6 Cara Jualan Kue Basah yang Laris dan Cuan

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengubah kegemaran Anda membuat kue basah menjadi bisnis yang menguntungkan? Menjual kue basah bisa menjadi usaha yang menguntungkan jika dilakukan dengan benar.

Dengan strategi dan riset pasar yang tepat, Anda dapat memenuhi permintaan akan makanan lezat ini dan menghasilkan pendapatan tetap.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada tren dan permintaan yang terus meningkat untuk kue basah. Makanan penutup yang lembab dan beraroma ini telah menjadi favorit di antara para penggemar makanan penutup, menjadikannya komoditas yang populer di industri kue. Namun, memasuki pasar dan berhasil menjual kue basah membutuhkan lebih dari sekadar resep yang lezat.

Untuk menjual kue basah yang laris dan menguntungkan, Anda perlu memahami pasar, mengidentifikasi target audiens, dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah dan tips penting untuk membantu Anda membangun bisnis kue basah yang sukses dan menjadikan hobi membuat kue sebagai usaha yang menguntungkan.

potensi jualan kue basah

Baca Juga : https://upgraded.id/kerja-sampingan-di-rumah-yang-menguntungkan

Potensi Jualan Kue Basah

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah menjual kue basah bisa menjadi usaha bisnis yang menguntungkan? Ini mungkin tampak seperti ide yang tidak biasa, tetapi mungkin ada potensi tersembunyi di pasar yang unik ini.

Dalam industri kue, kue tradisional adalah pilihan utama untuk perayaan dan acara-acara khusus. Namun, ada tren yang meningkat di pasar untuk kue basah. Meskipun kue basah mungkin tidak begitu terkenal atau diterima secara luas, kue basah telah mendapatkan penggemar setia di antara para penggemar makanan penutup.

Menjelajahi potensi penjualan kue basah bisa menjadi peluang yang menguntungkan bagi pengusaha yang ingin memasuki ceruk pasar.

Artikel ini akan membahas alasan mengapa kue basah semakin populer, basis pelanggan potensial, serta tantangan dan peluang yang muncul saat Anda terjun ke segmen industri kue yang unik ini.

Jadi, jika Anda pernah mempertimbangkan untuk memulai bisnis kue basah, teruslah membaca untuk menemukan potensi yang belum dimanfaatkan dari makanan lezat dan memanjakan ini.

1. Modal Kecil

Memulai bisnis dengan modal terbatas bisa jadi menantang, tapi bukan berarti tidak mungkin. Salah satu pilihan yang menguntungkan untuk dipertimbangkan adalah menjual kue basah. Kue basah adalah makanan lezat yang populer di banyak budaya, dan bisa menjadi usaha bisnis yang menguntungkan. Berikut ini beberapa keuntungan berjualan kue basah dengan modal kecil:

Salah satu keuntungan utama menjual kue basah adalah biaya awal yang rendah. Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue basah relatif murah, dan Anda bahkan bisa memulainya dari dapur sendiri. Hal ini menjadikannya pilihan ideal bagi individu dengan dana terbatas.

Kue basah memiliki margin keuntungan yang tinggi, yang berarti Anda bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dari setiap penjualan.

Biaya bahan baku relatif rendah, dan Anda bisa menjual kue basah dengan harga yang lebih tinggi, terutama jika kue basah Anda terkenal dengan kualitas dan rasanya. Dengan penetapan harga dan manajemen biaya yang cermat, Anda bisa memaksimalkan keuntungan.

2. Target Konsumen yang Luas

Kue basah memiliki daya tarik yang luas dan disukai oleh semua kalangan. Kue basah sering dikonsumsi sebagai makanan ringan, makanan penutup, atau bahkan sebagai bagian dari acara-acara khusus.

Basis pelanggan yang luas ini memastikan bahwa ada permintaan yang konsisten untuk kue basah, sehingga Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan meningkatkan potensi penjualan Anda.

Menjual kue basah memungkinkan Anda bereksperimen dengan berbagai rasa, bentuk, dan ukuran. Anda bisa menawarkan beragam jenis kue basah untuk memenuhi selera dan preferensi yang berbeda. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk menarik basis pelanggan yang lebih luas dan membuat mereka kembali lagi.

Kue basah memiliki daya tarik visual yang kuat, yang membuatnya mudah dipasarkan. Anda dapat memamerkan produk Anda melalui kemasan yang menarik, fotografi makanan yang memikat, dan kampanye media sosial yang menarik.

Dengan kekuatan media sosial, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menciptakan gebrakan di sekitar kue basah Anda, menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda.

Seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, Anda bisa menjajaki peluang untuk ekspansi. Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka toko fisik, memasok kue basah ke kafe atau restoran lokal, atau bahkan memulai layanan pesan-antar online.

Skalabilitas bisnis kue basah memungkinkan Anda untuk beradaptasi dan berekspansi sesuai dengan permintaan pasar dan tujuan Anda. 

potensi jualan kue basah

Cara Memulai Usaha Kue Basah

Pernahkah Anda bermimpi untuk memulai bisnis kue Anda sendiri? Apakah Anda memiliki hasrat untuk membuat kue dan ingin mengubahnya menjadi usaha yang menguntungkan? Memulai bisnis kue basah dapat menjadi usaha yang bermanfaat dan memuaskan, tetapi penting untuk mendekatinya dengan pengetahuan dan persiapan yang tepat.

Industri kue sedang berkembang pesat, dan ada permintaan yang tinggi akan kue yang lezat dan dihias dengan indah. Baik untuk ulang tahun, pernikahan, atau acara-acara khusus lainnya, orang-orang selalu mencari kue yang unik dan lezat untuk dirayakan.

Namun, memulai bisnis kue membutuhkan lebih dari sekadar keterampilan membuat kue. Ini melibatkan perencanaan yang matang, strategi pemasaran, dan pemahaman yang kuat tentang industri ini. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis kue basah Anda sendiri, artikel ini akan memandu Anda melalui prosesnya.

Mulai dari menemukan ceruk pasar Anda hingga mendapatkan lisensi yang diperlukan, kami akan memberi Anda langkah-langkah penting dan tips untuk membantu Anda memulai bisnis kue yang sukses. Jadi, mari kita mulai mengubah hasrat membuat kue Anda menjadi bisnis yang menguntungkan dan berkembang.

1. Siapkan Modal yang Cukup

Jika Anda berbisnis kue basah dan sedang mempertimbangkan untuk menjual bisnis Anda, penting untuk menghitung modal yang dibutuhkan sebelum mengambil keputusan.

Hal ini akan membantu Anda menentukan nilai bisnis Anda dan memastikan bahwa Anda mendapatkan harga yang pantas untuk kerja keras dan investasi Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diikuti saat menghitung modal sebelum menjual kue basah:

Tentukan nilai aset: Mulailah dengan membuat daftar lengkap semua aset yang terkait dengan bisnis kue basah Anda. Ini termasuk peralatan, inventaris, furnitur, dan aset fisik lainnya yang menjadi bagian dari bisnis Anda.

Tetapkan nilai untuk setiap item berdasarkan nilai pasar saat ini atau harga pembelian aslinya. Ini akan memberi Anda gambaran tentang nilai total aset Anda.

Menilai kewajiban: Selanjutnya, Anda perlu menentukan utang atau kewajiban yang mungkin dimiliki bisnis Anda. Ini bisa termasuk pinjaman, tagihan yang belum dibayar, atau kewajiban keuangan lainnya. Kurangi nilai total kewajiban Anda dengan nilai total aset untuk mendapatkan perkiraan kekayaan bersih Anda.

Pertimbangkan aset tak berwujud: Selain aset fisik, bisnis kue basah Anda mungkin memiliki aset tak berwujud yang berkontribusi pada nilainya.

Ini dapat mencakup reputasi merek, basis pelanggan, kekayaan intelektual, atau aset tak berwujud lainnya yang unik untuk bisnis Anda. Tetapkan nilai untuk aset-aset ini berdasarkan nilai pasarnya atau potensinya untuk menghasilkan pendapatan di masa depan.

Hitung pendapatan tahunan: Untuk menentukan nilai bisnis Anda, Anda perlu mempertimbangkan potensi pendapatannya. Hitung pendapatan tahunan Anda dengan menjumlahkan total penjualan Anda selama satu tahun terakhir. Ini akan memberi Anda gambaran tentang berapa banyak pendapatan yang dihasilkan bisnis Anda setiap tahunnya.

Tentukan margin keuntungan Anda: Setelah Anda menghitung pendapatan tahunan Anda, Anda perlu menentukan margin keuntungan Anda.

Ini adalah persentase dari pendapatan Anda yang tersisa setelah dikurangi semua biaya, termasuk biaya bahan, tenaga kerja, biaya overhead, dan biaya lain yang terkait dengan menjalankan bisnis Anda. Margin laba yang lebih tinggi umumnya akan meningkatkan nilai bisnis Anda. 

2. Tentukan Jenis Kue

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha kue basah adalah mengetahui jenis makanan yang akan dijual. Misalnya anda bisa menjual kue basah tradisional untuk menyasar kalangan ibu rumah tangga atau kue basah modern dengan target pembeli anak mudah, sehingga anda akan mendapatkan target konsumen yang luas dan beragam.

Anda juga bisa melakukan survey dengan berkunjung ke pasar khusus yang menjual kue basah atau kompetitor lain yang menjual barang yang sama, dimana anda akan melihat berbagai produk yang bisa anda jual kembali atau barang lain yang tidak ditemukan di jualan mereka, sehingga anda bisa menjualnya sebagai peluang usaha.

3. Lakukan Survey Secara Langsung

Apabila anda telah menemukan jenis kue yang hendak dijual, maka anda juga perlu melakukan survey mengenai pembuat kue yang mampu membuat dan mengirimkan kue yang hendak anda jual.

Anda bisa berkunjung ke tempat penjual kue secara langsung untuk mengetahui jenis kue yang mereka jual serta kemampuan untuk membuatnya dalam jumlah tertentu, lakukan negosiasi mengenai harga yang ditawarkan sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa berkunjung ke pasar yang khusus menjual kue basah untuk melihat berbagai makanan yang bisa dijual kembali di lapak jualan anda, pilihlah yang memiliki rasa terbaik serta harga terjangkau untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kegiatan survey tidak hanya dilakukan untuk mengetahui jenis kue yang hendak dibeli, namun juga target konsumen yang tertarik untuk membeli jualan anda.

Ketahui jenis kue basah yang mereka minati serta jam biasa mereka membeli barang jualan anda, sehingga anda jajanan anda cepat habis.

Pastikan untuk menjual kue yang diminati oleh pembeli dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal serta mencegah kerugian apabila produk anda tidak terjual dalam jangka waktu tertentu.

4. Kenali Kekurangan Kompetitor

Saat melakukan survey dan analisa pasar, anda mungkin menyadari banyaknya kompetitor di sekitar anda, sehingga agar produk anda diminati oleh target konsumen, maka anda perlu mengenali kekurangan kompetitor untuk menjadikannya kelebihan anda.

Misalnya adalah memilih jenis kue yang beragam dibandingkan kompetitor, sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli kue yang anda tawarkan.

Tidak hanya itu, berikan juga harga yang bersaing dibandingkan kompetitor lain agar tidak merusak harga pasaran dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Pemilihan lokasi juga penting untuk menjadikan tempat jualan anda lebih unggul dibandingkan kompetitor lain, pilih tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen serta menyediakan tempat yang cukup untuk memarkir kendaraan, sehingga mereka bisa berhenti sejenak untuk melihat dan membeli produk yang anda jual.

5. Buat Brand Kue Basah

Jualan kue basah tidak hanya menjual kembali jajanan dari pasar atau pembuat makanan, namun anda juga bisa membuat kue basah sendiri dan kemudian menjualnya ke target pembeli.

Namun, agar produk kue basah anda dikenali oleh konsumen, maka ada baiknya untuk memiliki nama brand dan logo sendiri yang membedakan produk anda dengan lainnya.

Anda bisa mencari inspirasi nama dari internet atau mencari ciri khas dari kue anda yang kemudian diterapkan di produk yang dimiliki. Kemudian minta juga seseorang untuk membuat logo produk anda dengan berbagai ukuran, sehingga memudahkan untuk berbagai kemasan produk yang anda gunakan untuk dibawa konsumen.

Pastikan logo tersebut memiliki warna dan nama yang mencolok sehingga mudah diingat oleh pembeli sehingga memudahkan mereka untuk melakukan promosi ke tempat lain.

5. Lakukan Promosi

Promosi menjadi bagian paling penting agar produk kue basah anda cepat laku, anda bisa melakukan pemasaran secara langsung dan tidak langsung.

Cara pemasaran secara langsung adalah membuat banner khusus di depan toko anda sehingga menjadi penanda serta daya tarik bagi konsumen untuk mampir ke stand anda dan melihat produk yang dijual sebelum akhirnya tertarik untuk membelinya.

Apabila anda membuka stand jualan di dekat rumah, ada baiknya untuk memberitahu tetangga atau kenalan agar mampir dan membeli produk anda, pengenalan toko ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi mereka untuk memesan kue dari tempat anda bagi acara tertentu.

Jika anda ingin melakukan promosi secara tidak langsung, maka membuat akun sosial media brand khusus akan menjadi jalan terbaik. Buatlah akun khusus yang memperlihatkan produk anda, variasi rasa dan bentuk, serta manfaat yang didapatkan sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Tampilkan kegiatan dalam membuat produk untuk meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa anda melakukan pembuatan produk secara bersih dan higienis.

Lakukan juga promosi dengan membuat iklan sosial media untuk menyasar ke target konsumen serta melakukan kolaborasi promosi dengan influencer tertentu untuk memperluas jangkauan.

Bagian paling penting dalam melakukan promosi di sosial media adalah membuat konten secara rutin sehingga algoritma sosial media dapat menaikkan nama akun dan postingan anda.

jenis kue basah yang laku dijual

Jenis Kue Basah yang Laku Dijual

Apakah Anda seorang pembuat kue yang ingin mendapatkan keuntungan dari kreasi lezat Anda? Salah satu suguhan yang paling populer dan menguntungkan dalam industri kue adalah kue basah. Namun dengan begitu banyak jenis yang bisa dipilih, bagaimana Anda tahu kue mana yang akan laku dan menarik pelanggan?

Industri kue sedang berkembang pesat, dan pelanggan selalu mencari makanan yang unik dan menggugah selera. Kue basah, khususnya, telah mendapatkan popularitas yang luar biasa karena teksturnya yang lembab dan rasanya yang lezat.

Namun, tidak semua kue basah dibuat sama, dan penting untuk menawarkan jenis yang tepat yang akan menarik selera target pasar Anda.

Jika Anda seorang pembuat roti yang ingin memaksimalkan keuntungan dan memuaskan keinginan pelanggan Anda, sangat penting untuk memahami jenis-jenis kue basah yang laris manis.

Dengan menawarkan suguhan yang menarik ini, Anda tidak hanya akan menarik lebih banyak pelanggan, tetapi juga membangun reputasi toko roti Anda sebagai tujuan utama untuk mendapatkan kue basah yang paling lezat dan banyak dicari. Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai jenis kue basah terlaris yang pasti akan membuat bisnis Anda berkembang.

1. Bolu Gulung

Bolu gulung adalah pilihan yang populer dan lezat bagi mereka yang ingin menjual kue basah. Makanan yang lembab dan beraroma ini memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan tepat bagi siapa pun yang berkecimpung dalam bisnis kue.

Baik Anda seorang pembuat roti profesional atau baru memulai, berikut adalah beberapa keuntungan membuat bolu gulung untuk menjual kue basah.

Pertama dan terutama, bolu gulung sangat serbaguna. Bolu gulung bisa diisi dengan berbagai macam rasa, mulai dari pilihan klasik seperti cokelat atau vanila hingga kombinasi yang lebih unik seperti lemon atau raspberry.

Keserbagunaan ini memungkinkan Anda untuk memenuhi berbagai macam selera dan preferensi, membuat kue basah Anda menarik bagi basis pelanggan yang lebih besar.

Selain itu, bolu gulung juga menarik secara visual. Bentuknya yang spiral dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi pilihan yang menarik dalam tampilan toko roti apa pun.

Pelanggan sering kali tertarik dengan tampilan bolu gulung yang unik, membuat mereka lebih cenderung membelinya daripada jenis kue lainnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan Anda dan menarik pelanggan baru ke bisnis Anda.

Keuntungan lain dari membuat bolu gulung adalah pembuatannya yang relatif mudah. Meskipun mungkin membutuhkan latihan untuk menyempurnakannya, bolu gulung biasanya tidak melibatkan teknik yang rumit atau waktu persiapan yang lama.

2. Brownies Kukus

Brownies kukus telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir, dan untuk alasan yang bagus. Kudapan yang lembab dan empuk ini menawarkan sentuhan unik pada brownies panggang tradisional dan telah menjadi favorit di antara para penggemar makanan penutup.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjual kue basah, berikut ini beberapa keuntungan membuat brownies kukus yang harus Anda ketahui.

Brownies kukus memiliki cita rasa yang berbeda dengan brownies panggang biasa. Proses pengukusan menciptakan tekstur yang padat dan lembab, sehingga menghasilkan rasa yang kaya dan empuk.

Cita rasa yang unik ini dapat menarik minat pelanggan yang mencari sesuatu yang berbeda dan menarik dalam pilihan makanan penutup mereka.

Dibandingkan dengan brownies tradisional yang dipanggang, brownies kukus dapat menjadi alternatif yang lebih sehat. Proses pengukusan membutuhkan lebih sedikit minyak dan mentega, sehingga mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan.

Selain itu, brownies kukus sering kali menggunakan pemanis alami seperti madu atau sirup maple sebagai pengganti gula rafinasi, sehingga menjadi pilihan yang lebih baik bagi individu yang sadar akan kesehatan.

Brownies kukus dapat dengan mudah dimodifikasi untuk mengakomodasi berbagai pantangan makanan. Misalnya, Anda dapat menggunakan tepung bebas gluten agar cocok untuk pelanggan yang sensitif atau alergi terhadap gluten.

Selain itu, brownies kukus dapat dibuat tanpa telur, sehingga menjadi pilihan tepat bagi para vegan atau mereka yang alergi telur.Salah satu keunggulan brownies kukus adalah masa simpannya yang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang dipanggang secara tradisional.

Kelembaban yang dipertahankan selama proses pengukusan membantu menjaga kesegaran brownies untuk waktu yang lebih lama.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like