Cara Menghitung Rate Card TikTok untuk Influencer (2023)

Sudah tau belum, bahwa rate card ini merupakan dokumen penting bagi para influencer ketika mereka menawarkan layanan mereka.

Dokumen ini biasanya digunakan oleh influencer di berbagai platform media digital, termasuk TikTok, tujuannya untuk menentukan rate card TikTok bagi pemula.

Nah, lebih jelasnya mengenai rate card TikTok yuk simak penjelasan berikut!

Apa Itu Rate Card TikTok?

TikTok rate card ini merupakan dokumen yang menguraikan opsi penetapan harga dan iklan yang tersedia di platform TikTok.

Dokumen ini memberikan informasi terperinci tentang berbagai format iklan, opsi penargetan, dan model penetapan harga yang ditawarkan oleh TikTok untuk bisnis dan pengiklan.

Rate card juga memberikan informasi bisnis Anda tentang biaya iklan di TikTok, sehingga mereka dapat merencanakan anggaran iklan secara efektif.

Selain itu, memberikan wawasan tentang potensi jangkauan dan keterlibatan dari berbagai format iklan dan membantu bisnis membuat keputusan yang tepat tentang strategi periklanan mereka di TikTok.

Memahami TikTok Rate Card dapat bermanfaat bagi bisnis yang ingin memanfaatkan platform untuk kampanye pemasaran mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Tujuan Rate Card TikTok yang Digunakan Oleh Influencer dan Klien

TikTok menawarkan fungsi kartu tarif yang menguntungkan influencer dan klien.

Fitur ini memberikan transparansi dan kejelasan dalam penetapan harga, sehingga memudahkan influencer untuk memonetisasi konten mereka dan klien untuk menganggarkan kampanye pemasaran mereka secara efektif.

Untuk influencer, fungsi rate card menghilangkan kebutuhan untuk negosiasi dan menebak-nebak dalam hal penentuan harga kolaborasi dengan brand.

Mereka dapat dengan mudah mengakses rate card dan melihat tarif standar untuk berbagai jenis konten dan tingkat keterlibatan.

Dengan begitu, influencer dapat menetapkan harga yang adil untuk layanan mereka dan memastikan mereka diberi kompensasi yang sesuai untuk pekerjaan mereka.

Di sisi lain, klien dapat menggunakan fungsi rate card untuk menentukan biaya bekerja sama dengan influencer di TikTok.

Mereka dapat membandingkan tarif untuk influencer yang berbeda dan memilih yang sesuai dengan anggaran dan tujuan pemasaran mereka.

Fitur ini menghemat waktu dan tenaga klien dalam menegosiasikan harga dan membantu mereka merencanakan kampanye dengan lebih efisien.

Fungsi kartu tarif juga mempromosikan transparansi dan keadilan dalam industri pemasaran influencer. Ini menetapkan ekspektasi yang jelas untuk influencer dan klien, memastikan bahwa kolaborasi didasarkan pada saling pengertian dan kesepakatan.

Hal ini membantu membangun kepercayaan antara influencer dan klien serta memupuk kemitraan jangka panjang.

Tarif Rate Card TikTok di 2023

Berapa harga yang harus atau dapat dibayar untuk influencer seringkali menjadi topik perdebatan. Aturan praktis dalam industri yang lambat berkembang adalah bahwa harga dapat didasarkan pada jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan.

Faktor lain yang dapat memengaruhi harga termasuk bakat dan akses ke pemirsa khusus. Sementara itu, banyak influencer yang memiliki daftar harga yang mereka gunakan untuk konten yang mereka hasilkan.

Menurut IZEA, biaya rata-rata per TikTok, bergantung pada level influencer, adalah sebagai berikut, hal ini ini dilansir sumber dari kolsquare.

  • Nano influencer (1.000 – 10.000 pengikut): $800 per pos (Jika dirupiah-kan sekitar Rp 12 juta)
  • Mikro influencer (10.000 – 50.000 pengikut): $1.500 per pos (Jika dirupiah-kan sekitar Rp 22 juta)
  • Influencer menengah (50.000 – 500.000 pengikut): $3.000 per pos (Jika dirupiah-kan sekitar Rp 45 juta)
  • Makro pemberi pengaruh (500.000 – 1.000.000 pengikut): $5.000 per pos (Jika dirupiah-kan sekitar Rp 75 juta)
  • Mega influencer (1.000.000+ pengikut): $7.000+ per pos (Jika dirupiah-kan sekitar Rp 106juta).
Tarif Rate Card TikTok di 2023

Pentingnya Menghitung Engagement Rate Di TikTok

TikTok adalah layanan jejaring sosial berbagi video. Ini adalah platform untuk kreativitas dan menawarkan berbagai konten seperti tutorial memasak, dan lain sebagainya.

TikTok ini populer di kalangan pembuat konten dan pemasar. Lalu, bagaimana mengukur kesuksesan Anda di TikTok? Tenang! disini kami kami menggunakan perhitungan engagement rate.

Menurut sumber the influencer marketing factory, engagement rate ini adalah metrik yang menunjukkan tingkat interaksi yang diperoleh konten tertentu dari audiens.

Metrik ini termasuk suka, komentar, bagikan, dan simpan. Engagement rate biasanya dihitung dengan mengambil total keterlibatan seperti suka, komentar, bagikan, dan simpan.

Selain itu, untuk membaginya Anda bisa dengan jumlah tampilan, lalu dikalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.

Cara Menghitung Engagement Rate TikTok

Nah, untuk menghitung engagement rate TikTok sendiri Anda harus menggunakan rumus. Rumusnya cukup mudah dan dapat ditulis sebagai berikut:

[(Jumlah suka + jumlah komentar + jumlah bagikan + jumlah penyimpanan) / jumlah tampilan] X 100

Contohnya, sebagai berikut :

[(1.300.000 + 1.991 + 18.400 + 189.900) / 13.900.000] X 100 = 10,86% untuk konten tertentu (lihat di bawah)

Dan jika Anda ingin menghitung engagement rate TikTok untuk seluruh profil, maka Anda dapat mengambil keseluruhan metrik suka dan komentar dari 20 konten terakhir yang diunggah dan membaginya dengan jumlah tampilan gabungan dan Anda bisa kalikan dengan 100.

Mengapa Engagement Rate Penting di TikTok

  • Mengidentifikasi Konten yang Berhasil: Dengan memantau secara cermat tingkat keterlibatan, pembuat konten dan merek dapat mengidentifikasi apa yang selaras dengan audiens mereka. Apakah video dance mendorong lebih banyak interaksi? Atau itu sandiwara lucu? Mengetahui apa yang berhasil membantu dalam membuat konten yang lebih bertarget dan menarik.
  • Meningkatkan Brand Awareness: Untuk bisnis, tingkat keterlibatan yang lebih tinggi sering berarti visibilitas merek yang lebih besar. Ini menandakan bahwa konten tersebut tidak hanya menjangkau penonton tetapi juga melibatkan mereka, mengubah penonton biasa menjadi pelanggan potensial.
  • Kompatibilitas Algoritma: Algoritme TikTok mendukung konten dengan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. Memahami cara meningkatkan angka ini dapat menghasilkan jangkauan yang lebih luas dan konten yang berpotensi menjadi viral.
  • Membantu Peluang Kolaborasi dan Sponsor: Tingkat keterlibatan yang tinggi dapat menarik kreator dan merek lain untuk berkolaborasi. Merek sering mencari influencer dengan tingkat keterlibatan yang kuat sebagai tanda pengikut yang autentik dan terlibat.
  • Analisis Pemasaran Hemat Biaya: Menghitung tingkat keterlibatan adalah cara hemat biaya untuk menganalisis kinerja kampanye pemasaran. Ini membantu dalam menyesuaikan strategi dan membuat keputusan tanpa harus berinvestasi dalam alat mahal atau layanan profesional.

Cara Menentukan Rate Card TikTok

Mencari tahu rate card TikTok bisa sangat membingungkan, terutama jika Anda baru mengenal platform ini. Tetapi jangan khawatir, dengan sedikit riset dan perencanaan strategis, Anda bisa menjelajahi dunia periklanan TikTok layaknya seorang profesional.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membantu Anda menentukan rate card TikTok untuk pemula. yuk simak berikut!

1. Mengetahui Jumlah Followers

Jika Anda mengetahui jumlah pengikut yang Anda miliki, maka Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang nilai yang Anda berikan.

Berikut ini cara untuk menentukan TikTok rate card Anda:

  • Ketahui jumlah pengikut Anda: Langkah pertama adalah mengetahui berapa banyak pengikut yang Anda miliki di TikTok. Ini akan memberi Anda titik awal untuk menilai jangkauan dan potensi pengaruh Anda.
  • Analisis metrik keterlibatan: Meskipun jumlah pengikut itu penting, itu bukan satu-satunya faktor yang menentukan nilai Anda. Lihatlah metrik keterlibatan Anda, seperti suka, komentar, dan berbagi. Metrik ini dapat membantu Anda mengukur seberapa aktif dan berdedikasi audiens Anda.
  • Teliti standar industri: Sangat penting untuk melakukan riset pasar untuk memahami tarif tipikal influencer dengan perintah jumlah pengikut yang serupa. Lihatlah pengguna TikTok lain yang memiliki ukuran audiens, tingkat keterlibatan, dan ceruk pasar yang serupa dengan Anda. Ini akan memberi Anda tolok ukur untuk menetapkan tarif Anda.
  • Pertimbangkan niche dan keahlian Anda: Pikirkan tentang ceruk atau keahlian khusus yang Anda tawarkan di TikTok. Jika Anda memiliki pengetahuan atau keterampilan khusus yang sangat diminati, Anda dapat membenarkan untuk mengenakan tarif yang lebih tinggi. Proposisi nilai unik Anda dapat membedakan Anda dari influencer lain.
  • Menilai kemitraan merek: Tentukan nilai yang dapat diperoleh merek dari bermitra dengan Anda. Pertimbangkan potensi jangkauan dan keterlibatan yang dapat diberikan oleh konten TikTok Anda kepada audiens target mereka. Semakin bernilai platform Anda, semakin tinggi tarif Anda.
  • Mulailah dengan tarif yang masuk akal: Sebagai pemula, penting untuk menetapkan tarif yang masuk akal yang sesuai dengan pengalaman dan nilai Anda. Jangan meremehkan diri Anda sendiri, tetapi juga bersikaplah realistis tentang posisi Anda di pasar. Lebih baik memulai dengan tarif yang kompetitif dan secara bertahap meningkatkannya seiring dengan bertambahnya jumlah pengikut dan reputasi Anda.
  • Bersikaplah terbuka terhadap negosiasi: Ingatlah bahwa TikTok Rate Card tidak ditetapkan secara pasti. Merek dan agensi dapat menegosiasikan tarif berdasarkan berbagai faktor seperti persyaratan kampanye, hasil, dan batasan anggaran. Bersikaplah fleksibel dan terbuka untuk berdiskusi sambil memastikan bahwa Anda tidak menjual terlalu rendah.

Ingat, membangun karier influencer yang sukses di TikTok membutuhkan waktu dan usaha. Fokuslah untuk membuat konten berkualitas tinggi, berinteraksi dengan audiens Anda, dan tingkatkan jumlah pengikut Anda secara organik.

Saat profil TikTok Anda mendapatkan daya tarik, Anda akan memiliki lebih banyak pengaruh untuk menetapkan tarif yang lebih tinggi dan mengamankan kemitraan merek yang menguntungkan.

Mengetahui Jumlah Followers tiktok

2. Pastikan Mitra Merek Anda Memiliki Pemirsa yang Terlibat

Ketika bermitra dengan merek di TikTok, sangat penting untuk memastikan bahwa calon mitra merek Anda memiliki audiens yang terlibat.

Tetapi bagaimana tepatnya Anda menentukan rate card TikTok untuk pemula? Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari kemitraan Anda?

Nah, pertama Anda harus memahami bahwa TikTok adalah platform yang digerakkan oleh konten buatan para pengguna. Artinya, engagement adalah kuncinya.

Sesuai Carilah influencer yang memiliki jumlah followers yang tinggi, tetapi yang lebih penting lagi, perhatikan engagement rate mereka.

Selain itu, pertimbangkan ceruk atau industri tempat influencer beroperasi. Apakah konten dan audiens mereka relevan dengan merek Anda?

Carilah influencer yang memiliki target audiens yang selaras dengan target pasar merek Anda. Hal ini akan memastikan bahwa pesan Anda menjangkau orang yang tepat dan beresonansi dengan mereka.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kemitraan merek influencer di masa lalu. Apakah mereka pernah bekerja sama dengan merek lain di masa lalu? Jika ya, apa hasil dari kemitraan tersebut?

Carilah influencer yang memiliki rekam jejak kolaborasi yang sukses. Hal ini dapat menjadi indikasi profesionalisme dan kemampuan mereka untuk memberikan hasil.

Terakhir, jangan takut untuk bernegosiasi dan mendiskusikan tarif dengan calon mitra merek Anda. rate card TikTok untuk pemula dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jumlah pengikut, engagement rate, dan ceruk pasar.

Bersikaplah transparan tentang anggaran dan ekspektasi Anda, dan bekerja sama untuk menemukan kesepakatan yang saling menguntungkan.

2. Ketahui Demografi Followers

Memahami demografi followers TikTok Anda sangat penting untuk menentukan rate card Anda sebagai pemula. Mengetahui siapa audiens Anda akan membantu menetapkan harga yang sesuai untuk konten Anda dan menarik kemitraan merek potensial.

Untuk menentukan demografi pengikut Anda, mulailah dengan menganalisis analisis TikTok Anda. Ini akan memberi Anda wawasan berharga seperti rentang usia, jenis kelamin, dan lokasi audiens Anda.

Setelah Anda memiliki informasi ini, Anda dapat menggunakannya untuk membuat rate card yang sesuai dengan nilai yang Anda berikan kepada merek.

Misalnya, jika pengikut Anda terutama berada dalam rentang usia 18-24 tahun, Anda mungkin ingin menetapkan tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan jika pengikut Anda berada dalam rentang usia 25-34 tahun.

Penting juga untuk mempertimbangkan minat dan preferensi pengikut Anda. Apakah mereka tertarik dengan konten fashion, kecantikan, atau gaya hidup?

Memahami minat mereka akan membantu Anda menarik kemitraan merek yang relevan dan menegosiasikan tarif yang adil.

Sebagai pemula, penting untuk bersikap fleksibel dengan tarif Anda. Pertimbangkan untuk menawarkan harga perkenalan atau paket diskon untuk menarik merek dan membangun portofolio Anda.

Ingat, menentukan kartu tarif TikTok Anda adalah proses yang berkelanjutan. Seiring dengan bertambahnya pengikut Anda dan perkembangan konten Anda, Anda mungkin perlu menyesuaikan tarif Anda.

Tetap ikuti perkembangan tren TikTok dan sesuaikan kartu tarif Anda untuk mencerminkan nilai yang Anda berikan kepada merek.

Dengan memahami demografi pengikut Anda dan terus mengevaluasi tarif Anda, Anda akan menuju kesuksesan sebagai pembuat konten TikTok.

Teruslah belajar, bereksperimen, dan sempurnakan pendekatan Anda, dan Anda akan membuka potensi TikTok yang sebenarnya untuk merek Anda.

3. Ketahui Engagement dan Reach

Menentukan kartu tarif TikTok untuk pemula bisa menjadi tantangan, tetapi dengan pengetahuan yang tepat, Anda dapat menavigasi platform ini secara efektif. Dalam hal TikTok, keterlibatan dan jangkauan adalah faktor kunci dalam menentukan nilai konten.

Memahami tingkat keterlibatan sangat penting dalam mengukur keefektifan strategi pemasaran TikTok Anda. Tingkat ini mengukur tingkat interaksi yang diterima konten Anda, seperti suka, komentar, dan berbagi.

Semakin tinggi engagement rate, semakin berharga konten Anda bagi calon pengiklan.

Jangkauan, di sisi lain, mengacu pada jumlah pengguna unik yang melihat konten Anda. Penting untuk mempertimbangkan kuantitas dan kualitas jangkauan Anda.

Jangkauan yang besar memang bermanfaat, tetapi jika audiens tidak relevan dengan target pasar Anda, hal itu mungkin tidak menghasilkan nilai yang signifikan.

Untuk menentukan kartu tarif TikTok, Anda perlu menganalisis metrik keterlibatan dan jangkauan Anda.

Cari pola dalam konten Anda yang beresonansi dengan audiens Anda dan menghasilkan keterlibatan yang tinggi. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi jenis konten yang paling berharga bagi pengiklan.

Selain itu, pertimbangkan demografi dan minat audiens Anda. Pengiklan sering kali mencari target pasar yang spesifik, jadi jika konten Anda sesuai dengan audiens yang mereka inginkan, maka konten tersebut akan lebih bernilai.

Sebagai pemula, penting untuk memulai dari yang kecil dan secara bertahap meningkatkan tarif Anda saat Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pengikut yang lebih besar.

Akan sangat membantu jika Anda meneliti standar industri dan membandingkan tarif Anda dengan pembuat konten serupa di niche Anda.

Ingat, menentukan kartu tarif TikTok bukanlah pendekatan satu ukuran untuk semua. Ini membutuhkan pemantauan dan penyesuaian berkelanjutan berdasarkan kinerja konten Anda dan kebutuhan audiens serta pengiklan potensial.

Dengan memahami pentingnya keterlibatan dan jangkauan, menganalisis metrik Anda, dan tetap terinformasi tentang standar industri, Anda dapat secara efektif menentukan kartu tarif TikTok untuk pemula dan memaksimalkan nilai konten Anda di platform.

4. Manfaatkan Kalkulator Kartu Tarif TikTok.

Menentukan rate card TikTok untuk pemula bisa jadi sangat membingungkan, tetapi tidak harus begitu. Dengan bantuan kalkulator kartu tarif TikTok, Anda dapat dengan mudah menghitung tarif untuk kampanye TikTok Anda.

Berikut beberapa langkah untuk memandu Anda melalui prosesnya:

  • Teliti dan pahami audiens target Anda: Sebelum Anda dapat menentukan kartu tarif TikTok, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens target Anda. Siapa mereka? Apa minat mereka? Informasi ini akan membantu Anda mengidentifikasi influencer yang tepat untuk berkolaborasi.
  • Gunakan kalkulator kartu tarif TikTok: Ada beberapa kalkulator kartu tarif TikTok yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda memperkirakan tarif untuk kampanye Anda. Kalkulator ini memperhitungkan faktor-faktor seperti jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, dan niche influencer.
  • Tentukan anggaran Anda: Setelah Anda memiliki gambaran tentang tarif untuk influencer di ceruk pasar Anda, Anda perlu menentukan anggaran Anda. Berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk kampanye TikTok Anda? Ini akan membantu Anda mempersempit pilihan Anda dan memilih influencer yang sesuai dengan kisaran anggaran Anda.
  • Hubungi influencer: Setelah memilih influencer yang sesuai dengan target audiens dan anggaran Anda, hubungi mereka dan diskusikan tarif untuk kampanye Anda. Ingatlah bahwa tarif dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti ruang lingkup pekerjaan, eksklusivitas, dan durasi kemitraan.
  • Negosiasikan dan selesaikan tarifnya: Saat bernegosiasi dengan influencer, bersiaplah untuk mendiskusikan tujuan kampanye Anda dan apa yang Anda harapkan dari kemitraan. Hal ini akan membantu Anda menemukan titik temu dan menyelesaikan tarif yang sesuai untuk kedua belah pihak.
  • Lacak dan analisis hasilnya: Setelah kampanye TikTok Anda ditayangkan, pastikan untuk melacak dan menganalisis hasilnya. Ini akan membantu Anda memahami keefektifan kampanye Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk kampanye di masa mendatang.

Menentukan rate card TikTok untuk pemula mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi dengan bantuan kalkulator kartu tarif TikTok dan penelitian yang tepat, Anda dapat menavigasi prosesnya dengan mudah.

Ingatlah untuk memprioritaskan audiens target Anda, menetapkan anggaran, dan berkolaborasi dengan influencer yang selaras dengan tujuan kampanye Anda.

5. Tentukan Kebijakan Secara Lengkap

Menentukan rate card TikTok untuk pemula bisa menjadi tugas yang menakutkan. Tetapi dengan sedikit panduan, Anda bisa menavigasi prosesnya dan memahami kebijakan lengkapnya.

Pertama, penting untuk memahami bahwa rate card adalah dokumen yang menguraikan struktur harga untuk beriklan di TikTok.

Dokumen ini memberikan informasi tentang berbagai format iklan yang tersedia, biayanya, dan biaya atau persyaratan tambahan apa pun.

Untuk menentukan rate card, mulailah dengan mengidentifikasi tujuan dan anggaran iklan Anda. Ini akan membantu Anda mempersempit format iklan yang sesuai dengan tujuan Anda.

Selanjutnya, biasakan diri Anda dengan berbagai format iklan yang ditawarkan oleh TikTok. Ini termasuk iklan dalam umpan, pengambilalihan merek, tagar bersponsor, dan efek bermerek. Setiap format memiliki struktur harga dan persyaratannya sendiri.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang format iklan, tinjau rate card yang disediakan oleh TikTok. Dokumen ini akan menguraikan harga untuk setiap format, termasuk persyaratan pembelanjaan minimum atau biaya tambahan.

Pertimbangkan anggaran dan tujuan Anda saat meninjau kartu tarif. Tentukan format iklan mana yang sesuai dengan tujuan Anda dan sesuai dengan anggaran Anda.

Penting juga untuk mempertimbangkan target audiens dan demografi yang ditawarkan TikTok. Ini akan membantu Anda menentukan apakah platform ini cocok untuk kebutuhan iklan Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan klarifikasi, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan periklanan TikTok. Mereka dapat memberikan panduan dan bantuan lebih lanjut dalam menentukan kartu tarif.

Ingat, menentukan rate card TikTok untuk pemula adalah proses yang membutuhkan penelitian dan pertimbangan yang cermat.

Luangkan waktu untuk memahami kebijakan lengkap dan membuat keputusan berdasarkan tujuan dan anggaran iklan Anda.

Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat berhasil menavigasi lanskap periklanan TikTok dan menjangkau audiens target Anda secara efektif.

6. Tentukan Cost per View

Menghitung biaya per tayangan di TikTok bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi pemula. Namun, dengan sedikit panduan, Anda bisa menavigasi prosesnya dan membuat keputusan yang tepat.

Berikut ini beberapa langkah untuk membantu Anda menentukan kartu tarif TikTok dan menghitung biaya per tayangan:

  • Pahami algoritme TikTok: Algoritme TikTok menentukan video mana yang ditampilkan kepada pengguna. Penting untuk memahami cara kerja algoritme untuk memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan Anda. Faktor-faktor seperti kualitas video, tingkat keterlibatan, dan relevansi berperan dalam menentukan visibilitas video Anda.
  • Tentukan target audiens Anda: Sebelum menentukan biaya per penayangan, Anda perlu mengidentifikasi target pemirsa Anda. Siapa yang ingin Anda jangkau dengan iklan TikTok Anda? Memahami demografi, minat, dan perilaku audiens Anda akan membantu Anda membuat kampanye yang lebih efektif dan bertarget.
  • Jelajahi format iklan TikTok: TikTok menawarkan berbagai format iklan, termasuk iklan dalam feed, tantangan tagar bermerek, efek bermerek, dan banyak lagi. Setiap format memiliki struktur harga dan biaya per tayangannya sendiri. Biasakan diri Anda dengan format ini dan pilih salah satu yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda.
  • Tetapkan anggaran: Tentukan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk iklan TikTok. Ini akan membantu Anda mempersempit pilihan dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang biaya per tayangan. Ingatlah untuk mengalokasikan anggaran Anda dengan bijak dan pertimbangkan potensi laba atas investasi.
  • Teliti tolok ukur industri: Untuk menentukan biaya per tayangan yang masuk akal, penting untuk meneliti tolok ukur industri. Lihatlah berapa yang dibayar pengiklan lain untuk format iklan dan opsi penargetan serupa. Ini akan memberi Anda garis dasar untuk membandingkan biaya dan mengevaluasi daya saing kampanye Anda.
  • Uji dan optimalkan: Setelah Anda mulai menjalankan iklan TikTok, pantau kinerjanya dengan cermat dan lakukan penyesuaian yang diperlukan. Uji berbagai kreasi iklan, opsi penargetan, dan strategi tawaran untuk mengoptimalkan kampanye Anda dan meningkatkan biaya per tayangan.
  • Lacak dan analisis hasil: Gunakan alat analisis TikTok untuk melacak kinerja iklan Anda dan mengukur biaya per tayangan. Perhatikan metrik seperti tayangan, rasio klik-tayang, rasio keterlibatan, dan konversi. Data ini akan membantu Anda mengevaluasi keefektifan kampanye Anda dan membuat keputusan berdasarkan data.

Ingat, menentukan kartu tarif TikTok dan menghitung biaya per tayangan adalah proses yang berkelanjutan.

Seiring bertambahnya pengalaman dan pengumpulan data, Anda akan dapat menyempurnakan strategi dan mencapai hasil yang lebih baik.

Tetaplah ingin tahu, terus belajar, dan sesuaikan pendekatan Anda berdasarkan wawasan yang Anda kumpulkan di sepanjang jalan.

 Tentukan Cost per View

7. Buat Kartu Tarif dengan Desain yang Menarik

Membuat TikTok rate card untuk pemula membutuhkan desain yang sederhana dan informatif. Untuk membuatnya menarik, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Gunakan tata letak yang bersih dan minimalis. Hindari desain yang berantakan yang dapat membingungkan calon klien. Jaga agar informasi tetap teratur dan mudah dibaca.
  • Cantumkan detail penting seperti nama, informasi kontak, dan media sosial Anda. Ini akan memudahkan klien untuk menghubungi Anda.
  • Soroti layanan dan tarif Anda dengan jelas. Gunakan poin-poin penting atau kalimat pendek untuk menyampaikan informasi secara ringkas. Hindari menggunakan bahasa yang rumit atau jargon yang mungkin sulit dimengerti oleh pemula.
  • Tambahkan visual untuk membuat Rate Card Anda menarik secara visual. Anda bisa menyertakan logo, gambar yang relevan, atau tangkapan layar hasil karya Anda. Ini akan membantu calon klien memvisualisasikan apa yang dapat Anda tawarkan.
  • Gunakan warna yang mewakili merek Anda atau menarik perhatian. Namun, hindari menggunakan terlalu banyak warna atau pola yang berlebihan. Tetaplah pada skema warna sederhana yang mudah dilihat.
  • Jaga agar Rate Card tetap ringkas dan fokus. Hindari memasukkan informasi yang tidak perlu atau deskripsi yang panjang. Tetaplah berpegang pada detail penting yang perlu diketahui oleh calon klien.
  • Periksa kembali Rate Card Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Kesalahan dapat membuat Anda terlihat tidak profesional dan dapat membuat calon klien enggan.

Ingatlah, tujuan dari rate card Anda adalah untuk memberikan informasi yang jelas dan ringkas kepada calon klien. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membuat rate card yang menarik dan efektif yang akan membantu Anda menarik klien di TikTok.

Jenis Kemitraan Influencer di TikTok

Setiap jenis kemitraan brand influencer memiliki manfaat dan biaya, jadi penting untuk memilih dengan bijak untuk membangun kemitraan yang langgeng dan efektif dengan influencer yang berfokus pada brand.

Berikut jenis kemitraan influencer di TikTok:

  • Pemasaran afiliasi: Jenis kemitraan ini adalah model berbasis komisi di mana pemberi pengaruh mempromosikan produk atau layanan merek dan menerima komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan dari rekomendasi mereka. Tarif komisi dapat bervariasi dan biasanya berkisar antara 5% hingga 50%, tergantung pada influencer dan mereknya.
  • Duta merek: Ini adalah kemitraan jangka panjang di mana influencer secara teratur membagikan konten tentang merek dan produknya. KOL cepat atau lambat akan dikaitkan dengan merek, jadi penting untuk memilihnya dengan bijak. Tiga cara untuk mengubah influencer menjadi duta merek Anda adalah:
  • Konten bersponsor: Biasanya, influencer membuat foto atau video dan menyebutkan merek atau produk, baik di postingan maupun di deskripsi.
  • Pemberian Hadiah: Beberapa merek mengirimkan produk influencer dengan harapan mendapat kiriman yang positif. Pemberian hadiah adalah cara yang hemat biaya untuk terlibat dengan nano- dan mikro-influencer, tetapi mungkin tidak menarik bagi influencer yang lebih besar. Baca dasar-dasar pemberian hadiah gratis untuk influencer.
  • Pengambilalihan saluran: Ini adalah saat influencer membuat konten untuk akun merek untuk jangka waktu tertentu. Merek harus mempertimbangkan dengan hati-hati berbagai jenis postingan yang terkait dengan pengambilalihan, tarif KOL per jam untuk penjadwalan, dan potensi jumlah pengikut baru melalui kemitraan.

Nah, itu dia penjelasan mengenau rate card untuk TikTok. Semoga dengan artikel ini Anda bisa lebih paham!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like