9 Strategi Mengenali Target Audience di Tiktok

Tiktok telah menjadi social media yang digunakan oleh berbagai kalangan, baik remaja atau orang dewasa, sehingga tidak mengherankan apabila anda akan menemukan target audience yang berasal dari berbagai latar belakang.

Di sisi lain, pengguna Tiktok yang banyak juga membuat kita kewalahan dalam menyasar target audience yang diinginkan, sehingga apabila tidak diatur dengan baik, maka konten kita akan menuju penonton yang kurang sesuai dan menyebabkan hasil yang kurang maksimal.

Karenanya berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengenali target audience di tiktok yang sesuai untuk mendapatkan hasil konten yang sesuai keinginan.

cara mengenali minat target audience di tiktok

Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif

Kenali Minat Target Audience

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengenali target audience di Tiktok adalah memahami minat mereka, dimana ini akan membantu anda dalam membuat konten yang menarik dan sesuai dengan mereka, sehingga dapat meningkatkan interaksi satu sama lain.

Anda bisa mengenali minat target audience dengan memanfaatkan alat analisa khusus yang akan membantu untuk membagikan informasi mengenai pengikut dan konten yang mereka sukai dan sering melakukan interaksi.

Informasi ini akan membantu anda dalam mengenali tren yang sedang naik daun yang disukai oleh target audience, sehingga anda lebih mudah masuk ke dalam komunitas mereka.

Setelah itu, apabila konten anda telah berhasil mendapatkan perhatian, maka lakukan interaksi dengan audience yang memberikan komentar atau mengirim pesan langsung, dimana cara ini akan membuka jalan untuk terhubung dengan mereka dan mengetahui minat yang mereka sukai. 

cara membuat brand persona di tiktok

Buat Brand Persona

Banyaknya akun Tiktok brand yang bergerak di bidang yang sama dan telah memiliki lebih banyak pengikut, mungkin akan membuat anda kesulitan untuk mendapatkan jumlah pengikut yang bertambah dari hari ke hari.

Sehingga agar anda bisa mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak dan memiliki perbedaan dengan kompetitor lain, penting bagi anda untuk membuat brand persona yang memberikan keunikan akun anda dibandingkan akun Tiktok brand lainnya.

Tidak hanya itu, memiliki brand persona yang unik juga akan membantu untuk membangun Tiktok community yang kuat dan tertarik pada konten anda.

Hal ini juga akan membantu dalam membangun komunitas khusus yang juga tertarik pada produk atau jasa yang anda tawarkan, sehingga bisa menjadi pelanggan setia dalam waktu lama.

Guna mengetahui brand persona yang sesuai dengan akun Tiktok brand yang dimiliki, maka anda perlu memahami pesan yang ingin anda sampaikan ke konsumen serta hasil yang ingin didapatkan, apakah anda ingin menampilkan ciri khas khusus pada pembeli pada produk yang digunakan atau memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang hendak anda jual ke konsumen?

Tidak hanya itu, manfaatkan juga informasi mengenai demografi target audience, sehingga anda dapat mengetahui siapa saja yang anda ajak bicara, sehingga dapat menyesuaikan konten dan pesan secara efektif.

Perhatikan juga pemilihan nada suara anda, apakah anda ingin memberikan tampilan yang serius atau santai, dimana setiap target audience memiliki pendekatan yang berbeda, sehingga anda pelru membuat copywriting yang unik dan selaras dengan preferensi audience, sehingga mereka akan lebih mudah memahami pesan yang ingin anda sampaikan.

Manfaatkan juga visual yang menarik untuk menarik minat target audience, misalnya saja penggunaan warna-warna cerah untuk memberikan kesan ceria serta lagu yang sedang tren akan cocok untuk kalangan anak muda.

Buat juga brand persona yang konsisten, dimana anda perlu mempertahankan gaya, format, dan pesan yang ingin disampaikan untuk memperkuat pengenalan merk yang ingin disampaikan ke konsumen.

Dengan mengetahui pesan serta hasil yang ingin dicapai, maka ini akan membantu anda dalam membuat brand persona yang sesuai serta memudahkan untuk membuat konten yang dapat diterima oleh target audience. 

cara melakukan analisa tiktok seo

Analisa Tiktok SEO

Saat ini banyak orang menggunakan Tiktok tidak hanya sebagai media hiburan saja, namun juga bisa dipakai sebagi media pencarian untuk mengetahui informasi tertentu.

Sehingga untuk mengetahui target audience yang dituju, maka penting juga bagi anda untuk melakukan analisa Tiktok SEO untuk mengetahui kebiasaan mereka dan membantu untuk membuat konten yang sesuai.

Anda bisa memulainya dengan menggunakan kata kunci yang relevan di halaman pencarian, dimana ini akan membantu anda untuk mengetahui jenis konten yang disukai oleh target audience dan topik yang sering mereka cari, dimana ini bisa menjadi ide konten yang menarik dan dapat dikembangkan dalam jangka waktu lama.

Selain melakukan analisa menggunakan halaman pencarian, anda juga bisa memperhatikan konten yang sedang trend di komunitas atau industri anda, dengan menganalisa kata kunci yang digunakan serta format konten yang dipakai, maka akan membantu anda untuk memikat target audience, sehingga dapat menyesuaikan dengan tren yang sedang naik daun namun tetap menampilkan brand persona yang dimiliki.

Setelah melakukan analisa kata kunci dan menggunakannya di berbagai konten yang dimiliki, maka perhatikan juga jumlah keterlibatan dengan target audience, seperti jumlah tanda suka, komentar, dan berbagi, sehingga anda dapat mengetahui apakah penonton tertarik pada konten yang anda sampaikan sehingga bisa digunakan untuk konten yang selanjutnya.

Penggunaan strategi konten biasanya tidak akan langsung menghasilkan konten yang sesuai kebutuhan, sehingga lakukan berbagai pengujuan dan eksperimen dengan berbagai deskripsi konten dan waktu posting konten yang sesuai untuk memastikan jenis pendekatan yang sesuai dengan audience. 

cara melakukan analisa kompetitor dan influencer di tiktok

Lakukan Analisa Kompetitor dan Influencer

Saat membuka akun Tiktok brand untuk pertama kali, anda mungkin telah menemukan banyak akun lain yang bergerak di industri yang sama namun memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Sehingga agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor lain yang telah mendapatkan nama di Tiktok, maka melakukan analisa kompetitor bisa menjadi pilihan terbaik.

Cara ini juga akan membantu anda dalam memahami strategi serta kelemahan yang mereka miliki, sehingga konten anda memiliki ciri khas yang tidak ditemui di kompetitor lainnya.

Anda bisa memulainya dengan membuat daftar kompetitor yang bergerak di bidang yang sama namun telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dan interaksi yang lebih tinggi, dimana anda bisa mempelajari jenis konten yang mereka gunakan serta pendekatan dengan target audience tertentu.

Sehingga hasil analisa yang didapatkan akan membantu anda untuk membuat strategi konten dan pendekatan yang berbeda dengan kompetitor, sehingga memberikan keunikan pada konten yang anda miliki.

Selain melakukan analisa melalui kompetitor, penting juga bagi anda untuk menganalisa influencer yang bergerak di bidang yang sama dengan industri yang anda geluti.

Dimana analisa ini akan membantu anda untuk mengetahui jenis konten yang disukai oleh target audience serta trend yang sedang naik daun di industri saat ini, dimana ini bisa menjadi ide konten terbaru yang membuat konten anda dilirik oleh target audience.

Tidak hanya itu, dengan melakukan analisa influencer, maka akan membantu anda untuk memilih influencer yang hendak anda gunakan untuk promosi produk atau jasa, sehingga dapat memaksimalkan pemasaran di Tiktok

Berbagai kegiatan analisa tersebut tidak hanya bisa dilakukan secara manual saja, namun juga menggunakan website khusus yang memberikan berbagai layanan analisa dengan mudah dan cepat.

Penggunaan website analisa kompetitor juga akan membantu anda untuk mendapatkan hasil analisa secara rutin secara terukur, sehingga dapat menghemat waktu dalam melakukan analisa konten.

cara mengidentifikasi target audience tiktok di sosial media

Identifikasi Target Audience dari Sosial Media 

Selain menggunakan Tiktok sebagai media promosi, brand lain juga mungkin menggunakan sosial media lainnya untuk memasarkan produk dan jasa yang dimiliki.

Biasanya akun sosial media lainnya juga telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak serta tingkat interaksi yang lebih tinggi, sehingga lebih memudahkan untuk melakukan interaksi.

Di samping itu, anda juga bisa menggunakan akun sosial media brand lain untuk mengidentifikasi target audience yang dituju, dimana kegiatan ini akan terasa lebih mudah sebab akan memudahkan dalam membangun brand persona di sosial media lainnya.

Misalnya saja, anda memiliki brand persona sebagai merk yang menyediakan baju wanita yang kekinian, maka anda bisa membangun persona yang sama di akun Tiktok anda sehingga memudahkan untuk membuat brand persona yang sesuai.

Memiliki brand persona yang sama di sosial media yang berbeda nantinya akan memudahkan anda untuk dikenali oleh target konsumen yang telah mengenal produk anda sebelumnya, sehingga lebih memudahkan untuk mendapatkan pengikut secara organik.

Anda juga dapat bergabung dengan berbagai komunitas industri yang berada di sosial media, seperti grup Facebook atau membangun jejaring pribadi di Linkedin, interaksi ini akan membantu untuk memberitahu audience anda serta memberi tahu cara melakukan komunikasi dengan mereka.

Manfaatkan berbagai informasi tersebut untuk menyelaraskan konten TikTok Anda dengan minat audiens yang sebenarnya.

Selain mengumpulkan data untuk mengidentifikasi target audience, maka penting bagi anda untuk melakukan interaksi dengan target audience berupa menanggapi komentar, mengajukan pertanyaan, serta melibatkan pengikut anda di konten yang dimiliki.

Kegiatan ini nantinya akan menciptakan komunitas yang kuat, sehingga mengubah penonton biasa menjadi konsumen setia yang memiliki minat yang sama dengan anda. 

memanfaatkan fitur tiktok analytics untuk analisa target audience

Manfaatkan Fitur Tiktok Analytics

Memanfaatkan fitur Tiktok analytics tidak hanya membantu untuk meningkatkan strategi pemasaran, namun juga dapat membantu untuk memahami target audience yang dituju, sehingga akan memudahkan untuk membuat konten yang sesuai dan mendorong interaksi dengan penonton.

Penggunaan berbagai fitur di Tiktok analytics akan menjadi lebih menguntungkan apabila anda telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak, sehingga memudahkan untuk melakukan analisa konten.

Anda bisa memulai untuk melakukan analisa menggunakan fitur Tiktok analytics dengan membuka profil Tiktok anda dan masuk ke fitur analytics, dimana mereka akan memberikan informasi mengenai demografi, perilaku, dan preferensi audiens Anda.

Setelah Anda menjalankan analisa di Tiktok analytics, maka perhatikan tab audience, dimana Anda akan menemukan data penting seperti jenis kelamin, lokasi, dan bahkan waktu ketika pengikut Anda paling aktif, sehingga Anda dapat mengatur waktu posting Anda untuk keterlibatan maksimal.

Perhatikan juga metrik kinerja video seperti jumlah penayangan, suka, berbagi, dan komentar, dimana ini akan memberi tahu jenis konten yang disukai audiens.

Dengan menganalisa data ini, Anda dapat menyempurnakan strategi konten untuk meningkatkan jangkauan dan menyelaraskannya dengan minat audiens.

Perhatikan juga tren dalam analisis Anda dari waktu ke waktu, hal ini dilakukan mengingat perilaku audiens dapat berubah, sehingga anda perlu mengikuti perubahan ini memastikan konten Anda tetap relevan dan menarik di lanskap TikTok yang bergerak cepat. 

cara melakukan uji coba konten tiktok

Uji Coba Berbagai Tipe Konten

Meskipun tiktok terkenal dengan jenis konten video, namun bukan berarti ini membatasi kreativitas anda, namun malah dapat melebarkan kreativitas anda ke level tertinggi,

Salah satunya adalah dengan mencoba berbagai tipe konten yang berbeda dan sesuai dengan target audience, sehingga konten anda dapat menarik perhatian dan dapat meningkatkan jumlah pengikut.

Apabila anda belum memiliki pandangan mengenai tipe konten yang ingin ditampilkan di akun anda, maka anda bisa memulainya dengan membuat tipe postingan yang sedang naik daun di halaman Tiktok anda.

Dimana dengan mengikuti tipe konten yang sedang naik daun, maka akan membantu anda untuk tetap berada di trend dan membuka kesempatan bagi akun anda untuk dikenal banyak orang.

Anda bisa memulainya dengan melakukan analisa konten dengan melihat beranda Tiktok dan melakukan analisa konten yang banyak disukai dan mendapatkan interaksi yang lebih tinggi di antara kompetitor.

Gunakan trend tersebut dan berikan sentuhan yang unik dan sesuai ciri khas anda di konten tersebut, sehingga postingan anda lebih mudah dilirik oleh penonton dan memberikan keunikan yang berbeda.

Tidak hanya itu, gunakan jenis format yang berbeda untuk konten Tiktok, misalnya saja, jika anda biasanya membuat konten video Tiktok, maka tidak ada salahnya untuk sesekali untuk memanfaatkan fitur carousel, sehingga memberikan kesegaran baru bagi pengikut anda dan membuat mereka tidak merasa bosan.

Setelah bergabung di trend dan melakukan berbagai uji coba konten yang berbeda, maka anda bisa memuali untuk membuat jenis konten sendiri yang menjadi ciri khas akun anda, dimana ini akan membedakan anda dengan akun kompetitor lain yang bergerak di industri yang sama.

Penting juga untuk melakukan analisa guna mengetahui jenis konten yang disukai oleh target audience sehingga anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

cara menggunakan kata kunci yang sesuai di tiktok

Gunakan Kata Kunci yang Sesuai

Pemilihan kata kunci yang tepat akan membantu konten anda untuk menyasar target audience yang sesuai, sehingga anda bisa melakukan interaksi satu sama lain.

Namun untuk menemukan kata kunci yang tepat, maka diperlukan penyusunan strategi yang matang untuk mengidentifikasi kata kunci yang sedang naik daun, dapat digunakan dalam jangka waktu panjang, sehingga relevan dengan audience yang dituju.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan halaman pencarian di Tiktok untuk menganalisa jenis konten yang sering dicari menggunakan kata kunci tertentu atau mempertimbangkan untuk menggunakan platform seperti Google Trends untuk menemukan apa yang sesuai dengan audiens Anda saat ini.

Analisa kata kunci juga tidak hanya bisa dilakukan melalui halaman pencarian atau platform tertentu, namun juga menganalisa kata kunci yang digunakan oleh pesaing untuk memahami konten yang memiliki kesuksesan tinggi dan dapat menyesuaikan dengan brand voice anda sambil mempertahankan originalitas konten yang dimiliki.

Selanjutnya setelah menemukan kata kunci yang sesuai, maka masukkan keyword tersebut ke deskripsi video atau caption konten, dimana kegiatan ini tidak hanya meningkatkan visibilitas Anda di hasil pencarian, tetapi juga meningkatkan relevansi konten Anda dengan demografi pemirsa tertentu.

Perhatikan juga berbagai kata kunci yang sedang naik daun saat ini, apakah karena berita tertentu atau trend yang muncul secara musiman, dimana anda bisa mausk ke trend tersebut untuk meningkatkan interaksi dan jangkauan Anda secara signifikan.

Terakhir, pantau kinerja kata kunci Anda melalui fitur Tiktok analytics, ,emahami kata kunci yang mendorong kunjungan ke konten atau profil tiktok dapat menginformasikan strategi konten dan memperkuat kehadiran Anda di Tiktok.

cara mempromosikan konten tiktok

Promosikan Konten Tiktok

Tiktok ads tidak hanya dapat membantu untuk mempromosikan konten anda ke jangkauan yang lebih luas, lebih dari itu, anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengenal target audience yang dituju.

Hal ini dilakukan mengingat Tiktok ads memiliki berbagai fitur yang membantu untuk memilih target audience yang sesuai, sehingga anda dapat mengenali target audience yang dituju.

Dengan memilih target audience yang dituju serta melihat hasil yang didapatkan selama promosi, maka akan membantu anda untuk meyakinkan target audience yang sesuai untuk strategi pemasaran.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mempromosikan konten Tiktok anda dengan melakukan kolaborasi promosi dengan influencer tertentu, dimana sebelum melakukan kerjasama, anda perlu mempelajari jenis konten yang mereka gunakan, audience yang dimiliki, cara melakukan interaksi, serta industri yang digeluti.

Dengan melakukan pemilihan influencer secara hati-hati dan melihat hasil promosi yang ditampilkan, maka akan membantu anda memahami apakah target audience tertarik pada produk anda setelah melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like