Sebagai seorang kreator tiktok, anda tidak hanya dituntut untuk membuat konten yang menarik untuk memikat target audience, namun penting juga bagi anda untuk membuat profil tiktok yang terlhat meyakinkan.
Tampilan profil tiktok yang meyakinkan ini nantinya akan membuat tampilan akun anda terlihat lebih profesional, sehingga menarik minat pengguna tiktok untuk mengikuti akun anda serta meningkatkan kredibilitas di mata brand tertentu yang hendak melakukan kerjasama dengan akun anda.
Sayangnya, tidak banyak kreator yang mengetahui kekuatan profil tiktok, sehingga membuat tampilan profil yang biasa saja sehingga membuat pengguna tiktok merasa ragu untuk mengikuti akun mereka karena tampilan akun yang kurang meyakinkan.
Karenanya untuk mengisi celah tersebut, anda bisa membuat profil tiktok yang menarik dan membuat akun anda terlihat meyakinkn di mata pengguna tiktok dan brand yang diinginkan.
Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif
Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat melakukan optimasi profil tiktok yang terlihat profesional adalah dengan memilih foto profil yang menarik, dimana anda bisa memilih foto profil yang menampilkan diri anda dengan baik, sehingga pengguna tiktok dapat mengetahui kreator yang membuat konten yang mereka sukai serta menjadi daya tarik untuk mengikuti akun anda.
Pilihlah foto diri yang memiliki resolusi yang baik serta tidak terlihat buram, sehingga mudah dilihan oleh pengguna tiktok.
Selain menggunakan foto profil diri sendiri, anda juga bisa menggunakan logo nama atau brand yang anda kembangkan, dimana penggunaan logo yang tepat akan membuat akun tiktok anda terlihat profesional di mata pengguna tiktok yang memiliki minat topik yang sama dengan akun anda.
Namun, apabila anda membuat konten tiktok tanpa wajah, maka anda juga bisa menggunakan profil tiktok tanpa menampilkan diri anda, sehingga selaras dengan brand image yang anda tampilkan di Tiktok.
Pilihlah foto profil yang dapat merepresentasikan konten anda dengan baik, misalnya saja anda membuat konten tiktok yang berisi foto pemandangan, maka anda bisa memilih foto profil dengan tema yang sama sehingga terlihat selaras antara profil dengan konten yang anda miliki.
Anda juga bisa mengganti foto profil anda sesuai dengan tema atau musim tertentu, sehingga anda bisa mengikuti topik trend yang banyak diperbincangkan oleh pengguna tiktok saat ini dan menjadi ciri khas akun tiktok yang tidak dimiliki oleh kreator laiin yang bergerak di bidang yang sama.
Saat melihat konten tiktok dari akun yang sama berulang kali, anda mungkin tertarik untuk mengikuti akun tersebut karena mereka memiliki minat yang sama dengan anda.
Sayangnya, beberapa penguna tiktok mungkin mengurungkan niat untuk mengikuti akun tiktok tertentu karena biodata akun tiktok kreator yang kurang jelas sehingga tidak terlihat profesional.
Padahal memiliki biodata akun yang informatif akan membuat akun anda terlihat profesional dan menarik minat bagi pengguna tiktok untuk mengikuti akun anda.
Anda bisa memulai untuk membuat biodata akun tiktok yang informatif dengan menjelaskan topik yang anda bahas di tiktok, apakah mengenai pengembangan diri atau membagikan resep masakan yang mudah dibuat, dengan menjelaskan topik yang hendak dibahas di Tiktok, maka akan membantu pengguna tiktok untuk memahami isi konten anda dengan mudah dan menjadi daya tarik untuk mengikuti akun anda.
Tidak hanya itu, penggunaan kata kunci yang tepat untuk mendeskripsikan isi topik anda akan membantu visibilitas akun anda, sehingga akun tiktok lebih mudah ditemukan menggunakan kata kunci di halaman pencarian.
Penggunaan kata kunci yang relevan dengan isi topik penting untuk dilakukan dalam optimasi profil tiktok untuk mendapatkan pengikut yang memiliki minat yang sama dengan konten anda sehingga membangun pengikut yang royal dan loyal.
Tiktok tidak hanya menjad sosial media yang menyajikan berbagai konten video yang menarik dengan topik yang berbeda sesuai keinginan penggunanya, lebih dari itu, anda juga bisa menggunakan Tiktok sebagai media informasi dalam waktu cepat melalui halaman pencarian.
Sehingga tidak mengherankan apabila banyak pengguna tiktok yang mencari informasi di halaman pencarian untuk mendapatkan hasil informasi yang diinginkan.
Kebiasaan baru ini juga bisa dimanfaatkan oleh kreator tiktok untuk menggunakan kata kunci yang relevan untuk optimasi profil tiktok atau konten yang dimiliki.
Karenanya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan kata kunci yang relevan di profil atau konten tiktok.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menentukan dan menggunakan kata kunci yang relevan adalah melakukan analisa kata kunci tertebih dahulu.
Kegiatan ini dilakukan mengingat sebuah topik biasanya memiliki sejumlah kata kunci yang beragam, sehingga anda perlu memilih kata kunci terbaik yang biasa digunakan oleh pengguna tiktok untuk mendapatkan hasil kinerja konten yang lebih maksimal.
Anda bisa melakukan kegiatan tersebut dengan menggunakan website analisa kata kunci tertentu yang memberikan informasi mengenai jumlah pengunjung kata kunci dalam jangka waktu tertentu.
Dimana ini akan memberikan anda pertimbangan untuk menggunakan kata kunci tertentu berdasarkan jumlah pengunjung.
Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan analisa kata kunci secara manual menggunakan halaman pencarian tiktok, dimana mereka memberikan rekomendasi kata kunci yang lebih panjang, sehingga bisa dijadikan referensi ide konten berdasarkan hasil pencarian akhir-akhir ini.
Anda juga bisa melakukan analisa kata kunci dengan melihat sejumlah keyword yang digunakan oleh kompetitor lain di konten atau caption mereka.
Dimana ini bisa menjadi ide konten yang menarik dan anda bisa mengisi celah konten mereka dengan sudut pandang yang berbeda namun masih relevan.
Penggunaan kata kunci yang sesuai di caption tiktok juga akan membantu konten anda berada di hasil pencarian karena dinaikkan oleh algoritma tiktok.
Sehingga penting bagi anda untuk menggunakan kata kunci yang relevan di profil atau konten untuk mendapatkan optimasi konten yang lebih baik.
Anda juga perlu melakukan analisa kata kunci secara rutin untuk mengetahui apakah kata kunci yang digunakan masih memiliki kinerja yng baik atau perlu diubah karena performanya yang terus menurun, sehingga anda perlu menggunakan keyword lain yang memiliki kinerja yang lebih baik.
Setelah melakukan analisa kata kunci berdasarkan topik yang relevan, maka inilah saatnya untuk menggunakan kata kunci yang dipilih di profil tiktok.
Penyematan kata kunci yang relevan di profl tiktok akan membantu akun anda lebih mudah ditemukan pengguna tiktok yang ingin mencari akun yang memiliki minat yang sama, dimana ini akan menguntungkan anda untuk mendapatkan pengikut yang royal.
Gunakan juga beberapa kata kunci yang dapat mendeskripsikan konten anda dengan baik sehingga dapat membantu untuk mendapatkan optimasi profil tiktok yang lebih maksimal.
Contohnya saja, apabila anda ingin membuat akun tiktok dengan topik pengembangan diri, maka anda bisa mengggunakan kata kunci “self improvement” di bagian deskripsi tiktok, sehingga akan memudahkan pengguna tiktok yang memiliki minat yang sama.
selain menggunakan kata kunci di profil tiktok, pentng juga untuk menggunakan strategi yang serupadi konten tiktok yang dimiliki
Pendekatan ini dilakukan agar konten anda mudah ditemukan oleh pengguna tiktok yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, sehingga konten anda mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak dan interaksi yang lebih tinggi.
Meskipun begitu, anda tidak bisa sembarangan dengan menambahkan kata kunci di konten tiktok, namun anda juga perlu melakukan analisa terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal.
Pertama, anda perlu melakukan analisa kata kunci yang selaras dengan isi konten dan memiliki jumlah pengunjung yang tinggi.
Cara ini dilakukan agar konten anda mendapatkan jumlah penonton dan pengunjung konten yang lebih banyak berdasarkan pencarian kata kunci di tiktok.
Gunakan juga website analisa kata kunci untuk mengetahui kata kunci yang memiliki jumlah pengunjung yang lebih tinggi dalam jangka waktu tertentu.
Kegiatan analisa kata kunci ini juga bisa dilakukan dengan melakukan pencarian di halaman pencarian atau melihat kata kunci yang digunakan oleh kompetitor untuk mendapatkan ide konten yang menarik dan sedang trending, sehingga anda bisa membuat konten dengan pendekatan yang berbeda.
Kemudian setelah menemukan kata kunci yang sesuai, maka gunakan keyword tersebut di caption atau deskripsi video, sehingga algoritma tiktok dapat menemukan konten anda dan disesuaikan dengan minat target audience yang memiliki minat yang serupa.
Sebagai seorang content creator, anda mungkin tidak hanya membuat konten di satu sosial media saja, namun juga menyebar di platform lain dan memiliki topik dan jenis konten yang sama.
Sehingga untuk mengembangkan akun sosial media anda secara bersamaan, maka anda bisa mengenalkan akun anda ke Tiktok dengan menggunakan fitur tautan di profil tiktok.
Tidak hanya itu, penggunaan fitur tautan ini juga bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk afiliasi yang dimiliki sehingga bisa menambahkan penghasilan dari internet. Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan tautan yang sesuai di profil tiktok.
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan fitur tautan di sosial media adalah menambahkan akun sosial media di profil tiktok.
Cara ini dilakukan untuk mengenalkan akun sosial media lain yang anda miliki sehingga bisa meningkatkan jumlah pengikut secara signifikan.
Namun, tempat yang terbatas membut anda perlu berifikir ulang untuk menambahkn tautan ke sosial media, caranya adalah dengan menggunakan website pembuatan link bio yang memungkinkan anda untuk menambahkan beberapa tautan sosial media dalam satu tempat.
Dengan tampilan kustom yang menarik dan mudah diakses, maka akan memudahkan pengunjung untuk mengunjungi akun sosial media anda dan menambah jumlah pengikut secara signifikan.
Selain menggunakan fitur tautan untuk menambahkan akun sosial media, anda juga bisa menggunakan layanan tersebut untuk menambahkan contact person.
Dimana penambahan contact person ini akan membantu brand yang ingin melakukan kolaborasi dengan anda, sehingga membuka peluang untuk menambah pendapatan dari internet.
Gunakan tautan yang mudah diakses sehingga memudahkan brand tersebut untuk menghubungi anda dan melakukan kerjasama kolaborasi konten yang menguntungkan.
Salah satu alasan pengguna tiktok mengunjungi profil tiktok anda adalah memiliki konten yang berkualitas, sehingga mereka tertarik untuk melihat konten lain yang anda tawarkan.
Sehingga untuk meningkatkan jumlah pengunjung di profil tiktok, anda juga bisa membuat konten yang berkualitas dan menjadi daya tarik bagi akun anda.
Pertama, anda bisa memulainya dengan memahami topik yang hendak dibahas, pastikan topik tersebut sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki, sehingga anda memiliki semangat lebih untuk membuat konten yang berkualitas melalui riset yang mendalam.
Kedua adalah gunakan jenis konten tiktok yang beragam, apakah menggunakan pendekatan story telling, komedi, atau edukasi? pilihlah salah satu jenis konten yang sesuai dengan ciri khas anda sehingga memudahkan untuk diingat oleh pengguna tiktok dengan pendekatan yang dimiliki.
Ketiga adalah gunakan tipe konten tiktok yang tersedia, mulai dari konten video, carousel, atau duet dan stitch yang bisa anda manfaatkan untuk membuat konten yang beragam dan unik.
Pengembangan konten tiktok yang baik dan menarik tentunya membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok, namun setelah anda berhasil menmukan ciri khas konten, maka video anda akan lebih mudah dikenali oleh pengguna tiktok dan mendapatkan kunjungan profil tiktok yang lebih banyak.
Dalam membuat konten tiktok, anda mungkin tidak hanya membahas satu jenis konten saja, namun berbagai topik untuk menghibur penonton yang dimiliki, namun dengan banyaknya konten yang dimiliki, mungkin ini akan membingungkan penonton yang ingin melihat satu jenis konten saja.
Sehingga, untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa membagikan konten anda ke kategori tertentu, dimana ini akan memudahkan pengguna tiktok yang hanya ingin melihat satu jenis topik saja.
Memasukkan konten ke kategori tertentu juga akan memudahkan algoritma tiktok untuk merayapi konten anda untuk ditujukan ke target audience yang memiliki minat yang serupa.
Penggunaan kategori untuk konten juga akan membuat halaman profil tiktok terlihat lebih rapi serta memudahkan pengguna tiktok yang ingin melihat konten dengan topik tertentu saja.
Saat membuat akun tiktok, penting bagi anda untuk membuat nama akun yang mudah diingat oleh pengguna tiktok, ini dilakukan agar akun anda mudah dicari di halaman pencarian tiktok sehingga mudah dicari menggunakan kata kunci tertentu.
Di samping itu, anda juga perlu memiliki nama akun yang unik dan berbeda dibandingkan kompetitor lain yang memiliki nama yang sama dan bergerak di bidang yang sama di industri yang anda geluti saat ini.
Anda bisa membuat nama akun tiktok menggunakan nama asli, dimana ini akan memudahkan anda yang telah memiliki reputasi yang baik di sosial media lainnya, sehingga akan memudahkan penggemar untuk mengikuti akun tiktok anda.
Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan ciri khas khusus yang tidak dimiliki oleh akun tiktok, dimana ini akan memberikan keunikan pada akun anda dan mudah ditemukan menggunakan kata kunci yang sesuai.
Pastikan juga untuk tidak salah menuliskan nama akun tiktok yang menyebabkan nama akun anda sulit dicari sebab berbeda dengan nama akun sosial media lain yang anda miliki.
Saat mengembangkan akun tiktok, anda mungkin akan memiliki jumlah pengikut yang masih sedikit karena masih belum banyak orang yang mengenal akun anda.
Selain mengembangkan akun tiktok yang dimiliki dengan konten yang menarik, anda juga perlu melakukan kolaborasi dengan influencer lain yang bergerak di bidang yang sama agar akun anda dikenal oleh banyak orang.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kolaborasi dengan influencer yang dapat membantu untuk mengembangkan akun tiktok.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok adalah memanfaatkan fitur duet atau stitch, dimana anda bisa memberikan komentar pada konten yang sedang trend sehingga jangkauan konten anda menjadi lebih luas dan menyasar target audience yang tepat.
Cara menggunakan fitur stitch untuk kolaborasi konten juga cukup mudah, dimana anda hanya perlu menemukan konten trend yang menarik di beranda tiktok anda, kemudian rancang balasan konten tiktok yang menarik untuk menjadi ide konten yang menarik.
Dengan memberikan balasan konten yang menarik dan menyenangkan, maka konten anda akan dilirik oleh pengguna tiktok yang memiliki minat yang sama sehingga jangkauan konten anda akan semakin luas.
Selain membalas konten tiktok menggunakan fitur duet atau stitch, melakukan kolaborasi langsung menjadi cara ampuh untuk menarik minat target audience yang memiliki minat yang sama.
Hal ini dikarenakan pengguna tiktok melihat konten anda melakukan kolaborasi dengan influencer lain sehingga mereka tertarik untuk melihat konten lain yang anda miliki.
Namun, untuk membuat konten tiktok bersama influencer tertentu, anda juga perlu melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu agar kolaborasi yang anda buat bisa berjalan lancar.
Anda bisa memulainya dengan menganalisa influencer yang ingin anda ajak kolaborasi, dimana anda bisa menentukannya dengan melihat influencer yang sering muncul di beranda tiktok atau saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di tiktok.
Kemudian, setelah anda menemukan influencer yang memiliki minat yang sama serta interaksi yang tinggi dari target audience, maka anda bisa melanjutkan untuk menghubungi mereka melalui jaringan contact person yang mereka miliki, dimana anda bisa berdiskusi mengenai waktu kolaborasi yang tepat serta jenis konten atau topik yang hendak anda buat dengan influencer tiktok tertentu.
Dengan melakukan kolaborasi bersama influencer tiktok secara rutin dan melakukan interaksi satu sama lain, maka lambat laun pengguna tiktok akan mengenal anda dan mengikuti konten yang anda miliki sehingga menambah jumlah penonton dan pengikut tiktok.
Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk memperluas jangkauan konten tiktok serta membangun komunitas yang dimiliki adalah dengan melakukan interaksi dengan pengguna tiktok.
Kegiatan interaksi ini nantinya akan menjadi penanda bahwa akun dan konten anda aktif dan disukai oleh pengguna tiktok, sehingga membuka kesempatan bagi pengguna tiktok untuk merayapi konten anda dan memperluas jangkauan konten ke target audience yang tepat.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi dengan pengguna tiktok untuk mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan interaksi dengan pengguna tiktok adalah dengan membalas berbagai balasan yang masuk di kolom komentar video anda.
Cara ini menjadi cara yang mudah untuk melakukan interaksi dengan pengguna tiktok mengingat mereka bisa melakukan interaksi secara langsung.
Pemberian interaksi yang ramah dan menyenangkan tentunya juga akan membuat pengguna tiktok tertarik untuk membalas komentar anda di waktu yang akan datang.
Sehingga, pastikan untuk menyediakan waktu setidaknya satu jam setiap hari untuk membalas berbagai interaksi yang masuk di tiktok sehingga meningkatkan interaksi dengan target audience.
Kegiatan membalas komentar di tiktok secara rutin juga akan membantu anda untuk membangun komunitas yang kuat dan tertarik untuk melakukan interaksi dengan berbagai konten yang anda berikan.
Selain melakukan interaksi di kolom komentar, beberapa pengguna tiktok mungkin ingin memberikan apresiasi dengan mengirimkan pesan langsung di tiktok.
Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membalas pesan mereka untuk memberikan interaksi yang menyenangkan dan momen yang tidak terlupakan.
Sehingga periksa pesan masuk anda secara rutin untuk mendapatkan interaksi dengan pengikut anda secara lebih intim dan menyenangkan.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.