Ada beberapa cara dalam strategi promosi produk bisnis Anda secara efektif. Tujuan strategi ini untuk menjangkau audiens secara maksimal dan mendapatkan keuntungan yang besar.
Nah, adapun cara yang efektif bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka yaitu melalui endorsement.
Dilansir dari katadata, bahwa Istilah endorse atau endorsement berasal dari bahasa inggris yang artinya membuat persetujuan atau dukungan.
Selain itu juga endorse diartikan sebagai suatu produk yang ditampilkan dalam sebuah iklan dan populer di kalangan konsumen.
Umumnya endorsement dilakukan untuk menjalin hubungan atau kemitraan antara brand dengan artis atau tokoh yang berpengaruh dan dijadikan sebagai ajang promosi.
Saat ini ada banyak selebgram dan influencer yang bisa Anda ajak kerja sama. Selebgram atau influencer ini adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens dengan luas melalui media sosial yang dimilikinya.
Selebriti dan influencer sering memanfaatkan peluang yang tersedia bagi mereka dengan menyediakan layanan untuk mempromosikan brand-brand orang lain.
Sering kali kita mengenal istilah “mempromosikan” diganti dengan “meng-endorse“. Namun, apa yang dimaksud dengan endorse, dan apa manfaat layanan endorse untuk bisnis ini, serta bagaimana cara menggunakan jasa endorse selebgram ini?
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai endorse selebgram ini, simak artikel di bawah ini :
Di zaman modern ini, kita sering melihat orang-orang terkenal mempromosikan brand-brand tertentu. Banyak selebriti yang memiliki kesepakatan untuk tampil di iklan TV atau di media cetak seperti koran dan majalah.
Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial dan layanan streaming ini sangat berpengaruh dalam konsumsi media.
Sehingga, sekarang sudah banyak selebriti yang mempromosikan produk atau layanan di berbagai media digital seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube.
Selama lima tahun terakhir, kolaborasi brand dengan selebriti semakin berkembang karena banyak selebriti yang terlibat dalam Ekonomi Kreator.
Kemudian, istilah endorsement atau endorse ini menjadi populer dan dikenal sebagai pemasaran di media sosial.
Dalam bahasa inggris endorse ini berarti mendukung atau menyetujui. Pada akhirnya endorse ini adalah tindakan untuk mendukung sesuatu.
Lalu, apa itu endorsement secara lebih jelas?
Menurut economic times, endorsement atau endorse adalah bentuk promosi yang digunakan oleh orang-orang terkenal yang memiliki rasa hormat dan kepercayaan dari banyak orang.
Di dunia media sosial saat ini, tokoh publik atau selebriti mudah untuk menjadi populer. Karena, selebgram atau tokoh publik dianggap terkenal ketika memiliki jumlah pengikut yang ribuan atau jutaan.
Kemudian jenis pemasaran endorse ini dapat diselesaikan melalui sistem berbayar atau tidak berbayar, tergantung perjanjian yang telah dibuat.
Pada strategi pemasaran endorse ini sebenarnya sangat membantu Anda dalam bisnis karena bisa menciptakan brand awareness, meningkatkan penjualan, dan memperluas pasar brand Anda.
Ketika selebgram menyukai atau mendukung produk yang diiklankan, maka hal ini bisa mempengaruhi calon konsumen untuk membeli barang atau jasa tersebut.
Perlu diketahui endorsement menjadi populer di Indonesia sejak boomingnya platform media sosial, khususnya Instagram. Strategi endorse ini berhasil mempromosikan barang atau jasa yang berkaitan dengan gaya hidup.
Karena kebanyakan selebgram yang memiliki banyak pengikut (follower) akan dijadikan panutan atau akan meniru sikap dan perilaku mereka. Selain itu, beriklan menggunakan endorse selebgram lebih efektif karena jauh lebih terukur hasilnya.
Misalnya, ketika meng-endorse produk makeup, maka selebgram yang cocok adalah selebriti wanita dengan pengikutnya sebagian besar wanita.
Nah, adanya pengertian ini kita bisa mengetahui bahwa tujuan endorsement sendiri untuk memberikan nilai-nilai yang dimiliki oleh selebriti kepada brand secara efektif dan bisa mempengaruhi konsumen hingga melakukan pembelian.
Lalu, apakah endorse selebgram ini bisa menguntungkan ? ya tentu saja, itulah sebabnya perusahaan bekerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk dan layanan mereka.
Harvard Business School mengatakan, bahwa rata-rata endorse bisa menghasilkan peningkatan penjualan sebesar 4% yang setara dengan sekitar $10 juta per tahun dan hampir 0,25% pengembalian saham meningkat hampir 0,25%.
Kemudian, apa keuntungan yang diperoleh brand dari mempekerjakan selebriti dalam kampanye influencer marketing?
Nah keuntungannya yaitu ketenaran dan kegembiraan yang dihasilkan oleh selebriti dapat ditransfer ke brand yang mereka promosikan.
Demikian pula, selebriti yang bermitra dengan suatu brand akan memahami bahwa mereka dapat menggunakan ketenaran mereka untuk mempromosikan produknya.
Membangun hubungan yang kuat antara brand dan selebriti adalah kunci keberhasilan merek yang bisa mengangkat brand di pasar.
Mempromosikan produk melalui endorsement adalah teknik pemasaran online yang sukses untuk meningkatkan penjualan.
Kebanyakan pemilik toko online beralih ke endorse selebgram untuk memasarkan produk mereka agar bisa lebih cepat dan meningkatkan penjualan.
Saat bermitra dengan selebriti atau kreator, Anda harus mempertimbangkan jangkauan dan keterlibatan audiens mereka untuk tujuan pemasaran Anda.
Jika semakin besar namanya, maka dapat membantu Anda untuk mencapai brand awareness, sedangkan audiens yang lebih kecil akan lebih terlibat dan mendapatkan hasil konversi yang lebih baik.
Namun, ada beberapa keuntungan endorsement lainnya yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik bisnis online yaitu :
Endorse selebgram adalah cara yang menguntungkan karena dapat mengekspos produk Anda ke audiens yang lebih besar. Kemudian dengan mendapatkan dukungan dari selebriti, Anda bisa mendapatkan visibilitas yang lebih besar untuk produk Anda.
Ketika seorang selebriti mempromosikan produk melalui akun mereka, maka mereka cenderung mendapatkan followers, like, dan orderan.
Dibandingkan dengan mempromosikan produk melalui televisi atau media cetak lainnya, strategi endorse selebgram ini membantu dalam memasarkan produk Anda dan lebih ekonomis.
Anda hanya perlu menemukan selebriti yang selaras dengan produk Anda dan memiliki daya jual.
Karena menurut data, bahwa biaya tarif di media televisi semakin tinggi rating program TV, semakin mahal biayanya. Jenis acara juga mempengaruhi besaran tarif iklan TV.
Saat postingan Anda dilihat oleh followers selebgram, maka dapat menciptakan peluang bagus bagi mereka untuk mengetahui produk Anda.
Karena tokoh publik sering memengaruhi pengikut mereka. Bermitra dengan mereka bisa menghasilkan peningkatan penjualan untuk bisnis Anda.
Sudah menjadi hal yang umum bagi selebriti untuk memiliki manajer atau agensi untuk membantu mengelola hubungan antara brand dan selebriti.
Tugas Anda sebagai pemasar yaitu menciptakan hubungan yang kuat dengan manajer selebriti agar dapat memastikan bahwa klien mereka mendapatkan kesepakatan terbaik.
Selebriti sendiri telah menyediakan informasi kontak manager yang dapat dilihat oleh publik melalui situs web resmi mereka.
Menjadi manager selebriti adalah tugas yang berat, karena mereka harus memilah-milah permintaan endorse dan mengatur jadwal klien mereka mulai dari pekerjaan sehari-hari selebriti dan endorsement.
Umumnya manager atau agensi diberi komisi yang besarnya antara 10-20% dari apa yang diperoleh klien mereka seperti endorsement. Hal ini adalah prosedur standar dan akan mencakup biaya endorser selebriti Anda.
Oleh karena itu, mulailah penjangkauan Anda dengan email secara profesional seperti perkenalan diri Anda, jenis brand, jenis kesepakatan yang Anda cari. Jika tidak ada balasan dalam beberapa hari kerja, kirimkan kembali.
Ketika Anda mendekati selebriti untuk mendukung produk Anda, bersikaplah ramah dan singkat untuk melakukan komunikasi dengan agen mereka. Lakukan kesepakatan negoisasi sebelum menyetujui perjanjian yang akan dibuat.
Setelah memahami keuntungan dari endorsement dan apa yang harus diperhitungkan, kita akan membahas proses kegiatan ini. Umumnya, setiap selebriti memiliki prosedur endorsement yang berbeda.
Prosedur yang dimaksud ini adalah rate card, saluran media, jenis konten yang dibagikan, jumlah konten yang diunggah, hingga cara penyampaian konten. Nah, berikut ini hal yang perlu Anda ketahui untuk meminta endorse yang baik dan benar :
Jika selebgram tidak memposting konten yang diminta dalam jangka waktu yang diberikan, maka Anda dapat meminta pengembalian dana dan produk yang dikirimkan.
Selain itu, terdapat langkah-langkah cara meng-endorse selebgram yang perlu Anda pahami :
Saat memulai bisnis online, tahan pengeluaran untuk melakukan promosi. Karena biayanya lumayan untuk endorsement, khususnya jika Anda memilih untuk bekerja sama dengan selebriti, maka biayanya bisa mencapai jutaan rupiah.
Nah, saat awal bisnis Anda dimulai, Anda bisa mencoba dengan menaikan followers secara gratis atau Instagram Ads terlebih dahulu. Meskipun mengeluarkan uang tetapi bisa dicoba karena budget yang dikeluarkan tidak terlalu banyak atau biayanya murah.
Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memisahkan dana dalam bisnis, mulai dari menentukan berapa banyak yang masuk ke dalam produksi, dana pemasaran, dan keuntungan yang diperoleh.
Namun, untuk pemisahan dana ini bisa Anda lakukan setelah bisnis Anda telah mencapai tingkat profitabilitas yang stabil.
Memilih selebriti harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan terpikat oleh seseorang dengan banyak pengikut hanya karena mereka mengklaim sebagai influencer.
Oleh karena itu Anda perlu meluangkan waktu untuk mencari siapa selebritis yang sesuai dengan target bisnis.
Mulailah dengan memastikan keaslian followers selebriti tersebut dengan cara menganalis antara jumlah followers yang dimiliki dengan jumlah suka pada postingan di akun selebriti.
Selanjutnya, Anda bisa mengevaluasi kualitas konten yang diposting untuk menentukan nilainya.
Pastikan bahwa Anda memiliki persediaan produk endorse yang memadai. Hal ini diperlukan karena konsumen sering menginginkan apa yang dikenakan idola mereka.
Setelah Anda mengidentifikasi selebriti yang ingin Anda endorse, Anda bisa menghubungi atau contact person manager dari selebriti. Setelah melakukan kontak, lakukan pengesahan untuk melakukan kesepakatan.
Engagement rate seorang selebriti sangat penting di media sosial mereka. Karena, banyak orang membeli followers untuk membuat diri mereka agar tampak lebih populer daripada yang sebenarnya.
Anda dapat menggunakan cara ini untuk menentukan apakah jumlah suka dan komentar sebanding dengan berapa banyak orang yang mengikutinya.
Selanjutnya, Anda bisa menanyakan tentang rate card. Karena rate card ini akan berpengaruh pada anggaran promosi Anda. Jika tarif selebgram tidak sesuai dengan rencana keuangan Anda, jangan dipaksakan.
Ketika Anda sudah mengetahui engagement rate dan rate card, maka langkah selanjutnya adalah membandingkannya dengan yang lain. Bandingkan engagement rate dan rate card.
Saat memilih selebriti, pastikan untuk mempertimbangkan anggaran dan karakter yang mereka bawa. Bandingkan setidaknya dua atau tiga selebriti yang potensial.
Jika langkah-langkahnya sesuai, buatlah draft kontrak dan kesepakatan dengan selebgram yang Anda endorse. Tetapkan jadwal yang sesuai dengan perjanjian.
Anda juga bisa membuat perjanjian tertulis dengan tanda tangan kedua belah pihak. Dengan begitu dapat membantu mencegah masalah yang tidak diinginkan.
Setelah Anda menemukan selebgram yang sesuai dengan Anda, langkah selanjutnya adalah membuat brief produk. Hal ini memastikan bahwa selebgram memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang akan mereka endorse.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari konten promosi, selebgram harus memahami produk yang akan ditampilkan dalam brief ini.
Saat meng-endorse selebgram, pastikan konten yang mereka buat sesuai dengan produk Anda. Ingat berhati-hatilah dan jangan gegabah saat membayar endorsement seorang selebgram.
Endorsement bisa menjadi cara branding dan promosi yang sangat efektif untuk produk Anda. Kami sarankan untuk melakukan endorsement setidaknya dua mingguan atau sebulan sekali.
Ketika Anda sering meng-endorse selebgram, maka orang akan semakin tahu tentang produk Anda. Hal ini akan lebih mudah untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda.
Setelah Anda meng-endorse selebgram, Anda harus mencatat seluruh penjualan dengan alat digital automatis.
Sudah banyak perusahaan yang men-develop alat digital untuk mencatat kebutuhan penjualan dengan berbagai fitur mulai dari penjualan, pembelian, melihat list stok, dan lain sebagainya.
Dengan alat digital pencatatan, pebisnis akan lebih mudah dalam proses penjualan.
Ada berbagai cara untuk bisa mengetahui range harga endorse selebgram, yuk simak berikut ini:
Untuk mengetahui harga endorse selebgram, Anda dapat menemukan diportal Partipost, SociaBuzz, atau IAM influencer.
Partipost dapat membantu untuk menemukan influencer yang ideal dan memanfaatkan alat targeting options dan polling. Brand dapat mengidentifikasi selebgram berdasarkan demografi, wilayah geografis, dan kriteria lainnya.
Partipost juga membuat brand agar bisa mengelola kegiatan campaign dari influencer marketing dalam satu dasborboard. Tentunya hal ini membuat Anda nyaman dan fleksibilitas serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan brand.
Portal SociaBuzz ini memudahkan bisnis Anda karena dapat menemukan influencer dengan mudah dan cepat. Kemudian SociaBuzz menawarkan berbagai paket sehingga Anda memiliki pilihan mulai dari endorse atau paid promote
Anda dapat memilih jenis konten yang ingin Anda gunakan, jumlah pengikut dari influencer, kategori, jenis kelamin, dan kota asal mereka.
Dengan memilih paket yang diberikan, Anda dapat menentukan berapa banyak yang harus dianggarkan sesuai dengan situasi keuangan bisnis Anda.
Portal IAM Influencer adalah portal bagi para influencer. Portal ini memungkinkan pengguna untuk memfilter data selebgram berdasarkan metrik seperti jumlah pengikut, suka, komentar, kategori produk, dan engagement rate.
Anda bisa menentukan biaya endorsement selebgram melalui website freelancer. Pada akhirnya ada beberapa situs web yang menawarkan di portal freelancer, sehinggaperusahaan melakukan pemilihan pada pekerja lepas yang cocok untuk bisnisnya.
Salah satu website freelancer yang membantu menemukan selebgram yaitu fastwork. Selain itu, website freelancer ini menawarkan berbagai macam layanan yang bisa disesuaikan dengan produk Anda.
Misalnya, Anda bisa menggunakan layanan pemasaran dan periklanan digital untuk mempromosikan produk Anda secara online.
Agensi atau manajemen influencer adalah cara terbaik untuk mengetahui biaya endorse selebriti. Karena agensi-agensi ini memiliki talenta terbaik. Tim manajemen ini menawarkan ruang bagi perusahaan untuk meng-endorse-kan produk mereka.
Banyak perusahaan yangmempekerjakan agensi digital dan periklanan untuk membantu memasarkan prosuk mereka, jadi dengan menggunakan agensi influencer adalah pilihan yang jelas bagi perusahaan.
Anda bisamengetahui biaya selebgram dengan bertanya secara langsung, karena banyak selebgram melalui informasi kontak yang disediakan pada profil mereka.
Nomor kontak yang diposting sebenarnya bukan nomor selebgram, tetapi saluran di mana untuk kebutuhan bisnis yang dibantu oleh tim yang bekerja dengan selebgram tersebut.
Selain iklan TV, Anda dapat mempromosikan produk Anda di mana saja untuk menjangkau dan menarik pembeli. Semakin banyak ramai peminatnya, semakin besar kemungkinan produk itu terjual.
Teknik endorsement semakin populer di situs media sosial seperti Instagram, TikTok dan YouTube.
Endorse selebgaram sering kali melibatkan brand untuk bekerja sama dengan influencer dengan jumlah followers yang banyak. Semakin banyak followers yang dimiliki influencer, semakin mahal tarif endorsement-nya.
Berdasarkan data, berikut ini adalah daftar tarif endorse selebgram tertinggi :
Sudah tidak mengherankan lagi melihat nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang termasuk kategori dengan bayaran endorsement termahal.
CEO Rans Entertainment Raffi Ahmad memiliki followers 66,1 juta di Instagram dengan namaakun @raffinagita1717.
Nah, untuk satu postingan promosi dari kedua pasangan ini, Anda harus membayar setidaknya Rp 22 juta – Rp 30 juta. Namun untuk video promosi yang berdurasi 10 menit, Anda akan dikenakan biaya hingga Rp 100 juta rupiah.
Selain itu, jika Anda perlu menyimpan video selama sebulan, harga yang diberikan oleh kedua pasangan ini sekitar Rp 125 juta.
Istri Atta Halilintar ini merupakan salah satu selebritis mahal dengan bayaran sekitar Rp 7 juta. Namun, biayanya bisa bervariasi tergantung produk yang diiklankan. Jumlah followers Instagram Aurel Hermansyah mencapai 29,8 juta.
Tasya Farasya adalah influencer kecantikan Indonesia yang terkenal.
Dengan keahliannya dalam bidangkecantikan dan fashion, Tasya Farasya sangat cocok untuk mempromosikan produk yang berkaitan dengan bidang-bidang tersebut.
Tasya Farasya memiliki 6 juta pengikut dan mematok harga endorse sebesar Rp 5 juta per story, Rp 12 juta untuk posting di feed Instagram, dan IGTV sebesar Rp 18 jutaan.
Rachel Vennya menawarkan endorsement untuk IG story dengan harga Rp 12 juta/story dan tambahan harga lagi sekitar Rp 7,5 juta/story. Selanjutnya IG Reels diberi harga Rp 80 juta/konten.
Akun Instagram Awkarin terkenal dengan bakat modisnya dan sangat ideal untuk mempromosikan item fashion dan makeup. Karin Novilda telah mengumpulkan followers sebanyak 7,4 juta di Instagram. Sehingga Karin Novilda mematok harga sekitar Rp 5 jutaan untuk sekali postingan.
Zaskia Adya Mecca, seorang selebritas terkenal dan memiliki followers sebanyak 21,2 juta orang.
Zaskia Adya Mecca menarik banyak perhatian dengan selera fashion-nya, membuat akun Instagramnya menjadi cocok untuk mempromosikan produk kecantikan dan fashion. Sehingga harga yang dipatok untuk endorse yaitu sekitar Rp 10 jutaan.
Selebgram ini memiliki 11,3 pengikut di Instagram. Anya Geraldine sangat fashionable, sehingga cocok untuk mempromosikan produk fashion dan kecantikan. Tarif endorse yang diberikan untuk satu kali posting sekitar Rp 5 jutaan.
Fadil Jaidi adalah influencer yang populer dengan followers 8,2 juta. Fadil Jaidi ini dikenal karena kepribadiannya yang humoris, sehingga Ia memasang tarif Rp 3,5 juta per IG story.
Selebgram Keanu ini tengah naik daun, sehingga saat ini ia memiliki 4,9 juta followers media sosial. Kemudian, Keanu sangat cocok untuk meng-endorse segala jenis produk, seperti mulai dari fashion, kecantikan, dan makeup. Nah, untuk satu kali posting tarif yang dikenakansekitar Rp 3,5 juta.
Raditya Dika memiliki followers sebanyak 20,7 juta orang pada akun Instagramnya. Kemudian, Raditya Dika memasang biaya endorse dengan tarif Rp 1,16 miliar per posting dan termasuk biaya endorse tertinggi di dunia, duduk di peringkat ke-35.
Dengan 39,7 juta pengikut di Instagram, Syahrini telah mematok harga tinggi sekali posting hingga Rp 150 juta untuk endorsement.
Ayu Ting Ting, penyanyi dangdut populer dengan 53,5 juta pengikut, dan bisa meraup hingga Rp 17 juta per postingan promosi di akun Instagram pribadinya.
Luna Maya, artis terkenal mematok harga Rp 11 juta untuk satu postingan di profil Instagram-nya dengan 36,1 juta pengikut.
Prilly Latuconsina, aktris cantik dan berbakat ini, mematok biaya sekitar Rp 100 juta rupiah untuk endorse di akun Instagram-nya, dan memiliki 50,6 juta pengikut.
Semua informasi ini tentu bisa berubah-ubah tergantung masing-masing influencer ya. Pastikan menghubungi kontak mereka.
Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara endorse selebgram di media sosial, semoga bermanfaat!
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.