10 Aplikasi Gaji Terbaik untuk Karyawan dan Pengusaha

Dulu ribet menghitung gaji bulanan? Pusing dengan laporan absensi dan pajak yang menumpuk?

Di era digital ini, keluhan seperti itu sudah tidak zamannya lagi! Berkat hadirnya berbagai aplikasi penggajian, mengelola gaji karyawan dan keuangan perusahaan kini menjadi jauh lebih mudah dan efisien.

Jadi, bagaimana cara memilih aplikasi gaji yang tepat untuk Anda Tenang, disini kami siap menjadi rekan andal Anda!

Mari kita bahas apa itu aplikasi penggajian, keuntungan menggunakannya, dan 10 rekomendasi aplikasi terbaik yang wajib dipertimbangkan.

Apa Itu Aplikasi Penggajian?

Singkatnya, aplikasi penggajian adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan menghitung gaji karyawan, mengelola data absensi dan cuti, serta menyusun laporan keuangan dan pajak secara otomatis.

Dengan antarmuka yang user-friendly dan fitur yang lengkap, aplikasi ini dapat menghemat banyak waktu dan tenaga Anda dalam urusan administrasi keuangan.

Baca Juga: Menggali Potensi Bisnis: 20 Keuntungan Punya Website Sendiri

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Penggajian

  • Efisiensi Waktu dan Biaya: Mengelola gaji secara manual membutuhkan waktu yang lama dan rentan kesalahan. Aplikasi penggajian dapat mengerjakan semuanya secara otomatis, sehingga Anda bisa fokus pada hal-hal yang lebih produktif. Selain itu, Anda juga bisa berhemat dari biaya penggajian staff khusus.
  • Akurasi Data: Perhitungan gaji yang rumit dan laporan keuangan yang tebal rentan terhadap kesalahan. Dengan aplikasi penggajian, keakuratan data terjamin karena semua perhitungan dan laporan dibuat secara otomatis.
  • Keamanan Data: Privasi data karyawan dan perusahaan sangat penting. Aplikasi penggajian yang baik dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk melindungi data-data tersebut.
  • Kemudahan Akses: Akses data gaji dan laporan keuangan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi di smartphone atau website. Ini sangat memudahkan Anda untuk memantau kondisi keuangan perusahaan secara real-time.
  • Mempermudah Kepatuhan Pajak: Beberapa aplikasi penggajian terintegrasi dengan sistem perpajakan online, sehingga Anda bisa melaporkan dan membayar pajak dengan lebih mudah.

10 Aplikasi Gaji Terbaik untuk Memudahkan Hidup Anda

Berikut ini ada beberapa aplikasi gaji yang dapat memudahkan Anda:

1. GajiKita: Simpel, Andal, dan Gratis untuk Bisnis Kecil

  • Cocok untuk siapa? GajiKita adalah pilihan tepat untuk bisnis kecil dan startup yang baru merintis. Aplikasi ini gratis untuk digunakan dengan fitur-fitur dasar seperti perhitungan gaji, pengelolaan absensi, dan slip gaji digital.
  • Kelebihan: Selain gratis, GajiKita juga mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa platform e-commerce, sehingga memudahkan pengelolaan keuangan bisnis online Anda.
  • Kekurangan: Fitur-fitur GajiKita terbatas untuk bisnis kecil. Jika perusahaan Anda sudah lebih besar dan membutuhkan fitur yang lebih lengkap, Anda mungkin perlu mempertimbangkan aplikasi lain.

2. Talenta: All-in-One Solution untuk Kebutuhan HR

  • Cocok untuk siapa? Talenta menawarkan solusi menyeluruh untuk pengelolaan sumber daya manusia (HR), termasuk penggajian, absensi, rekrutmen, dan training karyawan. Aplikasi ini cocok untuk perusahaan menengah dan besar yang membutuhkan sistem HR yang terintegrasi.
  • Kelebihan: Talenta memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari perhitungan gaji yang rumit hingga pengelolaan benefit karyawan. Selain itu, Talenta juga menawarkan layanan customer support yang handal.
  • Kekurangan: Dibandingkan dengan aplikasi lain, harga Talenta mungkin sedikit lebih mahal. Namun, dengan fitur yang lengkap dan layanan yang prima, Talenta bisa menjadi investasi yang menguntungkan untuk perusahaan Anda.

3. Payroll Indonesia by Gadjian: Andal dan Lengkap untuk Perusahaan Besar

  • Cocok untuk siapa? Payroll Indonesia by Gadjian dirancang khusus untuk perusahaan besar yang membutuhkan sistem penggajian yang handal dan sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang lengkap, mulai dari perhitungan gaji, pengelolaan pajak, hingga pelaporan BPJS.
  • Kelebihan: Payroll Indonesia by Gadjian memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam bidang penggajian dan perpajakan. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan sistem e-Samsat, sehingga Anda bisa membayar pajak kendaraan karyawan secara langsung.
  • Kekurangan: Harga Payroll Indonesia by Gadjian mungkin tidak tertera secara publik dan perlu dikonsultasikan langsung dengan pihak penyedia. Namun, dengan fitur dan layanan yang ditawarkan, harga tersebut tentunya diterimbangi dengan nilai tambah yang didapatkan perusahaan.

4. Axia Solusi

Axia Solusi adalah aplikasi payroll yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan fitur yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Software ini memproses gaji menggunakan parameter dan aturan yang ditentukan pemakai dan menghasilkan keluaran/laporan untuk manajemen, pegawai, bank, BPJS, kantor pajak dan pihak ketiga yang lain.

Keunggulan Axia Solusi meliputi: Penghitungan payroll yang dapat menyesuaikan dengan regulasi perusahaan, Mendukung penghitungan PPh dan BPJS, Penarikan slip gaji elektronik, Sistem terintegrasi dengan presensi, Kemudahan dalam proses klaim reimbursement dan pengajuan cuti.

Axia Solusi telah digunakan oleh lebih dari 500 perusahaan.

5. GajiHub

GajiHub adalah aplikasi HRIS berbasis cloud yang membantu karyawan dan perusahaan menyederhanakan proses HR mereka.

Aplikasi ini menyediakan sistem manajemen penggajian yang efisien bagi UMKM, dengan fitur-fitur seperti:

  • Menghitung gaji, THR, dan benefit lainnya
  • Penghitungan pajak karyawan dan BPJS
  • Pengelolaan cuti dan izin karyawan
  • Pengelolaan pola kerja
  • Mencatat absensi karyawan
  • Kelola data karyawan lebih mudah
  • Reimbursement
  • Kelola pph 21
  • Kelola bpjs

GajiHub terintegrasi sempurna dengan software akuntansi Kledo.

Dengan integrasi ini, penggajian karyawan otomatis tercatat di Kledo, hutang piutang karyawan dan pembayaran cicilan otomatis tercatat ke software akuntansi Kledo, dan pegawai di GajiHub juga otomatis tercatat sebagai pegawai di Kledo.

GajiHub tersedia di App Store dan Google Play.

6. Talenta

Talenta adalah software payroll dan HRIS berbasis cloud yang dapat membantu perusahaan mengelola sumber daya manusia, baik dalam hal administrasi maupun keuangan.

Talenta memiliki fitur-fitur yang dapat mempermudah proses penggajian, seperti: Pembayaran gaji ke berbagai rekening bank, Pengelolaan administrasi karyawan, Sistem payroll yang terotomatisasi, Integrasi fitur-fitur HRIS lengkap.

Talenta dikembangkan sejak tahun 2014 dan telah memudahkan proses penggajian lebih dari 35.000 bisnis di Indonesia.

Sistem Talenta dikembangkan berdasarkan sertifikasi ISO 27001, sehingga mampu menjamin keamanan seluruh data perusahaan dan karyawan.

Talenta juga memiliki aplikasi mobile app yang dapat digunakan oleh karyawan untuk requesting time off, changing attendance/shift, atau completing their personal data.

Untuk menggunakan aplikasi mobile app, perusahaan harus menjadi Talenta customer dan memiliki Talenta login

7. Catapa

Catapa adalah platform penggajian digital Indonesia yang menawarkan sistem penggajian otomatis untuk meningkatkan efisiensi bisnis perusahaan.

Catapa cocok untuk berbagai skala bisnis dan telah tersertifikasi ISO 27001, sebuah standar internasional dalam sistem keamanan informasi.

Catapa dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membantu Anda mengelola payroll dan berbagai komponennya dengan otomatis.

Catapa juga menyediakan fitur Asisten Analitik GPT, untuk membantu perusahaan dalam analisis data payroll dan data karyawan dengan mudah.

Catapa juga menawarkan program #CATAPAFreeforUMKM yang diperuntukkan untuk UMKM dengan jumlah karyawan maksimal 20 orang.

Pengguna akan mendapatkan akses GRATIS ke CATAPA Basic. Aplikasi ini termasuk solusi penggajian termasuk THR, Bonus.

Catapa juga menawarkan layanan Payroll, Time Management, Reimbursement, Recruitment.

Catapa

8. Gaji.id

Gaji.id adalah aplikasi HR dan payroll yang menyediakan fitur-fitur seperti payroll, absensi, dan lain-lain. Gaji.id juga memiliki fitur History Gaji yang memungkinkan karyawan untuk melihat riwayat gaji mereka.

Fitur ini berguna untuk melacak perubahan dalam komponen gaji, seperti kenaikan gaji, bonus, atau potongan pajak dan potongan lainnya.

Gaji.id juga memiliki fitur E-Plus yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai data, laporan, hingga slip gaji karyawan sebagai data perusahaan.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat template laporan sesuai yang mereka inginkan.

Gaji.id adalah bagian dari PT Sofco Graha yang dinaungi oleh Konimex Group.

PT Sofco Graha telah berdiri sejak 1983 dan telah menghasilkan berbagai produk software ERP, DISTRIBUSI & HRIS yang turut membantu bisnis-bisnis yang ada di Indonesia dalam membangun sistem yang lebih efektif.

9. Forte HRIS

Forte HRIS adalah aplikasi payroll berbasis cloud yang memudahkan pengelolaan sistem penggajian karyawan.

Forte HRIS memiliki fitur cloud yang mengenkripsi data yang diterima sistem, sehingga data menjadi lebih aman dan terstruktur. Forte HRIS juga memudahkan perhitungan Pajak PPh 21 & BPJS.

Forte HRIS dibuat fleksibel untuk mengikuti perkembangan perusahaan dan terupdate dengan Peraturan Ketenagakerjaan dan Pajak PPh 21.

Forte HRIS Mobile Employee Self Service adalah platform mobile Forte HRIS yang membantu karyawan untuk memeriksa dan mendapatkan informasi terkait HR, mengajuan transaksi dengan persetujuan, dan melakukan hal lain.

Untuk menggunakan aplikasi ini, perusahaan Anda harus memiliki subscription aktif untuk Forte HRIS.

10. GreatDay HR

GreatDay HR adalah platform manajemen sumber daya manusia (SDM) yang menyediakan solusi untuk menyederhanakan penghitungan payroll dan pajak, rekam kehadiran, pengajuan cuti, dan reimbursement.

GreatDay HR juga menyediakan Benefits by GreatDay HR, sebuah aplikasi yang membantu karyawan mengelola keuangan mereka.

Benefits by GreatDay HR menyediakan Earned Wage Access (EWA) Program, yang memungkinkan karyawan untuk menarik sebagian gaji pro-rata mereka sebelum tanggal penggajian untuk memenuhi kebutuhan darurat.

Karyawan dapat menggunakan aplikasi untuk membayar tagihan, mengisi e-money, membeli kredit telepon, dan voucher game.

GreatDay HR didirikan pada tahun 1999 dan dipercaya oleh lebih dari 2000 perusahaan.

Memilih Aplikasi Penggajian yang Tepat: Sesuaikan Kebutuhan dan Budget Anda

Memilih aplikasi penggajian yang tepat ibarat memilih baju kerja – harus pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan tergiur dengan fitur-fitur canggih yang tidak Anda perlukan, apalagi jika harganya tidak sesuai dengan budget perusahaan. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi penggajian:

  • Jumlah Karyawan: Untuk bisnis kecil dengan jumlah karyawan sedikit, aplikasi gratis dengan fitur dasar mungkin sudah cukup. Namun, untuk perusahaan besar dengan ratusan karyawan, fitur yang lebih lengkap seperti pengelolaan benefit dan absensi online menjadi kebutuhan penting.
  • Kebutuhan Fitur: Buatlah daftar kebutuhan Anda terlebih dahulu. Apakah Anda membutuhkan fitur pengelolaan pajak dan BPJS? Bagaimana dengan sistem absensi online dan pelacakan jam kerja? Pilih aplikasi yang menawarkan fitur-fitur yang Anda butuhkan saja.
  • Kemudahan Penggunaan: Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki antarmuka yang user-friendly dan mudah digunakan oleh tim HR dan karyawan Anda. Jangan sampai Anda justru repot mempelajari aplikasi baru yang rumit.
  • Budget: Harga aplikasi penggajian bervariasi tergantung pada fitur dan jumlah karyawan yang didukung. Tetapkan budget yang realistis dan bandingkan harga dari beberapa penyedia aplikasi sebelum membuat keputusan.
  • Keamanan Data: Pilih aplikasi yang memiliki sistem keamanan berlapis untuk melindungi data gaji dan personalia karyawan Anda. pastikan penyedia aplikasi memiliki reputasi yang baik dan menerapkan standar keamanan data yang ketat.
  • Layanan Customer Support: Pastikan penyedia aplikasi menawarkan layanan customer support yang handal. Ini penting untuk membantu Anda mengatasi masalah teknis atau menjawab pertanyaan terkait penggunaan aplikasi.

Selain faktor di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan rekomendasi dari rekan bisnis atau mencari review pengguna di internet.

Dengan riset yang baik, Anda bisa menemukan aplikasi penggajian yang tepat untuk membantu Anda mengelola gaji karyawan dan keuangan perusahaan dengan lebih mudah dan efisien.

Fitur-Fitur yang Wajib Dipertimbangkan dalam Aplikasi Penggajian

Tidak semua aplikasi penggajian diciptakan sama.

Beberapa aplikasi menawarkan fitur dasar seperti perhitungan gaji dan absensi, sementara yang lain memiliki fitur yang lebih lengkap seperti pengelolaan pajak, benefit karyawan, dan pelaporan real-time.

Berikut beberapa fitur penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi penggajian:

1. Penggajian Otomatis: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghitung gaji karyawan secara otomatis berdasarkan jam kerja, tunjangan, potongan pajak, dan hal-hal lainnya. Ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga Anda dibandingkan dengan perhitungan manual.

2. Pengelolaan Absensi dan Cuti: Dengan fitur ini, karyawan dapat mengajukan absen dan cuti secara online, dan Anda bisa memantau kehadiran mereka dengan mudah. Beberapa aplikasi juga menawarkan fitur absensi online dengan GPS atau pengenal wajah untuk meningkatkan keakuratan.

3. Slip Gaji Digital: Mengelola slip gaji dalam bentuk fisik bisa memakan banyak waktu dan kertas. Aplikasi penggajian yang baik menyediakan fitur slip gaji digital yang bisa diakses dan disimpan oleh karyawan secara elektronik. Ini lebih ramah lingkungan dan memudahkan karyawan untuk melacak riwayat gaji mereka.

4. Pengelolaan Pajak dan BPJS: Fitur ini sangat penting untuk memastikan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perpajakan dan jaminan sosial. Aplikasi penggajian yang terintegrasi dengan sistem perpajakan online dapat membantu Anda menghitung, melaporkan, dan membayar pajak dengan lebih mudah. Beberapa aplikasi juga dapat membantu pengelolaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan karyawan.

5. Pelaporan Real-time: Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan laporan keuangan dan laporan gaji karyawan secara real-time. Ini memudahkan Anda untuk memantau kondisi keuangan perusahaan dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

6. Integrasi dengan Aplikasi Lain: Beberapa aplikasi penggajian dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti aplikasi akuntansi, CRM, atau platform e-commerce. Ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan tenaga dengan menyinkronkan data di antara berbagai aplikasi.

7. Keamanan Data: Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keamanan data adalah faktor yang sangat penting. Pilih aplikasi penggajian yang memiliki sistem keamanan berlapis untuk melindungi data gaji dan personalia karyawan Anda. Pastikan aplikasi tersebut menerapkan enkripsi data dan memiliki prosedur keamanan yang ketat.

8. Kemudahan Penggunaan: Antarmuka yang user-friendly dan intuitif sangat penting agar tim HR dan karyawan Anda dapat menggunakan aplikasi dengan mudah. Beberapa aplikasi menawarkan fitur tutorial atau layanan onboarding untuk membantu pengguna memahami fitur-fitur aplikasi.

9. Layanan Customer Support: Layanan customer support yang responsif dan berkompeten sangat penting untuk membantu Anda mengatasi masalah teknis atau menjawab pertanyaan terkait penggunaan aplikasi. Pilih penyedia aplikasi yang menawarkan berbagai saluran customer support, seperti live chat, email, dan telepon.

10. Skalabilitas: Jika Anda berencana untuk menambah jumlah karyawan di masa depan, pastikan aplikasi yang Anda pilih dapat diskalakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi menawarkan paket berbeda dengan jumlah pengguna yang dapat disesuaikan.

Dengan mempertimbangkan fitur-fitur di atas, Anda dapat memilih aplikasi penggajian yang tepat untuk membantu Anda mengelola gaji karyawan dan keuangan perusahaan secara lebih mudah dan efisien.

Mitos dan Fakta Seputar Aplikasi Penggajian

Di era digital ini, masih banyak mitos yang beredar seputar penggunaan aplikasi penggajian. Yuk kita kupas mitos-mitos tersebut dan lihat fakta sebenarnya!

Mitos 1: Aplikasi Penggajian Terlalu Mahal untuk Bisnis Kecil

Fakta: Tidak semua aplikasi penggajian mahal. Banyak aplikasi yang menawarkan paket gratis atau harga terjangkau untuk bisnis kecil dengan jumlah karyawan yang sedikit.

Aplikasi seperti GajiKita, misalnya, cocok untuk startup atau bisnis rintisan yang baru memulai.

Aplikasi Penggajian Terlalu Mahal untuk Bisnis Kecil

Mitos 2: Menggunakan Aplikasi Penggajian Membuat Karyawan Kehilangan Pekerjaan

Fakta: Justru sebaliknya! Aplikasi penggajian dapat membantu tim HR Anda bekerja lebih efisien dan produktif.

Dengan mengotomatiskan tugas-tugas administratif seperti perhitungan gaji dan pengelolaan absensi, HR bisa mengalokasikan waktunya untuk tugas-tugas yang lebih strategis, seperti pengembangan SDM atau talent acquisition.

Mitos 3: Aplikasi Penggajian Sulit Digunakan dan Membingungkan

Fakta: Aplikasi penggajian modern dirancang dengan antarmuka yang user-friendly dan intuitif. Banyak aplikasi juga menawarkan fitur tutorial atau layanan onboarding untuk membantu pengguna memahami fitur-fitur aplikasi.

Selain itu, beberapa penyedia aplikasi juga menyediakan layanan customer support yang siap membantu Anda mengatasi masalah teknis.

Mitos 4: Aplikasi Penggajian Kurang Aman dan Rentan terhadap Kebocoran Data

Fakta: Penyedia aplikasi penggajian yang terpercaya menerapkan sistem keamanan berlapis untuk melindungi data gaji dan personalia karyawan Anda.

Mereka menggunakan enkripsi data dan memiliki prosedur keamanan yang ketat untuk mencegah kebocoran data. Pastikan Anda memilih aplikasi dari penyedia yang memiliki reputasi baik dan mematuhi standar keamanan data yang berlaku.

Mitos 5: Aplikasi Penggajian Tidak Perlu Diupdate

Fakta: Dunia teknologi terus berkembang, begitu juga dengan aplikasi penggajian.

Penyedia aplikasi biasanya melakukan update secara berkala untuk menambahkan fitur baru, memperbaiki bug, dan meningkatkan keamanan aplikasi.

Pastikan Anda selalu melakukan update aplikasi secara teratur agar dapat menikmati fitur terbaru dan perlindungan keamanan yang optimal.

Dengan memahami mitos dan fakta seputar aplikasi penggajian, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan mulai mengelola gaji karyawan serta keuangan perusahaan secara lebih efisien dan aman.

Intinya, mengelola gaji karyawan dan keuangan perusahaan bukan lagi pekerjaan yang rumit dan memusingkan.

Dengan bantuan aplikasi penggajian yang tepat, Anda dapat mengatasi berbagai tantangan dan menikmati banyak keuntungan. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, dan rasakan perbedaannya!

1. Apa saja manfaat menggunakan aplikasi penggajian?

Berikut beberapa manfaat utama menggunakan aplikasi penggajian:
Efisiensi Waktu dan Biaya: Menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola gaji karyawan, absensi, dan keuangan perusahaan.
Akurasi Data: Meminimalkan kesalahan perhitungan gaji dan laporan keuangan.
Keamanan Data: Melindungi data gaji dan personalia karyawan dengan sistem keamanan berlapis.
Kemudahan Akses: Memungkinkan akses data gaji dan laporan keuangan kapan saja dan di mana saja.
Mempermudah Kepatuhan Pajak: Membantu Anda melaporkan dan membayar pajak dengan lebih mudah.

2. Bagaimana cara memilih aplikasi penggajian yang tepat?

Pertimbangkan beberapa faktor berikut saat memilih aplikasi penggajian:
Jumlah Karyawan: Pilih aplikasi yang sesuai dengan jumlah karyawan Anda.
Kebutuhan Fitur: Pilih aplikasi yang menawarkan fitur-fitur yang Anda butuhkan.
Kemudahan Penggunaan: Pilih aplikasi dengan antarmuka yang user-friendly dan intuitif.
Budget: Tetapkan budget yang realistis dan bandingkan harga dari beberapa penyedia aplikasi.
Keamanan Data: Pilih aplikasi yang memiliki sistem keamanan berlapis dan menerapkan standar keamanan data yang ketat.
Layanan Customer Support: Pilih penyedia aplikasi yang menawarkan layanan customer support yang handal.

3. Apakah ada aplikasi penggajian yang gratis?

Ya, ada beberapa aplikasi penggajian yang menawarkan paket gratis dengan fitur dasar. Aplikasi seperti GajiKita dan Talenta Payroll cocok untuk startup atau bisnis kecil yang baru memulai.

4. Apakah aplikasi penggajian aman digunakan?

Aplikasi penggajian yang terpercaya menerapkan sistem keamanan berlapis untuk melindungi data gaji dan personalia karyawan Anda. Mereka menggunakan enkripsi data dan memiliki prosedur keamanan yang ketat untuk mencegah kebocoran data. Pastikan Anda memilih aplikasi dari penyedia yang memiliki reputasi baik dan mematuhi standar keamanan data yang berlaku.

5. Bagaimana cara menggunakan aplikasi penggajian?

Setiap aplikasi penggajian memiliki antarmuka dan fitur yang berbeda. Namun, secara umum, Anda perlu membuat akun dan menambahkan data karyawan Anda. Setelah itu, Anda dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia seperti perhitungan gaji, pengelolaan absensi, dan pelaporan keuangan. Beberapa aplikasi juga menawarkan fitur tutorial atau layanan onboarding untuk membantu pengguna memahami fitur-fitur aplikasi.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like