Walmart vs Supermarket Lain: Perbandingan Harga, dan Produk

Pernahkah Anda bingung memilih antara berbelanja di Walmart atau supermarket lainnya? Walmart sendiri sama halnya dengan marketplace amazon dan ebay.

Kedua raksasa retail ini sama-sama menawarkan berbagai macam produk, tetapi ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda melangkah ke kasir.

Artikel ini akan menjadi panduan lengkap Anda dalam pertarungan supermarket: Walmart vs supermarket lain.

Kami akan membedah harga, produk, layanan, dan faktor lainnya untuk membantu Anda memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan belanja Anda.

Mengenal Walmart

Walmart adalah sebuah toserba asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962. Walmart adalah salah satu pengecer terbesar di dunia, dengan sekitar 10.500 lokasi di 20 negara.

Pada tanggal 15 Agustus 1996, Walmart memasuki pasar Indonesia di Lippo Supermall Karawaci dan Mega Mall Pluit. Gerai-gerai tersebut pada awalnya diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun, hanya dalam waktu satu tahun, Walmart menutup gerai-gerai tersebut dan tidak pernah membukanya kembali.

Salah satu alasan kegagalan Walmart adalah konsumen Indonesia memanfaatkan kebijakan pengembalian produk 30 hari secara sesuka hati, sehingga penjualan selalu rendah.

Selain itu, daya beli penduduk Indonesia tidak setinggi orang-Amerika.

Walmart mengoperasikan toko diskon, supercenter, pasar lingkungan, dan klub keanggotaan gudang. Walmart dikenal dengan komitmennya untuk menawarkan harga rendah dan beragam pilihan produk

Kemudian, Walmart Supercenters ini menggabungkan toko kelontong dengan barang elektronik, pakaian, mainan, dan perabot rumah tangga, kebanyakan buka 24 jam.

Walmart pertama kali dibuka di Rogers, Arkansas oleh Sam Walton dan saudaranya James “Bud” Walton.

Pada tahun 1968, Sam Walton membuka toko pertamanya di luar Arkansas, di Sikeston, Missouri dan Claremore, Oklahoma. Pada tahun 1996, Walmart membuka gerai pertamanya di Indonesia di Lippo Supermal Karawaci.

Walmart juga termasuk salah satu organisasi e-commerce dengan pertumbuhan tercepat dan paling dinamis.

Serta, Walmart ini memiliki nama yang dikenal dan dipercaya oleh pembeli, baik untuk membeli kebutuhan pokok di toko maupun untuk berbelanja online.

Tak hanya itu, pasar online ini sebanding dengan Amazon atau eBay, tetapi secara khusus menargetkan demografi pelanggan Walmart yang luas.

Menjual produk di Walmart Marketplace menyediakan cara yang hemat biaya untuk menjangkau audiens yang luas dan mendorong penjualan, terutama dalam iklim saat ini yang meningkatkan biaya iklan digital. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan platform ini dibandingkan yang lain.

  • Tanpa biaya bulanan atau biaya pengaturan: Anda hanya membayar biaya rujukan saat melakukan penjualan.
  • Basis pelanggan yang terlibat: Akses ke audiens Walmart yang terdiri dari pembeli setia dan pelanggan setia.
  • Reputasi yang dapat dipercaya: Manfaatkan merek Walmart untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan.
  • Proses orientasi yang lancar: Tampilkan produk Anda di platform dengan mudah dan cepat.
  • Pemasaran bertarget: Beriklan langsung ke pelanggan dalam platform.
  • Opsi pemenuhan yang andal: Layanan Pemenuhan Walmart menangani penyimpanan, pengepakan, dan pengiriman pesanan Anda.
  • Pengembalian mudah: Kelola pengembalian dengan mudah secara online atau langsung di toko Walmart.

Adapun persyaratan untuk menjual di Walmart Marketplace. Meskipun Walmart menyambut penjual pihak ketiga ke pasar online-nya, perusahaan tersebut tetap ingin melindungi merek dan reputasinya.

Itu sebabnya penjual harus memenuhi persyaratan tertentu sebelum bergabung. Sebelum Anda memulai proses aplikasi, pastikan Anda memiliki hal berikut:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak atau Nomor Lisensi Bisnis (bukan SSN)
  • Dokumen pendukung untuk memverifikasi nama dan alamat bisnis Anda
  • Bukti bahwa Anda pernah menjual produk secara online sebelumnya, seperti di marketplace atau platform eCommerce lain
  • Produk yang memiliki Nomor Awalan Perusahaan GTIN/UPC GS1
  • Katalog yang mematuhi Kebijakan Produk Terlarang Walmart
  • Pemenuhan melalui Walmart Fulfillment Services (WFS) atau gudang B2C AS lainnya dengan kemampuan pengembalian

Baca Juga: Strategi Membangun Kerjasama Tim yang Menguntungkan

Produk apa yang bisa Anda jual di Walmart Marketplace?

Walmart Marketplace menawarkan berbagai macam produk, termasuk perlengkapan rumah tangga, elektronik, mainan, pakaian, perlengkapan olahraga, produk kecantikan, perlengkapan hewan peliharaan, dan banyak lagi.

Beberapa kategori produk mungkin memerlukan persetujuan terlebih dahulu sebelum dijual.

  • Parfum
  • Merek mewah
  • Perangkat lunak
  • Ponsel dan aksesorisnya
  • Halloween dan pilih produk musiman
  • Konten khusus
  • Perhiasan dan logam mulia

Biaya rujukan di Walmart berbeda berdasarkan jenis produk. Daftar rinci biaya rujukan dapat ditemukan di sini.

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan di Walmart Marketplace

Sama dengan marketplace lainnya, perlu juga yang namanya peningkatan penjualan di walmart.

Nah, berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk meningkatkan penjualan di Walmart Marketplace:

Optimasi Daftar Produk:

  • Judul dan Deskripsi: Buat judul yang jelas, ringkas, dan informatif yang menyertakan kata kunci yang relevan. Tulis deskripsi produk yang lengkap dan menarik yang menyoroti fitur dan manfaat produk Anda.
  • Gambar: Gunakan gambar produk berkualitas tinggi yang jelas dan menunjukkan produk Anda dari berbagai sudut.
  • Harga: Tetapkan harga yang kompetitif dengan mempertimbangkan harga pesaing dan margin keuntungan Anda.
  • Ketersediaan Stok: Pastikan untuk selalu memperbarui ketersediaan stok Anda untuk menghindari kekecewaan pelanggan.

Promosi dan Pemasaran:

  • Iklan Walmart Marketplace: Manfaatkan program iklan Walmart Marketplace untuk menjangkau lebih banyak pembeli potensial.
  • Promosi: Tawarkan diskon, promosi, dan bundling produk untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.
  • Media Sosial: Promosikan produk Anda di media sosial dan berinteraksi dengan pelanggan.
  • Optimasi Mesin Pencari (SEO): Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, deskripsi, dan konten produk Anda untuk meningkatkan visibilitas produk Anda dalam hasil pencarian Walmart Marketplace.

Walmart vs Supermarket Lain: Perbandingan Harga, Produk, dan Layanan

Lalu, bagaimana perbedaan dari walmart dengan supermarket lainnya?

Membedah Harga: Mungkinkah Walmart Selalu Menang?

Salah satu daya tarik utama Walmart adalah reputasinya sebagai toko dengan harga terendah. Mereka mengusung slogan “Everyday Low Prices” (EDLP) yang menjanjikan harga konsisten tanpa perlu kupon atau diskon musiman.

Namun, benarkah demikian? Faktanya, tidak selalu. Meskipun Walmart sering kali menawarkan harga yang kompetitif, ada kalanya supermarket lain memberikan penawaran yang lebih baik, terutama untuk produk merek tertentu atau barang dengan masa penyimpanan pendek seperti daging dan produk susu.

Strategi EDLP Walmart memang menguntungkan untuk barang kebutuhan pokok (staple goods) yang dibeli secara rutin, seperti beras, minyak goreng, dan tisu toilet.

Strategi Every Day Low Price (EDLP) yang diterapkan Walmart terbukti menguntungkan bagi mereka dalam beberapa hal:

1. Menarik Pelanggan: Harga yang rendah dan konsisten menarik banyak pelanggan yang mencari penawaran terbaik. Hal ini meningkatkan traffic ke toko Walmart dan mendorong penjualan.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Pelanggan yang senang dengan harga Walmart cenderung kembali lagi untuk berbelanja. Loyalitas pelanggan ini penting untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan.

3. Mengurangi Kebutuhan Promosi: Dengan EDLP, Walmart tidak perlu sering mengadakan obral dan diskon. Hal ini menghemat biaya dan memungkinkan mereka untuk menawarkan harga yang lebih rendah secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional: EDLP membantu Walmart dalam mengelola persediaan dan rantai pasokan mereka secara lebih efisien. Hal ini karena mereka tidak perlu sering mengubah harga produk.

5. Memperkuat Citra Merek: Walmart dikenal sebagai toko yang menawarkan harga murah. Citra merek ini membantu mereka dalam menarik pelanggan dan membedakan diri dari pesaing.

6. Menawar harga yang lebih baik dari pemasok: Karena Walmart membeli dalam jumlah besar dan tidak perlu bergantung pada obral untuk mendorong penjualan, mereka memiliki daya tawar yang lebih besar dengan pemasok. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan harga yang lebih rendah untuk produk, yang kemudian dapat diteruskan kepada pelanggan

Namun, penting untuk dicatat bahwa EDLP juga memiliki beberapa kelemahan:

1. Margin Keuntungan yang Lebih Rendah: Karena harga yang lebih rendah, Walmart memiliki margin keuntungan yang lebih kecil per produk dibandingkan toko lain.

2. Ketergantungan pada Volume Penjualan Tinggi: Agar EDLP menguntungkan, Walmart harus menjual produk dalam jumlah besar. Hal ini bisa menjadi tantangan di beberapa lokasi atau pasar.

3. Kurang Fleksibilitas Harga: Dengan EDLP, Walmart memiliki fleksibilitas yang lebih sedikit untuk menyesuaikan harga dengan perubahan permintaan pasar atau persaingan.

4. Persepsi Kualitas: Beberapa konsumen mungkin mengaitkan harga rendah dengan kualitas produk yang lebih rendah. Walmart perlu bekerja keras untuk mengatasi persepsi ini.

Selain menghemat biaya, EDLP juga menawarkan beberapa keuntungan lain bagi Walmart, seperti:

  • Membangun loyalitas pelanggan: Pelanggan yang tahu bahwa mereka selalu dapat menemukan harga terbaik di Walmart cenderung lebih sering berbelanja di sana.
  • Meningkatkan reputasi: Walmart terkenal dengan harga rendahnya, dan reputasi ini membantu menarik pelanggan baru.
  • Mempermudah perbandingan harga: Karena Walmart tidak menawarkan obral dan diskon, pelanggan dapat dengan mudah membandingkan harga produk di Walmart dengan toko lain.

Jadi, EDLP adalah strategi yang efektif untuk Walmart karena membantu mereka menghemat biaya, membangun loyalitas pelanggan, dan meningkatkan reputasi.

Strategi ini telah memainkan peran penting dalam menjadikan Walmart salah satu pengecer terbesar dan paling sukses di dunia.

Penting untuk dicatat bahwa EDLP tidak selalu merupakan strategi yang tepat untuk semua toko. Toko dengan margin keuntungan yang lebih kecil mungkin tidak dapat menawarkan harga yang sama rendahnya dengan Walmart.

Selain itu, beberapa pelanggan mungkin lebih tertarik pada obral dan diskon daripada harga rendah yang konsisten.

Secara keseluruhan, strategi EDLP telah terbukti menjadi strategi yang sukses untuk Walmart.

Namun, untuk produk non-staple atau barang dengan harga yang berfluktuasi, ada baiknya Anda membandingkan harga terlebih dahulu.

Beberapa supermarket lain mungkin menawarkan program loyalti yang memberikan poin atau cashback yang dapat mengurangi biaya belanja Anda secara signifikan.

Tips untuk mendapatkan harga terbaik:

  • Bandingkan harga: Jangan hanya terpaku pada label Walmart. Manfaatkan aplikasi pembanding harga atau cek brosur supermarket lain sebelum berbelanja.
  • Perhatikan ukuran kemasan: Terkadang, produk dengan kemasan lebih besar menawarkan harga per unit yang lebih hemat. Namun, pastikan Anda benar-benar membutuhkan sebanyak itu sebelum membelinya.
  • Beli merek generik: Walmart memiliki merek generik sendiri yang umumnya lebih murah daripada merek nasional. Cobalah untuk bereksperimen dengan merek generik untuk melihat apakah kualitasnya sesuai dengan preferensi Anda.
 perbedaan dari walmart dengan supermarket lainnya

Mencari Produk yang Anda Butuhkan: Apakah Walmart Punya Semuanya?

Keunggulan lain dari Walmart adalah luasnya ruang toko dan variasi produk yang ditawarkan.

Anda dapat menemukan hampir semua kebutuhan Anda di bawah satu atap, mulai dari bahan makanan, perlengkapan rumah tangga, pakaian, peralatan elektronik, hingga barang musiman seperti dekorasi liburan.

Supermarket lain mungkin memiliki fokus yang lebih spesifik, misalnya hanya menyediakan bahan makanan atau produk tertentu.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait produk:

  • Kualitas produk: Meskipun Walmart menawarkan harga yang kompetitif, kualitas produknya mungkin tidak selalu sebanding dengan supermarket lain yang fokus pada merek tertentu.
  • Variasi merek: Ingin merek favorit Anda? Walmart mungkin memilikinya, tetapi mereka juga menawarkan banyak merek generik. Supermarket lain mungkin menyediakan variasi merek yang lebih luas, terutama untuk produk makanan dan kecantikan.
  • Produk segar: Kesegaran produk segar seperti buah dan sayur dapat menjadi faktor penentu. Beberapa supermarket lain mungkin lebih selektif dalam memilih produk segar dan menawarkan kualitas yang lebih baik.

Layanan Pelanggan: Senyum Ramah atau Cekatan Kasir?

Pengalaman berbelanja yang menyenangkan tidak hanya bergantung pada harga dan produk.

Ada banyak faktor lain yang dapat berkontribusi pada pengalaman berbelanja yang positif, seperti:

Suasana toko: Toko yang bersih, rapi, dan tertata dengan baik akan membuat pengunjung merasa nyaman dan senang berbelanja. Musik yang bagus, pencahayaan yang tepat, dan aroma yang menyenangkan juga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat pengunjung lebih lama tinggal di toko.

Pelayanan pelanggan: Staf yang ramah, sopan, dan berpengetahuan luas dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman berbelanja. Staf yang dapat membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan saran yang bermanfaat akan membuat mereka merasa dihargai dan dihormati.

Kemudahan berbelanja: Toko yang mudah dinavigasi, dengan signage yang jelas dan rak yang tertata rapi, akan memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari. Proses checkout yang cepat dan mudah juga akan membuat pengalaman berbelanja lebih menyenangkan.

Pilihan pembayaran: Toko yang menawarkan berbagai pilihan pembayaran, seperti uang tunai, kartu kredit, dan debit, akan memudahkan pengunjung untuk melakukan pembelian.

Kebijakan pengembalian: Kebijakan pengembalian yang fleksibel dan mudah dipahami akan membuat pengunjung merasa lebih aman saat berbelanja.

Nilai tambah: Toko yang menawarkan nilai tambah, seperti program loyalitas, diskon, dan promosi, akan membuat pengunjung merasa lebih dihargai dan akan mendorong mereka untuk kembali berbelanja.

Kenyamanan: Toko yang menyediakan fasilitas yang nyaman, seperti tempat duduk, toilet, dan area bermain anak-anak, akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan senang berbelanja.

Pengalaman yang unik: Toko yang menawarkan pengalaman yang unik, seperti kelas memasak, demonstrasi produk, atau acara khusus, akan membuat pengalaman berbelanja lebih berkesan dan menyenangkan.

Dengan memperhatikan semua faktor ini, toko dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan mereka, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas dan penjualan.

Sebagai tambahan, perkembangan teknologi juga menghadirkan cara baru untuk meningkatkan pengalaman berbelanja.

Contohnya, toko dapat menggunakan aplikasi mobile untuk memungkinkan pelanggan berbelanja secara online, memesan produk untuk diambil di toko, atau mendapatkan informasi tentang produk dan penawaran terbaru.

Toko yang dapat beradaptasi dengan tren terbaru dan menawarkan pengalaman berbelanja yang menarik dan nyaman bagi pelanggannya akan lebih sukses dalam jangka panjang.

Faktor Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Selain harga, produk, dan layanan, ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan Anda:

  • Lokasi: Pilihlah supermarket yang mudah dijangkau dari rumah atau kantor Anda. Jika Anda memiliki mobil, mungkin jarak tempuh yang lebih jauh ke Walmart bisa dibenarkan dengan potensi harga yang lebih hemat.
  • Jam buka: Perhatikan jam operasional supermarket. Beberapa supermarket buka 24 jam, sementara yang lain memiliki jam buka terbatas.
  • Stok barang: Kehabisan stok barang kebutuhan pokok bisa jadi merepotkan. Walmart umumnya memiliki stok barang yang lebih besar dibandingkan supermarket lain.
  • Belanja online: Beberapa supermarket, termasuk Walmart, menawarkan layanan belanja online dengan opsi pengiriman atau pengambilan di toko. Ini bisa menjadi alternatif yang nyaman untuk menghindari keramaian.

Intinya, memilih supermarket terbaik adalah keputusan personal yang bergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

Tidak ada jawaban yang benar atau salah, dan setiap supermarket memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memilih:

  • Pertimbangkan anggaran Anda. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, Walmart mungkin pilihan yang tepat. Namun, jangan lupa untuk membandingkan harga di supermarket lain sebelum berbelanja.
  • Pikirkan tentang produk yang Anda butuhkan. Jika Anda mencari produk segar atau merek tertentu, supermarket lain mungkin lebih baik. Walmart umumnya memiliki variasi produk yang lebih luas, tetapi kualitasnya mungkin tidak selalu sebanding.
  • Nilai layanan pelanggan. Jika Anda menghargai pengalaman berbelanja yang personal dan bantuan yang mudah diakses, pertimbangkan supermarket yang lebih kecil atau yang terkenal dengan layanan pelanggan yang baik.
  • Perhatikan faktor lainnya. Lokasi, jam buka, stok barang, dan opsi belanja online juga perlu dipertimbangkan.

Pada akhirnya, cara terbaik untuk memilih supermarket adalah dengan mencoba beberapa opsi dan melihat mana yang paling sesuai dengan Anda.

Jangan ragu untuk berpindah supermarket jika Anda merasa tidak puas dengan layanan yang ditawarkan.

1. Apa saja keunggulan berbelanja di Walmart?

Harga yang kompetitif, terutama untuk barang kebutuhan pokok
Luas ruang toko dan variasi produk yang ditawarkan
Stok barang yang besar
Opsi belanja online

2. Apa saja kekurangan berbelanja di Walmart?

Kualitas produk mungkin tidak selalu sebanding dengan supermarket lain
Antrian kasir yang panjang, terutama pada jam sibuk
Sulit menemukan barang karena luasnya ruang toko
Kurangnya layanan pelanggan yang personal

3. Apa saja alternatif Walmart yang bisa saya coba?

Supermarket lokal yang lebih kecil
Supermarket yang fokus pada produk segar atau merek tertentu
Supermarket yang terkenal dengan layanan pelanggan yang baik
Toko online khusus untuk produk tertentu

4. Bagaimana cara membandingkan harga di supermarket yang berbeda?

Gunakan aplikasi pembanding harga
Cek brosur supermarket
Tanyakan kepada teman atau keluarga tentang pengalaman mereka berbelanja di supermarket tertentu

5. Apa saja tips untuk mendapatkan harga terbaik di supermarket?

Beli merek generik
Perhatikan ukuran kemasan
Manfaatkan program loyalti
Bandingkan harga sebelum berbelanja
Beli produk musiman saat sedang diskon

6. Bagaimana cara memilih produk yang tepat di supermarket?

Pertimbangkan kualitas, variasi merek, dan kesegaran produk
Baca label produk dengan cermat
Tanyakan kepada staf supermarket jika Anda membutuhkan bantuan
Cobalah produk baru dengan hati-hati

7. Apa saja faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih supermarket?

Lokasi
Jam buka
Stok barang
Opsi belanja online
Layanan pelanggan

8. Bagaimana cara mengetahui mana supermarket yang terbaik untuk saya?

Pertimbangkan anggaran, kebutuhan, dan preferensi Anda
Cobalah beberapa opsi supermarket dan bandingkan pengalaman Anda
Jangan ragu untuk berpindah supermarket jika Anda merasa tidak puas

9. Apa saja tips untuk berbelanja di supermarket agar lebih hemat?

Buatlah daftar belanja dan patuhi daftar tersebut
Hindari berbelanja saat lapar
Manfaatkan kupon dan diskon
Beli produk dalam jumlah besar jika Anda sering menggunakannya
Masak sendiri di rumah daripada membeli makanan siap saji

10. Apa saja tips untuk berbelanja di supermarket agar lebih ramah lingkungan?

Bawalah tas belanja sendiri
Hindari membeli produk yang berlebihan
Pilih produk dengan kemasan yang minimal
Daur ulang kantong plastik dan kemasan produk
Beli produk lokal dan musiman

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like