Cara Jualan di TikTok Affiliate untuk Dapat Komisi (2023)

Sebagai salah satu platform sosial paling populer, TikTok sangat diminati oleh banyak influencer dan pemasar.

Namun, pemasaran afiliasi TikTok bisa sangat berbeda dengan melakukan promosi di jejaring sosial lainnya karena target audiens platform dan adanya fitur unik yang ada di TikTok.

Untuk itu, jika Anda ingin menghasilkan uang dari social media, maka TikTok ini lah bisa Anda jadikan sebagai sumber cuan Anda.

Karena artikel ini akan memberikan informasi mengenai tentang cara jualan di TikTok Affiliate, cara daftar TikTok Affiliate, dan strategi promosinya.

Akan tetapi, sebelumnya Anda harus memahami mengenai Affiliate marketing. Menurut sumber big commerce, bahwa Affiliate marketing adalah cara yang bagus untuk mendorong penjualan dan menghasilkan pendapatan online yang signifikan.

Selain itu bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran di mana merek menawarkan komisi kepada individu yang mempromosikan dan menjual produk mereka dengan sukses.

Sangat bermanfaat bagi merek dan pemasar afiliasi, dorongan baru menuju strategi pemasaran yang kurang tradisional pasti terbayar.

Faktanya, pengeluaran Affiliate marketing di Amerika Serikat meningkat dari $5,4 miliar pada tahun 2017 menjadi $8,2 miliar pada tahun 2022, yang berarti ada banyak ruang bagi mereka yang ingin mendapatkan sepotong kue.

Penasaran seperti apa cara jualan di TikTok mulai dari proses pendaftaran, hingga strategi promosinya. Yuk simak!

Apa itu TikTok Affiliate?

Bersiaplah untuk memanfaatkan tren terbaru dalam social media marketing dengan TikTok Affiliate.

Tapi apa sebenarnya TikTok Affiliate itu? Sederhananya, Afiliasi TikTok adalah program yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk di aplikasi video pendek yang populer.

Jika Anda mencari cara baru untuk menghasilkan uang secara online, Afiliasi TikTok mungkin adalah jawaban yang Anda cari.

Dengan bermitra dengan merek dan bisnis, Anda bisa membuat konten bersponsor yang memamerkan produk dan mendorong pengikut Anda untuk melakukan pembelian.

Dan dengan basis pengguna TikTok yang sangat besar, potensi untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi sangatlah besar.

Tetapi bagaimana cara menjadi Afiliasi TikTok?

Sebenarnya cukup sederhana. Pertama, Anda harus memiliki akun TikTok dengan banyak pengikut. Kemudian, Anda dapat mendaftar untuk bergabung dengan program afiliasi melalui Dana Kreator TikTok.

Setelah Anda diterima, Anda akan memiliki akses ke berbagai produk dan alat untuk membantu Anda membuat konten menarik yang mendorong penjualan.

Tentu saja, seperti strategi pemasaran lainnya, TikTok Affiliate ini membutuhkan usaha dari Anda. Anda harus membuat video berkualitas tinggi yang menarik perhatian audiens dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Tetapi dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat membangun pengikut setia yang mempercayai rekomendasi Anda dan sangat ingin mendukung konten bersponsor Anda.

Jadi, mengapa TikTok Affiliate menjadi hal besar berikutnya dalam pemasaran media sosial? Sebagai permulaan, ini adalah platform yang sangat menarik yang sempurna untuk menarik perhatian audiens yang lebih muda.

Dengan video berdurasi pendek dan nada ceria, TikTok menawarkan peluang unik untuk memamerkan produk dengan cara yang terasa menyenangkan dan otentik.

Nah, dengan maraknya pemasaran influencer, bermitra dengan Afiliasi TikTok adalah cara yang hemat biaya bagi merek untuk menjangkau audiens target mereka.

Tetapi mungkin keuntungan terbesar dari Afiliasi TikTok adalah potensinya untuk sukses secara viral. Dengan produk yang tepat dan pendekatan kreatif, konten bersponsor Anda dapat menjadi viral dan menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia.

Seperti yang kita semua tahu, tidak ada yang bisa menandingi kekuatan pemasaran viral untuk mendorong penjualan dan meningkatkan kesadaran merek.

Jadi, tunggu apa lagi? Jika Anda siap untuk meningkatkan pemasaran media sosial Anda ke level selanjutnya, TikTok Affiliate adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Dengan basis pengguna yang sangat besar, konten yang menarik, dan potensi kesuksesan viral, TikTok dengan cepat menjadi salah satu tren terpanas dalam pemasaran online.

Jadi, bergabunglah sekarang dan mulailah memanfaatkan revolusi Afiliasi TikTok!

Apa itu TikTok Affiliate

Bagaimana Cara Jualan di Tiktok Affiliate?

Proses affiliate marketing di TikTok mirip dengan platform media sosial lainnya. Akan tetapi,TikTok disini termasuk platform populer bagi pemasar afiliasi untuk menjalankan bisnis.

Nah, ada empat pihak dalam setiap transaksi afiliasi yaitu:

  • Pencipta Produk (atau Pedagang),kebanyakan perusahaan ini menyediakan produk untuk dijual dan memutuskan untuk menggunakan model penjualan affiliate marketing. Nah, perusahaan dapat memilih menggunakan pemasaran afiliasi untuk menjual produk mereka, baik sebagai produsen atau pengecer.
  • Jaringan Afiliasi (opsional), beberapa pembuat produk memilih untuk menggunakan jaringan afiliasi sebagai perantara daripada berurusan dengan pemasar afiliasi secara langsung. Jaringan ini mengumpulkan berbagai produk dari berbagai kreator dan menangani interaksi harian dengan pemasar afiliasi.
  • Pemasar Afiliasi, seseorang yang membuat perjanjian langsung dengan pembuat produk atau jaringan afiliasi, maka harus mempromosikan produk mereka kepada audiens, pengikut, atau koneksi online mereka.
  • Konsumen, seseorang yang pada akhirnya akan membeli produk afiliasi. Dalam kasus pemasaran afiliasi TikTok ini, konsumen cenderung menjadi penonton video pemasar afiliasi.

Untuk melacak aktivitas pemasaran afiliasi di TikTok, kode unik disediakan oleh pembuat produk atau jaringan afiliasi untuk setiap pemasar afiliasi. Kode ini dapat dirujuk di video TikTok pemasar atau disertakan dalam tautan di halaman profil mereka.

Cara Memulai Pemasaran Afiliasi di TikTok

Dengan meningkatkan ke akun bisnis, pengguna mendapatkan akses ke fitur periklanan dan analisis platform, serta kemampuan untuk membagikan tautan yang dapat diklik.

Untuk mengonversi ke akun bisnis, buka bagian “Profil” yang terletak di bagian bawah layar, lanjutkan ke “Pengaturan dan Privasi”, pilih “Kelola Akun”, lalu ketuk “Beralih ke Akun Bisnis”.

Untuk menambahkan tautan yang dapat diklik ke bio profil Anda, cukup buka “Edit Profil” dan masukkan tautan Anda di bawah kategori “Situs Web”. Fitur ini tersedia untuk akun bisnis.

Untuk memastikan pengunjung tidak melewatkan video Anda, pertimbangkan untuk menambahkan “Tautan di Bio” atau tagar #LinkInBio ke deskripsi.

Untuk mempromosikan beberapa tautan, seseorang dapat mengganti tautan di bio mereka untuk setiap kampanye atau mengarahkan traffic ke jejaring sosial lain untuk membagikan tautan afiliasi.

Di bagian “Profil”, ketuk “Edit Profil” dan hubungkan akun Instagram dan/atau YouTube Anda.

Selanjutnya Anda bisa mengirim traffic ke halaman arahan atau blog. Anda juga dapat membagikan tautan afiliasi ke halaman web lain dan mengundang pengikut TikTok Anda untuk memeriksanya.

Alat seperti Linktree akan membantu Anda membuat halaman tempat Anda dapat membagikan semua tautan Anda.

Terakhir Anda bisa mempromosikan kode diskon. Selain tautan, Anda dapat membagikan kode diskon di bagian video atau deskripsi Anda.

Jika merek yang Anda promosikan menawarkan kode diskon, pastikan untuk memeriksa sumber lalu lintas yang diizinkan, karena tidak semua pengiklan menerima lalu lintas sosial.

Cara Memulai Pemasaran Afiliasi di TikTok

Cara Memanfaatkan Lalu Lintas Organik

Bagaimana Anda bisa menggunakan konten organik untuk melakukan pemasaran afiliasi di TikTok?

Bahwasannya, TikTok ini memiliki potensi untuk meningkatkan traffic ke konten afiliasi di media sosial dan situs web.

Kemudian, tidak semua akun TikTok dapat menggunakan tautan afiliasi di bio atau video. Hal ini terdapat cara lain agar Anda mendapatkan traffic organik, berikut caranya:

  • Tambahkan tautan YouTube dan Instagram ke profil Anda dan dorong pengikut Anda untuk mengikuti Anda di media sosial lain yang memungkinkan penempatan tautan afiliasi.
  • Cara lain adalah dengan menggunakan kode promo di video Anda.
  • Beralih ke akun Bisnis untuk menambahkan URL ke bio Anda.
  • Anda juga dapat menambahkan URL yang tidak dapat diklik ke deskripsi konten Anda.

Penting juga untuk diingat bahwa jangkauan organik adalah salah satu faktor terpenting yang menentukan keberhasilan kampanye afiliasi Anda di TikTok.

Ini karena memungkinkan Anda untuk membangun hubungan jangka panjang dengan audiens Anda dan meningkatkan kesadaran dan keterlibatan merek.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan jangkauan organik Anda di TikTok:

  • Posting secara konsisten dan sering karena algoritme aplikasi menyukainya. Untungnya, Anda dapat melakukannya dengan mudah berkat fitur pengeditan lanjutan platform ini.
  • Buat konten menarik terbaik yang mungkin bermanfaat atau menghibur audiens Anda.
  • Berinteraksi dengan konten yang relevan dengan niche Anda. Menautkan dan mengomentari video yang terkait dengan niche Anda dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak orang dan menarik lebih banyak perhatian ke konten Anda.
  • Undang audiens Anda dari media sosial lain untuk mengikuti Anda di TikTok.
  • Buat magnet utama yang berguna untuk menangkap alamat email dan meningkatkan daftar pelanggan Anda.
  • Cari tahu apa yang sedang tren di TikTok dan manfaatkan tren tersebut.
  • Gunakan tagar yang relevan untuk membantu orang menemukan konten Anda.
  • Mulai tren atau tantangan Anda sendiri dan undang orang untuk bergabung.
  • Bekerja sama dengan influencer lain.

Syarat daftar TikTok Affiliate

Agar dapat mengikuti program afiliasi, kreator atau seller TikTok harus memenuhi persyaratan khusus, termasuk memverifikasi data mereka untuk memastikan komisi dapat diperoleh.

1. Membuat Akun TikTok Shop

Untuk menggunakan TikTok shop, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat akun. Fitur yang dimiliki oleh TikTok ini menyediakan opsi pembelian, pembayaran, dan promosi untuk menjual produk.

Bahwasannya, menggunakan TikTok sebagai media penjualan diperlukan untuk mendaftar ke program afiliasi, bahkan jika Anda tidak menjual produk Anda sendiri.

Membuat akun TikTok Shop

2. Memiliki rekening yang valid

Untuk menerima komisi dari afiliasi, Anda harus memberikan nomor akun yang valid atas nama Anda saat pendaftaran. Harap pastikan bahwa informasi akun yang Anda berikan akurat.

3. Syarat tambahan

Terkadang, perusahaan dapat mempertimbangkan jumlah pengikut kreator, meskipun itu bukan persyaratan wajib.

Biasanya, afiliasi TikTok mengharuskan kreator memiliki minimal 1.000 pengikut, tetapi disarankan untuk mengonfirmasi dengan seller karena persyaratan mereka mungkin berbeda.

Langkah-Langkah Bagi Kreator untuk Mendaftar Sebagai Afiliasi TikTok Shop

Untuk menjadi Afiliasi TikTok, Anda harus menyelesaikan proses pendaftaran setelah memenuhi persyaratan.

Dengan mempromosikan konten di akun TikTok, Anda bisa mendapatkan komisi. Nah, berikut cara mendaftar menjadi Afiliasi TikTok untuk kreator:

  1. Untuk mengakses halamanakun seller di TikTok, Anda harus membuka seller-id.tiktok.com/account/welcome di browser Anda.
  2. Untuk mengakses platform, silakan gunakan akun kreator TikTok Anda untuk mendaftar atau masuk.
  3. Harap tinjau dan setujui syarat dan ketentuan yang terkait dengan TikTok Shop.
  4. Untuk memberikan persetujuan, silakan klik tombol “Authorized”.
  5. Mohon berikan semua informasi yang diperlukan, termasuk alamat email, nomor telepon, dan alamat email.
  6. Mohon verifikasi pernyataan akhir pada halaman informasi dasar.
  7. Silakan verifikasi informasi kartu identitas Anda, ambil swafoto dengan kartu identitas Anda, dan masukkan data yang diperlukan.
  8. Setelah mengklik tombol simpan, harap bersabar karena TikTok akan mengirimi Anda email untuk mengonfirmasi pendaftaran Anda.
  9. Untuk mengakses pengaturan dan opsi privasi, pastikan Anda telah menerima bukti pendaftaran.
  10. Silakan buka TikTok Shop.
  11. Sertakan item yang dapat digunakan sebagai produk afiliasi.
  12. Pilih produk menggunakan link dari TikTok Shop
  13. Periksa komisi yang mungkin diberikan untuk mendukung produk pilihan Anda.

Langkah-Langkah Bagi Seller untuk Mendaftar Sebagai Afiliasi TikTok Shop

Penjual dapat mengatur komisi mereka dan menyesuaikan pengaturan mereka melalui menu Pusat Penjual TikTok Shop di aplikasi. Hal ini dapat memberikan insentif kepada kreator untuk mempromosikan dan menjual produk dari para penjual ini.

  1. Untuk mengakses akun TikTok Anda, kunjungi halaman seller-id.tiktok.com dan masuk.
  2. Akses situs web Afiliasi TikTok Shop dengan cara masuk.
  3. Untuk mengakses program toko, Anda harus memilih menu program, lalu program toko.
  4. Pilih jenis komisi yang ingin Anda tawarkan kepada kreator.
  5. Anda bisa menentukan presentase komisi yang akan diberikan
  6. Untuk mengonfirmasi pembukaan peluang afiliasi toko Anda, silakan klik tombol Kirim.
  7. Untuk menghentikan program afiliasi, pilih opsi untuk menghentikannya.

Setelah penjual menyetujui permintaan, pembuat konten atau Afiliasi Tiktok dapat mulai membuat konten yang menampilkan produk yang akan dipromosikan.

Nah, jika Anda ingin menghasilkan jumlah penonton yang tinggi dan mendorong pembelian produk melalui tautan afiliasi yang dibagikan, maka Anda membutuhkan konten promosi yang efektif.

Komisi akan dibayarkan oleh penjual hanya jika pembelian berhasil melalui keranjang pemilik Afiliasi TikTok.

Kemudian, metode promosi ini sesuai dengan kebijaksanaan dari Anda sendiri. Karena, yang mengenal target audiensnya adalah Anda. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan kreativitas.

Ada dua metode untuk membagikan tautan afiliasi yaitu menyalin teks atau menyematkannya dalam gambar atau video.

Program ini mengakomodasi berbagai metode promosi, dan banyak afiliasi yang berhasil membagikan tautan mereka di platform populer seperti TikTok, YouTube, Instagram, Facebook, dan Twitter.

Cara Membagikan Link TikTok Affiliate

Penghasilan Affiliate TikTok

Afiliasi TikTok biasanya menerima komisi mulai dari 5-10 persen berdasarkan total penjualan setiap produk.

Penentuan pendapatan bulanan tergantung pada keberhasilan transaksi penjualan.Komisi Afiliasi TikTok hanya akan cair setelah pembeli menerima barang yang dipesan tanpa ada komplain.

Nah, untuk menarik komisi, diperlukan saldo minimum Rp100.000.

Untuk memeriksa komisi Anda di TikTok, ikuti langkah-langkah berikut: Buka menu profil Anda. Klik fitur TikTok Shop atau ikon keranjang. Dari sana, pilih menu Komisi untuk melihat penghasilan Anda.

Bagaimana Cara Menerima Pembayaran untuk Program Afiliasi TikTok?

Karena TikTok terus mendominasi kancah media sosial, semakin banyak orang yang ingin mendapatkan uang dari kesuksesan platform ini.

Jika Anda salah satu dari orang-orang itu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa menerima pembayaran untuk program afiliasi TikTok Anda. Untungnya, ada beberapa cara berbeda untuk mendapatkan bayaran dari konten yang Anda buat.

Pertama, penting untuk memahami bahwa program afiliasi TikTok beroperasi dengan model biaya per tindakan (CPA). Artinya, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang mengklik tautan afiliasi Anda.

Tindakan ini dapat mencakup melakukan pembelian, mendaftar ke layanan, atau bahkan hanya memasukkan alamat email mereka.

Untuk mulai menghasilkan uang melalui program afiliasi TikTok, Anda harus mendaftar ke jaringan afiliasi yang bekerja dengan platform ini.

Setelah mendaftar ke jaringan afiliasi, Anda akan dapat membuat tautan afiliasi khusus yang dapat Anda gunakan di video TikTok Anda.

Saat membuat video TikTok, penting untuk membuat audiens Anda tetap terlibat dan tertarik. Ini berarti membuat konten yang menghibur dan informatif, serta sesuai dengan minat dan kebutuhan pengikut Anda.

Dengan membangun pengikut setia di TikTok, Anda akan dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke tautan afiliasi Anda dan mendapatkan lebih banyak komisi.

Salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan pada video TikTok Anda adalah dengan menggunakan tagar. Tagar membantu konten Anda ditemukan oleh orang-orang yang tertarik dengan topik yang sama dengan Anda.

Dengan menggunakan tagar yang ditargetkan di video Anda, Anda akan dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan mendorong lebih banyak klik ke tautan afiliasi Anda.

Cara lain untuk meningkatkan keterlibatan di TikTok adalah berkolaborasi dengan kreator lain. Dengan bekerja sama dengan influencer di niche Anda, Anda akan dapat memanfaatkan audiens mereka dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke tautan afiliasi Anda.

Anda juga dapat berpartisipasi dalam tantangan dan tren TikTok untuk meningkatkan visibilitas Anda di platform dan terhubung dengan kreator lain.

Dalam hal mendapatkan bayaran untuk program afiliasi TikTok Anda, ada beberapa opsi pembayaran berbeda yang tersedia. Beberapa jaringan afiliasi membayar komisi misalnya, melalui PayPal atau media lainnya.

Kemudian, konversi berbayar secara real-time ini bisa dilacak dan dapat dilihat di akun Penayang Anda.

Dengan memantau kinerja Anda, Anda dapat meninjau komisi yang diperoleh dari transaksi yang dilakukan melalui tautan afiliasi Anda.

Tindakan yang dapat dikomisikan dikunci 15 hari setelah hari pelacakan, dan disetujui 15 hari setelah dikunci untuk memastikan pembayaran yang cepat bagi mitra TikTok.

Nah, penting untuk membaca syarat dan ketentuan setiap jaringan afiliasi untuk memahami kebijakan dan ambang batas pembayaran mereka.

Kesimpulannya, program afiliasi TikTok menawarkan peluang unik untuk menghasilkan uang melalui media sosial.

Dengan membuat konten yang menarik, menggunakan tagar, berkolaborasi dengan kreator lain, dan mendaftar ke jaringan afiliasi, Anda bisa mulai mendapatkan komisi untuk video TikTok Anda.

Dengan sedikit kerja keras dan dedikasi, Anda bisa mendapatkan penghasilan penuh waktu melalui program afiliasi TikTok.

Bagaimana Cara Menerima Pembayaran untuk Program Afiliasi TikTok

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai cara jualan di TikTok Affiliate. Dengan menggunakan TikTok ini, Anda akan mendapatkan untung yang besar.

 

 

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like