Banyaknya pengguna tiktok yang membuat konten yang menarik membuat kreator baru harus memutar otak untuk mempromosikan akun dan konten tiktok yang dimiliki.
Salah satu caranya adalah dengan melakukan promosi konten tiktok untuk mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas serta jumlah penonton video yang lebih banyak.
Karenanya berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi konten tiktok baik secara organik atau berbayar.
Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif
Tiktok tidak hanya digunakan sebagai sosial media untuk melihat berbagai konten video yang beragam dan sesuai dengan minat yang disukai, lebih dari itu, anda juga bisa menggunakan tiktok sebagai tempat untuk mencari konten atau topik dengan kata kunci tertentu.
Kebiasaan ini tentunya memungkinkan kreator untuk mendapatkan hasil konten yang lebih baik melalui optimasi kata kunci, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna tiktok yang mencari topik konten tertentu.
Cara ini tentunya bisa menjadi strategi promosi konten tiktok yang baik dan dapat menjangkau target audience yang diinginkan dengan tepat.
Meskipun begitu, menerapkan tiktok seo pada konten tiktok tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan strategi yang tepat agar konten yang dimiliki bisa bekerja dengan baik melalui optimasi tiktok seo.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menerapkan tiktok seo untuk promosi konten tiktok adalah melakukan analisa kata kunci terlebih dahulu.
Cara ini dilakukan untuk mengetahui kata kunci yang biasa digunakan oleh target audience saat melakukan pencarian konten atau topik di halaman pencarian tiktok.
Sehingga anda bisa menemukan dan menggunakan kata kunci yang tepat untuk digunakan di konten tiktok untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal.
Anda bisa melakukan pencarian kata kunci secara manual di halaman pencarian tiktok, dimana mereka akan memberikan referensi kata kunci yang tepat dan biasa digunakan untuk melakukan pencarian topik konten tertentu.
Catatlah kata kunci yang memiliki hasil pencarian tertinggi untuk digunakan sebagai ide konten dan lihatlah konten yang menggunakan kata kunci serupa, sehingga anda bisa membuat konten yang sama namun dengan menambahkan keunikan atau ciri khas tertentu yang tidak dimiliki oleh kreator lainnya.
Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan analisa kata kunci menggunakan website analisa kata kunci tertentu, dimana mereka memberikan informasi mengenai kata kunci yang banyak dikunjungi dalam jangka waktu tertentu.
Semakin tinggi jumlah pengunjung kata kunci dalam jangka waktu tertentu maka menjadi penanda bahwa keyword tersebut banyak dicari oleh pengguna tiktok, sehingga anda bisa menggunakannya sebagai ide konten yang menarik perhatian.
Lakukan analisa kata kunci secara rutin maksimal sebulan sekali untuk memperbarui kata kunci yang sudah tidak digunakan dalam waktu lama sehingga anda bisa mendapatkan ide konten tiktok yang segar dan membuat akun anda lebih mudah dikenal.
Tiktok menjadi salah satu sosial media yang berkembang pesat dan didukung dengan berbagai trend baru yang membuat pengguna tiktok tertarik untuk mengikuti trend tersebut untuk mendapatkan banyak perhatian.
Sehingga mengikuti trend tiktok terbaru dapat membantu untuk mempromosikan konten dan akun yang dimiliki agar bisa dinikmati oleh banyak orang.
Meskipun begitu, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengikuti trend tiktok terbaru agar konten anda disukai oleh banyak orang.
Saat membuka beranda tiktok, anda tidak hanya menemukan kreator yang membahas topik tertentu, namun anda juga akan menemukan beberapa orang lainnya yang menggunakan filter atau stiker di konten yang dimiliki.
Penggunaan filter atau stiker ini tidak hanya membuat tampilan konten tiktok menjadi lebih menarik, namun dapat meningkatkan interaksi dan jangkauan konten sehingga bisa melakukan promosi konten tiktok secara organik.
Meskipun begitu, anda juga perlu memilih filter atau stiker tiktok yang tepat agar sesuai dengan kepribadian akun anda untuk membangun brand awareness dengan baik.
Mulailah dengan menganalisa berbagai filter yang tersedia di tiktok, pilih salah satu filter yang banyak digunakan oleh pengguna tiktok dan cobalah untuk menggunakan filter tersebut dalam membuat konten sehingga bisa memberikan hasil konten yang menarik.
Kedua adalah gunakan filter yang direkomendasikan di kamera tiktok, dimana anda bisa menemukan berbagai filter yang beragam dan belum digunakan oleh orang lain sehingga anda bisa menjadi trend setter.
Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat filter tiktok sendiri yang bisa menjadi ciri khas dari akun anda, apabila banyak orang yang menggunakan filter tiktok anda maka akan membantu untuk melakukan promosi konten tiktok secara organik dan mudah dikenal oleh banyak orang.
Salah satu alasan mengapa konten tiktok menjadi lebih mudah viral adalah penggunaan lagu tiktok yang beragam dan bisa digunakan sebagai latar belakang konten yang menyenangkan.
Sehingga penggunaan lagu tiktok yang sedang viral juga dapat membantu untuk melakukan promosi konten tiktok secara organik dengan cara memasuki trend yang sedang digunakan oleh banyak orang saat ini.
Namun, anda juga perlu memilih lagu tiktok yang sesuai dengan konten anda sehingga hasil konten sesuai dengan persona yang ingin anda tampilkan di Tiktok.
Anda bisa mengamatinya dengan memilih lagu yang banyak digunakan oleh pengguna tiktok, amati lagu yang sekiranya cocok untuk konten anda dan simpan di perpustakaan musik agar anda bisa menggunakannya di waktu yang akan datang.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan fitur perpustakaan musik yang tidak hanya berguna untuk menyimpan lagu tertentu namun juga bisa anda manfaatkan untuk menemukan lagu yang sedang naik daun atau relevan dengan konten anda.
Dengan memilih latar belakang lagu yang sesuai dengan isi konten maka akan membuat postingan anda terlihat lebih menarik dan relevan, sehingga membuat konten anda dilirik oleh pengguna tiktok yang memiliki minat yang sama.
Gunakan juga satu lagu yang sama sebagai ciri khas anda atau menggunakan lagu yang viral secara bergantian agar penonton tidak merasa bosan.
Anda juga bisa menambahkan lagu sendiri dari penyimpanan lagu anda, dimana jika lagu anda digunakan oleh orang lain maka akan membantu mengenalkan konten anda sehingga dikenal oleh banyak orang dan menjadi ladang promosi konten tiktok secara organik.
Melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok bisa menjadi cara untuk melakukan promosi konten tiktok secara organik atau berbayar, mengingat mereka memiliki lebih banyak pengikut sehingga memiliki jangkauan konten yang lebih luas sehingga konten anda akan dikenal oleh banyak orang.
Sehingga anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok dengan berbagai cara untuk mendapatkan jangkauan konten yang lebih baik.
Pertama anda bisa memanfaatkan fitur stitch, dimana anda bisa memberikan komentar mengenai konten dari kreator lain menggunakan video.
Penggunaan fitur stitch ini dapat membantu anda untuk memberikan ide konten tiktok baru yang menarik serta melakukan promosi konten tiktok secara organik sehingga video anda menjangkau lebih banyak orang.
Hal ini dilakukan mengingat pengguna tiktok yang melakukan interaksi dengan konten sebelumnya juga akan menemukan konten anda, sehingga bisa menjadi kegiatan promosi konten tiktok yang menarik.
Kedua adalah memanfaatkan fitur duet, dimana anda bisa membuat konten yang sama di sebelah video dari kreator asli, sehingga anda bisa membuat konten yang sama dengan ciri khas yang berbeda.
Memiliki konten tiktok duet dengan kreator lain akan membantu untuk menjangkau pengguna tiktok yang memiliki minat yang sama sehingga memperluas jangkauan konten yang dimiliki.
Selain itu, apabila anda mengunjungi event tertentu yang mengundang influencer kenamaan, maka anda bisa mengajak mereka untuk membuat konten kolaborasi.
Namun, pastikan influencer tiktok tersebut tidak sedang sibuk sehingga bisa melayani konten anda dengan baik dan menghasilkan konten yang menarik.
Selain melakukan promosi konten tiktok secara organik, anda juga bisa membuat konten kolaborasi dengan influencer tiktok secara berbayar.
Dimana anda menyewa jasa endorsement dari kreator tiktok tertentu untuk mempromosikan produk atau merk yang dimiliki sehingga akun anda lebih mudah dikenal banyak orang.
Agar promosi konten tiktok semakin sukses dan efektif, maka buatlah script konten yang menarik dan selaras dengan ciri khas mereka, sehingga konten anda bisa diterima dengan baik dan membuat pengguna tiktok mengenal brand dan produk anda.
Seorang kreator atau pemilik brand biasanya tidak hanya memiliki satu akun sosial media untuk mempromosikan produk atau konten yang dimiliki, dimana mereka juga memiliki akun lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.
Jumlah pengikut akun sosial media yang lebih banyak ini juga bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan konten tiktok anda sehingga mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas dan jumlah penonton yang lebih banyak dari pengikut yang dimiliki.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan konten di sosial media lain dengan mudah dan secara organik.
Anda bisa memulainya dengan menyematkan nama akun anda di tautan bio sosial media yang dimiliki, dimana ini akan memudahkan pengunjung akun anda untuk mengetahui akun anda yang baru sehingga mereka tertarik untuk mengikuti akun tersebut.
Tidak hanya itu, anda bisa membuat penawaran khusus untuk mempromosikan akun tiktok anda, misalnya dengan mengadakan sesi giveaway setelah mendapatkan pengikut dalam jumlah tertentu.
Penawaran ini tentunya menarik perhatian mereka untuk mengikuti akun anda dan melakukan kegiatan untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat artikel yang membahas mengenai topik yang relevan dengan konten tiktok anda, kemudian anda bisa menyematkan konten tiktok yang terkait sehingga akun anda mendapatkan jumlah pengikut secara organik setelah melihat promosi tersebut.
Anda juga dapat memotong cuplikan video tiktok anda kemudian dibagikan ke Instagram atau Facebook story, dimana konten singkat ini akan menarik perhatian penonton untuk mengunjungi akun tiktok anda untuk menonton konten secara menyeluruh sehingga dapat meningkatkan kunjungan konten dan menaikkan jumlah pengikut.
Lakukan juga interaksi dengan komunitas tertentu di platform sosial media lainnya, tanggapi komentar mereka sembari menyelipkan konten anda secara halus sehingga mendorong minat mereka untuk melihat konten tiktok anda.
Kegiatan ini tentunya efektif untuk membangun hubungan dengan target audience baru yang tertarik dengan konten anda berkat interaksi yang dilakukan secara dua arah.
Banyaknya kreator tiktok yang memiliki jumlah pengikut yang banyak tentunya membuat anda harus bersaing untuk menarik perhatian target audience yang diinginkan.
Salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang menark dan membuat target audience tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten yang dimiliki.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten yang menarik di tiktok untuk mendapatkan promosi konten tiktok secara organik.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat konten yang menarik adalah mengenali target audience, dimana anda dapat membuat konten berdasarkan minat audience dan topik yang mereka sukai.
Contohnya saja, apakah mereka menyukai konten edukasi dengan teknik bercerita atau format parodi yang mudah dipahami, dimana setiap target audience memiliki minat yang berbeda.
Di samping itu, target demografi yang berbeda juga akan membantu anda untuk memahami kebiasaan audience saat melakukan interaksi dengan konten tertentu, apakah mereka suka konten dengan durasi yang panjang atau singkat? dimana jenis konten tersebut akan menentukan cara mereka melakukan interaksi dengan konten tertentu.
Apabila anda sudah membuat konten tiktok dalam jangka waktu tertentu, maka anda bisa memanfaatkan fitur tiktok analytics untuk memberikan informasi mengenai penonton yang melihat video anda, lokasi, serta konten yang mereka sukai.
Penggunaan data ini akan membantu menyempurnakan strategi anda dan melakukan interaksi dengan target audience secara lebih baik.
Penting juga bagi anda untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki dengan membalas komentar atau pesan langsung, ulasan tersebut akan membantu untuk mengetahui minat target audience serta menumbuhkan loyalitas untuk memunculkan ide konten baru yang lebih menarik.
Lakukan juga eksperimen dengan variasi konten yang berbeda, seperti konten tutorial atau story telling, mencoba berbagai format yang beragam akan membantu anda untuk mengetahui jenis konten yang sesuai dengan audience dan menjaga konten agar lebih segar dan menarik.
Setelah memahami minat yang disukai oleh target audience, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan topik yang sesuai, apakah itu berasal dari minat yang anda sukai, topik yang anda kuasai, atau hendak menjawab masalah yang dihadapi oleh target audience.
Pemilihan topik yang anda sukai tentunya akan memudahkan anda untuk melakukan analisa konten sehingga menghasilkan konten yang menarik dan membuat penonton tertarik untuk melakukan interaksi satu sama lain.
Anda juga bisa memilih topik yang sama dengan kretor lain yang memiliki minat yang sama, namun berikan ciri khas sendiri agar konten anda terlihat lebih menarik dan membuat konten anda memiliki daya tarik sendiri.
Agar topik konten lebih variatif dan mengikuti trend terbaru, anda juga bisa menggunakan tagar khusus yang relevan dengan topik yang anda bahas untuk mengetahui trend yang sedang hangat saat ini.
Informasi ini akan membuat konten anda tetap relevan serta membantu anda untuk terhubung dengan target audience yang memiliki minat serupa.
Lakukan juga interaksi dengan target audience untuk mengetahui topik yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, biasanya mereka juga memberikan saran konten yang bisa anda bahas untuk menjadi ide konten video selanjutnya.
Sehingga penting bagi anda untuk menelusuri kolom komentar di setiap unggahan guna mengetahui topik yang hangat dibahas oleh target audience dan menjadikan ide konten yang menarik.
Lakukan juga analisa konten tiktok menggunakan fitur tiktok analytics untuk mengetahui jenis konten yang sesuai dengan minat target audience, sehingga anda dapat membuat konten yang dapat meningkatkan interaksi dengan mereka.
Saat melihat beranda tiktok, maka anda bisa melihat jenis konten yang berbeda, mulai dari konten cerita, parodi, atau vlog yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.
Pilihan jenis konten tiktok yang beragam tentunya akan menguntungkan anda untuk memilih jenis konten yang sesuai kebutuhan, sehingga anda bisa mengetahui minat target audience dan bisa menjadi ciri khas konten yang anda miliki.
Anda bisa memulainya dengan mencoba jenis konten yang sesuai dengan kepribadian anda, kemudian lihatlah hasil interaksi di fiitur tiktok analytics, dimana mereka akan memberikan kinerja konten dalam jangka waktu tertentu, gunakan informasi ini sebagai referensi untuk membuat konten dengan jenis yang selaras di waktu yang akan datang.
Selain itu, anda juga bisa melihat hasil konten secara manual dengan melihat interaksi masing-masing konten, sebuah konten yang memiliki tingkat interaksi yang tinggi menjadi penanda bahwa mereka disukai oleh pengguna tiktok, sehingga nad abisa menggunakan jenis format yang sama di waktu yang akan datang.
Anda juga bisa bertanya ke target audience anda melalui jajak pendapat atau pertanyaan khusus untuk mengumpulkan ulasan mereka, dimana kegiatan ini tidak hanya memupuk hubungan dengan komunitas, namun juga menawarkan informasi yang berharga mengenai jenis konten yang mereka sukai.
Tiktok tidak hanya menyediakan konten video, namun juga konten carousel atau siaran langsung yang memungkinkan anda melakukan interaksi dengan target audience dengan cara yang berbeda dan unik.
Jenis konten ini juga menguntungkan bagi anda yang kurang menyukai jenis konten video yang memerlukan banyak persiapan sehingga dapat memakan banyak waktu.
Sehingga anda dapat menggunakan jenis konten ini untuk menjangkau target audience dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan kepribadian yang dimiliki.
Pertama, anda bisa membuat konten carousel yang berisi konten edukasi dalam bentuk gambar, dimana ini akan memudahkan pembaca untuk memahami isi konten anda dengan mudah dan bahkan menyimpannya untuk dibaca ulang di waktu yang akan datang.
Konten foto carousel juga relatif lebih mudah dibuat dibandingkan konten carousel, sehingga cocok bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu namun tetap ingin membuat konten tiktok.
Sedangkan apabila anda telah memiliki jumlah pengikut yang cukup, maka anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memanfaatkan fitur tiktok live yang memungkinkan anda untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.
Melakukan kegiatan siaran langsung secara rutin juga memungkinkan anda untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki sehingga dapat memperluas jangkauan konten dan meningkatkan jumlah pengikut serta bisa menjadi sarana untuk melakukan promosi konten tiktok secara organik.
Isi siaran langsung yang menarik juga memungkinkan anda untuk mendapatkan gift tertentu yang bisa diubah dalam bentuk uang tunai sehingga anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari Tiktok.
Sehingga penting bagi anda untuk membuat konten siaran langsung yang menarik dengan melakukan interaksi dengan target audience sembari membahas topik tertentu yang sedang naik daun saat ini.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.