Tiktok tidak hanya menyediakan berbagai konten yang bisa dinikmati oleh penggunanya, namun juga memungkinkan anda untuk melakukan interaksi di Tiktok dengan fitur komentar, balas dengan video, atau pesan pribadi.
Tingkat interaksi yang tinggi juga memungkinkan anda untuk meningkatkan jangkauan konten yang lebih luas, sehingga meningkatkan jumlah penonton video dan membuat konten anda lebih banyak ditonton banyak orang.
Tidak hanya itu, melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok juga memungkinkan anda untuk membangun komunitas khusus yang membuat mereka tertarik pada brand yang dimiliki atau membeli produk yang anda tawarkan.
Sehingga melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok penting untuk dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas akun anda di Tiktok.
Sayangnya banyak kreator yang belum tahu cara melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok, sehingga menyianyiakan kesempatan untuk mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas dan membangun komunitas yang kuat di Tiktok.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok dengan mudah dan efektif.
Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok adalah membalas komentar mereka tepat waktu, misalnya saja dengan menyediakan waktu satu jam setelah mengunggah konten untuk membalas berbagai komentar yang masuk.
Cara ini dilakukan agar penonton merasa mendapatkan tanggapan langsung setelah mereka bertanya di konten tertentu, apalagi jika mereka bertanya mengenai produk atau jasa yang anda jual, sehingga mereka tertarik untuk melakukan pembelian.
Tidak hanya itu, membalas komentar di konten tiktok dengan tepat waktu juga akan membuat penonton merasa mendapatkan tanggapan secara cepat, sehingga mereka tertarik untuk membalas konten anda di waktu yang akan datang.
Agar bisa membalas komentar dengan tepat waktu, manfaatkan fitur pemberitahuan Tiktok untuk tetap mengetahui komentar yang masuk, selain itu sisihkan waktu tertentu untuk berinteraksi, dan jadikan ini bagian rutin dari strategi konten Anda untuk melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok.
Jadikan sesi interaksi menjadi lebih menyenangkan dengan memasukkan sisi humor anda di setiap percakapan, tanggapan yang otentik akan beresonansi lebih dari tanggapan yang umum, membantu Anda membina hubungan yang tulus dengan pemirsa.
Saat membalas komentar di konten tiktok, anda mungkin akan mendapatkan ulasan yang positif atau kritik dari konsumen, tanggapi setiap tanggapan yang masuk untuk membangun kepercayaan dan mendorong lebih banyak interaksi, sehingga membuka jalan bagi basis pengikut yang setia.
Terakhir, gunakan komentar sebagai sumber ide konten baru dengan menanggapi pertanyaan dan saran dari penonton, Hal ini tidak hanya memperkuat hubungan Anda dengan penonton.
Tiktok memiliki fitur duet atau tanggapan yang memungkinkan anda untuk melakukan kolaborasi dengan orang, sehingga anda dapat menampilkan sisi kreativitas dan humor anda, sembari menarik perhatian dari target audience konten tersebut.
Penggunaan konten duet ini tidak hanya membangun komunitas yang bisa berjalan dalam jangka waktu lama, namun juga dapat meningkatkan jangkauan konten anda melalui algoritma Tiktok.
Anda bisa memulai konten duet dengan memilih video atau challenge yang sedang naik daun dan memberikan respon pada konten tersebut.
Melalui pemanfaatan konten yang populer, maka akan membantu untuk meningkatkan jangkauan konten dan mendapatkan perhatian dari target audience yang menyukai konten yang relevan.
Agar jangkauan konten dari fitur duet semakin luas, maka anda bisa menggunakan tagar yang sesuai, sehingga membuat konten duet anda dapat ditemukan oleh penonton yang sesuai, dimana mereka ingin melihat konten dari trend favorit dengan penyajian yang segar dan menarik perhatian.
Bagian paling penting dalam membuat konten duet adalah menanggapi setiap komentar yang masuk di konten duet, dimana kegiatan ini akan membangun hubungan yang baik dengan penonton, meningkatkan lebih banyak interaksi, serta membangun komunitas yang diinginkan.
Sebagai seorang kreator Tiktok, tentunya anda ingin akun dan konten anda mendapatkan perhatian dari pengguna Tiktok dengan jumlah penonton dan interaksi yang tinggi.
Namun, membuat konten original saja terkadang tidak cukup dan membutuhkan waktu lama untuk menjangkau target audience yang diinginkan.
Akan tetapi untuk mempercepat cara menjadi terkenal, maka anda bisa memulai dengan mengikuti dan membuat trend terbaru di Tiktok, dimana ini akan membantu konten anda mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas.
Dengan mengikuti trend Tiktok yang sedang naik daun, anda juga bisa memberikan selingan konten original, sehingga pengikut anda tidak merasa bosan untuk melihat sajian konten yang sama.
Namun, menemukan konten yang sedang trend di Tiktok terkadang membutuhkan strategi khusus, agar anda bisa menemukan trend yang sesuai dengan topik yang anda kembangkan di Tiktok.
Pertama, anda bisa menggunakan strategi SEO, dimana anda melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu yang memungkinkan anda untuk mengetahui topik yang banyak dibahas oleh kreator lain atau trend yang banyak dibuat oleh pengguna Tiktok lainnya.
Penggunaan kata kunci yang sesuai untuk menemukan topik atau trend tertentu, nantinya juga akan membantu anda untuk tergabung ke komunitas tertentu dan menjadi bagian di dalamnya, sehingga bisa mendapatkan penonton yang relevan.
Kedua adalah memperhatikan jenis konten yang banyak dibuat di beranda Tiktok, dimana jika anda menemukan lagu atau trend konten tertentu dalam waktu lama, maka ini menjadi penanda bagi anda untuk membuat trend yang sama namun dengan sentuhan pribadi, sehingga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh akun brand lainnya.
Ketiga adalah menyediakan waktu untuk melihat halaman pencarian, dimana mereka juga biasanya menyediakan kata kunci atau informasi yang banyak dicari oleh pengguna Tiktok saat ini, sehingga anda bisa mencari informasi yang lebih dalam dan tergabung dengan trend tersebut.
Keempat adalah memanfaatkan fitur Tiktok analytics yang memungkinkan untuk memberikan informasi mengenai konten yang sesuai dengan pengikut anda, sehingga membantu untuk membuat strategi konten yang efektif.
Kelima adalah melakukan kolaborasi dengan influencer yang sedang naik daun di Tiktok, melakukan kolaborasi dengan mereka juga akan membantu untuk meningkatkan jangkauan konten dengan maksimal.
Keenam adalah melakukan eksperimen dengan berbagai konten di Tiktok, seperti konten carousel atau filter, dengan mengembangkan kreativitas untuk mencoba berbagai fitur yang beragam, maka akan membantu anda untuk membuat konten yang unik dan berbeda.
Pengguna Tiktok tidak hanya menghabiskan waktu mereka untuk menonton berbagai konten yang menarik, namun banyak juga dari mereka yang melakukan pencarian konten dengan kata kunci tertentu, sehingga menyesuaikan dengan minat yang disukai.
Kebiasaan baru ini juga akan membantu anda untuk menaikkan jangkauan konten apabila anda melakukan penambahan kata kunci di caption atau deskripsi video yang dimiliki.
Namun, sebelum menggunakan kata kunci yang sesuai untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna Tiktok, maka beberapa persiapan berikut bisa anda lakukan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Pertama, anda bisa menentukan topik yang relevan dengan brand, produk, atau jasa yang dimiliki, dimana ini akan membantu anda untuk menyesuaikan dengan kata kunci yang akan digunakan di deskripsi video atau caption konten.
Kedua adalah penting bagi anda untuk menggunakan kata kunci yang banyak digunakan oleh pengguna Tiktok, cara ini dilakukan mengingat banyaknya kata kunci yang mungkin relevan dengan produk atau jasa anda, namun tidak semuanya digunakan karena mereka melakukan pencarian untuk topik tertentu saja.
Guna mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa menggunakan website analisa kata kunci yang memungkinkan untuk mengetahui kata kunci yang biasa digunakan oleh pengguna Tiktok dalam jangka waktu tertentu.
Pilihlah kata kunci yang memiliki hasil pencarian tertinggi dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda bisa menggunakannya sebagai ide konten dan memasukkan kata kunci tersebut ke konten yang dimiliki.
Selain melakukan pencarian dan analisa kata kunci menggunakan website tertentu, anda juga bisa memanfaatkan fitur halaman pencarian di Tiktok, dimana mereka memberikan berbagai referensi kata kunci yang banyak digunakan oleh kreator atau pengguna Tiktok lainnya untuk topik tertentu.
Posisikan juga diri anda sebagai konsumen, dimana pendekatan ini akan membantu anda untuk mengetahui jenis kata kunci yang mungkin digunakan untuk melakukan pencarian kata kunci mengenai topik tertentu yang relevan dengan produk atau jasa yang and amiliki.
Ketiga adalah pastikan untuk mengganti kata kunci secara rutin, mengingat pengguna Tiktok mungkin menggunakan kata kunci yang berbeda untuk mencari topik tertentu dalam jangka waktu tertentu.
Sehingga pastikan untuk melakukan kegiatan analisa kata kunci secara rutin dan mengganti kata kunci yang lama agar konten anda tetap relevan dan mudah ditemukan oleh target audience yang diinginkan.
Dalam peletakan kata kunci di caption konten atau deskripsi video, anda bisa menggunakan kata kunci yang sedang tren namun tetap sesuai dengan industri yang anda miliki.
Hal ini tidak hanya meningkatkan visibilitas tetapi juga menyelaraskan konten Anda dengan interaksi yang sedang tren, memikat pemirsa yang ingin mengetahui tren terbaru.
Lakukan juga berbagai eksperimen dengan menganalisa kata kunci yang menghasilkan lebih banyak interaksi untuk menyesuaikan strategi anda.
Gunakan alat analisis TikTok untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku audiens dan menyempurnakan pendekatan Anda untuk mendapatkan dampak yang maksimal.
Selain melakukan interaksi dengan tulisan, kreator Tiktok juga bisa membalas komentar dengan video, dimana ini akan membantu untuk meningkatkan interaksi serta membuat penonton merasa diperhatikan oleh anda.
Keuntungan lainnya dari membalas komentar dengan video adalah anda tidak akan kekurangan konten video di waktu yang akan datang, sehingga ini akan menguntungkan bagi kreator yang tengah kehabisan ide.
Meskipun membalas komentar dengan video bisa meningkatkan interaksi, namun bukan berarti anda bisa membalas semua interaksi dengan video, pilih saja beberapa komentar yang menarik dan sekiranya dapat meningkatkan minat pengguna Tiktok lain untuk melakukan interaksi.
Cara membalas komentar dengan video juga cukup mudah, anda hanya perlu memilih komentar yang diinginkan, kemudian klik balas dengan video, kemudian anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan video.
Agar interaksi melalui balasan video semakin tinggi, maka anda bisa memberikan sentuhan humor atau keunikan pribadi yang anda miliki, sehingga memberikan ciri khas sendiri dan membuat penonton tertarik untuk melakukan interaksi lain di waktu yang akan datang.
Anda juga bisa mengajukan pertanyaan kembali dalam balasan video, sehingga dapat meningkatkan lebih banyak interaksi serta memberikan informasi mengenai minat dan opini dari penonton.
Agar interaksi terasa lebih menyenangkan, pertimbangkan juga untuk menggunakan emoticon untuk memberikan interaksi yang lebih menyenangkan, serta membuat konten anda lebih mudah didekati dan mudah diingat oleh audience.
Pastikan juga untuk membalas komentar dengan cepat setelah konten diunggah di Tiktok, dimana ini akan menjadi penanda bahwa anda aktif menunggu balasan penonton serta meningkatkan kemungkinan interaksi yang berkelanjutan.
Bagi akun Tiktok yang telah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak biasanya memiliki kesempatan untuk melakukan interaksi di Tiktok live yang hanya bisa diakses oleh beberapa akun khusus saja, sehingga apabila anda memiliki fitur tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya guna melakukan interaksi di siaran langsung.
Melakukan interaksi di siaran langsung juga memberikan berbagai keuntungan, dimana anda bisa mempromosikan produk dan jasa yang dimiliki, sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Anda bisa melakukan interaksi di Tiktok live dengan cara membalas berbagai pertanyaan yang masuk di kolom komentar, sehingga anda bisa melakukan interaksi dua arah.
Tidak hanya itu, sediakan juga topik tertentu yang bisa dibahas melalui siaran langsung, sehingga interaksi tidak terasa membosankan dan membuat penonton untuk tertarik menonton siaran langsung dalam waktu lama.
Manfaatkan juga berbagai filter yang disediakan oleh Tiktok agar interaksi terasa lebih menarik dan tidak membosankan dengan berbagai tampilan yang segar.
Interaksi dengan pengguna Tiktok tidak hanya bisa dilakukan dengan komentar atau balasan video, namun anda juga perlu membalas pesan yang masuk.
Kegiatan membalas pesan yang masuk ini juga menguntungkan bagi anda untuk meningkatkan kredibilitas brand yang berarti anda menghargai pendapat konsumen yang ingin memberikan ulasan secara tertutup.
Tidak hanya itu, konsumen yang mengirimkan pesan di Tiktok biasanya sudah tertarik pada produk atau jasa yang anda tawarkan, namun mereka masih memiliki beberapa keraguan, sehingga penting untuk meningkatkan kepercayaan anda dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Sehingga pastikan untuk memeriksa fitur pesan secara rutin untuk memastikan semua pertanyaan konsumen yang masuk di fitur pesan bisa dibalas dengan baik dan cepat, sehingga dapat meningkatkan layanan konsumen.
Selain itu, anda juga bisa menggunakan fitur chat bot yang memungkinkan membalas pesan konsumen secara otomatis dan menjawab berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan, sehingga memudahkan anda untuk membalas pesan di luar jam kerja.
Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari chat bot, maka anda bisa membuat daftar pertanyaan yang sering diajukan di pesan Tiktok, sehingga anda bisa memberikan pertanyaan dan jawaban yang sesuai, sehingga bisa menjawab pertanyaan konsumen dengan mudah dan cepat.
Saat menelusuri beranda Tiktok, anda mungkin akan menemukan beberapa konten yang menggunakan filter tertentu, dimana ini menjadikan konten anda menjadi lebih menarik dengan tampilan filter yang menyegarkan mata.
Di samping itu, beberapa trend tiktok juga menggunakan filter tertentu, sehingga anda bisa menggunakannya juga untuk masuk ke dalam tren tersebut.
Penggunaan filter atau stiker yang mudah juga akan membantu anda untuk membuat konten yang menarik dan tidak terasa membosankan.
Anda bisa memulai membuat konten dari filter tiktok dengan melihat berbagai konten yang lewat di beranda tiktok, kemudian pilih salah satu filter yang sekiranya selaras dengan brand yang dimiliki.
Kemudian gunakan filter tersebut untuk membuat konten yang menarik sehingga bisa menarik penonton untuk melakukan interaksi dengan konten anda.
Berikan juga sentuhan konten yang unik dan menarik, sehingga bisa membedakan dengan kompetitor lain yang membuat konten yang serupa.
Anda juga bisa menemukan berbagai filter atau stiker tiktok yang diinginkan di fitur edit video, sehingga anda bisa mendapatkan berbagai pilihan edit konten yang variatif dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.