facebook terkadang membuat pengguna merasa bosan karena isi yang mononton dan terkesan memaksa.

Sehingga untuk menarik minat audience untuk melakukan ajakan yang anda minta, maka anda bisa menambahkan headline yang menarik.

Misalnya anda bisa memulai dengan membuat headline yang pendek dan lansung mengajak konsumen melakukan suatu ajakan tertentu dan tambahkan juga iming-iming berupa hadiah serta potongan harga khusus yang mampu menarik perhatian konsumen.

Gunakan juga headline yang mengundang interaksi dengan menyelipkan pertanyaan dan mengajak konsumen untuk melakukan suatu kegiatan tertentu.

Pastikan juga untuk mengetahui kata-kata yang bisa dipakai dan tidak bisa digunakan di iklan Facebook, sehingga iklan anda bisa beredar lebih lama.

4. Gunakan Visual yang Memikat

Sama seperti dengan iklan digital lainnya, anda juga perlu menggunakan visual yang memikat di konten promosi yang digunakan agar lebih banyak orang yang tertarik pada iklan facebook yang anda berikan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat iklan di facebook dengan visual yang memikat adalah dengan mengambil gambar di pencahayaan yang cukup, sehingga hasil foto bisa sesuai keinginan.

Namun, apabila anda mengambil foto produk di dalam ruangan, maka anda perlu menggunakan bantuan pencahayaan berupa lampu tambahan yang diletakkan di sekitar area produk untuk mendapatkan hasil foto yang cerah.

Penggunaan properti tambahan seperti model atau alat pendukung juga dapat mempercantik tampilan produk dan membuat konsumen memiliki visualisasi saat menggunakan produk tersebut.

Berikan juga sentuhan yang khas pada setiap foto atau video produk yang dapat menunjukkan kelebihan produk yang dimiliki.

Setelah mengambil beberapa foto dan video produk yang memakan waktu lama, anda bisa mengeditnya terlebih dahulu di aplikasi edit foto atau video yang bisa diakses secara gratis atau berbayar tergantung fitur yang digunakan.

Anda juga bisa menambahkan gambar tambahan yang dimasukkan ke dalam gambar iklan, dimana anda bisa mengambilnya secara gratis atau berbayar di aplikasi gambar tertentu.

Apabila hasil foto atau video produk sudah selesai diedit sesuai keinginan, maka jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan ukuran iklan facebook agar tidak terpotong dan mudah dibaca oleh target audience.

5. Isi Deskripsi Iklan 

Selain fokus pada pengisian kolom headline di iklan facebook, anda juga perlu mengisi deskripsi iklan yang lebih lengkap.

Pada deskripsi iklan ini anda bisa menjelaskan mengenai informasi yang berkaitan dengan produk dan brand anda yang tidak terlihat di bagian judul, sehingga menjadi pelengkap informasi iklan.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan informasi mengenai tempat pembelian produk dan lain sebagainya, sehingga memudahkan konsumen yang hendak membeli produk tersebut.

6. Buat Iklan Facebook Untuk Berbagai Promosi

Saat membuat iklan di facebook, anda mungkin bisa membuat satu iklan untuk berbagai jenis promosi, baik untuk mengenalkan produk yang dimiliki atau menaikkan interaksi di akun facebook yang dimiliki.

Cara tersebut tentunya akan sulit untuk mendaptkan hasil yang diinginkan, mengingat setiap target audience memiliki minat konten dan tujuan yang berbeda-beda, sehingga anda juga perlu menyajikan iklan di facebook yang berlainan.

Misalnya saja anda memiliki produk skincare untuk wanita, dimana pasar anda adalah wanita muda dan remaja, tentunya anda perlu membuat jenis iklan yang berbeda untuk target promosi dengan konten yang lebih variatif sesuai keinginan konsumen.

Selain itu, akan sulit untuk mempromosikan foto produk menggunakan konten iklan video mengingat perpindahan yang cukup cepat, sehingga akan menyulitkan konsumen untuk melihat detail produk.

Untuk mengetahui jenis konten yang sesuai untuk promosi, maka anda bisa menganalisa kompetitor lain di bidang yang sama dalam mempromosikan konten tertentu, sehingga anda bisa menggunakannya di iklan promosi yang akan digunakan selanjutnya.

Selain itu, anda juga bisa mengecek kinerja konten dari fitur insight, gunakan jenis konten yang memiliki hasil interaksi paling tinggi untuk dijadikan media promosi.

Melakukan berbagai uji coba untuk campaign promosi memang akan memakan banyak waktu, tenaga, dan uang, namun jika anda sudah menemukan formula yang tepat, maka anda bisa menggunakannya untuk campaign promosi selanjutnya.

7. Fokus Pada Satu Tujuan Promosi

Salah satu ciri iklan di facebook terbaik yang berhasil mendapatkan hasil yang diinginkan memiliki satu tujuan promosi yang fokus, dimana kreator hanya menggunakan satu jenis iklan untuk satu tujuan.

Sehingga anda perlu mengetahui apakah tujuan iklan tersebut untuk menaikkan brand awareness, interaksi dengan konsumen, atau menambah jumlah pengikut.

Dengan fokus pada satu tujuan iklan, maka akan memudahkan anda untuk membuat kalimat ajakan, jenis konten yang sesuai, serta visual yang menarik perhatian.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like