Saat ini teknologi telah berkembang dengan cepat, sehingga banyak jenis platform media sosial dan memiliki tingkat pengguna yang tinggi.
Jika Anda menggunakan dengan benar dan bijak, maka media sosial milik Anda akan bermanfaat. Misalnya, membangun identitas Anda atau dikenal sebagai personal branding.
Dikutip dari sumber searchenginejournal, bahwa personal branding adalah proses membangun brand untuk seseorang atau bisnis.
Selain itu, personal branding merupakan strategi promosi untuk personal dan bisnis yang akan menampilkan identitas Anda dengan mendapatkan rasa hormat serta kepercayaan dari orang-orang di sekitar.
Apalagi di era digital saat ini, personal branding dapat memberikan keuntungan ketika Anda berhasil menjalankannya dengan baik. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dan dijadikan tempat untuk mem-branding diri.
Personal branding di media sosial bisa memiliki banyak tujuan, seperti meningkatkan reputasi dan menghasilkan pendapatan.
Saat ini, semua pemilik bisnis harus melakukan social media branding. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Facebook, Twitter, Instagram dan situs media sosial lainnya telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa.
Namun, menurut data terbaru bahwa 35% remaja menggunakan salah satu dari YouTube, TikTok, Instagram, Snapchat, dan Facebook secara terus-menerus.
Selain itu menurut data statistik, menunjukan bahwa lebih dari 260 juta orang yang aktif di media sosial, dan Indonesia menempati urutan keempat secara global dalam hal pengguna media sosial terbanyak.
Selain itu, ada 74% konsumen mengandalkan media sosial untuk membuat keputusan pembelian.
Pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian cara membangun brand untuk bisnis di media sosial, hingga strategi yang dapat dilakukan oleh pemilik bisnis untuk meningkatkan social media branding dari bisnis yang akan dijalankannya.
Sangat penting untuk membangun brand di media sosial. Agar berhasil saat membuat konten Anda perlu memberikan dampak dan tetap konsisten dengan identitas brand Anda.
Hal ini penting karena saat menjalankan bisnis Anda mencoba untuk menangkap dan mempertahankan followers setia di platform ini.
Memiliki identitas brand yang kuat akan membuat aktivitas media sosial Anda lebih sukses.
Memanfaatkan media sosial adalah cara yang efektif untuk memasarkan brand Anda, mendapatkan lebih banyak prospek, meningkatkan penjualan, dan membuat keunikan atau perbedaan dari kompetitor lainnya.
Menurut sumber lyfemarketing, bahwa social media branding adalah cara nomor satu untuk menjangkau audiens sesuai yang Anda inginkan melalui media sosial.
Selain itu, tujuan membangun brand yaitu untuk meningkatkan visibilitas Anda dan menarik pelanggan baru.
Bahwasannya, jika menggunakan strategi pemasaran di media sosial, maka Anda dapat menciptakan banyak followers yang setia, hingga ingin membeli produk dari Anda.
Hal ini membuktikan bahwa membangun brand di media sosial sangatlah penting untuk mempromosikan semua produk atau jasa Anda
Dengan meningkatnya popularitas media sosial, baik di dalam negeri maupun d luar negeri, Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Hal ini menunjukan bahwa adanya media sosial untuk tujuan branding sangatlah penting.
Dengan lebih dari 70% orang Indonesia secara aktif menggunakan internet. Dengan begitu bisnis Anda harus bisa memanfaatkan dan menggunakan platform digital untuk mempromosikan produk atau layanan.
Umumnya banyak orang yang mulai terpengaruh produk atau jasa Anda melalui ads, review penggula lain, atau testimoni.
Jika Anda ingin memanfaatkan peluang yang tersedia di Indonesia, maka Anda harus memahami cara kerja pasar, siapa yang harus dihubungi, dan apa yang perlu dilakukan dengan benar.
Menurut data, Di Indonesia terdapat 133,3% dari populasi memiliki koneksi ponsel. Di era digital ini, memanfaatkan Internet dan media sosial untuk pemasaran adalah pilihan yang efektif, aman, dan murah tentunya.
Media besar seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, TikTok telah membuka dunia peluang bisnis yang sama. Memanfaatkan platform ini tujuannya untuk memperkenalkan brand bisnis Anda.
Jika Anda ingin bisnis Anda sukses, maka penting untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan yang berpotensial. Hal ini akan memberikan peluang terbaik untuk bisnis Anda.
Nah, membangun brand di media sosial ini sangatlah penting. Karena, dengan adanya media sosial Anda dapat menjangkau berbagai macam orang mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga semua orang aktif di media sosial.
Sebagai pemilik bisnis Anda harus up to date di dunia digital, karena Anda harus bisa mengikuti perkembangan bisnis Anda. Jika pelanggan tidak sesuai apa yang Anda tawarkan, maka tidak dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan.
Jika tidak menggunakan media sosial dalam strategi pemasaran digital, maka Anda akan melewatkan cara cepat dan efektif untuk bisa terhubung dengan hampir lima puluh persen orang di dunia.
Berikut ini manfaat membangun brand bagi perkembangan bisnis yang akan Anda jalankan, Dilansir dari sumber bluchic:
Pertumbuhan populasi Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar orang aktif di media sosial selama minimal 3 jam setiap hari. Hal ini termasuk membuat postingan, mencari informasi dan review produk.
Potensi pertumbuhan dalam aktivitas ini terbukti, karena fitur-fitur seperti live streaming, durasi konten yang lebih lama, dan berbagai fitur lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan peluang ini untuk membantu membangun brand Anda.
Salah satu contoh konten di media sosial yang lagi populer yaitu adanya dalgona dan odading. Nah, konten ini menyebabkan kedua makanan tersebut meroket popularitasnya, sehingga memberikan kesempatan bagi berbagai brand ikut naik daun.
Selain itu, Anda juga perlu memanfaatkan influencer, membuat kompetisi atau lomba, serta memasang iklan. Dengan begitu Anda dapat membantu menyebarkan brand Anda dan menarik pelanggan baru.
Membagikan konten baru dan iklan di media sosial merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan traffic di situs web.
Misalnya, pada postingan teknologi di Instagram yang menampilkan konten cerita, dan mengarahkan pembaca untuk bisa membuka tautan yang berisi seluruh artikel serta foto-foto yang ada di website Anda.
Selain itu, Anda juga bisa melakukan obrolan di media sosial bisa untuk membantu meningkatkan profil Anda, menunjukkan keahlian Anda, dan mengarahkan pengunjung ke situs web Anda dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat.
Di semua halaman profil media sosial, Anda perlu menambahkan tautan situs web agar lebih memudahkan orang untuk mengakses website Anda dengan satu klik.
Media sosial adalah cara ideal untuk mendapatkan minat pada bisnis dan produk Anda. Banyak media sosial yang menyediakan periklanan untuk mendapatkan hasil yang prospek.
Sebagai contoh, McCarthy and Stone menjalankan iklan Facebook yang memungkinkan orang agar bisa menjelajahi detail proyek real estat mereka hanya dengan beberapa ketukan.
Jika pemasaran offline menggunakan cara dari mulut ke mulut atau memasarkan produk dengan berbagi cerita. Kali ini dengan adanya media sosial telah mengubah cara yang lebih efektif yaitu word of mouth.
Artinya Anda dapat mereview produk di media sosial, cara ini memiliki efek yang lebih besar kepada audiensnya. Hal ini menjadikan sebagai strategi pemasaran yang sangat berpengaruh.
Terkadang orang tidak ingat dengan berbagai brand, oleh karena itu penting bagi Anda untuk membangun brand yang berkesan.
Misalnya, brand yang paling dikenal orang seperti Nike, McDonald’s, Google dan Facebook, karena mereka mengenal logo dari setiap brand tersebut.
Lalu, bagaimana cara untuk membangun brand agar dapat menonjol secara online? Nah, Anda bisa menggunakan grafik media sosial.
Dengan begitu orang akan mulai mengenali merek Anda saat menjelajahi berbagai situs seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram.
Ketika mereka melihat sesuatu yang terlihat seperti brand Anda, maka mereka akan mengingatnya. Memiliki brand yang mudah diingat, akan dipastikan memiliki pelanggan setia.
Agar bisa menarik pelanggan, Anda bisa memberikan kesan yang kuat kepada orang-orang mengenai identitas brand Anda. Kesan yang kuat ini adalah memasukkan warna dan desain brand Anda ke dalam grafik media sosial.
Contohnya, Anda menggunakan warna merah muda terang untuk semua postingan media sosial Anda.
Selain itu, warna merah muda terang juga digunakan untuk tema WordPress yang dibuat khusus untuk pengusaha wanita. Nah, warna merah mudah ini tujuannya menarik pelanggan ideal yang kebanyakan adalah wanita.
Kehadiran gambar brand Anda di media sosial ini dapat memengaruhi cara pelanggan memandangnya, bahkan tanpa mengunjungi situs web Anda.
Menciptakan citra brand yang selaras dengan pelanggan ideal dapat menarik banyak followers Anda di media sosial.
Dengan memanfaatkan warna brand, Anda bisa mengekspresikan dari warna tertentu. Warna merah muda ini diartikan sebagai feminitas. Sementara brand yang mengunakan warna biru ini melambangkan kepercayaan, pengetahuan, dan kemajuan contohnya Facebook, Twitter, dll.
Memanfaatkan semua platform media sosial Anda sangatlah penting, karena dapat digunakan untuk media penjualan Anda.
Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses media sosial, semakin banyak orang memanfaatkannya sebagai alat penjualan. Hal ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menyesuaikan upaya pemasaran Anda dengan tujuan penjualan.
Memposting gambar yang menarik di media sosial akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan engagement rate.
Tujuan utama memanfaatkan media sosial untuk bisnis Anda adalah untuk membangun koneksi dengan pengikut Anda dan memungkinkan mereka untuk menyebarkan konten Anda kepada orang-orang yang mengikuti mereka.
Membangun brand dengan membuat postingan di media sosial dapat membuatnya jauh lebih mudah untuk dibagikan ke pengikut mereka.
Anda harus selalu memastikan bahwa gambar Anda bermerek, ketika gambar tersebut dibagikan kepada orang-orang yang tidak mengenal brand Anda.
Visual dapat meningkatkan brand Anda dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh teks tertulis.
Selain itu, konsisten di seluruh platform media sosial dengan jenis grafik yang Anda bagikan akan membantu audiens untuk mengenali brand Anda ke mana pun mereka pergi.
Gambar dapat meningkatkan identitas brand yang lebih kuat daripada kata-kata saja. Jadi, Anda harus bisa konsisten menggunakan grafik di semua saluran media sosial. Dengan begitu akan membantu konsumen mengenali brand Anda.
Membagikan konten Anda di media sosial adalah cara yang bagus untuk menunjukkan pengetahuan dan memperluas jangkauan Anda.
Cara efektif menggunakan media sosial untuk bisnis adalah dengan memposting infografis berdasarkan penelitian. Strategi pemasaran konten yang baik akan semakin meningkatkan brand awareness Anda.
Jika orang menyukai, mengomentari, dan membagikan postingan di media sosial Anda, maka konten Anda dapat membantu untuk mengekspos ke audiens agar menjadi viral. Dengan begitu jangkauan dari konten Anda akan lebih besar.
Ketika konten Anda viral dan banyak orang lain yang membagikan konten Anda, maka konten terseb tembus ratusan ribu atau bahkan jutaan kali.
Menjadi viral bukanlah tugas yang mudah, oleh karena penggunaan media sosial ini selalu aktif di kalangan masyarakat.
Dengan bantuan media sosial, penggemar dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Contohnya, Salah satu pengguna di TikTok membuat koreografi ternyata ada lebih dari 100.000 orang mengikuti tren tersebut.
Setelah Anda memahami pentingnya membangun brand di media sosial, mari kita cari tahu cara meningkatkannya.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand Anda di media sosial:
Bahwasannya, setiap brand harus memiliki tujuan yang tepat sehingga mereka dapat mengarahkan upaya media sosial yang akan menguntungkan bisnis.
Pada halaman media sosial, Anda perlu memasukan informasi yang akurat dan asli tentang diri Anda. Jangan menggunakan data orang lain.
Karena, membangun brand ini dimulai dengan menggunakan nama yang sama di semua platform media sosial Anda.
Dengan melakukan hal ini, akan memudahkan siapa pun untuk mencari tahu brand Anda di Facebook, YouTube, Twitter, Instagram, dan LinkedIn.
Anda perlu memperbarui profil media sosial Anda agar tetap up to date, baik itu bio, deskripsi, atau gambar profil Anda. Dengan adanya profil terbaru akan meningkatkan visibilitas.
Sering memposting di media sosial, maka bisa membuat yakin orang lain bahwa akun tersebut milik Anda dan bukan milik orang lain.
Adanya berbagai platform media sosial, Anda tidak perlu menggunakan semua platform. Tentukan platform mana yang paling memenuhi kriteria Anda dan menghasilkan dampak yang paling menguntungkan bagi Anda dan pelanggan.
Selain itu, Anda dapat memilih berdasarkan tempat pelanggan yang paling banyak berkumpul.
Jika brand Anda ingin meningkatkan engagement yang lebih baik, maka Anda perlu memanfaatkan fitur-fitur di media sosial.
Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial, Anda dapat berbagi informasi terbaru dan memberikan gambaran sekilas tentang brand Anda yang akan ditawarkan.
Dengan cara ini, publik dapat berinteraksi dengan Anda secara real-time dan mengetahui perkembangannya.
Hal ini akan menciptakan rasa keakraban antara audiens dan pemilik bisnis, sehingga akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas.
Membuat tema dan konten yang konsisten di semua platform media sosial sangatlah penting, karena dengan konsisten brand Anda akan melekat di benak pelanggan. Adanya hal ini tentu akan membantu Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
Membuat desain logo yang kuat akan berdampak besar terhadap citra yang dihasilkan. Selain itu, memudahkan calon pelanggan untuk mengerti yang akan disampaikan brand.
Citra brand Anda adalah kunci dari apa yang dipikirkan konsumen mengenai produk atau layanan Anda. Hal ini akan membentuk pandangan dan keputusan mereka terhadap produk atau jasa Anda.
Oleh karena itu, penting bagi Anda saat mendesain untuk memikirkan tentang filosofi dari brand yang akan Anda buat.
Branding warna adalah cara yang tepat untuk membantu bisnis Anda agar terhubung dengan target pasarnya.
Menggunakan warna dapat menyiratkan perasaan dan pesan tertentu, serta dapat dijadikan alat yang ampuh untuk mengembangkan kepripadian pada brand Anda.
Sesuai dengan point sebelumnya yaitu konsisten. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan warna yang sama di semua platform media online dan offline agar dapat menyampaikan citra yang kohesif dan profesional.
Intonasi dan gaya bahasa untuk brand Anda di media sosial juga harus ditentukan oleh produk atau layanan apa yang Anda tawarkan.
Selain itu perlu menggambarkan demografi dari target audiens Anda, mulai dari usia, jenis kelamin, minat, dan kepribadian. Dengan begitu akan membantu dalam memvisualisasikan untuk mengekspresikan diri.
Menurut panduan Stephanie Schwab dari Social Media Explorer tentang Finding your brand’s voice, ada bebera hal yang diperlukan yaitu:
Selanjutnya Anda perlu mengembangkan SOP untuk intonasi dan gaya bahasa yang akan diinginkan untuk brand Anda. Melakukan hal ini mencegah miskomununikasi dan menjaga agar branding media sosial Anda tetap konsisten.
Agar bisa sukses di media sosial, Anda perlu membuat koneksi dengan audiens Anda secara relatable. Hilangkan bahasa yang terlalu formal dan pilihlah sesuatu yang lebih santai.
Kemudian, Anda juga perlu menjawab pertanyaan followers menggunakan bahasa yang sama seperti Anda sedang berbicara dengan mereka secara langsung.
Memiliki nada percakapan dan kepribadian yang relatable akan mudah diingat dan bisa menjadi populer.
Memilih target audiens yang relevan sangatlah penting. Tujuannya agar mereka memiliki ketertarikan, minat, hobi, dan passion yang sama dengan Anda.
Anda perlu membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan seperti berkomunikasi, dan menunjukkan kebaikannya.
Jangan hanya memasarkan produk, tapi Anda harus bisa menciptakan komunikasi dua arah. Hal ini sangatlah penting untuk membangun kepercayaan pelanggan Anda, serta mengarah pada loyalitas dan apresiasi.
Semua orang menyukai cerita, umumnya mendongeng adalah salah satu bawaan dalam diri manusia yang membantu pendengar untuk mengubah cerita menjadi sebuah ide.
Bahwasannya, membuat cerita tentang brand akan menjadi lebih menawan. Selain itu juga, pelanggan harus dilibatkan dalam cerita brand Anda. Dengan begitu mereka secara alami akan memilih produk Anda.
Membangun kepercayaan merupakan hal yang sangat penting untuk setiap hubungan jangka panjang. Anda perlu memberikan wawasan tentang cara kerja perusahaan agar bisa membangun hubungan yang sehat.
Agar pelanggan tertarik dengan produk Anda, Anda harus relatable. Oleh karena itu Anda harus memposting konten yang relevan. Selain itu, konten Anda juga harus mengikuti perkembangan zaman, pelajari apa yang sedang dibicarakan atau populer.
Pengguna media sosial lebih menyukai konten visual daripada teks biasa. Menurut sumber avalaunchmedia, bahwa ada 40% orang yang merespons informasi secara visual.
Contohnya, jika Anda membuat postingan di Twitter menggunakan visual, maka akan mendapatkan retweet 150% lebih banyak daripada yang tanpa visual.
Selain itu, postingan Facebook yang menyertakan visual akan melihat keterlibatan 2,3 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang tanpa gambar.
Secara umum, otak manusia lebih cocok untuk memproses informasi visual dengan cepat dibandingkan dengan teks.
Jadi, visual adalah cara yang efektif untuk mengomunikasikan gagasan dengan cepat. Hanya dengan hitungan detik, Anda bisa memahami visual tersebut. Beda dengan teks yang membutuhkan waktu untuk membaca dan memahami.
Membangun brand tidak bisa dilakukan tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu. Karena Anda perlu merencanakan brand dengan cermat. Jika tidak, pelanggan dan calon pelanggan akan kehilangan minat.
Metode yang efektif untuk meningkatkan brand awareness adalah menggunakan influencer. Orang-orang merasa lebih percaya ketika mereka mendengar dari seseorang yang mereka percayai, seperti selebriti atau tokoh masyarakat.
Media sosial adalah cara populer untuk meningkatkan visibilitas, tetapi banyak bisnis sekarang menggunakan media sosial untuk membedakan brand Anda, dan membuat pelanggan tertarik.
Berpartisipasi dalam komunitas dengan minat yang sama dapat membantu Anda belajar lebih banyak dan meningkatkan jaringan Anda. Komunitas adalah tempat yang sempurna untuk berbagi pengetahuan yang sudah Anda miliki.
Anda perlu mengajukan banyak pertanyaan di dalam komunitas untuk mengetahui keterampilan dan kepribadian Anda. Manfaatkan sebaik-baiknya koneksi dengan orang lain yang memiliki visi misi sama dengan Anda.
Untuk membangun relasi dan mendapatkan pengakuan, Anda bisa mengucapkan “halo” kepada orang-orang yang ada di media sosial. Hal ini akan membantu dalam mempromosikan profil Anda.
Membangun brand di media sosial, Anda perlu mengikuti akun yang relevan. Karena, Jika Anda ingin menulis artikel mengenai keuangan Anda harus mengikuti berita keuangan internasional dan domestik serta mengikuti organisasi.
Contohnya, Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, OJK dan akun-akun relevan lainnya yang dapat menambah nilai pada tulisan Anda.
Meminta testimoni dari orang-orang yang mengenal dan terhubung dengan Anda adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan jaringan media sosial. Adanya testimonial ini dapat memberikan kepercayaan pada Anda.
Nah, itu dia penjelasan tips membangun brand untuk bisnis Anda dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas brand di media sosial. Proses ini sangatlah mudah, akan tetapi ada yang tricky dan membutuhkan kerja lebih.
Membangun personal branding adalah salah satu fungsi strategi promosi untuk personal dan bisnis yang akan menampilkan identitas Anda dengan mendapatkan rasa hormat serta kepercayaan dari orang-orang di sekitar.
1. Menentukan Tujuan saat Membangun Brand
2. Menggunakan Nama yang Sesuai di Semua Media Sosial
3. Perlu Memperbarui Profil Sosial Media
4. Memilih Platform yang Mendukung Brand Image Anda
5. Manfaatkan Berbagai Fitur Di Media Sosial
6. Konsisten di Semua Platform Media Sosial
7. Membuat Desain Logo Brand
8. Menggunakan Warna yang Menarik Perhatian Pelanggan
9. Membuat Gaya Bahasa dan Intonasi yang Sesuai
10. Menjadi Relatable
11. Memilih Target Audiens
12. Komunikasi dengan Dua Arah
13. Menceritakan Kisah yang Menarik
14. Mengunggah Konten yang Relevan
15. Adanya Transparan
16. Membuat Konten dengan Bentuk Visual
17. Memanfaatkan Influencer
18. Anda Perlu Join Komunitas
19. Perlu Mengikuti Akun-Akun yang Bermanfaat
20. Anda Perlu Minta Testimoni dari Orang yang Anda Kenal
Membangun brand image produk di media sosial sangatlah penting untuk mempromosikan semua bisnis yang sedang Anda jalankan, meningkatkan visibilitas Anda dan menarik pelanggan baru.
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.